10 Tabungan Haji Syariah Terbaik 2019 (Review Fitur, Bagi Hasil)

  • October 28, 2019

Tabungan Haji adalah cara mengumpulkan dana secara Syariah bagi mereka yang ingin berangkat Haji tapi menghadapi kendala uang. Terdapat banyak penawaran Tabungan Haji syariah. Di bank mana tabungan ini paling bagus ? Kami review 10 Tabungan Haji Syariah terbaik di 2019.

Pergi haji adalah keinginan dan bahkan cita- cita umat Islam karena merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dipenuhi bagi mereka yang mampu.

Sementara itu, masa antrian keberangkatan haji reguler di Indonesia sangat lama, bisa berkisar 15-20 tahun. 

Review Tabungan Haji

Waktunya cukup panjang untuk mempersiapkan dana naik Haji.

Untuk membantu masyarakat mewujudkan kewajiban tersebut, bank membuat produk tabungan Haji sebagai solusi mengumpulkan dana untuk naik haji.

Saya melakukan review 10 Tabungan Haji terbaik di 2019.

Di bank mana tabungan Haji yang paling bagus ? Apakah ada alternatif pembiayaan lain selain tabungan haji untuk mempersiapkan naik Haji atau umrah ?

#1 Bank Syariah Mandiri (BSM)

Bank Syariah Mandiri Tabungan Haji
Bank Syariah Mandiri Tabungan Haji

Apa itu Tabungan Haji Bank Syariah Mandiri ?

Tabungan Mabrur adalah tabungan dalam mata uang rupiah untuk membantu pelaksanaan ibadah haji & umrah, yang dibuat berdasarkan prinsip syariah dengan akad mudharabah muthlaqah.

Nasabah Tabungan Mabrur Haji dan Umroh di Bank Syariah Mandiri (BSM) merupakan umat Islam (perorangan) yang berumur  17 tahun keatas dan berminat menunaikan ibadah Haji dan Umrah.

Tabungan haji ini menetapkan setoran awal minimal Rp100.000 dengan setoran selanjutnya minimal Rp100.000 dan saldo minimal Rp100.000.

Untuk memastikan bahwa tabungan ini efektif, Bank Syariah Mandiri menetapkan bahwa Tabungan Mabrur tidak dapat dicairkan kecuali untuk melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji/ Umrah (BPIH).

Saldo minimal untuk didaftarkan ke SISKOHAT adalah Rp25.100.000 atau sesuai ketentuan dari Kementerian Agama dan biaya penutupan rekening karena batal Rp25.000.

Nasabah dapat mencetak  Buku Tabungan Mabrur Haji dan Umrah di seluruh cabang BSM terdekat.

Nasabah tidak akan langsung didaftarkan ke dalam Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Kementerian Agama oleh Bank kecuali saldo pada rekening Nasabah sudah cukup (sesuai ketentuan pemerintah yang berlaku mengenai biaya minimal pendaftaran Haji melalui SISKOHAT) dan atas perintah Nasabah.

Tabungan Mabrur Haji dan Umrah tidak memperoleh fasilitas ATM dan autodebet/pendebetan otomatis.

Bagi Nasabah yang batal karena meninggal dunia sebelum terdaftar pada SISKOHAT, maka pewarisan hak atas Tabungan Mabrur Haji dan Umrah diserahkan kepada ahli waris yang sah menurut hukum atau pihak lain yang ditunjuk sesuai hukum.

Bagi hasil Tabungan Haji Bank Syariah Mandiri adalah Nasabah 34% dan Bank 66%.

Salah satu fitur menarik adalah tersedianya Tabungan Mabrur Junior, yang merupakan Tabungan haji untuk anak usia di bawah 17 tahun dalam mata uang rupiah

Manfaat tabungan Haji anak ini adalah Online dengan Siskohat Kementerian Agama untuk kemudahan pendaftaran haji dengan minimal usia 12 tahun; Mendapatkan fasilitas notifikasi saat saldo cukup untuk didaftarkan porsi haji; Gratis biaya administrasi bulanan

Tabungan Haji anak BSM memiliki fitur berikut:

  • Berdasarkan prinsip syariah dengan akad mudharabah muthlaqah
  • Nama yang tercantum di buku tabungan adalah nama Anak
  • Tidak dapat dicairkan kecuali untuk melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji/ Umrah (BPIH)
  • Setoran awal minimal Rp100.000; Setoran selanjutnya minimal Rp100.000; Saldo minimal Rp100.000
  • Saldo minimal untuk didaftarkan ke SISKOHAT adalah Rp25.100.000 atau sesuai ketentuan dari Kementerian Agama
  • Biaya penutupan rekening karena batal Rp25.000

#2 BRI Syariah

Tabungan Haji BRISyariah iB
Tabungan Haji BRISyariah iB

Apa itu Tabungan Haji BRI Syariah ?

Tabungan Haji BRISyariah iB merupakan simpanan yang menggunakan akad Bagi Hasil sesuai prinsip syariah bagi calon Haji yang bertujuan memenuhi kebutuhan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

Tabung Haji ini menetapkan setoran awal minimum Rp 50.000 dengan setoran selanjutnya minimum Rp. 10.000  dan saldo mengendap minimum Rp. 50.000.

Nasabah tidak mendapat Kartu ATM dan dana tidak dapat ditarik sewaktu-waktu

Namun, BRI Syariah memberikan GRATIS asuransi jiwa dan kecelakaan, pemotongan zakat secara otomatis dari bagi hasil yang didapatkan dan biaya administrasi tabungan GRATIS

Syarat pembukaan adalah melampirkan KTP (Kartu Tanda Penduduk); NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan Kartu Keluarga (untuk pembukaan bagi anak-anak).

BRI Syariah menawarkan pula Tabungan Haji untuk anak dengan pertimbangan bahwa waktu antrian menjalani haji yang panjang yang bisa dimanfaatkan untuk anak menabung sejak dini.

Fitur Tabungan Haji BRISyariah iB untuk Anak adalah Setoran awal minimum : Rp. 50.000,-; Setoran berikutnya minimum : Rp10.000,-; GRATIS biaya administrasi tabungan; Mendapatkan asuransi jiwa sebesar saldo tabungan; Buku tabungan atas nama anak dan Dapat didaftarkan ke SISKOHAT setelah anak berusia di atas 12 tahun.

#3 Bank Muamalat

Tabungan Haji iB Hijrah Bank Muamalat
Tabungan Haji iB Hijrah Bank Muamalat

Apa itu Tabungan Haji Bank Muamalat ?

Tabungan iB Hijrah Haji adalah layanan perbankan syariah Muamalat yang menggunakan akad Wadi’ah, yang dikelola secara fleksibel dan praktis, dimana tabungan haji ini hanya bisa dicairkan untuk membiayai perjalanan haji atau umrah.

Setoran Awal tabungan haji ini tidak ada dan Saldo Minimal juga Tidak ada. Biaya penutupan rekening Gratis.

Tabungan haji dan umrah Bank Muamalat Indonesia adalah tabungan yang fleksibel, karena bisa memilih dan mengatur jumlah setoran serta jangka waktu menabung sesuai dengan paket haji atau umrah yang tersedia. 

Jumlah uang yang sudah ditentukan inilah yang akan didebet secara otomatis dari tabungan  pada waktu yang telah ditentukan. Nasabah juga tidak akan dikenakan biaya administrasi maupun biaya pemindahan dana ke rekening haji dan umrah.

Tabungan Haji Bank Muamalat online dengan SISKOHAT (Sistem Komputerisasi Haji Terpadu) Kementerian Agama dimana Tahun keberangkatan dan besarnya setoran dapat disesuaikan serta bebas biaya fasilitas autodebet dan setoran mudah dilakukan melalui counter teller, e-Banking dan transfer terjadwal (baik harian maupun bulanan).

Bank Muamalat adalah salah satu bank yang sejak tahun 1999 telah dipercaya oleh Kementerian Agama Indonesia menjadi Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPS BPIH).

Persyaratan pembukaan adalah: untuk orang dewasa – Fotokopi KTP/SIM dan NPWP; Untuk anak-anak – Identitas orang tua (KTP dan NPWP) dan Akta kelahiran atau Kartu Keluarga.

Jika tidak atau belum memiliki NPWP maka bisa mengisi formulir keterangan belum memiliki NPWP di kantor cabang Bank Muamalat setempat.

#4 CIMB Niaga Syariah

Tabungan IB Rencana Haji Niaga Syariah
Tabungan IB Rencana Haji Niaga Syariah

Apa itu Tabungan Haji CIMB Niaga Syariah ?

Tabungan iB Rencana Haji adalah tabungan Haji di Niaga Syariah yang merupakan tabungan berjangka yang dengan akad Mudharabah Muthlaqah untuk mewujudkan rencana ibadah haji dengan sistem setoran rutin bulanan.

Dalam tabungan haji ini, nasabah bebas menentukan jangka waktu tabungan dan jumlah setoran rutin bulanan disesuaikan dengan tahun keberangkatan Ibadah Haji yang diperoleh Nasabah

Ada pilihan mata uang USD dimana untuk memenuhi kebutuhan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) ke Baitullah, nasabah juga dapat memilih rekening tabungan dalam mata uang USD (Dollar Amerika) sehingga kamu tidak perlu kuatir terhadap nilai tukar yang fluktuatif.

Cara membuka tabungan haji adalah adalah wajib Memiliki Tabungan transaksional CIMB Niaga dalam 1 CIF yang dapat dijadikan rekening sumber dana pendebetan (kecuali tabungan Simpanan pelajar dan Tabungan Investor Account)

Laporan mutasi tabungan dikirimkan setiap 3 bulan atau dapat diperoleh melalui Phone banking 14041, Go Mobile dan CIMB Clicks.

Tabungan haji Niaga menyediakan target waktu mulai dari 6 Bulan sd paling 240 bulan dengan target dana paling kecil IDR 2.400.000.

Tidak ada ketentuan minimal setoran awal, namun Setoran rutin bulanan minimal IDR 100.000.

Gratis biaya administrasi bulanan, biaya administrasi gagal debet Rp 2.500 per bulan setelah 2x gagal debet dan biaya penutupan rekening sebelum jatuh tempo Rp 50 ribu.

Nisbah / Bagi Hasil* 48.2% (Indikasi Ekuivalen Rate 4% p.a.).

#5 BNI Syariah

Tabungan Haji BNI Syariah
Tabungan Haji BNI Syariah

Apa itu Tabungan Haji BNI Syariah ?

BNI Baitullah iB Hasanah adalah tabungan dengan akad Mudharabah atau Wadiah yang dipergunakan sebagai sarana mendapatkan kepastian porsi berangkat menunaikan ibadah Haji (Reguler/Khusus) dan merencanakan ibadah Umroh sesuai keinginan penabung dengan sistem setoran bebas atau bulanan dalam mata uang Rupiah dan USD.

Tabungan ini memudahkan nasabah mendapatkan porsi keberangkatan haji karena sistem BNI Syariah terhubung langsung dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) yang berada dalam satu provinsi dengan domisili nasabah.

Bebas biaya pengelolaan rekening bulanan dan bebas biaya penutupan rekening (khusus tabungan rupiah).

Fasilitas asuransi kecelakaan diri untuk nasabah tabungan Baitullah mudharabah IDR dengan saldo di atas Rp. 5.000.000,-

Nisbah bagi hasil untuk akad Mudharabah : Nasabah 10% dan Bank 90%

#6 BCA Syariah

Tabungan Haji BCA Syariah
Tabungan Haji BCA Syariah

Apa itu Tabungan Haji BCA Syariah ?

Tahapan Mabrur iB adalah tabungan berdasarkan prinsip bagi hasil (mudharabah mutlaqoh) dari BCA Syariah yang bertujuan untuk membantu nasabah dalam mewujudkan rencana ibadah Umrah dan Haji.

Tabungan haji ini menetapkan setoran awal Rp. 100.000,- dan setoran selanjutnya minimal Rp. 50.000.

BCA Syariah menyediakan fasilitas setoran Terjadwal, yaitu setoran yang sudah Anda jadwalkan setiap bulan dan dipotong secara otomatis dari rekening induk Anda, dengan ketentuan: 

  • Minimal Rp. 50.000 & berlaku kelipatan Rp. 50.000; 
  • Tanggal pendebetan setoran adalah tanggal 1 s/d 28 setiap bulan
  • Bebas memilih jangka waktu setoran dengan mengisi formulir Transfer Otomatis
  • Pendebetan setoran dilakukan otomatis dari rekening induk di BCA Syariah dan tidak harus milik nasabah yang sama

Cara membuka tabungan haji adalah memenuhi persyaratan pembukaan rekening adalah: perorangan (WNI) dan Fotokopi identitas KTP/Paspor dan NPWP.

#7 BTN Syariah

Tabungan Haji BTN Syariah
Tabungan Haji BTN Syariah

Apa itu Tabungan Haji BTN Syariah ?

Tabungan BTN Batara Haji & Umroh iB adalah produk tabungan untuk merencanakan ibadah haji dan umroh berdasarkan prinsip syariah dengan menggunakan akad “Mudharabah Mutlaqah” (Investasi), yang merupakan kerja sama antara dua pihak dengan keuntungan dan kerugian dibagi menurut nisbah yang disepakati dimuka.

Tabungan Haji ini menetapkan setoran awal IDR 100.000,- lalu minimal setoran berikutnya IDR 100.000,- dan saldo minimum mengendap IDR 100.000,-

Kartu Debit BTN Syariah diberikan saat akan berangkat Haji / Umroh.

Bagi hasil Tabungan Haji BTN adalah Nasabah 15.5%* dan Bank 84.5%.

Cara membuka tabungan haji adalah menyampaikan persyaratan dokumen WNI (> 17 th) KTP/SIM/Paspor & NPWP; WNI (<17 th) Kartu Pelajar, Akta Kelahiran & Surat Pernyataan Orang tua sebagai beneficiary owner; WNA: Paspor & KITAS/KITAP yang masih berlaku.

Biaya admin gratis, namun ganti buku tabungan karena rusak: Rp10.000,00 dan Penutupan rekening: Rp25.000,00.

#8 Danamon Syariah

Danamon Syariah Tabungan Haji
Danamon Syariah Tabungan Haji

Apa itu Tabungan Haji Danamon Syariah ?

Tabungan Rencana Haji iB adalah tabungan rencana menggunakan prinsip Syariah bagi hasil (Mudharabah) dalam mata uang Rupiah yang disediakan khusus untuk mewujudkan keinginan niat suci Anda dalam menunaikan ibadah Haji. 

Dana akan di debet setiap bulan melalui proses auto debet dari rekening sumber (source account) ke rekening Tabungan Rencana Haji iB dengan jumlah setoran dan jangka waktu sesuai pilihan Anda.

Setoran rutin bulanan mulai dari Rp. 300.000 sd Rp. 5.000.000 dengan gratis semua biaya Biaya Administrasi Bulanan, Biaya Gagal Debit dan Biaya Penutupan Rekening Sebelum Jatuh Tempo.

Nasabah bebas menentukan sendiri jangka waktu menabung dan jumlah setoran rutin bulanan, lalu gratis pertanggungan asuransi Syariah (selama Nasabah melakukan setoran rutin bulanan) sampai dengan Rp 200 juta dan Nasabah akan mendapatkan notifikasi jika dana telah mencukupi untuk mendaftar Haji.

Persyaratan tabungan Haji adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Bagi hasil Tabungan Haji Danamon Syariah: Nasabah 20%  dan Bank 80%.

#9 Bank Panin Syariah

Tabungan Haji Bank Panin Syariah
Tabungan Haji Bank Panin Syariah

Apa itu Tabungan Haji Bank Panin Syariah ?

Tabungan Haji PaS iB adalah tabungan berakad wadiah yang ditujukan untuk perencanaan ibadah Haji, dimana dananya tidak dapat dilakukan penarikan kecuali untuk pembayaran biaya ibadah Haji.

Akad yang digunakan adalah Wadiah Yad Dhamanah, yaitu: (1)  berupa titipan; (2). Sistem pembagian keuntungan bukan bagi hasil namun berupa bonus yang akan diberikan kepada nasabah namun tidak diperjanjikan di awal.

Tabungan haji ini menetapkan Setoran Awal Rp. 500.000,- lalu Saldo Minimum Rp. 100.000,- dengan gratis Biaya Administrasi dan Biaya Penutupan Rp. 100.000,-.

Disediakan proteksi Asuransi Jiwa untuk nasabah yang telah melakukan setoran awal haji dan saldo di rekeningnya minimal Rp. 3 juta dan Asuransi Baggage Loss ketika nasabah yang memenuhi kualifikasi berangkat haji.

Syarat & Ketentuan Pembukaan Rekening adalah WNI : KTP; WNA: Paspor & Kitas/KIMS

Tabungan ini terkoneksi secara online dengan SISKOHAT DEPAG

Bagi hasil Tabungan Haji Panin Syariah adalah Nasabah 10%  dan Bank 90%.

#10 Bukopin Syariah

Apa itu Tabungan Haji Bukopin Syariah ?

Tabungan iB Haji adalah simpanan untuk perorangan dalam bentuk mata uang rupiah untuk yang mempunyai rencana berangkat ibadah Haji, dengan akad yang digunakan adalah akad wadi’ah yad dhamanah yaitu mustawda’ (bank) dapat memanfaatkan dana dan menyalurkan dana yang disimpan serta menjamin bahwa dana tersebut dapat ditarik setiap saat oleh muwwadi’ (nasabah).

Dana dalam tabungan Haji tidak dapat ditarik, kecuali ditutup.

Tabungan haji Bukopin Syariah menetapkan setoran awal :  Rp. 500.000,- dan setoran berikutnya Min. Rp. 100.000,-. Dengan gratis biaya administrasi dan biaya penutupan rekening     Rp. 25.000,-.

#11 Bank Mega Syariah

Apa itu Tabungan Haji Bank Mega Syariah ?

Tabungan Haji iB adalah tabungan yang ditujukan untuk nasabah perorangan yang diperuntukkan untuk merencanakan dana keberangkatan ibadah haji, dengan prinsip syariah dengan akad Mudharabah Mutlaqah dan Dana tidak dapat ditarik, kecuali untuk setoran awal porsi haji dan setoran pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Tabungan Haji ini menetapkan setoran awal : Rp 200.000,- lalu setoran minimum selanjutnya : Rp 100.000,- dan saldo minimum : Rp 100.000,-. dengan gratis biaya administrasi dan biaya penutupan rekening Rp 100.000,-

Tabungan Haji Mega Syariah memiliki koneksi online dengan SISKOHAT Kementerian Agama dan Mendapatkan porsi Haji melalui switching SISKOHAT setelah memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Kemenag. Autodebet untuk setoran bulanan.

Bagi hasil Tabungan Haji Bank Mega Syariah adalah Nasabah 1%  dan Bank 99%.

#12 Bareksa Umroh Reksadana Syariah

Selama ini persiapan dana haji atau umroh identik dengan menggunakan tabungan haji yang disediakan bank.

Namun, dengan perkembangan instrumen investasi, yang kian beragam, muncul alternatif instrumen lain, yaitu Reksadana Syariah untuk mempersiapkan dan umroh dan haji.

Salah satunya yang saya temui adalah di Bareka Umroh.

Apa itu Bareksa ?

Bareksa adalah marketplace atau supermarket Reksadana online yang menyediakan berbagai jenis Reksadana dari banyak Manajer Investasi, yang salah satunya produk Reksadana Syariah untuk mengumpulkan dana umroh.

Jenis Reksadana yang dipilih adalah yang paling aman, yaitu Reksadana Pasar Uang Syariah, yang melakukan investasi pada instrumen investasi pasar uang dengan masa jatuh tempo kurang dari satu tahun, seperti time deposit (deposito berjangka), certificate of deposit (sertifikat deposito), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU) dan instrumen investasi pasar uang lainnya.

Dengan penempatan di Reksadana Pasar Uang, tujuannya untuk menjaga likuiditas dan pemeliharaan modal, dengan resiko nya relatif paling rendah dibandingkan reksadana jenis lainnya.

Apa keuntungan melakukan pengumpulan dana haji dan umroh lewat Reksadana Syariah ?

Pertama, imbal hasil yang ditawarkan oleh Reksadana Syariah lebih tinggi (+/- 6% setahun) dibandingkan Tabungan Haji produk bank, yang bisa dilihat dalam tabel imbal hasil Reksadana Pasar uang dibawah ini:

Imbal Hasil Reksadana Syariah Bareksa
Imbal Hasil Reksadana Syariah Bareksa

Kedua, minimum investasi di Reksadana Pasar Uang bisa mulai dari Rp 10,000 yang lebih rendah dibandingkan Tabungan Haji yang umumnya mematok tabungan minimal mulai dari Rp 100,000.

Ketiga, sesuai Syariah karena produk reksa dana syariah dikelola berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor 20/DSN-MUI/IV/2001.

Keempat, proses pendaftaran Reksadana Syariah bisa dilakukan secara online dimana pendaftaran nasabah atau pembukaan akun baru Bareksa dilakukan secara online, hanya dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik dan proses tanda tangan juga dilakukan secara online menggunakan tanda tangan digital.

Pengumpulan dana haji dan umroh lewat Reksadana Syariah cocok buat kaum milenial yang sangat melek teknologi dan bisa mulai dengan jumlah investasi yang kecil.

Tapi, satu hal yang perlu dipahami soal Reksadana Syariah adalah bahwa Reksadana bukan produk perbankan tetapi produk Manajer Investasi, sehingga meskipun Reksadana Syariah aman tetapi tidak ada penjaminan LPS layaknya Tabungan Haji yang dikeluarkan oleh perbankan.

Review Tabungan Haji

Berdasarkan review tabungan haji yang ada di atas, beberapa hal penting diperhatikan soal plus minus tabungan Haji yaitu:

Pertama, tabungan Haji pada dasarnya adalah tabungan berjangka dengan akad yang sesuai Syariah, dimana nasabah melakukan simpanan secara rutin dengan jangka waktu yang ditentukan sampai target dana haji tercapai dan uang di tabungan hanya bisa ditarik untuk pergi Haji atau Umrah.

Kedua, perhitungan imbal hasil tabungan Haji menggunakan sistem Syariah dimana ada bagi hasil antara bank dan nasabah, yang dicantumkan di website bank atau bisa langsung ditanyakan di kantor cabang bank saat akan membuka tabungan.

Ketiga, sebagian bank memiliki koneksi online dengan sistem Haji Depag, SISKOHAT, sehingga bisa membantu proses keberangkatan Haji, namun perlu diingat bahwa minimum saldo untuk bisa mendaftar Haji saat ini adalah Rp 25 juta, dimana nasabah baru bisa didaftarkan jika saldo mencapai nilai tersebut.

Keempat, menyediakan asuransi jiwa dan kecelakaan jika nasabah mengalami musibah, yang mana tabungan haji bisa dialihkan ke ahli waris.

Kelima, selain tabungan berjangka di bank, alternatif pembiayaan Haji adalah lewat Reksadana Syariah, yang memberikan manfaat dibandingkan tabungan Haji di bank, yaitu (1) imbal hasil lebih tinggi; (2) minimum investasi cukup kecil bisa dari Rp 10,000; (3) transaksi dilakukan 100% online lewat aplikasi dan tanda tangan digital.

Keenam, produk tabungan Haji untuk anak cukup menarik karena sebagai ilustrasi, jika saat ini memiliki putra/putri berusia 5 tahun, dibukakan Tabungan Haji dengan setoran awal Rp50.000,- maka sang anak akan memiliki langsung buku Tabungan Haji, yang jika secara rutin terus ditambah saldonya (misal dengan menyisihkan uang saku harian/mingguan/bulanan) selama 5 tahun, maka di usia 10 tahun sang anak telah memiliki saldo Tabungan Haji sebesar Rp 25 juta yang dapat didaftarkan porsi hajinya.

Secara umum, tabungan haji memberikan fleksibilitas dalam mengumpulkan dana haji dan umrah yang sesuai Syariah.

Tanya Jawab

  1. Apa itu Tabungan Haji

    Tabungan Haji adalah cara mengumpulkan dana untuk naik Haji.

  2. Apa manfaat Tabungan Haji

    Membantu pelaksanaan ibadah haji & umrah dengan tabungan dibuat berdasarkan prinsip syariah.

  3. Apakah bank menyediakan Tabungan Haji

    Ya. Dalam artikel ini terdapat 12 lembaga menyediakan Tabungan Haji.

  4. Bagaimana cara kerja Tabungan Haji

    Tabungan Haji adalah tabungan berjangka dengan akad yang sesuai Syariah, dimana nasabah melakukan simpanan secara rutin dengan jangka waktu yang ditentukan sampai target dana haji tercapai dan uang di tabungan hanya bisa ditarik untuk pergi Haji atau Umrah.

  5. Apakah ada hubungan dengan sistem pendaftaran Haji

    Sebagian bank memiliki koneksi online dengan sistem Haji Depag, SISKOHAT, sehingga bisa membantu proses keberangkatan Haji, namun perlu diingat bahwa minimum saldo untuk bisa mendaftar Haji saat ini adalah Rp 25 juta, dimana nasabah baru bisa didaftarkan jika saldo mencapai nilai tersebut

  6. Apakah ada asuransi jiwa

    Ada. Tabungan Haji menyediakan asuransi jiwa dan kecelakaan jika nasabah mengalami musibah, yang mana tabungan haji bisa dialihkan ke ahli waris.

Kesimpulan

Tabungan haji menawarkan cara mengumpulkan dana untuk pergi haji dan umrah yang sesuai Syariah.

Saat ini sudah banyak sekali pilihan tabungan haji di pasaran. Tinggal kita pintar – pintar memilih yang paling sesuai dengan kondisi dan keadaan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.