Advertisements

7 Fitur PermataNet Internet Banking Bank Permata untuk Transaksi Online

PermataNet adalah layanan internet banking Bank Permata. Saya sudah cukup lama menggunakan layanan digital ini untuk berbagai transaksi perbankan secara online. Saya review dan berbagi fitur menarik dari PermataNet. Ada 7 fitur digital yang layak dicermati.

Permata adalah salah satu bank yang melakukan investasi cukup serius di platform digital.

Saya sebagai nasabah merasakan perubahan cukup mendasar dalam layanan internet banking Bank Permata dalam 3 tahun terakhir.

Fasilitas internet banking dibuat lebih menarik, lebih fresh, mencul fitur – fitur baru yang sebelumnya tidak ada, mengejar ketertinggalan dari bank – bank lain yang sudah lebih dulu eksis.

PermataNet Bank Permata

PermataNet adalah nama fasilitas internet banking Bank Permata, bagian dari platform digital bank milik Astra ini, yang bisa diakses dari komputer, laptop atau ponsel via browser.

PermataNet diakses langsung di alamat https://new.permatanet.com/ atau lewat website Bank Permata https://www.permatabank.com/ klik di sisi kanan atas.

Advertisements

PermataNet ditujukan untuk nasabah individual, sementara untuk nasabah usaha atau bisnis Permata punya Permata e-business dengan alamat URL berbeda.

Cara Daftar PermataNet

Masuk PermataNet Bank Permata

Langkah – langkah melakukan pendaftaran cukup mudah, yaitu:

  1. Masuk ke situs resmi https://new.permatanet.com/. Pastikan alamat URL-nya tepat untuk menghindari penipuan
  2. Masuk ke layar utama, klik menu registrasi, dan muncul pilihan membuat akun permatanet atau permata mobile. Pilih Permatanet.
  3. Masukkan nomor rekening, PIN ATM dan kode keamanan. Lalu, isi nomor telepon dan baca serta klik setuju (jika oke) di halaman ‘Syarat dan Ketentuan’.
  4. Tunggu beberapa menit untuk mendapatkan SMS verifikasi dari 63399 ke nomor HP yang diinput saat pendaftaran akun PermataNet.
  5. Akan muncul halaman untuk input nama user dan id.
  6. Muncul pilihan jenis token, yaitu SMS atau mobile token. Pilih salah satunya.
  7. Setelah pengisian selesai, keluar dari laman situs PermataNet.
  8. Masuk lagi dengan  memasukkan user dan id password yang telah dibuat sebelumnya. Selesai sudah dan terdaftar di PermataNet.

7 Fitur Online PermataNet

Dari pengalaman menggunakan, saya mencatat 7 fitur PermataNet yang layak dicermati untuk transaksi digital secara online.

#1 Rekening

Fitur pertama di internet banking adalah Rekening, yang terdiri beberapa fungsi yaitu:

Advertisements
  • Informasi Saldo semua rekening yang dimiliki di Bank Permata dengan nomor,  jenis rekening dan saldonya
  • Mutasi Rekening menunjukkan aliran perpindahan dana selama periode tertentu: 8 transaksi terakhir, berdasarkan periode dipilih, dan rencana transaksi ke depan jika ada.
  • E-statement: laporan statement setiap rekening dalam 10 bulan terakhir. Contohnya, saat saya akses di Mei, ada e-statement Mei 2020 sampai e-statement Agustus 2019.

#2 Transfer

Menu transfer dibagi menjadi transfer antar rekening Bank Permata dan ke Bank Lain.

Pemisahan ini membantu mempercepat proses transfer dan keduanya punya biaya transfer yang berbeda.

Transfer antar Bank Permata dibagi lagi menjadi rekening sendiri atau rekening lain.

Untuk transfer ke rekening lain diluar Bank Permata, PermataNet menyediakan 3 pilihan, yaitu:

  1. Online. Transfer yang sampai saat itu juga, dengan biaya Rp 7,500 per transfer dan maksimum Rp 25 juta per sekali transfer. Tidak ada batasan waktu transfer, bisa dilakukan kapan saja.
  2. LLG/Kliring. Transfer terjadi sesuai jadwal kliring dengan biaya Rp 2,900 per transfer dan maksimum sesuai limit transaksi setiap jenis rekening. Batas waktu transfer jam 13.00.
  3. RTGS. Transfer sampai di hari yang sama, dengan biaya Rp 25,000 per transfer dan minimum transaksi > Rp 100 juta. Batas waktu transfer jam 13.00.

Dengan adanya berbagai pilihan jenis transfer, nasabah bisa menyesuaikan mana yang paling cocok dengan kebutuhan.

Nasabah juga bisa melihat batasan limit sesuai jenis account di halaman Limit dan Biaya di PermataNet.

#3 Investasi

Fitur investasi di PermataNet cukup lengkap.

Mulai dari Deposito, Obligasi, SBN Ritel, Reksadana sampai Rekening Dana Saham tersedia dan bisa diakses secara online di internet banking Permata.

Deposito

Pembukaan deposito bisa dilakukan secara online di internet banking PermataNet, tanpa datang ke cabang.

Tersedia deposito dalam Rupiah dan USD, yang keduanya bisa dibuka secara online.

Setelah pembukaan, informasi status deposito tercantum di Permatanet pada halaman khusus investasi deposito.

Informasi mengenai suku bunga deposito yang berlaku setiap saat tersedia online, sehingga nasabah bisa melihat sebelum melakukan penempatan dana.

Ada dua fitur deposito yang bisa di setup online, yaitu:

  • Pembayaran Bunga deposito bisa dipilih untuk dibayar setiap bulan atau ditambahkan dalam akumulasi pokok.
  • Perpanjangan deposito secara otomatis (automatic roll-over) bisa di set-up dan jika ditengah jalan ingin tidak diperpanjang untuk mencairkan saat jatuh tempo bisa diubah statusnya di PermataNet tanpa perlu ke cabang.

Obligasi

Obligasi Pemerintah RI Ditawarkan Online PermataNet

Obligasi yang ditawarkan adalah Obligasi Pemerintah RI yang dapat diinvestasikan secara online melalui PermataNet.

Minimum investasi di obligasi pemerintah adalah Rp 100 juta dengan suku bunga obligasi bervariasi mulai dari 5.80% setahun sd 8.25% setahun, dengan berbagai masa jatuh tempo.

Contoh Obligasi Pemerintah RI yang dijual di PermataNet, adalah:

  • FR79 Surat utang Pemerintah berdenominasi Rupiah, dengan suku bunga 8.375% setahun, lebih tinggi dibandingkan bunga deposito yang 5.75% sd 6% per tahun. Jatuh tempo 15 April 2039 (19 tahun dari sekarang).
  • INDON29NEW Surat utang Pemerintah berdenominasi Dollar, dengan suku bunga 3.40% setahun, lebih tinggi dibandingkan dengan bunga deposito dollar yang kurang dari 1% per tahun. Jatuh tempo 18 September 2029  (9 tahun dari sekarang).

Daftar lengkap Obligasi Pemerintah IDR dan USD dijual lewat PermataNet bisa lihat disini.

Kupon bunga obligasi dibayarkan secara periodik setiap 6 (enam) bulan sampai dengan jatuh tempo.

Perlu diperhatikan adanya pajak bunga obligasi sebesar 15%.

Namun, saat saya mencoba melakukan pembelian obligasi, muncul pesan bahwa “Nasabah yang terhormat, untuk dapat melakukan transaksi Obligasi (pembelian atau penjualan) melalui PermataNet, Bapak/Ibu wajib terlebih dahulu untuk mendaftarkan diri ke cabang PermataBank terdekat.

Untuk pembelian obligasi pertama kali, nasabah harus datang ke cabang PermataBank.

Tenor obligasi Pemerintah yang panjang, 10 tahun sd 20 tahun, membuat investor tidak bisa selamanya pegang obligasi karena ada saat butuh obligasi dicairkan sebelum jatuh tempo.

Karena itu, selain pembelian, PermataNet juga menyediakan layanan penjualan Obligasi sebelum jatuh tempo, secara online.

Obligasi bisa dipegang sampai jatuh tempo untuk mendapatkan suku bunga yang sudah ditentukan, tetapi obligasi itu ada pula pasarnya, dimana nasabah bisa menjual obligasi sebelum jatuh tempo pada harga tertentu.

SBN Ritel Online

Dalam obligasi pemerintah Indonesia, nilai investasi cukup tinggi, yaitu diatas Rp 100 juta, yang belum tentu bisa diakses semua jenis investor, khususnya investor ritel.

Menyadari ini, pemerintah menyediakan SBN Ritel, yaitu Surat Berharga Negara (SBN), dengan nilai minimum investasi lebih terjangkau, mulai dari Rp 5 juta.

Keuntungan SBN Ritel adalah masyarakat bisa berpartisipasi mendapatkan bunga diatas deposito (bunga SBN 8%-an) yang sangat aman dari Pemerintah RI tapi dengan minimum investasi yang terjangkau.

PermataNet menyediakan fasilitas untuk melakukan pembelian SBN Ritel secara online di internet banking.

Nasabah bisa mendaftar untuk melakukan pembelian dan bisa pula menjual sebelum jatuh tempo, istilahnya ‘early redemption’, SBN secara online.

Untuk pendaftaran SBN Ritel pertama kali, nasabah perlu datang ke cabang Bank Permata.

Reksadana

Investasi Reksadana Online di PermataNet

Investasi Reksadana secara online adalah fasilitas lain di PermataNet, mulai dari Rp 100 ribu, yang menawarkan berbagai jenis instrumen, yaitu:

Di setiap jenis Reksadana, PermataNet menyediakan lebih dari satu Manajer Investasi, sehingga nasabah punya banyak pilihan.

Saya perhatikan pilihan Manajer Investasi di PermataNet adalah nama – nama besar top-tier pengelolaan dana di Indonesia, seperti Schroders, Danareksa, Mandiri, dan Batavia.

Tapi, saat saya mencoba pertama kali untuk melakukan investasi, muncul pesan “Nasabah yang terhormat, untuk dapat melakukan transaksi Reksa Dana (pembelian selanjutnya atau penjualan atau pengalihan) melalui PermataNet, Bapak/Ibu wajib terlebih dahulu untuk mendaftarkan diri ke cabang PermataBank terdekat. Untuk informasi lebih lanjut, mohon dapat menghubungi Relationship Manager anda atau menghubungi PermataTel 1500111.”

Advertisements

Sama seperti obligasi, untuk transaksi pertama di Reksadana, nasabah harus datang ke cabang Permata.

Setelah mendaftar, proses pembelian Reksadana dilakukan cukup mudah, dengan mendebet dari rekening Permata.

Hanya buka Reksadana pertama kali yang datang ke cabang, setelah itu semuanya secara online.

Pembelian secara online digratiskan biaya pembeliannya.

Selain pembelian, PermataNet menyediakan juga penjualan Reksadana yang hasil penjualan akan masuk Rekening Permata.

Proses pencairan di Reksadana memakan waktu 3 hari sejak perintah dibuat.

Nasabah bisa juga melakukan pengalihan, yaitu perpindahan dari satu Reksadana ke Reksadana lain, secara online.

Misalnya, saat ekonomi bergejolak, nasabah melakukan perpindahan dari Reksadana beresiko tinggi, seperti RD Saham, ke Reksadana Pasar Uang yang lebih rendah resikonya.

Untuk memilih jenis Reksadana yang sesuai, PermataNet menyediakan berbagai informasi di halaman Reksadana, yaitu:

  • Prospektus dan Fact Sheet. Isinya laporan kinerja reksadana, strategi investasi, pengalaman Manajer Investasi
  • Kinerja Produk Reksa Dana. Return yang diberikan Reksadana untuk berbagai periode, 6 bulan, 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun dan sejak diluncurkan.
  • Profil Risiko. Tingkat resiko dari Reksadana: agresif, moderat, yang membantu nasabah memutuskan jenis Reksadana yang paling sesuai.
  • Mata Uang Reksadana: IDR dan USD. Buat yang ingin investasi tidak hanya di Rupiah, ada Reksa Dana USD.

Dari pengalaman saya mengamati produk Reksadana yang dijual lewat internet banking, PermataNet menawarkan menu Reksadana yang komprehensif, informasi yang lengkap dan investasi yang sangat terjangkau.

Related Post
Advertisements

#4 Dashboard Mudah Enak Dilihat

Satu hal yang saya rasakan berbeda dengan bank lain adalah PermataNet menampilkan dashboard layanan yang simpel dan informatif.

Tidak ruwet atau membingungkan, tetapi informatif dan semua fitur – fitur bisa ditemukan dengan sangat mudah.

Dengan tampilan seperti itu, nasabah bisa dengan nyaman berselancar di PermataNet dan mencari serta melakukan transaksi perbankan yang dibutuhkan.

#5 Fitur ‘Keranjang Transaksi’ Cukup Sekali Otorisasi

Fitur Keranjang Transaksi

Salah satu yang sering saya alami jika melakukan beberapa kali transaksi dalam waktu bersamaan, saya harus melakukan otentikasi OTP SMS sebanyak jumlah transaksi.

Jadi, kalau melakukan transfer ke 5 tempat berbeda, maka saya harus cek OTP SMS di ponsel selama lima kali.

Selain harus cek bolak balik ke HP, belum lagi jika pengiriman SMS yang kadang lambat.

PermataNet tampaknya mengetahui masalah ini, maka memunculkan fitur ‘keranjang transaksi’, yaitu nasabah yang melakukan beberapa transaksi secara bersamaan, hanya membutuhkan satu kali otentikasi.

Caranya dengan mengumpulkan semua transaksi dalam satu ‘keranjang’ dan setelah semua terkumpul, cukup melakukan satu kali otentikasi atas semua transaksi dalam ‘keranjang’ tersebut.

Fitur keranjang transaksi mempermudah dan.menghemat waktu nasabah.

Di samping ‘keranjang transaksi’, PermataNet juga memiliki fitur Transaksi Favorit yang digunakan untuk menyimpan transaksi yang kerap nasabah lakukan, supaya setiap kali ingin melakukan transaksi yang sama, bisa langsung ke Transaksi Favorit.

#6 Pembelian & Pembayaran

PermataNet menyediakan menu pembelian, yang antara lain adalah top-up, yaitu: pulsa HP prabayar, pulsa data, lalu OVO, Gopay, Paypro dan Doku Wallet.

Tersedia pula menu pembayaran tagihan, yang meliputi banyak lembaga. Mulai dari listrik, air, zakat, pendidikan, internet, dan lain – lainnya.

Jika dibutuhkan, PermataNet menyediakan autodebet dari rekening Bank Permata untuk membayar tagihan bulanan. Tapi layanan ini hanya tersedia untuk Telkom, Kartu Kredit dan Listrik serta Air.

#7 Kartu Kredit

PermataNet menyediakan bagian khusus soal kartu kredit Permata.

Dengan mendaftarkan kartu kredit Permata di PermataNet, debitur bisa memantau setiap transaksi kartu kredit. Ini membantu untuk mengontrol pemakaian kartu kredit.

Pembayaran kartu kredit juga bisa langsung dilakukan lewat internet banking.

Kekurangan PermataNet

Saya mencatat beberapa kekurangan PermataNet dibandingkan fasilitas internet banking di bank – bank lain.

A. Tidak Bisa Buka Rekening Tabungan Online

PermataNet belum memberikan layanan pembukaan tabungan secara online. Hal mana yang sudah bisa dilakukan di aplikasi mobile banking Permata Mobile X.

Di beberapa internet banking bank lain, saya mengalami pembukaan rekening tabungan secara online adalah fitur yang umum ditawarkan karena mempermudah konsumen.

B. Tidak Mencakup Semua Fasilitas di Bank Permata

Ini yang saya alami.

Di Bank Permata, saya memiliki beberapa fasilitas, tidak hanya tabungan, tetapi juga pinjaman.

Tetapi, jika saya cek di PermataNet, yang muncul hanya tabungan saja. Tidak ada fasilitas pinjaman saya terdaftar internet banking Bank Permata ini.

Padahal, sebagai nasabah, kita tentu ingin laporan yang komprehensif dan mencakup semua fasilitas.

Uniknya, kalau saya cek di Permata Mobile X, aplikasi Mobile Banking Bank Permata, semua fasilitas saya yang ada di Bank Permata muncul lengkap.

C. Tidak Bisa Pinjaman dan Kartu Kredit
Advertisements

Belum ada fasilitas untuk melakukan pengajuan pinjaman dan kartu kredit di PermataNet. Untuk mengajukan pinjaman, nasabah harus datang ke cabang atau mengajukan lewat Permata Mobile X, aplikasi mobile banking Bank Permata.

Persoalannya, tidak semua orang punya akses ke Permata Mobile X karena butuh spek ponsel tertentu untuk bisa mengunduh aplikasi mobile banking.

Internet banking sebenarnya lebih umum dan lebih bisa diakses oleh kebanyakan orang dibandingkan mobile banking.

Jadi jika ada fitur pengajuan pinjaman dan kartu kredit di internet banking akan sangat membantu.

D. Transfer Luar Negeri Belum Ada

Fasilitas transfer ke luar negeri belum disediakan di PermataNet saat ini.

Hanya bisa melakukan transfer di dalam negeri.

Kebutuhan transfer luar negeri cukup banyak dibutuhkan nasabah dalam dunia yang saling terintegrasi seperti sekarang.

E. Beberapa Fitur Tidak Ada di PermataNet

Bank Permata memiliki produk tabungan rencana dan asuransi jika nasabah datang ke cabang.

Sayangnya, kedua produk ini tidak ada di PermataNet. Nasabah masih perlu ke cabang untuk melakukan pembelian tabungan rencana dan bancassurance (asuransi).

Di beberapa bank lain sudah mengintegrasikan layanan seperti tabungan rencana dan asuransi ke dalam internet banking, sehingga nasabah tidak harus datang ke cabang untuk mengambil produk ini.

Kontak dan Alamat

Kantor Pusat PermataBank: PermataBank, WTC II Jalan Jend. Sudirman Kav. 29-31, Jakarta 12920; Telepon: (62-21) 523 7788; Fax: (62-21) 523 7253

Informasi PermataNet:E-mail care@permatabank.co.id; PermataTel: 1500111

Estimate Cost : 00 IDR

Time Needed : 60 minutes

Cara Menggunakan PermataNet Bank Permata

  1. Akses PermateNet

    Buat User ID dan Password untuk bisa masuk PermataNet

  2. Masuk PermataNet

    Dashboard PermataNet, homepage.

  3. Saldo Rekening

    Informasi saldo semua rekening tabungan di Bank Permata

  4. Laporan Mutasi

    Tersedia laporan mutasi selama periode tertentu

  5. Transfer Online

    Transaksi transfer secara online

  6. Pilihan Investasi

    Jenis investasi tersedia di PermataNet

  7. Buka Deposito

    Pembukaan deposito secara online

  8. Investasi Reksadana

    Melakukan investasi reksadana secara online

  9. Isi Ulang GoPay

    Melakukan pembelian top-up GoPay

  10. Pembayaran Listrik

    Layanan pembayaran listrik

  11. Transaksi Favorit

    Buat transaksi favorit untuk mempercepat proses.

  12. Fitur 'Keranjang Transaksi'

    Keranjang Transaksi untuk melakukan otentikasi 1x saja

Tools
  • Laptop, Desktop, Ponsel HP
Materials
  • Website PermataNet

Kesimpulan

PermataNet sebagai internet banking Bank Permata menyajikan berbagai fitur transaksi perbankan digital.

Salah satu yang cukup lengkap dari pengalaman saya menggunakan adalah fasilitas investasi, meliputi Deposito, Obligasi, SBN Ritel sampai Reksadana.

Adanya fasilitas ‘keranjang transaksi’ mempermudah proses otentikasi nasabah saat melakukan banyak transaksi dalam waktu bersamaan via internet banking.

Namun, saya juga menemukan beberapa kelemahan di PermataNet, yang bisa menjadi masukkan untuk pengembangan kedepan.

Advertisements