Duwitmu

Apa Reksadana yang Bisa Dibeli Online

Dipublish oleh R Quiserto March 4, 2015

Daftar Isi

Apa Reksadana yang Bisa Dibeli Online

Pembelian secara online adalah cara paling mudah berinvestasi Reksadana. Apa saja Reksadana yang bisa dibeli secara Online ? Ini daftarnya.

Tulisan ini bagian dari Panduan Investasi Reksadana.

Ada dua jenis Reksadana online: (1) supermarket yang menawarkan berbagai jenis Reksadana dari banyak Manajer Investasi ; (2) platform Manajer Investasi yang meskipun menawarkan beberapa jenis Reksadana namun hanya dikelola oleh satu Manajer Investasi.

Pilihan pertama, supermarket Reksadana, menawarkan fleksibilitas dan diversifikasi investasi. Mudah untuk berganti-ganti Manajer Investasi jika diperlukan dan bisa menanamkan dana di ‘keranjang’ yang berbeda-beda sehingga risikonya terbagi. Istilahnya, do not put your eggs in one basket.

Reksadana Online

Kita perlu melihat apa saja Reksadana yang bisa dibeli dan dijual secara online. Sehingga saat nanti, Anda akan membeli sudah siap dengan pilihannya.

Saat ini, ada dua supermarket Reksadana Online yang cukup ternama di pasar, yaitu Commonwealth Bank dan IPOTFUND. Keduanya adalah pionir yang menjual Reksadana dari berbagai Manajer Investasi. Kita akan melihat keduanya dalam hal jumlah Reksadana dan Manajer Investasi yang mereka tawarkan.

Commonwealth Bank

Terdapat 58 jenis reksadana dari 9 Manajer Investasi yang dijual di Commbank (Commonwealth Bank).  Commbank adalah salah satu bank yang pertama mendapatkan ijin sebagai Agen Penjual Reksadana dari otoritas pasar modal (Bapapem/OJK).

Salah satu kekuatannya adalah Commonwealth memiliki lebih dari 300 staff bersertifikat Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana yang siap melayani di 78 kantor cabang di Indonesia. Staf bersertifkasi ini umumnya adalah customer service yang siap melayani nasabah yang datang ke cabang untuk bertanya atau berinvestasi Reksadana.

Dengan pengalaman hampir 10 tahun, Commbank  bekerja sama dengan 9  Manajer Investasi yang telah mendapatkan izin dari OJK, diantaranya:

  • Bahana TCW Investment
  • Batavia Prosperindo Aset Manajemen
  • BNP Paribas Investment Partners
  • Danareksa Investment Management
  • Eastspring Investment Indonesia
  • First State Investment Indonesia
  • Mandiri Manajemen Investasi
  • Manulife Aset Manajemen Indonesia
  • Schroders Investment Management Indonesia

Semua jenis Reksadana ditawarkan disini, mulai dari Pasar Uang, Pendapatan Tetap, Campuran sampai Saham. Daftar lengkapnya bisa dilihat di Reksadana Dijual Online di Commbank.

Secara umum, syarat dan tata cara pembelian reksadana di Commbank adalah: usia antara 21-75 tahun atau sudah menikah; memiliki rekening di Commonwealth Bank; mengisi Formulir Pembelian & Kuesioner Profil Risiko; dan telah membaca dan memahami prospektus.

Meskipun jual beli reksadana dilakukan secara online, proses di Commbank mewajibkan calon investor datang ke kantor cabang untuk membuka rekening bank dan tandatangan form aplikasi pembukaan rekening Reksadana. Cabang Commbank jumlah dan sebarannya masih terbatas, utamanya hanya di kota-kota besar. Akibatnya, nasabah yang lokasinya jauh dari kantor cabang mereka akan kesulitan membuka rekening.

Namun, di sisi lain, dengan hadir ke kantor cabang, calon investor bisa bertanya dan berdiskusi dengan staff –staff bersertifikat Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana. Ini akan membantu terutama buat nasabah yang masih awam.

IPOTFUND

IPOTFUND mengklaim dirinya sebagai Supermarket Reksadana Online terlengkap di Indonesia. Saat ini, IPOTFUND menjual 102 Reksadana dari 23 Manajer Investasi.

Nasabah dapat melakukan pembelian Reksadana dari 23 Manajer Investasi, yaitu:

  • AAA Asset Management, PT
  • AMCI Manajemen Investasi Indonesia, PT
  • Archipelago Asset Management, PT
  • Ashmore Asset Management Indonesia, PT
  • Avrist Asset Management, PT
  • AXA Asset Management Indonesia, PT
  • Bahana TCW Investment Management, PT
  • Batasa Capital, PT
  • Batavia Prosperindo Aset Manajemen, PT
  • BNI Asset Management, PT
  • BNP Paribas Investment Partners, PT
  • Brent Manajemen Investasi, PT
  • CIMB Principal Asset Management, PT
  • Ciptadana Asset Management, PT
  • Corfina Capital, PT
  • Danareksa Investment Management, PT
  • Danatama Makmur, PT
  • Dhanawibawa Manajemen Investasi, PT
  • Eastspring Investments Indonesia, PT
  • Emco Asset Management, PT
  • Equator Investments, PT
  • Equity Securities Indonesia, PT
  • First State Investments Indonesia, PT
  • GAP Capital, PT
  • Henan Putihrai Asset Management, PT

Semua jenis Reksadana ditawarkan mulai dari Pasar Uang, Pendapatan Tetap, Campuran sampai  Saham. Daftar lengkapnya bisa dilihat di Reksadana Dijual Online di IPOTFUND.

Sesuai keterangan dalam situs IPOTFUND, kelebihan proses jual beli di supermarket ini adalah:

Pertama, tidak memerlukan tandatangan basah (wet signature) untuk transaksi pembelian dan penjualan Reksadana. Pembelian dan penjualan semuanya dilakukan secara online melalui situs  IPOTFUND, sehingga tidak memerlukan tanda tangan basah setiap kali Nasabah melakukan transaksi.

Fitur ini tentu saja sangat membantu investor karena tidak perlu harus menyambangi kantor agen penjual. Khususnya nasabah di luar Jawa yang berminat investasi di reksadana, platform online ini akan memberikan kemudahan karena tidak semua dekat dengan kantor cabang agen penjual Reksadana.

Kedua, gratis biaya pembelian dan penjualan Reksadana. Untuk pembelian semua Reksadana yang ada di IPOTFUND tidak dikenakan biaya apapun, namun ada beberapa Manajer Investasi yang mengenakan biaya penjualan selama jangka waktu tertentu, biasanya 1-2 tahun pertama, setelah itu bebas biaya penjualan. Biaya penjualan ini sepenuhnya akan diambil oleh Manajer Investasi. IPOTFUND sama sekali tidak mengambil biaya transaksi penjualan Reksadana tersebut.

Rendahnya biaya transaksi ini jelas menguntungkan investor. Porsi dana yang diinvestasikan menjadi lebih besar dan potensi return lebih baik. Selain itu, jika aktif bertransaksi (meskipun tidak disarankan) melakukan jual dan beli, investor sangat menghemat biaya transaksi. Kondisinya berbeda ketika ada biaya transaksi yang menyebabkan aktifitas trading yang aktif akan menyedot banyak dana investor.

Baca juga: Panduan Dana Darurat dengan Reksadana

Kesimpulan

Kehadiran platform supermarket Reksadana yang menjual secara online menawarkan akses yang lebih luas dan mudah kepada masyarakat untuk memulai berinvestasi. Dari uraian diatas bisa dilihat jumlah Reksadana yang bisa dibeli online cukup banyak. Tidak ada kendala terbatasnya pilihan, sehingga calon nasabah bisa leluasa memilih.

Mengingat sejumlah keunggulannya, saatnya masyarakat mulai membuka diri untuk menempatkan uangnya di Reksadana. Kemudahan berinvestasi yang diakomodasi oleh dua supermarket online in seharusnya membuat masyarakat giat membeli Reksadana untuk menabung dan berinvestasi.

Ingin tahu lebih jauh lagi, baca Seluk Beluk Reksadana dan Kursus Reksadana Online.

GRATIS Daftar 5 Reksadana Saham Terbaik

Bagikan Melalui

Artikel Terkait

6 Resiko Investasi Reksadana dan Bagaimana Cara Mengatasinya

6 Resiko Investasi Reksadana dan Bagaimana Cara...

April 16, 2018 3 Komentar

Sebelum memulai, saya sarankan Anda pahami resiko investasi Reksadana. Selain keuntungan investas... Baca Lagi

10 Keuntungan dan Kerugian Reksadana bagi Investor

10 Keuntungan dan Kerugian Reksadana bagi Investor

April 6, 2018 12 Komentar

Dalam tulisan ini, saya ingin back to basics, memaparkan kembali keuntungan dan kerugian Reksadan... Baca Lagi

7 Cara Investasi Reksadana Saham Terbaik Mudah dan Murah 2019

7 Cara Investasi Reksadana Saham Terbaik Mudah ...

December 3, 2017 10 Komentar

Cara investasi reksadana saham patut diperhatikan karena jenis investasi yang menguntungkan saat ... Baca Lagi

Keuntungan Reksadana Bukalapak, Bisa Investasi Mulai Rp 10 Ribu

Keuntungan Reksadana Bukalapak, Bisa Investasi ...

November 11, 2017 8 Komentar

Hadirnya semakin banyak kanal pembelian Reksadana sangat membantu investor. Yang terbaru adalah l... Baca Lagi

Reksadana

5 Pilihan Bank Penjual Reksadana Terbaik BCA Ma...

November 5, 2017 3 Komentar

Ingin transaksi produk Reksadana ? Salah satunya adalah lewat perbankan karena jaringan paling lu... Baca Lagi

10 Tips Beli Reksadana Murah, Mudah dan Untung

October 15, 2017 4 Komentar

Saya mengumpulkan 10 tips beli Reksadana agar kita bisa mendapatkan instrumen investasi yang mura... Baca Lagi

Belum Ada Komentar

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan di publish