Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Proteksi Shopee Review: Pengertian, Manfaat, Jenis, Cara Daftar

  • Ditulis Oleh
  • Salmaa
  • 18 Februari 2022

Daftar Isi

Proteksi Shopee Review: Pengertian, Manfaat, Jenis, Cara Daftar

Proteksi Shopee adalah fitur di aplikasi belanja e-commerce Shopee yang semakin hari kian berkembang. Apa itu, bagaimana manfaat dan ketentuannya ?

Kini, Shopee mengembangkan aplikasinya dengan melengkapi aplikasinya menggunakan berbagai fitur yang bermanfaat. Tentu saja berbagai fitur tersebut akan memudahkan para penjual maupun para pembeli.

Salah satu fitur yang menguntungkan baik dari sisi pembeli maupun dari sisi penjual yang saat ini juga sangat populer adalah program proteksi Shopee. Proteksi Shopee ini menjadi fitur baru yang membuat pembeli merasa lebih aman untuk membeli produk di aplikasi Shopee.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang Proteksi Shopee, Jenis-Jenis, Manfaat, Cara Mendaftar hingga ketentuan pengecualiannya. Cukup lengkap bukan? Simak sampai akhir, ya!

Apa itu Proteksi Shopee?

Proteksi Shopee ini adalah program perlindungan yang disediakan oleh PT Asuransi Simas Insurance yang ada pada aplikasi Shopee. Proteksi Shopee ini bertujuan melindungi produk yang dibeli oleh pembeli melalui aplikasi belanja di Shopee dari berbagai kemungkinan, termasuk terjadinya kerusakan.

Bagi yang baru pertama tahu fitur proteksi Shopee, pasti cukup bingung dengan apa guna dan manfaatnya serta biasanya mengabaikan pentingnya penggunaan fitur proteksi Shopee ini. Oleh sebab itu, mari dipelajari bersama terlebih dahulu apa itu proteksi Shopee dan bagaimana manfaatnya bagi orang banyak, terutama bagi pembeli dan juga penjual.

Tak bisa dipungkiri, dalam proses pengiriman atau dan lain sebagainya, barang yang dibeli bisa saja rusak atau tidak sengaja tumpah, terbakar, terdampak bencana alam, terdampak kecelakaan, atau bahkan mengalami pencurian. Oleh sebab itu, proteksi Shopee sangat disarankan untuk dipilih untuk menanggulangi resiko tersebut.

Jenis-jenis Proteksi Shopee

Setelah melihat dan memahami apa itu proteksi Shopee, tentu saja sebelum menggunakan fitur proteksi Shopee tersebut, pengguna Shopee baik pembeli maupun penjual harus mengetahui bahwa ada beberapa jenis proteksi Shopee yang ditawarkan oleh aplikasi belanja Shopee.

Hingga saat ini, aplikasi belanja Shopee menawarkan ada tiga jenis fitur proteksi Shopee yang bisa dipilih oleh pembeli, yaitu: (1) proteksi layar retak, (2) proteksi gadget, dan (3) proteksi elektronik. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan fitur proteksi Shopee ini juga terbilang murah.

Mulai dari Rp500, Anda bisa menggunakan fitur proteksi Shopee untuk menjaga keamanan barang belanjaan Anda. Dan di bawah ini akan dijelaskan mengenai ketiga jenis atau ketiga macam fitur proteksi Shopee yang ditawarkan oleh aplikasi belanja Shopee.

1. Proteksi Layar Retak

Jenis atau program yang pertama dari proteksi Shopee adalah proteksi layar retak. Fitur ini bisa digunakan hanya dengan mengeluarkan biaya atau membayar uang tambahan sebesar Rp1.750 saja untuk setiap perlindungan. Dengan uang Rp1.750, Anda bisa mendapat keuntungan melindungi perlindungan gadget selama 30 hari.

Cara penggunaan proteksi layar retak ini cukup mudah. Anda hanya perlu memilih proteksi Shopee dengan pilih menu “Pulsa”, kemudian masukkan nomor ponsel Anda dan lanjut ke halaman “Checkout”. Setelah itu, pilih layanan atau program “Proteksi Layar Letak” pada laman Checkout.

Dengan demikian, barang yang Anda beli akan terlindungi dan mendapat proteksi Shoppe selama 30 hari ke depan.

2. Proteksi Gadget

Program proteksi Shopee yang kedua adalah proteksi gadget. Fitur proteksi Shopee ini menguntungkan dan bermanfaat bagi pembeli yang membeli gadget atau produk handphone lainnya melalui Shopee. Jika Anda memilih tambahan proteksi Shopee yakni proteksi gadget ini, maka barang yang Anda beli akan lebih aman.

Berbeda dengan tarif proteksi layar retak, proteksi gadget ini memiliki tarif beragam, tergantung harga setiap produk dan besarnya. Biasanya, tarif proteksi gadget melalui proteksi Shopee ini bisa dilihat saat sudah melakukan Checkout. Ketika sudah masuk ke laman Checkout, Anda akan mengetahui berapa tarif proteksi gadget yang harus dibayar.

3. Proteksi Elektronik

Jenis atau program penawaran proteksi Shopee yang terakhir adalah proteksi elektronik. Proteksi Shopee ini bisa dipilih atau digunakan untuk melindungi barang elektronik yang dibeli melalui aplikasi Shopee. Sama halnya dengan proteksi gadget, tarif untuk proteksi elektronik pada proteksi Shopee ini berbeda-beda.

Nantinya, Anda dapat melihat tarif proteksi elektronik ini melalui proteksi Shopee ini bisa dilihat saat sudah melakukan Checkout. Ketika sudah masuk ke laman Checkout, Anda akan mengetahui berapa tarif proteksi gadget yang harus dibayar.

Manfaat Proteksi Shopee

Berikut beberapa manfaat Proteksi Shopee :

1. Meminimalkan Kerugian Pembeli 

Biasanya, fitur proteksi Shopee ini terkesan disepelekan oleh pembeli. Akan tetapi, program proteksi Shopee yang ditawarkan aplikasi belanja Shopee ini ternyata sangat bermanfaat. Sama halnya seperti program asuransi lainnya, proteksi ini berfungsi sebagai perlindungan terhadap barang yang dibeli.

Dengan demikian, dapat mengurangi kerugian yang dialami oleh pembeli jika terjadi musibah atau kejadian yang tidak diinginkan. Jika hal tersebut terjadi dan pembeli sudah menggunakan fitur proteksi Shopee, maka pembeli cukup melakukan klaim untuk bisa mendapatkan penggantian barang yang dibeli.

2. Memberikan Jaminan Perlindungan Pengiriman Barang

Selain itu, program proteksi Shopee ini juga memberikan jaminan perlindungan atas proses pengiriman barang yang dibeli oleh pembeli agar aman sampai tujuan atau sampai pada tangan pembeli. Lebih dari itu, proteksi Shopee ini juga memberi perlindungan akibat kerusakan yang bisa terjadi karena kelalaian dalam penggunaan barang yang sudah dibeli.

Oleh sebab itu, memilih menggunakan fitur proteksi Shopee ini sangat menguntungkan dan bermanfaat. Pembeli bisa mendapatkan berbagai manfaat perlindungan dalam jangka waktu tertentu sesuai jenis barang yang dibeli dan proteksi yang dipilih.

Cara Mendaftar Proteksi Shopee

Cara mendaftar proteksi shopee cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan Anda sudah terdaftar atau memiliki akun Shopee dan melakukan pembelian barang melalui aplikasi Shopee.
  2. Anda perlu memahami dan menyetujui kesepakatan antara pengguna dengan mitra asuransi yang sudah dituliskan melalui kanal dan prosedur yang berlaku.
  3. Anda dibebaskan untuk memilih proteksi Shopee yang ingin digunakan, tergantung jenis barang apa yang dibeli.
  4. Anda akan mengetahui besaran tarif proteksi Shopee jika sudah melakukan Checkout.
  5. Jika sudah setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, maka pihak mitra asuransi akan mengirim polis asuransi atau sertifikat polis melalui Shopee dan paling lambat 24 jam setelah melakukan pembayaran, sertifikat akan dikirim ke e-mail pengguna atau e-mail pembeli.

11 Ketentuan Pengecualian Proteksi Shopee

Seperti yang diketahui, manfaat yang ditawarkan oleh proteksi Shopee ini cukup menguntungkan, maka pengguna harus menaati syarat atau ketentuan yang sudah ditentukan oleh pihak Shopee dan asuransi. 

Meski demikian, ada beberapa ketentuan pengecualian proteksi shopee. Artinya,  asuransi tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan yang disebabkan atau ditimbulkan oleh beberapa ketentuan.

Berikut beberapa pengecualian Proteksi Shopee:

  1. Proteksi Shopee tidak berlaku jika kerusakan atau kehilangan dalam kendaraan bermotor yang tidak ditunggui, kecuali ada perusakan terhadap kendaraan tersebut
  2. Proteksi Shopee tidak berlaku jika ada niat jahat atau tindakan kejahatan dari pihak tertanggung,
  3. Proteksi Shopee tidak berlaku jika terjadi kerusakan dalam kendaraan pengangkutan umum, termasuk taksi, angkot, bus, kereta api, pesawat, kecuali adanya perusakan atau kekerasan berupa luka kepada pihak tertanggung,
  4. Proteksi Shopee tidak berlaku jika barang yang dibeli ditahan, atau disita, atau diambil alih, atau dimusnahkan oleh pihak yang berwajib termasuk tapi tidak terbatas oleh Bea Cukai dan polisi, serta pihak pengadilan,
  5. Proteksi Shopee tidak berlaku pada barang yang dicuri oleh orang yang dikenal, keluarga sendiri, teman, atau pegawai yang dipekerjakan,
  6. Proteksi Shopee tidak berlaku jika terjadi kehilangan atau kerusakan saat ditinggalkan dan tidak ditunggui baik di tempat umum atau apapun yang tidak dilakukan penjagaan,
  7. Proteksi Shopee tidak berlaku jika terjadi kehilangan atas penipuan, penggelapan, hypnotisme, kelalaian, keteledoran, atau kecerobohan dari pihak tertanggung,
  8. Proteksi Shopee tidak berlaku karena kerusakan yang disengaja oleh pembeli atau pengguna,
  9. Proteksi Shopee tidak berlaku jika barang diberikan atau dipinjamkan kepada pihak lain,
  10. Proteksi Shopee tidak berlaku akibat getaran pada penerbangan pesawat yang melewati kecepatan suara, akibat perang, atau akibat reaksi atom,
  11. Proteksi Shopee juga tidak berlaku tanpa alasan yang jelas.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait