Advertisements

Pengertian Asuransi Demam Berdarah Tipus Terbaik

Advertisements

Asuransi demam berdarah dan tipus adalah salah satu jenis produk asuransi yang cukup banyak dicari oleh masyarakat. Pasalnya, kedua penyakit tersebut memang banyak menyerang di negara tropis seperti Indonesia, khususnya saat musim hujan. Apa itu asuransi DB dan Tipus, bagaimana proteksinya dan berapa preminya.

DB termasuk salah satu penyakit berbahaya yang dapat merenggut nyawa. 

Advertisements

Tak kenal usia dan daerah, penyakit ini dapat menyerang siapa saja terutama di musim tertentu. Terlebih, demam berdarah dapat menyebabkan kematian jika terlambat ditangani.

Beberapa perusahaan asuransi menawarkan asuransi demam berdarah dan tipus sebagai produk tersendiri di luar asuransi kesehatan. Produk ini biasanya dikemas sebagai asuransi mikro.

Asuransi mikro adalah produk asuransi yang menawarkan pertanggungan risiko dengan biaya premi yang sangat terjangkau, yaitu di kisaran Rp 50 ribuan ke bawah. Kendati begitu, risiko yang ditanggung juga tidak sebesar asuransi dengan harga di atasnya.

Harga dan kemudahan akses terhadap asuransi ini bisa dibilang salah satu keunggulan asuransi demam berdarah dan tipus dibandingkan dengan asuransi kesehatan pada umumnya.

Ingin tahu lebih banyak seputar produk asuransi ini? Simak ulasan asuransi demam berdarah dan tipus dalam artikel berikut ini!

Apa itu Asuransi Demam Berdarah Tipus

Asuransi untuk Keluarga

Di negara tropis seperti Indonesia, banyak jenis penyakit menular yang kerap diidap oleh masyarakat dan menimbulkan biaya kesehatan yang tidak sedikit.

Salah satunya adalah penyakit Demam Berdarah (DB) dan Tipus. Penyakit ini punya karakteristik sbb:

  • Penyakit musiman terutama saat musim hujan.
  • Dapat menyerang siapa saja, tidak hanya orang dewasa, bahkan anak-anak pun dapat terserang penyakit demam berdarah dan tidak jarang mengakibatkan kematian jika terlambat ditangani
  • Biaya pengobatan cukup mahal. Perkiraan biaya pengobatan demam berdarah di rumah sakit berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 20 juta.

Menyadari ini, perusahaan asuransi menawarkan produk pertanggungan yang memproteksi terhadap resiko penyakit ini.

Advertisements

A. Coverage

Asuransi Demam Berdarah adalah asuransi yang memberikan penggantian berobat di rumah sakit karena penyakit demam berdarah.

Asuransi Tipus adalah asuransi yang memberikan penggantian berobat di rumah sakit karena penyakit Tipus.

Advertisements

Keputusan untuk menentukan mengidap penyakit berdasarkan hasil pengecekan dokter di rumah sakit. Dan wajib dilakukan rawat inap, baru pertanggungan bisa dibayarkan.

B. Premi Terjangkau

Keunggulan produk ini adalah preminya sangat terjangkau. Karena coverage-nya yang sangat spesifik.

Contohnya, salah satu perusahaan asuransi menawarkan premi asuransi DB dan Tipus hanya sebesar Rp 50 ribu setahun untuk pertanggungan santunan Rp 500 ribu sehari selama rawat inap 10 hari.

C. Double – Claim

Disamping premi yang murah, jenis asuransi ini bersifat double-claim. Kalau sudah punya asuransi lain atau BPJS Kesehatan, asuransi DB dan Tipus tetap bisa diklaim manfaatnya.

Adanya double-claim membantu peserta yang sudah punya asuransi atau BPJS tetapi coveragenya terbatas, untuk bisa mendapatkan tambahan santunan selama rawat inap di rumah sakit.

D. Cara Daftar, Klaim Mudah

Karena ini adalah jenis asuransi mikro, perusahaan asuransi menerapkan cara pendaftaran asuransi DB dan Tipus, yang mudah dan simpel.

Yang jelas tidak perlu cek kesehatan yang rumit seperti umumnya pendaftaran asuransi kesehatan. Bahkan pendaftaran bisa dilakukan secara online.

Proses klaim juga dipermudah. Di satu asuransi, klaim cukup dengan kirim SMS dan bukti surat keterangan dokter.

Daftar Asuransi

Banyaknya merek asuransi yang menawarkan produk sejenis memungkinkan kita lebih leluasa dalam mencari produk yang sesuai dengan keinginan. Namun, hal tersebut juga membuat kita perlu membandingkan dengan lebih cermat supaya tidak salah memilih.

Sebelum membeli produk asuransi demam berdarah dan tipus, perhatikan ulasan produknya di bawah ini:

1. Adira Insurance

Adira Insurance menawarkan asuransi DB dan Tipus.

a. Demam Berdarah

Asuransi demam berdarah dari Adira Insurance ini menawarkan santunan rawat inap apabila nasabahnya harus menjalani rawat inap di rumah sakit karena terserang penyakit demam berdarah di Indonesia.

Uang santunan yang akan diberikan adalah sebesar Rp500 ribu per hari rawat inap dengan limit total santunan Rp5 juta. Artinya, asuransi menanggung maksimal 10 hari opname. 

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda hanya perlu membayar premi Rp 50 ribu per satu tahun. Biaya ini bisa dibilang sangat terjangkau untuk pertanggungan Rp 500 ribu per hari.

Menariknya lagi, asuransi ini menawarkan double claim. 

Jadi, Anda tetap bisa mencairkan asuransi demam berdarah Adira meskipun sudah punya asuransi kesehatan lainnya. Namun, klaim hanya berlaku satu kali saja. Jika Anda terserang demam berdarah dua kali dalam satu tahun, yang kedua tidak akan ditanggung.

Anda juga bisa mencairkan 4 polis asuransi sekaligus jika keluarga terserang demam berdarah secara bersamaan.

Namun, ada persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin mengajukan klaim asuransi demam berdarah Adira, yaitu: 

  1. nasabah harus menunjukkan hasil diagnosa dokter.
  2. nasabah harus menjalani pemeriksaan trombosit di laboratorium. Asuransi hanya akan menanggung klaim jika jumlah trombosit di bawah 150.000.
  3. klaim hanya akan diproses kalau nasabah mengajukan klaim paling lambat 14 hari sejak keluar dari rumah sakit.

Jika pemegang polis meninggal akibat demam berdarah, maka klaim asuransi bisa diajukan oleh ahli warisnya. Jika peserta meninggal akibat penyakit lain, maka otomatis perjanjian asuransi habis.

Nasabah juga tidak bisa langsung mengajukan klaim begitu membayar asuransi, tapi harus menunggu 10 hari sejak tanggal pembelian. Dalam polis asuransi, ketentuan ini disebut sebagai masa tunggu (waiting period).

Untuk mendaftar asuransi demam berdarah dari Adira, peserta harus berusia antara 6-65  tahun.

Bagi yang takut riba, jangan khawatir karena produk ini tersedia juga dalam format syariah. Sehingga, pengelolaan dana asuransi dilakukan berdasarkan prinsip syariat dan berada di dalam pengawasan Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Anda bisa membeli produk ini secara online melalui Web Adira. 

Caranya, buka asuransiadira.com, membuat akun, lalu memilih produk Asuransi Demam Berdarah, memasukkan data diri, melakukan pembayaran online, lalu e-polis akan segera dikirimkan ke email Anda.

Related Post

b. Tipus

Selain demam berdarah, Adira juga menawarkan produk asuransi tipus. 

Jika membeli asuransi ini, nasabah bakal mendapatkan santunan Rp500 ribu per hari rawat inap untuk maksimal 10 hari atau Rp5 juta.

Ada dua varian premi yang ditawarkan, yaitu:

  • Rp50 ribu untuk perlindungan 6 bulan dan
  • Rp 90 ribu untuk perlindungan satu tahun.

Syarat untuk mendaftar asuransi tipus Adira adalah peserta yang berusia 6 bulan sampai 65 tahun. Anda bisa membeli 4 polis sekaligus jika menginginkan proteksi maksimal. 

Cara untuk mendapatkan asuransi tipus Adira sangat mudah, Anda bisa melakukannya secara online. 

Anda hanya perlu mengakses asuransiadira.com, memilih pembelian Asuransi Tipus, mengisi data diri, membayar online, dan e-polis akan segera dikirim ke email.

Untuk mengajukan klaim, nasabah harus menunggu dulu (waiting period) selama 30 hari setelah membeli asuransi. Klaim bisa diproses apabila nasabah mengajukan surat dokter dan hasil pemeriksaan laboratorium yang menunjukkan widal minimal 1/640 atau ditemukannya Salmonella typhi di feses atau Anti-Salmonella typhi lgM 6-10.

Adapun kesempatan untuk menerima klaim hanya satu kali saja. Artinya, jika Anda sakit tipus dua kali dalam masa asuransi yang sama, biaya rumah sakit yang kedua tidak akan ditanggung asuransi.

2. ACA

Asuransi demam berdarah ACA menawarkan proteksi demam berdarah dengan bentuk voucher. Jadi, Anda bisa membeli asuransi dengan mudah seperti membeli voucher.

Voucher asuransi ACA ini dapat dibeli lewat kantor ACA, agen asuransi ACA, kantor Pos, Indonesia, sampai Indomaret. Anda bisa mendapatkannya langsung tanpa harus mengisi formulir atau menjalani medical check up

Advertisements
terlebih dahulu.

Dua varian produk yang ditawarkan, yaitu: 

  • voucher seharga Rp 50 ribu per tahun untuk uang santunan sebesar Rp 2 juta dan
  • voucher seharga Rp10 ribu per tiga bulan untuk uang santunan sebesar Rp1 juta.

Menariknya, Anda bisa membeli beberapa asuransi ini sekaligus, dengan limit maksimal santunan Rp 10 juta. Berarti, maksimal 5 voucher Rp50 ribu dan 10 voucher Rp10 ribu.

Untuk mengajukan klaim, nasabah tinggal mengirimkan SMS saja ke nomor ACA dan melengkapi dokumen surat keterangan dokter, hasil laboratorium yang menunjukkan trombosit di bawah 100.000, dan identitas diri.

Anda bisa mengajukan double claim dengan asuransi kesehatan lainnya. Namun, nasabah tidak bisa langsung mengajukan klaim, tetapi harus menunggu 15 hari sejak membeli voucher. 

Sebagai catatan, asuransi demam berdarah ini hanya bisa menanggung nasabah dengan usia 6 bulan sampai dengan 66 tahun saja. 

3. CAR Life

Asuransi demam berdarah CAR Life memberikan santunan biaya demam berdarah sebesar Rp 2,5 juta dengan premi Rp 43.500 per tahun. 

Syaratnya, peserta berusia 1-64 tahun dan setiap peserta bisa membeli sampai 4 polis dengan masa tunggu 15 hari.

Untuk mengajukan klaim, Anda perlu mengirimkan sms ke CAR Life dan melengkapi dokumen data diri, surat dokter yang menyatakan demam berdarah, dan hasil laboratorium yang menunjukkan trombosit di bawah 100.000.

4. Sompo
Advertisements

Asuransi demam berdarah dan tipus yang ditawarkan oleh Sompo Insurance dikemas dalam produk Asuransi Penyakit Kritis. 

Selain demam berdarah dan tipus, produk ini juga menanggung risiko penyakit campak, chikungunya, kaki gajah, serta malaria.

Berhubung penyakit yang ditanggung cukup banyak, produk ini menawarkan premi yang relatif tinggi melalui tiga jenis plan. 

  1. Plan 250 dengan premi Rp 100 ribu per tahun dan santunan Rp 250 ribu per hari rawat inap (maksimal 10 hari).
  2. Plan 500 untuk premi Rp 200 ribu per tahun dengan santunan Rp 500 ribu per hari rawat inap (maksimal 10 hari).
  3. Plan 750 untuk premi Rp 300 ribu per tahun dengan santunan Rp 750 ribu per hari rawat inap (maksimal 10 hari).

Anda bisa mendaftarkan diri dan keluarga yang berusia 6 bulan sampai 65 tahun dan dapat terus diperpanjang sampai batas usia maksimum peserta.

5. Asuransi Kesehatan (Pru, Manulife, Allianz)

Asuransi kesehatan pada umumnya, seperti Prudential, Manulife dan Allianz juga menyediakan coverage untuk demam berdarah dan tipus. Bahkan asuransi kesehatan ini perlindungannya lebih luas.

Namun, dibandingkan asuransi DB dan Tipus, ada perbedaanya, yaitu:

  • Coverage semua penyakit, tidak hanya DB dan Tipus
  • Tidak bisa double-claim. Jika sudah diklaim, misalnya dengan BPJS Kesehatan, maka asuransi tidak bisa mengganti lagi
  • Preminya lebih mahal dibandingkan asuransi khusus DB dan Tipus. Ini karena memang coveragenya yang lebih luas.

Karena perbedaan ini, asuransi kesehatan tidak tepat dibandingkan dengan asuransi DB dan Tipus. Keduanya punya fungsi manfaat serta premi yang berbeda.

Advertisements

Review Perbandingan

Sebagai rangkuman dari ulasan sebelumnya, simak tabel berikut:

ProdukSantunan
(Rp)
Premi
(Rp)
Masa
Tunggu
Demam
Berdarah
Adira
500 ribu
(hari)
50 ribu
(tahun)
10 hari
Demam
Berdarah
ACA
1 juta
(kasus)

2 juta
(kasus)
10 ribu
(3 bulan)

50 ribu
(1 tahun)
15 hari
Demam
Berdarah
CAR Life
2,5 juta
(kasus)
43,5 ribu
(tahun)
15 hari
Tipus
Adira
500 ribu
(hari)

500 ribu
(hari)
50 ribu
(6 bulan)

90 ribu
(1 tahun)
30 hari
Penyakit
Tropis
Sompo
250 ribu
(hari)

500 ribu
(hari)

750 ribu
(hari)
100 ribu
(tahun)

200 ribu
(tahun)

300 ribu
(tahun)
14 hari

Jika membandingkan tiga produk asuransi demam berdarah dari tiga perusahaan di atas, asuransi ACA menawarkan pilihan produk yang lebih beragam, yaitu untuk pertanggungan 3 bulan dan 1 tahun.

Sementara itu, asuransi CAR Life menawarkan premi paling terjangkau untuk pertanggungan selama satu tahun, bahkan manfaatnya pun lebih menarik dari ACA. 

Anda bisa mendapatkan santunan Rp 2,5 juta dengan premi hanya Rp 43,5 ribu per tahun. Padahal, varian perlindungan 1 tahun dari ACA hanya menawarkan santunan Rp 2 juta per kasus untuk premi yang lebih mahal, yaitu Rp 50 ribu.

Namun, jika dilihat dari masa tunggu dan manfaat, asuransi Adira jauh lebih unggul. Santunan yang ditawarkan adalah Rp500 ribu per hari rawat inap untuk maksimal 10 hari. Jika Anda menjalani rawat inap selama 10 hari, berarti total santunan yang bisa didapatkan mencapai Rp5 juta! 

Masa tunggu asuransi Adira juga jauh lebih singkat, yaitu hanya 10 hari saja. Namun, ternyata Adira menawarkan masa tunggu yang lebih lama untuk asuransi tipus, yaitu 30 hari.

Varian asuransi tipus Adira cukup beragam dengan dua jenis plan, yaitu Rp 50 ribu untuk pertanggungan 6 bulan dan Rp 90 ribu untuk pertanggungan selama 1 tahun.

Terakhir, ada alternatif asuransi bagi Anda yang menginginkan pertanggungan asuransi demam berdarah, tipus, dan berbagai penyakit tropis lainnya dalam satu polis. Asuransi penyakit  tropis dari Sompo Insurance cukup menarik karena menawarkan 3 jenis plan kisaran Rp100-300 ribu.

Tips Memilih

Meskipun jenis asuransi ini cukup simpel dan preminya tidak terlampau mahal, tetapi beberapa hal yang bisa menjadi pertimbaangan saat memilih dan jika sudah memiliki asuransi ini:

  • Pahami produknya. Pastikan Anda mengerti bagaimana penggantian dilakukan dalam asuransi DB dan Tipus.
  • Baca ketentuan di polis asuransi untuk memastikan terutama soal hal – hal yang bisa membatalkan pertanggungan.
  • Hitung kemampuan keuangan untuk mengambil asuransi ini. Karena akan menimbulkan pengeluaran tambahan.
  • Asuransi ini sifatnya tambahan. Jangan jadikan sebagai proteksi utama. Tetap harus punya BPJS Kesehatan atau Asuransi Kesehatan.

Kesimpulan

Demikian ulasan mengenai asuransi demam berdarah dan tipus. Untuk memilih yang terbaik, keputusan berada di tangan Anda. 

Ingat, yang penting adalah membeli asuransi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.  

Semoga membantu!

Gratis e-Book & Langganan Duwitmu
Langganan Artikel Terbaru Duwitmu.com
Advertisements
Advertisements