Advertisements

Memulai Usaha dengan Pinjaman Bank, Asalkan Penuhi Syarat ini

Advertisements

Besar-tidaknya modal sebenarnya tidak begitu menjaminkan kesuksesan bisnis yang akan Anda mulai. Oleh karena itu, meski mengalami keterbatasan modal sekalipun – jangan langsung berkecil hati. Anda tetap bisa memulai usaha, bahkan dengan modal kecil sekalipun. Atau, Anda bisa memulai usaha dengan pinjaman dana tunai bank. Mengapa tidak? Namun tentu saja, asalkan Anda penuhi syarat-syarat berikut ini.

Ya, tentu saja, yang pertama kali perlu Anda penuhi adalah syarat-syarat yang diajukan oleh pihak bank. Bagaimana mungkin bisa dapatkan pinjaman uang dari bank untuk usaha kalau tidak penuhi kriteria mereka, bukan?

Ada beragam produk perbankan yang bisa Anda pilih. Untuk usaha sendiri, jika Anda memang sudah punya – Anda bisa gunakan KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Namun, bagaimana kalau belum punya usaha melainkan masih ingin memulai – sebagaimana yang jadi bahasan dalam artikel ini?

Salah satu produk yang memungkinkan adalah Kredit Agunan dan Kredit Tanpa Agunan. Kredit dengan agunan itu artinya Anda perlu “menyerahkan” aset berharga sebagai jaminan. Sebagai contoh, sertifikat rumah, BPKP dan sebagainya. Kalau tidak punya, Kredit Tanpa Agunan atau KTA bisa jadi alternatif terbaik.

Ya, pinjaman uang cepat berupa KTA ini memang didesain untuk beragam kebutuhan, termasuk usaha. Persyaratan untuk dapat pinjaman tanpa jaminan ini pun tergolong mudah. Berikut beberapa kriteria yang diperlukan:

  • Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia, usia 21 sampai 55 tahun.
  • Berpenghasilan tetap sebagai karyawan, pengusaha atau profesional.
  • Melengkapi dokumen-dokumen yang diminta oleh bank.

Jika memenuhi syarat di atas, pengajuan aplikasi akan diproses.

Advertisements

Tak Cukup Hanya Modal

Modal Usaha

Namun, memulai sebuah usaha tak cukup hanya mengandalkan modal usaha saja. Apalagi kalau modal tersebut berasal dari pinjaman bank, tentu saja ada ‘beban’ Anda akan semakin bertambah. Anda mesti menghasilkan keuntungan lewat usaha tersebut, kemudian juga harus memenuhi tanggung jawab cicilan per bulan.

Advertisements

Jadi, apa lagi syarat yang dibutuhkan? Berikut beberapa tips memulai usaha agar perkecil kerugian:

Related Post

#1 Pilih usaha sesuai dengan diri Anda

Sesuai dengan diri Anda, khususnya soal kemampuan dan passion. Dengan begitu, Anda bisa meng-handle usaha tersebut tanpa perlu konsultan. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan pun akan sedikit. Anda pun dapat bekerja dengan lebih leluasa karena usaha tersebut memang bidang Anda.

Advertisements

Baca juga : 4 Tips Mudah Menjaga Profesionalitas Berbisnis!

Advertisements

#2 Promosi yang kreatif

Modal usaha yang terbilang kecil mengharuskan Anda berpikir kreatif agar biaya promosi tak begitu besar. Tak bisa dipungkiri, biaya yang cukup banyak memakan anggaran adalah biaya promosi. Jadi, pastikan Anda lakukan promosi kreatif dan efisien sehingga bisa menekan budget. Sebagai contoh, jika memang sesuai dengan produk yang Anda jual – Anda bisa gunakan media sosial dan Internet sebagai sarana promosi.

Baca juga: Daftar Pinjaman KTA Tanpa BI Checking

#3 Kerja keras

Ya, tentu saja, Anda perlu bekerja keras. Dedikasi dibutuhkan, meskipun awalnya usaha tersebut berada di posisi “sampingan”, sementara yang utama adalah pekerjaan utama Anda. Namun, bukan berarti Anda tidak memberikan loyalitas pada usaha baru tersebut. Oleh karena itu, bagilah waktu Anda secara efisien. Jangan ogah-ogahan. Usaha yang dikerjakan dengan kerja keras, kemungkinan besar akan sukses!

Advertisements

Perhatikan: Kartu Kredit Itu, Kawan atau Lawan Ya?

Jadi, sudah siap untuk memulai usaha? Mari pikirkan usaha apa yang bisa dijalankan dan strategi apa yang mesti Anda tempuh. Soal modal, tak ada salahnya memulai usaha dengan pinjaman bank. Asalkan, tentu saja Anda sudah penuhi syarat yang disebutkan di artikel ini. Semoga sukses!

GRATIS Panduan Cara Mudah Mengambil KPR