Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Cara Top Up DANA Pakai Kredivo 2022 | Tips Trik

Daftar Isi

Cara Top Up DANA Pakai Kredivo

Bagaimana cara melakukan top up Dana dengan Kredivo di 2022 ? Ini cara dan triknya.

DANA merupakan salah satu e-wallet terpopuler yang digunakan di Indonesia. Fiturnya yang beragam memudahkan pengguna untuk melakukan pembelian di merchant DANA, belanja di e-commerce, berdonasi, membayar tagihan bulanan, hingga patungan dengan teman.

Selain DANA, aplikasi kredit instan Kredivo juga menjadi pilihan banyak orang. Menawarkan produk pay later dan cicilan, Kredivo sama pentingnya dalam mempermudah transaksi pembayaran.

Masalahnya, ada kalanya pengguna Kredivo ingin melakukan pembayaran pada merchant yang hanya didukung oleh DANA. Dari sini, muncullah ide bahwa mencairkan limit Kredivo ke DANA merupakan solusi yang praktis dan efisien. Selain itu, proses pelunasan nantinya juga dapat lebih terstruktur, karena tagihan hanya akan terpusat pada akun Kredivo tanpa perlu membuka akun kredit lainnya.

Pertanyaannya, apakah limit Kredivo bisa dipakai untuk top up DANA? Untuk mengetahui jawabannya, Anda bisa menyimak artikel ini sampai selesai.

1. Apakah Bisa Top Up DANA via Kredivo

Untuk saat ini, top up saldo DANA secara langsung menggunakan Kredivo belum bisa dilakukan. 

Namun, terdapat alternatif lain yang dapat ditempuh untuk mentransfer limit Kredivo ke DANA, yaitu melalui perantara e-commerce yang didukung oleh Kredivo.

2. Buka Aplikasi E-Commerce

Buka aplikasi e-commerce yang mendukung pembayaran melalui Kredivo. 

Opsi yang paling umum adalah melalui salah satu e-commerce berikut ini:

  1. Shopee;
  2. BukaLapak; atau
  3. Tokopedia.

3. Cari Kata Kunci Relevan

Pada menu pencarian produk, Anda bisa mengetikkan kata kunci yang relevan. Misalnya, saldo DANA, top up DANA, atau jasa top up saldo DANA. 

Setelah hasil pencarian muncul, pilihlah salah satu jasa top up DANA yang paling sesuai. Anda bisa menentukannya dari segi rating toko, nominal top up yang difasilitasi, maupun biaya top up yang dipatok oleh penjual.

4. Baca Deskripsi Produk 

Pastikan untuk membaca deskripsi produk dengan teliti. Tanyakan juga kepada penjual mengenai detail tahapan top up melalui fitur chat.

5. Tekan Beli Sekarang

Apabila sudah clear, tekan opsi “Beli Sekarang” atau “Check Out” (tergantung bahasa perintah di e-commerce yang Anda gunakan). Jangan lupa untuk mencantumkan nomor akun DANA Anda di kolom catatan.

6. Pilih Bayar dengan Kredivo

Pada bagian “Metode Pembayaran”, pilih opsi “Bayar dengan Kredivo”. Pembayaran akan diarahkan ke aplikasi Kredivo. Lakukan login, kemudian selesaikan konfirmasi pembayaran.

7. Cek Saldo Dana

Periksa aplikasi DANA Anda secara berkala dan segera hubungi penjual jika saldo DANA yang Anda pesan tidak kunjung masuk.

8. Atur Metode Pembayaran

Untuk mempermudah proses pembelian jasa top up DANA, pastikan bahwa Anda sudah menautkan Kredivo sebagai metode pembayaran di e-commerce yang Anda gunakan.

9. Waktu Pemrosesan

Cara transfer limit Kredivo ke DANA ini bukan merupakan transaksi instan, melainkan harus melalui perantara pihak ketiga. Hal ini tentu akan mempengaruhi waktu pemrosesan yang dibutuhkan. 

Meskipun selalu ada potensi kendala yang tidak terhindarkan, pastikan untuk mendiskusikan hal ini dengan penjual jasa top up DANA yang Anda percayakan.

10. Kebijakan E-commerce

Saat ini penjual yang menyediakan jasa top up DANA sudah lebih jarang ditemui, karena adanya pembatasan sesuai kebijakan e-commerce. 

Hal ini biasanya dapat diatasi dengan melakukan pencarian produk secara langsung pada mesin pencari. Saat menekan salah satu produk yang muncul di pencarian, Anda akan otomatis diarahkan ke aplikasi e-commerce yang terinstal di ponsel.

11. Legalitas

Secara teknis, mencairkan limit kredit menjadi saldo e-wallet sama halnya dengan melakukan gesek tunai atau gestun pada kartu kredit. Praktik gestun sebenarnya tidak disarankan, karena tidak sesuai dengan peruntukkan limit kredit semestinya, yakni untuk membayar pembelian barang/jasa, bukan mencairkannya menjadi uang tunai/saldo e-wallet.

12. Risiko

Pahami risiko yang mungkin terjadi. Misalnya, pada kasus penyedia jasa top up adalah oknum yang tidak bertanggung jawab, maka proses penyelesaiannya juga dapat lebih rumit. Karena dalam hal ini, transaksi tersebut bisa saja tidak sesuai dengan kebijakan e-commerce. Imbasnya, jumlah kerugian yang Anda tanggung belum tentu dapat di-refund oleh pihak e-commerce.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait