Advertisements

10 Aplikasi Cara Trading Saham Online Terbaik untuk Pemula

Advertisements

Investasi saham membutuhkan aplikasi trading yang bisa diandalkan dan mudah digunakan. Saya mencatat 10 diantaranya. Berikut ini review dari masing – masing aplikasi dan kriteria memilih aplikasi saham terbaik.

Untuk bisa melakukan jual beli saham, Anda perlu broker yang bisa dipercaya. Broker yang tidak hanya murah tetapi juga mudah, tidak hanya mudah tetapi juga andal.

Kita tahu belakangan ini ada broker – broker bermasalah yang akhirnya merugikan nasabah.

Di BEI ada banyak broker, 98 jumlah tepatnya, tetapi pengalaman saya, hanya ada beberapa yang cocok untuk investor ritel.

Sebelum menyampaikan broker – broker tersebut, saya ingin menjelaskan kriteria saya dalam memilih broker, khususnya untuk investor ritel.

Aplikasi Cara Trading Saham

Aplikasi Trading Saham

Investor menggunakan aplikasi trading untuk melakukan berbagai hal terkait jual beli saham, mulai dari pendaftaran akun, pengecekan setoran deposit uang, analisa fundamental saham, analisa teknikal sampai eksekusi beli dan jual saham.

Advertisements

Peran aplikasi trading sangat sentral.

Cara Pilih Aplikasi

Bagaimana memilih aplikasi terbaik ? Ini kriteria yang saya gunakan.

1. Buka Akun Mudah Online

Yang paling utama buat saya adalah proses pembukaan akun mudah dan cepat. Sekarang sudah banyak broker dengan proses pembukaan secara online, tanpa perlu tatap muka, tidak perlu datang ke cabang.

Dulu bahkan saat saya buka akun pertama kali, karena butuh tanda tangan basah, broker datang ke kantor saya. Tapi sekarang dengan kemajuan teknologi, Anda cukup melakukan semuanya secara online

Advertisements

2. No Minimum Deposit

Betul, sudah ada broker yang tidak meminta deposit alias Nol rupiah saat nasabah membuka rekening. Nanti saat ingin melakukan transaksi, baru Anda menyetorkan uang sebesar transaksi yang ingin dilakukan.

Tanpa minimum deposit, investor ritel bisa terbantu sekali karena hanya perlu menempatkan uang sebesar jual beli saham yang akan dilakukan.

3. Data dan Chart

Kunci sukses saham adalah informasi yang memadai supaya bisa mengambil keputusan yang akurat dan menguntungkan. Salah satu sumber informasi utama adalah dari aplikasi trading saham.

Aplikasi yang bagus menyediakan data laporan keuangan historis selama beberapa tahun ke belakang disertai rasio – rasio keuangan penting untuk menilai kinerja saham. 

Selain itu, chart – chart untuk teknikal saham juga tersedia lengkap untuk berbagai strategi keluar masuk jual beli saham.

Tidak hanya data yang tersedia lengkap tetapi aplikasi juga bisa menampilkan data dan informasi secara enak dibaca dan mudah diakses.

4. CS Mudah Dihubungi

Pengalaman saya, penting sekali pilih broker saham yang punya sistem CS yang handal. Tidak hanya mudah di kontak, tetapi juga paham permasalahan dan bisa memberikan solusi.

Di aplikasi yang kurang bagus, CS sulit dihubungi dan jika bisa dihubungi tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan, alih – alih menawarkan solusi.

5. Integrasi Reksadana

Saham adalah salah satu instrumen keuangan dan sebaiknya investor melakukan diversifikasi investasi ke instrumen lain untuk mengelola resiko.

Jadi tidak semua uangnya ditaruh di saham karena resiko saham yang cukup tinggi.

Aplikasi trading saham yang bagus terhubung dengan instrumen lain, misalnya dengan Reksadana.

Aplikasi trading saham yang terintegrasi dengan Reksa Dana membuat proses perpindahan dana menjadi seamless, mudah dan cepat.

Ketika uang tidak digunakan untuk transaksi, Anda bisa memindahkan ke Reksadana Pasar Uang, supaya dana tidak menganggur dan memperoleh bunga lebih tinggi daripada di tabungan.

Sebaliknya, ketika butuh uangnya untuk beli saham, Anda bisa dengan cepat memindahkan uang dari Reksadana Pasar Uang.

6. Trading Auto

Aplikasi trading saham yang baik menawarkan fitur – fitur baru untuk mempermudah transaksi, khususnya buat nasabah yang sibuk dan tidak bisa memantau pasar setiap saat.

Salah satunya, misalnya, fitur Multi Event, yaitu bisa memasang 3 kondisi sekaligus : 

  • Stop Loss: Parameter yang digunakan untuk membatasi harga tertentu untuk mengurangi kerugian pada saat harga saham mengalami penurunan.
  • Profit Taking (simple): Target harga teratas yang dicapai (sesuai dengan target price yang diinginkan).
  • Profit Taking (trailing Stop): Target harga tengah setelah mengalami reversal from top, maka Action akan dijalankan.

Pada skenario diatas, misalnya, Anda telah menentukan ketiga kondisi yang ada, yaitu batas bawah (Stop Loss) di harga Rp 2.900, target harga atas di harga Rp4.000 dan target harga tengah Rp3.600 dan jika reversal atau turun Rp75, maka Action akan dijalankan. 

Dalam Multi Event ini parameter mana yang terlebih dahulu tercapai maka itu yang akan dijalankan (tidak perlu sampai semua kondisi yang anda tentukan terpenuhi). 

Contoh jika harga telah mencapai Rp2.900 terlebih dahulu lalu naik sampai Rp3.600 maka parameter pertama yang akan dijalankan dan 2 parameter yang lainnya akan otomatis tidak aktif. 

Dengan adanya fitur multievent ini, Anda bisa memastikan trading dengan disiplin, tidak terbawa emosi, serta menjaga resiko dari kemungkinan fluktuasi harga yang terlalu tinggi.

7. Aplikasi Handal

Satu hal yang sering membuat saya frustasi adalah saat sistem aplikasi tidak bisa diakses, sering maintenance dan angka – angka di aplikasi ngaco.

Pada saat kita butuh, eh aplikasinya tidak bisa diakses. Bikin garuk-garuk kepala.

Tapi, masalahnya untuk tahu bagaimana sistem aplikasi sahamnya handal atau tidak, hanya bisa Anda tahu setelah menggunakan. Memang dari komentar – komentar di forum saham, kita bisa tahu, tetapi seringkali tidak selalu reliable karena sangat subjektif.

8. Permodalan Solid

Muncul masalah di broker saham karena modalnya merosot yang akhirnya membuat bisa ditutup atau terganggu operasinya yang merugikan nasabah.

Bagaimana mengetahui broker punya modal yang cukup ?

BEI punya indikator yaitu MKBD – Modal Kerja Bersih Disesuaikan, dengan minimum MKBD Rp 25 M.

Kita bisa cek nilai MKBD setiap broker di situs BEI, semakin besar nilai MKBD akan semakin solid broker tersebut secara keuangan.

Daftar Aplikasi Saham Terbaik

Daftar ini dibuat dari pandangan subjektif, berdasarkan pengalaman saya menggunakan dan mendengar dari teman – teman yang pernah menggunakannya.

1. Indopremier IPOT

Saya menggunakan aplikasi trading saham ini sudah lama sejak pertama kali main saham. Awalnya masuk lewat beli Reksadana, kemudian seiring waktu saya menggunakan aplikasi trading saham IPOT.

IPOT cukup dikenal di banyak kalangan karena salah satu pionir transaksi saham online serta mendorong nasabahnya melalui training dan seminar untuk berinvestasi jangka panjang di saham.

Ketentuan jual beli saham di Indopremier:

  • Tidak ada minimum deposit saat buka akun, baru deposit jika akan melakukan transaksi
  • Fee jual saham: 0.29% per transaksi dan Fee beli saham: 0.19% per transaksi

Feenya sedikit lebih mahal, tetapi beberapa hal yang menurut saya bagus dari IPOT adalah:

  • Tidak ada minimum deposit saat buka akun saham. Deposit baru diberikan jika akan mulai trading saham sebesar nilai transaksi yang hendak kita lakukan
  • Daftar akun bisa online, tidak perlu tatap muka, tidak perlu datang ke cabang, semuanya cukup melalui aplikasi IPOT
  • Ada CS yang online selama jam kerja via Telegram. Membantu jika muncul pertanyaan atau masalah.
  • Aplikasi IPOT menawarkan banyak fitur – fitur untuk trading atau investasi, yang mudah digunakan untuk semua jenis investor.
  • Integrasi saham dengan Reksadana, sehingga uang yang tidak diinvestasikan bisa dialihkan sementara ke Reksadana dan nanti jika dibutuhkan bisa dialokasikan lagi ke saham.

Fitur terbaru dari Indopremier adalah Robo Trading, yang merupakan sistem trading yang secara otomatis akan menjalankan seluruh instruksi order jual dan beli pada saham dan harga yang telah nasabah tentukan sebelumnya sehingga tidak akan kehilangan momen.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Member: INDO PREMIER SEKURITAS
  • Status Perusahaan: Lokal
  • Status Operasional: Aktif
  • Ijin Usaha: Manajer Investasi, Penjamin Emisi Efek
  • Nilai MKBD Terakhir: Rp 320,244,655,005
  • Kantor Pusat: Gedung Pacific Century Place, Lantai 16 Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, SCBD Lot 10 Jakarta Selatan 12190 ,

2. Most Mandiri

Mandiri Sekuritas (Mansek) adalah salah satu broker saham terbesar di Indonesia yang merupakan anak perusahaan Bank Mandiri.

Aplikasi trading saham dari Mansek adalah MOST – Mandiri Online Stock Trading.

Saya suka dengan user interface MOST yang mudah dan nyaman digunakan untuk semua investor khususnya pemula.

Selain itu, tentu saja, Mansek adalah milik pemerintah, BUMN, jadi salah satu yang paling kuat modalnya. Karena buat saya, ketika bicara investasi butuh lembaga yang punya modal kuat untuk menjamin bahwa uang kita dikelola dengan baik dan prudent.

Tapi, MOST sedikit lebih mahal, yaitu: 

  • minimal setoran awal untuk pembukaan akun: mahasiswa Rp 2.000.000, umum Rp 5.000.000 dan full service Rp 100.000.000
  • minimum fee beli atau jual Rp 5 ribu, seberapapun kecilnya jumlah transaksi saham
  • Fee jual saham: 0.28% per transaksi dan Fee beli saham: 0.18% per transaksi

Fee yang sedikit mahal diimbangin keunggulan MOST, antara lain, adalah:

  • Pendaftaran nasabah bisa dilakukan secara online, cukup dengan menyiapkan e-KTP, foto selfie dengan memegang e-KTP dan NPWP.
  • Mandiri Sekuritas memiliki produk investasi pasar modal yang lengkap, yaitu: saham konvensional, saham syariah, Reksadana, Obligasi dan SBN, serta emisi IPO. Banyaknya produk membantu konsumen melakukan diversifikasi investasi.
  • Koleksi Reksadana di MOST sangat lengkap, berbagai jenis Reksadana ditawarkan tidak hanya oleh Mandiri Investasi, tetapi juga Manajer Investasi lain
  • Fasilitas training di kelas secara tatap muka yang komprehensif, terbagi atas 3 level sesuai pemahaman nasabah.
  • Fasilitas training online yang lengkap di situs Mandiri Sekuritas
  • Akses terhadap hasil riset dan update harian soal perkembangan pasar dan perekonomian dari para analis berpengalaman dari Mandiri Sekuritas.

Salah satu fiturnya adalah pembukaan rekening di Mandiri Sekuritas  yang seamless, bahkan tidak perlu tanda tangan sama sekali. 

Cara pembukaan rekening di MOST ini lebih baik karena sekuritas – sekuritas lain meskipun sudah online tetapi tetap saja formulirnya harus di tanda tangan, di print dan dikirim, belum lagi menunggu sampai seminggu lebih untuk pengaktifan.

Layanan online account opening MOST dapat diakses menggunakan smartphone dengan tiga langkah yaitu mengisi data diri, mengunggah dokumen yang diperlukan dalam transaksi di pasar modal seperti KTP, swafoto dengan KTP, dan NPWP. 

Serta langkah terakhir adalah melakukan tanda tangan digital untuk pembukaan rekening investasi dan rekening efek.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Member: MANDIRI SEKURITAS
  • Status Perusahaan: Lokal
  • Status Operasional: Aktif
  • Ijin Usaha: Manajer Investasi, Penjamin Emisi Efek
  • Nilai MKBD Terakhir: Rp 396.594.372.659
  • Kantor Pusat: Menara Mandiri I, Lantai 24-25, Jl. Jend. Sudirman, Kav. 54-55, Jakarta

3. Stockbit

Aplikasi Trading Stockbit

Berbeda dengan aplikasi saham lain, Stockbit muncul awalnya sebagai komunitas forum trading investasi saham. Bahasa kerennya ‘Social Trading’.

Kita pemain saham butuh tempat untuk saling bertukar info, berbagi rekomendasi dan bocoran soal emiten – emiten saham.

Forum komunitas saham itu penting. Kenapa ?

Saham adalah instrumen investasi yang sensitif dengan berita, analisa dan bahkan rumour. Jadi, kalau ada ajang untuk saling berwacana, saling tukar pikiran, akan sangat bermanfaat.

Banyak investor yang sudah berpengalaman bertahun – tahun di dunia investasi serta trading saham, mau berbagi di komunitas Stockbit, secara gratis.

Sharing yang nilainya sangat berharga, apalagi buat saya yang masih belajar

Meskipun, karena ini forum terbuka, semua anggota bisa berkomentar, tanpa kita bisa benar-benar tahu identitas mereka, banyak komentar – komentar yang kadang – kadang tidak masuk akal, tidak berdasar dan lain-lainnya.

Tapi pengalaman saya selama ini mengikuti Stockbit, lama – lama kita akan bisa mem-filter mana anggota yang pendapatnya bagus dan mana yang tidak.

Stockbit tidak melulu hanya forum, menyediakan pula berbagai data untuk analisa fundamental dan analisa teknikal. Penyajian datanya lengkap dan mudah dilihat.

Contohnya, rasio valuasi PBV dan PER disajikan sampai 10 tahun ke belakang. Saya tinggal cek grafiknya untuk menilai suatu saham sudah murah atau belum berdasarkan valuasi PBV dan PER.

Laporan keuangan historis juga tersaji lengkap dengan rasio rasio keuangan penting.

Satu hal yang menjadi keunggulan Stockbit adalah desain apps yang segar, clean, mudah digunakan. Data informasi saham yang banyak dan detail bisa diringkas sedemikian rupa oleh Stockbit sehingga investor mudah untuk melihat dan menganalisanya.

Ada tiga bagian dalam Stockbit yang worthed untuk Anda lihat, yaitu:

  1. Forum chatting tadi yang sudah saya jelaskan. Banyak sekali informasi 1st hand yang saya dapat dari sini, yang mungkin sulit saya dapat dari tempat lain
  2. Data – data saham komprehensif, fundamental dan teknikal, yang disajikan baik sekali oleh stockbit, yang membuat investor mudah menggunakannya.
  3. Fasilitas jual beli saham, yang saat ini Stockbit kerjasama dengan Sinarmas Sekuritas.

Tapi, Stockbit itu bukan broker yang punya izin jual beli saham, mereka hanya platform. Karena itu, Stockbit kerjasama dengan Sinarmas Sekuritas.

Ketika  jual beli saham di Stockbit, nasabah melakukan via Sinarmas Sekuritas. Tidak perlu buka dua aplikasi karena Stockbit yang melakukan integrasi kedua sistem ini di backend, investor tinggal tahu beres.

Untuk pembukaan rekening, prosesnya di Stockbit online tetapi beberapa dokumen harus diambil untuk dikirimkan secara hardcopy ke pihak Sinarmas. Proses ini yang butuh waktu lebih dari seminggu, apalagi jika RDN dibuka di rekening yang bukan bank Sinarmas, akan lebih lama lagi.

Disamping itu, dari pengalaman saya, mungkin karena proses integrasi dua sistem, kadang kita harus siap dengan kondisi sistem yang tidak bisa diakses, sering maintenance (lebih sering dari aplikasi sekuritas lain), trading balance yang tidak sesuai antara di Stockbit dan saldo Rekening nasabah di Sinarmas Sekuritas.

Related Post

Meskipun kejadian masalah ini jarang terjadi, tetap saja menimbulkan rasa geregetan, apalagi saat kita sedang intens ingin melakukan transaksi saham.

4. Sinarmas

Saya tahu soal Sinarmas Sekuritas tidak sengaja, saat membuka akun di Stockbit, harus buka juga di Sinarmas Sekuritas

Advertisements
.

Saya cek ternyata Sinarmas punya aplikasi trading saham sendiri dan fitur fiturnya cukup menarik.

Kebetulan, karena belakangan fasilitas trading di Stockbit beberapa kali tidak berjalan lancar, saya langsung melakukan order di Sinarmas.

Beberapa ketentuan penting Sinarmas:

  • Tersedia tiga pilihan RDN: Bank Sinarmas, Bank Niaga, dan BCA
  • Fee online trading adalah beli 0,15% dan jual 0,25%
  • Hanya akun Reguler, belum ada akun Syariah
  • Minimum deposit Rp 500 ribu

Untuk user interface, isinya lengkap sekali, tetapi desain aplikasi Sinarmas  agak ruwet dan kurang user friendly.

Fee-nya cukup rendah dan terhubung pada Stockbit yang membuat saya mempertimbangkan menggunakan Sinarmas.

Jadi, kalau merasa tampilan Sinarmas terasa jadul, kurang fresh, saya bisa lihat portfolio lewat Stockbit karena portfolio saham di Sinarmas mirroring di Stockbit. 

Disamping itu, jika dalam jangka waktu 6 bulan atau 180 hari, total uang dan investasi tidak mencapai batas minimum saldo, kurang dari Rp500.000, maka Sinarmas akan menonaktifkan akun kita.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Member: SINARMAS SEKURITAS
  • Status Perusahaan: Lokal
  • Status Operasional: Aktif
  • Ijin Usaha: Manajer Investasi, Penjamin Emisi Efek
  • Nilai MKBD Terakhir: Rp 623.586.513.876,29
  • Kantor Pusat: Plaza BII Tower III, Lantai 5 Ruang 501 Jln. M.H. Thamrin No. 51, Jakarta

5. BNI Sekuritas

BIONS Aplikasi BNI Sekuritas

Jujur saja, awalnya nama BNI dibelakang BNI Sekuritas yang membuat saya memilih sekuritas ini. Karena saya ingin salah satu sekuritas saya adalah BUMN – milik pemerintah.

Advertisements

BNI melakukan perubahan yang cukup signifikan dengan meluncurkan aplikasi BIONS, yang tampilannya fresh, clean, mudah digunakan untuk trading dari ponsel. 

Berbeda dengan aplikasi BNI sebelumnya, BIONS memiliki akun trial, sehingga nasabah bisa mencoba tanpa menggunakan uang. Pengalaman saya, akun trial ini penting untuk get familiar dengan cara kerja aplikasi, apalagi bagi yang baru pertama kali main saham.

Fitur di BIONS cukup lengkap, yaitu watchlist, sector trade, research, fundamental, automatic order, automatic order list dan corporate action, serta berita dengan informasi-informasi terkini.

Ketentuan perdagangan saham di BNI Sekuritas adalah:

  • Setoran minimal adalah Rp 1 juta (vs Rp 5 juta hybrid).
  • Akun Online Syariah: fee beli 0.15%, fee jual 0.25%
  • Akun Online Reguler: fee beli 0.17%, fee jual 0.27%
  • Akun Hybrid Reguler: fee beli 0.27%, fee jual 0.37

Satu kekurangan BNI adalah minimum deposit yang cukup besar Rp 1 juta, ditengah beberapa sekuritas lain yang tanpa deposit.

Aplikasi saham BNI sekuritas terbagi dari dua produk yaitu untuk product Reguler dan Market Syariah, dimana perbedaan dari sisi data, yaitu data saham yang tidak termasuk ke dalam market syariah, contohnya saham bank, akan tampil dengan tulisan dengan tipe Strikethrough atau dicoret untuk market Syariah.

Advertisements

Di BNI Sekuritas, nasabah rekening saham otomatis bisa melakukan jual beli Reksadana, dengan mengisi satu form yang diisi bersamaan pendaftaran rekening saham.

Dengan juga membuka rekening reksadana, jika nasabah sedang tidak ingin berinvestasi di saham, daripada uang ditarik, bisa di parkir ke reksadana. Dan jika nanti diperlukan, dana bisa langsung ditarik.

Jika membutuhkan bantuan sales untuk melakukan order beli dan jual, BNI masih menyediakan, namanya bukan rekening online, tapi rekening hybrid, dengan minimum setoran yang lebih tinggi.

Satu hal yang menurut saya kelemahan BNI Sekuritas adalah RDN harus dibuka di Bank BNI, tidak bisa di bank lain. Implikasinya adalah biaya transfer setiap kali melakukan pengiriman uang saat akan jual beli saham.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Member: BNI SEKURITAS
  • Status Perusahaan: Patungan
  • Status Operasional: Aktif
  • Ijin Usaha: Manajer Investasi, Penjamin Emisi Efek
  • Nilai MKBD Terakhir: Rp 361,085,288,583
  • Kantor Pusat: Sudirman Plaza Indofood Tower, 16, Jenderal Sudirman , Kav. 76-78, Jakarta

6. CIMB

Saya buka rekening di akun CIMB karena butuh riset mereka yang menurut saya bagus dan komprehensif serta gratis untuk yang punya akun saham disana.

Saya membanding – bandingkan kajian riset di beberapa aplikasi trading saham dan menemukan bahwa riset di CIMB digarap paling serius dan mencakup tidak hanya soal individual saham tetapi juga riset soal ekonomi dan sektor – sektor.

Kalau tertarik dengan analisa fundamental, riset riset ini sangat membantu memberikan insight soal kinerja perusahaan dan prediksi saham di masa depan.

CIMB mengembangkan aplikasi untuk investor ritel, dengan sekarang akun sahamnya bisa dibuka secara online meskipun tetap harus mengirimkan dokumen hardcopy setelah pengisian data di aplikasi.

Aplikasinya tidak hanya bisa dibuka via ponsel tetapi juga di lewat internet tanpa perlu di download.

Pembukaan aplikasi di CIMB tidak sepenuhnya online, nasabah harus mengisi formulir di pendaftaran, menyampaikan dokumen, tanda tangan basah dan mengirimkan dokumen serta formulir ke CIMB. Dan menemui pihak CIMB saat tanda tangan pembukaan rekening dilakukan.

Ketentuan transaksi saham di CIMB:

  • Fee beli 0.18%, fee jual 0.28%
  • Minimum Deposit Rp 1 juta

Fitur SMART Order di CIMB memberikan fungsi untuk Buy Order dan Sell Order.

Buy – Smart Order 2 pilihan yaitu :

  • Stop Loss untuk menjaga order yang telah match pada hari itu agar bisa dijual dengan kerugian yang sudah kita tentukan dan berlaku dengan jangka waktu 1 hari.
  • Take Profit untuk menjaga order yang telah match pada hari itu agar bisa dijual dengan keuntungan yang sudah ditentukan dan berlaku dengan jangka waktu 1 hari.

Sell – Smart Order terdapat 1 pilihan melakukan buyback, dimana penentuan harga ada dua pilihan, yaitu (1) harga yang sudah ditentukan sebelumnya atau (2) order yang masuk ke market mempergunakan Best Offer.

Untuk Rekening Dana Nasabah, CIMB hanya menyediakan satu rekening BCA untuk online trading. Tidak ada pilihan rekening lain.

CIMB belum punya fasilitas akun syariah.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Member: CGS-CIMB SEKURITAS INDONESIA
  • Status Perusahaan: Patungan
  • Status Operasional: Aktif
  • Ijin Usaha: Manajer Investasi, Penjamin Emisi Efek
  • Nilai MKBD Terakhir: Rp 474.577.855.040
  • Kantor Pusat: Gedung Bursa Efek Indonesia Tower 2, 20, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53 , Kav 52-53, Jakarta Selatan

7. Mirae HOST

Mirae adalah salah satu sekuritas yang cukup populer terlihat dari nilai dan frekuensi transaksi yang tinggi di BEI. Sistem aplikasi trading saham Mirae adalah HOST untuk PC Laptop dan NEO HOST untuk di ponsel HP.

Ketentuan perdagangan saham di Mirae Sekuritas adalah:

  • Fee jual saham : 0.25% dan Fee beli saham : 0.15%
  • Tidak ada minimum fee
  • Minimum Deposit 10 juta

Di aplikasi ini, nasabah punya pilihan 4 bank untuk membuka rekening dana nasabah, sehingga nasabah punya banyak opsi untuk mentransfer uangnya.

Yang sedikit berbeda adalah minimum deposit di Mirae, yaitu Rp 10 juta untuk bisa memulai transaksi jual beli saham.

Jumlahnya cukup besar mengingat aplikasi saham lain banyak yang bisa dimulai tanpa deposit.

Namun dari beberapa testimoni yang saya baca, banyak pengguna yang puas dengan pelayanan tim marketing dan analisis teknikal Mirae yang all-out membantu nasabah.

Selain itu fee jual beli Mirae salah satu yang paling rendah diantara aplikasi trading lain. Tidak heran, jumlah investor ritel di Mirae termasuk tinggi.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Member: MIRAE ASSET SEKURITAS INDONESIA
  • Status Perusahaan: Patungan
  • Status Operasional: Aktif
  • Ijin Usaha: Manajer Investasi, Penjamin Emisi Efek
  • Nilai MKBD Terakhir: Rp 924.551.257.677
  • Kantor Pusat: Treasury Tower, 50, District 8, SCBD Lot 28, Jl. Jenderal Sudirman, Kav. 52 – 54, Jakarta Selatan

8. Phillips POEM

Meskipun baru – baru ini ramai di media massa karena tersangkut kasus seorang perencana keuangan, tetapi Philips Securities punya aplikasi trading saham yang cukup bagus. Dikenal salah satu favorit di mata trader saham.

Philips Securities memiliki aplikasi trading POEM – Phillip’s Online Electronic Mart System (POEMS), yang memungkinkan investor main saham tanpa perlu aplikasi, cukup lewat browser internet.

Minimum deposit POEM adalah Rp 500 ribu untuk membuka rekening saham.

Rekening Dana Nasabah (RDN) yang disediakan adalah BCA, Mandiri, Permata dan Sinarmas untuk akun reguler beserta BCA Syariah untuk akun syariah.

Fee perdagangan di POEM adalah:

  • Fee jual saham : 0.30% dan Fee beli saham : 0.20%
  • Tidak ada minimum fee
  • Minimum deposit Rp 500 ribu

Feenya relatif lebih tinggi dibandingkan sekuritas yang lain.

Untuk layanan CS, Philip menyediakan nomer WA, sehingga relatif mudah dihubungi.

Saya mengecek fitur di aplikasi trading POEM adalah:

  • Stock Filter, yang menampilkan 3 kategori, yaitu teknikal, fundamental dan candlestick. Sangat membantu memilih saham dengan efisien berdasar kriteria yang sudah kita tentukan.
  • Kerjasama dengan Sekolah Pasar Modal di BEI, sehingga selesai sekolah bisa langsung mendaftar di POEM.
  • Training dalam bentuk Philip Webinar yang diadakan 3 kali seminggu setiap jam 8 pagi di hari Rabu, Kamis, dan Jum’at, selama 30 menit.

Salah satu yang menarik di Philip adalah untuk nabung saham disediakan SMARTPlan Saham yang memungkinkan nasabah membeli saham secara rutin berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Cara SMARTPlan bekerja adalah menetapkan trigger akan membeli saham jika (1) harga turun pada prosentase yang sudah ditentukan atau (2) sesuai dengan jadwal yang sudah Anda tentukan, meskipun harga tidak turun sesuai target.

Misalnya, Anda tetapkan untuk beli saham BBCA sebesar Rp 5 juta di SMARTPlan dengan kriteria harga turun rata-rata 2% dan pembelian setiap tanggal 25 (pas gajian).

Artinya dengan kriteria ini, ketika harga saham BCA turun 2%, meskipun belum tanggalnya, sistem SMARTPlan akan beli saham, sebaliknya jika harga saham tidak turun maka pada setiap tanggal 25 sistem akan otomatis beli saham BCA berapapun harganya saat itu.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Member: PHILLIP SEKURITAS INDONESIA
  • Status Perusahaan: Patungan
  • Status Operasional: Aktif
  • Ijin Usaha: Penjamin Emisi Efek, Perantara Pedagang Efek
  • Nilai MKBD Terakhir: Rp 197.910.171.912
  • Kantor Pusat: Atria@Sudirman , 23B, Jl. Jend. Sudirman Kav. 33A , -, Jakarta

9. RHB Indonesia

RHB Sekuritas adalah salah satu broker yang juga cukup populer dengan target investor ritel.

Ketentuan transaksi di RHB adalah:

  • Fee jual saham : 0.25%, Fee beli saham : 0.15%
  • Minimum deposit Rp 100 ribu

Ada tiga pilihan Rekening Dana Nasabah, yaitu BCA, Permata dan Panin.

Aplikasi RHB punya fitur ARO (Assisted Robo Optimization), yang menawarkan 3 layanan:

  • ARO Signal menginformasikan saham yang sedang  trending di pasar dengan signal BULL, HOLD dan BEAR, jadi pengguna bisa tahu apa yang lagi HOT di pasar
  • ARO Library berisi indikator  dan parameter tambahan lebih detail mengenai saham yang mendapat notifikasi, sehingga trader dan investor bisa memiliki trading plan lengkap dalam  mengambil keputusan bertransaksi.
  • Real Time Notification, informasi data harga saham secara real time.

Munculnya fitur trading semacam ini membantu nasabah, yang tidak bisa selalu memantau pergerakkan harga, untuk bisa terupdate secara real-time dan tidak ketinggalan pergerakkan harga saham.

Pembukaan akun saham di RHB tidak sepenuhnya online, nasabah masih harus mengirimkan dokumen, tanda tangan serta menunggu 3 sd 7 hari sampai rekening aktif.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Member: RHB SEKURITAS INDONESIA
  • Status Perusahaan: Patungan
  • Status Operasional: Aktif
  • Ijin Usaha: Penjamin Penjamin Emisi Efek, Perantara Pedagang Efek
  • Nilai MKBD Terakhir: Rp 344.746.576.665

10. MNC

MNC Sekuritas adalah salah satu anak perusahaan MNC Group yang berdiri sejak 1989 dan berada di bawah PT MNC Kapital Indonesia Tbk.

Aplikasi trading saham online konvensional adalah MNC Trade New sementara investasi saham syariah adalah MNC Trade Syariah.

Ketentuan di MNC Syariah adalah:

  • Fee Buy 0,18% & Fee Sell 0,28%
  • Minimal fee Rp 10 ribu
  • Setoran minimum Rp 100,000

Fee-nya tidak paling murah, kemudian juga ada minimum fee yang membuat berapapun nilai transaksi minimum yang wajib dibayar adalah Rp 10 ribu.

Proses pembukaan rekening di MNC dilakukan secara online dengan cara yang mudah, tapi (ini perlu diperhatikan) pembukaan online hanya bisa jika Anda memiliki tabungan di BCA. Jika tidak punya tabungan di BCA, Anda tidak bisa membuka akun di MNC Sekuritas secara online.

Keunggulannya, semua proses pembukaan dilakukan lewat aplikasi MNC, tidak perlu kirim dokumen, dan keesokan harinya, MNC akan mengirimkan email bahwa rekening saham sudah dibuka.

MNC menawarkan juga akun online trading Syariah yang (1) resmi sertifikat kesesuaian syariah dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) 004.41.02/DSN-MUI/V/2016; (2) hanya untuk transaksi saham syariah dalam Daftar Efek Syariah (DES); (3) tidak mengandung “Riba” karena tidak ada fasilitas dana pinjaman (limit trading) sehingga nasabah berinvestasi sesuai dana yang dimiliki; (4) dana investor ditampung dalam bentuk Rekening Dana Nasabah di bank syariah

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Member: MNC SEKURITAS
  • Status Perusahaan: Lokal
  • Status Operasional: Aktif
  • Ijin Usaha: Penjamin Emisi Efek, Perantara Pedagang Efek
  • Nilai MKBD Terakhir: Rp 260.177.031.228
  • Kantor Pusat: Gedung MNC Financial Center, 16, Jl. Kebon Sirih, 21-27, Jakarta Pusat

Kesimpulan

Memilih broker sekuritas dan aplikasi trading saham adalah bagian paling penting jika Anda ingin main dan investasi saham secara aman. Lakukan riset secara hati – hati dan kumpulkan informasi yang memadai untuk memastikan kondisi aplikasi dan broker yang digunakan.

Semoga informasi ini bisa membantu Anda memilih aplikasi trading saham terbaik.

Langganan Duwitmu.com
Dapatkan Info Artikel Terbaru di Duwitmu.com
Advertisements