Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Simobi Plus Aplikasi Mobile Internet Banking Bank Sinarmas

Daftar Isi

Simobi Plus Aplikasi Mobile Internet Banking Bank Sinarmas

Simobi Plus merupakan aplikasi mobile banking dari Bank Sinarmas. Bagaimana fitur, cara daftar, aman tidaknya, serta kelebihan dan kelemahan aplikasi ini ?

Dari pengalaman mencoba, kami bisa simpulkan bahwa Simobi Plus Bank Sinarmas menawarkan berbagai kemudahan, seperti buka deposito tabungan online tanpa video call, tarik tunai di Alfamart biaya hanya Rp 1,500, rekening valas, tarik dana darurat dari polis asuransi, jual beli Reksadana, namun kelemahannya adalah banyak error di aplikasi yang membuat rendahnya rating di playstore dan adanya biaya dorman Rp 10,00 per bulan.

Siapa yang tidak kenal bank Sinarmas? Salah satu perusahaan pelayanan perbankan terkemuka di Indonesia, yang sudah berdiri sejak tahun 1989. Tidak ingin kalah oleh zaman dan teknologi, bank legendaris ini tentunya sudah memiliki mobile banking tersendiri.

Bank Sinarmas meluncurkan aplikasi mobile banking Simobi Plus, demi kenyamanan para nasabahnya. Berikut review lengkap aplikasi Simobiplus mobile banking.

Simobi Plus Mobile Banking Apk

Simobi atau simobiplus adalah layanan internet banking yang disediakan oleh bank Sinarmas, namun dalam versi aplikasi mobile. Nasabah dapat melakukan transaksi perbankan apapun secara online.

Sejak masa pandemi tahun 2020, segala kegiatan masyarakat menjadi terbatas begitu juga dengan kegiatan transaksi. Kegiatan perbankan di kantor cabang pun dibatasi demi mencegah penyebaran virus.

Kehadiran aplikasi mobile banking Simobi tentu sangat membantu di masa sulit seperti ini, nasabah tidak perlu keluar rumah untuk melakukan transaksi karena bisa dilakukan hanya melalui smartphone.

Aplikasi ini sudah tersedia di Play Store dan iOS, jadi bagi Anda pengguna android maupun Iphone keduanya sudah dapat mengunduh aplikasi ini. Bahkan kini Simobi memiliki tampilan baru dengan slogan transaksi #LebihMudah!

Transfer Valas sesama rekening Sinarmas, beli polis smart investa link dalam mata uang rupiah dan dollar, bayar tagihan, top up pulsa, dan kemudahan transaksi lainnya. Nasabah hanya perlu jaringan internet stabil untuk dapat mengakses aplikasi.

a. Cara Daftar Simobi Sinarmas

Bagi yang memiliki akun rekening di bank Sinarmas, Anda hanya perlu registrasi dan login untuk bisa mengakses aplikasi. Caranya mudah, pastikan nomor telepon terdaftar di rekening.

Cara ini juga bisa dilakukan sebagai cara login Simobi di hp lain atau perangkat lain, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Simobi,
  2. Klik “lanjut”,
  3. Masukkan nomor kartu atm,
  4. Isi captcha untuk identifikasi,
  5. Setujui pengiriman kode OTP melalui sms,
  6. Masukan 6 digit kode OTP pada kolom yang tersedia,
  7. Masukkan PIN atm pada scramble keypad yang tersedia,
  8. Buat username dan password untuk akun Simobi Anda,
  9. Buat 6 digit angka EasyPIN,
  10. Lakukan konfirmasi EasyPIN,
  11. Klik “Let’s get started”,
  12. Pendaftaran selesai.

b. Cara Login Simobi

Bagi yang tidak bisa login Simobi atau belum tahu cara login, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut. Pastikan sudah pernah mendaftarkan akun rekening di aplikasi ini sebelumnya.

  1. Buka aplikasi Simobi,
  2. Klik “Login”,
  3. Masukkan nomor kartu dan tanggal lahir Anda,
  4. Kirim kode aktivasi otp melalui sms, pastikan pulsa mencukupi,
  5. Masukkan kode otp,
  6. Login berhasil.

c. Cara Registrasi Rekening Baru Melalui Simobi

Membuka rekening baru kini tidak perlu lagi repot-repot mengantri di bank, Anda bisa melakukannya dimana saja melalui smartphone. Aplikasi Simobi memiliki fitur buka rekening, dimana 100% prosesnya dilakukan secara online.

Proses pembuatan rekening baru di aplikasi mobile banking ini terbilang lebih mudah daripada yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan nasabah tidak perlu melakukan video call verifikasi bersama customer service.

Bagaimana cara buka rekening baru di Simobi?

  1. Download Aplikasi Simobi, lalu masuk dengan cara login (bagi yang sudah punya akun) dan klik registrasi (bagi yang belum punya akun),
  2. Klik summary portofolio untuk membuka tabungan baru,
  3. Siapkan ktp dan data diri lainnya,
  4. Anda diharuskan melakukan selfie untuk kebutuhan verifikasi,
  5. Cek email verifikasi yang masuk di inbox atau spam,
  6. Rekening baru berhasil dibuat.

Fitur Aplikasi Simobi

Aplikasi mobile banking dari bank Sinarmas ini memiliki fitur yang tidak kalah canggih dengan m-banking lainnya. Semua jenis transaksi bisa dilakukan tanpa ribet, apa saja fiturnya?

A. Buka Rekening Tabungan secara Online

Simobi Plus menawarkan pengalaman membuka rekening tabungan secara online tanpa tatap muka. Hanya perlu mengunduh aplikasi dan mengajukannya.

Buka Rekening Tabungan secara Online Simobi Plus Sinarmas

Nasabah tidak perlu lagi datang ke kantor cabang Bank Sinarmas. Cukup via aplikasi mobile banking, akun baru sudah bisa dibuka.

Semua tabungan, giro serta deposito berjangka dapat dilihat di SimobiPlus, termasuk produk Syariah. Nasabah juga dapat melihat kartu kredit Bank Sinarmas, produk Reksadana dan Bancassurance.

B. Rekening Valas

Kini, pengiriman uang ke luar negeri (transaksi remittance) untuk kebutuhan bisnis atau pribadi bisa dilakukan via Simobi Plus dan internet banking.

Bisa transfer ke berbagai mata uang (USD, SGD, AUD, EUR, CNY, JPY). Transfer valas bebas repot tanpa perlu ke kantor cabang

C. Tarik Tunai dan Top Up Uang di Alfamart

Transaksi top up dana dan tarik tunai sekarang bisa dilakukan di Alfamart. Biaya tarik tunai SimobiPlus E-money di Alfamart hanya Rp. 1.500. Lebih murah dari Tarik tunai di ATM!

Transaksi top up dan tarik tunai bisa dilakukan di seluruh toko Alfamart di seluruh Indonesia.

C. Tarik Tunai dan Top Up Uang di Alfamart Simobi Plus Sinarmas

D. Pengajuan Kartu Kredit Online

Nasabah sekarang bisa mengajukan aplikasi Kartu Kredit Bank Sinarmas 100% online lewat SimobiPlus.

Prosesnya sangat mudah dengan pengajuan di dalam aplikasi. Cukup pilih salah satu kartu kredit, ajukan, lakukan tanda tangan digital dan jika disetujui kartu kredit dapat langsung digunakan.

Pengajuan kartu kredit secara online, tidak hanya untuk nasabah yang sudah punya rekening di Bank Sinarmas, tetapi juga untuk nasabah baru.

Persyaratan pengajuan kartu kredit secara online di Simobi adalah:

  • Perorangan (WNI dan WNA*)
  • WNI: e-KTP/Surat keterangan pengganti E-KTP; WNA: PASPOR dan KITAS/KIMS atau Surat Rekomendasi dari Perusahaan
  • NPWP
  • Slip Gaji/SPT terakhir/ Mutasi rekening tabungan 3 bulan terakhir
  • Kartu Utama: minimal 21 tahun atau sudah menikah dan maksimal 60 tahun pada saat pengajuan
  • Memiliki alamat email untuk pengiriman e-statement (lembar tagihan kartu kredit).
  • Minimal penghasilan ? Rp3.000.000/bulan.

E. Investasi Reksadana

Nasabah bisa melakukan Top Up pembelian dan penjualan produk reksa dana melalui aplikasi SimobiPlus.

Produk Reksa Dana yang dapat ditransaksikan melalui Simobi Plus adalah produk Reksa Dana Konvensional yang terdiri dari : Reksa Dana Danamas Rupiah Plus, Reksa Dana Danamas Stabil, Reksa Dana Danamas Pasti, Reksa Dana Simas Satu, Reksa Dana Simas Syariah Berkembang, Reksa Dana Simas Satu Prima, Reksa Dana Simas Saham Unggulan, Reksa Dana Simas Danamas Saham, Reksa Dana Simas Saham Maksima.

F. Kartu Kredit

Bagi pemegang Kartu Kredit Bank Sinarmas bisa mengelola kartu mereka di SimobiPlus, yang menyediakan fitur:

  • Ubah Transaksi Menjadi Cicilan, Aktif/Nonaktifkan transaksi e-commerce, cash advance dan internasional
  • Aktif/Nonaktifkan SMS dan email notifikasi transaksi
  • Menampilkan Transaksi Unposted
  • Download Billing Statement 6 Bulan Terakhir
  • Aktivasi, Create PIN, Pemblokiran Kartu, Pembukaan Blokir, Show CVV Code
  • Cetak Kartu Fisik

G. QRIS Tanpa Tatap Muka

Sekarang, transaksi pembayaran menggunakan QRIS, dapat dilakukan di mana saja, dan kapan saja. Cukup simpan QRISnya di handphone, kemudian unggah di SimobiPlus.

Cara ini membuat nasabah tidak perlu tatap muka, selama QR Code sudah tersimpan di Simobi, transaksi pembayaran bisa dilakukan lewat aplikasi.

H. Pembayaran dan Top Up

Pembayaran : Tagihan Handphone Pasca Bayar, PDAM/Palyja/Aetra, PLN Postpaid dan PLN Non Taglis, Pembelian Pulsa Handphone & Pulsa Token Listrik, Pembelian Polis Smart Investa Link (IDR) dan Simas Investa Link (USD)

Bisa pula melakukan Top Up ke LinkAja, ShopeePay dan LinkAja

I. Top Up, Pencairan Polis Asuransi Sinarmas

Buat pemegang polis asuransi sinarmas, bisa melakukan Top Up Premi Simas Investa Link dan Smart Investa Link di SimobiPlus di aplikasi mobile banking Bank Sinarmas. Dengan fasilitas ini, penambahan investasi kapan saja dan di mana saja via SimobiPlus

Dalam waktu 5 menit Nasabah sudah bisa langsung melihat Top Up Premi yang dilakukan di SimobiPlus

Di samping itu, nasabah asuransi bisa melakukan pencairan Dana Darurat hingga Rp50 Juta dari asuransi Smart Investa Link di SimobiPlus. Tidak perlu ke cabang.

Ketentuan penarikan ini bahwa nasabah dapat melakukan penarikan dana yang ada di setiap polis secara instan dengan nilai maksimum 10% dari total premi atau Rp50 juta (berdasarkan hitungan mana yang lebih kecil dalam kelipatan Rp1 juta).

Lalu, hasabah hanya bisa mencairkan dana darurat dalam sekali sehari, minimal H-7 sebelum jatuh tempo pembayaran. Dana akan diterima oleh nasabah paling lambat 1 x 24 jam.

J. Deposito Online Mulai Rp 500 Ribu

Efisien, buka rekening deposito melalui Internet Banking dan SimobiPlus, tanpa perlu ke kantor cabang. Pembukaan rekening mudah dan praktis, bisa di mana saja dan kapan saja.

Tingkat suku bunga deposito spesial. Bunga 3,25% setahun.

Nominal penempatan hanya mulai dari Rp500 ribu

Deposito Online Simobi Plus Sinarmas Aplikasi

Call Center, Layanan Pengaduan Nasabah

Nasabah menelepon dan menyampaikan pengaduan melalui layanan 24 jam Bank Sinarmas CARE di nomor telepon 1500153 atau (021) 50188888.

Pengaduan yang diajukan secara tertulis dapat disampaikan melalui layanan : Kantor Cabang, Email [email protected], Live Chat di website www.banksinarmas.com

Tips Pakai Mobile Banking Lebih Aman

Kekhawatiran akan keamanan akun rekening online pasti sering terlintas di pikiran Anda, hal tersebut sangat wajar terjadi. Anda tidak perlu khawatir karena mobile banking Simobi sudah memiliki standar keamanan yang terjamin.

Jika ingin menghindari kemungkinan terjadinya kesalahan atau kebocoran data mobile banking, sebaiknya ikuti beberapa tips.

Pastikan mengunduh aplikasi resmi hanya dari Google Play Store dan App Store,

Hindari penggunaan wifi saat mengakses Simobi meskipun hanya sekedar cek saldo,

Jaga kerahasiaan data perbankan dan mobile banking seperti EasyPIN, kode otp, nomor kartu atm, username, password, dan lain-lain,

Lakukan pembaharuan EasyPIN secara berkala, hindari penggunaan kode digit yang muda ditebak,

Pastikan selalu logout setiap kali selesai bertransaksi, meskipun nantinya akan log out sendiri Anda tetap harus berhati-hati,

Jaga handphone pribadi dan jangan mudah meminjamkannya pada orang lain, lebih baik sembunyikan aplikasi pada homescreen,

Jika ada sesuatu yang mencurigakan, segera hubungi bank Sinarmas Care di nomor 1500153.

