Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Daftar 10 Kartu Kredit Terbaik Terpercaya

Daftar Isi

Daftar 10 Kartu Kredit Terbaik Terpercaya

Kartu kredit adalah alat pembayaran dengan kartu yang penting untuk melakukan transaksi di era modern dan digital. Ada banyak pilihan kartu kredit di pasar. Apakah kartu kredit terbaik sepanjang masa? Saya mereview 10 kartu kredit terbaik 2019 2020.

Kartu kredit adalah alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) di Indonesia yang di era transaksi digital dan cashless seperti sekarang fungsinya menjadi sangat sentral. Tidak hanya menjadi gaya hidup, fungsi kartu kredit merupakan kebutuhan dalam semua transaksi.

Visa Mastercard adalah jaringan penyedia kartu kredit yang umum digunakan oleh bank penerbit kartu.

Menurut Bank Indonesia, per Nov 2019, jumlah keping kartu kredit yang beredar mencapai 17 juta kartu yang dikeluarkan oleh 25 penerbit (23 bank dan 2 perusahaan keuangan). Jumlah transaksi penggunaan kartu kredit mencapai nilai Rp 3 Triliun dengan volume 29 juta penggunaan kartu sampai Nov 2019.

Apa kegunaan kartu kredit?

  • Alat pembayaran non tunai yang diperlukan untuk melakukan berbagai transaksi, misalnya di internet, luar negeri dan sebagainya.
  • Jika bisa dikelola dengan baik, kartu kredit memberikan tempo pembayaran selama 30 hari
  • Menikmati diskon, misalnya cicilan 0% atau diskon belanja, yang diberikan jika melakukan transaksi dengan kartu kredit.

Bagaimana memiliki kartu kredit terbaik? Mana pilihan kartu yang paling cocok dengan kebutuhan Anda? Dimana suku bunga per bulan paling murah? Apa kartu kredit termurah dan termudah?

Berikut ini adalah review 10 kartu kredit terbaik, yaitu: 

#1 Kartu Kredit Citibank 

Citibank Kartu Kredit
Citibank Kartu Kredit

 

Citibank adalah bank penerbit kartu kredit yang saya yakin paling dikenal banyak orang di Indonesia. Bank asing ini salah satu pionir penerbitan kartu kredit.

Kartu kredit pertama saya adalah dari Citibank!

Di saat, bank lain belum mempunyai kartu kredit, Citibank sudah masuk dalam bisnis ini dengan berbagai macam fitur dan produk kartu kredit yang menarik.

Salah satu keunggulan Citibank adalah sistem dan pelayanan yang mumpuni. Pengalaman bank ini yang sudah puluhan tahun tidak bohong, layanannya termasuk yang terbaik.

Kelemahannya satu, Citibank pelit memberikan limit kartu kredit.

Saya sudah menjadi pemegang kartu Citibank lebih dari 15 tahun, tetapi dalam jangka waktu itu, limit saya hanya disesuaikan satu kali dan sudah beberapa kali saya mengajukan dan ditolak, meskipun catatan pembayaran saya bagus.

Citi adalah juga salah satu penerbit yang pelit memberikan gratis iuran tahunan. Untuk bisa gratis iuran tahunan memotong rewards points.

Citibank menawarkan beragam jenis kartu, yaitu:

  • Kartu Citi Rewards memberikan Rewards Points untuk transaksi hingga 3x dengan berbelanja Rp3.000,- di kategori dining, shopping, dan international spending, yang diklaim bisa menghemat belanjaan hingga 15% dengan menukarkan Citi Rewards Points di merchant yang berpartisipasi. Citi Rewards Points yang Anda peroleh tidak memiliki masa kadaluarsa.
  • Kartu Citi Cash Back memberikan unlimited 1% Cash Back. Tanpa limit Cash Back, tanpa batas waktu penukaran, tanpa minimum pemakaian. Cash Back berlaku selamanya.
  • Kartu Citi Prestige menyediakan akses ke Citi Prestige Executive dan layanan Concierge 24 Jam. Gratis layanan antar/jemput dari/ke bandara dengan kendaraan mewah 5 (lima) kali setiap tahun dan gratis asuransi perjalanan sampai dengan Rp13.000.000.000

Transaksi di kartu Citi terhubung dengan Citibank Online - aplikasi mobile banking.

Saya bisa langsung mengecek setiap saat transaksi di kartu yang sudah dilakukan dan jumlah saldo pemakaian kartu kredit setiap saat di aplikasi Citi Online ini. 

#2 Kartu Kredit BCA 

BCA Kartu Kredit
BCA Kartu Kredit

 

Kartu kredit BCA adalah salah satu penerbit yang ternama di Indonesia. Sejalan dengan bank BCA yang punya jaringan ATM paling luas dan kuatnya brand BCA yang dikenal di semua kalangan.

Keunggulan memiliki kartu kredit BCA adalah Anda mendapatkan suku bunga yang bersaing dan relatif rendah dibandingkan bank - bank penerbit kartu kredit lainnya. Nanti di bagian perbandingan bunga Anda bisa lihat suku bunga kartu BCA dibandingkan kartu dari bank-bank lain.

Dengan suku bunga per bulan yang cukup rendah, fasilitas cicilan di kartu BCA menjadi menarik dan tidak jarang menawarkan program cicilan 0 % untuk transaksi di e-commerce.

Namun, BCA terkenal sulit memberikan kartu kredit. Nasabah perlu punya rekening tabungan di BCA terlebih dahulu untuk bisa lancar mengajukan kartu dari bank ini.

Disamping itu, limit kartu BCA juga terkenal kecil. Saya pun merasakannya - punya 2 kartu dari BCA tetapi semuanya dalam satu limit gabungan yang relatif rendah.

Pengajuan kartu kredit baru sudah bisa dilakukan secara online, sementara jika Anda pemilik kartu kredit BCA dapat menambah kartu secara online.

BCA menyediakan pilihan tiga varian kartu, yaitu BCA Card, Visa dan Mastercard, dengan fitur sebagai berikut:

  • BCA Everyday Card. Untuk pembelanjaan kebutuhan sehari hari dengan Reward BCA lebih besar sepanjang tahun dan gratis iuran tahunan Rp 0 di 1 Tahun Pertama untuk pengajuan s/d 31 Desember 2020
  • BCA Indomaret. Kartu kredit co-branding yang diterbitkan oleh BCA bekerja sama dengan Indomaret, dengan fasilitas cicilan dengan bunga ringan dan gratis iuran tahunan di 1 Tahun Pertama untuk pengajuan s/d 31 Desember 2020
  • BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature. Kartu kredit travel dengan keistimewaan keanggotaan KrisFlyer, dengan Welcome bonus hingga 10.000 KrisFlyer Miles, Complimentary beverage Starbucks di Bandara Indonesia, Fasilitas Cicilan BCA 0% 6 bulan untuk pembelian tiket Singapore Airlines atau SilkAir (website Singapore Airlines/SilkAir dan ticket office) dan gratis Iuran tahunan di 1 Tahun Pertama untuk pengajuan s/d 31 Desember 2020,

#3 Kartu Kredit Mandiri 

Mandiri Kartu Kredit
Mandiri Kartu Kredit

Bank Mandiri, sebagai bank dengan asset terbesar dan jaringan terluas di Indonesia, menerbitkan kartu kredit. Jumlahnya tidak tanggung - tanggung, ada 18 jenis pilihan kartu dari Mandiri.

Mandiri Kartu Kredit menyediakan berbagai pilihan ragam kartu buat kebutuhan nasabah untuk kenyamanan kebutuhan sehari-hari, travel, otomotif, dan golf.

Beberapa jenis kartu kredit dari Mandiri, yang Anda bisa pertimbangkan adalah:

  • Mandiri Signature. Kartu ini untuk Anda yang suka travelling dengan fasilitas 3X fiestapoin ditukarkan di lebih dari 10rb outlet merchant, tukarkan fiestapoin menjadi Flight Award melalui mileage maskapai Anda dan Complimentary Lounge & Airport Merchant.
  • Mandiri Co Brand Pertamina. Kartu ini memberikan No Surcharge saat bertransaksi di seluruh SPBU Pertamina di seluruh Indonesia, perlindungan asuransi maksimal sebesar Rp 1 miliar serta fasilitas derek dan asistensi darurat kendaraan 24 jam dan Double fiestapoin untuk setiap transaksi kelipatan Rp. 20 ribu atas pembelian BBM di SPBU Pertamina di seluruh Indonesia.
  • Mandiri Golf Gold. Fasilitas kartu adalah diskon lapangan & merchant golf hingga 50% di lapangan dan merchant golf pilihan yang bekerjasama, dan program Golf Travelling Special price dengan fasilitas cicilan dengan atau tanpa bunga.

Pengajuan kartu kredit Mandiri bisa dilakukan apply secara online, namun pengajuan aplikasi hanya dapat melalui handphone ponsel menggunakan Chrome atau Safari. Tidak bisa pengajuan melalui PC atau Laptop. 

#4 Kartu Kredit BNI 

BNI Kartu Kredit
BNI Kartu Kredit

Bank BNI 46 menerbitkan 24 jenis kartu kredit dengan berbagai macam jenis, yaitu kartu reguler, co-brand, affinity, corporate dan business card.

Beberapa pilihan kartu terbitan BNI 46 yang cukup menarik adalah:

  • Kartu Kredit Garuda BNI. Kartu hasil kerjasama co-branding antara BNI dan PT Garuda Indonesia yang menawarkan Double miles untuk setiap transaksi pembelanjaan Anda menggunakan Kartu Kredit GARUDA BNI, bonus GarudaMiles, diskon 5% setiap penukaran award mileage menjadi tiket penerbangan gratis sepanjang tahun, fasilitas free Executive Lounge di bandara-bandara yang bekerjasama dengan BNI.
  • Kartu Kredit BNI Telkomsel. Kartu hasil kerjasama co-branding antara BNI dan Telkomsel memberikan Paket HaloKick Spesial BNI Cobrand Telkomsel dengan kuota data hingga 200 GB/bulan, Extra 3x Rewards Point untuk pembayaran tagihan Telkomsel dan Bonus LinkAja hingga Rp 750.000.
  • BNI Corporate Card. Kartu Kredit BNI yang diberikan kepada pegawai dengan level atau jabatan tertentu dari sebuah perusahaan yang dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran atau transaksi yang berhubungan dengan kegiatan perusahannya.
  • BNI American Express Business Card merupakan Kartu Kredit Bisnis yang diterbitkan oleh BNI bekerjasama dengan Principal American Express, yang dipersembahkan bagi para pemilik usaha kecil dan menengah untuk membantu aktifitas bisnis dan usaha.

Persyaratan pengajuan kartu di BNI 46, antara lain, adalah sebagai berikut:

  1. Pemegang kartu utama harus berusia 21 - 65 tahun, pemegang kartu tambahan 17 - 65 tahun.
  2. Pemegang kartu memiliki pendapatan tahunan senilai Rp 36 juta.
  3. Pemegang kartu harus menyertakan fotokopi KTP, slip gaji dan NPWP.

#5 Kartu Kredit Bank Mega 

Bank Mega terkenal dengan Kartu Kredit Carrefour - Carrefour Mega Card.

Carrefour Mega Card adalah pilihan kartu kredit terbaik yang khusus diterbitkan oleh Bank Mega, bekerjasama dengan PT. Carrefour Indonesia, perusahaan hypermarket terbesar di Indonesia yang juga juga merupakan anak perusahaan dari CT Corp.

Kartu kredit ini menawarkan berbagai keuntungan untuk transaksi di seluruh Store Carrefour maupun di berbagai merchant – merchant lain yang bekerjasama dengan Bank Mega, yaitu bisa mendapatkan:

  • Diskon sampai dengan 10% di seluruh Carrefour dan Transmart Carrefour di Indonesia. Berlaku untuk semua produk termasuk elektronik dan produk promosi, kecuali: Susu bayi di bawah 1 tahun, Telur Curah, Rokok, Gadget(Handphone, Smartphone, Tablet dan Laptop).
  • Diskon sampai dengan 50% di Coffee Bean & Tea Leaf, Baskin Robbins dan Wendy’s
  • Diskon 10% atau cicilan 0% untuk tenor 6 bulan di berbagai international luxury fashion brand.

Kartu kredit yang banyak memberikan fasilitas diskon diskon di merchant-merchant dalam group CT Corp, yang memang besar dan memiliki banyak brand ternama. 

#6 Kartu Kredit HSBC 

Kartu Kredit HSBC
Kartu Kredit HSBC

 

Kartu kredit HSBC adalah salah satu penerbit yang sudah lama dan karena ini adalah bank berskala global, kartu kredit terbaik yang diterima secara luas di berbagai negara, tanpa perlu cemas penolakan saat di luar negeri.

HSBC mengeluarkan beberapa kartu, antara lain:

  • HSBC Gold Card. Kartu kredit ini menawarkan transaksi menjadi cicilan ringan hingga 24 bulan, sisa limit menjadi dana tunai dengan cicilan ringan hingga 24 bulan, lalu kredit cicilan 0 % hingga 12 bulan di merchant terpilih dan diskon sampai dengan 20% dengan HSBC Poin Rewards serta penukaran voucher belanja.
  • HSBC Platinum Cash Back. Kartu kredit ini memberikan diskon cash back hingga 3% untuk transaksi di semua restoran, online dan supermarket. Ubah transaksi Anda menjadi kredit cicilan mulai Rp 50 ribuan per bulan.
  • HSBC Visa Platinum. Kartu menyediakan 2x Poin Rewards untuk transaksi fashion dan restoran dan 2x Poin Rewards untuk transaksi di luar negeri. Proteksi pembelanjaan global hingga Rp 100 juta.

Pengajulan aplikasi kartu di HSBC bisa dilakukan secara online melalui situs HSBC.co.id dengan melengkapi formulir aplikasi dan staff layanan pelanggan akan menghubungi Anda dalam waktu 48 jam (hari kerja).

Persyaratan pengajuan kartu, antara lain, sebagai berikut:

  1. Pemegang kartu utama harus berusia minimal 21 tahun, pemegang kartu tambahan berusia minimal 17 tahun.
  2. Pemegang kartu harus memiliki pendapatan tahunan senilai Rp 240 juta.
  3. Pemegang kartu harus menyertakan fotokopi KTP, slip gaji dan NPWP.

#7 Kartu Kredit CIMB Niaga 

CIMB Niaga Kartu Kredit Syariah
CIMB Niaga Kartu Kredit Syariah

CIMB Niaga menawarkan beberapa jenis kartu kredit. Kartu Niaga adalah salah satu yang saya aktif gunakan untuk transaksi sehari-hari.

Salah satu yang menarik adalah CIMB Niaga menerbitkan kartu kredit Syariah - Kartu CIMB Niaga Syariah Gold, dengan fitur berikut:

  • Kartu dengan prinsip Syariah, sehingga seluruh transaksi yang dilakukan sudah dicover dengan akad-akad sesuai Prinsip Syariah, yaitu Akad Kafalah (akad penjaminan), Qardh (akad pinjam meminjam) dan Ijarah (akad pembiayaan jasa)
  • Gratis iuran tahunan seumur hidup untuk kartu utama.
  • Poin Xtra. Setiap transaksi ritel kelipatan Rp 5.000,-(lima ribu rupiah) akan mendapat 1 (satu) Poin Xtra, kecuali transaksi penarikan tunai (cash advance), cash plus, cashback, katalog, kredit cicilan, pembayaran iuran keanggotaan/membership dan pembayaran angsuran.
  • Fasilitas Kredit Cicilan Tetap. Untuk transaksi Retail dengan Kartu CIMB Niaga Syariah Gold jika Anda melakukan pembelanjaan kredit senilai minimum hingga Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah) dapat diubah menjadi kredit cicilan tetap dengan biaya yang ringan .

Persyaratan pengajuan kartu, antara lain, sebagai berikut:

  1. Pemegang kartu utama harus berusia 21 - 65 tahun, pemegang kartu tambahan 17 - 70 tahun
  2. Pemegang kartu harus menyertakan fotokopi KTP, slip gaji dan NPWP.

Cara kerja kartu Syariah adalah Bank akan mengenakan  Kafalah Fee kepada Pemegang Kartu. Atas  Kafalah Fee yang dibebankan kepada Pemegang Kartu, Bank dapat memberikan potongan (rebate) berdasarkan transaksi dan pembayaran setiap bulannya sesuai dengan Limit Jasa yang tidak dipergunakan oleh Pemegang Kartu atau membebaskan  Kafalah Fee  jika Pemegang Kartu melakukan pembayaran penuh sebelum tanggal jatuh tempo.

Pada tagihan Kartu akan dilaporkan  Kafalah Fee dikurangi dengan potongan (rebate) yang ditetapkan oleh Bank sesuai dengan Limit Jasa yang tidak dipergunakan oleh Pemegang Kartu. Pemegang Kartu wajib membayar  Kafalah Fee setelah rebate yang menjadi  Net Kafalah Fee. 

Jika Pemegang Kartu melakukan pembayaran tagihan secara penuh (full payment) sebelum Tanggal Jatuh Tempo dan tidak ada kondisi yang menimbulkan konsekuensi biaya, maka  Kafalah Fee akan dikurangi secara penuh (full rebated), sehingga Pemegang Kartu tidak akan dibebankan  Net Kafalah Fee. 

#8 Kartu Kredit DBS 

DBS menawarkan dua jenis kartu kredit, yaitu digibank Visa Travel Signature dan digibank Visa Travel Platinum.

Kedua kartu kredit yang menawarkan fitur sebagai berikut:

  • Kartu Kredit bisa dikelola lewat Aplikasi digibank by DBS secara online, misalnya, mengubah menjadi fasilitas kredit Cicilan, Tukar Poin Rewards digibank dan Cek Transaksi
  • Aktivasi dan Gunakan Kartu Kredit digibank Anda 60 hari semenjak kartu disetujui dengan min.pembelanjaan Rp 1jt dengan menggunakan 6-digit PIN dan dapatkan hingga 3,000 mileage, tambahan cashback 50,000 + bebas Iuran 1(satu) tahun pertama.
  • Komplimen Minuman di Starbucks Bandara seluruh Indonesia.

Salah satu fitur kartu kredit DBS adalah transaksi dan pengelolaan bisa dilakukan secara online lewat aplikasi Digibank mobile banking.

Dengan terhubungan dengan aplikasi mobile banking, setiap kali transaksi dengan kartu kredit, Anda untuk memantau bisa secara real-time. 

#9 Kartu Kredit UOB

UOB Kartu Kredit
UOB Kartu Kredit

UOB Bank Singapore menerbitkan kartu kredit sebagai salah satu produk perbankan ritel dari bank asal negara tetangga ini.

Kartu kredit Bank UOB menawarkan fitur berbeda, yang bisa Anda untuk berbagai kebutuhan, yaitu:

  • UOB ONE CARD. Kartu ini ditujukan untuk keluarga dengan fasilitas 0% kredit Cicilan Biaya pendidikan seperti biaya sekolah, tempat kursus, dan bimbingan belajar hingga 6 bulan; Gratis Asuransi Untuk Keluarga; Gratis perlindungan Asuransi Kecelakaan Diri hingga Rp600 juta untuk Anda dan Keluarga (pasangan, dan 2 anak) dan diskon Cashback hingga 5%.
  • UOB YOLO CARD. Kartu untuk kalangan muda dengan penawaran Gratis Voucher Grab senilai Rp 20ribu setiap 5x transaksi ritel dengan nilai minimal Rp 100ribu per transaksi; Kredit cicilan 0% hingga 6 bulan untuk transaksi pada hotel & travel; Gratis iuran sepanjang tahun jika setiap bulan selalu bertransaksi.

Persyaratan pengajuan kartu di UOB adalah:

  1. Ketentuan usia 21 tahun sd 65 tahun dengan status WNI atau WNA
  2. Status Kepegawaian adalah Karyawan Tetap atau Wiraswasta
  3. Penghasilan adalah minimum Rp 5 juta per bulan dengan minimum limit di kartu kredit lain adalah Rp 7 juta
  4. Kolektabilitas berstatus "Lancar", yaitu tidak pernah lambat dalam pembayaran pada kartu kredit aktif.
  5. Dokumen diminta adalah KTP, NPWP dan Slip Gaji.

Pemegang Kartu Kredit UOB yang memenuhi persyaratan dapat mengajukan perubahan transaksi pembelanjaan di merchant menjadi kredit cicilan dalam jangka waktu tertentu. 

#10 Permata 

Kartu Kredit Permata Program Bunga 0%
Kartu Kredit Permata Program Bunga 0%

 

Bank Permata menerbitkan beberapa jenis kartu kredit terbaik yang menawarkan berbagai manfaat. Saya punya salah satunya, meskipun jarang saya gunakan.

Beberapa jenis kartu kredit Bank Permata yang menarik, mudah dan punya fitur berbeda dengan bank lain adalah:

  • PermataShopping Card. Kartu kredit untuk kebutuhan belanja dengan 3 kali Poin Reward untuk transaksi pembelanjaan di seluruh Department Store dan Supermarket dan cicilan 0% 3 bulan khusus untuk transaksi hotel, pesawat, dan travel.
  • PermataHero Card. Kartu Kredit menawarkan cashback hingga 3.5% untuk transaksi di Hero, Giant, dan Guardian serta di luar Hero Group, serta cicilan 0% 3 bulan untuk transaksi minimal Rp 500,000
  • AstraWorld PermataCard. Kartu memberikan cashback 10% untuk transaksi di seluruh SPBU (syarat dan ketentuan berlaku), cashback 2.5% di seluruh bengkel resmi Astra, dan diskon 2.5% di jaringan bengkel resmi Astra Daihatsu, Isuzu, BMW, Peugeot (tidak berlaku di AUTO2000
  • AirAsia Platinum Credit Card. Memberikan welcome gift hingga 3,300 BIG Points yang dapat ditukarkan dengan tiket penerbangan gratis di Final Call AirAsia, prioritas check-in, boarding dan Xpress baggage.

Salah satu promo menarik kartu kredit Permata saat ini yang baru saya terima (undangan) adalah suku bunga 0% untuk transaksi ritel (tidak berlaku untuk tarik tunai), yaitu Anda bebas bunga meskipun membayar minimum sampai dengan Mei 2020 - setelah itu bunga normal. Lumayan bisa dapat bunga 0% selama kurang lebih 4 bulan.

Syarat dan Ketentuan Program Bunga 0% Tagihan Retail:

  1. Program berlaku khusus nasabah PermataKartuKredit yang terundang melalui SMS dan/atau Email Blast.
  2. Bunga 0% berlaku atas Transaksi Retail tercetak di tagihan walaupun nasabah tidak melakukan pembayaran penuh.
  3. Bunga 0% berlaku sampai dengan cetak tagihan bulan Mei 2020.
  4. Dalam Transaksi Tarik Tunai, bunga yang berlaku akan tetap dikenakan bunga harian.
  5. Biaya dan denda tetap berlaku sesuai dengan ketentuan tarif dan biaya PermataKartuKredit (misalnya Late Fee, Overlimit Fee, dan sebagainya).
  6. Bunga akan dikenakan kembali jika pada saat berakhirnya program masih terdapat sisa tagihan atas transaksi retail yang belum dibayarkan.
  7. Biaya admin hanya dikenakan 1 (satu) kali saja sebesar Rp40.000,-. 
  8. Biaya admin akan dikenakan pada cetak tagihan bulan berikutnya ketika nasabah tidak melakukan pembayaran penuh.
  9. Selama masa program, perubahan ke tanggal cetak tagihan yang melebihi tanggal cetak tagihan saat ini tidak diperkenankan karena dapat berakibat terjadinya perhitungan bunga atas sisa transaksi retail mulai tanggal cetak tagihan saat ini.

Kartu Kredit Terbaik FAQ 

  1. Apa itu Kartu Kredit

    Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu yang diterbitkan oleh bank dan lembaga selain bank.

  2. Apa manfaat kartu kredit

    Anda mendapatkan tempo pembayaran secara kredit untuk belanja dan tarik tunai selama kurang lebih 30 hari. Di samping itu, bank penerbit melakukan banyak promo, diskon, cashback dan fasilitas lainnya.

  3. Apa yang dimaksud pembayaran minimum di kartu kredit

    ”Pembayaran Minimum” adalah jumlah Pembayaran yang harus dilakukan oleh Pemegang Kartu pada atau sebelum Tanggal Jatuh Tempo agar terhindar dari Denda dan tidak mempengaruhi status kolektibilitas kartu kredit Pemegang Kartu.

  4. Cara Pembayaran Kartu Kredit

    Anda tidak perlu membayar seluruh saldo dari tagihan baru Anda secara penuh setiap bulannya. Anda dapat hanya melakukan Pembayaran Minimum sebelum jatuh tempo. Agar terhindar dari denda keterlambatan, upaya agar pembayaran diterima/dibukukan ke rekening Kartu Kredit Anda selambat-lambatnya pada tanggal jatuh tempo.

Kesimpulan 

Dimana kartu kredit terbaik? Pertanyaan ini yang saya coba jawab dalam artikel ini di berbagai sudut pandang.

Ada 10 kartu kredit terbaik yang saya review.

Kesimpulannya, kartu kredit terbaik yang tepat adalah jika fitur, fasilitas dan manfaat kartu tersebut mudah membantu Anda memenuhi tujuan dan kebutuhan Anda.

Tidak hanya soal suku bunga, tetapi bagaimana cara pengajuan kartu kredit, Anda dengan karrtu akan mendapatkan keuntungan diskon apa saja, kartu kredit dapat dipakai untuk apa, adalah faktor yang perlu Anda lihat saat melakukan pilihan.

Baca Juga - Pengajuan kartu kredit termudah

Bandingkan Kartu Kredit Terbaik !

Bandingkan kartu kredit dan temukan sesuai kebutuhan Anda!

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Artikel Terkait