Duwitmu

Review 5 Sekuritas Terbaik -Broker Saham Indonesia (dari Pengalaman)

Dipublish oleh R Quiserto May 25, 2020

Daftar Isi

Perusahaan Sekuritas Terbaik

Sekuritas adalah faktor penting dalam investasi saham. Mencari perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia menjadi krusial tidak hanya untuk investor yang sudah berpengalaman tetapi juga bagi investor pemula. Dari pengalaman berinvestasi selama ini, saya punya beberapa rekomendasi broker saham online terbaik 2019 2020, termasuk sekuritas dengan fee terendah.

Uang Anda, yang berharga itu, Anda percayakan ke sekuritas untuk bisa melakukan transaksi di bursa saham.

Anda harus pilih perusahaan sekuritas yang tepat, yang terbaik. 

Dalam investasi saham, peranan perusahaan sekuritas atau broker sangat krusial.

Transaksi jual beli saham di bursa hanya bisa Anda lakukan lewat sekuritas. Tidak bisa tidak. That’s the rule !

Kalau ingin transaksi langsung antara pembeli dan penjual, bisa saja, tetapi Anda tidak bisa melakukan lewat bursa saham. 

Anda bertemu langsung, antara pembeli dan penjual, melakukan settlement sendiri, jenis ini disebut Over the Counter (OTC).

Kenapa di saham jadi berbeda, perlu broker ?

Bukankah transaksi secara langsung, umum kita lakukan sehari – hari dan kehadiran broker atau makelar cenderung kita hindari karena menambah biaya.

Transaksi saham berlangsung antara berbagai investor, dalam jumlah besar, yang tentu saja tidak saling kenal. Karena itu, untuk menjamin keamanan, perlu mekanisme untuk memastikan bahwa para pihak yang terlibat bisa menyelesaikan kewajiban transaksi jual beli dengan baik.

Tidak yang ngemplang tidak bayar, tidak ada yang tidak menyerahkan saham pada waktunya.

Keberadaan sekuritas broker untuk memastikan keamanan jual beli saham tersebut.

Untuk sebuah perusahaan sekuritas bisa bertransaksi di bursa saham, ia harus menjadi anggota bursa dengan memenuhi sejumlah persyaratan, termasuk permodalan yang cukup, bersedia diawasi diaudit secara rutin oleh otoritas bursa.

Di lain pihak, broker harus memastikan investor yang transaksi lewat mereka memenuhi kewajiban, karena jika tidak, broker harus bertanggung jawab.

Dengan mekanisme berlapis semacam ini, jual beli saham di bursa diharapkan menjadi aman, terpercaya, sehingga bisa membangun kepercayaan investor untuk berinvestasi.

Apa itu Sekuritas ?

Perusahaan Sekuritas adalah: 

“Sekuritas atau Anggota Bursa Efek adalah Perantara Pedagang Efek yang telah memperoleh izin usaha dari Bapepam dan mempunyai hak untuk mempergunakan sistem dan atau sarana Bursa Efek sesuai dengan peraturan Bursa Efek.”

Definisi diatas berdasarkan UU Pasar Modal tahun 1992 dan Bapepam sekarang sudah berubah menjadi OJK.

Definisi tersebut menekankan beberapa hal penting, yaitu:

  • Sekuritas adalah perantara pedagang efek, salah satu jenis efek adalah saham.
  • Sekuritas wajib punya izin usaha dari otoritas, OJK (Bapepam). Tidak bisa sembarang lembaga menjadi sekuritas untuk bisa bertransaksi di Bursa Efek
  • Sekuritas wajib menjadi anggota Bursa Efek agar bisa melakukan perdagangan saham dengan menggunakan sistem dan sarana di bursa.

Saat ini, 109 sekuritas yang menjadi anggota bursa dan merupakan juga pemilik Bursa Efek Indonesia.

Majalah Investor sering membuat penghargaan perusahaan sekuritas terbaik.

Kali ini, saya ingin membuat kriteria berdasarkan pengalaman pribadi.

Tentu saja, subjektif.

Dalam memilih sekuritas terbaik, saya menggunakan beberapa patokan, yaitu:

  1. Setoran awal untuk buka rekening. Masing-masing sekuritas memiliki kebijakan deposit awal yang berbeda-beda. Tentukan berapa besar modal yang akan Anda investasikan, lalu pilih sekuritas yang sesuai. 
  2. Trader atau Investor. Fitur yang dimiliki setiap sekuritas berbeda-beda, dan tingkat pelayanan juga berbeda-beda (seperti fee transaksi, aplikasi charting, dsb). Pastikan sekuritas menawarkan fitur yang sesuai dengan kebutuhan gaya investasi Anda.
  3. Pilih sekuritas dengan Rekening Dana Investor di Bank yang sama dengan rekening pribadi Anda agar tidak dikenai fee saat top-up maupun penarikan dana.
  4. Pilih sekuritas yang buka rekening online. It’s a must.
  5. Aplikasi saham user’s friendly, mudah digunakan oleh investor. Ini penting karena pengalaman saya, jika aplikasi enak dipakai, akan sangat memudahkan untuk melakukan transaksi saham.

Berdasarkan pengalaman tersebut, saya mencatat beberapa nama sekuritas terbaik, khususnya untuk bermain saham online, yang akan saya review disini, yaitu:

  1. Indopremier Sekuritas
  2. Mandiri Sekuritas
  3. Stockbit – Sinarmas Sekuritas
  4. BNI Sekuritas
  5. CIMB Sekuritas

#1 Indopremier Sekuritas (IPOT)

Indopremier IPOT Saham Sekuritas
Indopremier IPOT Saham Sekuritas

Indopremier adalah sekuritas pertama saya. Aplikasi saham IndoPremier adalah IPOT (IndoPremier Online Trading)’.

PT Indo Premier Sekuritas (“IndoPremier”) memiliki ijin Badan Pengawas Pasar Modal/Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor KEP-11/PM/PPE/1996 dan boleh dikatakan supermarket keuangan karena menawarkan banyak fitur: jual beli reksadana, trading saham, beli IPO dan lainnya, yang membantu konsumen berinvestasi ke berbagai instrumen.

Indopremier punya cabang tidak hanya di Jakarta, tetapi juga kota besar seperti IPOT Surabaya dan IPOT Bandung.

Awalnya, saya investasi Reksadana di IPOT, tetapi seiring waktu saya beralih ke saham.

Menurut saya, Indopremier dengan aplikasi IPOT, salah satu sekuritas terbaik untuk pemula.

Dengan fasilitas yang lengkap, Indopremier tidak mahal. Sangat investor friendly !

Tidak Ada Setoran Modal Minimum

Tidak ada persyaratan modal minimal untuk pembukaan rekening saham di Indopremier. Nasabah tidak wajib setor dana untuk buka rekening.

Nanti, jika ingin melakukan transaksi beli saham, baru nasabah menyetor sesuai nilai pembelian transaksi saham.

Jadi, kalau nilai trading saham Rp 100 ribu, praktis nasabah hanya menyetor Rp 100 ribu ke Indopremier.

Kebijakan ini jelas membantu para investor ritel untuk masuk ke pasar modal.

Cara Daftar Indopremier Sekuritas 

Keunggulan Indopremier, yang terbaru, adalah bisa membuka rekening online dalam waktu 1 Hari, tetapi dengan syarat harus punya e-KTP.

Proses pembukaan rekening saya alami juga secara online, mengisi data dalam form, kemudian mengirim form pembukaan rekening, lalu pihak Indopremier datang ke lokasi saya untuk meminta tanda tangan basah.

Tapi, ini proses beberapa tahun lalu, yang mungkin sekarang sudah berubah dan menjadi lebih mudah.

Yang saya tahu, saat ini jika nasabah punya e-KTP bisa mendaftar di Indopremier secara online, tanpa perlu kirim dokumen, rekening jadi dalam waktu 1 hari.

IPOT saham, aplikasi dari Indopremier, memiliki sejumlah fitur yang saya suka, yaitu:

  • Integrasi dengan Supermarket Reksadana IPOTFUND. Jika dana menganggur belum digunakan untuk transaksi saham, Anda bisa menempatkan dana sementara ke Reksadana Pasar Uang dan bisa mencairkan secara cepat jika kembali dibutuhkan. Dengan cara ini, nasabah bisa memperoleh return (karena ditempatkan di Reksadana Pasar Uang) dibandingkan berhenti di saldo rekening dana saham yang tanpa bunga
  • Dashboard dan fitur di aplikasi IPOT mudah digunakan dan nyaman buat semua investor, bahkan pemula sekalipun.
  • Data finansial serta laporan keuangan setiap saham tersedia lengkap dan punya historis sampai beberapa tahun ke belakang. Anda bisa melakukan analisa fundamental saham secara komprehensif dengan data dari IPOT.
  • Tidak ada minimum investasi untuk buka rekening saham membuat Indopremier menjadi salah satu broker online dengan fasilitas lengkap yang sangat bisa diakses oleh investor pemula

Ada beberapa aplikasi, yaitu IPOTGo, Ultima, yang Anda bisa lihat jika sudah menjadi nasabah di Indopremier.

Di samping akun konvensional, konsumen bisa membuka sekuritas syariah di Indopremier.

Rekening saham syariah memiliki ketentuan bahwa pemilik hanya menggunakan akun Syariah  untuk bertransaksi saham-saham syariah yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) , ETF syariah (30 Saham Syariah yang termasuk dalam Jakarta Islamic Index) dan ReksaDana (umum dan syariah) dengan limit trading 1:1.

Limit trading 1:1 di akun Syariah yang artinya investor tidak bisa menggunakan akun Syariah untuk trading dengan margin (hutang). Ingin beli saham harga Rp 1 juta maka dana Rp 1 juta harus sudah tersedia di rekening dana investor.

Fee Indopremier

  • Pilihan akun tersedia: Reguler, dan Syariah 
  • Tidak ada minimal setoran awal untuk pembukaan rekening: 
  • Fee jual saham: 0.29% per transaksi
  • Fee beli saham: 0.19% per transaksi

Call Center CS Indopremier Sekuritas

  • Website: https://www.indopremier.com/
  • Pacific Century Place 16/F SCBD Lot 10, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190
  • P: +62 (21) 5088-7200

#2 Stockbit dan Sinarmas Sekuritas

Stockbit Sinarmas Sekuritas
Stockbit Sinarmas Sekuritas

Stockbit adalah aplikasi komunitas saham online yang berkembang menjadi sarana untuk melakukan perdagangan saham.

Berbeda dengan aplikasi saham lainnya, di stockbit, kita bergabung dengan komunitas saham, forum komunikasi antar para investor baik pemula maupun ahli.

Komunitas Stockbit

Komunitas stockbit isinya komentar, chatting, info terbaru antara warganet soal saham.

Buat saya, forum komunitas saham itu penting.

Kenapa ?

Saham adalah instrumen investasi yang sensitif dengan berita, analisa dan bahkan rumour. Jadi, kalau ada ajang untuk saling berwacana, saling tukar pikiran, saling tukar info, akan sangat bermanfaat.

Jangan salah, banyak investor yang sudah berpengalaman bertahun – tahun di investasi trading saham, bersedia berbagi informasi di komunitas Stockbit, secara gratis.

Sharing ini yang nilainya sangat berharga.

Meskipun, karena ini forum terbuka, semua anggota bisa berkomentar, tanpa kita bisa benar-benar tahu identitas mereka, sehingga tidak terhindarkan komentar – komentar yang kadang – kadang tidak masuk akal, tidak berdasar dan lain-lainnya.

Tapi pengalaman saya selama ini mengikuti Stockbit, lama – lama kita akan paham dan bisa mem-filter mana anggota yang pendapatnya bagus dan mana yang tidak.

Selain forum, Stockbit juga menyediakan berbagai data untuk analisa fundamental dan analisa teknikal.

Jadi, stockbit tidak melulu hanya forum, komunitas, tetapi juga menyediakan informasi untuk membantu investor mengambil keputusan investasi saham.

Cara Daftar Sinarmas Sekuritas

Untuk bisa melakukan transaksi, atau membuka trading account di stockbit, saya harus membuka rekening saham di Sinarmas Sekuritas.

Stockbit kerjasama dengan Sinarmas Sekuritas agar pengguna stockbit bisa melakukan jual beli saham.

Sinarmas Sekuritas adalah perusahaan sekuritas yang telah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh OJK, dengan Izin sebagai Penjamin Emisi Efek No. Kep-82/PM/1992 tanggal 29 Februari 1992 dan Perantara Pedagang Efek No. Kep-83/PM/1992 tanggal 29 Februari 1992.

Proses pembukaan rekening di Sinarmas Sekuritas melalui Stockbit adalah:

  1. Register akun Stockbit. Buka melalui website atau aplikasi.
  2. Akses halaman khusus untuk buka rekening saham di Stockbit Web
  3. Isi formulir pendaftaran online. Baca panduan pengisian formulir pendaftaran online
  4. Print dokumen, tanda tangan formulir pendaftaran, & kurir dokumen ke kantor Sinarmas Sekuritas

Sinarmas Sekuritas akan melakukan verifikasi data.

Jika formulir registrasi telah diisi dengan benar dan data yang diperlukan telah lengkap, maka dalam 5-7 hari bursa, konsumen akan mendapatkan email yang berisi ID / username, password serta nomor rekening RDN untuk deposit dana.

Setelah itu, nasabah menyetor dana di rekening dana nasabah (RDN) saham disetor modal, maka bisa melakukan jual beli saham lewat aplikasi Stockbit.

Pelanggan juga akan mendapatkan akses ke aplikasi saham Sinarmas Sekuritas untuk melakukan transaksi. Tetapi, jika tidak menggunakan aplikasi Sinarmas tersebut, pengguna cukup melakukan transaksi lewat aplikasi Stockbit.

Integrasi dilakukan antara stockbit dan Sinarmas Sekuritas, sehingga nasabah melakukan transaksi jual beli di stockbit yang eksekusi dilakukan lewat Sinarmas.

Keunggulan Stockbit

  • Forum chat antar nasabah, sesuatu yang saya tidak pernah temukan di broker lain. Banyak sharing, update berbagai info soal saham secara real-time.
  • Aplikasi Stockbit memiliki desain tampilan yang memudahkan, dengan info yang padat serta informatif, sehingga memudahkan buat pengguna.
  • Informasi laporan keuangan disajikan secara komprehensif dan mudah dibaca, layout-nya tidak rumit. Setiap kali mencari data laporan keuangan, rujukan saya pertama tama selalu ke Stockbit.
  • Stock selection adalah fitur pemilihan saham berdasarkan kriteria tertentu. Stockbit, menyajikan fitur ini dengan banyak pilihan, mulai dari kriteria yang umum sampai kriteria yang nasabah bisa buat sendiri. Pengguna bisa menseleksi saham secara lebih efektif dengan bantuan fitur ini.

Ketentuan perdagangan di Stockbit dengan Sinarmas Sekuritas Sekuritas adalah:

  • Setoran minimal Rp 500 ribu tetapi jika meningkatkan nilai portfolio menjadi Rp 5 juta akan mendapatkan akun Stockbit Pro lifetime yang memberikan banyak akses fasilitas di Stockbit menjadi gratis
  • Fee jual saham : 0.25% (tidak ada minimum fee) 
  • Fee beli saham : 0.15% (tidak ada minimum fee) 
  • Transaksi bisa lewat aplikasi Stockbit di ponsel HP dan desktop PC/Laptop.
  • Rekening Dana Nasabah di BCA, Bank Sinarmas atau Cimb Niaga.

Call Center CS Stockbit Sinarmas Sekuritas

  • Live chat Stockbit Support di website stockbit
  • E-mail: support@stockbit.com.
  • Call center: +62 (021) 5050 7000; +62 (021) 392 5550
  • WhatsApp +62 (021) 392 5540
  • Sinar Mas Land Plaza Menara 3, Lt. 5 Jl. M.H Thamrin No. 51 Jakarta 10350 – Indonesia

#3 Mandiri Sekuritas Online MOST

Mandiri Sekuritas Online
Mandiri Sekuritas Online

Mandiri Sekuritas adalah sekuritas ketiga yang saya buka. 

Bukan karena dana saya besar, tetapi lebih karena kepentingan diversifikasi ke beberapa perusahaan sekuritas, sehingga saya memutuskan buka satu sekuritas lagi.

Saya merasa perlu sekuritas dari perusahaan BUMN.

Sudah lama, saya dengar Mandiri Sekuritas punya reputasi baik untuk investor ritel, terutama aplikasi sahamnya dikenal mudah digunakan dan users friendly.

PT Mandiri Sekuritas memiliki izin pialang saham melalui SK Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) No. 12 Tahun 1992 dan izin penjamin emisi melalui SK Bapepam No. 13 Tahun 1992, terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Aplikasi dari Mandiri Sekuritas disebut MOST, Mandiri Sekuritas Online Trading.

Investor bisa mengakses MOST lewat situs atau mengunduh app di ponsel.

Keunggulan Mandiri Sekuritas

MOST Mandiri Sekuritas
MOST Mandiri Sekuritas

Beberapa fitur Mandiri Sekuritas Online, MOST, yang saya sukai adalah:

  • Mandiri Sekuritas adalah sekuritas BUMN terbesar dan teraktif di bursa.
  • Nasabah bisa daftar secara online, cukup dengan menyiapkan e-KTP, foto selfie dengan memegang e-KTP dan NPWP.
  • Mandiri Sekuritas memiliki produk investasi pasar modal yang lengkap, yaitu: saham konvensional, saham syariah, Reksadana, Obligasi dan SBN, serta emisi IPO. Banyaknya produk membantu konsumen melakukan diversifikasi investasi.
  • Koleksi Reksadana di MOST sangat lengkap, menawarkan berbagai jenis Reksadana tidak hanya dari Mandiri Investasi, tetapi juga Manajer Investasi lain
  • Fasilitas training di kelas secara tatap muka yang komprehensif, terbagi atas 3 level sesuai tingkat pemahaman nasabah.
  • Fasilitas training online lengkap di situs Mandiri Sekuritas
  • Akses terhadap hasil riset dan update harian soal perkembangan pasar dan perekonomian dari para analis berpengalaman dari Mandiri Sekuritas.

Saya merasakan cara penggunaan aplikasi MOST mudah sekali. Tidak rumit. 

Untuk para pemula yang masih takut – takut mulai berinvestasi, Mandiri menyediakan MOST Trial, yaitu tools untuk mengalami secara  langsung trading saham tapi tanpa resiko dan tanpa kehilangan uang.

Cara Daftar Mandiri Sekuritas

Saat buka di Mandiri sekuritas, saya membuat Rekening Dana Investor di Mandiri Tabungan Bisnis.

Untuk itu, Mandiri Sekuritas mewajibkan nasabah membuka rekening tabungan di Bank Mandiri.

Bagusnya, investor yang memiliki rekening pribadi di Mandiri bisa melakukan top up dan penarikan dana tanpa biaya dan lebih cepat.

Minimal Deposit Mandiri Sekuritas

  • Pilihan akun yang tersedia: Reguler, Syariah dan Full Service
  • Minimal setoran awal pembukaan akun: untuk mahasiswa Rp 2.000.000, untuk umum Rp 5.000.000 dan full service Rp 100.000.000

Fee Mandiri Sekuritas

  • Fee jual saham: 0.28% per transaksi (minimum Rp 5.000 per hari)
  • Fee beli saham: 0.18% per transaksi (minimum Rp 5.000 per hari)

Yang perlu Anda ketahui bahwa berlaku minimum fee di Mandiri Sekuritas, artinya seberapapun kecilnya jumlah transaksi saham, minimum fee beli atau jual adalah Rp 5 ribu.

Perbedaan antara akun regular dan full service adalah:

  • Regular. Transaksi sendiri (tanpa bantuan broker) menggunakan aplikasi atau web-based. Fee Buy: 0.18% dan Sell: 0.28%. 
  • Full Service. Kombinasi layanan transaksi saham secara online dan konvensional (via telepon) dengan bantuan broker. Fee Buy : 0.25% sedangkan Sell : 0.35%

Call Center CS Mandiri Sekuritas:

  • website: https://www.most.co.id/
  • Care Center-Telepon: 14032
  • Care Center-Email care_center@mandirisek.co.id
  • Instagram: @mandiri_sekuritas

#4 BNI Sekuritas

BNI Sekuritas
BNI Sekuritas

BNI Sekuritas adalah rekening saham yang saya buka hanya untuk berjaga – jaga.

Walaupun belum sempat menggunakan untuk jual beli saham, saya sudah belajar fitur – fiturnya sehingga bisa menceritakan kenapa BNI sekuritas adalah salah satu perusahaan sekuritas terbaik online untuk pemula.

PT BNI Sekuritas didirikan 12 April 1995 sebagai anak perusahaan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk., yang sahamnya 75% dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. dan 25% dimiliki oleh SBI Securities Co., Ltd.

PT BNI Sekuritas bergerak di bidang pasar modal yang meliputi perdagangan saham, perdagangan surat utang, investment banking dan assets management dengan nomor Izin Usaha Perusahaan Efek.

Cara Daftar BNI Sekuritas

Di BNI tersedia dua jenis fasilitas transaksi saham, online dan hybrid.

Online adalah nasabah melakukan transaksi sendiri, lewat aplikasi saham, tanpa bantuan team sales di kantor BNI Sekuritas.

Hybrid adalah proses transaksi dengan bantuan sales

Saya memilih online karena syaratnya lebih murah dan lebih fleksibel dalam transaksi main saham.

Proses pembukaan rekening di BNI Sekuritas secara online:

  1. Registrasi data anda pada laman : bnisekuritas.co.id/regonline
  2. Cetak, tambahkan materai 6000 dan tandatangan pada kolom yang diperlukan
  3. Lampirkan fotokopi KTP dan NPWP, kirim ke : BNI Sekuritas, Sudirman Plaza, Indofood Tower lantai 16, Jl. Jend. Sudirman Kav 76-78 Jakarta 12910

Pihak BNI Sekuritas akan mengirimkan email yang menyatakan bahwa BNI Sekuritas sudah membuka rekening dan konsumen sudah bisa menggunakan untuk transaksi saham.

Keunggulan BNI Sekuritas

Ketentuan perdagangan saham di BNI Sekuritas adalah:

  • Setoran minimal adalah Rp 1 juta (vs Rp 5 juta hybrid).
  • Fee jual saham : 0.25% (tidak ada minimum fee) 
  • Fee beli saham : 0.15% (tidak ada minimum fee) 
  • Transaksi bisa lewat ponsel HP dan desktop PC/Laptop dengan aplikasi esmart.

Fee transaksi di BNI Sekuritas membuatnya menjadi sekuritas fee terendah dibandingkan sekuritas lain, terutama di fee jual saham.

Aplikasi saham BNI sekuritas terbagi dari dua produk yaitu untuk product Reguler dan Market Syariah, dimana perbedaan dari sisi data, yaitu data saham yang tidak termasuk ke dalam market syariah, contohnya saham bank, akan tampil dengan tulisan dengan tipe Strikethrough atau dicoret untuk market Syariah.

Di BNI Sekuritas, nasabah rekening saham otomatis bisa melakukan jual beli Reksadana, dengan mengisi satu form yang diisi bersamaan pendaftaran rekening saham.

Dengan juga membuka rekening reksadana, jika nasabah sedang tidak ingin berinvestasi di saham, daripada uang ditarik, bisa di parkir ke reksadana. Dan jika nanti diperlukan, dana bisa langsung ditarik.

Call Center CS BNI Sekuritas

  • Website: https://www.bnisekuritas.co.id/
  • Sudirman Plaza Indofood Tower Lt. 16 Jl.Jend.Sudirman Kav. 76-78 Jakarta 12910
  • Telp. (021) 2554-3946 Fax. (021) 5793-5831
  • E-mail: customercare@bnisekuritas.co.id

#5 CIMB Sekuritas

CIMB Sekuritas
CIMB Sekuritas

CIMB Sekuritas adalah sekuritas ke-4 yang saya buka.

Saya buka CIMB sekuritas karena saat itu saya butuh perusahaan sekuritas terbaik yang memberikan layanan research report, laporan riset secara berkala dengan kualitas yang bagus.

Akses research emiten saham dari analis  itu penting, tetapi mahal, terutama untuk investor ritel seperti saya.

Jadi, salah satu cara yang saya lakukan adalah mencari broker saham yang di dalamnya menyediakan layanan riset secara gratis.

Saya ketemu, CIMB Sekuritas.

Keunggulan Cimb Sekuritas

Saya lihat CIMB Sekuritas memiliki laporan – laporan riset di CIMB yang bagus dan rutin dipublikasikan, serta komprehensif karena tidak hanya cover per saham tetapi juga laporan analisa per sektor industri dan perekonomian nasional.

Disamping itu, laporan riset CIMB tidak hanya terbatas di Indonesia, tetapi juga seluruh ASEAN dimana Cimb beroperasi.

Sebagai nasabah di CIMB, saya bisa mendapatkan akses gratis atas laporan riset tersebut.

Saya pikir bisa juga untuk diversifikasi, maka saya tempatkan beberapa transaksi saham di Cimb Sekuritas.

Karena buka rekening saham sudah lama dengan cara yang masih konvensional, bukan online, saya tidak bisa komentar klaim pembukaan rekening online yang diklaim cepat di Cimb.

Buka Rekening Cimb Sekuritas

  • Unduh, isi dan tanda tangan Formulir Aplikasi Pembukaan Rekening dan lengkapi dokumen kelengkapan.
  • Setelah dokumen tersebut diisi dan ditandatangani, silahkan hubungi Customer Service kami atau Pialang anda untuk penyerahan dokumen-dokumen pembukaan dan aktivasi rekening.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP), untuk Warga Negara Indonesia
  • Paspor yang berlaku, untuk Warga Negara Asing. Untuk Warga Negara Asing yang berdomisili di Indonesia harus menyertakan fotocopy KITAS yang berlaku
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama sendiri atau atas nama suami bagi Ibu-ibu yang menggunakan NPWP suami. Tax Identification Number (TIN) untuk Warga Negara Asing

Dalam.setahun terakhir, Cimb Sekuritas fokus di pengembangan perdagangan online.

Salah satunya, Cimb menyediakan pembukaan rekening saham online yang diklaim bisa dilakukan dalam waktu 1 hari.

Aplikasi perdagangan saham Cimb Sekuritas bisa diakses lewat:

  1. Desktop di PC atau Laptop dengan mengakses situs trading Cimb Securities. Jadi, kita tidak perlu mendownload ke PC/Laptop.
  2. Aplikasi CGS-CIMB iTrade Cimb Sekuritas di ponsel HP yang terdapat di PlayStore.

Minimum setoran dana awal adalah Rp. 1.000.000,-. Setoran dana awal ini akan dibukukan dalam rekening dana nasabah.

Call Center CS Cimb Sekuritas:

Review Broker Saham Sekuritas Terbaik

Dari 5 sekuritas di atas, semua sudah pernah saya coba langsung untuk melakukan trading dan investasi saham, kecuali BNI Sekuritas yang sudah saya buka, pelajari fitur – fiturnya, tapi belum melakukan transaksi.

Kesimpulan saya satu bahwa tidak ada sekuritas yang sempurna !

Semua punya keunggulan dan kelemahan masing – masing. Nobody is perfect !

