Advertisements

DP Uang Muka KPR Rumah, 5 Cara Kumpulkan Cepat, Mudah, Murah

Advertisements

DP uang muka KPR rumah bisa dikumpulkan dengan mudah, cepat dan murah adalah impian banyak orang. Karena DP atau uang muka adalah syarat mutlak pengajuan KPR rumah. Bagaimana caranya ? DP rumah berapa persen 2019 2020 ?

Sebelum membeli rumah dengan pinjaman KPR, satu syarat mutlak adalah Anda memiliki uang untuk membayar down payment (DP) atau uang muka. Karena bank tidak akan menyetujui pinjaman KPR Anda jika DP belum dibayar.

Jadi, punya uang yang cukup untuk membayar DP adalah hal yang perlu dipersiapkan dengan matang.

Kita akan bahas bagaimana mengumpulkan uang muka tersebut karena perlu trik dan strategi tertentu, mengingat jumlah minimum DP cukup besar, yaitu 10% sd 20% dari nilai rumah yang akan dibeli.

DP Rumah KPR

DP atau uang muka adalah bagian penting dalam proses pengajuan kredit KPR.

Bank tidak akan bisa memberikan persetujuan pinjaman KPR jika nasabah belum melunasi DP uang muka tersebut.

Advertisements

Pada saat melakukan akad kredit, pejabat bank akan meminta bukti ke pihak developer bahwa nasabah sudah melunasi pembayaran uang muka sesuai ketentuan.

Yang diminta oleh bank adalah kwitansi pelunasan dan bukti transfer pembayaran uang muka ke developer.

Bukti transfer wajib diberikan ke bank sebagai bukti pelunasan.

DP rumah berapa persen 2019 2020 ?

Advertisements

DP pada dasarnya ditentukan oleh kebijakan policy kredit di masing – masing bank, tetapi harus mengacu pada kebijakan DP minimum yang ditetapkan oleh Bank Indonesia sebagai regulator dan pengawas perbankan.

DP menjadi komponen kritikal dalam evaluasi bank memberikan persetujuan kredit KPR karena menunjukkan tingkat resiko pemberian kredit tersebut.

Semakin besar uang muka, semakin kecil resiko kredit macet yang dihadapi bank. Begitu pula sebaliknya.

Makanya, bank sangat berhati – hati dalam menetapkan kebijakan kredit soal DP uang muka kredit rumah.

Aturan DP LTV KPR 2019 2020

Bank Indonesia mengatur uang muka rumah berdasarkan beberapa faktor, yaitu rumah pertama atau rumah kedua dan seterusnya, luasan rumah (dibawah atau sama dengan 70 meter2 dan diatas 70 meter2), rumah tapak atau rumah susun apartemen.

Bank Indonesia mengatur dengan menetapkan LTV KPR 2018 2019 2020.

Uang Muka DP KPR Rumah Pertama

Ketentuan BI adalah sebagai berikut:

“Bank yang memberikan:

  • KP atau PP untuk fasilitas pertama; dan
  • KP atau PP untuk fasilitas kedua dan seterusnya bagi Rumah Tapak dengan luas bangunan sampai dengan 21m2 (dua puluh satu meter persegi), harus memenuhi ketentuan Rasio LTV untuk KP dan Rasio FTV untuk PP yang ditetapkan sesuai dengan kebijakan Bank

Artinya, untuk rumah pertama dan rumah kedua dst dengan luas sampai 21 m2, kebijakan uang muka diserahkan sepenuhnya ke kebijakan bank.

Kalau bank ingin menerapkan kebijakan DP yang sangat rendah atau bahkan DP 0% itu diperbolehkan oleh Bank Indonesia.

Uang Muka DP KPR Rumah Kedua

Untuk rumah kedua dan seterusnya, BI masih mengatur DP minimum dengan menetapkan nilai LTV (Loan to Value) KPR, yaitu:

  • KP Rumah Tapak dan PP Rumah Tapak dengan luas bangunan lebih dari 70m2 (tujuh puluh meter persegi), paling tinggi 85% (delapan puluh lima persen);
  • KP Rumah Tapak dan PP Rumah Tapak dengan luas bangunan lebih dari 21m2 (dua puluh satu meter persegi) sampai dengan 70m2 (tujuh puluh meter persegi), paling tinggi 90% (sembilan puluh persen);
  • KP Rusun dan PP Rusun dengan luas bangunan lebih dari 70m2 (tujuh puluh meter persegi), paling tinggi 85% (delapan puluh lima persen);
  • KP Rusun dan PP Rusun dengan luas bangunan lebih dari 21m2 (dua puluh satu meter persegi) sampai dengan 70m2 (tujuh puluh meter persegi), paling tinggi 90% (sembilan puluh persen);
  • KP Rusun dan PP Rusun dengan luas bangunan sampai dengan 21m2 (dua puluh satu meter persegi), paling tinggi 90% (sembilan puluh persen);
  • KP Ruko atau KP Rukan dan PP Ruko atau PP Rukan, paling tinggi 90% (sembilan puluh persen);

Loan to Value (LTV) adalah 1 – DP %. Jadi kalau BI menyebutkan LTV 90% maka DP minimum adalah 10%.

Dari ketentuan diatas, kita bisa lihat bahwa DP untuk rumah ukuran > 70 meter2 paling kecil 15%, sedangkan DP untuk apartemen juga 15%, semuanya untuk rumah kedua dan seterusnya.

Jika ingin mempelajari lebih lanjut kebijakan Bank Indonesia soal DP KPR bisa baca disini.

5 Cara Mengumpulkan DP Uang Muka KPR

Dari berdiskusi dan membaca pertanyaan pengunjung blog, saya jadi tahu bahwa banyak orang berpikir bahwa satu-satunya cara mengumpulkan DP adalah dengan menabung.

Sementara, faktanya ada banyak cara untuk mengumpulkan DP uang muka KPR. Tidak hanya dengan menabung saja.

#1 Investasi di Reksadana

DP Uang Muka KPR dengan Reksadana Online

Cara pertama adalah melakukan investasi di Reksadana. Kenapa instrumen ini yang saya anjurkan ?

  • Anda bisa berinvestasi dengan sangat murah. Yang saya tahu ada Reksadana yang bisa diinvestasikan mulai dari Rp 50 ribu.
  • Reksadana sangat cocok bagi mereka yang awam dengan investasi karena Reksadana dikelola oleh Manajer Investasi. Anda tidak perlu menguasai instrumen investasi karena manajer investasi yang akan mengelola.

Hal yang penting diperhatikan adalah pilihan jenis Reksadana, yaitu Reksadana Pasar Uang untuk tujuan mengumpulkan DP rumah. Jenis ini aman meskipun return relatif kecil.

Karena dalam mengumpulkan DP rumah, keamanan menjadi tujuan nomer satu dengan rentang waktu yang relatif pendek.

#2 Mengikuti Cicil DP Developer

Developer pun paham sekali bahwa DP merupakan salah satu kendala orang saat membeli rumah. Makanya, banyak developer menawarkan program cicil DP.

Program cicil DP bekerja sebagai berikut:

  • Anda membayar DP ke pengembang, secara mencicil dalam waktu tertentu, misalnya 1.5 tahun. Jumlah DP ditentukan diawal, yaitu dari harga rumah antara 10% sampai 15%. Selama mencicil DP, Anda belum berhubungan dengan bank
  • Setelah DP selesai dicicil, Anda baru mengajukan KPR ke bank. Bank akan meminta pengembang untuk menunjukkan bukti pembayaran DP Anda.

Program ini membantu Anda yang ingin memiliki rumah tetapi tidak memiliki uang muka.

Related Post

Namun, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam program ini, yaitu :

  1. Harga rumah dengan program cicil DP lebih tinggi dibandingkan Anda langsung mengambil KPR;
  2. Jika selama program cicil DP berlangsung, Anda berhenti membayar DP sebelum selesai, maka uang yang sudah dibayarkan hangus, kecuali Anda bisa mengalihkan ke orang lain atau mengambil KPR ke bank.

#3 Manfaatkan Top Up KPR

Buat mereka yang sudah memiliki rumah, meskipun rumah tersebut masih KPR, bisa memanfaatkan rumah yang masih KPR tersebut untuk membeli rumah lain.

Advertisements

Caranya dengan melakukan top up atas rumah yang masih KPR. Dana hasil top up Anda gunakan untuk membeli rumah baru.

Apa itu top up KPR ?

Anda meminta bank melakukan penilaian ulang atas rumah Anda. Biasanya, nilai rumah akan meningkat karena kenaikkan harga tanah.

Dengan peningkatan nilai rumah, Anda bisa meminta bank memberikan pinjaman lagi (top up) atas rumah tersebut. Nah, tambahan pinjaman ini yang digunakan untuk mengambil rumah lagi.

Disamping itu, karena sudah membayar selama jangka waktu tertentu, Anda bisa mengambil pinjaman lagi. Tentu saja ini berarti akan memperpanjang pinjaman KPR yang sudah ada.

#4 Pinjam ke Kantor DP Uang Muka KPR

Tidak semua orang bisa mencoba ini. Tetapi, saya tahu beberapa perusahaan bersedia memberikan pinjaman lunak kepada karyawan untuk menalangi dahulu uang muka rumah.

Karena ini pinjaman lunak, tentu saja, bunga yang diberikan relatif rendah atau bahkan tanpa bunga. Tetapi, mungkin jumlahnya belum tentu mencukupi kebutuhan uang muka karena sangat tergantung pada kebijakan perusahaan.

Yang penting diperhatikan, terutama ketika negosiasi pekerjaan, adalah pinjaman lunak dari kantor bisa menjadi salah satu fasilitas yang bisa Anda pertimbangkan.

#5 Tabungan Emas

DP Uang Muka Rumah KPR Tabungan Emas Pegadaian
Advertisements

Emas adalah instrumen yang sudah terkenal menjadi alat investasi yang aman dan nilainya meningkat. Orang tua kita dulu biasanya menyimpan investasi dalam emas.

Masalahnya emas itu karena barang berharga membutuhkan tempat penyimpanan yang aman. Belum lagi modal yang dibutuhkan untuk membeli emas cukup lumayan.

Tetapi, saat ini muncul inovasi, yaitu tabungan emas.

Dalam tabungan emas, Anda membeli emas secara menabung. Bisa mulai dari 1 gram sampai jumlah yang besar.

Bagaimana cara melakukan investasi tabungan emas secara online ?

  1. Unduh aplikasi tabungan emas, misalnya milik Pegadaian atau Brankas LM (Logam Mulia) Antam.
  2. Buka tabungan investasi dengan datang ke kantor cabang. Untuk pembukaan pertama wajib datang dan bertatap muka untuk tanda tangan dan menyerahkan dokumen KTP
  3. Setelah rekening tabungan emas dibuka , bisa mulai melakukan investasi emas
  4. Pembelian dilakukan dengan memilih jumlah gram emas yang Anda inginkan dalam aplikasi, lalu membayar ke rekening virtual account yang disediakan oleh penyelenggara.
  5. Setelah pembayaran selesai, jumlah kepemilikan emas terupdate di aplikasi
  6. Penjualan emas cukup dilakukan dalam aplikasi dengan memilih jumlah yang Anda ingin jual
  7. Uang penjualan masuk ke rekening tabungan yang sudah Anda daftarkan di awal.

Dari pengalaman membeli emas secara online, saya merasakan sejumlah keuntungan, yaitu:

  1. Proses beli dan jual emas menjadi sangat mudah karena dilakukan lewat aplikasi, tanpa perlu pergi ke kantor cabang, misalnya yang saya alami dengan Pegadaian Digital dan Brankas LM Antam.
  2. Tidak ada resiko emas palsu. Dengan pembelian emas secara online, resiko pemalsuan hampir nol.
  3. Resiko kehilangan emas lebih kecil karena dalam investasi emas online, fisik emas yang Anda beli langsung disimpan oleh tempat kita menabung emas online, yaitu Pegadaian atau Brankas Antam.
  4. Proses perintah jual emas dilakukan secara online, tanpa perlu ke kantor cabang, dan dana hasil penjualan emas otomatis masuk rekening Anda dalam hari yang sama.
  5. Sekarang beli emas bisa lewat platform e-commerce, misalnya Tokopedia, yang memudahkan bagi golongan milenial untuk mengakses investasi emas.
  6. Minimum.investasi online sangat sangat terjangkau. Salah satu ecommerce menerima investasi emas mulai dari Rp 5000.
  7. Jika ingin mendapatkan emas logam mulia secara fisik, Anda bisa melakukannya dengan mudah, yaitu meminta emas dicetak sebagai ligam.mulia. Ada biayanya untuk setiap pencetakan emas tapi biaya cukup terjangkau.

Dua penyelenggara tabungan emas yang saya tahu terpercaya adalah PT Antam dan Pegadaian. Keduanya menyelenggarakan tabungan emas terhadap jenis Logam Mulia.

Baca Promo Bunga KPR Rendah, Apa Betul Menguntungkan ?

DP Rumah Murah

Untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah memiliki hunian, pemerintah melakukan kebijakan kredit rumah subsidi, yang memberikan DP murah, cicilan angsuran murah.

Advertisements

Program ini untuk pemilikan rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia yang ditujukan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan suku bunga rendah dan cicilan ringan untuk pembelian rumah sejahtera tapak dan rumah sejahtera susun

Dalam kredit rumah subsidi, pemerintah menetapkan DP rumah murah, yaitu dengan uang muka ringan mulai dari 1%.

DP rumah murah mulai dari 1%.

Bahkan tersedia subsidi bantuan uang muka sebesar Rp4juta rupiah (khusus rumah tapak)

Apa kriterianya untuk bisa mengajukan kredit subsidi dan mendapatkan DP rumah murah ?

  • WNI berusia 21 tahun atau telah menikah
  • Usia pemohon tidak melebihi 65 tahun pada saat kredit jatuh tempo. Khusus peserta ASABRI yang mendapatkan rekomendasi dari YKPP, usia pemohon s.d. 80 tahun pada saat kredit jatuh tempo
  • Pemohon maupun pasangan (suami/isteri) tidak memiliki rumah dan belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk pemilikan rumah. Dikecualikan 2 kali untuk TNI/Polri/PNS yang pindah tugas
  • Gaji/penghasilan pokok tidak melebihi: Rp4juta untuk Rumah Sejahtera Tapak dan Rp7juta untuk Rumah Sejahtera Susun
  • Memiliki e-KTP dan terdaftar di Dukcapil
  • Memiliki NPWP dan SPT Tahunan PPh orang pribadi sesuai perundang-undangan yang berlaku
  • Pengembang wajib terdaftar di Kementerian PUPR
  • Spesifikasi rumah sesuai dengan peraturan pemerintah

Tanya Jawab

  1. Kenapa DP penting dalam KPR

    Bank tidak akan memberikan persetujuan jika nasabah belum membayar DP atau uang muka.

  2. Apa itu DP uang muka KPR

    Pembayaran yang menjadi porsi nasabah dalam pembiayaan pembelian ruamh.

  3. Siapa yang mengatur kebijakan DP

    Bank Indonesia mengatur kebijakan DP uang muka KPR

  4. Bagaimana DP untuk Rumah Pertama

    Bank Indonesia menyerahkan kepada kebijakan bank untuk menentukan sendiri berapa DP yang harus dibayar nasabah.

  5. Bagaimana DP untuk Rumah Kedua dan seterusnya

    Bank Indonesia menetapkan DP paling kecil adalah 10% sd 15% tergantung jenis rumah, dan luas rumah.

Kesimpulan

DP uang muka KPR rumah adalah persyaratan mutlak pengajuan pinjaman KPR. Tanpa uang muka, bank tidak akan bisa menyetujui kredit rumah meskipun semua persyaratan lain sudah terpenuhi.

Masalahnya, banyak orang tidak bisa atau belum bisa mengajukan KPR karena terbentur tidak punya DP ini. Banyak yang berpikir bahwa mengumpulkan DP hanya bisa via menabung.

Sementara, banyak cara mengumpulkan DP uang muka KPR, selain dengan jalan menabung. Kami menunjukkan 5 cara mengumpulkan DP rumah.