Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Daftar Aplikasi E-Money Terbaik dan Terpopuler 2022

Daftar Isi

Daftar Aplikasi E-Money Terbaik dan Terpopuler 2022

Apa e-money terbaik saat ini di Indonesia ? Kami menjelajahi dan mencoba beberapa layanan aplikasi e-money.  Hasilnya, kami rangkum dalam artikel ini.

Kemajuan teknologi yang semakin pesat menghadirkan berbagai pembaharuan dalam segala sisi, tak terkecuali e-money atau uang elektronik yang saat ini dijadikan sebagai media untuk bertransaksi.

Uang yang disimpan pada sistem perbankan ini kini telah banyak digunakan orang-orang dari berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga orang tua.

Efektivitas yang dihasilkan memang nyaris sempurna. Pasalnya kita tidak perlu membawa uang dalam bentuk lembaran yang banyak melainkan cukup memiliki salah satu e-money terbaik di tahun 2022 ini.

Berbicara perihal e-money, untuk tanah air kita sendiri telah terdapat beberapa jenis bank yang memang sudah menerbitkan sistem e-money.

Nah, ini saatnya untuk kamu beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan mulai menggunakan e-money untuk kegiatan transaksi yang tentunya jauh lebih mudah.

Namun, sebelum memilih jenis aplikasi dan kartu e-money seperti apa yang akan dijadikan sebagai media transaksi, berikut di bawah ini daftar e-money terbaik dan terpopuler 2022 yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

GoPay

Menjadi salah stau layanan yang tersedia di aplikasi Gojek Indonesia, GoPay saat ini dijadikan sebagai alat bertransaksi untuk semua layanan yang ada di aplikasi Gojek.


Kaum milenial pasti sudah tidak asing lagi dengan e-money yang satu ini. Karena tingkat popularitasnya yang tinggi dan keunggulan yang disuguhkan.

Menjadi salah stau layanan yang tersedia di aplikasi Gojek Indonesia, GoPay saat ini dijadikan sebagai alat bertransaksi untuk semua layanan yang ada di aplikasi Gojek.

Menariknya, GoPay ini tidak hanya bisa dipakai untuk transaksi online saja melainkan bisa juga untuk transaksi offline.

Sementara itu, untuk pengisian saldo GoPay itu sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti transfer dari bank, One Klik, Alfamart, atau melalui mitra Gojek sendiri.

Nah, ini dia yang wajib banget kamu tahu sebelum menggunakan GoPay.

Ya, sejumlah fitur unggulan yang disuguhkan GoPay dengan tujuan agar mampu memenuhi kebutuhan bertransaksi banyak kalangan.
 

1. GoPay Diary

Fitur unggulan pertama dari GoPay adalah GoPay Diary. Pada fitur ini terdapat berbagai rekapan atau data transaksi yang dibuat dalam rentang waktu satu bulan.

Dengan adanya fitur ini maka kamu dapat melakukan pengecekan terhadap penggunaan GoPay yang sudah dijalankan. Sehingga kamu mendapatkan bentuk transparansi dari setiap transaksi.

Untuk melihat bagaimana GoPay Diary ini bekerja, kamu bisa mengecek email milikmu karna layanan yang satu ini dikirim langsung melalui email oleh pihak Gojek sendiri.

Bilamana sudah mendapatkan email tersebut, kamu hanya cukup melakukan verifikasi email pada aplikasi Gojek.
 

2. Transfer GoPay

Fitur unggulan lainnya yakni transfer GoPay. Pada fitur ini kamu bisa mengirimkan saldo GoPay yang kamu miliki ke pengguna GoPay lainnya.

Menariknya, bilamana transfer biasanya membutuhkan biaya administrasi akan tetapi transfer ke sesama pengguna GoPay ini sama sekali tidak perlu biaya administrasi.

Untuk proses transfer tersebut bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja selama 24 jam dan juga bisa dilakukan berkali-kali.
 

3. GoPulsa

Seperti yang kita ketahui bahwa pulsa dan internet menjadi kebutuhan primer yang harus dipenuhi, sebab ada banyak hal atau kegiatan penting lainnya yang harus diselesaikan melalui ponsel.

Nah, pada fitur GoPulsa ini bisa kamu gunakan untuk mengisi kuota internet atau pulsa pada nomor ponselmu.

Pasalnya, fitur ini telah didukung oleh berbagai layanan operator seperti XL, Telkomsel, Indosat, 3, dan Smartfren.
 

4. GoBiils

Fitur yang satu ini bisa dibilang cukup baru dibanding fitur lainnya. Di mana dengan adanya fitur GoBills memberikan napas baru bagi para pengguna GoPay.

Kamu tidak hanya bisa mengisi pulsa dan internet melalui fitur GoPulsa, tetapi kamu juga bisa membeli token listrik pada fitur GoBills.

Tidak hanya itu, bayar listrik dan bayar BPJS pun semakin mudah melalui fitur ini.

Dengan begitu, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan pembayaran BPJS dan kebutuhan lainnya, melainkan hanya cukup melalui aplikasi GoPay.
 

5. GoPoints

Salah satu hal unik dan menarik dari penggunaan e-money GoPay yakni kamu bisa mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk ditukarkan ke berbagai voucher yang tak kalah menarik.

Poin tersebut bisa kamu dapatkan setelah melakukan berbagai bentuk transaksi atau pembayaran menggunakan GoPay, semisal membeli token listrik.

Dengan adanya fitur andalan ini rasanya tak heran jika saat ini banyak kalangan yang menggunakan GoPay untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya dan mendapatkan bonus tambahan.
 

6. Tarik tunai GoPay

Selain fitur transfer saldo GoPay, ada juga fitur unggulan lainnya yakni tarik tunai GoPay

Di mana pada fitur ini kamu bisa menarik saldo GoPay secara tunai melalui rekening bank yang didaftarkan.

Untuk pemrosesannya bisa dilakukan dengan cara mengaktifkan terlebih dahulu layanan 'Transfer dan Tarik Tunai', lalu pastikan bahwa kamu telah melakukan upgrade akun dengan mendaftarkan diri beserta kartu identitas.
 

DANA

Adanya banyak jenis e-money terbaik di tanah air ini membuat banyak orang menggunakan Dana untuk mempermudah segala bentuk transaksi.

Pasalnya, sebagai salah satu jenis dompet digital yang menawarkan berbagai keunggulan, Dana menjadi salah satu pilihan yang diminati oleh banyak kalangan.

Pasalnya, sebagai salah satu jenis dompet digital yang menawarkan berbagai keunggulan, Dana menjadi salah satu pilihan yang diminati oleh banyak kalangan.


Melalui aplikasi ini kamu bisa melakukan berbagai transaksi seperti membayar tagihan listrik, paket internet, belanja online, pulsa, investasi, dan membayar tiket.

Di samping itu, Dana juga dikemas begitu rapi dan menarik dengan sejumlah fitur unggulan yang dimilikinya.
 

1. Kirim dan minta dana

Fitur pertama yang menarik perhatian banyak orang adalah fitur kirim dan minta dana. Melalui fitur ini kamu bisa menerima dan mengirim uang ke manapun itu yang kamu inginkan.

Di dalam fitur ini terdapat beberapa menu cabang lainnya yang tentunya bisa kamu pilih, antara lain:

  • Menu ke Bank. Bisa mengirimkan uang dari Dana ke bank manapun itu secara cepat dan gratis.
  • Menu ke Dana. Bisa mengirim saldo secara gratis ke sesama pengguna Dana.
  • Menu ke Link. Opsi lainnya adalah kamu bisa mengirim uang melalui chat atau link secara gratis.
  • Menu minta Dana. Untuk kamu yang ingin mengisi saldo Dana dari teman atau keluarga, kamu bisa melakukannya melalui menu minta dana terhadap sesama pengguna Dana.
  • Menu Dana Kaget. Di menu ini kamu bisa berbagi saldo Dana kepada siapa saja yang diinginkan dalam waktu yang bersamaan.
     

2. Dana Siaga

Aplikasi Dana tidak hanya bisa digunakan untuk mengirim atau meminta dana saja, melainkan bisa juga digunakan untuk membeli asuransi.

Asuransi ini tentunya asuransi yang berkaitan dengan kesehatan. Terlebih saat ini Covid-19 yang masih belum kunjung mereda membuat banyak orang dituntut harus memiliki asuransi kesehatan.

Salah satu hal yang menarik dari fitur Dana Siaga ini yakni jenis asuransi yang memang diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Jadi, kamu tidak perlu khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap asuransi yang kamu beli di fitur Dana Siaga ini.
 

3. Dana Goals

Untuk kamu yang punya banyak impian, ini dia fitur yang sangat menarik untuk dicoba.

Pada fitur Dana Goals, kamu bisa membuat rencana impian dan mewujudkannya dengan cara menabung secara perlahan.

Aplikasi Dana akan mengumpulkan uang yang kamu tabung dan membuat regulasi lainnya agar impianmu dapat terwujud secepatnya.

Uniknya lagi, semua itu bisa dilakukan secara gratis atau tanpa biaya admin dan tanpa adanya jumlah minimum yang harus dipenuhi.
 

4. eMAS

Selain bisa membeli asuransi kesehatan pada fitur Dana Siaga, kamu juga bisa berinteraksi emas melalui fitur yang satu ini.

Perlu diketahui bahwa investasi pada Dana merupakan salah satu investasi paling aman dan terpercaya hingga saat ini.

Transparansi keuangan dan jaminannya pun sangat jelas. Sehingga kamu tidak perlu ragu lagi untuk memulai investasi emas mu bersama Dana.
 

5. Fitur Bayar Scan QR Code

Fitur lainnya yang akan membantu memudahkanmu adalah fitur bayar dengan scan QR code. Jadi, bilamana kamu melakukan transaksi atau pembelian maka cukup dengan menggunakan fitur ini.

Tanpa harus melakukan kontak fisik secara langsung atau meminta nomor rekening, kamu hanya cukup memperlihatkan kode QR yang bisa di-scan.

Fitur ini merupakan salah satu fitur favorit banyak orang karena tingkat efektivitasnya yang tinggi sehingga mereka tidak perlu repot melakukan pembayaran dengan sistem yang lain.
 

6. Dana Bisnis

Fitur Dana Bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki usaha mikro atau kecil untuk bisa mendapatkan pelanggan dengan cara melakukan transaksi secara digital.

Sehingga bisnis yang kamu miliki bisa jauh lebih maju dan lebih cepat mencapai target yang diinginkan dengan adanya pelanggan yang semakin bertambah.
 

7. Dana Wallet

Fitur menarik yang terakhir dari Dana yakni Dana Wallet. Bersama fitur ini kamu akan menemukan cara transaksi dari berbagai pembelian barang digital dengan cara yang jauh lebih mudah.

Adapun 5 menu menarik yang tersedia pada fitur ini adalah sebagai berikut:

Dana Premium.Di menu ini kamu bisa melakukan top up saldo dengan batas maksimal Rp10.000.000. Berbeda hal nya dengan akun Dana biasa yang hanya bisa melakukan top up maksimal sebesar Rp2.000.000

  • Top Up. Sebagaimana namanya, pada menu ini kanu bisa mengisi saldo Dana di mana saja dan kapan saja.
  • Simpan Kartu Bank. Kamu bisa menyimpan kartu bank dengan tujuan untuk membayar transaksi.
  • Tarik Saldo. Sedangkan pada menu ini kamu bisa menikmati layanan tarik saldo Dana di alfamart, agen, ataupun yang lainnya.
  • Bayar. Segala bentuk transaksi atau pembelian yang kamu lakukan bisa menggunakan menu ini untuk membayarnya.
     

OVO

Tidak hanya GoPay dan Dana, OVO juga merupakan e-money yang banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia.

Bukan karena semata tingkat efektivitasnya yang tinggi, tetapi juga karena keunggulan yang disuguhkan seakan mampu memenuhi berbagai kebutuhan.

Tidak hanya GoPay dan Dana, OVO juga merupakan e-money yang banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia.


Apalagi dilihat dari sisi keunggulan fitur yang disuguhkan memiliki banyak kegunaan. Adapun fitur-fitur unggulan di dalamnya antara lain:
 

1. OVO Premiere

Tidak jauh berbeda dengan Dana yang memiliki fitur Dana Premier, OVO pun memiliki fitur OVO Premiere yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan uang sebesar Rp10.000.000.

Hal ini tentu menjadi keuntungan lebih besar jika dibandingkan dengan akun OVO yang biasa.
 

2. Transfer

Seperti namanya, fitur Transfer ini bisa digunakan untuk mengirim saldo OVO ke akun OVO lainnya atau ke berbagai jenis bank.

Untuk biaya administrasinya itu sendiri sebesar Rp2.500 ke seluruh jenis bank, sementara ke sesama akun OVO tentunya tidak ada biaya administrasi.
 

3. OVO Pay Later

Melalui fitur ini kamu bisa memanfaatkan layanan kredit terhadap setiap transaksi pembelian.

Di mana besaran kredit yang dipinjamkan sebesar Rp1.000.000. Untuk pembayarannya bisa dalam jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, hingga 6 bulan.

Dengan demikian, salah satu fitur terbaik OVO ini bisa membantumu untuk mencukupi kebutuhan yang bersifat urgent dan membayarnya di kemudian hari dengan cara mencicil.

Nah, itu dia sederet penjelasan mengenai daftar e-money terbaik dan terpopuler di tahun 2022 ini.

Kamu bisa memilih salah satu di antaranya yang menurutmu jauh lebih efektif dan mudah untuk digunakan. Karena pada dasarnya dari ketiga e-money di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Artikel Terkait