Pinjaman Online, Investasi, Keuangan, Asuransi | Duwitmu

Aplikasi Sekuritas Online Trading Jual Beli Saham Terbaik untuk Pemula

Dipublish oleh R Quiserto Desember 10, 2021

Daftar Isi

Online trading jual beli saham adalah layanan penting buat investor untuk sukses dalam investasi saham. Apa aplikasi broker online trading saham terbaik buat pemula ? Ada yang tanpa deposit untuk buka rekening dan banyak memberikan fasilitas trading gratis.

Kemajuan teknologi membawa perubahan signifikan di trading saham. Salah satunya yang paling menonjol, hadirnya online trading saham.

Online trading memungkinkan investor kecil dan ritel bisa jual beli saham dengan mudah dan murah. Proses yang dulu ribet, sekarang jadi mudah.

Namun, online trading membutuhkan aplikasi yang mumpuni karena proses perdagangan dilakukan oleh investor secara mandiri tanpa bantuan tenaga sales. Fitur, layanan dan kehandalan aplikasi online menjadi penting.

Pengalaman saya menemukan layanan online trading yang cocok untuk tempat main saham, tidak mudah. Saya punya beberapa kriteria untuk memilih aplikasi online terbaik, yaitu:

  • Deposit murah. Persyaratan setoran awal di broker sekuritas untuk buka rekening.
  • Buka rekening 100% online. Tidak perlu hadir di kantor cabang dan cukup melakukan via online untuk buka rekening saham di sekuritas
  • Alat analisa lengkap. Tersedia tidak hanya analisa fundamental tetapi juga teknikal yang banyak digunakan untuk kebutuhan trading
  • Fee murah. Biaya jual beli yang bersaing penting untuk mereka yang banyak melakukan trading.
  • CS. Layanan customer service yang mudah di kontak dan bisa diakses dengan berbagai device.

Saya sudah mencoba online trading saham dari beberapa sekuritas di bursa efek Indonesia. 

Berikut ini daftar fasilitas online trading, yang menurut saya terbaik saat ini, yaitu:

1. Indopremier Sekuritas IPOT

Aplikasi online saham dari IndoPremier adalah IPOT (IndoPremier Online Trading)’.

PT Indo Premier Sekuritas (“IndoPremier”) memiliki ijin Badan Pengawas Pasar Modal/Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor KEP-11/PM/PPE/1996 dan boleh dikatakan adalah supermarket keuangan karena menawarkan banyak fitur: jual beli reksadana, trading saham, beli IPO dan lainnya, yang membantu konsumen berinvestasi ke berbagai instrumen.

Indopremier punya cabang tidak hanya di Jakarta, tetapi juga kota besar seperti IPOT Surabaya dan IPOT Bandung.

A. Buka Akun Tanpa Setoran Minimum

Tidak ada persyaratan modal minimal untuk pembukaan rekening saham di Indopremier. Betul, nasabah tidak perlu setor dana untuk buka rekening.

Nanti, jika ingin melakukan transaksi beli saham, baru nasabah menyetor sesuai jumlah saham yang akan dibeli.

Jadi, kalau nilai trading saham Rp 100 ribu, praktis nasabah hanya perlu menyetor Rp 100 ribu untuk ke Indopremier.

Kebijakan ini jelas membantu para investor ritel untuk masuk ke pasar modal.

B. Pendaftaran Online

Buka rekening di Indopremier cukup dilakukan secara online dan dalam 1 Hari rekening sudah bisa terbuka. Syaratnya satu, investor harus punya e-KTP.

Saat ini nasabah yang punya e-KTP bisa daftar di aplikasi IPOT. Tidak perlu kirim dokumen dan proses pembukaan rekening jadi dalam waktu 1 hari.

Online Trading Saham IPOT

Di samping akun konvensional, konsumen bisa membuka rekening sekuritas syariah di Indopremier IPOT.

Rekening saham syariah memiliki ketentuan bahwa akun Syariah hanya digunakan untuk bertransaksi saham syariah yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) , ETF syariah (30 Saham Syariah yang termasuk dalam Jakarta Islamic Index) dan ReksaDana (umum dan syariah) dengan limit trading 1:1.

Limit trading 1:1 di akun Syariah artinya akun Syariah tidak bisa melakukan trading dengan margin (hutang), ingin transaksi beli saham harga Rp 1 juta maka dana Rp 1 juta harus sudah tersedia di rekening dana investor.

C. Layanan Online Trade

IPOT saham Indopremier memiliki fitur buat investor yang suka melakukan online trading, yaitu:

  • Dashboard dan fitur di dalam aplikasi IPOT mudah digunakan dan nyaman buat semua investor, bahkan pemula sekalipun.
  • Chart untuk analisa teknikal disediakan lengkap dan komprehensif. Chart ini sangat berguna untuk investor menganalisa perilaku harga dan melakukan day trading
  • Data finansial serta laporan keuangan setiap saham tersedia lengkap dan punya historis sampai beberapa tahun ke belakang. Untuk melakukan analisa fundamental saham sangat cukup didukung dengan data dari IPOT.
  • Integrasi dengan Supermarket Reksadana IPOTFUND. Jika dana menganggur belum digunakan untuk transaksi saham, dana bisa dialihkan sementara ke Reksadana Pasar Uang dan bisa dicairkan secara cepat jika dibutuhkan. Dengan cara ini, nasabah bisa memperoleh bunga lumayan (karena ditempatkan di Reksadana Pasar Uang) dibandingkan berhenti di saldo rekening dana saham yang hampir tanpa bunga
  • Layanan CS via Telegram. Investor bisa kontak di jam bursa dan mendapatkan response di hari yang sama.

Call Center CS Indopremier Sekuritas di Pacific Century Place 16/F SCBD Lot 10, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190 dan P: +62 (21) 5088-7200

D. Fee Indopremier

Pilihan akun yang tersedia: Reguler, dan Syariah Tidak ada minimal setoran awal untuk pembukaan rekening: 

Fee sebagai berikut:

  • Fee jual saham: 0.29% per transaksi
  • Fee beli saham: 0.19% per transaksi

E. Robo Trader Saham Indopremier

IPOT menyediakan fitur Robo Trading yang merupakan otomatisasi sistem dalam aplikasi trading saham. Fitur ini membantu investor melakukan pembelian atau penjualan dengan kondisi-kondisi yang telah ditentukan sebelumnya.

Online Trading Saham IPOT Indopremier

Alih – alih, investor harus mengamati saham setiap waktu, yang akan memakan waktu dan tenaga, maka menggunakan Robo Trading membuat proses menjadi lebih efisien dan efektif.

Fitur Robo sangat membantu untuk investor online trading. Investor jadi tidak perlu harus setiap waktu duduk di depan layar komputer memantau pergerakkan harga saham.

Investor cukup menetapkan strategi dan tingkat harga. Sisanya sistem Robo Trading yang mengeksekusi perintah tersebut sesuai dengan kondisi yang sudah ditetapkan.

Berikut ini contoh penggunaan Robo Trading

Buy On Support. Asumsikan investor ingin membeli saham ANTM pada posisi terendah atau Buy On Support/Weakness di harga 500. Dalam aplikasi IPOT, investor dapat menggunakan Condition Simple (Posisi Last Price) dan pilih Limit Order.

Dengan kondisi ini, saat harga saham ANTM menyentuh Buy On Support yang sudah investor tentukan, yaitu Rp 500, aplikasi otomatis melakukan pembelian.

Buy on Breakout. Kondisi berdasarkan harga yang melampaui titik harga tertentu. Misal jika harga melewati harga terendah selama satu minggu, satu bulan, dan lainnya

Misalkan investor  ingin membeli saham ANTM pada posisi di atas Resistance atau Buy On Breakout di harga 550. Untuk melakukan  Task ini dapat menggunakan Condition Simple (Contoh : Posisi Best Offer harga 550) dengan kombinasi Check Quantity pada Cumulative Done 100 Lot (artinya, jika harga ANTM pada posisi Offer sudah mencapai 550 dengan jumlah Lot yang sudah Done mencapai 100 Lot pada harga tersebut, maka Action akan dijalankan).

Reversal. Kondisi berdasarkan harga yang sudah berbalik arah atau trend. Kondisi ini dapat digunakan sebagai Trailing Stop Top Reversal untuk Order Sell dan Trailing Stop Bottom Reversal untuk Order Buy

Trailing Stop adalah sebuah aksi yang dilakukan trader untuk mengamankan keuntungan (Trailing Stop Top Reversal) atau membeli ketika pasar mengalami rebound (Trailing Stop Bottom Reversal). Penggunaan Trailing Stop Bottom dan Top Reversal dapat menggunakan Kondisi Reversal.

Volume Market. Kondisi berdasarkan harga dan jumlah volume yang terpenuhi. Kondisi ini dapat digunakan untuk melihat likuiditas perdagangan pada waktu tertentu.

Multi Event. Kondisi ini berdasarkan kombinasi antara Stop Loss, Profit Taking, dan Trailing Stop. Stop Loss adalah nilai batasan harga terendah yang ditentukan untuk membatasi kerugian, serta Profit Taking adalah level ambil untung dengan cara menjual saham (atau aset lainnya) di harga yang lebih tinggi daripada harga belinya.

Untuk membuat Stop Loss dan Profit Taking, investor dapat menggunakan Simple (secara terpisah antara Profit Taking dan Stop Loss) atau Multi Event (Penggunaan Stop Loss dan Profit taking di Multi Event dapat dikombinasikan).

Asumsikan investor sudah mempunyai saham ANTM di harga 500, dan ingin pasang level Stop Loss di harga 480, dan Profit Taking di harga 550. Kemudian pada posisi Action, kita akan menggunakan Limit Order posisi Best Offer Price dengan tambahan More Action.

2. Mandiri Sekuritas Online MOST

PT Mandiri Sekuritas memiliki izin pialang saham melalui SK Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) No. 12 Tahun 1992 dan izin penjamin emisi melalui SK Bapepam No. 13 Tahun 1992, terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Aplikasi dari Mandiri Sekuritas disebut MOST, Mandiri Sekuritas Online Trading. MOST bisa diakses lewat situs atau unduh aplikasinya di ponsel.

Aplikasi MOST enak sekali digunakan. Tidak rumit.

Fungsi – fungsinya di MOST disusun untuk mempermudah investor bahkan yang pemula sekalipun.

Untuk para pemula yang masih takut – takut mulai berinvestasi, Mandiri jugaa menyediakan MOST Trial, yaitu tools untuk mengalami secara  langsung trading saham tanpa resiko kehilangan uang.

Online Trading Saham Mandiri Sekuritas MOST

Fitur Mandiri Sekuritas Online, MOST yang layak dicatat :

  • Mandiri Sekuritas adalah sekuritas BUMN terbesar dan teraktif di bursa.
  • Pendaftaran nasabah bisa dilakukan secara online, cukup dengan menyiapkan e-KTP, foto selfie dengan memegang e-KTP dan NPWP.
  • Mandiri Sekuritas memiliki produk investasi pasar modal yang lengkap, yaitu: saham konvensional, saham syariah, Reksadana, Obligasi dan SBN, serta emisi IPO. Banyaknya produk membantu konsumen melakukan diversifikasi investasi.
  • Koleksi Reksadana di MOST lengkap, berbagai jenis Reksadana ditawarkan tidak hanya oleh Mandiri Investasi, tetapi juga oleh Manajer Investasi lain
  • Fasilitas training di kelas secara tatap muka yang komprehensif, terbagi atas 3 level sesuai pemahaman nasabah.
  • Fasilitas training online yang lengkap di situs Mandiri Sekuritas
  • Akses terhadap hasil riset dan update harian soal perkembangan pasar dan perekonomian dari para analis berpengalaman dari Mandiri Sekuritas.

A. Buka Rekening Mandiri Sekuritas

Saat buka di Mandiri sekuritas, saya membuat Rekening Dana Investor di Mandiri Tabungan Bisnis. Untuk itu, Mandiri Sekuritas mewajibkan nasabah membuka rekening tabungan di Bank Mandiri.

Bagusnya, investor yang memiliki rekening pribadi di Mandiri bisa melakukan top up dan penarikan dana tanpa biaya dan lebih cepat.

Minimal Deposit Mandiri Sekuritas

Ketentuan di Mandiri Sekuritas adalah:

  • Pilihan akun yang tersedia: Reguler, Syariah dan Full Service
  • Minimal setoran awal pembukaan akun: Untuk mahasiswa Rp 2.000.000, untuk umum Rp 5.000.000 dan full service Rp 100.000.000

Fee Mandiri Sekuritas

Perbedaan fee antara akun regular dan full service.

  • Regular. Transaksi sendiri (tanpa bantuan broker) menggunakan aplikasi atau web-based. Fee Buy: 0.18% dan Sell: 0.28%. 
  • Full Service. Kombinasi layanan transaksi saham secara online dan konvensional (via telepon) dengan bantuan broker. Fee Buy : 0.25% sedangkan Sell : 0.35%

Yang perlu dicatat berlaku minimum fee di Mandiri Sekuritas, artinya seberapapun kecilnya jumlah transaksi saham, minimum fe beli atau jual adalah Rp 5 ribu.

Call Center CS Mandiri Sekuritas:

  • Care Center-Telepon: 14032
  • Care Center-Email [email protected]
  • Twitter: @mandiri_OLT
  • Facebook : Mandiri Sekuritas Online Trading
  • Instagram: @mandiri_sekuritas

B. Auto Order

Auto Order adalah fitur yang terdapat di aplikasi MOST yang memberikan akses untuk melakukan pemesanan beli atau jual secara otomatis. Menggunakan fungsi Auto Buy dan Auto Sell, investor bisa membuat strategi berdasarkan parameter yang telah disediakan. 

Perintah Auto Order dapat dijalankan selama maksimal 30 hari sehingga nasabah dengan mobilitas tinggi tidak perlu memantau portofolio dan pergerakan harga secara aktif untuk mendapatkan target investasi yang diinginkan. 

Auto Buy – adalah strategi untuk beli

Auto Sell – adalah strategi untuk jual:

  1. Target Price – kondisi untung
  2. Stop Loss – kondisi rugi
  3. Trailing Stop – kondisi rugi

Dalam form Auto Order nasabah harus mengisi informasi berikut:

  • Price Condition – adalah target harga beli/jual yang ingin dicapai
  • Order Set – adalah harga beli/jual setelah price condition terpenuhi
  • Quantity  – adalah jumlah lot pembelian/penjualan
  • Valid Until – adalah durasi efektifnya strategi yang telah diinput, maksimal bisa sampai dengan 30 hari

Berdasarkan permohonan order tersebut, sistem MOST secara otomatis akan mengeksekusi order pada saat kondisi dipersyaratkan terpenuhi.

C. Chart Technical Analysis

MOST menyediakan menu khusus Chart yang menampilkan grafik pergerakan saham di Bursa. Chart sangat penting buat online trading karena digunakan sebagai basis pengambilan keputusan jual beli saham.

Chart yang disediakan di MOST lengkap. Bisa dilihat dalam gambar dibawah ini berbagai chart teknikal analisis:

Chart Analysis MOST Mandiri Sekuritas

D. Margin Trading

Fasilitas Margin adalah dimana nasabah mendapatkan pinjaman/ pembiayaan untuk penyelesaian transaksi. Nasabah bisa melakukan transaksi margin dengan rekening yang terpisah dari rekening sebelumnya yang sudah dimiliki, baik itu rekening Online ataupun rekening Full Service.

Fasilitas ini diberikan dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Mengajukan permohonan fasilitas transaksi margin dan telah menjadi Nasabah Sekuritas selama 3 bulan, diikuti penilaian dan persetujuan dari pihak Mandiri Sekuritas
  • Deposit awal minimal senilai Rp 200.000.000,00 serta Efek yang diperdagangkan termasuk marginable share
  • Limit trading-nya adalah (2.81 x cash) + (1.81 x portofolio). Biaya yang dikenakan untuk transaksi baik beli maupun jual mengikuti biaya transaksi rekening reguler.

E. Fasilitas Reksadana Mandiri Investasi

Nasabah bisa menggunakan MOST untuk berinvestasi di Reksadana Mandiri. Pilihan jenis dan manager investasi tersedia sangat beragam.

Dana menganggur di saham bisa ditempatkan di Reksadana sementara untuk mendapatkan bunga lebih tinggi. Pada saat dibutuhkan untuk trading, nasabah bisa langsung mencairkan reksadana untuk trading.

3. CIMB Sekuritas

CIMB Sekuritas memiliki aplikasi online trading, yaitu CGS-CIMB iTrade. Aplikasi bisa diunduh di Playstore dan Apple Store.

Sejumlah manfaat menggunakan iTrade dari CIMB, yaitu:

  • Mudah digunakan sehingga anda dapat bertransaksi dengan nyaman.
  • Akses secara gratis untuk membaca laporan analisa efek dan analisa teknis CIMB Group di kawasan Asia yang disediakan oleh para analis dan ekonom terkemuka.
  • Menyediakan fasilitas transaksi efek kapan saja dan dimana saja.

A. Fasilitas Online Trading

iTrade menyediakan berbagai fitur nasabah bisa melakukan online trading saham secara optimal.

Aplikasi Online Trading Saham CIMB Sekuritas

Advanced Chart, lebih detail dan beberapa model chart yang tersedia seperti Bars, Candles, Hollow Candles, Haikin Ashi, Lin, Area, Baseline. 

Pengguna dapat mengakses Chart Intraday dan Historical Chart. Banyak indikator seperti EMA Cross, Ichimoku Cloud, MACD, Stochastic RSI dll.

Stock Screener, investor dapat memilah saham di pasar dengan menu Stock Screener berdasarkan indikator analisa teknikal.

Heatmap, investor dapat melihat kondisi pasar secara keseluruhan dengan menggunakan Heat Map. 

Saham – saham yang ditampilkan, dikelompokkan berdasarkan sektor. Warna area saham menunjukkan perubahan harga pada hari itu dan luas area saham dapat dibandingkan berdasarkan Market Cap, Volume, Value, atau Frequency.

Smart Order yang meliputi berbagai fitur. 

Smart Order Portfolio adalah sistem yang dapat mengirimkan order secara otomatis ke bursa jika harga perdagangan sudah menyentuh ketentuan yang sudah kita tetapkan sebelumnya

Buy – Smart Order terdapat 2 pilihan yang dapat digunakan yaitu :

  • Stop Loss untuk menjaga order yang telah match pada hari itu agar bisa dijual dengan kerugian yang sudah kita tentukan dan berlaku dengan jangka waktu 1 hari.
  • Take Profit untuk menjaga order yang telah match pada hari itu agar bisa dijual dengan keuntungan yang sudah ditentukan dan berlaku dengan jangka waktu 1 hari.

Pada Take Profit hanya ada satu kondisi harga yang menentukan kapan order akan masuk ke market. Harga tersebut dapat langsung di input. Sedangkan harga yang dipergunakan untuk masuk ke market ada 2 pilihan yaitu

  • At Price – order yang masuk ke market akan mempergunakan harga yang di input pada Take Profit.
  • Best Bid – order yang masuk ke market akan mempergunakan harga best bid. Bila Min Cap di-set maka akan mencapai batas minimum harga.

B. Buka Rekening CIMB Sekuritas

Calon investor punya dua pilihan. Buka rekening konvensional atau online.

Proses pembukaan rekening secara konvensional adalah:

  • Unduh, isi dan tanda tangan Formulir Aplikasi Pembukaan Rekening dan lengkapi dokumen kelengkapan.
  • Setelah dokumen tersebut diisi dan ditandatangani, silahkan hubungi Customer Service kami atau Pialang anda untuk penyerahan dokumen-dokumen pembukaan dan aktivasi rekening.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP), untuk Warga Negara Indonesia
  • Paspor yang berlaku, untuk Warga Negara Asing. Untuk Warga Negara Asing yang berdomisili di Indonesia harus menyertakan fotocopy KITAS yang berlaku
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama sendiri atau atas nama suami bagi Ibu-ibu yang menggunakan NPWP suami. Tax Identification Number (TIN) untuk Warga Negara Asing

Cimb menyediakan pembukaan rekening saham online yang diklaim bisa dilakukan dalam waktu 1 hari.

Aplikasi perdagangan saham Cimb Sekuritas bisa diakses lewat:

  1. Desktop di PC atau Laptop dengan mengakses situs trading Cimb Securities. Jadi, kita tidak perlu mendownload ke PC/Laptop.
  2. Aplikasi CGS-CIMB iTrade Cimb Sekuritas di ponsel HP yang terdapat di PlayStore.

Minimum setoran dana awal adalah Rp. 1.000.000,-. Setoran dana awal ini akan dibukukan dalam rekening dana nasabah.

Call Center CS Cimb Sekuritas: Tel: 021-299 61800; Fax: 021 – 5154266 E-mail: [email protected]

C. Riset Gratis

Saya lihat laporan – laporan riset di CIMB bagus dan rutin dipublikasikan, serta tidak hanya cover per saham tetapi juga terdapat laporan sektor industri dan perekonomian nasional.

Laporan riset tidak terbatas di Indonesia, tetapi seluruh ASEAN dimana Cimb beroperasi.

Sebagai nasabah di CIMB, saya bisa mendapatkan akses gratis atas laporan riset tersebut.

4. Ajaib Sekuritas

Ajaib Sekuritas adalah aplikasi trading saham online yang banyak disukai millennial. Baru – baru ini, Ajaib mengklaim sudah berhasil mencapai 1 juta nasabah dalam waktu hanya beberapa tahun.

Jika klaim ini benar, hal ini sebuah prestasi yang luar biasa. Karena selama ini jumlah investor saham di Indonesia cukup terbatas dengan pertumbuhan yang juga rendah.

Buat investor pemula, terutama millennial, Ajaib menyajikan pengalaman pengguna UX/UI yang menarik. Aplikasinya mudah digunakan dan tidak rumit.

A. Buka Tanpa Modal Minimum

Modal minimum Rp0, sehingga calon investor dapat menyetorkan modal berapa pun sesuai dengan nilai saham yang ingin dibeli. Ini kabar baik untuk pelajar atau mahasiswa yang baru ingin berlatih nabung saham.

Fitur top up instan ke RDN Bank Permata via bank mana saja (ATM, m-Banking, Internet Banking). Nomor RDN langsung diinformasikan kepada calon investor via email, segera setelah pendaftaran akun saham disetujui oleh pihak manajemen Aplikasi Ajaib.

Fitur penarikan dana gratis ke rekening Bank Permata (ada charge LLG sebesar Rp 2500 untuk penarikan ke rekening bank lain). 

Minimum penarikan dana hanya Rp10.000. Penarikan dana dalam hari kerja sebelum jam 3 sore akan diproses pada hari yang sama. Berdasarkan pengalaman, withdrawal dari RDN ke rekening bank BCA selesai dalam tempo sekitar 1 jam.

B, Daftar Online

Pendaftaran akun saham dapat dilakukan secara online sepenuhnya dan tidak membutuhkan waktu lama. Calon investor tidak perlu mengirim dokumen via pos maupun negosiasi dengan agen di kantor sekuritas. 

Cukup mengunduh aplikasi dari PlayStore, kemudian mengikuti alur prosedur pendaftaran. Setelah semua tahapan selesai, calon investor hanya perlu menunggu selama sekitar 1×24 jam hingga pembukaan rekening disetujui. 

C. Fee Transaksi

Biaya transaksi saham berkisar antara 0,10%-0,08% tergantung volume perdagangan. Ini belum termasuk biaya levy (BEI, KPEI, KSEI) 0,043%, PPN biaya broker 10%, dan PPh final untuk transaksi jual 0,1%. 

Sebagai gambaran, transaksi beli saham BJTM pada harga Rp515 sebesar 1 lot yang bernilai Rp51.500 akan terkena biaya transaksi Rp79.

D. Platform Trading Mudah

Platform trading saham informatif. Investor dapat memilih saham secara mandiri maupun berdasarkan data per sektor saham dan daftar populer (Top Value, Top Gainer, Top Volume, dll). 

Profil setiap emiten sudah dilengkapi dengan data-data seperti statistik fundamental (EPS, PER, PBV, Dividend Yield, RoA, RoE, DER, NPM, dll), grafik finansial (Balance Sheet, Cash Flow, Income Statement), jadwal aksi korporasi, dan berita terkini. Semuanya dapat diakses dalam satu klik.

5. BNI Sekuritas BIONS

PT BNI Sekuritas didirikan 12 April 1995 sebagai anak perusahaan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk., yang sahamnya 75% dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. dan 25% dimiliki oleh SBI Securities Co., Ltd.

PT BNI Sekuritas bergerak di bidang pasar modal yang meliputi perdagangan saham, perdagangan surat utang, investment banking dan assets management dengan nomor Izin Usaha Perusahaan Efek.

A. Cara Daftar BNI (Online dan Hybrid)

Di BNI tersedia dua jenis fasilitas transaksi saham, online dan hybrid.

Online adalah proses transaksi dilakukan oleh nasabah sendiri, lewat aplikasi saham, tanpa bantuan team sales di kantor BNI Sekuritas. Hybrid adalah proses transaksi dengan bantuan sales

Aplikasi Online Trading Saham BNI Sekuritas

Proses pembukaan rekening di BNI Sekuritas online, dengan cara:

  1. Registrasi data pada laman : bnisekuritas.co.id/regonline
  2. Cetak, tambahkan materai 6000 dan tandatangan pada kolom yang diperlukan
  3. Lampirkan fotokopi KTP dan NPWP, kirim ke : BNI Sekuritas, Sudirman Plaza, Indofood Tower lantai 16, Jl. Jend. Sudirman Kav 76-78 Jakarta 12910

Pihak BNI Sekuritas akan mengirimkan email yang menyatakan bahwa rekening sudah dibuka dan bisa digunakan untuk melakukan transaksi saham.

BNI Sekuritas menyediakan pula rekening syariah. Rekening Syariah hanya dapat melakukan transaksi saham yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) dan tidak ada fasilitas pembiayaan transaksi (hanya menggunakan dana nasabah).

B. Fee Transaksi BNI Sekuritas

Ketentuan perdagangan saham di BNI Sekuritas adalah:

  • Setoran minimal adalah Rp 1 juta (vs Rp 5 juta hybrid).
  • Fee jual saham : 0.25% (tidak ada minimum fee) 
  • Fee beli saham : 0.15% (tidak ada minimum fee) 
  • Transaksi bisa lewat ponsel HP dan desktop PC/Laptop dengan aplikasi esmart.

Fee transaksi di BNI Sekuritas membuatnya menjadi sekuritas fee terendah relatif rendah dibandingkan sekuritas lain, terutama di fee jual saham.

Di BNI Sekuritas, nasabah rekening saham otomatis bisa melakukan jual beli Reksadana, dengan mengisi satu form yang diisi bersamaan pendaftaran rekening saham.

Dengan juga membuka rekening reksadana, jika nasabah sedang tidak ingin berinvestasi di saham, daripada uang ditarik, bisa di parkir ke reksadana. Dan jika nanti diperlukan, dana bisa langsung ditarik.

Call Center CS BNI Sekuritas: Sudirman Plaza Indofood Tower Lt. 16 Jl.Jend.Sudirman Kav. 76-78 Jakarta 12910. Telp. (021) 2554-3946 Fax. (021) 5793-5831 E-mail: [email protected]

D. Fasilitas Online Trading

Aplikasi Online Trading Saham BNI

Stock Rank Menampilkan peringkat transaksi saham berdasarkan kriteria tertentu

Screener Fitur pencarian saham berdasarkan kriteria fundamental, seperti market cap, industry, indikator rasio laporan keuangan.

Chart Menampilkan grafik harga saham, seperti Overlay chart : SMA, Bollinger, PSAR, serta Indicator : MACD, RSI, STC, WillR, CCI, TRIX, ROC, ADX, OBV

Automatic Order, fitur untuk melaksanakan transaksi saham sesuai dengan kondisi yang telah diatur sebelumnya, tanpa harus setiap saat memonitor pergerakan saham dan dapat disimpan selama 30 hari (GTC), terdiri dari:

  • Booking by Price Menggunakan parameter harga yang telah ditentukan sebagai trigger 
  • Booking by % Menggunakan parameter % unrealized gain/loss yang telah ditentukan sebagai trigger 
  • Booking by Time Menggunakan parameter waktu yang telah ditentukan sebagai trigger

Research, News, Chart yang memungkinkan investor mendapatkan rekomendasi saham pilihan setiap hari, dan grafik harga dengan indikator analisis teknikal, serta dapat mengakses berita aktual secara realtime.

Review Broker Online Trading Saham

Pandemi menimbulkan banyak perubahan dalam gaya hidup orang berinvestasi. Salah satunya, orang mau terjun ke online trading saham.

Dulu, di Indonesia, tidak banyak orang mau menanamkan uangnya dalam jual beli saham. Tetapi, dalam 2 tahun terakhir, jumlah investor di BEI melonjak sangat tinggi.

Kebanyakkan investor yang baru masuk tergolong investor muda dan milenial. Mereka ini memilih main saham di online trading karena mungkin itu yang paling sesuai dengan jiwa muda mereka.

Pemilihan aplikasi online trading saham menjadi kunci keberhasilan bagi para investor pemula milenial. Semoga daftar online trading yang saya di review ini bisa membantu memberikan perspektif dan pilihan terbaik.

Bagikan Melalui

Artikel Terkait

cara beli saham IPO di eIPO Stockbit Sekuritas

Cara Beli Saham IPO Secara Online di e-IPO dan ...

Januari 24, 2022 0 Komentar

Saat ini tren perdagangan saham tidak lagi menjadi privilege orang tertentu saja. Dengan kemudaha... Baca Lagi

Pinjam Meminjam Efek KPEI

Pinjam Meminjam Efek KPEI: Tujuan, Manfaat, Skema

Januari 22, 2022 0 Komentar

Layanan pinjam meminjam efek dapat menjadi alternatif untuk mendatangkan keuntungan ekstra dari i... Baca Lagi

Saham vs Properti, Apa Investasi Terbaik

Beda Saham vs Properti, Apa Investasi Menguntun...

Januari 21, 2022 0 Komentar

Saham dan properti adalah dua instrumen investasi yang populer di masyarakat. Masing – masi... Baca Lagi

Rasio Profitabilitas Laporan Keuangan

Pengertian Rasio Profitabilitas Laporan Keuanga...

Januari 19, 2022 0 Komentar

Rasio profitabilitas penting dalam analisa laporan keuangan. Bagaimana rumus formula menghitung r... Baca Lagi

Apa itu Free Cash Flow

Free Cash Flow: Manfaat, Formula Cara Menghitung

Januari 10, 2022 0 Komentar

Free Cash Flow adalah indikator penting untuk menganalisa laporan keuangan dan menilai kinerja pe... Baca Lagi

Emas vs Saham, Apa Investasi Terbaik

Beda Saham vs Emas, Apa Investasi Lebih Untung

Januari 6, 2022 0 Komentar

Jika harus memilih, apakah lebih baik investasi di emas atau saham ? Jawabannya, tergantung. Mari... Baca Lagi

Belum Ada Komentar

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan di publish