Review Indopremier Sekuritas Broker Beli Saham (Tanpa Modal Minimal)

Indopremier adalah tempat saya pertama kali memulai main saham. Bukan karena itu saya review, tetapi karena Indopremier sekuritas tidak meminta setor modal minimal untuk buka rekening saham. Cara buka rekening online cukup e-KTP, 1 jam jadi. Ikuti pengalaman cara jual beli saham dengan broker ini.

Saya sudah menggunakan Indopremier lebih dari 10 tahun yang lalu.

Awalnya, saya memakai untuk berinvestasi di Reksadana lewat IPOTFUND, supermarket Reksadana milik Indopremier.

Seiring waktu, dengan pengetahuan yang bertambah, saya beralih dengan berinvestasi di saham lewat sekuritas Indopremier.

Tanpa Modal Minimal Indopremier Saham

Yang paling berkesan menurut saya adalah persyaratan modal minimal yang sudah tidak ada lagi untuk pembukaan rekening saham di Indopremier.

Dulu, saat saya akan membuka rekening saham, ada syarat saat pembukaan harus setor modal minimum mulai dari Rp 5 juta sd Rp 25 juta atau lebih.

Tentu saja, kewajiban setoran modal minimum rekening saham ini membuat banyak calon investor pemula mundur, terutama ritel investor yang modalnya cekak.

Tapi, saya mendengar dari RM saya bahwa kewajiban setoran modal minimum tersebut sudah dihapus, tidak ada lagi di sekuritas IndoPremier

Nasabah cukup membuka rekening di Indopremier.

Nanti, jika ingin melakukan transaksi beli saham, baru nasabah menyetor sesuai jumlah saham yang akan dibeli.

Advertisements

Jadi, kalau nilai trading saham Rp 100 ribu, praktis nasabah hanya perlu menyetor Rp 100 ribu ke Indopremier.

Kebijakan ini jelas membantu para investor ritel untuk masuk ke pasar modal.

Indopremier IPOT

IndoPremier Sekuritas Platform Investasi

PT Indo Premier Sekuritas (“IndoPremier”) memiliki izin Badan Pengawas Pasar Modal/Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor KEP-11/PM/PPE/1996 dan adalah supermarket keuangan karena menawarkan banyak fitur: jual beli reksadana, trading saham, beli IPO dan lainnya, yang membantu konsumen berinvestasi di pasar modal.

Data PT Bursa Efek Indonesia, periode Januari – April 2020, menunjukkan bahwa Indo Premier, kode broker PD, menduduki urutan ke-10 sebagai broker paling aktif dari nilai transaksi di BEI dengan total transaksi mencapai Rp 43 triliun dan frekuensi transaksi 5.3 juta kali.

Tingginya jumlah frekuensi transaksi di Indo Premier menunjukkan banyaknya investor ritel yang menggunakan layanan sekuritas ini. Umumnya, investor ritel relatif lebih sering melakukan transaksi dibandingkan investor institusi.

Produk keuangan yang ditawarkan oleh Indo Premier cukup lengkap, yaitu:

  • Jual Beli Saham lewat fungsinya sebagai broker dan anggota bursa efek Indonesia
  • Penjamin emisi saham IPO
  • Penjualan Obligasi dan SBN Ritel
  • Supermarket Reksadana lewat IPOTFund.

Cara Daftar Indopremier Saham

Ada dua pilihan cara buka rekening saham, yaitu online dengan e-KTP atau manual tanpa e-KTP.

Saya sarankan pilih proses pembukaan rekening online karena cukup kirim e-KTP, tanpa perlu tatap muka atau datang ke cabang.

Mari kita lihat satu – satu.

Online e-KTP

Cara melakukan pendaftaran pembukaan rekening saham secara online adalah:

  1. registrasi secara digital dengan mengunduh aplikasi IPOTGO dan IPOTPAY milik IndoPremier,
  2. memasukkan nomor identitas e-KTP,
  3. mengunggah foto diri dengan memegang e-KTP dan
  4. foto spesimen tanda tangan.

Dalam waktu kurang dari satu jam, nasabah akan mendapatkan rekening efek sebagai rekening transaksi, sub rekening efek (SRE) sebagai rekening penyimpanan efek, nomor SID (Single Investor Identification), sekaligus rekening dana nasabah (RDN) atau Rekening Dana Investor (RDI) yang dibukakan di Permata Bank sebagai bank RDN terdaftar untuk rekening penampungan dana.

Dengan proses ini, calon investor tidak perlu datang ke cabang, tidak perlu kirim dokumen ke kantor IndoPremier dan cukup 1 jam rekening sudah jadi serta siap digunakan untuk main saham.

Manual Tanpa e-KTP

Jika tidak ada e-KTP, proses pembukaan dilakukan secara manual dengan mengirimkan formulir fisik ke kantor IndoPremier, dengan cara berikut:

  1. Masuk ke pendaftaran manual di Indopremier.com
  2. Isi data diri, data pekerjaan, nama gadis ibu kandung, no rekening bank
  3. Buat User ID dan Password
  4. Cek INBOX di email dari support@indopremier.com dengan subjek: “Pendaftaran Akun IPOT”.
  5. Persyaratan dokumen: Copy KTP, Copy NPWP (jika ada), Copy halaman pertama buku rekening tabungan, Foto diri (selfie) dengan memegang KTP asli
  6. Print dokumen PDF, lengkapi persyaratannya, dan kemudian bubuhkan tanda-tangan.
  7. Kirim formulir dan dokumen yang diperlukan ke kantor pusat atau cabang IPOT. Bisa meminta layanan Request Pick-up melalui customer service.

Proses pembuatan akun IndoPremier membutuhkan waktu proses 2 hari bursa.

Formulir fisik opening account IndoPremier dan dokumen pelengkap digunakan untuk memproses Single Investor Identity (SID) dan pembukaan Rekening Dana Investor (RDI).

Cara Setor Dana

Setelah berhasil membuka rekening di IndoPremier, termasuk Rekening Dana Investor (RDI) / RDN, nasabah siap melakukan perdagangan saham, dengan cara berikut:

  • Setor deposit dana ke Rekening Dana Investor (RDI) yang telah dibuka dan nomornya tersedia di Indopremier.com
  • Bisa transfer melalui ATM, M-Banking atau Teller untuk proses deposit ke RDI. Setelah dana sudah masuk ke RDI baru dapat mulai bertransaksi.
  • Masuk ke situs Indopremier.com atau IPOT Ultima untuk mulai melakukan perdagangan saham.

Rekening Dana Investor (RDI) adalah Rekening yang hanya bisa digunakan untuk transaksi di IPOT. Rekening ini berbeda dengan Rekening Pribadi yang akan mendapatkan ATM dan Buku Tabungan.

Rekening RDI ini tidak akan dikenakan biaya apapun termasuk biaya bulanan.

Peran RDI sangat penting karena transaksi baru bisa dilakukan jika dana sudah tersedia di RDI dan uang hasil penjualan saham akan masuk ke RDI dulu baru bisa dipindahkan ke rekening pribadi.

Kalau memungkinkan, pilih RDI yang sama dengan rekening pribadi, misalnya BCA dengan RDI BCA, Mandiri dengan RDI Mandiri.

Bank RDI di IPOT adalah BCA, BCA Syariah, Mandiri, CIMB dan Permata.

Indopremier.com (IPOTGo)

Nanti Anda akan lihat bahwa Indopremier memiliki banyak situs yang masing – masing punya tujuan tertentu.

Tapi, yang paling utama adalah Indopremier.com.

Di situs ini, nasabah bisa melihat portofolio investasi di seluruh produk Indopremier, tidak hanya saham, tetapi juga reksadana, dana simpanan di rekening, obligasi dan lainnya.

Saya biasanya masuk pertama kali ke Indopremier.com untuk memantau kondisi portofolio secara umum, mengecek dana yang tersedia di rekening jika ingin melakukan trading saham atau melihat kinerja instrumen investasi lain di Indopremier.

Dari Indopremier.com, Anda lalu bisa beralih ke situs lain di Indopremier, yaitu:

  • IPOTGO. Situs investasi terintegrasi.
  • IPOTKU. Situs cara modern untuk menabung
  • IPOTSTOCK. Situs Investasi saham.
  • IPOTFUND. Situs untuk investasi Reksadana.
  • IPOTPLAN. Situs perencanaan keuangan.
  • IPOTNEWS. Situs seputar berita investasi.

Indopremier Ultima

IndoPremier Sekuritas IPOT Ultima

Setelah terdaftar dan ingin melakukan perdagangan saham, aplikasi yang wajib dibuka adalah IPOT Ultima.

IPOT Ultima adalah aplikasi trading online milik Indopremier yang secara real-time digunakan untuk melihat pergerakan pasar dan mengeksekusi order jual order beli saham.

IPOT ULTIMA dapat diakses melalui www.ipotindonesia.com/ipotultima, dengan wajib mengisi username dan password IPOT, bisa diakses lewat pc dan laptop, atau di unduh aplikasinya di ponsel HP android dan apple.

Ultima menyediakan banyak fungsi, sangat lengkap, tetapi kadang justru buat pemula bingung karena tidak semua berguna atau relevan saat ini.

Dari pengalaman, saya coba sebutkan fungsi – fungsi yang menurut saya penting buat pemula yang baru mulai trading saham.

Saat masuk ke Ultima, pengguna bisa memilih ‘Simple Menu’ dan ‘Full Menu’ yang terdapat di bagian kiri atas.

Simple Menu.

Ini adalah default menu saat pertama masuk ke IPOT ULTIMA yang menampilkan akses cepat (shortcut) untuk Market Live, Full Orderbook, Quicklink, Market Summary, Charting, Features & Activate Order.

Menu penting disini adalah:

  • Quick Link, menyediakan informasi lengkap tentang suatu saham dalam satu tampilan layar monitor. Informasi (default) yang ditampilkan antara lain : Broker Summary by Stock, Foreign/Domestic, Order Book, Charting, Company Profile dan Done by Stock
  • Charting, menampilkan analisa Technical Chart untuk pergerakan harga dan volume saham tertentu, serta menyediakan data pergerakan atau historis technical saham, kumpulan Indeks (sektor saham) atau Regional Index, Forex dan Komoditi.

Full Menu

Kalau simple menu memberikan gambaran secara umum, Full Menu adalah bagian dimana investor melakukan eksekusi order jual atau order beli saham.

  • Buy / Sell. Menu bagi pengguna untuk melakukan order beli atau order jual.
  • Portfolio. Salah satu menu paling penting yang menunjukan portofolio saham nasabah saat ini, berapa keuntungan / kerugian (unrealized), berapa kewajiban dana yang harus disetor nasabah.
  • Status, menyediakan informasi status order, apakah masih antri, sudah dieksekusi atau belum, jika sudah berapa lot saham yang berhasil dieksekusi.
  • Stock focus, bagian penting untuk menganalisa saham, yang menampilkan data Fundamental, News Research Rumors, Corp. Action & RUPS, Target Price, Technical, Statistic dan Company Profile
  • Company Profile, informasi mengenai perusahaan-perusahaan Go Public.
  • Foreign/Domestic, menampilkan detail informasi nilai, volume dan transaksi investor asing dan lokal di bursa.

Cara Jual Beli Saham

Setelah investor menempatkan uang di RDI dan memilih saham, saatnya melakukan pembelian.

Bagaimana cara order jual dan order beli ?

Buka Ultima, input User ID dan password, masuk full menu, lalu harus klik ‘activate order’ di sisi kanan atas dan mengisi PIN.

PIN diberikan dalam email pendaftaran berbarengan dengan User ID dan Password.

PIN tidak bisa dirubah, investor harus ingat.

Setelah activate order dan input PIN yang benar, investor baru bisa melakukan order jual beli saham.

a) Order Beli Saham

Masuk ke Ultima pilih Buy di Full Menu.

Isi kode saham, tentukan harga beli, dan jumlah saham yang akan dibeli, lalu otomatis sistem menghitung jumlah dana yang wajib disetor.

Sebagai rujukan, order book saham muncul yang menunjukkan antrian order dengan harga saham dan jumlah volume secara real-time.

Order book penting dijadikan.dasar melihat kondisi pasar. Misalnya ingin jual cepat atau beli cepat, maka perlu pasang di harga sesuai order book.

b) Order Jual Saham

Jika tadi pilih buy, sekarang pilih sell menu.

Prosesnya sama dengan beli saham, hanya disini posisinya jual.

Order book juga muncul sebagai referensi yang menunjukkan antrian harga jual dan beli.

c) Order Amend

Selain jual dan beli, investor bisa melakukan perubahan order atau disebut amend order.

Perubahan yang bisa dilakukan adalah dari sisi harga dan volume pembelian.

Cara melakukan amend order adalah masuk ke Order Status dan klik salah satu order dimaksud maka muncul pilihan untuk amend order.

d) Order Withdraw

Investor bisa membatalkan order disebut order withdraw.

Cara melakukan withdraw order adalah masuk ke Order Status dan klik salah satu order dimaksud maka muncul pilihan untuk withdraw order.

Related Post

e) Order Status

Order status terdapat di Ultima yang menunjukkan status Order yang sedang  dipasang, baik beli maupun jual.

Statusnya apakah sudah berhasil dieksekusi (DONE), masing menunggu di antrian atau di cancel karena sudah tutup jam perdagangan di bursa.

f) Done Status

Sesuai namanya, Done status menunjukan order yang berhasil dieksekusi di hari tersebut. Done status penting untuk melihat dengan cepat kewajiban yang perlu dipenuhi atas jual atau beli saham.

Jenis Order

Ada dua jenis order dalam perdagangan saham dan penting investor mengetahuinya untuk menentukan jenis yang paling cocok dengan rencana investasi.

Day

Jenis order ini hanya akan berlaku dalam 1 hari trading.

Di hari trading bursa berikutnya, order sudah hilang dan harus pasang order baru.

Jadi order ini berlaku harian dan jenis yang paling umum digunakan oleh investor.

Good Till Cancelled (GTC)

Saya membutuhkan order yang bisa dipasang dalam waktu lama, tidak hanya 1 hari. Order yang akan terus terpasang di sistem perdagangan selama belum berhasil dieksekusi.

Jenis order ini disebut ‘Good Till Cancelled’ (GTC) yang akan terus stay 1 minggu sepanjang belum berhasil dieksekusi.

Biasanya, saya pasang GTC jika saya sudah punya target harga dan siap menunggu untuk beberapa waktu.

Untuk mengecek jenis order ini, Ultima memiliki GTC list. Semua order GTC yang belum tereksekusi tercantum dalam list ini.

Setoran Dana dan Limit Transaksi

Berapa uang yang harus disetorkan dan kapan untuk melakukan beli saham ?

Seperti sudah diungkapkan sebelumnya, saat pertama kali bertransaksi, investor harus setor dana sejumlah rencana investasi.

Seiring waktu, dengan pertumbuhan portofolio saham, Indopremier memberikan limit transaksi kepada investor.

Keuntungan limit adalah investor bisa bertransaksi dulu, tidak perlu setor dana di depan, selama nilai transaksi masih dalam batasan limit dari IndoPremier.

Limit transaksi bisa dilihat di Portfolio (Full Menu Ultima) ‘Remaining Limit’, dengan cara kerja:

  • Sampai T+2, investor diberikan waktu menyetor pembayaran ke RDI.
  • Jika T+3 belum ada pembayaran, investor akan di stop sementara tidak bisa melakukan pembelian, tetapi masih bisa melakukan penjualan.
  • Jika T+4 jam 09.00 WIB dana pelunasan transaksi beli saham belum efektif di RDI maka Indopremier akan melakukan forced-sell atas saham yang dibeli.

Untuk transaksi jual dan beli di hari sama, berlaku prinsip netting, artinya nilai beli dan jual di hari sama akan di nett (saling memenuhi), jika terdapat sisa kewajiban beli maka investor harus setor dan sebaliknya sisa jual tersimpan di RDI.

IPOT Stock

IPOT Stock adalah bagian situs yang khusus menyediakan informasi setiap saham, yaitu:

1) Stock Screener

Jumlah saham yang banyak tidak memungkinkan investor melakukan analisa saham satu persatu secara mendalam karena keterbatasan waktu dan tenaga, tetapi investor juga tidak ingin kehilangan kesempatan investasi di saham yang punya kinerja bagus.

Muncullah ‘stock screener’ yang berfungsi memfilter saham berdasarkan kriteria dan standar tertentu, sehingga investor bisa mendapat sekumpulan saham potensial yang bisa dianalisa lebih mendalam.

IPOT Stock menyediakan banyak kriteria stock screener, mulai dari kriteria fundamental seperti market cap, ROE, ROA, Profit Margin dsb., sampai analisa teknikal dengan berbagai indikatornya.

Saya biasanya menggunakan stock screener untuk seleksi saham tahap awal, untuk kemudian setelah beberapa saham terpilih bisa melanjutkan deep-dive analysis setiap saham.

Screener membuat kerjaan analisa menjadi lebih fokus dan efektif.

2) Fundamental dan News Research

Bagian ini menampilkan data – data laporan keuangan, rasio keuangan selama 5 tahun ke belakang untuk masing – masing periode.

Periode pengamatan bisa dipilih dari kuartalan, tengah tahun dan tahunan.

Ada juga informasi soal rekomendasi jual dan beli dari analis berbagai perusahaan sekuritas atas saham. Informasi ini bisa dijadikan rujukan saat mengamati suatu saham, meskipun rekomendasi biasanya untuk jangka menengah dan panjang.

Berita dan rekomendasi analis terbaru saham juga dimunculkan di bagian ini.

Reksadana dan Saham

Indopremier memiliki produk saham dan reksadana dalam satu platform, yang bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan return nasabah.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Menghidupkan Fitur Penempatan Otomatis, yaitu menempatkan Dana Mengendap nasabah secara otomatis ke instrumen keuangan setara dengan kas (Reksadana Pasar Uang), yang memberikan bunga lebih tinggi dibandingkan dana mengendap di rekening dana investor.
  • Saat memilih fitur penempatan otomatis, maka saya diminta menentukan Reksadana Pasar Uang yang akan digunakan, sehingga saat saya punya dana mengendap di rekening dana nasabah, mungkin karena belum ada saham yang menarik untuk dibeli atau hasil penjualan saham, maka dana tersebut secara otomatis ditempatkan di reksadana pasar uang pilihan saya.
  • Nanti, saat saya akan melakukan pembelian saham, fitur pembayaran otomatis di Indopremier akan secara otomatis mencairkan dana di reksadana pasar uang untuk men-settle kewajiban pembelian saham.

Reksadana pasar uang yang dipilih Indopremier untuk fitur ini adalah Reksadana yang bisa dicairkan dalam waktu 1 hari masuk rekening.

Dana Hasil Jual Saham

Untuk proses penjualan Saham membutuhkan waktu settlement 2 hari kerja, jika Anda melakukan penjualan di hari Senin maka dana akan tersedia di RDI hari Rabu (T+2) dan bisa melakukan penarikan di hari Rabu.

Penting dicatat bahwa uang hasil penjualan saham tidak masuk langsung ke rekening pribadi kita, tetapi ke rekening dana investor dahulu, yang dari sana baru bisa di transfer ke rekening pribadi.

Penarikan dana dari RDI ke rekening pribadi berlaku ketentuan:

  • Pencairan di hari yang sama
  • Instruksi ke IndoPremier harus diterima paling lambat sebelum jam 16.00 WIB untuk BCA dan Mandiri, jam 14:15 WIB untuk CIMB Niaga dan Permata, jam 13.00 WIB untuk bank lainnya.
  • Jika melewati batas waktu tersebut, penarikan dana diproses besok hari.

Dana Ekspres, Tidak Menunggu T+2

Dalam jual beli saham, kita mengenal transaksi T+, artinya transaksi saat ini, maka delivery dilakukan beberapa hari kemudian yaitu T+2.

Delivery itu bisa saham atau uang, tergantung posisi beli atau jual.

Dengan skenario ini, jika butuh uang mendadak, maka normalnya nasabah baru bisa menerima hasil dari penjualan saham beberapa hari kemudian, tidak di hari yang sama.

Indopremier mungkin menyadari kebutuhan nasabah dan menyediakan fasilitas penarikan ekspress, yaitu dana akan segera ditransfer tanpa menunggu dana hasil penjualan diterima di RDI dan akan dikenakan biaya fasilitas penarikan dana ekspres.

Jadi, jika memilih penarikan ekspress, dana akan masuk di hari yang sama dengan penjualan saham, tetapi kena bunga per hari sebesar 0.1%.

Sebagai catatan di laporan IndoPremier terdapat dua jenis dana, yaitu:

  • Dana Tersedia. Siap ditarik kapan saja karena uang sudah siap di RDI
  • Dana Lancar. Belum siap ditarik karena dana berasal dari penjualan efek (Reksadana, obligasi dan saham) yang sudah terjadi tetapi dana belum diterima di RDI (unsettled redemption), selesai dalam T+2.

Supaya bisa menarik uang ke rekening pribadi di hari saya sama, bisa memilih penarikan dana ekspres dari dana lancar. Tapi ya itu kena bunga 0.1% per hari.

Fee Indopremier Jual Beli Saham

Saat ini, Indopremier menerapkan bahwa fee untuk biaya transaksi Beli 0,19% dan Jual 0,29% dari nilai transaksi saham.

Untuk settlement transaksi maka berlaku ketentuan bahwa:

  • Setiap keterlambatan pembayaran akan dikenakan denda sebesar 0,1 % per hari .
  • Apabila sampai dengan T+4 jam 09.00 WIB IndoPremier belum menerima efektif pembayaran net beli Nasabah, maka IndoPremier akan melakukan “forced sell” atas portofolio Nasabah tanpa harus meminta persetujuan dari Nasabah untuk menutup posisi utang / kewajiban.

Akun Saham Syariah

IndoPremier menyediakan fasilitas akun rekening saham syariah.

Rekening saham syariah memiliki ketentuan bahwa akun Syariah  hanya digunakan untuk bertransaksi saham-saham syariah yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) , ETF syariah (30 Saham Syariah yang termasuk dalam Jakarta Islamic Index) dan ReksaDana (umum dan syariah) dengan limit trading 1:1.

Limit trading 1:1 di akun Syariah artinya akun Syariah tidak bisa melakukan trading dengan margin (hutang), ingin transaksi beli saham harga Rp 1 juta maka dana Rp 1 juta harus sudah tersedia di rekening dana investor.

Indopremier Login

Setelah memiliki akun dan password, login Indopremier bisa dilakukan melalui beberapa cara, yaitu:

  • http://www.ipotultima.com/ untuk transaksi jual beli saham
  • https://www.indopremier.com/ipotmember/ untuk member Login

Cara Investasi Saham Indopremier

Estimate Cost : IDR

Time Needed : 01 hours 30 minutes

Cara Investasi Saham Indopremier Sekuritas

  1. Daftar Akun

    Buat akun Indopremier

  2. Masuk IPOT Ultima

    IPOT Ultima untuk perdagangan saham

  3. Menu IPOT Ultima

    Menu dalam IPOT Ultima untuk perdagangan saham

  4. Beli Saham

    Cara masukkan order beli saham

  5. Jual Saham

    Cara masukkan order jual saham

  6. Order Book

    Posisi order suatu saham secara real-time

  7. Portofolio Saham

    Kondisi portofolio investasi saham secara real-time

  8. Status Order

    Status semua Order (jual dan beli)

  9. Informasi Keuangan Saham

    Informasi laporan keuangan dan rekomendasi saham

  10. Portofolio Investasi

    Semua instrumen investasi di Indopremier

  11. Penempatan Otomatis

    Dana mengendap di saham otomatis dialihkan ke Reksadana

  12. Pembayaran Otomatis

    Pembayaran otomatis dari Reksadana

Tools
  • IpotUltima IPOTGo Indopremier
Materials
  • Computer Laptop Desktop Mobile Phone

Kesimpulan

IndoPremier sekuritas adalah salah satu broker saham yang menurut saya cocok untuk investor pemula yang baru investasi di saham.

Tidak ada kewajiban setor modal minimum untuk buka rekening dan cukup e-KTP untuk pembukaan rekening yang jadi dalam 1 jam.

Selamat Mencoba !

Advertisements