Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

5+ Cara Mudah Cek No BPJS Ketenagakerjaan 2022

  • Ditulis Oleh
  • R Mauli
  • 11 Juni 2022

Daftar Isi

5+ Cara Mudah Cek No BPJS Ketenagakerjaan 2022

Bagaimana cara cek no BPJS Ketenagakerjaan di 2022 ? Ada banyak pilihan dan mudah dilakukan.

BPJS Ketenagakerjaan terbukti sering membantu tenaga kerja menghadapi dampak sosial-ekonomi saat sudah memasuki usia pensiun maupun yang sedang dalam masa tunggu pencarian kerja. Untuk melakukan klaim manfaat, peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa menunjukkan nomor BPJS Ketenagakerjaan dan menyertakan dokumen tambahan lainnya. 

Inilah cara mudah cek nomor BPJS dengan NIK, KTP, dan berbagai alternatif lainnya.

1. Cek No BPJS Ketenagakerjaan di JMO

Cara pertama untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan menggunakan aplikasi JMO yang tersedia di Play Store dan App Store. Tenang, untuk mengetahui nomor kepesertaan, Anda bisa login menggunakan email dan password melalui aplikasi.

Berikut adalah cara selengkapnya.

  1. Download aplikasi JMO di Google Play/AppStore
  2. Buka aplikasinya untuk login menggunakan alamat email dan password
  3. Buka manu “kartu digital” pada halaman utama
  4. Nomor BPJS Ketenagakerjaan akan ditampilkan di layar sebagai kartu digital

2. Cek No BPJS Ketenagakerjaan di Situs Resmi

Selain menggunakan aplikasi JMO, Anda juga bisa cek no BPJS Ketenagakerjaan dengan mengunjungi situs resmi BPJS Ketenagakerjaan di alamat https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Dengan menggunakan cara ini Anda bisa mencari tahu nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan lebih praktis tanpa harus download aplikasi tambahan.

Berikut ini cara selengkapnya untuk cek nomor kepesertaan melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan.

  1. Masukkan alamat BPJS Ketenagakerjaan dalam kolom pencarian browser Anda
  2. Masukkan alamat email dan password akun BPJS Ketenagakerjaan Anda
  3. Tuliskan captcha yang ditampilkan dan centang pilihan “I am not a robot”
  4. Klik login
  5. Klik menu “Cek Kartu Digital”
  6. Kemudian, nomor BPJS Ketenagakerjaan akan ditampilkan di layar

3. Cek No BPJS Ketenagakerjaan di Call Center

Untuk Anda yang lebih menyukai jawaban langsung dari pusat bantuan BPJS Ketenagakerjaan, jangan ragu untuk menghubungi call center demi mendapatkan jawaban berupa nomor BPJS Ketenagakerjaan. Namun, perlu diingat bahwa ini adalah panggilan telepon berbayar. 

Jadi, pastikan bahwa Anda punya nominal pulsa yang cukup untuk melakukan panggilan call center. Hubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 175 pada jam kerja.

4. Cek No BPJS Ketenagakerjaan via Whatsapp (WA)

Inilah salah satu cara paling praktis untuk dapatkan informasi nomor BPJS Ketenagakerjaan. Whatsapp menjadi salah satu sarana komunikasi yang sangat aksesibel di masa kini, sehingga wajar jika BPJS Ketenagakerjaan memberikan pelayanan melalui Whatsapp.

Selain itu, dengan menghubungi BPJS Ketenagakerjaan via Whatsapp, Anda tidak perlu menambahkan aplikasi apapun untuk mengetahui nomor kepesertaan. 

Layanan ini hanya tersedia mulai pukul 06.00-14.00 WIB melalui nomor Whatsapp 08119115910 dan 08551500910.

5. Konfirmasikan dengan HRD Perusahaan

Jika Anda lebih mempercayakan pengungkapan dokumen dari pihak kantor, inilah cara yang cocok untuk mencari tahu nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan milik Anda. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda terdaftar sebagai peserta secara kolektif dari perusahaan, sehingga peserta Bukan Penerima Upah kemungkinan besar tidak bisa menggunakan cara ini. 

Jadi, untuk melakukannya, cukup dengan melakukan konfirmasi kepada rekan kerja di departemen HRD. Setelahnya, agar tidak menanyakan pertanyaan yang sama ker HRD, Anda bisa meminta cetak ulang kartu BPJS Ketenagakerjaan.

6. Cara Cek No BPJS dengan KTP

Umumnya nomor kepesertaan BPJS bisa dicek dengan menunjukkan KTP. Namun, Anda perlu berhati-hati menunjukkan KTP ke sembarang pihak. 

Di sisi lain, jika Anda ingin menggunakan cara ini untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa memilih untuk menanyakan nomor tersebut pada akun media sosial resmi milik BPJS Ketenagakerjaan dan kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat yang ada di kota Anda. 

Hati-hati terhadap pihak yang mengaku sebagai anggota dari BPJS Ketenagakerjaan yang meminta data diri Anda untuk keperluan di luar klaim manfaat.

Itulah berbagai cara cek no BPJS Ketenagakerjaan yang bisa dipilih. Manakah yang akan jadi pilihanmu? Semoga bermanfaat!

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait