Advertisements
Categories: Pinjaman Online

20 Kredit Multiguna Terbaik Pinjaman (Bunga, Plafon) Pengalaman Apply

Advertisements

Kredit Multiguna adalah kredit serbaguna yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan dengan limit plafon pinjaman besar, tenor masa kredit panjang dan bunga bersaing. Dimana pinjaman kredit multiguna terbaik ? Saya melakukan survei ke 20 kredit multiguna di bank, multifinance dan perusahaan leasing pada 2019 2020. Ikut pengalaman dan review saya soal bunga, syarat dan cara pengajuan kredit multiguna.

Kebutuhan dana tunai sering datang mendadak dan kita tidak selalu siap dengan dana darurat.

Salah satu solusinya adalah ambil pinjaman. Produk kredit apa yang paling cocok ?

Salah satunya adalah kredit multiguna.

Apa itu multiguna ? Apa bedanya dibandingkan jenis pinjaman lain ?

Kredit Multiguna

Apa yang dimaksud kredit Multiguna ?

Advertisements

Sesuai namanya, multiguna adalah kredit yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan, tidak dibatasi hanya untuk tujuan tertentu.

Misalnya, kalau ambil KPR, Anda hanya bisa menggunakan dana kredit untuk membeli rumah dan tidak boleh untuk tujuan lain. Begitu pula dengan KKB, kredit kendaraan bermotor, hanya boleh untuk beli mobil atau motor.

Sementara, orang seringkali butuh kredit untuk berbagai kebutuhan, misalnya uang sekolah anak, renovasi rumah, atau kebutuhan konsumtif lainnya.

Lalu, apa bedanya kredit multiguna dengan pinjaman KTA Kredit Tanpa Agunan ?

Advertisements

KTA adalah pinjaman tanpa jaminan, tidak ada agunan yang perlu diserahkan, sementara kredit multiguna membutuhkan jaminan untuk bisa mengajukan pinjaman ini.

Jadi, perbedaan kredit multiguna dengan KTA atau pinjaman online fintech adalah soal agunan.

KMG (kredit multiguna) butuh jaminan.

Mesjipun membutuhkan jaminan, multiguna memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan KTA dan pinjaman online pinjol.

Keunggulan Kredit Multiguna

Keunggulan kredit multiguna adalah:

  1. Bunga kredit multiguna lebih bersahabat dibandingkan KTA apalagi pinjol online. Bunga lebih rendah disebabkan adanya jaminan dalam multiguna.
  2. Plafon pinjaman lebih besar dibandingkan KTA dan pinjaman online fintech dengan adanya jaminan sebab plafon ditentukan prosentase tertentu dari nilai jaminan
  3. Tenor masa pinjaman multiguna lebih panjang dibandingkan pinjaman online dan KTA. Tenor yang panjang mengurangi beban cicilan per bulan terutama untuk plafon pinjaman besar
  4. Multiguna bisa digunakan untuk berbagai tujuan, tidak terbatas hanya untuk penggunaan tertentu seperti KPR dan KKB.

Proses Pengajuan KMG

Secara umum prosesnya adalah sebagai berikut:

Pertama, Anda mengajukan dengan mengisi formulir dan memenuhi dokumen persyaratan yang diminta. Pastikan semua dokumen wajib Anda penuhi, karena jika tidak bank tidak akan memproses aplikasi pengajuan Anda.

Jenis dokumen yang diminta adalah identitas (KTP, NPWP, KK), bukti penghasilan dan jaminan.

Yang biasanya Anda akan butuh waktu untuk mengumpulkan adalah dokumen jaminan, yaitu antara lain: fotokopi Sertifikat HM/HGB/Strata Title, IMB, Denah Bangunan (bila ada), Akta Jual Beli dan PBB terakhir.

Kedua, setelah dokumen diterima dan lengkap, bank mulai memproses pengajuan dengan melakukan analisa kredit untuk memutuskan apakah pengajuan layak diberikan atau tidak.

Dalam proses, analis kredit akan menghubungi Anda dan kemungkinan kantor tempat Anda bekerja untuk melakukan verifikasi. Bisa pula meminta tambahan data pendukung, misalnya data rekening koran, jika dibutuhkan.

Ketiga, karena terdapat jaminan yang menjadi dasar KMG, bank melakukan taksasi atau penilaian jaminan untuk menentukan apakah jaminan layak, berapa nilai pasar jaminan saat ini dan memastikan sertifikat SHM jaminan valid.

Dalam proses taksasi, appraiser (pihak yang melakukan penilaian) akan mengunjungi lokasi jaminan dan jika perlu melihat kondisi jaminan.

Keempat, setelah semua proses analisa kredit dan taksasi jaminan selesai, bank menyampaikan keputusan kredit.

Jika disetujui, bank mengeluarkan surat persetujuan kredit yang berisi penjelasan plafon disetujui, tenor pinjaman, cicilan per bulan dan persyaratan serta biaya melakukan akad kredit.

Kelima, proses akad kredit di depan notaris untuk melakukan pengikatan atas jaminan. Dalam proses ini, jika sudah berkeluarga, Anda harus hadir dengan pasangan dengan membawa sejumlah dokumen asli yang disyaratkan bank.

Keenam, setelah akad kredit, bank mencairkan dana kredit dana dan bank menyampaikan copy perjanjian kredit KMG.

Meskipun proses diatas terlihat banyak langkahnya, tetapi jika dokumen lengkap, biasanya dalam 1 minggu, bank sudah mengeluarkan keputusan kredit.

Yang biasanya menghambat dan membuat lama proses pengajuan KMG adalah (1) dokumen kurang lengkap, sehingga bank tidak bisa melanjutkan proses analisa; (2) proses taksasi jaminan menunggu skedul untuk kunjungan ke lokasi.

20 Daftar Bank, Multifinance, Leasing

Karakteristik kredit multiguna membuat produk pinjaman banyak dicari orang dan menimbulkan pasar kredit baru.

Karena tidak semua orang berani mengambil KTA yang bunganya tinggi, sementara orang mungkin punya aset yang bisa dijadikan jaminan untuk mengambil kredit multiguna dengan bunga lebih rendah dari KTA.

Ada 20 bank dan multifinance (leasing) yang masuk dalam catatan saya menawarkan multiguna pinjaman.

Ini daftarnya:

1. Kredit Multiguna BCA

KPR Multiguna BCA

Kredit multiguna di BCA adalah KPR refinancing, yaitu pinjaman dengan menjaminkan Rumah, Ruko, atau Apartemen.

Syaratnya adalah:

  • WNI berusia minimum 18 tahun/telah menikah, berstatus karyawan tetap, pengusaha, atau profesional.
  • Karyawan: Lama bekerja : Minimal 1 tahun di perusahaan yang terakhir atau total pengalaman kerja minimal 2 tahun.
  • Wajib Asuransi jiwa dan kebakaran dengan syarat banker’s clause.
  • Bersedia menandatangani perjanjian kredit dan APHT (Akta Pembebanan Hak Tanggungan).
  • Pembayaran angsuran secara auto debet dari rekening Pemohon yang bersangkutan di BCA.

Salah satu yang diunggulkan BCA adalah skema suku bunga dengan banyak alternatif, yaitu: Fix 3, 5 Tahun, Fix & Cap, dimana nasabah bisa memilih berapa lama fixed rate 1, 2, 3, 5 tahun.

Informasi dan alamat:

Kantor Pusat BCA, Menara BCA, Grand Indonesia Jl. MH Thamrin No. 1, Jakarta 10310, Telepon : (021) 235 88000; Halo BCA: 1500888; Email: halobca@bca.co.id; Twitter@HaloBCA

2. Kredit Multiguna BRI

BRI menawarkan multiguna lewat KKB refinancing yang memberikan pinjaman dengan jaminan BPKB kendaraan dengan ketentuan:

  • WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Buka Rekening BRItama
  • Usia minimal 21 th/sudah menikah
  • Dokumen kredit (fotokopi KTP, fotokopi kartu KK, fotokopi NPWP, pas foto suami/istri terbaru, surat keterangan gaji dsb)

KKB Refinancing dapat diajukan di sentra kredit konsumer BRI terdekat selama objek KKB atas nama calon debitur dan dari hasil pembelian debitur sendiri.

Adapun jangka waktu yang diberikan maksimal 4 tahun dan usia kendaraan pada saat kredit berakhir tidak lebih dari 9 tahun.

Informasi dan alamat:

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Gedung BRI Jl. Jenderal Sudirman Kav.44-46; call center 14017 / 1500017; e-mail: callbri@bri.co.id; twitter @kontakBRI, Facebook BANK BRI, WhatsApp/SMS/Telegram 08121214017.

3. Mandiri Multiguna

Mandiri KMG

Mandiri Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Multiguna yang merupakan kredit perorangan dengan jaminan properti.

Mandiri multiguna menawarkan dua jenis produk, yaitu:

  • Mandiri KPR Multiguna Take Over. Pembiayaan untuk pengambilalihan kredit dari KPR bank lain, dengan maksimum limit kredit sebesar outstanding (sisa pinjaman) terakhir di bank asal atau limit kredit baru sesuai perhitungan bank. Jadi, apabila jumlahnya lebih besar dari outstanding terakhir di bank asal, Anda bisa menggunakannya untuk memenuhi beragam kebutuhan lain.
  • Mandiri KPR Multiguna Top Up. Penambahan limit kredit untuk mandiri KPR yang sudah berjalan minimal satu tahun, asalkan kolektibilitas (status pembayaran angsuran) berjalan lancar selama enam bulan terakhir. Adanya tambahan limit kredit memungkinkan Anda untuk memenuhi beragam kebutuhan lain.

Bunga yang ditawarkan Mandiri adalah 14.25% p.a effective (floating).

Advertisements

Informasi dan alamat:

Bank Mandiri, Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 36-38 Jakarta 12190 Indonesia; Telp: 14000, +62-21-52997777; Fax: +62-21-52997735; Email: mandiricare@bankmandiri.co.id; mandiri call 14000

4. Kredit Multiguna Bank Danamon

Danamon KMG Multiguna

Kredit multiguna Danamon meminta jaminan property, yaitu rumah, ruko/ rukan dan apartemen.

Multiguna Danamon memberikan maksimal pinjaman Rp8 milyar dan jangka waktu angsuran 1 – 10 tahun.

Simulasi cicilan kredit multiguna Danamon adalah:

  • Jumlah Pinjaman Rp500.000.000 dan Tenor:10 tahun
  • Rasio Pinjaman terhadap Nilai Properti: 80% (jika nilai properti Rp 1 M max pinjaman Rp 800 juta)
  • Suku Bunga 9.5%
  • Jumlah Cicilan Rp5.283.815

Pengajuan multiguna Danamon bisa dilakukan secara online dengan mengisi form yang tersedia di situs Bank Danamon.

Informasi dan alamat:

Bank Danamon, Menara Bank Danamon Jl. HR. Rasuna Said Blok C No. 10, RT 010 / RW 007, Kel. Karet, Kec. Setiabudi, Jakarta 12920, Indonesia; Email: hellodanamon@danamon.co.id; hello-danamon: 1500090

5. Kredit Multiguna Maybank

Kredit multiguna Maybank meminta jaminan property, yaitu rumah, ruko/ rukan dan apartemen, dengan plafon pinjaman mulai dari Rp250 juta dan jangka waktu angsuran sampai 20 tahun.

Suku bunga multiguna Maybank adalah: 11.00% fix 1 year; 11.00% fix 2 years; 11.25% fix 3 years; 11.25% fix 4 years; 11.25% fix 5 years; 11.35% fix 6 years dan 11.35% fix 7 years.

Cukup menarik skema suku bunga Maybank karena bisa fixed rate sampai 7 tahun, sementara umumnya di bank lain, fixed rate hanya sampai 3 tahun.

Simulasi cicilan di Maybank adalah berikut:

  • Pinjaman Rp 100,000,000
  • Tenor 5 tahun
  • Bunga: 11,25% fix 5 tahun
  • Cicilan : 2,186,731

Informasi dan alamat:

Maybank , Sentral Senayan III Jl. Asia Afrika No.8 Kelurahan Gelora Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat; Call Center – 1500611; E-mail: customercare@maybank.co.id

6. Cimb Niaga

Cimb Niaga menawarkan dua cara untuk multiguna, yaitu:

  • Pinjaman KPR Xtra Cimb Niaga Multiguna dengan jaminan properti rumah, ruko dan apartemen dimana plafon kredit dihitung dari prosentase tertentu terhadap nilai jaminan. Plafond mulai dari Rp. 100 juta – Rp. 25 M dengan jangka waktu hingga 10 tahun.
  • Pinjaman jaminan BPKB mobil di CNAF – Cimb Niaga Auto Finance, yang merupakan perusahaan leasing, anak perusahaan Bank Cimb Niaga

Persyaratan Umum:

  • Warna Negara Indonesia berdomisili Indonesia
  • Perorangan (bukan Badan Usaha)
  • Usia minimal 21 tahun dan Usia Maksimal pada akhir masa kredit : 55 Tahun atau sesuai ketentuan pensiun perusahaan untuk karyawan dan 65 Tahun untk profesional/ wiraswasta
  • Fotokopi KTP, Fotokopi NPWP, Fotokopi Kartu Keluarga dan Surat / akta Nikah
  • Fotokopi Rekening Koran/Tabungan 3 bulan terakhir
  • Slip Gaji asli/Surat keterangan Gaji/SPT PPh 21/ePay slip

Informasi dan alamat:

Bank Cimb Niaga, Graha CIMB Niaga Jl. Jend Sudirman Kav. 58 Jakarta 12190; Contact Center 14041 / +6221-29978888 dari luar negeri; Email 14041@cimbniaga.co.id; Facebook: CIMB Niaga; Twitter: @cimbniaga; Instagram : @cimb_niaga

7. OCBC NISP

KMG OCBC Nisp adalah pinjaman dengan jaminan properti sertifikat tempat tinggal atas nama perorangan.

Ocbc Nisp memberikan jumlah pembiayaan cukup tinggi mulai dari Rp 50 Juta sampai dengan Rp 5 Milyar. Jangka waktu kredit 1 sampai dengan 10 tahun.

Syarat adalah:

  • Warga Negara Indonesia, Usia 21-55 untuk Karyawan dan Usia 21 – 70 tahun untuk Pengusaha/ Professional
  • Memiliki Penghasilan Tetap
  • Agunan berupa properti dengan kondisi pembangunan 100%, memiliki sertipikat pecahan yang telah balik nama

Informasi dan alamat:

Bank OCBC Nisp, OCBC NISP Tower, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 25 Jakarta 12940, T. 021 – 255 33 888, F. 021 – 579 44000; www.ocbcnisp.com, call center 1500-999; dari luar negeri: +62-21-26506300

8. Bank Mega

Bank Mega memiliki Mega GUNA (Kredit Multi Guna) yang merupakan fasilitas pinjaman dengan jaminan rumah atau kendaraan.

Plafon kredit KMG di Mega bisa sampai Rp 100 juta dari mulai Rp 15 juta dengan jangka waktu pinjaman 1 – 5 tahun.

Untuk suku bunga, Mega menerapkan ketentuan bahwa Suku bunga Effektif in arrear, fixed rate untuk 3 bulan pertama, selanjutnya floating mengikuti perkembangan suku bunga, dan angsuran pertama dibayar paling lambat satu bulan setelah akad kredit.

Penting dicatat bahwa : KMG-Mega Guna tidak dapat diperlukan untuk kepeluan pemenuhan uang muka pembelian property atau kendaraan bermotor.

Informasi dan alamat:

Bank Mega, Menara Bank Mega Jl. Kapten Tendean 12-14A Jakarta 12790; TEL. 021. 7917 5000 (hunting) FAX. 021. 7918 7100

9. Bank BNI

Bank BNI menawarkan KMG, yaitu BNI Griya Multiguna yang merupakan kredit dengan agunan berupa properti siap huni dengan kepemilikan agunan atas nama pemohon atau pasangan pemohon (suami/istri) sepanjang tidak ada perjanjian pisah harta.

KMG BNI bisa diberikan sampai tenor 10 tahun dan bisa digunakan untuk kebutuhan konsumtif.

Related Post

Syarat adalah:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Usia Minimum 21 tahun saat pengajuan, usia maksimal saat kredit lunas 55 tahun Karyawan dan 65 tahun Profesional dan Wiraswasta
  • Fotokopi KTP (suami istri), Fotokopi Kartu Keluarga, Fotokopi Surat akta Nikah, fotokopi NPWP Pribadi/SPT PPH 21, fotokopi Rekening Gaji 3 Bulan Terakhir, Fotokopi Rekening Koran 6 Bulan Terkahir
  • Asli Surat Keterangan Kerja dan Slip Gaji
  • Fotokopi Dokumen Jaminan

Informasi dan alamat:

Bank BNI, Gedung Grha BNI Jl. Jenderal Sudirman Kav. 1 Jakarta Pusat 10220; Telepon +62-21-2511946; call center 1500046; email: bnimail@bni.co.id

10. BFI Finance

BFI menawarkan multiguna dengan jaminan BPKB mobil motor atau jaminan rumah, sebagai berikut:

  • Pembiayaan Rumah Dan Ruko. Pembiayaan dengan jaminan sertifikat rumah dan ruko baru dan bekas siap huni, baik untuk keperluan modal usaha, dengan jangka waktu pembiayaan hingga 5 tahun.
  • Advertisements
  • Pembiayaan Kendaraan Bermotor. Pembiayaan untuk pembelian kendaraan bermotor roda empat baru dan bekas yang berasal dari dealer/showroom/penjual perorangan, baik untuk keperluan pribadi maupun penunjang usaha, dengan jangka waktu pembiayaan mulai 1 hingga 4 tahun dan suku bunga tetap.

Informasi dan alamat:

PT BFI Finance Indonesia Tbk, BFI Tower Sunburst CBD Lot.1.2 Jl. Kapt. Soebijanto Djojohadikusumo, BSD City – Tangerang Selatan 15322; Customer Care1500018

11. Adira Finance

Apakah bisa pinjam uang tunai di Adira Finance ?

Bisa dengan menggunakan fasilitas Adira Multiguna Maxi yang merupakan pembiayaan dengan menjaminkan BPKB kendaraan Motor / Mobil.

KMG di Adira Finance berbasis jaminan kendaraan, dengan jaminan BPKB Motor / Mobil, sehingga nanti yang ditaksasi adalah kendaraannya.

Kriteria penting adalah usia kendaraan yang bisa dijaminkan, yang di Adira berlaku sbb: Untuk unit Motor : maksimal 8 tahun sejak tahun produksi hingga akhir masa kredit, Untuk unit Mobil passenger / penumpang : maksimal 12 tahun sejak tahun produksi hingga akhir masa kredit, Untuk unit mobil Comersial : maksimal 10 tahun sejak tahun produksi hingga akhir masa kredit

Informasi dan alamat:

Adira Finance, Millennium Centennial Center, Jl. Jend. Sudirman No.Kav.25, RT.12/RW.1, Kuningan, Karet Kuningan, Setiabudi, South Jakarta City, Jakarta 12920; call center: 1500511

12. Bank BTN

Bank BTN memiliki multiguna, yaitu Kredit Agunan Rumah Bank (KAR) yang merupakan fasilitas kredit yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan konsumtif dengan menjaminkan rumah tinggal/apartemen/ruko/rukan.

Kredit multiguna BTN ini memberikan masa kredit sampai 10 tahun dengan suku bunga berikut:

  • Fixed 1 Tahun: 11,50%
  • Fixed 2 Tahun: 12,00%

Syarat dan Ketentuan:

  1. WNI dengan usia min 21 tahun atau telah menikah, memiliki status karyawan tetap/wiraswasta/professional
  2. Lama bekerja karyawan min 1 tahun, lama usaha/profesi min 1 tahun
  3. Usia Pemohon tidak melebihi 65 tahun
  4. Pemohon wajib menutup asuransi (jiwa dan kebakaran) dengan syarat banker clause
  5. Bersedia menandatangani perjanjian kredit dan APHT (Akta Pembebanan Hak Tanggungan)
  6. Pembayaran angsuran secara auto debet dari rekening Pemohon yang bersangkutan di Bank BTN

Informasi dan alamat:

PT Bank Tabungan Negara (Persero) TBK, Menara Bank BTN Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130, Telp: (021) 633 6789, Fax: (021) 633 6719, Contact Center: 1500 286, Email Contact Center: btncontactcenter@btn.co.id

13. Mandiri Tunas Finance

Mandiri Tunas Finance, perusahaan leasing milik Bank Mandiri, menawarkan KMG dengan jaminan dokumen kepemilikan kendaraan.

Ketentuan pembiayaan KMG di Mandiri Tunas adalah:

  1. Kendaraan Pribadi
  2. Usia kendaraan maksimal pada saat akhir lunas pembiayaan multiguna adalah: Jepang (10 Tahun), Korea (6 Tahun), Eropa / USA (Chevrolet, BMW dan Mercedes Benz)
  3. Type passenger car
  4. Nama BPKB wajib atas nama pemohon atau pasangan atau anak dibuktikan dengan dokumen legal

Informasi dan alamat:

PT. Mandiri Tunas Finance, Graha Mandiri Lt. 3A Jl. Imam Bonjol No 61 Jakarta 10310, Care Center : 1500059, Email: customer.service@mtf.co.id, WhatsApp : 081113705740 (WhatsApp Only)

14. Bank Permata

Permata kredit multiguna adalah Permata Home Ready cash, yang merupakan fasilitas kredit konsumsi beragun properti dalam bentuk pinjaman rekening Koran yang dapat ditarik setiap saat sesuai dengan kebutuhan.

Produk ini memberikan layanan “Standby Credit” berupa limit kredit yang disediakan dalam rekening giro nasabah. Dana tersebut dapat ditarik setiap saat sesuai kebutuhan dan hanya dikenakan bunga sebesar pemakaian.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan yaitu soal limit fasilitas PermataHome Ready Cash, yaitu berlaku ketentuan

  • 12 bulan pertama = Limit tetap sesuai fasilitas awal
  • Mulai bulan ke-13 hingga akhir jangka waktu kredit = Limit menurun secara proporsional setiap bulan sampai akhir jangka waktu kredit (selanjutnya disebut “Faktor Pengurang Pokok”)
  • Nilai Faktor Pengurang Pokok per Limit = Limit disetujui / (Tenor – 12 Bulan)

Contohnya:

  • Misal: Plafond/Limit yang disetujui: Rp 1 Milyar
  • Jangka waktu: 12 tahun (144 bulan), maka besarnya faktor pengurang pokok adalah:
  • Rp 1 Milyar : ( 144 bulan – 12 bulan ) = Rp 7.58 Juta

Informasi dan alamat:

Bank Permata, PermataBank, WTC II Jalan Jend. Sudirman Kav. 29-31, Jakarta 12920 Telepon: (62-21) 523 7788, E-mail: care@permatabank.co.id; PermataTel: 1500111

15. Bank Jatim

Bank Jatim memilki produk Multiguna kredit yang yang diberikan kepada PNS, CPNS, Pegawai/Calon Pegawai BUMN/BUMD, Anggota TNI/POLRI, Anggota Legislatif, Karyawan Perusahaan Swasta, Pensiunan dan Purnawirawan, Tenaga Kontrak, Tenaga Honorer dan perangkat desa.

Plafon ditentukan berdasarkan prosentase cicilan terhadap gaji dan tenor pinjaman sesuai dengan masa dinas atau maksimal 15(lima belas) tahun.

Syarat Pengajuan

  1. Surat Rekomendasi dari Kepala Dinas / Perusahaan
  2. Fotocopy KTP dan KSK, NIP, Karpeg Masing-masing 2 (dua) lembar
  3. Pas Photo berwarna sebanya 2 (dua) lembar
  4. SK Pengangkatan PNS/Pegawai tetap dan SK terakhir
  5. SK besarnya penerimaan gaji / pendapatan yang dibuat Bendahara dan diketahui Kepala Dinas Perusahaan
  6. Surat Kuasa Memotong / menyalurkan gaji (dari pemohon kepada Bank)
  7. Surat pernyataan dari bendaharawan sanggup memotong gaji sebagai angsuran pinjaman yang diketahui oleh Kepala Dinas / Perusahaan

Berbeda dengan umumnya multiguna di bank lain yang mewajibkan adanya jaminan, Bank Jatim tidak mengharuskan agunan namun ada kewajiban potong gaji untuk membayar angsuran setiap bulan.

Informasi dan alamat:

Bank Jatim, Jalan Basuki Rachmat No 98 – 104 Surabaya 60271, Phone. (031) 531 0090 – 99, Fax. (031) 531 0838, Email: info@bankjatim.co.id; Call Center (24hours): 14044

16. Clipan Finance

Clipan Finance menawarkan pembiayaan multiguna dengan jaminan sertifikat rumah/tanah, atau BPKB mobil dan motor untuk berbagai keperluan konsumsi.

Simulasi pinjaman berbeda antara jaminan sertifikat rumah dan BPKB.

Pokok Pinjaman : Rp. 10.000.000 dan Jangka Waktu Kredit : 12 Bulan

  • Simulasi Kredit Multiguna Sertifikat: Angsuran / Bulan : Rp. 979.167
  • Simulasi Kredit Multiguna BPKB: Angsuran / Bulan : Rp. 921.667

Hasilnya cukup menarik karena multiguna dengan jaminan kendaraan memberikan cicilan yang sedikit lebih kecil.

Informasi dan alamat:

PT Clipan Finance Indonesia, Wisma Slipi Lantai 6, Jl. Let. Jend. S. Parman Kav. 12, Jakarta, 11480, Indonesia Telepon: (62-21) 5308005, Fax : (62-21) 5308026, 5308027, E-mail: corporate_secretary@clipan.co.id, Website: www.clipan.co.id

17. Bank MNC

Bank MNC menawarkan multiguna kredit dengan jaminan properti untuk berbagai kebutuhan konsumsi. KMG MNC membantu Anda mendapatkan dana tunai dengan memanfaatkan properti yang Anda miliki.

Persyaratan KMG MNC adalah

  • Warga Negara Indonesia
  • Perorangan (bukan badan usaha)
  • Usia minimum 21 tahun. Untuk karyawan maksimum 55 tahun pada saat kredit jatuh tempo.
  • Fotokopi KTP Pemohon beserta Suami/Istri (jika sudah dan masih menikah), Fotokopi NPWP, Fotokopi Kartu Keluarga, Copy Surat / Akta Nikah / Cerai / Kematian
  • Copy Rekening Koran Tabungan 3 bulan terakhir
  • Asli Surat Keterangan Kerja & Copy Slip gaji bulan terakhir
  • Copy Sertipikat , Copy IMB, Copy PBB terakhir

Informasi dan alamat:

Bank MNC, Gedung MNC Financial Center Lantai 6, 7, 8, Jl. Kebon Sirih Raya No. 27 Jakarta Pusat 10340 Tel. (021) 2980 5555- Fax. (021) 3983 6700, CALL CENTER 1500 188

18. Bank BJB

Bank BJB memiliki multiguna kredit yang merupakan fasilitas dengan tujuan renovasi properti atau untuk kebutuhan konsumtif lainnya dengan agunan Properti.

Tersedia pilihan suku bunga yaitu:

  • Suku bunga Fix 2 Tahun pertama, CAP Tahun ke-3 dan ke-4, selanjutnya Floating.
  • Suku bunga Fix 3 Tahun pertama, selanjutnya Floating.
  • Suku bunga Fix Rate sepanjang tenor (Khusus bjb KPR Sejahtera FLPP).

Informasi dan alamat:

Bank bjb, kantor pusat Bank bjb, Menara bank bjb Jl.Naripan No. 12-14 Bandung 40111, Kontak bank bjb: Telp : 022-4234868 Fax : 022-4206099; E-mail: bjbcare@bankbjb.co.id

19. Bank DKI

Bank DKI menawarkan multiguna kredit yang sedikit berbeda, yaitu ditujukan untuk pegawai CPNS, PNS, Pensiunan dan Karyawan BUMD Provinsi DKI Jakarta .

Bank milik pemda DKI ini memiliki tiga jenis KMG, yaitu:

  • Kredit Multi Guna Pegawai Aktif. Fasilitas pembiayaan yang ditujukan bagi Pegawai Aktif yang pembayaran gajinya dilakukan melalui Bank DKI, atau perusahaan tempat debitur bekerja telah memiliki perjanjian kerja sama penyaluran KMG dengan Bank DKI.
  • Kredit Multi Guna Masa Persiapa Pensiun (MPP).
    Advertisements
    Fasilitas pembiayaan yang ditujukan bagi Pegawai yang telah memasuki masa pensiun dan pembayaran manfaat pensiunnya melalui PT Taspen atau Badan Penggantinya yang ditetapkan Pemerintah serta disalurkan melalui Bank DKI
  • Kredit Purna Karya. Fasilitas pembiayaan yang ditujukan bagi para Pegawai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan sisa masa aktif 3 (tiga) tahun sebelum pensiun dan akan menikmati fasilitas kredit dengan jangka waktu melebihi masa aktif.

Produk KMG Bank DKI ini cukup menarik dengan memberikan pada pensiunan di DKI. Selama ini, pensiunan tidak mudah mengajukan pinjaman ke bank, yang biasanya meminta bukti penghasilan dan pekerjaan.

Informasi dan alamat:

PT Bank DKI, Prasada Sasana Karya Building, Jl Suryopranoto No. 8, Central Jakarta 10130, Indonesia, Phone : (021) 80655555, Fax : (021) 80655500, Email : corsec@bankdki.co.id

20. Panin Bank

Panin Bank menawarkan KMG dengan nama KPR X-TRA, yaitu fasilitas kredit refinancing atas property (tanah dan bangunan) yang sudah atas nama calon debitur / istri / suami / anak / orang tua untuk segala kebutuhan konsumsi.

Tenor yang ditawarkan adalah hingga 20 tahun dan proses persetujuan dalam 3 hari kerja.

Promo Bank Panin adalah bunga 6,88% per tahun tetap (fixed rate) selama 3 tahun dan tidak ada pengendapan dana.

Informasi dan alamat:

Bank Panin, Jl. Jendral Sudirman Kav. 1 – (Senayan), Jakarta 10270 , INDONESIA, telepon: (021) 27 00545 (10 lines), Email panin@panin.co.id.

Tips Pengajuan Kredit KMG

Dalam pengajuan KMG, ada sejumlah hal yang Anda perlu lihat, yaitu:

Jaminan

Sebelum mengajukan KMG, Anda perlu mempertimbangkan soal jaminan yang Anda miliki, yaitu:

  • Status jaminan tersebut, misalnya properti bagaimana dengan sertifikat SHM, sedangkan kendaraan soal dokumen BPKB kendaraan mobil dan motor, apakah sudah atas nama Anda sebagai calon nasabah
  • Usia kendaraan menjadi kriteria penting untuk jaminan BPKB. Perusahaan leasing membatasi usia kendaraan sampai tahun tertentu untuk bisa dijadikan jaminan.
  • Kondisi jaminan menjadi kriteria bank dan perusahaan leasing untuk bisa menerima jaminan tersebut. Misalnya, kondisi jaminan yang buruk mengurangi nilai jaminan yang nantinya akan mempengaruhi plafon KMG.

Simulasi Cicilan

Penting meminta simulasi cicilan per bulan yang Anda harus bayar.

Tujuannya supaya Anda tahu berapa kewajiban per bulan yang harus dibayar dan apakah kemampuan keuangan memadai untuk bisa membayar angsuran secara tepat waktu.

Tidak semua bank dan perusahaan multifinance menyediakan simulasi cicilan. Karena itu, Anda harus proaktif meminta kepada sales KMG.

Di samping itu, dengan tahu estimasi cicilan dalam simulasi, Anda bisa melihat berapa sebenarnya bunga efektif yang diterapkan dalam pinjaman yang Anda akan ambil nanti. Bunga yang dipublikasikan kadangkala tidak persis sama yang digunakan dan untuk mengetahu pastinya Anda harus minta simulasi angsuran hutang.

BI Checking Bersih

Pastikan catatan kredit Anda di BI checking atau SLIK OJK bersih. Jika punya catatan kredit menunggak, kemungkinan sangat besar pengajuan pinjaman Anda akan ditolak.

Apa itu BI Checking atau SLIK OJK ?

Sistem dalam perbankan dan leasing di Indonesia yang menunjukkan kinerja catatan kredit seseorang, apakah punya pinjaman di tempat lain dan bagaimana sejarah pembayarannya – menunggak atau bayar tepat waktu.

Jika ingin mengetahui sejarah kredit Anda di BI Checking, Anda bisa datang ke kantor OJK untuk meminta pengecekan secara mandiri. Dari situ, Anda bisa tahu apakah punya hutang yang belum dibayar atau tidak.

Pengecekan BI checking adalah salah satu kriteria krusial dalam bank memutuskan pengajuan kredit.

Lengkapi Dokumen

Bank meminta sejumlah dokumen dan kelengkapan dokumen adalah prasyarat penting supaya proses pengajuan pinjaman bisa dilanjutkan.

Secara umum dokumen yang diminta adalah:

  • Dokumen Penghasilan, misalnya slip gaji, bukti potongan pajak
  • Dokumen Jaminan menunjukkan kepemilikan jaminan, misalnya sertifikat tanah SHM untuk properti, dan BPKB mobil motor.
  • Dokumen Identitas, KTP suami/istri, NPWP.

Sejak awal Anda sebaiknya sudah mulai mengumpulkan dokumen dokumen yang diminta.

Biaya Administrasi

Selain suku bunga, biaya administrasi adalah pengeluaran yang harus Anda cermati, yaitu:

  • Biaya Provisi dan Administrasi Kredit,
  • Biaya Asuransi Jiwa Kredit,
  • Biaya Asuransi Kebakaran,
  • Biaya Penilaian Agunan (jika ada)
  • Biaya Notaris

Biaya admin untuk jaminan properti biasanya lebih banyak dibandingkan jaminan kendaraan.

Yang perlu diperhatikan, selain soal jumlahnya, biaya administrasi dipotong dimuka dari dana pencairan, sehingga dana yang masuk ke rekening lebih rendah dari plafon pinjaman KMG yang disetujui.

Anda perlu antisipasi ini, jumlah pencairan yang lebih rendah dari persetujuan plafon, jika Anda butuh dana sebesar persis yang disetujui. Anda harus memperhitungkan untuk mengajukan plafon lebih besar.

Kesimpulan

Menjawab berbagai kebutuhan pinjaman, bank menawarkan berbagai jenis produk kredit.

Salah satunya adalah KMG – Kredit Multiguna, yang berbasis jaminan, bisa properti atau kendaraan BPKB. Meskipun berjaminan, KMG memiliki sejumlah manfaat dibandingkan dengan KTA dan pinjaman online.

Good news-nya, ada banyak lembaga keuangan dan perbankan yang menawarkan KMG dengan berbagai fitur. Silahkan cek pasar atas berbagai penawaran tersebut dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Share
Published by
R Quiserto

Recent Posts

10 Pinjaman Kredit Laptop Online Tanpa DP Cicilan 0% Tanpa Bunga

Beli laptop bisa dicicil dengan kredit laptop yang banyak ditawarkan secara online di berbagai toko… Read More

1 week ago

20 Pinjaman Online Tanpa Jaminan Izin OJK

Pinjaman online tanpa jaminan menawarkan kemudahan kredit, cukup KTP saja, tanpa DP, tanpa kartu kredit… Read More

1 week ago

Review Kartu Kredit BCA | Cara Apply Bikin, Promo, Jenis, Limit

Kartu kredit BCA adalah salah satu kartu kredit yang saya miliki sekarang dan paling sering… Read More

2 weeks ago

ETF Reksadana Indeks | Cara Investasi Saham Murah Pemula

Orang awam pemula yang masih takut - takut, sekarang bisa masuk investasi di pasar saham,… Read More

2 weeks ago

Cara Kerja Social Trading Apps dan Bagaimana Sejarahnya

Anda bisa main forex trading dengan sangat mudah, meraup tambahan penghasilan, meskipun belum punya pengalaman… Read More

2 weeks ago

10 Cara Belajar Trading Forex Indonesia untuk Pemula (Anti Bangkrut)

Belajar forex trading untuk pemula adalah tujuan saya menulis artikel ini karena banyak yang salah… Read More

2 weeks ago