Advertisements

Cara Beli Saham GRAB Saingan Gojek Tokopedia Goto

Advertisements

Saham Grab bisa dibeli di bursa Nasdaq USA. Bagaimana proses dan caranya. Ini bisa jadi juga prakiraan kalau nanti Gojek Tokopedia GoTo jual saham.

Seiring merger Gojek dan Tokopedia yang melahirkan GoTo, muncul spekulasi soal IPO GoTo di bursa saham dalam waktu dekat.

Advertisements

Namun, investor saham sebetulnya sudah bisa merasakan saham yang seperti Gojek, yaitu dengan membeli saham Grab – saingan terdekat GoTo di pasar Indonesia dan ASEAN.

Betul, Grab sudah listing sahamnya di Bursa Nasdaq di USA.

Berikut ini adalah cara dan proses melakukan jual beli saham Grab di luar negeri:

1. Buka Rekening Broker Luar Negeri

Langkah pertama adalah kita harus membuka rekening di broker sekuritas saham luar negeri yang memungkinkan kita untuk bisa jual beli saham di pasar USA.

Kita tidak bisa menggunakan broker yang ada di Indonesia karena broker tersebut hanya melayani perdagangan di bursa Indonesia dan tidak bisa untuk di luar negeri.

Tapi jangan khawatir karena sekarang sudah banyak broker luar negeri yang melayani investor dari Indonesia. Pembukaan akun di broker luar negeri ini, cukup dilakukan secara online dan tidak perlu tatap muka.

Persyaratannya juga cukup mudah. Hanya perlu menyampaikan dokumen identitas, foto selfie dan mengisi kuesioner.

Beberapa nama broker luar negeri yang cukup terkenal adalah:

Advertisements
  • Tiger Securities
  • GoTrade
  • Philips Securities
  • EToro

2. Legalitas Broker

Karena ini adalah broker luar negeri, yang lokasinya di luar Indonesia, kita wajib memastikan legalitasnya.

Bagaimana cara menentukan legalitas broker luar negeri, khususnya yang beroperasi di pasar USA ?

Advertisements

Ada dua kriteria, yaitu:

  • Anggota FINRA (Financial Industry Regulatory Authority, Inc.). Ini adalah lembaga yang mengatur industri finansial di USA dan semua broker yang beroperasi di USA wajib menjadi anggota FINRA
  • Anggota SIPC (Securities Investor Protection). Ini adalah lembaga perlindungan investor dan semua broker yang beroperasi di USA wajib menjadi anggota SIPC.

Untuk mengecek, broker sudah memiliki dua keanggotaan tersebut, cukup mudah.

Pertama, broker terkait akan menyatakan bahwa mereka adalah anggota FINRA dan SIPC. Pernyataan ini biasanya dicantumkan di bagian paling bawah dari situs halaman pertama.

Kedua, kita sendiri bisa mengecek langsung ke situs FINRA dan SIPC untuk memastikan legalitas broker luar negeri, yang hendak kita gunakan.

3. Minimum Deposit

Kita perlu tahu soal minimum setoran ketika membuka rekening di broker luar negeri.

Mungkin banyak dari kita yang mengira bahwa minimum setoran di broker luar negeri akan besar.

Kenyataannya, sama sekali, tidak besar.

Bahkan, Tiger Securities dan GoTrader, tidak meminta minimum setoran saat buka rekening. Mereka baru meminta investor menyetorkan uang pada saat investor akan melakukan beli saham.

Tetapi ketika membuka rekening tidak ada kewajiban menyetorkan uang deposit.

Jadi, image bahwa buka akun di broker internasional itu mahal, sama sekali tidak betul.

4. Fee Transaksi

Berapa fee untuk melakukan transaksi ?

Ini juga menarik. Di broker pasar USA, trend saat ini adalah menggratiskan fee transaksi.

Betul, investor tidak harus membayar fee transaksi sama sekali.

Salah satu broker yang menggratiskan fee adalah eToro. Sementara, broker Tiger, GoTrade dan Philips masih membebankan fee, meskipun jumlahnya kecil.

5. Setor Dana Deposit

Setelah rekening selesai dibuka, proses selanjutnya untuk bisa melakukan jual beli saham adalah melakukan penyetoran deposit ke rekening broker yang sudah ditentukan.

Sama seperti di Indonesia, rekening nasabah dipisah dari rekening broker. Ini untuk memberikan perlindungan kepada nasabah.

Contohnya, broker yang beroperasi di Singapore, seperti Tiger Securities dan Phillip Securities, akan membuka dan menempatkan rekening nasabah di Trust Account, yang dikelola oleh bank, seperti DBS, UOB.

Cara penyetoran deposit dilakukan dalam bentuk valuta asing. Biasanya dalam US$ atau Singapore dollar.

Kita harus melakukan transfer dari rekening rupiah atau valas di Indonesia ke mata uang US$ di rekening broker di luar negeri.

Memang, transfer valas ke luar negeri, umumnya, membutuhkan biaya transfer yang tidak murah. Biaya transfer valas dari BCA ke luar negeri memakan biaya sekitar $25.

Namun, sekarang dengan kemajuan teknologi fintech, biaya transfer valas ini bisa dihemat, dengan melakukan sbb:

Related Post
  • Transfer dari aplikasi DBS Digibank yang menawarkan program transfer valas gratis
  • Transfer dari aplikasi Transferwise yang memungkinkan kita membuka rekening valas secara online dan mentransfer ke rekening broker dengan biaya fee lebih murah.

6. Cek Kode Saham

Buka rekening sudah, setor deposit juga sudah, sekarang saatnya kita untuk bisa melakukan trading atau jual beli saham GRAB.

Langkah yang berikutnya harus kita lakukan adalah mencari tahu kode saham GRAB di bursa Nasdaq. Dengan tahu kode saham, kita bisa melakukan analisa dan akhirnya nanti pembelian saham.

Menariknya, dalam listing di bursa Nasdaq ini, GRAB bergabung dengan SPAC (Special Purpose Acquisition Companies) Altimeter. Jadi, GRAB tidak listing sendiri, namun merger dengan SPAC Altimeter yang sudah lebih dahulu listing di Nasdaq.

Bergabungnya GRAB dan Altimeter membuat GRAB otomatis listing di bursa tanpa perlu melalui proses IPO seperti umumnya saham lain. Merger dengan SPAC dipilih oleh GRAB dengan pertimbangan: proses IPO lebih cepat dan biaya lebih murah.

Kode saham GRAB adalah AGC (Altimeter Growth Corp.)

7. Analisa

Broker menyediakan informasi yang komprehensif untuk menganalisa kinerja suatu perusahaan. Data – datanya up to date serta gratis untuk nasabah di broker tersebut.

Manfaatkan data – data keuangan ini untuk melakukan analisa lengkap dan detail tentang suatu perusahaan sebelum membeli sahamnya.

Advertisements

Dalam membeli saham yang baru IPO, seperti GRAB, sebaiknya kita melakukan analisa dengan lebih mendalam dan mendetail karena kinerja perusahaan masih baru. Ini untuk memastikan bahwa kita memahami saham yang akan kita beli.

8. Order Beli

Setelah yakin dengan pilihan saham yang akan dibeli, kita bisa melakukan order beli. Pastikan bahwa uang yang sudah deposit mencukupi untuk kita melakukan pembelian sesuai jumlah lembar saham yang kita inginkan.

Berapa minimum jumlah saham yang kita order saat pembelian ?

Ini yang menarik di bursa USA dibandingkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pertama, minimum lebar saham yang kita bisa order di Nasdaq atau NYSE USA adalah 1 lembar saham. Betul cukup 1 lembar saham.

Kedua, tidak hanya 1 lembar saham, di beberapa broker luar negeri menyediakan fasilitas fractional share. Itu artinya kita bisa membeli saham secara fraksi dari harga saham.

Contohnya, harga saham Amazon (AMZN) saat ini adalah $ 3,213 (Rp 46 juta) per lembar. Bahkan 1 lembar saham saja, harganya sudah mahalnya minta ampun.

Kita

Advertisements
bisa membeli saham AMZN, sesuai dengan jumlah uang kita miliki, dengan menggunakan fasilitas fractional share ini. Misalnya, uang kita hanya $50 maka kita tetap bisa membeli saham AMZN dengan jumlah lembar saham yang proporsional dari harganya.

Jadi, jumlah saham AMZN yang dimiliki tidak 1 atau angka bulat, tetapi nol koma.

7. Order Jual

Bagaimana jika kita ingin menjual saham ?

Caranya mudah sekali, sama seperti kita melakukan penjualan saham di Indonesia.

Tinggal masukkan harga jual dan jumlah saham. Bisa pilih market order atau limit order.

  • Market Order. Harga Jual mengikuti harga pasar saat itu. Order biasanya akan langsung tereksekusi.
  • Limit Order. Harga jual ditetapkan sesuai keinginan kita, tidak mengikuti harga pasar. Order baru akan terjadi jika harga pasar menyentuh harga yang kita tetapkan.

8. Tarik Uang

Uang di saldo rekening bisa ditransfer ke rekening bank kita di Indonesia.

Pihak sekuritas menyediakan fasilitas untuk transfer antar bank dari rekening nasabah di sekuritas ke rekening pribadi nasabah.

Transfer akan membutuhkan waktu beberapa hari. Tetapi, jika dilakukan dalam bank yang sama, waktunya akan lebih cepat.

Yang perlu jadi perhatian adalah fee penarikkan uang. Jumlahnya cukup besar.

Misalnya, Tiger Securities membebankan biaya transfer ke rekening bank di luar Singapore sebesar SGD 35 (sekitar Rp 350 rb) atau US $25.

Bagaimana menghadapi biaya tarik yang besar ini ?

  • Jangan sering sering melakukan penarikkan uang ke rekening pribadi
  • Buka rekening pribadi di bank yang sama dengan rekening di sekuritas. Biaya transfer antar bank yang sama lebih murah atau bahkan gratis.

9. Pajak

Bagaimana soal pelaporan pajak dari transaksi jual beli saham di luar negeri ?

Jika menerima pembayaran deviden dari saham di USA, pemerintah USA akan langsung memotong pajak atas penerimaan dividen. Pembayaran dividen yang diterima investor dari saham USA sudah nett potongan pajak.

Untuk pelaporan pajak lainnya, investor luar negeri diminta untuk tanda tangan dokumen yang menyatakan bahwa pelaporan pajak akan dilakukan sendiri di negara masing masing.

Baca juga: Cara Beli Saham Netflix, Starbucks, Nike, Disney di US

10. Deviden

Dividen akan dibayarkan masuk ke rekening nasabah. Dari rekening tersebut, nasabah bisa menarik uang deviden untuk ditransfer ke rekening pribadi.

Advertisements

Pilihan lain adalah mengikuti program dividend reinvestment plan, yaitu fasilitas untuk meminta broker secara otomatis menginvestasikan uang dividen menjadi saham.

Kesimpulan

Merger Gojek dan Tokopedia menjadi GoTo menimbulkan kehebohan dan spekulasi bahwa perusahaan ini akan segera Go Public.

Tapi, kita sebenarnya sudah bisa membeli saham yang sejenis, yaitu Grab, di bursa Nasdaq. Caranya mudah dan tidak perlu investasi besar.

Gratis e-Book & Langganan Duwitmu
Langganan Artikel Terbaru Duwitmu.com
Advertisements
Advertisements