Saran saya untuk Anda yang lagi cari sekuritas terbaik:

  1. Tentukan berapa uang yang akan Anda investasikan di pasar modal. Ini kaitannya dengan setoran modal minimum karena setiap broker punya ketentuan yang berbeda – beda, tidak seragam.
  2. Lakukan trial, jika memungkinkan, di setiap aplikasi saham, supaya Anda dapat feel-nya bagaimana melakukan transaksi dengan aplikasi tersebut. Buat saya, aplikasi yang mudah digunakan, user friendly itu penting.
  3. Lakukan diversifikasi untuk berjaga-jaga, jika terjadi sesuatu di suatu broker, Anda masih punya simpanan di broker lain.
  4. Ada banyak bahan untuk dipelajari yang tersedia di setiap sekuritas. Manfaatkan bahan training gratis tersebut untuk memiliki pemahaman lebih dalam soal transaksi, perdagangan, broker dan sekuritas saham.
  5. Siap dengan kenyataan bahwa tidak ada sekuritas yang sempurna. Jadi, at the end of the day, Anda harus memilih.

Daftar Perusahaan Terdaftar di BEI

Daftar Perusahaan Sekuritas BEI
Daftar Perusahaan Sekuritas BEI

Selain ke-5 perusahaan sekuritas terbaik versi saya, yang tentu subjektif berdasarkan pengalaman pribadi saya menggunakan selama ini, Anda bisa melihat daftar sekuritas terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia).

Daftar lengkap dan profil setiap perusahaan sekuritas bisa Anda lihat di situs IDX.

BEI menyediakan statistik lengkap setiap perusahaan sekuritas dalam periode harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Anda bisa gunakan data – data ini untuk memilih broker saham terbaik.

Salah satu contohnya, data April 2020, saya kutip dari data BEI menunjukkan ranking perusahaan sekuritas berdasarkan nilai transaksi dan saya garis bawahi 5 broker saham yang saya bahas sebelumnya dalam tabel di bawah ini:

Perusahaan Sekuritas Berdasarkan Volume Transaksi BEI
Perusahaan Sekuritas Berdasarkan Volume Transaksi BEI

Selamat Memilih !

Bagikan Melalui

Artikel Terkait

Sekuritas Tutup Bangkrut

Sekuritas Broker Saham Tutup Bangkrut Suspend (...

October 9, 2020 0 Komentar

Bagaimana jika sekuritas broker saham tutup, bangkrut, kena suspend atau bubar? Apakah uang dan s... Baca Lagi

saham fundamental bank

Cara Analisa Fundamental Saham Bank BBCA BBRI B...

September 18, 2020 0 Komentar

Saham perbankan adalah sektor saham favorit saya dan selama ini sudah memberikan kinerja harga ya... Baca Lagi

KSEI Saham

Apa itu Akses KSEI | Perlindungan Saat Sekurita...

August 31, 2020 0 Komentar

Bagaimana kalau broker sekuritas saham tutup, bubar atau suspend dibekukan izinnya oleh OJK ? Apa... Baca Lagi

Trading Saham

10 Aplikasi Trading Saham Online Terbaik untuk ...

August 21, 2020 1 Komentar

Investasi saham membutuhkan aplikasi trading yang bisa diandalkan dan mudah digunakan. Saya menca... Baca Lagi

Wall Street Bursa Saham

Pengalaman Investor Indonesia Sukses Investasi ...

August 18, 2020 1 Komentar

Apakah bisa main saham di pasar USA dengan sukses, mudah dan murah ? Bisa ! Ada beberapa investor... Baca Lagi

ETF USA eToro

ETF Reksadana Indeks | Cara Investasi Saham Mur...

July 28, 2020 0 Komentar

Orang awam pemula yang masih takut – takut, sekarang bisa masuk investasi di pasar saham, c... Baca Lagi

Komentar(1 Komentar)

  1. hehe,, saya pake ipot buat invest sama mirae buat trading.
    thanks rekom sekuritas yg lain..

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan di publish