Pinjaman Online, Investasi, Keuangan, Asuransi | Duwitmu

Tips dan Cara Memilih Kartu Kredit Terbaik Paling Banyak Fasilitas

Dipublish oleh R Quiserto September 8, 2021

Daftar Isi

Memilih Kartu Kredit Terbaik

Kartu kredit adalah alat pembayaran yang populer di masyarakat. Bagaimana cara dan tips memilih kartu kredit terbaik ? Perhatikan bahwa bunga bukan segalanya, ada faktor lain wajib kita cermati.

Ada beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih kartu kredit terbaik ditengah banyaknya tawaran mendapatkan kartu kredit yang datang silih berganti, biasanya lewat telemarketing, di berbagai kesempatan ke Anda.

Tips serta cara memilih kartu kredit terbaik, yang paling banyak fasilitasnya, adalah sebagai berikut:

A. Tentukan Tujuan Punya Kartu

Banyaknya pilihan kartu kredit yang mudah dipasaran membuat kita bingung, mau mengajukan kartu kredit terbaik yang mana. Salah satu caranya adalah Anda tentukan tujuan punya kartu karena manfaat yang bisa Anda terima bermacam – macam dari masing – masing penerbit.

Saya perhatikan bahwa tujuan memiliki kartu dari semua bank adalah memberikan Anda untuk:

  • Belanja sehari – hari. Biasanya jenis kartu ini merupakan salah satu yang menawarkan cashback yang mengurangi beban tagihan bulanan, tetapi fasilitas lain, seperti airport lounge atau points, cukup terbatas
  • Travel Jalan Jalan. Kartu ini menawarkan fasilitas aiport lounge gratis (yang cukup mahal jika Anda bayar) dan banyak lagi points yang bisa ditukar untuk tiket pesawat.
  • Prestige dan Luxury. Jenis ini adalah kartu Platinum yang memberikan prestige dengan limit kartu yang tinggi bersama dengan fasilitas eksklusif lainnya, namun untuk mendapatkannya Anda harus memiliki hubungan spesial dengan bank tempat Anda menyimpan tabungan dan kartu ini biasanya memiliki iuran tahunan yang cukup besar.

Setelah tahu tujuan utama memiliki kartu, baru kita tentukan jenis kartu yang hendak kita miliki. Karena setiap bank punya keunggulan kartunya masing – masing.

Saya lihat ada bank yang bagus dalam kartu kredit cash-back, ada pula yang bagusnya di kartu kredit untuk travelling. Ada pula bank yang melakukan co-branding kartu kredit dengan perusahaan lain melahirkan jenis kartu dengan keunggulan tertentu.

B. Bandingkan, Tidak Hanya Bunga tetapi juga Biaya Lainnya

Saya perhatikan bahwa sekarang tagihan kartu kredit yang memiliki tingkat suku bunga sama, yaitu suku bunga 2.25% per bulan pada transaksi belanja dan tarik tunai.

Namun, selain biaya bunga, dalam bentuk biaya lain, Anda harus membandingkan, yang paling utama, yaitu:

  • Iuran Tahunan. Banyak bank memberikan gratis iuran tahunan di tahun ke-dua, walaupun ada juga bank yang enggan memberikan iuran tahunan gratis .
  • Kartu tambahan membuat beban iuran tahunan meningkat. Bank membebankan iuran kartu tambahan secara terpisah.
  • Biaya Keterlambatan. Keterlambatan pembayaran menggunakan kartu kredit dari tanggal jatuh tempo Anda bisa mendapatkan denda keterlambatan yang cukup tinggi – rata rata saat ini di Rp 150,000.
  • Banyak biaya – biaya lain yang Anda perlu perhatikan dalam menggunakan kartu kredit, tidak hanya suku bunga semata.

Memiliki kartu kredit comes with price, meskipun Anda tidak menggunakannya sekalipun. Ada biaya yang Anda harus bayar – diluar suku bunga – untuk bisa menempatkan kartu tersebut di dompet Anda.

Karena itu, memiliki kartu kredit dalam jumlah banyak, Anda akan perlu pertimbangkan masak – masak.

Buat Anda yang telah punya banyak, silahkan pilih kartu. Paling mudah dari yang jarang Anda gunakan untuk ditutup.

Di samping itu, Anda sebaiknya memahami cara perhitungan suku bunga kredit. Yang penting, meskipun sudah membayar tagihan kredit dalam jumlah tertentu dari total tagihan, namun beban suku bunga kredit dihitung terhadap seluruh total tagihan (bukan hanya sisa yang belum Anda bayar).

Berikut ini adalah ilustrasi perhitungan suku bunga kredit di Credit Card (sumber: Citibank):

Cara Perhitungan Bunga Ritel di Kartu Kredit
Perhitungan Bunga Ritel di Kartu Kredit

Ada perbedaan antara perhitungan bunga di tarik tunai dengan ritel. Berikut perhitungan bunga tarik tunai (sumber: Citibank):

Cara Perhitungan Bunga Tarik Tunai di Kartu Kredit
Perhitungan Bunga Tarik Tunai di Kartu Kredit

Jadi, saat beli diskon, sangat mungkin jika Anda tidak membayar lunas seluruh tagihan kredit, biaya suku bunga akan lebih tinggi dari nilai diskon yang Anda nikmati.

C. Fasilitas Diberikan

Memiliki kartu kredit tidak hanya semata buat transaksi, tetapi Anda juga bisa menikmati sejumlah layanan fasilitas, dalam bentuk antara lain:

  • Diskon belanja. Diskon adalah promo kartu kredit yang paling banyak ditawarkan bank penerbit, meskipun saat sekarang diskon diskon atau promo cashback sudah menurun dibandingkan beberapa tahun lalu
  • Airport Lounge. Keuntungan fasilitas di bandara buat Anda yang melakukan travel dengan moda pesawat.
  • Cicilan. Kartu kredit memberikan fasilitas merubah transaksi menjadi cicilan, yang dari harus Anda bayar lunas sekarang menjadi bisa dicicil selama beberapa bulan.
  • Tarik Dana Tunai. Dalam kondisi darurat, kartu kredit menyediakan fasilitas dana tunai yang bisa ditarik max 60% dari limit kartu dan tersedia pula fasilitas untuk mencicil.
  • Promo bunga 0%. Keuntungan promo ini adalah diberikan untuk fasilitas cicilan dimana Anda bisa membayar secara angsuran tanpa bunga untuk jangka waktu tenor tertentu (diskon secara tidak langsung).

Ketika memilih ingin memiliki kartu kredit yang mana, Anda bisa mempertimbangkan mana fasilitas yang ditawarkan dan yang paling Anda butuhkan.

D. Transaksi di Luar Negeri

Salah satu penggunaan kartu kredit yang paling umum adalah bagi Anda yang akan ke luar negeri. Perlu kartu untuk bisa melakukan travel dengan nyaman.

Untuk transaksi di luar negeri, hal yang perlu menjadi perhatian adalah kurs nilai tukar mata uang yang digunakan oleh bank. Anda melakukan pembelian dengan kredit menggunakan kartu dalam mata uang asing, sementara membayar dalam Rupiah, ada resiko nilai tukar yang perlu Anda tanggung. Kartu kredit yang bagus memberikan nilai tukar yang kompetitif.

Biasanya beberapa bank penerbit kartu kredit menawarkan nilai tukar yang lebih kompetitif dibandingkan bank penerbit kartu lainnya. Ini tentu saja sangat menguntungkan untuk kita yang kerap menggunakan kartu kredit untuk travelling ke luar negeri atau belanja online di merchant luar negeri.

Salah satu cara untuk mengetahui bagus tidaknya kurs kartu kredit di bank tersebut adalah mengecek nilai tukar mata uang di bank dan membandingkan dengan bank – bank lainnya. Nilai tukar mata uang tersedia setiap hari di situs bank.

Di samping itu, pastikan bahwa Anda sudah mengaktivasi PIN kartu kredit saat sebelum berpergian. Penggunaan kartu kredit di luar negeri, mewajibkan untuk meminta PIN saat akan melakukan transaksi kredit.

E. Jangan Gesek Tarik Tunai

Sesuai ketentuan Bank Indonesia, Kartu Kredit hanya dapat digunakan untuk pembayaran transaksi di merchant dan/atau tarik tunai di ATM. Tarik tunai (uang tunai) di merchant tidak diperkenankan dan dapat mengakibatkan penutupan kartu kredit Anda.

Seringkali muncul godaan melakukan gesek tunai karena mudah menemukan kartu kredit merchant yang menawarkan fasilitas ini dengan keuntungan suku bunga lebih murah di berbagai pusat perbelanjaan. Fasilitas ini dilarang tetapi banyak muncul di beberapa merchant.

Jangan lakukan gesek tunai, meskipun bisa mendapatkan keuntungan suku bunga dana tunai lebih murah. Resikonya Anda di blacklisteed oleh bank penerbit kartu kredit.

F. Bisa Pengajuan Online

Keuntungan di era digital adalah pengajuan secara online.

Beberapa bank sudah menyediakan pengajuan kartu kredit secara online. Manfaatkan fasilitas ini, bisa lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan harus datang ke kantor cabang bank.

Pengajuan kartu kredit tambahan dan permohonan kenaikkan limit kredit juga bisa dilakukan secara online.

Beberapa bank bahkan sudah mengintegrasikan aplikasi mobile banking dengan kartu kredit, sehingga tidak hanya pengajuan kartu kredit, tetapi juga Anda bisa mendapatkan data transaksi secara real-time, yang bagus untuk mengelola tagihan bulanan secara sehat.

G. Kartu Kredit untuk Pemula

Pemula yang ingin mengajukan kartu kredit untuk pertama kalinya dan punya catatan kredit di perbankan yang masing terbatas, perlu memperhatikan strategi khusus agar pengajuan kartunya bisa disetujui.

Berikut ini adalah hal – hal yang wajib diperhatikan pemula, yaitu:

  • Penghasilan minimum Rp 3 juta per bulan. Ini harus bisa dibuktikan dengan slip gaji.
  • Tidak punya catatan kredit yang buruk di BI Checking atau SLIK OJK. Pastikan tidak ada hutang menunggak atau gagal bayar.
  • Cari bank penerbit yang tidak mewajibkan aplikan harus sudah punya kartu kredit sebelumnya.

Fokus utama pemula adalah bagaimana caranya bisa mendapatkan persetujuan kartu kredit terlebih dahulu. Ini yang paling krusial.

Jadi, jangan cari fitur kartu kredit yang bagus, tetapi pemula lebih baik cari kartu kredit yang mudah di approved. Nanti, setelah kartu kredit pertama di approved, baru pemula bisa cari kartu kredit lain dengan fitur lebih baik.

Bank biasanya akan lebih mudah memberikan kartu kredit ke nasabah yang sudah punya kartu kredit sebelumnya.

H. Kartu Kredit Virtual untuk Milenial

Punya kartu kredit tidak mudah buat milenial. Syaratnya banyak.

Kalau memang butuh sekali kartu kredit, misalnya untuk transaksi di situs luar negeri, namun sulit mendapatkannya karena masih belum memenuhi persyaratan, Anda bisa menggunakan Virtual Credit Card.

Apa itu Virtual Credit Card ?

Salah satu bank yang memberikan kartu jenis ini adalah Jenius.

Saat Anda membuka rekening tabungan dan kartu debit, Anda otomatis diberikan kartu kredit oleh Jenius.

Tanpa proses yang ribet, Anda langsung dapat kartu kredit dari Jenius.

Tapi, ini adalah kartu kredit virtual. Tidak ada kartunya, tapi bisa digunakan layaknya kartu kredit.

Kartu kredit virtual ini disebut e-Card.

Perbedaan yang utama dari virtual credit card ini adalah nasabah melakukan top-up dulu ke kartu kredit ini, lalu baru bisa menggunakan untuk transaksi.

Berikut ini adalah cara kerjanya:

  • Buat E-card di aplikasi Jenius. Mudah, sekali klik langsung jadi.
  • Lakukan top-up ke e-card tersebut dengan melakukan transfer dari kartu utama Anda.
  • Dana harus tersedia di e-card untuk bisa melakukan transaksi kartu kredit dengan e-card.
  • Gunakan no kartu, masa berlaku dan kode CVV yang ada di e-Card untuk melakukan transaksi kartu kredit.

Jadi, buat milenial jika ingin transaksi online yang mewajibkan punya kartu kredit, e-card virtual bisa jadi solusi yang mudah, cepat dan murah.

I. Fasilitas Kartu Nasabah Prioritas

Bank memberikan fasilitas kartu kredit gratis kepada nasabah prioritas. Ini kartu kredit pre-approved, yang tidak perlu diajukan, tapi sudah langsung disetujui.

Nasabah prioritas dianggap punya simpanan di bank yang cukup besar, sehingga layak diberikan kartu kredit secara gratis. Ini juga bagian dari bank meningkatkan loyalitas nasabah.

Manfaat kartu kredit untuk nasabah prioritas adalah:

  • Gratis iuran tahunan selamanya. Biasanya selama masih menjadi nasabah prioritas
  • Fasilitas tambahan yang tidak tersedia di pemegang kartu kredit reguler. Contohnya, airport lounge, reward poins special serta poin miles untuk travelling
  • Tidak perlu repot – repot mengajukan. Kartu kredit diberikan langsung oleh bank tanpa perlu nasabah melakukan pengajuan.

J. Kerjasama Kartu Kredit Co-Brand Travel, Airline

Bank penerbit kartu kredit sekarang banyak melakukan kolab dengan e-commerce dan travel online. Kerjasama ini banyak menawarkan fitur baru dan layanan khusus.

Aplikan bisa memanfaatkan kerjasama ini untuk mengajukan kartu kredit. Beberapa kerjasama yang menarik adalah:

  • Mandiri Traveloka Visa. Memberikan welcome bonus hingga 10.000 Traveloka Point senilai Rp 1.000.000 setelah melakukan transaksi pertama dalam 3 bulan sejak pembukaan.
  • BNI Garuda Indonesia Visa Signature. Memberikan GarudaMiles yang bisa digunakan untuk terbang gratis dengan Garuda Indonesia.
  • Citi Garuda Indonesia. Kartu ini memberikan manfaat, seperti ekstra bagasi 20 kilogram ketika terbang menggunakan maskapai Garuda Indonesia dan diskon penukaran GarudaMiles sebesar 10%.

K. Tips Keamanan

Last but not least, Anda harus selalu waspada dengan kemungkinan fraud atau penyalahgunaan kartu kredit yang bisa terjadi oleh mereka yang tidak bertanggung jawab.

  1. Pantau Tagihan. Selalu pantau informasi tagihan setiap bulan. Semua pihak bank penerbit memberikan waktu 30 hari, sejak tagihan dikirimkan, untuk Anda menyanggah transaksi mencurigakan atau transaksi fraud. Laporkan transaksi yang mencurigakan. Bank punya kewajiban melakukan penyelidikan untuk memastikan bahwa transaksi tersebut valid dan sah.
  2. Aktifkan PIN, terutama jika akan melakukan transaksi di luar negeri. PIN ini akan memberikan tambahan proteksi perlindungan keamanan. PIN sebaiknya sering diubah secara rutin untuk menjaga kerahasiaan.
  3. Perhatikan SMS dan email notifikasi yang masuk. Jika ada notifikasi transaksi yang mencurigakan, Anda dapat segera memblokir kartu kreditmu dan melaporkan ke Bank penerbit kartu.
  4. OTP di Transaksi Online. Saat melakukan transaksi online, pilih penerbit kartu kredit terbaik yang menerapkan tambahan konfirmasi via ponsel untuk memastikan bahwa transaksi kartu kredit tersebut adalah milik Anda.

Semakin mudah melakukan transaksi pada era cashless sekarang ini, tetapi Anda harus selalu waspada. Fraud bisa datang dalam bentuk macam – macam.

Memilih Kartu Kredit Terbaik

Banyak pilihan kartu kredit di pasaran. Memilih kartu kredit yang paling sesuai dengan kebutuhan adalah hal yang penting diperhatikan.

Meskipun sekarang sudah banyak fasilitas cicilan tanpa kartu kredit untuk belanja online, tetapi punya kartu kredit tetap penting. Hal ini terutama untuk Anda yang banyak melakukan transaksi di luar negeri.

Travelling ke luar negeri, beli online situs luar, butuh kartu kredit.

Bagikan Melalui

Artikel Terkait

Bunga Kartu Kredit

Review Suku Bunga dan Biaya Kartu Kredit Terbar...

Agustus 2, 2021 0 Komentar

Bagaimana perbandingan suku bunga kartu kredit ? Ikuti review bunga kartu kredit di berbagai bank... Baca Lagi

Apply Kartu Kredit

15 Cara Apply Pengajuan Kartu Kredit Online (Ce...

Agustus 24, 2020 0 Komentar

Bagaimana cara dan syarat pengajuan kartu kredit ? Apa yang perlu Anda siapkan agar buat kartu kr... Baca Lagi

Kredit Laptop Cicilan 0%

10 Pinjaman Kredit Laptop Online Tanpa DP Cicil...

Agustus 5, 2020 0 Komentar

Beli laptop bisa dicicil dengan kredit laptop yang banyak ditawarkan secara online di berbagai to... Baca Lagi

Kartu Kredit BCA Terbaik

Review Kartu Kredit BCA | Cara Apply Bikin, Pro...

Juli 31, 2020 0 Komentar

Kartu kredit BCA adalah salah satu kartu kredit yang saya miliki sekarang dan paling sering saya ... Baca Lagi

Kartu Kredit Niaga

Review 12 Kartu Kredit CIMB Niaga Terbaik (Bung...

Juni 8, 2020 0 Komentar

Kartu kredit Cimb Niaga adalah salah satu kartu kredit dengan banyak pilihan jenis kartu untuk me... Baca Lagi

Kartu Kredit BRI

7 Kartu Kredit BRI Terbaik (Bunga, Syarat, Fitu...

Mei 11, 2020 0 Komentar

Kartu kredit BRI adalah salah satu kartu kredit dengan jaringan terluas di Indonesia, mengingat p... Baca Lagi

Belum Ada Komentar

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan di publish