Tidak Bisa Login Aplikasi Simobi

Kendala saat melakukan login sering kali terjadi pada smartphone, hal ini tentu menghambat nasabah saat melakukan transaksi. Biasanya kendala login disebabkan akun sudah pernah login, sehingga muncul peringatan “multiple device detected”.

Hal tersebut merupakan salah satu sistem keamanan ketat yang dimiliki Simobi. Nasabah tidak dapat login satu akun dalam dua device atau lebih.

Berikut ini adalah cara untuk menangani kendala login di smartphone baru:

  1. Buka aplikasi dan klik login/reset,
  2. Buka menu, pilih “pengaturan” dan “ganti perangkat”,
  3. Akan muncul kamera scanner untuk melakukan scan pada aplikasi di smartphone lama,
  4. Lakukan login Simobi pada aplikasi di smartphone lama,
  5. Buka menu, pilih “pengaturan” dan “ganti perangkat”,
  6. Masukkan EasyPIN, lalu akan muncul kode QR,
  7. Scan kode QR menggunakan smartphone baru,
  8. Kirim kode OTP melalui sms sesuai dengan arahan,
  9. Masukkan kode OTP pada kolom tersedia,
  10. Anda sudah bisa login Simobi di smartphone baru.

Keunggulan Fitur Aplikasi Simobi

Aplikasi mobile banking dari Bank Sinarmas menawarkan beragam fitur yang mempermudah nasabah untuk mengelola dan melakukan transaksi perbankan secara online via ponsel. Tidak perlu lagi harus repot ke bank untuk mengantri dan mengurus keperluan transaksi perbankan.

Layanan dan fasilitas yang ditawarkan cukup komprehensif, mulai dari yang standard perbankan, seperti rekening, transfer, pembayaran serta top up, sampai dengan QRIS tanpa tatap muka, pengajuan kartu kredit online, investasi Reksadana serta Tarik Tunai di Alfamart.

Untuk pembukaan rekening secara online, Simobi punya keunggulan dibandingkan bank - bank lain, yaitu saat buka rekening baru tidak perlu video call customer service untuk verifikasi, sehingga proses registrasi jadi lebih cepat.

Koneksi SimobiPlus dengan polis asuransi Sinarmas juga membantu. Terutama saat pemegang polis ingin melakukan pencairan dana darurat, yang cukup diajukan di aplikasi secara online tanpa harus mengajukan ke kantor cabang.

Sejauh ini, kami belum pernah melihat aplikasi mobile banking yang terintegrasi dengan asuransi. Yang bisa melakukan top up dan pencairan secara online lewat mobile banking, baru Simobi Bank Sinarmas.

Gratis Transfer Aplikasi Simobi Plus Sinarmas

Kekurangan Aplikasi Simobi

Bank Sinarmas sudah memperbaharui aplikasi Simobi menjadi Simobi Plus, sehingga kinerjanya pun meningkat. Kepuasan nasabah terhadap mobile banking ini dapat terlihat dari rating penilaian.

Para pengguna android memberikan penilaian 3.3/5 untuk Simobiplus, artinya banyak pengguna yang masih belum puas dengan pelayanannya. Keluhan pun beragam mulai dari tidak bisa input data, tidak menerima kode OTP, dan lain-lain.

Sedangkan para pengguna Iphone sudah cukup puas dengan memberikan penilaian 4.2/5. Namun dari komentar yang dituliskan terlihat kendala yang dialami masih sama dengan para pengguna android, yaitu aplikasi error dan sulit untuk registrasi.

Dapat disimpulkan bahwa kekurangan aplikasi simobi yaitu mudah error, sehingga nasabah terkendala untuk mengakses aplikasi. Terutama saat melakukan login dan registrasi, hal ini sering terjadi karena server error.

Terkait biaya admin, Simobi Plus memang tidak mengenakan biaya admin dan minimum setoran nol saat pembukaan rekening di aplikasi. Akan tetapi, nasabah dikenakan Biaya Dorman Rp 10 ribu per bulan untuk yang tidak aktif.

Biaya Dorman adalah biaya yang akan dikenakan kepada nasabah apabila selama 36 bulan atau 3 tahun, tidak ada transaksi (rekening tidak aktif).

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait