Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

5 Pinjaman Online Modal Usaha Warung 2022

Daftar Isi

5 Pinjaman Online Modal Usaha Warung 2022

Apa itu pinjaman online modal usaha warung di 2022 ? Kami kulik beberapa layanan pinjaman. 

Pinjaman online modal usaha memberikan pembiayaan untuk pengusaha warung baik untuk modal kerja operasional maupun pembeliaan barang mengisi warung. Layanan pinjaman membantu dengan membuat ekosistem, yaitu menghubungkan warung dengan toko grosir sehingga warung bisa langsung mengambil barang dengan cara kredit di toko grosir yang sudah kerjasama.

Daftar Pinjaman online Modal Usaha Warung 2022 yang resmi terdaftar dan diawasi OJK sebagai berikut:

1. Amartha

Sifat pinjaman di Amartha yang berskala mikro dan untuk kumpulan ibu - ibu memungkinkan pinjaman ini digunakan untuk modal membangun warung.

Amartha adalah perusahaan P2P lending yang memberikan pinjaman ke pengusaha bisnis mikro di pedesaan dan kota di Jawa. Amartha terdaftar dan berizin di OJK sejak 2017.

Amartha melayani pengusaha mikro yang belum punya akses kredit ke perbankan. Lebih spesifiknya lagi, Amartha melayani kelompok ibu - ibu arisan, yang ingin mengajukan kredit mikro dalam jumlah kecil.

Proses pemberian kredit di Amartha adalah:

  1. Bentuk Kelompok. 15-20 orang dengan domisili berdekatan dibentuk sebagai sebuah kelompok yang masing-masing wajib mengikuti pelatihan untuk membangun komitmen tanggung renteng jika salah satu anggota mengalami kesulitan pembayaran.
  2. Skor Kredit. Pengajuan pendanaan didasari rencana usaha serta profil calon penerima pinjaman dan dievaluasi berdasarkan sistem skor kredit. Pengajuan pendanaan akan ditampilkan dalam marketplace setelah disetujui dan akad difasilitasi Amartha setelah terdanai.
  3. Pertemuan Mingguan. Selama masa peminjaman, penerima pinjaman diwajibkan mengikuti pertemuan kelompok mingguan yang difasilitasi Amartha dengan materi seputar antara lain pengelolaan keuangan, kedisiplinan, serta cara-cara memajukan

Karena merupakan P2P Peer To Peer, Amartha menyalurkan dana secara langsung dari pemberi pinjaman ke kelompok peminjam mikro. Investor pemberi pinjaman bisa memilih secara langsung di platform teknologi Amarta, pinjaman mikro yang akan diberikan, berdasarkan informasi debitur dan skor kredit yang disediakan Amartha.

2. Modalku

Modalku adalah platform pendanaan digital yang menghubungkan UMKM potensial dengan pendana yang tertarik untuk berinvestasi. Dana yang disalurkan kepada UMKM akan digunakan untuk mengembangkan usaha, sementara pendana akan memperoleh keuntungan pada saat pelunasan ditambah bunga.

Modalku menyediakan dua opsi pinjaman bagi UMKM, yaitu Modal Kawan Mikro dan Invoice Financing.

A. Modal Kawan Mikro

Modal Kawan Mikro merupakan produk Kredit tanpa Agunan (KTA) dari Modalku yang diperuntukkan bagi para pelaku usaha. Modal Kawan Mikro dapat digunakan untuk pengembangan usaha, seperti memperlancar arus kas dalam rangka diversifikasi produk usaha.

Modal Kawan Mikro menawarkan pengajuan pinjaman hingga Rp250 juta dengan tenor antara 3 - 12 bulan. 

B. Invoice Financing

Invoice Financing dari Modalku merupakan produk KTA untuk tujuan penggunaan modal kerja, misalnya pembiayan proyek usaha dan sebagainya. Pinjaman ini dapat mencairkan hingga 80% dari nilai invoice.

Secara umum, Invoice Financing Modalku memfasilitasi pengajuan pinjaman hingga Rp2 miliar dengan tenor pinjaman antara 15 - 90 hari.

3. AwanTunai

AwanTunai adalah perusahaan P2P Lending yang punya izin resmi OJK. Produk yang ditawarkan oleh fintech AwanTunai untuk warung adalah AwanToko dan untuk toko grosir adalah AwanGrosir.

A. AwanToko

AwanToko adalah solusi yang diberikan AwanTunai untuk menjawab kebutuhan pemilik warung toko kelontong di Indonesia. 

Disaat banyak warung dan toko kelontong sulit untuk menambah stok barang, AwanToko mempunyai produk AwanTempo yang memberikan pembiayaan dalam bentuk barang. 

Pemilik toko kelontong dapat belanja secara tempo di Toko Agen Grosir yang telah bekerja sama dengan AwanTunai.

Saat ini AwanTempo sudah hadir di wilayah Jabodetabek, Serang, Sukabumi, Jawa Timur dan Bali. Pembiayaan yang diberikan bisa sampai 500 juta!

Saat ini sudah ada puluhan Toko Agen Grosir yang bekerja sama dan ratusan toko kelontong bekerja sama dengan AwanTunai. 

AwanTunai juga memberikan teknologi untuk pedagang agar proses pemesanan menjadi lebih mudah dan cepat dengan produk Pesan Barang Online.

Cukup menggunakan Aplikasi AwanTunai, produk ini akan memudahkan pemilik warung untuk pesan barang dan tidak perlu banyak buat waktu belanja ke Toko Agen Grosir. 

B. AwanGrosir

Produk AwanGrosir memberikan pembiayaan untuk toko grosir. 

Syarat & Ketentuan:

  • Minimal Omset 3 Milyar
  • Menggunakan PoS AwanTunai
  • Memiliki NPWP
  • Buku Tabungan

Fitur produk yang ditawarkan adalah:

Supplier Financing. Mendapatkan modal usaha hingga 2 milyar bukan masalah dengan dengan mengintegrasikan produk Suppliers Financing dengan AwanTempo. 

Program ini memberi kemudahan untuk pemilik warung jadi lebih on time melakukan pembayaran ke distributor dan dapat lebih banyak keuntungan disana. 

Dashboard Supplier. AwanTunai juga memberikan fasilitas PoS gratis untuk warung. Untuk toko yang sudah menggunakan PoS, AwanTunai menawarkan layanan migrasi PoS. Toko akan dibantu dalam proses pemindahan SKU akan mendapatkan bantuan dari tim AwanTunai.

Pemilik warung bisa tahu detail transaksi dan trend penjualan lebih baik. Mulai dari memproses pesanan AwanTunai, berapa banyak transaksi selama sebulan, seminggu bahkan harian. 

Kamu juga bisa melihat data pelanggan lebih akurat, berapa banyak transaksi dan masih banyak lagi. Hebatnya itu semua hanya dalam satu tampilan. Jadilah pemilik toko yang cerdas dalam membuat keputusan agar keuntungan kamu jadi lebih banyak.

Point of Sales (POS). PoS AwanTunai dapat menerima semua transaksi tunai dan AwanTempo hanya dengan satu sistem. Penggunaan yang mudah akan memberikan pelayanan yang luar biasa pelanggan warung dan semua proses transaksi penjualan di toko akan terdata secara akurat.

4. TokoModal

Tokomodal adalah perusahaan Fintech P2P Lending yang terdaftar resmi dan diawasi OJK Otoritas Jasa Keuangan. Perusahaaan ini memberikan pembiayaan Barang Warung kepada Outlet Binaan Alfamart (OBA).

Pemilik warung yang membeli barang di Alfamart bisa mengajukan pinjaman ke TokoModal untuk membiayai pembelian barang tersebut.

Manfaat menggunakan pinjaman di TokoModal adalah Persyaratan Mudah, Tanpa Agunan, Pencairan Cepat, Biaya Ringan, Pesanan Barang Mudah dan Cepat, Belanja Sekarang Bayar Belakangan, Bayar Tagihan Mudah dan Platform dan Mekanisme Aman.

Fitur pinjaman di TokoModal adalah:

  • Tenor masa pinjaman yaitu  7 hari.
  • Plafon Limit maksimal pinjaman adalah sebesar Rp 5 juta
  • Suku bunga pinjaman sebesar 16%.

Syarat dan ketentuan pengajuan pinjaman adalah: 

  1. Menjadi anggota Outlet Binaan Alfamart (OBA)
  2. Setiap orang Indonesia yang telah berusia 21 tahun (dibuktikan dengan adanya KTP, Paspor, atau kartu identitas lainnya).
  3. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Memiliki usaha ritel (warung) atau usaha produktif yang akan dikembangkan
  5. Memiliki perangkat Android

Cara pengajuan pinjaman di TokoModal sebagai berikut:

  • Langkah 1: Daftar Sebagai Peminjam dan lengkapi data pribadi seperti KTP dan rekening Bank.
  • Langkah 2: Isi jumlah penghasilan Anda pada setiap bulannya.
  • Langkah 3: Jika semua sudah diisi, submit  pengajuan dana dan tunggu hingga pengajuan Anda disetujui.

Lakukan pengecekan secara berkala pada akun yang Anda miliki di situs resmi Tokomodal untuk melihat apakah pengajuan dana disetujui atau tidak.

5. Akseleran

Akseleran adalah pinjaman P2P Lending di Indonesia yang menghubungkan UKM yang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usaha dengan kumpulan pemberi pinjaman yang memiliki dana lebih untuk mendanai pinjaman tersebut.

Akseleran menyediakan akses permodalan kepada pelaku usaha dengan suku bunga yang kompetitif dan fleksibilitas dalam tenor pinjaman, model pembayaran, serta penyertaan agunan. 

Beberapa jenis pinjaman usaha di Akseleran yang bisa digunakan untuk pengembangan warung adalah

  • Online Merchant Financing. Pinjaman ini merupakan pinjaman modal kerja bagi pedagang / seller online. Dengan pinjaman ini, kamu dapat membeli lebih banyak persediaan atau menggunakan dana pinjaman untuk keperluan usaha lainnya.
  • Pinjaman Bisnis. Pinjaman ini ditujukan bagi pelaku usaha yang membutuhkan pendanaan dengan berbasis tagihan (invoice financing), PO/SPK/Kontrak (receivables financing), persediaan dagang (inventory financing), dan mesin/peralatan (CapEx financing).

Fitur pinjaman di Akseleran adalah:

  • Tenor pinjaman dimulai dari 1 bulan sampai 24 bulan. Setiap peluang pinjaman memiliki tenor pinjaman yang berbeda. Informasi ini dapat dilihat di halaman detail pinjaman.
  • Batas maksimal pembiayaan pinjaman mulai dari Rp 75 juta sampai Rp 2 Miliar
  • Suku Bunga sebesar 6.48-17% per tahun (bunga flat). Besaran suku bunga ditentukan oleh Akseleran berdasarkan grade dari pinjaman tersebut yang didapatkan dari hasil analisis kelayakan dan risiko usaha.

Syarat Pengajuan Pinjaman adalah:

  • Usaha sudah berjalan selama lebih dari 1 tahun.
  • Lokasi usaha berada di daerah Jabodetabek, Banten, atau Bandung. Sedangkan, untuk usaha yang berlokasi di luar wilayah tersebut di Indonesia, dapat menggunakan layanan Akseleran sepanjang jumlah pinjaman lebih dari Rp200 juta.
  • Sudah berhasil mencetak laba bersih di 1 tahun terakhir.
  • Memiliki Laporan Keuangan (minimal laporan laba rugi) yang akan di cross check dengan rekening koran 3 bulan terakhir.
  • Membuat proposal pinjaman dan melengkapi dokumen pendukung yang diperlukan.
  • Dokumen pendirian usaha berupa akta pendirian/anggaran dasarnya bila usaha berbentuk PT/CV/Firma. Untuk usaha perorangan, cukup memberikan KTP.
  • Laporan keuangan tahunan sederhana paling tidak 1 tahun terakhir mencakup laporan laba rugi. Laporan keuangan ini bisa laporan internal maupun laporan yang telah diaudit.
  • Rekening koran selama 3 bulan terakhir.
  • Ijin usaha, SIUP, NPWP, Surat Keterangan Domisili Usaha.
  • Salinan KTP pendiri dan tim manajemen usaha.

Cara Pengajuan

  • Daftar. Buat akun Akseleran dengan melengkapi data diri / data usaha (KTP/NPWP dan nomor rekening bank) secara online. Tunggu proses verifikasi data diri paling lambat 1 x 24 jam untuk mulai mengajukan pinjaman.
  • Ajukan fasilitas. Ajukan fasilitas pinjaman dengan melengkapi informasi dan dokumen yang dibutuhkan. Anda dapat menyimpan dan memperbarui data pengajuan fasilitas pinjaman sewaktu-waktu sebelum didaftarkan untuk proses peninjauan.
  • Peninjauan dan persetujuan. Pihak Akseleran akan melakukan peninjauan atas pengajuan fasilitas yang Anda daftarkan. Setelah proses analisa atas proposal pinjaman selesai kami lakukan, kami akan memberikan notifikasi, dan Anda dapat melihat ketentuan pinjaman seperti nilai fasilitas, tingkat suku bunga, dan tenor pinjaman yang disetujui. Setelah Anda menyetujui penawaran tersebut, fasilitas akan siap untuk digunakan.
  • Pengajuan pencairan. Setelah fasilitas disetujui, kamu bisa mengajukan pencairan atas fasilitas tersebut dengan melengkapi pengajuan pencairan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Setelah itu, proses penggalangan dana pinjaman akan mulai dipublikasikan di situs Akseleran dengan rata-rata terkumpulnya dana kurang dari 1 hari.
  • Pencairan pinjaman. Setelah seluruh dokumen terkait pinjaman selesai ditandatangani, pihak Akseleran akan mengirimkan dana pinjaman (dipotong di awal dengan biaya - biaya misalnya biaya Akseleran, biaya administrasi & biaya lainnya jika ada) ke rekening bank yang telah kamu daftarkan. Proses penggalangan dana dinyatakan selesai dan dana pinjaman siap digunakan.

Bandingkan Pinjaman Online Terbaik !

Perbandingan berbagai pinjaman online terbaik bnerdasarkan berbagai faktor pilihan

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait