Advertisements
Categories: Saham

Dividen Saham | Investasi Aman Untung 10% Diatas Properti, Emas, Reksadana

Advertisements

Dividen saham adalah cara investasi yang tidak hanya aman tetapi juga menguntungkan. Return dividen mencapai 10% setahun, lebih tinggi dari properti rumah apartemen, emas dan reksadana. Banyak orang belum tahu keuntungan deviden saham.

Dari pengalaman, saya berbagi cara melakukan investasi dividen saham dan menunjukkan contoh bagaimana saham yang saya beli memberikan keuntungan yang bagus sekali.

Ada banyak pilihan investasi, sebenarnya. Tapi, sayangnya, hanya sedikit instrumen investasi yang dimanfaatkan orang di Indonesia.

Survei Manulife Indonesia menunjukkan bahwa mayoritas orang Indonesia masih menempatkan uangnya di Deposito dan Tabungan.

Hasil survei ini konsisten dari tahun ke tahun.

Tentu saja, ini bukan cara penempatan uang yang tepat – deposito atau tabungan seharusnya paling banyak 10% dari portofolio asset Anda.

Advertisements

Tapi, kenapa masih banyak yang melakukan hal ini ? Meskipun dunia investasi di Indonesia sudah berkembang pesat dalam satu dekade terakhir.

Salah satunya, dugaan saya, soal literasi keuangan yang masih rendah di masyarakat.

Survei OJK secara rutin mengkonfirmasi hal ini. Masih sedikit orang yang punya literasi keuangan baik di Indonesia.

Munculnya kasus investasi bodong secara berulang – ulang adalah bukti rendahnya pemahaman keuangan.

Advertisements

Data Bursa Efek Indonesia menunjukkan jumlah investor saham aktif di bursa hanya mencapai 97,688. Amat sedikit dibandingkan jumlah penduduk dewasa di Indonesia.

Cara mendorong literasi keuangan lebih baik adalah mengenalkan produk keuangan yang ada. Instrumen lain, diluar deposito dan tabungan, yang bisa dimanfaatkan untuk mencapai tujuan keuangan.

Saya ingin memperkenalkan dividen saham sebagai cara investasi dengan return tinggi dan aman.

Return dividen, berdasarkan data historis di bursa efek Indonesia dan pengalaman saya, mencapai paling tidak 10% setahun. Lebih tinggi dibandingkan Anda menaruh uang di properti rumah apartemen, emas dan bahkan Reksadana.

Saham

Sebelum melakukan investasi dividen, Anda pelu tahu apa itu saham dan bagaimana mekanismenya.

Saham adalah bukti kepemilikan dalam perusahaan yang memberikan hak untuk memperoleh pembagian keuntungan berdasarkan porsi saham yang Anda miliki.

Dengan menyertakan modal ke dalam perusahaan, Anda memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas asset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Saham disebut surat berharga.

Definisi dalam UU Pasar Modal 8 1995 , “Efek adalah surat berharga, yaitu surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, Unit Penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas Efek, dan setiap derivatif dari Efek”.

Apa itu Dividen

Sebagai pemegang saham, Anda akan menerima dividen jika perusahaan atau emiten memutuskan mengalokasi profit dengan membagikan dividen untuk shareholders.

Perusahaan memiliki beberapa pilihan dalam menggunakan laba, yaitu:

  • Laba Ditahan. Profit ditahan perusahaan, digunakan untuk investasi kembali dan tidak dibagikan ke shareholders.
  • Stock BuyBack. Profit digunakan untuk membeli kembali (buy-back) saham di bursa efek. Stock buyback umum terjadi di Wall Street, tetapi di Indonesia sangat jarang terjadi.
  • Dividen. Profit dibayarkan secara tunai kepada shareholders sebagai dividen.

Keputusan penggunaan laba ditentukan dalam RUPS.

Jika seorang pemodal ingin mendapatkan dividen, maka pemodal tersebut harus memegang saham tersebut dalam kurun waktu yang relatif lama yaitu hingga kepemilikan tersebut berada dalam periode dimana diakui sebagai shareholders yang berhak mendapatkan dividen.

Bagaimana Dividen Menghasilkan Keuntungan

Dividen dibayarkan secara tunai kepada pemegang saham – mekanismenya saya akan jelaskan terpisah.

Uang tunai dari dividen, layaknya bunga yang diterima pemilik deposito, atas saham yang dimiliki.

Total penerimaan adalah hasil dari jumlah lembar saham yang dimiliki dengan dividen tunai per saham.

Bedanya dengan bunga deposito, jumlah dan frekuensi dividen tidak pasti, tergantung kinerja perusahaan dan keputusan RUPS.

Kinerja perusahaan yang bagus sekalipun tidak menjamin emiten akan membayar dividen ke pemilik saham. Banyak perusahaan dengan kinerja bagus di BEI, tetapi pelit atau jarang membayar dividen.

Namun, belum tentu emiten yang tidak melakukan pembagian dividen adalah perusahaan yang buruk. Kemungkinan Direksi melihat peluang atau kebutuhan perusahaan yang lebih urgent untuk menginvestasikan kembali laba ke perusahaan.

Sekarang, bagaimana mengukur untung tidaknya dividen ?

Kembali ke deposito, bunga dihitung dari prosentase penempatan dana Anda di deposito.

Cara perhitungan keuntungan dividen sama.

Return dividen dihitung dari jumlah dividen per saham dibagi harga saham yang Anda beli.

Untuk menghitung return, Anda perlu memahami beberapa indikator dalam investasi dividen, yaitu:

  • Dividen Payout Ratio menunjukkan berapa persen laba perusahaan yang dibagikan sebagai dividen. Semakin tinggi Payout, semakin bagus, karena jumlah dividen yang diterima pemilik saham akan semakin tinggi.
  • Dividen Yield Ratio menunjukkan berapa persen dividen dari nilai saham. Layaknya ini adalah ukuran seperti bunga deposito atau return investasi.
  • Konsistensi dalam membagikan dividen. Karena tidak semua emiten saham membagi keuntungan sebagai dividen, Anda perlu melihat lihat bagaimana konsistensi perusahaan soal ini dalam beberapa tahun.

Gunakan indikator tersebut untuk memilih saham dengan dividen paling menarik.

Biasanya, saya cari saham yang memberikan dividen yield diatas 10% dan konsisten membayar dividen dalam 5 tahun terakhir.

Return 10% dari yield menunjukkan bahwa investasi dividen memberikan keuntungan yang tinggi.

Anda bisa bandingkan yield 10% ini dengan keuntungan dari investasi properti, emas dan reksadana.

Bayar Dividen = Kinerja Perusahaan Bagus

Membagikan dividen saham, tidak hanya memberikan keuntungan buat pemegang saham, tetapi juga menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kinerja yang baik dan proven (ini penting !).

Laba tinggi seringkali belum mencerminkan kinerja perusahaan yang bagus. Ada banyak teknik accounting yang bisa “memainkan” laba.

Munculnya kasus – kasus manipulasi laporan keuangan, misalnya Enron di Amerika Serikat, menunjukkan bahwa profit di laporan keuangan bisa tidak riil, bisa hanya untung di atas kertas, tanpa real cash-flow.

Investor butuh bukti untuk menunjukkan kinerja.

Dividen adalah salah satu bukti paling kuat, bahwa perusahaan menghasilkan uang dan punya kinerja bagus.

Tidak mungkin emiten yang kinerjanya jelek membagikan dividen tunai.

Dividen adalah real money yang dibayar perusahaan ke pemilik saham.

Laba tinggi bisa saja, tanpa betul – betul ada cash flow-nya. Tetapi jika bagi dividen, pasti perusahaan menghasilkan real cash-flow.

Apalagi, jika perusahaan selalu membayar dividen secara konsisten selama beberapa tahun ke belakang tanpa putus.

Di Wall Street, investor mengenal saham yang disebut Dividend Aristocrats, yaitu perusahaan yang senantiasa meningkatkan dividen payout selama 25 tahun atau lebih.

Dividend aristocrats menjadi incaran investor yang ingin mendapatkan keuntungan dari pembayaran dividen per lembar saham.

Keuntungan Investasi Dividen Saham

Apa untungnya melakukan investasi ini ?

  1. Dividen memberikan penghasilan secara rutin (recurring income) buat Anda. No matter, nilai saham naik atau turun, investor menerima pembayaran uang tunai dari dividen berdasarkan lembar saham.
  2. Peace of mind dengan passive investing, karena Anda tidak perlu khawatir dengan naik turunnya harga saham di pasar setiap hari. Selama bisa menemukan perusahaan yang solid dan rajin menebar dividen, itu sudah cukup dan Anda silahkan duduk manis membiarkan management perusahaan yang bekerja untuk mendeliver results.
  3. Dana Pensiun. Dengan cara investasi dividen saham yang rileks, passive, tidak perlu mantengin harga saham setiap hari, dan recurring (berulang), Anda bisa menggunakan dividen untuk dana pensiun. Di Indonesia, mungkin tidak umum mengandalkan dividen saham untuk sumber penghasilan pensiun, tetapi di USA banyak orang melakukan pensiun dini, early retirement, dengan menggunakan dividen sebagai sumber penghasilan.
  4. Saat pasar turun drastis, saham yang. memberikan devidend tetap mendatangkan keuntungan untuk Anda, meskipun harga sahamnya turun tajam.

Cara Menghitung dan Membagi

Semuanya dimulai dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dalam rapat, shareholders memutuskan membayarkan dividen tunai per saham dalam jumlah tertentu.

Siapa pemilik saham yang berhak mendapatkan ?

Berdasarkan hasil RUPS tersebut, diumumkan di surat kabar, Direksi menyusun kriteria pemilik saham yang berhak menerima dividen. Broker saham Anda akan menyampaikan tanggal pembayaran dividen saham dalam email.

Setelah hasil RUPS diumumkan di media massa, broker Anda akan mengirimkan pemberitahuan soal tata cara menghitung dan membagi dividen.

Berikut ini adalah pemberitahuan rencana pembayaran deviden tunai saham Bank BRI (BBRI) yang saya terima dari broker. Pemberitahuan ini secara lengkap menyampaikan semua aspek soal pembagian deviden.

Jadwal Dividen Tunai BBRI 2020
  • Cum Date Deviden adalah tanggal terakhir Anda beli saham dan setlah itu bisa mendapatkan deviden dengan jumlah yang sudah diputuskan di RUPS.
  • Ex Date Deviden adalah tanggal mulai Anda beli saham dan sudah tidak mendapatkan deviden.
  • Payment Date adalah tanggal pembayarn dividen ke rekening di broker Anda.

Berikut ini adalah surat yang saya terima saat pembayaran dividen Bank BRI (BBRI) dilakukan, sebagai berikut:

Surat Pembayaran Dividen BBRI

Anda bisa lihat poin – poin penting dalam surat pemberitahuan deviden, yaitu:

  • Jumlah deviden yang dibayar Rp 168 per saham
  • Pajak 10% untuk deviden
  • Total uang yang saya terima dari pembayaran deviden
  • Kapan deviden tunai masuk rekening saya.

Pajak Dividen

Sebagai penghasilan, tentu saja, dividen tunai dikenakan pajak, dengan ketentuan berikut:

  • Individu: 10% dari penghasilan bruto (NPWP) [PPh Final Pasal 4 ayat 2]
  • Badan Usaha: 15% dari penghasilan bruto (NPWP), 30% (non-NPWP) [PPh Pasal 23] dan Tidak berlaku bagi kepemilikan saham 25%.

Ini adalah ketentuan untuk pemilik saham lokal.

Pembayaran dividen yang Anda terima sudah dipotong pajak.

Berapa Untungnya Dividen Saham ?

Untuk melihat keuntungan, return, yang diberikan oleh investasi ini, saya mengumpulkan data pembayaran dividen di 2019 untuk saham – saham yang punya kinerja baik dan membandingkan dengan harga sebelum bagi dividen untuk melihat berapa % keuntungan yang bisa dicetak.

Ini daftarnya (catatan: harga adalah harga saat cum-date):

SahamDividen (Rp)Harga Saham (Rp)Keuntungan
PTBA3263,7908.60%
UNTR1,19326,6754.47%
HMSP1173,4003.44%
ADRO671,2805.23%
ITMG3,14013,30023.60%

Dari daftar ini, Anda bisa perhatikan beberapa hal:

  • Keuntungannya cukup impresif. Beberapa saham mencatat return dividen => 5%, dihitung dari harga sebelum bagi deviden tunai.
  • Ada banyak saham menyediakan keuntungan diatas 5% ini. Artinya, Anda punya banyak pilihan untuk melakukan deviden investment.
  • Saham blue-chip, seperti PTBA, HMSP, UNTR mencetak return deviden diatas 5% yang bagus sekali untuk ukuran saham blue-chip. Tidak hanya memberikan uang tunai secara rutin, saham blue-chip biasanya menawarkan capital gain yang bagus pula
  • Dengan nilai dividen yang sama, turunnya harga saham di pasar justru meningkatkan return deviden investing.

Pengalaman Investasi Dividen Saham PTBA

Saya ingin berbagi pengalaman melakukan investasi saham di BUMN PT Bukit Asam (PTBA) yang memberikan return dividen.

PTBA adalah perusahaan BUMN Batu Bara terbesar di Indonesia dengan kinerja yang cemerlang, yaitu:

Related Post
  • Return on Equity (ROE) mencapai 24.5%. Bukti bahwa perusahaan ini sangat efisien dalam mengelola modal shareholders dan menghasilkan keuntungan paling optimum.
  • Tidak memiliki hutang bank. Bukti bahwa PTBA sanggup membiayai operasional perusahaan dari cash-flow internal dan kebal jika terjadi goncangan eksternal.
  • Advertisements
  • Bisnis batu bara solid. Pasar batubara PTBA berasal dari dalam negeri dengan mayoritas pembangkit listrik PLN mendapatkan pasokan dari PTBA. Meskipun harga batu bara di pasar internasional merosot, PTBA sudah punya captive market di dalam negeri.

Dengan kinerja yang solid tersebut, PTBA rajin dan konsisten membagi dividend ke pemilik saham.

Saya mencatat pembagian dividen PTBA dalam lima tahun terakhir adalah sebagai berikut:

Pembagian Dividen PTBA

Dengan pembagian tersebut, dividend yield PTBA mencapai 10% atau bahkan lebih.

Penyebab PTBA bisa membagi deviden tunai dalam jumlah besar adalah dividend payout yang tinggi, mencapai 87.4%.

Yang tidak kalah penting, PTBA membagi dividen secara konsistendari tahun ke tahun.

Bukti bahwa saham ini punya kinerja solid, ditunjukkan oleh pembagian dividen tunai, dan keuntungan buat investor saham ini.

Saya melakukan eksperimen untuk membuktikan bahwa dividend investing itu menguntungkan.

Sejak kuartal ke-4 tahun 2019 sampai Februari 2020, saya rajin membeli saham PTBA secara bertahap.

Mengacu pada tahun 2019 sebelumnya, PTBA biasanya mengadakan RUPS untuk memutuskan deviden tunai di akhir Maret 2020.

Catatan: karena pandemi Covid-19, RUPS diundur ke Mei 2020.

Jadi, saya beli sebelum tanggal penentuan dividen tersebut. Kebetulan, harga saham PTBA tertekan sejak akhir 2019 sampai Feb 2020..

Karena krisis virus Corona dari China, harga saham – saham di Indonesia turun tajam, termasuk PTBA. Padahal, kinerja PTBA baik – baik saja.

Trend Harga Saham PTBA

Sewaktu tulisan dipublikasin di blog, PTBA belum membagi dividen dan belum ada informasi berapa besar nilai dividen yang akan dibayarkan.

Tetapi, saya optimis bahwa PTBA akan membagi dividen dalam jumlah yang lumayan besar karena beberapa hal:

  • Pemerintah sedang getol-getolnya meminta kontribusi BUMN untuk menambal APBN dan hal itu lebih efektif dilakukan lewat pembagian dividen. Bagaimanapun juga, pemerintah adalah pemiliki saham mayoritas.
  • Kinerja laba PTBA cukup baik, meskipun estimasi profitnya menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Jika estimasi profit 2019 menggunakan payout di 2019 atas profit 2018 maka dividen yield mencapai diatas 10% dengan rata – rata harga saham di Rp 2,300-an.
  • Meskipun ada krisis di China karena virus Covid, namun PTBA getol membangun PLTU di dalam negeri, yang akan meningkatkan permintaan batubara dari dalam negeri. Banyak perusahaan batubara lain mengalami gangguan kinerja ketika pasar luar negeri goyang, khususnya China, sementara PTBA membangun sumber permintaan yang lebih terdiversifikasi.
  • Advertisements

Nanti, harga rata – rata pembelian PTBA yang saya lakukan akan saya bandingkan dengan pembagian dividen tunai yang diberikan oleh PTBA, guna mengetahui berapa dividen yield atau dalam bahasa sederhananya berapa bunga atau return dividen.

Kemungkinan besar di akhir Maret 2020, kita sudah akan tahu berapa nilai yang akan dibagikan.

Jadwal Dividen

Bagaimana mengetahui jadwal pembagian dividen saham, misalnya di 2020 atau 2019 yang sudah terjadi untuk melihat riwayat pembagian ?

Cara mengetahui jadwal pembagian dividen saham adalah:

  1. Pengumuman perusahaan emiten saham di media massa soal rencana pembagian dividen
  2. Masuk ke situs Bursa Efek Indonesia, idx.co.id, cari saham perusahaan yang ingin dicek, nanti di setiap saham ada pengumuman soal dividen
  3. Masuk ke situs KSEI, pilih bagian ‘Publikasi‘, lalu pilih ‘Pengumuman Corporate Action’ yang berisi informasi, salah satunya, rencana perusahaan membagikan dividen tunai.
  4. Sekuritas broker saham yang Anda gunakan akan menyampaikan info jikas saham yang Anda miliki akan membagikan dividen

Tips Investasi Dividen Saham

Apa tips agar jenis investasi ini berhasil ?

Pilih Perusahaan Tepat

Kuncinya adalah Anda beli perusahaan yang kinerjanya solid dan rajin membagi dividen.

Untuk mencari perusahaan ini, sebenarnya tidaklah sulit. Anda bisa melihat dividen payout dan dividen yield untuk memilih perusahaan tersebut.

Bisa gunakan menu Filter di aplikasi saham untuk memilih saham yang masuk kriteria dividen yield.

Saya biasanya menggunakan cut-off yield 10% untuk memilih perusahaan untuk investasi dividen.

Jangan lupa untuk melihat historis pembayaran dividen selama 5 atau 10 tahun ke belakang. Semakin konsisten semakin bagus.

Perusahaan yang bagus biasanya, tidak hanya membayar dividen tunai dalam jumlah besar, tetapi membayar secara konsisten dari tahun ke tahun.

Belikan Saham Lagi

Paling bagus, uang hasil pembayaran dividen Anda belikan saham lagi.

Cara ini membuat Anda bisa memanfaatkan coumpunding effect dalam investasi saham.

Efek dari dividend re-investing akan terasa dalam jangka panjang karena efek compunding ini.

Di pasar saham yang sudah maju, dividend re investing bisa investor lakukan, yaitu hasil dividend langsung dibelikan saham secara otomatis, jika Anda memilih opsi dividend reinvesting pada broker.

Di Indonesia, pilihan dividen reinvesting belum tersedia. Anda harus melakukannya secara manual.

Anda terima uang tunai dari dividen, yang kemudian langsung Anda belikan saham lagi.

Gunakan ETF Dividend Yield

Ingin dividend investing tapi tidak tahu atau tidak punya waktu untuk memilih sahamnya ?

Saat ini, sudah ada ETF khusus Dividend Investing, yang menyusun portfolio berdasarkan saham yang memiliki track record pembayaran dividen paling bagus dan paling rajin.

Berikut ini contoh beberapa ETF tersebut:

  • S&P 500 DIVIDEND ARISTOCRATS ETF yang memiliki portfolio 40 saham di S&P500 USA yang punya track-record pembayaran dividend secara konsisten dalam 25 tahun terakhir atau lebih. ETF ini mencatat 2.40% dividen yield
  • Vanguard International High Dividend Yield ETF (VYMI) yang mengkoleksi portfolio 969 saham internasional (diluar USA) dengan dividen tinggi serta konsisten.. ETF ini mencatat 5.83% dividen yield

Keuntungan menggunakan ETF adalah: (1) diverifikasi resiko yang optimal dengan portfolio tersebar di banyak perusahaan; (2) passive income, pengelolaan emuanya diserahkan pada ETF.

Butuh Kesabaran dan Long Term View

Satu hal kunci kebarhasilan strategi investasi ini adalah kesabaran dan visi jangka panjang.

Ini bukan jenis investasi day-trading, yang hari ini beli besok jual.

Paling tidak, Anda butuh 3 tahun sd 5 tahun bermain dalam investasi saham untuk bisa mendapatkan hasil paling optimal.

Hasil deviden baru terasa setelah efek compunding Anda rasakan, yang mana membutuhkan waktu yang tidak cepat.

Anda harus punya long-term view jika ingin berhasil investasi deviden.

Cara Mencari Saham Deviden Bagus

Bagaimana mencari saham yang punya kinerja dividen bagus dan konsisten ?

Dulu saya melakukannya satu per satu, setiap saham yg blue-chip, saya cek laporan keuangan dan pembayaran dividen.

Cara ini bagus untuk melatih mengenal saham tersebut (bagaimana pun juga kita harus mengenal tempat kita akan menempatkan uang).

Tapi, sekarang dengan kemajuan teknologi digital dan online, data saham soal dividen sudah tersedia dan bisa diakses dengan cepat dan mudah.

Advertisements

Saya menggunakan stock screener, yang tersedia di aplikasi saham StockBit, yang dalam fitur tersebut saya bisa buat kriteria pemilihan saham berdasarkan variabel berikut ini:

  • Dividend Yield Terakhir
  • Dividend Yield dalam 3 Tahun Terakhir (rata-rata)
  • Dividend Yield dalam 5 Tahun Terakhir (rata-rata)
  • Dividen Payout Ratio Terakhir
Daftar Saham Dividen

Tata Cara Pembagian Dividen

Bagaimana dan apa dasar hukum (UU PT, Peraturan OJK, BEI) soal pembagian dividen ?

Pembagian dividen adalah bagian dari Perusahaan Terbatas (PT), yang menurut Pasal 15 ayat (1) huruf i Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“UUPT”) diatur dalam anggaran dasar (“AD”) perusahaan.

Pasal 71 UUPT yang berbunyi sebagai berikut:

  1. Penggunaan laba bersih termasuk penentuan jumlah penyisihan untuk cadangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 70 ayat (1) diputuskan oleh RUPS.
  2. Seluruh laba bersih setelah dikurangi penyisihan untuk cadangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 70 ayat (1) dibagikan kepada pemegang saham sebagai dividen, kecuali ditentukan lain dalam Rapat Umum Pemegang Saham (“RUPS”).
  3. Dividen sebagaimana dimaksud pada ayat (2) hanya boleh dibagikan apabila Perseroan mempunyai saldo laba yang positif.

Berdasarkan Pasal 71 ayat (2) UUPT, dividen yang dapat dibagikan kepada pemegang saham adalah seluruh laba bersih setelah dikurangi penyisihan untuk cadangan kecuali ditentukan lain dalam RUPS.

Peraturan OJK dan BEI

Menurut POJK, dalam hal terdapat keputusan RUPS terkait dengan pembagian dividen tunai, Perusahaan Terbuka wajib pembayaran dividen tunai kepada pemegang saham yang berhak paling lambat 30 (tiga puluh) hari setelah diumumkannya ringkasan risalah RUPS yang memutuskan pembagian dividen tunai.

Ringkasan risalah RUPS wajib memuat informasi paling kurang: pelaksanaan pembayaran dividen tunai kepada pemegang saham yang berhak, jika terdapat keputusan RUPS terkait dengan pembagian dividen tunai.

Emiten atau Perusahaan Publik wajib menyampaikan laporan Informasi atau Fakta Material kepada Otoritas Jasa Keuangan dan melakukan pengumuman Informasi atau Fakta Material kepada masyarakat, termasuk pembagian dividen interim.

Jadwal Pembagian Dividen 2019 2020

Kapan pembagian dividen dilakukan ? Untuk mengetahui jadwal pembagian dividen, ada beberapa sumber informasi, yaitu:

Situs Bursa Efek Indonesia

Bursa Efek Indonesia adalah sumber informasi utama, termasuk jadwal pembagian dividen. Anda bisa melihat di masing – masing emiten saham soal kapan dan berapa jumlah dividen yang dibagikan.

Cek di pengumuman masing – masing emiten saham yang terdapat di BEI.

Broker Saham

Di aplikasi saham milik broker, Anda bisa mengecek di bagian Corporate Action, salah satunya soal pembagian deviden (jadwal, tata cara dan jumlahnya).

Tanya Jawab

  1. Apa itu Dividen

    Pembagian keuntungan dalam bentuk tunai oleh perusahaan kepada pemegang saham.

  2. Bagaimana cara pembagian dividen

    Keputusan pembagian dilakukan dalam RUPS yang menentukan jumlah dividen per saham dan tanggal pembagian.

  3. Apakah investasi dividen menguntungkan ?

    Ya karena memberikan pembayaran tunai kepada pemegang saham dan tidak terpengaruh oleh fluktuasi harga saham di pasar.

  4. Apakah investasi dividen bisa digunakan untuk dana pensiun

    Bisa. Sifat pembagian dividen yang rutin dan tidak memerlukan investasi aktif, cocok untuk dana pensiun.

  5. Apakah ada pajak dividen

    Ada, sebesar 10% dari nilai dividen yang dibayarkan.

  6. Apakah pembagian dividen dipengaruhi pergerakkan harga saham

    Tidak. Dividen ditentukan oleh kinerja perusahaan.

Kesimpulan

Investasi saham adalah instrumen yang memberikan return paling tinggi dibandingkan instrumen investasi lainnya.

Dalam kondisi pasar saham terkapar, banyak orang khawatir apakah investasi saham perusahaan masih bisa memberikan keuntungan.

Masih bisa !

Salah satunya dengan melakukan deviden investing, yang pembayaran deviden tidak terpengaruh oleh naik turunnya. harga saham. Malahan harga saham yang turun memberikan return deviden yang lebih tinggi.

Share
Published by
R Quiserto

Recent Posts

10 Pinjaman Kredit Laptop Online Tanpa DP Cicilan 0% Tanpa Bunga

Beli laptop bisa dicicil dengan kredit laptop yang banyak ditawarkan secara online di berbagai toko… Read More

1 week ago

20 Pinjaman Online Tanpa Jaminan Izin OJK

Pinjaman online tanpa jaminan menawarkan kemudahan kredit, cukup KTP saja, tanpa DP, tanpa kartu kredit… Read More

1 week ago

Review Kartu Kredit BCA | Cara Apply Bikin, Promo, Jenis, Limit

Kartu kredit BCA adalah salah satu kartu kredit yang saya miliki sekarang dan paling sering… Read More

2 weeks ago

ETF Reksadana Indeks | Cara Investasi Saham Murah Pemula

Orang awam pemula yang masih takut - takut, sekarang bisa masuk investasi di pasar saham,… Read More

2 weeks ago

Cara Kerja Social Trading Apps dan Bagaimana Sejarahnya

Anda bisa main forex trading dengan sangat mudah, meraup tambahan penghasilan, meskipun belum punya pengalaman… Read More

2 weeks ago

10 Cara Belajar Trading Forex Indonesia untuk Pemula (Anti Bangkrut)

Belajar forex trading untuk pemula adalah tujuan saya menulis artikel ini karena banyak yang salah… Read More

2 weeks ago