Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

MotionBanking MNC Bank 2022 Apakah Aman, Kelebihan Kekurangan

Daftar Isi

MotionBanking MNC Bank 2022 Apakah Aman, Kelebihan Kekurangan

MotionBanking merupakan pengembangan dari aplikasi MNC Bank Mobile Banking. Ditengah munculnya banyak bank digital, penting kita lihat dan review online banking MNC Bank saat ini.

Keunggulan aplikasi MotionBanking adalah fitur lengkap, membantu proses pembukaan rekening secara digital, adanya fasilitas pinjaman online. Mobile banking Motion Banking ini menawarkan pengalaman transaksi perbankan digital.

Sementara, kekurangan MotionBanking adalah masalah klasik dari aplikasi, yaitu kendala saat mengakses, lalu keterbatasan mesin ATM (hanya 70) dan belum adanya fitur tarik uang tanpa kartu. Kekurangan ini wajar mengingat aplikasi ini masih baru. 

Hadir dengan fitur yang modern, MotionBanking ini mengusung tema “The future MotionBanking is here”. Aplikasi ini juga memiliki berbagai keunggulan yang bisa memberi keuntungan pada para pengguna.

Apakah MotionBanking Aman, Punya Izin Resmi OJK ?

MotionBanking jelas aman karena milik Bank MNC yang punya izin OJK dan anggota Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Simpanan nasabah di MNC Bank aman dijamin oleh LPS.

Bank MNC atau PT Bank MNC Internasional Tbk adalah bagian dari MNC Group. 

PT Bank MNC Internasional Tbk (selanjutnya disebut “MNC Bank” atau “Bank”) merupakan bank swasta nasional yang berdiri dengan nama PT Bank Bumiputera pada tanggal 31 Juli 1989. 

Bank secara resmi beroperasi pada tanggal 12 Januari 1990 dan mendapatkan izin sebagai bank devisa pada tahun 1997. Pada tahun 2002 Bank mencatatkan sahamnya sebagai perusahaan terbuka di Bursa Efek Indonesia

Apa itu MotionBanking

MotionBanking merupakan aplikasi mobile banking digital yang dikeluarkan oleh Bank MNC Internasional,Tbk.

Aplikasi perbankan ini juga dikombinasikan dengan berbagai fitur dari bank MNC dengan sangat terintegrasi. Dengan konsep ini juga, MotionBanking bisa memberikan kemudahan akses fitur yang unggul bagi semua nasabah.

Cara Buka Daftar MotionBanking

LANGKAH 1: DOWNLOAD APLIKASI MOTIONBANKING

Download MotionBanking di Playstore/Appstore

LANGKAH 2: BUKA AKUN BARU

Klik tombol “Buat Akun”, baca dan setujui Syarat dan Ketentuan. Masukan Nomor Handphone, Email, dan Kode Referal (jika ada)

LANGKAH 3: MASUKKAN KODE OTP

Input kode OTP yang dikirimkan melalui SMS

LANGKAH 4: SIAPKAN E-KTP

Upload foto e-KTP, selfie dengan e-KTP, dan ikuti arahan untuk Live Detection.

LANGKAH 5: ISI DATA PRIBADI

Isi lengkap formulir pribadi dengan benar. Jika alamat surat menyurat tidak sama dengan e-KTP,  isi lengkap “alamat surat menyurat” dengan No. Rumah, RT/RW, Kelurahan, dan Kecamatan. Cek kembali dan konfirmasi seluruh data yang diberikan.

LANGKAH 6: BUAT PASSCODE DAN PIN

Buatlah passcode yang berisi 8 karakter dengan kombinasi minimal 1 angka, 1 huruf kecil, dan 1 huruf kapital. Kemudian, tuliskan PIN yang terdiri dari 6 digit angka.

LANGKAH 7: AKUN MOTION BANKING SUDAH JADI!

Setelah kamu mendapatkan email konfirmasi bahwa pembukaan rekening berhasil, kamu sudah bisa login ke MotionBanking.

Layanan Produk dan Fitur MotionBanking

Fitur yang ada di MotionBanking lengkap, selain itu gaya yang ditampilkan juga sangat modern dan futuristic. Sehingga, setiap pengguna tidak akan merasa bosan melihatnya. 

Beberapa fitur yang perlu Anda pahami yaitu sebagai berikut.

1. Digital Onboarding

Untuk membuat akun, nasabah perlu melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mendaftarkan rekening di MotionBanking. Registrasi ini bisa dilakukan secara online dengan memasukan semua data diri sesuai dengan arahan yang tertera.

Proses pendaftaran yang online ini sangat memudahkan setiap pengguna. Sehingga tidak perlu meluangkan waktu khusus dan repot-repot datang ke kantor cabang terdekat. Arahan yang diberikan  juga bisa diikuti dengan mudah.

2. Buka Rekening Tabungan Tanpa Video Call

Buka rekening tabungan jadi lebih mudah dan cepat dengan fitur utama Full Biometric Digital Onboarding). Fitur ini memungkinkan pengguna baru untuk membuka akun di aplikasi MotionBanking tanpa melakukan video KYC.

3. Biometric login

Sistem login yang tersedia di aplikasi ini juga sudah maju. 

Kita bisa menggunakan biometric login yaitu dengan menggunakan sidik jari saja. Sehingga, tidak perlu lagi memasukan username dan password dengan diketik manual.

Selain dengan sidik jari, nasabah juga bisa mendaftarkan login dengan deteksi muka. Biometric ini juga bisa digunakan untuk registrasi rekening baru.

4. Multiple transfer destination

Fitur multiple transfer  disediakan untuk memberikan kemudahan pada nasabah dalam melakukan transfer ke berbagai tujuan.

Nasabah bisa memilih sendiri sesuai dengan kebutuhan seperti transfer ke bank lain, transfer menggunakan virtual account, transfer untuk booking dan yang lainnya. Cara transfernya juga simpel sehingga bisa dipahami dengan mudah oleh setiap pengguna.

5. Top up e-wallet

Selain untuk melakukan transfer, MotionBanking juga menyediakan fitur untuk mengisi ulang atau top up e-wallet. Mengingat kini sudah banyak sekali transaksi cashless dengan menggunakan berbagai jenis e-wallet.

6. Daftar dan Kelola Kartu Kredit

Untuk pengajuan pembuatan Kartu Kredit MNC Bank bisa lewat e Form di aplikasi MotionBanking, atau hubungi tim marketing kami di call center 1500 188 atau datang ke lokasi kantor cabang kami terdekat cek lokasi di www.mncbank.co.id

Fitur yang disediakan selanjutnya adalah fitur yang memungkinkan setiap nasabah melakukan manajemen pada kartu kredit dengan baik. Beberapa fitur pilihan disediakan untuk bisa dipilih sesuai keinginan dan tujuan setiap nasabah.

Untuk caranya sendiri, Anda bisa mulai dengan mengajukan kartu kredit online, kemudian menginstalnya, setelah itu lakukan pembuatan pin kartu kredit. Jika kartu kredit Anda sudah terdaftar, maka setiap pengeluaran akan diatur dengan baik oleh fitur dari motion banking.

Cara Menggunakan Aplikasi MotionBanking Bank MNC

IDR 000

Waktu 30 menit

Pengalaman Daftar Buka Akun di MotionBanking MNC Bank

  1. Unduh aplikasi MotionBanking

    Aplikasi MotionBanking bisa di download gratis di Google PlayStore.

    Unduh aplikasi MotionBanking MNC Bank
  2. Kartu Debit Dikelola Lewat MotionBanking MNC

    Aplikasi MotionBanking memungkinkan pengguna mengelola kartu debit.

    Kartu Debit MotionBanking MNC
  3. Tabungan dan Pinjaman dalam 1 Aplikasi

    Aplikasi MotionBanking memungkinkan memonitor tabungan dan pinjaman dalam 1 aplikasi.

    Tabungan dan Pinjaman dalam 1 Aplikasi MotionBanking MNC Bank
  4. Fitur Transfer Uang

    Fitur Transfer Uang di aplikasi MotionBanking MNC.

    Fitur Transfer Uang MotionBanking MNC
  5. Pengajuan Cicilan Pinjaman Online di aplikasi

    MotionBanking MNC menyediakan fasilitas pengajuan cicilan pinjaman online.

    Pengajuan Cicilan Pinjaman Online di aplikasi
  6. Informasi Promo dan Notifikasi

    Pemberitahuan, notifikasi bisa dicek langsung di aplikasi MotionBanking

    Informasi Notifikasi Promo di MotionBanking MNC
  7. Skedul Transfer dan Pembayaran Berulang

    Aplikasi MotionBanking MNC Bank menyediakan fitur untuk skedul transfer dan pembayaran berulang.

    Skedul Transfer dan Pembayaran Berulang di MotionBanking MNC
  8. Fitur Pembayaran di Banyak Merchant

    Aplikasi MotionBanking menyediakan fitur pembayaran di berbagai merchant kerjasama.

    Fitur Pembayaran di Banyak Merchant MotionBanking MNC Bank
Alat
Ponsel Smartphone
Materi
Aplikasi MotionBanking MNC Bank

Keunggulan Motion Banking 

Motion Banking memiliki berbagai keunggulan bagi para penggunanya. Selain fiturnya yang sangat beragam, nasabah juga bisa lebih mudah dan merasa aman ketika melakukan berbagai transaksi.

1. Setoran Hanya Rp 5 ribu dan Tanpa Biaya Bulanan

Bebas biaya untuk biaya pembukaan rekening Tabungan Motion, saldo minimum/saldo mengendap Rp5.000, dan bebas Biaya Administrasi Rekening

2. Bunga Deposito Tinggi

Buka Deposito secara online melalui aplikas Motion Banking dan dapatkan bonus bunga sebesar 3,5% 

3. Dapat Kartu Debit 

Berbeda dengan bank digital, yang tidak memberikan kartu debit, MotionBanking memberikan Kartu Debit yang akan dikirimkan ke alamat pengiriman yang sudah diinput nasabah. 

Waktu pengiriman debit card MotionBanking untuk daerah Jabodetabek maksimum 7 hari kerja sedangkan Luar jabodetabek 14 hari kerja.

4. Integrasi Artificial Intelligence (AI)

Motion Banking menggunakan integrasi AI dalam setiap layanan perbankannya, yaitu pada credit scoring. Dengan layanan ini, setia pengguna bisa mengajukan kartu kredit dalam bentuk fiksi atau virtual. Proses yang diperlukan juga sangat cepat dan mudah.

5. Kombinasi rekening tabungan dan kartu kredit

Inovasi lain yang dibuat oleh motionbanking yaitu dengan menggabungkan antara rekening tabungan dengan kartu kredit nasabah. Dengan menggunakan fitur ini, nasabah bisa melakukan pembayaran dengan tagihan kartu kredit mereka melalui saldo rekening tabungan.

6. Pinjaman Kredit Pintar

Nasabah dengan mudah mendapatkan pinjaman langsung dari aplikasi MotionBanking. Kemudahan pembukaan rekening tabungan sekaligus pinjaman menggunakan biometric onboarding.

Persetujuan pinjaman cepat di bawah 24 jam. Berbagai promosi menarik untuk nasabah yang pinjamannya disetujui.

Integrasi ini memudahkan nasabah MotionBanking untuk mengakses pinjaman Kredit Pintar melalui aplikasi MotionBanking tanpa keluar dari ekosistem aplikasi MotionBanking. Dengan demikian, pengajuan pinjaman bisa langsung diproses.

Kekurangan MotionBanking

Masih ada biaya admin yang dikeluhkan oleh pemakai. Selain itu, masalah klasik soal koneksi yang lambat dalam mengakses aplikasi.

Banyak juga keluhan soal proses pendaftaran pembukaan rekening di aplikasi. Biasanya, nasabah sudah melengkapi data tapi proses pembukaan rekening tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk pembayaran, jumlah kerjasama di merchant masih sedikit. Tidak banyak pilihan pembayaran.

Meskipun cukup menarik dibandingkan  bank konvensional, tapi bunga tabungan dan deposito yang ditawarkan motion banking masih kalah dibandingkan penawaran bunga di bank digital lainnya.

Jumlah ATM Bank MNC hanya sekitar 70 mesin ATM dan 16 cabang di seluruh Indonesia. Jadi, pengguna MotionBanking harus siap untuk menggunakan ATM bank lain ketika harus menarik uang tunai.

Selain itu, MotionBanking belum memiliki fitur untuk menarik uang tanpa kartu. Padahal ini fitur penting di bank digital.

Call Center CS MotionBanking Bank MNC

  • Call Center      : 1500 188
  • Email               : [email protected]
  • WhatsApp       : 0888-888-8888

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait