Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Alasan Membuat Situs Web Walaupun Bisa Menjual Barang di Toko Online

Daftar Isi

Alasan Membuat Situs Web Walaupun Bisa Menjual Barang di Toko Online

Meskipun telah berjualan melalui toko online di marketplace, banyak pula pebisnis yang tetap punya website. Kira-kira apa ya alasan membuat situs web walaupun bisa menjual barang di toko online?

Padahal membuat situs web saja perlu anggaran tersendiri, pengelolaan yang konsisten, dan perawatan yang baik. Singkatnya, Anda harus mengeluarkan tenaga dan anggaran ekstra untuk hal ini.

Berikut ini alasan-alasan yang melatarbelakangi para pebisnis, atau mungkin diri Anda sendiri juga, untuk membuat situs web sembari berjualan di toko online.

1. Website Sebagai Wajah Perusahaan dan Bisnis

Website berperan seperti halnya Anda membuka toko offline. Artinya, website membantu publik menemukan dan mengakses bisnis Anda lebih mudah dan cepat.

Dengan adanya website Anda dapat mengenalkan bisnis Anda secara lebih dekat dan lengkap mulai dari visi misi perusahaan, produk-produk, cara pembayaran, promo, hingga jenjang karir.

Pastikan untuk selalu memperhatikan segala hal yang ada di website Anda, mulai dari desain hingga isinya.

Berbicara soal desain, ternyata desain website sangat mempengaruhi bagaimana kesan calon konsumen terhadap bisnis Anda. Melansir WebFX, sebanyak 94% calon konsumen mengaku kesan pertamanya tertuju pada desain website.

Desain website haruslah sesuai dengan konsep bisnis Anda. Misalnya, apabila bisnis Anda di bidang kecantikan, gunakan komponen-komponen yang mendukung seperti pemilihan warna yang netral dan soft, visual yang modern, dsb.

Selain itu, Anda juga perlu membangun website yang mudah dioperasikan oleh konsumen. WebFX melaporkan sebanyak 89% konsumen beralih belanja ke kompetitor lain akibat penggunaan website yang buruk.

2. Membangun Kredibilitas

Alasan membuat situs web walaupun bisa menjual barang di toko online selanjutnya yaitu bisa membangun kredibilitas.

Ketika calon konsumen menemukan bisnis Anda di marketplace maupun sosial media, banyak dari mereka yang mempertimbangkan apakah bisnis tersebut memiliki website atau tidak.

Pasalnya, banyak akun-akun bodong yang bisa dengan mudah membuka toko online dan melakukan penipuan. Kecil kemungkinan para oknum tersebut sampai membuat website untuk menipu konsumen.

Oleh sebab itu, hadirnya website sangat membangun kepercayaan calon konsumen dan menunjukkan bahwa bisnis Anda benar-benar kredibel.

Selain itu, membangun kredibilitas otomatis Anda juga membangun brand image di mata publik. Apabila bisnis Anda memiliki branding image yang baik dan unik, ini bisa mendorong kenaikan omset secara signifikan.

Bukan tanpa alasan, saat ini banyak kalangan yang membeli suatu produk/jasa bukan hanya melihat nilai fungsionalnya saja, tetapi juga nilai sosial/estetik yang terdapat pada produk/jasa tersebut.

3. Menganalisis Perilaku Konsumen

Berbeda dengan berjualan di marketplace yang tidak menyediakan data statistik konsumen, Anda bisa menganalisis data konsumen melalui website.

Google akan merekam data konsumen yang membeli produk/jasa melalui website Anda. Kemudian, Anda bisa mengeceknya melalui Google Analytics.

Dari sinilah Anda bisa menganalisis data umum konsumen, lalu membuat strategi pemasaran yang lebih baik kedepannya.

Ini mungkin menjadi salah satu alasan membuat situs web walaupun bisa menjual barang di toko online yang paling praktikal.

4. Informasi Produk Lebih Jelas

Anda dapat memberikan informasi produk sejelas-jelasnya di website. Berbeda halnya dengan marketplace yang kerap memberikan batas jumlah karakter pada deskripsi produk.

Batasan jumlah karakter ini kadang dapat menyebabkan konsumen kurang paham terhadap produk tersebut karena informasi yang diberikan belum lengkap.

Sedangkan di website Anda dapat mencantumkan segala macam informasi yang relevan sehingga konsumen yakin untuk membeli produk tersebut.

5. Biaya Terjangkau

Bukankah membuat situs web memerlukan alokasi biaya sendiri? Ya, memang perlu.

Namun, nominal biayanya tidak sebesar ketika Anda menyewa ruko, membayar gaji karyawan, serta biaya listrik dan air jika perlu.

Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk pembuatan website, membeli domain, web hosting, membeli plugin jika perlu, dan kebutuhan tambahan lainnya yang bersifat opsional seperti gaji admin.

Saat ini sudah banyak jasa pembuatan website dengan harga yang bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Ada juga yang menawarkan paket all-in-one, jadi Anda hanya perlu bayar sekali saja tanpa repot-repot mengurus perawatan berkala website.

6. Bisa Meningkatkan Penjualan

Mungkin ini adalah alasan utama yang ingin Anda baca dari artikel alasan membuat situs web walaupun bisa menjual barang di toko online ini.

Ya, tentu saja keberadaan website berpotensi meningkatkan penjualan. Apalagi jika website Anda memiliki visual desain yang menarik, penggunaan yang mudah, dan selalu update dengan informasi-informasi terbaru.

Menyajikan artikel-artikel yang mengedukasi konsumen juga menjadi salah satu strategi untuk membangun engagement yang baik dengan konsumen dan menjaga loyalitas mereka terhadap produk Anda.

Anda juga bisa meningkatkan penjualan dengan mengimplementasikan strategi pemasaran baru yang cocok berdasarkan hasil analisis data konsumen pada Google Analytics.

7. Muncul di Halaman Pertama Google

Anda pasti bisa mengira-ngira berapa banyak orang yang mengakses Google dalam sehari. Kebanyakan dari mereka hanya akan melihat halaman pertama saja.

Coba bayangkan jika situs web Anda muncul di halaman pertama Google. Ini akan meningkatkan traffic website secara signifikan, masyarakat luas jadi tahu produk Anda, dan pada akhirnya bisa meningkatkan omset penjualan.

Namun, supaya suatu website bisa muncul di halaman pertama Google, perlu adanya penerapan teknik SEO (Search Engine Optimization) yang tepat.

Jadi, ketika seseorang mengetikkan kata kunci tertentu, website Anda akan muncul di halaman pertama Google karena mengandung kata kunci tersebut.

Misalnya, Sari mau mencari “bedak tabur” di Google. Setelah mengetiknya, kemudian muncul sejumlah website dan marketplace yang membahas dan menjual bedak tabur.

Jika website Anda muncul di halaman pertama, ini bisa menjadi kesempatan besar untuk memperluas bisnis Anda.

Apakah Anda Tertarik untuk Membuat Situs Web untuk Bisnis?

Itulah beberapa alasan membuat situs web walaupun bisa menjual barang di toko online yang perlu Anda ketahui.

Karena sekarang publik semakin kritis dalam berbagai hal, akan lebih baik jika Anda membuat situs web khusus untuk bisnis supaya bisa meningkatkan kesan profesional dan kredibilitas bisnis Anda.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait