Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Beda Dana vs GoPay, Mana Dompet Elektronik Terbaik

Daftar Isi

Beda Dana vs GoPay, Mana Dompet Elektronik Terbaik

Dana dan GoPay Gojek adalah dua dompet elektronik digital yang paling dikenal saat ini. Apa beda kedua aplikasi digital e-wallet ini dan mana yang terbaik ?

Untuk mengetahuinya, kami menugaskan salah satu penulis yang kebetulan punya kedua aplikasi ewallet ini untuk melakukan review kelebihan dan kekurangan keduanya dan menuliskan hasilnya di artikel ini.

Hasil perbandingan menunjukkan bahwa Dana unggul sebagai dompet elektronik yang punya banyak fitur, beragam promo dengan fitur paylater, sementara GoPay promo lebih sedikit, mitra merchant terbatas di ekosistemnya dan limit paylater kecil. Keunggulan GoPay  adalah bagian dari ekosistem besar Gojek dan Tokopedia (GoTo), mudah dan menguntungkan untuk konsumen yang kerap bertransaksi dalam ekosistem ini. Namun, keduanya, Dana dan GoPay adalah dompet elektronik, e-wallet, resmi berizin Bank Indonesia yang aman dan kredibel.

Kita akan membahas secara singkat ihwal perbedaan Dana vs Gopay. Mana yang lebih baik digunakan untuk transaksi dan pembayaran secara online ?

Apa itu Dana Dompet Elektronik

DANA adalah aplikasi layanan sistem pembayaran berupa uang elektronik, dompet elektronik, transfer dana, serta layanan pendukung lainnya, berbasis mobile yang dapat digunakan melalui Perangkat Telekomunikasi. 

Aplikasi dapat diunduh melalui Play Store, App Store, maupun AppGallery. Per Januari 20222, aplikasi ini telah diunduh di Play Store sebanyak lebih dari 50 juta kali.

Apa itu Dana Dompet Elektronik

Kelebihan Dana Dompet Elektronik

Sejumlah keunggulan  Dana yang kami rasakan dari pengalaman menggunakan aplikasi ini:

1. Dana Aman, Terpercaya, Bukan Penipu

DANA diselenggarakan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe (“EDIK”) yang merupakan pemegang lisensi resmi dan telah memperoleh izin Uang Elektronik, Dompet Elektronik, Transfer Dana, dan Layanan Keuangan Digital (LKD) dari Bank Indonesia

2. Fitur Dana Lengkap

Dana adalah salah satu dompet elektronik dengan fitur terlengkap.

Mulai dari kebutuhan domestik maupun pengeluaran rutin seperti membayar tagihan listrik, air, internet, iuran BPJS, pembelian pulsa, hingga kebutuhan lainnya dapat dilakukan melalui aplikasi ini.

3. Minimal Top Up Terjangkau

Minimal top up Rp10.000 yang sangat terjangkau. Ini membantu pengguna yang punya keuangan terbatas.

4. Kerjasama Banyak Mitra Merchant

Bekerja sama dengan banyak merchant dan mitra. Membuat pembayaran Dana bisa diterima di banyak tempat.

5. Fitur Pinjaman DANA PayLater

Tersedia pinjaman dalam bentuk PayLater. Namun, hanya berlaku untuk nasabah tertentu

DANA Paylater adalah fitur di aplikasi dalam rangka pemberian pembiayaan untuk pembelian produk dengan pembayaran secara angsuran bagi Pengguna, yang diselenggarakan dengan bekerja sama dengan mitra yang ditunjuk.

6. Akun Premium

Pengguna dapat melakukan upgrade untuk menjadi akun DANA Premium dengan memilih opsi ‘Verifikasi Akun Anda’ pada halaman profil, kemudian mengambil foto KTP, melakukan verifikasi wajah, dan memasukkan nomor KTP. Setelah itu, pengguna hanya tinggal menunggu hingga proses verifikasi biometrik dan identitas tersebut disetujui oleh DANA.

Keuntungan dari akun Premium antara lain:

  1. Dapat melakukan top up hingga Rp10 juta;
  2. Dapat mengirim saldo:
  3. Cashout atau tarik tunai;
  4. Pinjaman PayLater
  5. Promo spesial dan manfaat lainnya.

Kelemahan Dana

Sejumlah kelemahan Dana yang kami rasakan dari pengalaman menggunakan aplikasi ini:

1. Tampilan UX/UI Aplikasi Kurang Nyaman

Tampilan aplikasi DANA belum cukup efisien sehingga cenderung sulit dipahami oleh pengguna baru. DANA bahkan menyediakan kategorisasi secara vertikal dan horizontal saat menampilkan daftar layanannya, padahal tidak ada perbedaan berarti terkait informasi yang ditampilkan oleh keduanya.

Aplikasi terkadang keluar dengan sendirinya ketika sedang mencoba mengakses fitur-fitur DANA.

2. Kasus Pembekuan Akun Sepihak

Kelemahan aplikasi DANA menurut ulasan beberapa pengguna di Play Store antara lain: terdapat beberapa kasus pembekuan akun secara sepihak dan proses transaksi yang memakan waktu cukup lama.

3. Pinjaman Dana PayLater Hanya Terbatas

Fitur Paylater hanya dapat diakses dan digunakan oleh Pengguna Akun Premium.

Apa itu Gopay Gojek

Gojek adalah aplikasi yang menyediakan layanan transportasi online, sementara Gopay adalah dompet digital yang bisa digunakan untuk pembayaran layanan Gojek. 

Gojek dan Go Pay bisa diakses pengguna dalam aplikasi Gojek. Sehingga, bisa dikatakan jika pengguna menginstall aplikasi Gojek, otomatis mereka bisa mengakses Gopay di dalamnya.

Apa itu Gopay Gojek

Kelebihan GoPay

Sejumlah keunggulan GoPay yang kami rasakan dari pengalaman menggunakan aplikasi ini:

1. GoPay Aman, Terpercaya, Bukan Penipu

GoPay adalah milik aplikasi Gojek yang sudah sangat dikenal di Indonesia. Gojek dimiliki oleh PT GoTo Gojek Tokopedia (dahulu PT Aplikasi Karya Anak Bangsa) sebuah perseroan terbatas yang didirikan dan beroperasi secara sah berdasarkan hukum negara Republik Indonesia dan berdomisili di DKI Jakarta, Indonesia.

2. Punya Fitur History Evaluasi Pengeluaran

Fitur ini merekam segala transaksi yang kita lakukan dengan Gopay. 

Fitur ini sangat membantu untuk mengevaluasi pengeluaran agar tidak terjebak untuk menggunakan Gopay secara impulsif.

3. Banyak Promo Ekosistem Gojek

Karena Gopay tersambung dengan aplikasi Gojek, maka wajar saja jika pengguna Gopay bisa merasakan berbagai promo yang diberikan oleh pengguna aplikasi Gojek. 

Banyak promo yang ditawarkan dengan menggunakan Gopay, seperti; cashback, voucher, dan penambahan poin keanggotaan pengguna.

3. Pinjaman Gopay Paylater 

Gopay menghadirkan fitur paylater untuk segala pembayaran yang bisa dilakukan melalui Gopay. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus upgrade akun Gopay ke Gopay Plus.

Paylater adalah salah satu teknologi pembayaran yang sedang marak digunakan di Indonesia. Dengan adanya paylater, orang nggak perlu bingung bertransaksi saat nggak punya uang karena dengan paylater, pengguna bisa beli sekarang dan melakukan pembayaran saat tagihan jatuh tempo. 

4. Integrasi dengan Ekosistem Tokopedia, Jago, dan Lainnya

Satu hal yang harus kita angkat jempol bahwa GoPay melakukan integrasi yang cepat dan mulus dengan ekosistem Gojek lainnya, seperti Tokopedia, Bank Jago, HaloDoc dan lainnya.

Jadi, kalau sekarang belanja online di Tokopedia atau beli obat di HaloDoc, sudah dengan mudah membayar dengan GoPay.

Akun GoPay juga bisa digunakan untuk melakukan investasi kripto, emas, saham, secara online di aplikasi Pluang, yang merupakan salah satu perusahaan yang diinvest oleh Gojek.

Kelemahan Gopay

Sejumlah kelemahan GoPay yang kami rasakan dari pengalaman menggunakan aplikasi ini:

1. Aplikasi tidak berdiri sendiri

Karena aplikasi Gopay sudah jadi satu dengan aplikasi Gojek, maka hal ini memicu pengguna untuk memakai berbagai layanan yang terdapat di aplikasi Gojek. 

Hal ini terbilang cukup merepotkan bagi pengguna yang hanya mengandalkan fitur Gopay karena dari segi penyimpanan, kami rasa fitur-fitur selain Gopay membuat space yang dibutuhkan aplikasi ini menjadi cukup besar. 

2. Jika ada error, transaksi tidak bisa dilakukan

Teknologi mobile tentu saja membutuhkan maintenance rutin. Sayangnya, selama maintenance tentu saja fitur-fitur yang terdapat didalamnya akan dibekukan sementara hingga proses maintenance berakhir.

Tentu saja, proses maintenance juga terjadi pada Gopay untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam bertransaksi. 

Kalau maintenance terjadi di jam-jam kerja, pastinya layanan Gopay tidak akan tersedia hingga proses maintenance berakhir dan transaksi bisa terhambat. 

3. Limit Pinjaman GoPay PayLater Rendah

Dibandingkan pesaingnya, Gojek sangat berhati - hati dalam memberikan limit pay later. Umumnya limit dari GoPay Later hanya sekitar Rp 500 ribu.

Sementara, pesaing GoPay bisa memberikan limit diatas 1 juta pada kesempatan pertama, tergantung pada seberapa aktif transaksi yang kita lakukan.

4. Kalah Promo dari Pesaing

Dulu memang GoPay dan Gojek rajin memberikan promo, tetapi sekarang intensitas promo sudah jauh berkurang. Kalah jauh dibandingkan pesaingnya yang sedang agresif sekali memberikan promo ke pelanggan.

5. Bunga dan Biaya PayLater Mahal

Meskipun di bulan pertama gratis biaya, tetapi di bulan - bulan berikutnya GoPay Later membebankan 25 ribu flat untuk berapapun nilai transaksi menggunakan fasilitas ini. 

Kita bisa hitung bahwa penggunaan Rp 500 ribu dikenakan bunga Rp 25 ribu itu artinya 5% bunga per bulan atau 60% setahun.

Kalau terlambat membayar Rp 2 ribu per hari, yang nominalnya tampak kecil, tetapi jika dibandingkan nilai penggunaan, katakan Rp 500 ribu, artinya denda sebesar 0.04% per hari.

6. Cicilan Terbatas

Berbeda dengan pesaingnya yang memberikan fasilitas cicilan untuk belanja di beragam toko online di platform e-commerce, GoPay cicil hanya menawarkan cicilan untuk transaksi di mitra Gojek.

Jumlah mitra untuk yang tersedia tidak banyak. Dan kebanyakkan toko - tokonya adalah brand ternama.

Ringkasan Dana vs GoPay

 DanaGoPay
IzinBank IndonesiaBank Indonesia
Afiliasi EkosistemTidak AdaGojek, Tokopedia
Pinjaman PayLaterTerbatasUmum
Fitur PembayaranLebih BanyakLebih Sedikit
Bunga PaylaterMurahMahal
MerchantBanyakSedikit
Limit PayLaterBesarKecil
AmanYaYa
PromoBanyakTerbatas

Dana unggul sebagai e wallet yang punya banyak fitur dan menawarkan banyak promo untuk berbagai jenis transaksi. GoPay cocok buat mereka yang menggunakan layanan di ekosistem Gojek dan Tokopedia karena sistemnya terintergasi dengan baik dan banyak promo dalam ekosistem sendiri.

Namun, yang paling penting, Dana dan GoPay, aman dan kredibel sebagai e-wallet karena punya izin resmi Bank Indonesia.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait