Pinjaman Online, Investasi, Keuangan, Asuransi | Duwitmu

Membuka Rekening Digital ATM BRI Online Tanpa Perlu ke Kantor Cabang

Dipublish oleh R Quiserto Desember 18, 2021

Daftar Isi

Cara Buka Rekening ATM BRI Online

Pembukaan rekening di Bank BRI sekarang bisa dilakukan secara digital di bukarekening bri co id. Tidak perlu lagi harus antri di kantor cabang. Bagaimana cara bikin digital saving ATM BRI dengan mudah, apa syarat, prosesnya serta tipsnya agar lancar dan berhasil ?

Cara membuat rekening secara online di Bank BRI mudah dilakukan dengan mengunjungi bukarekening bri co id, menyiapkan KTP dan mengambil foto selfie dengan smartphone. Proses bikin rekening ATM digital ini hanya butuh waktu 10 menit selesai. Nasabah tidak perlu lagi repot datang ke kantor cabang untuk membuka rekening tabungan.

Keuntungan buka rekening di BRI dibandingkan di bank lain adalah di BRI pengajuan cukup dilakukan lewat website mobile dan tidak wajib mengunduh aplikasi di smartphone. Tidak semua masyarakat punya ponsel smartphone sehingga kesempatan untuk buka akun BRI lewat website menjadi sangat membantu

Namun, nasabah harus menyetorkan saldo uang minimal Rp 100 ribu di akhir proses untuk bisa mengaktifkan rekening dan mendapatkan kartu ATM. Tanpa memenuhi setoran saldo minimum ini, rekening tidak bisa aktif.

Petunjuk Membuat Akun Digital Saving BRI

Berikut ini langkah – langkah daftar dan bikin rekening tabungan BRI secara digital tanpa harus ke cabang:

1. Masuk ke Situs BRI Buka Rekening

Nasabah masuk ke situs bukarekening.bri.co.id. Ini alamat situs yang khusus digunakan untuk membuat rekening BRI secara online.

2. Langkah Pembuatan Akun

Dijelaskan langkah pembukaan rekening terdiri atas: 1. Dokumen 2. Verifikasi 3. Setoran Awal 4. Buat Akun BRIMO

3. Pilih Kartu Debit

Tentukan kartu debit yang akan menjadi kartu ATM di rekening BRI. Pelajari dulu masing-masing kartu debit di Bank BRI karena banyak pilihannya.

4. Pilih Kantor BRI

Tentukan kantor BRI yang diinginkan untuk mengelola rekening kita. Seandainya nasabah harus ke cabang untuk mengurus rekening maka ini kantor cabang yang digunakan.

5. Foto KTP

KTP Buka Rekening ATM BRI Online

Ambil foto e-KTP dengan kamera di ponsel yang digunakan untuk membuka rekening. Pastikan bahwa foto eKTP jelas, bukan fotocopy, seluruh KTP masuk dalam frame dan sistem bisa membaca isi KTP dengan jelas.

Setelah itu, nasabah diminta mengisi data awal buka rekening, seperti NIK, Nama Ibu Kandung, Email, No HP. Nasabah diminta melakukan verifikasi nomor handphone. Dilakukan melalui pengiriman OTP SMS handphone.

6. Rekaman Video

BRI meminta calon nasabah melakukan perekaman video untuk verifikasi diri. Rekaman video berlangsung 8 detik, diminta melepas kacamata, topi serta masker. Pastikan memiliki jaringan internet yang bagus agar rekaman lancar dan berhasil di upload.

7. Foto Selfie dan KTP

Nasabah melakukan foto selfie dan KTP. Pastikan KTP tidak menutupi wajah, KTP yang digunakan sama dengan yang sudah di upload sebelumnya dan semua terlihat jelas.

Lakukan tanda tangan di tempat yang sudah disediakan. Upayakan tanda tangan sama dengan yang di KTP.

8. Foto NPWP

Ambil foto NPWP sebagai syarat pembukaan rekening. Pastikan bahwa foto NPWP  jelas, bukan fotocopy atau upload, seluruh kartu NPWP masuk dalam frame dan sistem bisa membaca isi NPWP dengan jelas. Namun, nasabah bisa memilih tidak memiliki NPWP.

9. Proses Verifikasi

Setelah semua data di input, BRI melakukan proses verifikasi. Nasabah diminta menunggu dan melakukan pengecekan secara berkala. Tersedia tombol ‘cek verifikasi’.

10. Lengkapi Data Data

Setelah verifikasi berhasil, selanjutnya nasabah harus mengisi data pribadi, kontak, alamat, pekerjaan dan keuangan. Lengkapi dan isi data diri, seperti nama, NIK, tempat dan tanggal lahir, Agama.

A. Data Kontak

Isi data kontak darurat, yaitu nama, hubungan dan No HP.

B. Data Alamat KTP dan Domisili

Isi data alamat berdasarkan KTP dan domisili. Tidak perlu mengisi dua kali jika domisili sama dengan KTP. Jika tidak sama, kedua alamat harus diisi.

C. Data Pekerjaan

isi data pekerjaan saat ini, seperti nama perusahaan, alamat kantor, kontak, jenis pekerjaan, jabatan.

D. Data Keuangan

Isi data keuangan, seperti jumlah pendapatan, sumber pendapatan, transaksi normal harian, tujuan pembukaan rekening.

11. Syarat dan Ketentuan

Nasabah harus menyetujui Syarat dan Ketentuan.

12. Konfirmasi

Cek kembali data yang sudah diisi dan jika sudah sesuai lakukan konfirmasi.

13. Setoran Dana Awal untuk Aktivasi Rekening

Nasabah wajib melakukan setoran awal sebesar Rp 100 ribu untuk aktivasi rekening. Setoran dilakukan ke nomor rekening yang sudah ditentukan.

Ada batasan waktu untuk melakukan penyetoran dana. Penyetoran diluar batas waktu maka pembukaan rekening dilakukan di hari berikutnya.

Setoran Saldo Awal Rekening BRI

Setelah pengajuan diterima, nasabah harus terlebih dahulu membayar setoran awal ke rekening BRI agar kartu bisa diaktivasi. Jumlah setoran minimum adalah Rp 100 ribu.

Tanpa pembayaran setoran minimum maka pembukaan rekening tidak bisa dilakukan. Kewajiban untuk membayar setoran ini muncul di akhir prose pembukaan rekening.

Syarat Buat Rekening

Untuk memiliki kartu debit nasabah wajib memiliki tabungan, tabungan bisnis, atau tabungan lainnya yang ditetapkan oleh bank dan atau BRI giro pada bank. Pembukaan rekening dan permintaan kartu BRI Debit dapat dilakukan melalui cabang BRI, sarana online atau sarana lainnya yang ditentukan oleh Bank.

Persyaratan umum untuk buka dan daftar rekening ATM BRI adalah:

  1. Perorangan yang mempunyai rekening BRI tabungan, BRI tabungan bisnis, tabungan lainnya yang ditetapkan oleh bank dan atau BRI giro pada bank
  2. Badan melalui pengurus atau kuasa yang ditunjuk oleh pemegang kewenangan menurut Anggaran Dasar badan/Dokumen Hukum yang serupa
  3. Membayar setoran awal minimal
  4. Warga Negara Indonesia: Kartu Tanda Penduduk/KTP masih berlaku
  5. Warga Negara Asing: Paspor dan KIMS/KITAS/KITAP
  6. Pelajar: Kartu Pelajar dan Surat Persetujuan Orang Tua
  7. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Jenis Rekening dan Kartu Debit

Dalam proses pembukaan rekening, nasabah harus memilih kartu debit. 

Penting sekali buat nasabah memilih jenis kartu debit yang tepat karena jika tidak akan menyulitkan. Masing kartu debit di BRI memiliki fitur yang berbeda – beda.

Berikut ini adalah pilihan kartu debit di BRI lengkap dengan fitur manfaatnya:

A. Britama 

Britama adalah tabungan yang memberikan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan dengan didukung fasilitas e-banking dan sistem real time online yang akan memungkinkan nasabah untuk bertransaksi kapanpun dan dimanapun.

Transaksi real-time online di lebih dari 10.000 Unit Kerja BRI dan 23.000 ATM BRI seluruh Indonesia. Aksesibilitas Kartu ATM/Debit BRI di jaringan BRI, ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro, dan MasterCard baik di dalam maupun di luar negeri.

Gratis cover asuransi kecelakaan diri hingga Rp. 150.000.000,-

B. Britama Business

Britama Business adalah tabungan BRI yang diutamakan untuk digunakan dalam bisnis dengan memberikan keleluasaan lebih dalam bertransaksi, kejelasan lebih dalam pencatatan transaksi dan keuntungan yang lebih untuk menunjang transaksi kebutuhan bisnis nasabah.

Gratis biaya administrasi bulanan dengan syarat saldo rata-rata bulanan min Rp. 5 juta. Pencatatan transaksi di Buku Tabungan lebih detail. Di Internet Banking limit RTGS mencapai 1 Milyar, dan overbooking hingga 5 Milyar.

C. Britama X

Britama X adalah Produk tabungan BRI dengan desain kartu debit khusus yang elegan untuk anak muda serta memberikan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan dengan didukung fasilitas e-banking dan sistem real time online yang akan memungkinkan nasabah untuk bertransaksi kapanpun dan dimanapun. 

Britama X menjadi salah satu pilihan kartu debit yang bisa dibuka rekening ATM secara online di BRI.

Bagikan Melalui

Artikel Terkait

Review Bank Syariah Indonesia BSI Mobile

Bank Syariah indonesia BSI Aplikasi Mobile Inte...

Januari 23, 2022 0 Komentar

Bank Syariah Indonesia (BSI) memiliki aplikasi mobile banking untuk transaksi digital. Review kal... Baca Lagi

Bank Syariah Terbaik di Indonesia

5+ Bank Syariah Terbaik di Indonesia 2021 2022

Januari 23, 2022 0 Komentar

Bank Syariah di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun ini karena berbagai fa... Baca Lagi

Aplikasi Livin by Mandiri menawarkan pengalaman baru dalam melakukan mobile banking. Bagaimana cara daftar, login, keunggulan dan kelemahan ? Apa aman pakai aplikasi dari Bank Mandiri ini ?

Livin by Mandiri Bank Aplikasi Mobile Banking

Januari 20, 2022 0 Komentar

Aplikasi Livin by Mandiri menawarkan pengalaman baru dalam melakukan mobile banking. Bagaimana ca... Baca Lagi

Apa e-money terbaik saat ini di Indonesia ? Kami menjelajahi dan mencoba beberapa layanan aplikasi e-money.  Hasilnya, kami rangkum dalam artikel ini.

Daftar Aplikasi E-Money Terbaik dan Terpopuler ...

Januari 20, 2022 0 Komentar

Apa e-money terbaik saat ini di Indonesia ? Kami menjelajahi dan mencoba beberapa layanan aplikas... Baca Lagi

OCBC Nisp One Mobile Aplikasi Mobile Banking

OCBC NISP One Mobile Aplikasi Digital Bank

Januari 16, 2022 0 Komentar

One Mobile adalah aplikasi mobile banking dari Bank OCBC NISP. Menawarkan banyak fitur dan kemuda... Baca Lagi

BNI Direct Internet Aplikasi Mobile Bisnis untuk Perusahaan

BNI Direct Internet Aplikasi Mobile Banking Bis...

Januari 15, 2022 0 Komentar

BNI Direct adalah layanan internet dan aplikasi mobile banking bisnis untuk perusahaan dari Bank ... Baca Lagi

Belum Ada Komentar

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan di publish