Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Review Aplikasi Pegadaian Emas Digital, Aman Tidak, Kelebihan Kekurangan

Daftar Isi

Review Aplikasi Pegadaian Emas Digital, Aman Tidak, Kelebihan Kekurang

Pegadaian Digital adalah aplikasi untuk jual beli emas secara online. Meskipun sangat memudahkan, namun apa resiko melakukan transaksi di aplikasi ini.

Kita ulas bagaimana pengalaman menggunakan Pegadaian Digital untuk transaksi emas secara online.

Ikuti pengalaman saya membuka dan menabung di aplikasi tabungan emas pegadaian digital. Berapa return tabungan emas, cara menjual emas dan keamanan serta resiko investasi ini ?

Ringkasan Aplikasi Pegadaian Digital

ProdukPegadaian Digital
PerusahaanPegadaian
Legalitas IzinOJK
KeamananAman dengan pengalaman 100 tahun
JenisEmas Digital
ManfaatMinimum investasi emas dari Rp 5 ribu
FiturJual Beli emas digital, Cicil, Gadai
BiayaBiaya Fasilitas Titipan 0, Biaya Pembukaan Rekening 0
Cara DaftarOnline via Aplikasi
KelebihanAman, mudah dijangkau, gadai, cicil, emas digital yang mudah dicetak
KelemahanSpread harga lebar, harus tetap ke cabang, biaya cetak mahal

Apa itu Aplikasi Pegadaian Digital 24 Jam

Tabungan emas pegadaian adalah cara investasi emas aman dan terpercaya lewat Pegadaian secara online dengan menabung mulai Rp 5,000.

Bisa digunakan untuk gadai emas jika membutuhkan dana tunai talangan.

Cara menabung emas yang dulu tidak praktis karena harus bolak balik ke toko untuk membeli dan ke bank untuk menyimpan emas.

Sekarang bisa diatasi dengan inovasi teknologi. Salah satunya melalui pembukaan Pegadaian Digital yang di dalamnya memiliki fitur Tabungan Emas Pegadaian.

Berbeda dengan umumnya tabungan, pembukaan tabungan emas dilakukan lewat aplikasi pegadaian digital yang tersedia di Google Play Store. Dalam aplikasi tersebut, proses pendaftaran dan penyetoran awal tabungan emas dilakukan secara online.

Manfaat Pegadaian Digital untuk Apa

Tabungan Emas adalah emas batangan yang dimiliki Pemilik Rekening berdasarkan perjanjian jual beli emas dan penitipan emas yang disetujui oleh Pegadaian dan Pemilik Rekening.

Dengan kata lain, tabungan emas merupakan layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titip.

a. Aman Dibelikan Emas Fisik

Apakah Pegadaian membeli emas fisik ketika kita transaksi di Tabungan Emas ?

Jawaban iya, Pegadaian membeli emas fisik dan menitipkan untuk Anda.

Adanya emas fisik ini dikonfirmasi pula oleh petugas Pegadaian yang saya temui di kantor unit Pegadaian. Petugas bilang bahwa pembelian emas fisik itu wajib, meskipun proses pembelian dilakukan secara gabungan antara semua konsumen yang membuka dan memiliki saldo tabungan emas.

b. Buka Rekening Murah

Biaya pembukaan secara online lewat aplikasi Pegadaian Digital paling murah dibandingkan pembukaan di outlet Pegadaian atau via agen Pegadaian.

ChannelBiaya Pembukaan RekeningBiaya Fasilitas Penitipan Emas (per satu tahun)Pembelian Saldo EmasBiaya Transaksi
Outlet PegadaianRp 10.000,-Rp 30.000,-0,01 Gram-
Pegadaian DigitalRp 0,-Rp 0,- (free biaya penitipan 1 tahun pertama)Rp 50.000,--
Pegadaian Syariah DigitalRp 0,-Rp 30.000,-Rp 70.000,--
Agen PegadaianRp 10.000,-Rp 30.000,-Rp 57.500,-Rp 2.500,-

b. Patokan Harga Pegadaian

Beli dan Jual emas melalui Tabungan Emas dilakukan berdasarkan harga beli dan harga jual yang ditetapkan oleh Pegadaian. Tidak bisa menggunakan referensi harga lain, selain yang sudah ditetapkan oleh Pegadaian. Harga emas beli dan jual setiap hari bisa dilihat di aplikasi Pegadaian Digital.

c. Top Up Mudah

Menabung emas atau top up bisa dilakukan secara online lewat aplikasi Pegadaian digital yang di dalamnya terdapat fasilitas di tabungan emas. Minimal pembelian Rp. 50.000 dan maks Rp. 10 Juta per hari.

d. Buyback Emas Cepat

Saldo tabungan emas bisa dicairkan menjadi uang tunai dengan cara saldo titipan emas dijual kembali (buyback) melalui aplikasi Pegadaian Digital.

Saldo rekening minimal untuk transaksi jual kembali atau transfer adalah 0.1 gram dan biaya transaksi melalui aplikasi Pegadaian Digital dikenakan biaya adm bank Rp. 2.500.

e. Transfer Emas

Saldo di tabungan emas bisa dipindahkan antar rekening lewat fasilitas transfer saldo emas. Transfer saldo Tabungan Emas melalui aplikasi Pegadaian Digital dengan minimal transaksi sebesar 1 gram.

Saldo rekening minimal untuk transaksi jual kembali atau transfer adalah 0.1 gram. Biaya transfer melalui aplikasi Pegadaian Digital Rp. 0

f. Cetak Logam Mulia

Fisik logam mulia bisa diperoleh mudah dengan nasabah melakukan order cetak logam mulia via online di aplikasi. Nasabah dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping 1,2,5,10,25,50,100 gram.

Cara Buka Rekening di Tabungan Emas Pegadaian Digital

Saya mengunduh aplikasi Pegadaian Digital di Google Play Store. Tabungan emas adalah fitur yang terdapat di dalam aplikasi Pegadaian Digital.

#1 Isi Data Pribadi

Setelah selesai diunduh, saya memilih Tabungan Emas lalu mulai mengisi data dan menyampaikan dokumen. Sejumlah data pribadi diminta dan dokumen perlu diupload.

Data yang diminta adalah

  1. data pribadi: nama, no KTP, tempat tanggal lahir, no telepon, nama Ibu Kandung dan lain-lain;
  2. upload KTP di aplikasi dengan pilihan bisa KTP di foto dengan ponsel atau upload dari scan KTP.

#2 Pilih Unit Pegadaian

Setelah pengisian data, Anda harus memilih cabang Pegadaian yang nanti Anda akan datangi untuk menyelesaikan proses pembukaan tabungan emas.

Pegadaian tetap membutuhkan kehadiran Anda secara fisik ke cabang untuk memastikan bahwa yang mendaftar adalah betul - betul Anda.

Batas waktu nasabah yang telah melakukan pembukaan rekening untuk melakukan proses KYC adalah maksimal 6 (enam) bulan sejak tanggal pendaftaran.

Apabila Nasabah belum melakukan proses KYC ( Know Your Customer) sampai dengan maksimal jangka waktu, maka Pegadaian akan membekukan rekening Tabungan Emas Nasabah sampai dengan 18 (delapan belas) bulan sejak tanggal pembukaan rekening Tabungan Emas.

#3 Transfer Biaya Pembukaan Tabungan Emas

Setelah pilih cabang selesai, Pegadaian menunjukkan rincian biaya pembukaan rekening tabungan emas.

Total biaya pembukaan yang harus dibayar adalah Rp 100,000 terdiri dari Rp 30,000 fasilitas titipan emas dan Rp 70,000 pembelian saldo awal. Biaya pembukaan rekening tabungan emas ini wajib Anda bayar.

Cara pembayaran bisa dilakukan melalui transfer ke rekening virtual account pegadaian yang sudah disediakan. Pegadaian memberikan beberapa pilihan cara pembayaran.

Saya memilih membayar dengan transfer bank ke Virtual Account (VA) BCA. Perlu diperhatikan bahwa nomor virtual account memiliki masa kadaluarsa, sehingga wajib dibayar sebelum masa itu berakhir.

Namun, saat melakukan pembayaran biaya pembukaan rekening tabungan emas pegadaian, saya mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan.

Meskipun transfer pembayaran biaya pembukaan tabungan emas ke rekening Pegadaian di BCA berhasil, namun tabungan emas saya tidak langsung aktif. Di aplikasi tabungan emas, status masih pending, meskipun pembayaran di BCA sudah berhasil.

Esok harinya, status tabungan emas saya di aplikasi belum juga aktif. Di hari ketiga, saya datangi cabang Pegadaian untuk menanyakan soal status tabungan emas saya karena biasanya pembayaran lewat VA itu segera efektif sementara saya sudah hari ketiga tabungan emas belum juga aktif.

Sampai di kantor cabang, petugas Pegadaian tidak bisa memberikan penjelasan yang memuaskan karena mereka juga tidak tahu banyak soal aplikasi Pegadaian Digital. Petugas di kantor unit tersebut menyarankan untuk langsung kontak no WA dan email yang terdapat di aplikasi Pegadaian Digital.

Saya kirim email menjelaskan kasus yang saya alami soal sampai hari ke 4 belum ada kejelasan soal status Tabungan Emas meskipun pembayaran biaya admin sudah saya lunasi. Email ternyata tidak juga dijawab oleh Pegadaian.

Akhirnya, saya hubungi no WA Pegadaian yang tercantum di aplikasi. Petugas di WA meminta bukti transfer dari BCA dan notifikasi aplikasi Pegadaian yang menyatakan bahwa status Tabungan Emas saya belum aktif.

Semua data yang diminta saya kirim balik lewat WA lagi. Setelah itu menunggu response.

Setelah menunggu cukup lama, saya mendapatkan jawaban sebagai berikut:

“Mohon maaf sebelumnya atas ketidaknyamanan bapak/ibu bertransaksi dengan kami Mohon ditunggu maksimal 7 hari kerja, jika belum mendapatkan notifikasi lanjutan pada aplikasi atau saldo rekening tabungan emas belum bertambah mohon untuk menghubungi kami kembali”

Walaupun cukup prihatin karena pembayaran VA harusnya langsung online dan seandainya seperti ini lebih baik saya setor langsung ke kasir di Unit Pegadaian, tidak perlu buang waktu daftar online, namun saya sabar menunggu karena tidak tahu harus berbuat apa lagi.

Beberapa hari kemudian, sekitar 6 atau 7 hari sejak pembayaran, saya terima pemberitahuan bahwa Tabungan Emas Pegadaian saya aktif.

Meskipun di aplikasi tabungan emas sudah dibuka, namun saya belum bisa langsung menggunakan untuk investasi emas.

#4 Ambil Buku dan KYC ke Unit Pegadaian

Sesuai ketentuan Pegadaian, saya harus datang ke Unit Pegadaian untuk mengambil buku Tabungan Emas dan verifikasi nasabah KYC. Unit Pegadaian yang saya harus datangi adalah unit yang saya sudah pilih saat mengisi data - data di aplikasi Tabungan Emas.

Kedatangan ke Unit Pegadaian adalah wajib dilakukan saat pembukaan rekening Tabungan Emas. Menurut catatan dari Pegadaian, saya diberikan tenggang waktu sampai tahun depan untuk datang ke Unit Pegadaian mengambil buku Tabungan Emas.

Cara Beli dan Jual Emas

Melalui Aplikasi Pegadaian Digital, pembelian Tabungan Emas adalah jumlah minimal pembelian Rp. 50.000 dan maks Rp. 10 Juta per hari.

Pembelian atau top up emas secara online di aplikasi tabungan emas pegadaian digital cukup mudah.

  1. pilih fitur Beli Emas;
  2. masuk ke bagian beli emas, tentukan sumber dana top - up yang bisa rekening sendiri atau rekening lain;
  3. input jumlah pembelian dalam rupiah yang kemudian dikonversikan ke gram emas sesuai harga beli emas yang berlaku saat itu

Sementara, cara jual emas tidak jauh berbeda mudahnya. Masuk ke aplikasi tabungan emas, lalu pilih jual emas. Tentukan no rekening untuk penjualan emas. Anda bisa melihat berapa harga emas saat itu untuk penjualan emas.

Disamping beli jual emas, nasabah bisa melakukan transfer emas dari satu rekening tabungan emas ke tabungan emas lainnya. Layaknya transfer uang antar rekening bank.

Nasabah dapat melakukan transfer tabungan emas mulai dari 0,1 gram. Cukup dilakukan secara online lewat aplikasi tabungan emas.

Syarat Gadai Emas

  1. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Menyerahkan barang jaminan
  3. Nasabah menandatangani Surat Bukti Gadai (SBG)

Bunga per Bulan Gadai Emas di Pegadaian

Gadai emas dikenakan biaya bunga, yaitu 1,2% per 15 hari. Biaya bunga dibayar saat menebus emas saat masa gadai berakhir.

GolPinjamanTarif Sewa Modal per 15 Hari
A50 Rb - 500 Rb1%
B> 500 Rb - 5 Jt1,2%
C> 5 Jt - 20 Jt1,2%
D> 20 Jt1,1%

Cara Ambil Emas Fisik

Order cetak emas dapat dilakukan mulai dari kepingan 1 gram.

Nasabah dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping 1,2,5,10,25,50,100 gram. Order cetak dilakukan di aplikasi tabungan emas secara online.

Dimana bisa diambil ? Untuk saat ini proses order cetak Tabungan Emas hanya dapat dilakukan di outlet pembuka rekening Tabungan Emas.

Pemilik Rekening Meninggal Dunia

Bagaimana jika pemilik tabungan emas meninggal dunia ?

Dalam hal Pemilik Rekening meninggal dunia, Rekening akan ditutup berdasarkan permintaan ahli waris Pemilik Rekening yang sah, Saldo pada Rekening akan diserahkan kepada ahli waris Pemilik Rekening yang sah sesuai ketentuan Pegadaian dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam bentuk sebagaimana diminta oleh ahli waris.

Dengan dilakukannya penutupan rekening dan penyetoran saldo Pemilik Rekening yang meninggal dunia kepada ahli waris Pemilik Rekening, maka Pegadaian dibebaskan sepenuhnya dari segala tuntutan sehubungan dengan hal ini.

Resiko Tabungan Emas

Apa punya tabungan emas bisa rugi ? Bisa karena beberapa hal berikut ini.

  • Harga Emas Turun. Harga Logam Mulia berfluktuasi, bisa naik bisa turun.
  • Emas hilang. Meskipun kecil karena disimpan pihak Pegadaian, kemungkinan hilang bisa terjadi.
  • Perusahaan bangkrut. Hal ini kecil kemungkinannya karena Pegadaian adalah BUMN dengan pengalaman lebih dari 100 tahun dalam bisnis gadai emas
  • Emas Digital hilang dari sistem. Gangguan di sistem bisa menyebabkan hilangnya catatan soal emas dari sistem
  • Spread Emas naik. Perbedaan harga beli dan harga jual emas, membuat biayanya semakin mahal untuk nasabah yang ingin melakukan jual beli.

Kelebihan Pegadaian Digital

1. Aman Kredibel

Pegadaian sudah berdiri sejak 1746

Sejarah Pegadaian dimulai saat VOC mendirikan Bank Van Leening sebagai lembaga keuangan yang memberikan kredit dengan sistem gadai.

Sangat berpengalaman dalam bisnis gadai, termasuk gadai dan simpan emas.

2. Mudah Dijangkau

Tersedia di seluruh outlet Pegadaian dan melalui Pegadaian Digital Service, Agen Pegadaian dan Marketplace.

Lokasi Pegadaian tersebar di banyak tempat.

3. Minimum Investasi Terjangkau

Nasabah dapat melakukan transfer ke rekening Tabungan Emas mulai dari 0,1 gram.

4. Top Up Tabungan Emas Terjangkau

Nasabah juga dapat melakukan pembelian Tabungan Emas (Top Up) mulai dari 0,01 gram

Cara menabung emas (top up) sangat mudah, bisa melalui outlet Pegadaian, ATM, Aplikasi Pegadaian Digital, ataupun Agen Pegadaian. Untuk transaksi top up tersebut mulai dari 0,01 gram dan maksimal 100 gram per hari per CIF.

5. Bisa Digadaikan

Tabungan emas bisa langsung digadaikan di Pegadaian. Hal ini penting buat mereka yang membutuhkan dana tunai mendadak, bisa menggadaikan aset logam mulia mereka.

6. Cicil Emas

Pegadaian menyediakan fasilitas cicil emas untuk membeli logam mulia secara angsuran. Beli emas bisa dicicil.

  • Jangka waktu angsuran mulai dari 3 bulan s.d. 36 bulan.
  • Tersedia pilihan emas batangan dengan berat mulai dari 0.5 gram s.d. 1 kilogram.
  • Uang muka mulai dari 15% s.d. 50% dari nilai emas batangan

7. Emas Bisa Dicetak Mulai 1 Gram

Order cetak emas dapat dilakukan mulai dari kepingan 1 gram.

Kekurangan Pegadaian Digital

Kelemahan melakukan tabungan emas di Pegadaian adalah:

1. Spread Harga Emas Tinggi

Dari pengalaman membandingkan kedua layanan ini, tabungan emas Pegadaian memiliki spread harga beli dan jual yang lebih lebar dibandingkan harga emas di Antam.

Spread harga jual beli emas yang lebih kurang menguntungkan buat investor. Karena investor jadi membeli di harga lebih mahal dan menjual di harga lebih murah.

2. Tetap Harus ke Cabang Pegadaian untuk Buka Pertama Kali

Meskipun pembukaan rekening bisa dilakukan secara online di aplikasi Pegadaian, namun calon investor harus tetap datang ke cabang Pegadaian untuk pembukaan rekening pertama kali.

3. Biaya Cetak Emas Cukup Tinggi

Emas yang dibeli secara online bisa dicetak di Pegadaian. Namun, biayanya cukup besar.

Kesimpulan

Emas logam mulia adalah salah satu instrumen keuangan paling tua yang ada di dunia. Hampir semua orang pasti mengenal instrumen ini untuk tujuan investasi atau dana darurat.

Selama ini, proses investasi emas cukup ribet karena fisik emas harus dipastikan aman. Butuh tempat penyimpanan emas yang aman.

Namun, kemajuan teknologi digital membuat investasi emas menjadi jauh lebih mudah dan lebih terjangkau. Pegadaian menawarkan Tabungan Emas lewat aplikasi Pegadaian Digital yang membuat investasi emas dilakukan secara online.

Pengalaman yang saya tulis menunjukkan bahwa proses pembukaan tabungan emas, beli dan jual emas, serta gadai emas sangat mudah dan sangat terjangkau. Tidak ada alasan buat Anda yang ingin menyimpan investasi emas untuk menggunakan aplikasi Tabungan Emas Pegadaian.

Tags

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait