Advertisements

Cara Beli Investasi Reksadana Online Terbaik: Gratis Biaya, Mulai 100 rb

Advertisements

Reksadana Online Terbaik dibahas dalam artikel sebelumnya . Sekarang, kita lihat portal Reksadana online yang bisa memenuhi kriteria tersebut.

Salah satunya adalah portal Reksadana online yang memberikan gratis biaya transaksi dan bisa investasi dari Rp 100 ribu. Apa itu?

Tulisan ini bagian dari Panduan Investasi Reksadana.

Salah satu yang saya suka dan cukup terpercaya adalah IPOTFUND. Situs IPOTFUND mengklaim sebagai Supermarket Reksadana Online karena menyediakan 19 Manajer Investasi dengan 86 Reksadana.

IPOTFUND dimiliki oleh Indo Premier, salah satu perusahaan broker terkemuka di Indonesia. Mereka tunduk dalam regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Meskipun Reksadana online BCA, Mandiri, BRI dan Tokpedia sudah hadir, tetapi Reksadana online IPOTFUND menawarkan keunggulan tersendiri dibandingkan bank – bank ini.

Advertisements

Portal Reksadana Online Supermarket

Secara umum, proses registrasi dan transaksi di IPOTFUND berikut:

Pertama, mengisi formulir pembukaan rekening di situs IPOTFUND. Setelah lengkap, formulir harus ditanda tangani nasabah dan dikembalikan dengan melampirkan dokumen foto copy KTP dan NPWP. Bisa dikirim atau pihak IPOTFUND menyediakan pick-up dokumen yang akan mengambil ketempat yang telah Anda tentukan pada hari dan jam kerja.

Setelah menerima dokumen, IPOTFUND melakukan verifikasi  dan, jika verifikasi disetujui, mengirimkan User ID, Password dan Pin Trading kepada nasabah, serta membuka Rekening Dana Investor (RDI) atas nama nasabah. RDI adalah Rekening Dana di Bank atas nama investor, khusus untuk transaksi jual beli Reksadana.

Kedua, dalam transaksi beli atau jual, nasabah memasukkan order di situs online. Untuk order beli, nasabah harus menyetor dana terlebih dahulu ke RDI yang dimilikinya. IPOTFUND akan mengeksekusi order tersebut dengan memindahkan dana dari RDI ke rekening Reksadana yang dipilih nasabah.

Advertisements

Untuk order jual, setelah nasabah memasukkan order di situs online dan IPOTFUND mengeksekusinya, dana hasil penjualan akan ditempatkan di RDI. Dana di RDI bisa digunakan untuk membeli reksadana lain atau bisa diambil. Jika ingin diambil dananya, nasabah memberikan perintah di situs online untuk memindahkan dana dari RDI ke rekening investor. Karena dana di RDI tidak bisa ditarik melalui ATM atau teller. Paling lama satu hari berikutnya, dana sudah sampai di rekening investor.

IPOTFUND Marketplace Reksadana

Setelah mencoba, saya melihat platform ini memiliki sejumlah keunggulan, sebagai berikut:

Mudahnya Pendaftaran dan Buka Rekening

Di situsnya di klaim bahwa, “Tidak Perlu Tanda Tangan Basah” dalam proses pendaftaran.

Dibandingkan platform online lain yang wajib datang ke kantor cabang saat buka rekening dan setiap ingin beli Reksadana baru, proses di IPOTFUND relatif lebih mudah. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi data – data di situs IPOTFUND. Dokumen hardcopy bisa dikirimkan atau diambil oleh kurir.

Tidak perlu datang ke kantor cabang. Alhasil, hambatan waktu atau lokasi jadi hilang. Untuk pembelian Reksadana yang baru atau penambahan investasi (top up), prosesnya juga sama, cukup melakukan transaksi secara online di situs. Tidak ada kewajiban harus datang ke kantor cabang.

Gratis Biaya Transaksi

Biayanya Nol untuk fee pembelian dan fee penjualan. Ini berbeda dengan umumnya transaksi Reksadana. Sebagai perbandingan, umumya di tempat lain, biaya transaksi untuk membeli atau menjual reksadana adalah antara 1-3% dari nominal transaksi untuk sekali transaksi. Total biaya jual dan beli menjadi 2-6%.

Hanya Rp 100 ribu Bisa Investasi

Cukup dengan investasi sebesar Rp 100 ribu sudah bisa beli Reksadana. Setahu saya, ini persyaratan minimum investasi terkecil. Saya yakin jumlah ini bahkan lebih kecil dari uang pulsa bulanan Anda. Kegiatan investasi menjadi bisa dinikmati semua orang. Tidak ada alasan lagi buat yang ingin investasi tapi khawatir jumlahnya besar.

Sebagai perbandingan, jika ingin bermain saham, Anda harus menyiapkan uang setoran minimum Rp 25 juta, sementara lewat Reksadana Saham disini, Anda cukup mulai dengan Rp 100 ribu rupiah.

28 Manajer Investasi 119 Reksadana

Jumlah pilihannya relatif banyak. Mulai dari Reksadana konvensional sampai syariah, mulai dari jenis saham, campuran, pendapatan tetap sampai pasar uang. Seperti dijelaskan dalam artikel sebelumnya, Reksadana dan Manajer Investasi yang banyak dan variatif membantu investor melakukan pemilihan secara lebih optimal.

Fasilitas Auto Investment

Fasilitas ini memungkinkan transaksi dilakukan secara rutin dan otomatis. Tidak perlu lagi membuat perintah setiap kali akan melakukan investasi. Hanya sekali di awal membuat perintah auto investment, sisanya akan dijalankan secara otomatis oleh pihak IPOTFUND.

Tidak Ada Minimum Setoran

Ketika mendaftar, pembukaan rekening nasabah di IPOTFUND (yang disebut RDI), tidak ada minimum setorannya dan tidak dikenakan biaya apapun kecuali materai. Nanti saat mulai investasi, Anda hanya perlu mentransfer dana dari rekening Anda di bank ke RDI ini. Begitu pula saat menjual, Anda perlu memerintahkan pemindahan dana hasil pencairan dari RDI ke rekening bank yang diinginkan.

Aman Bertransaksi

Situs IPOTFUND memiliki sertifikasi Secure Sockets Layer (SSL) 256 bit, dimana setiap koneksi pengiriman data dienkripsi (diacak sedemikian rupa sehingga tidak bisa dibaca), yang merupakan best-practice di bank-bank besar di dunia dalam menjaga keamanan transaksi internet banking.

Untuk setiap transaksi, IPOTFUND meminta pengguna memasukkan nomor security PIN. Ada rekening terpisah untuk nasabah, yaitu Rekening Dana Investor (RDI) yang merupakan rekening bank khusus yang beratas-namakan investor sebagai penyimpanan dana tunai untuk penyelesaian transaksi. Dan setiap unit penyertaan reksadana akan disimpan dan dicatat pada Bank Kustodian, bukan disimpan di IPOTFUND/ Indo Premier Securities.

Tools Data dan Analisa yang Komprehensif dan Gratis

Ini salah satu fitur favorit saya. Disediakan daftar data dan analisa yang cukup komprehensif dan gratis, yaitu:

  • Daftar Manajer Investasi, nama Reksadana, jenis Reksadana berdasarkan indikator kinerja 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, YTD (Year To Date) , 1 tahun, 3 tahun dan 5 tahun, Sharpe Ratio, Management Fee, Fund Rating dan AUM. Anda bisa men-filter menggunakan berbagai indikator ini sesuai kriteria.
  • Mengkategorikan Reksadana sesuai profil resiko investasi (yaitu konservatif, moderat konservatif, moderat, moderat agresif dan agresif).
  • Data harga Nilai Aktiva Bersih (NAB) terkini untuk setiap Reksadana tersedia pada akhir hari bursa. NAB adalah indikator ‘harga’ Reksadana, yang digunakan untuk menilai berapa posisi nilai investasi Anda setiap hari. NAB disebut juga sebagai Net Asset Value (NAV).

Baca Juga: 10 Keuntungan dan Kerugian Reksadana bagi Investor

Fitur Data dan Analisa

Seperti disebutkan diatas, fitur data dan analisa adalah salah satu yang menarik. Variannya cukup lengkap, dibandingkan platform lain, serta disediakan tanpa biaya tambahan.

Saya coba tampilkan beberapa data yang menurut saya penting, sebagai berikut:

Mutual Fund Screener

Fitur ini menampilkan Reksadana berdasarkan sejumlah indikator yang umum digunakan dalam dunia keuangan. Anda bisa memilih Reksadana terbaik menggunakan filter sesuai kriteria yang diinginkan.

Fund Manager Screener

Berbeda dengan sebelumnya yang membandingkan reksadana, fitur ini menunjukkan kinerja Manajer Investasi. Dalam satu Manajer Investasi, mungkin terdiri dari banyak Reksadana, yang kemudian dilihat performance-nya dalam satu kesatuan .

Comparison Screener

Ada pula fitur perbandingan, yang bisa membandingkan antara Reksadana dan antar Manajer Investasi.

  • Ini adalah contoh yang membandingkan antar Reksadana.
  • Ini adalah contoh yang membandingkan antar Manajer Investasi.

Update Reksadana Online 2019

Di 2019 ini, perkembangan cara beli reksadana online mengalami perubahan yang luar biasa seiring dengan pertumbuhan agen penjual reksadana. Sejak artikel reksadana online ini ditulis sudah banyak perubahan inovasi cara investasi reksadana, baik dalam cara, mekanisme, biaya, pemain dan penawaran ke investor.

Untuk itu, saya pikir sudah saatnya artikel reksadana online ini di update sesuai kondisi terkini di 2019.

Saya update dimana aplikasi reksadana terpercaya di 2019. Berikut ini adalah daftar aplikasi investasi reksadana online terbaru:

#1 Mandiri Most

Most Mandiri Reksadana Online

Apa itu MOST ?

MOST adalah fasilitas Reksadana online Mandiri, singkatkan dari “Mandiri Sekuritas Online Trading”, di https://www.most.co.id/.

Karena dimiliki Mandiri Sekuritas, dengan daftar reksadana online di MOST, Anda sekaligus bisa berinvestasi di saham, obligasi, dan reksadana; mendapatkan bebas biaya layanan data feed serta informasi pasar modal, serta hak untuk mendapatkan penjatahan saat berlangsungnya IPO.

Jumlah Reksadana yang bisa dibeli di Mandiri Sekuritas lewat MOST adalah 34 jenis Reksadana. Manajer Investasi datang dari berbagai institusi, tidak hanya Mandiri Investasi saja.

Reksadana yang bisa dipilih bertipe konvensional dan syariah dengan jenis instrumen saham, pasar uang, pendapatan tetap dan campuran.

Selain bisa diakses via komputer desktop, MOST menyediakan aplikasi mobile. MOST Mobile merupakan aplikasi smartphone maupun tablet dengan sistem operasi Android, IOS & BlackBerry, sehingga dapat merasakan transaksi efek secara mudah dalam genggaman tangan.

Salah satu fitur yang menarik dan tersedia gratis di MOST adalah hasil riset pasar. Riset pasar yang dilakukan oleh analis Mandiri Sekuritas bisa diakses dan dibaca oleh nasabah MOST.

Catatan: analis dan info pasar ini yang jarang tersedia di platform Reksadana online lain.

Jika investor saham, Anda bisa memanfaatkan Reksadana untuk dikombinasikan dengan trading saham Anda. Saat punya dana yang menganggur, karena tidak ada saham yang bagus, Anda bisa tempatkan dulu di Reksadana Pasar Uang, yang cukup likuid sehingga saat dibutuhkan bisa dengan cepat ditarik.

Karena dalam satu platform, reksadana dan saham, proses perpindahan bisa dilakukan dengan cepat dan efisien.

Mandiri Sekuritas Call Center: Care Center 1500 178; Menara Mandiri I, 24-25th floor. Telp. (021) 526 3445. Fax. (021) 526 3445.

#2 Bareksa

Apa itu Bareksa ?

Bareksa adalah marketplace reksadana online yang memiliki ijin resmi OJK.

Di Bareksa, Anda menemukan supermarket (marketplace) reksadana yang menjual ratusan produk reksadana yang berasal dari berbagai perusahaan Manajer Investasi.

Related Post

Di platform ini, Anda bisa melakukan transaksi pembelian maupun penjualan reksadana secara online melalui smartphone ataupun tablet. Anda tidak perlu lagi harus pergi ke kantor Manajer Investasi atau bank.

Bagaimana cara beli Reksadana di Bareksa ?

Bareksa menyediakan aplikasi yang bisa diunduh di Playstore.

Salah satunya di aplikasi Anda bisa mencari Reksadana terbaik dengan mengamati dan menganalisa informasi produk Reksadana yang disediakan dalam aplikasi, seperti pergerakan harga, return imbal hasil maupun profil tentang Manajer Investasi yang mengelola produk reksadana tersebut.

Sebelum membeli, Anda dapat melakukan simulasi produk reksadana untuk menambah kepercayaan Anda terhadap produk yang akan dibeli.

Dalam fitur pembelian, aplikasi Bareksa akan menunjukan mana reksadana terbaik yang memiliki imbal hasil terbaik dalam setahun, sehingga dapat lebih memudahkan Anda memilih produk reksadana  yang dijual Bareksa. Selain itu jika ingin melihat keseluruhan produk, Anda juga difasilitasi dengan menu filter dan sorting yang menambah kenyamanan Anda dalam memilih reksadana.

Anda juga dapat selalu memantau pergerakan nilai investasi dan keuntungan reksadana Anda pada menu “portofolio”. Dan dengan mudah Anda dapat melakukan penjualan jika sedang membutuhkan dana atau ingin berpindah ke produk reksadana lainnya.

Bareksa Call Center: Hubungi 021-7179070 atau whatsapp 0812 2345 4552

Advertisements

#3 Ajaib

Ajaib Reksadana Online

Apa itu Ajaib ?

Ajaib adalah agen reksadana yang menggunakan aplikasi sebagai medium melakukan investasi reksadana online. Aplikasi Ajaib diunduh di Google Playstore.

PT Takjub Teknologi Indonesia (“Ajaib”) berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Bagaimana cara beli di aplikasi reksadana terpercaya ini ?

Ajaib ini menawarkan cara investasi Reksadana online yang berbeda dengan yang selama ini sudah ada di pasaran.

Jika selama ini, calon investor menentukan sendiri Reksadana apa yang akan dibeli, maka di Ajaib calon investor mendapatkan rekomendasi Reksadana yang sesuai dengan profil calon investor.

Bagaimana Ajaib bisa tahu dan menyusun rekomendasi ?

Nah, saat melakukan pendaftaran registrasi, Ajaib menanyakan sejumlah hal kepada Anda. Ada 6 pertanyaan yang diajukan Ajaib, yang akan menentukan keranjang investasi yang cocok untuk Anda.

Berdasarkan jawaban atas 6 pertanyaan tersebut, Ajaib menyusun rekomendasi jenis Reksadana yang sebaiknya dipilih.

Ajaib akan come up dengan rekomendasi Portofolio yang selayaknya Anda miliki, yaitu berapa % Reksadana Pasar Uang, % Saham dan % Pendapatan Tetap.

Menurut Ajaib, “Tidak Perlu Pengalaman: Didesain untuk investor tanpa pengalaman, Ajaib hanya menawarkan opsi investasi dengan kinerja terbaik sehingga Anda tidak perlu menganalisis ribuan produk sendiri.”.

Setelah tahu komposisi yang direkomendasikan, Anda bisa melakukan pembelian melalui Ajaib. Ajaib memiliki izin sebagai agen Reksadana.

Berapa jumlah minimum untuk berinvestasi di Ajaib? Sesuai info di situs, Ajaib menetapkan jumlah minimal Rp 400.000. Tidak ada waktu minimum yang ditentukan untuk menyimpan uang Anda dan penarikan dapat dilakukan kapanpun setelah diinvestasikan.

Ajaib Call Center

Advertisements

Email: support@ajaib.co.id;Facebook: @ajaib.indonesia;Instagram: @ajaib_id; Website: https://www.ajaib.co.id; Call Center: 0819-3814-7743 (WhatsApp)

#4 Bibit

Apa itu Bibit ?

Bibit adalah aplikasi Reksadana online yang membantu Anda memilih reksadana terbaik.

Tujuannya, supaya Anda bisa langsung mulai melakukan investasi Reksadana.

PT Bibit Tumbuh Bersama (“Bibit”) berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Bagaimana cara investasi Reksadana di Bibit ?

Bibit memiliki aplikasi reksadana online yang perlu diunduh dari Google Plyastore.

Saat melakukan pendaftaran di aplikasi, Bibit menanyakan sejumlah hal, antara lain umur, penghasilan, level resiko dan target tujuan hidup kamu.

Jawaban pertanyaan tersebut diolah Bibit untuk membuat rekomendasi portofolio investasi Reksadana terbaik.

Setelah mendapatkan rekomendasi, Anda bisa melakukan investasi Reksadana secara online di platform Bibit, yang menawarkan:

  • Gratis Biaya Komisi. Semua pembelian di Bibit tidak dipotong biaya transaksi supaya keuntunganbisa lebih tinggi. Bibit dibayar oleh manajer investasi.
  • Mulai dari Rp 10.000. Investasi sudah seharusnya untuk semua kalangan. Mulai tanam duit kamu dari kecil atau sebanyak yang kamu inginkan. Lebih cepat kamu mulai, lebih besar pertumbuhan uang.
  • Cairkan Kapan Saja Tanpa Penalti. Reksadana dapat dicairkan kapan saja dengan cepat tanpa kena penalti.

Bibit Call Center:Email: support@bibit.id;Instagram: @bibit.id; Telegram: @bibitapp; Facebook: @bibitapp; Whatsapp: 0878-77666-000

#5 Tokopedia Reksadana

Tidak berhenti di lembaga keuangan, penjualan Reksadana dilakukan lewat Tokopedia. Sebagai super-app, Tokopedia menawarkan jual beli Reksadana.

Bagaimana cara beli reksadana online lewat aplikasi Tokopedia ?

Peran Tokopedia adalah sebagai kanal penjualan online yang bekerjasama dengan Bareksa. Izin agen Reksadana dipegang Bareksa, sementara pembelian Reksadana online bisa dilakukan lewat aplikasi Tokopedia.

Saat ini, Tokopedia hanya menjual satu jenis Reksadana, yaitu Reksadana Pasar Uang dari satu Manajer Investasi. Minimum investasi Reksadana online di Tokopedia mulai dari Rp 10,000.

Cara Investasi Reksadana Online

Cara investasi beli reksadana online bisa dilakukan dengan dua pilihan:

Pertama, Anda melakukan investasi lewat supermarket Reksadana, seperti Bareksa, Indopremier, dan berbagai portal Reksadana lainnya.

Keunggulan investasi lewat platform supermarket reksadana adalah Anda mendapatkan banyak pilihan jenis Reksadana dari berbagai Manajer Investasi dan bisa dengan mudah dibandingkan kinerjanya untuk menemuka reksadana terbaik.

Namun, cara investasi reksadana online ini dalam pemilihan jenis dan komposisi portfolio investasi Reksadana Anda tentukan sendiri karena pihak supermarket Reksadana tidak membuat rekomendasi portfolio untuk Anda.

Anda harus paham profil resiko Anda untuk bisa membangun portfolio investasi yang tepat dan membeli reksadana online yang sesuai.

Kedua, melakukan lewat aplikasi Reksadana online yang dibuat Robo Advisor, contohnya Bibit dan Ajaib, yang membuatkan Anda secara gratis rekomendasi portfolio Reksadana sesuai profil personal Anda.

Keuntungannya jelas, Anda tidak perlu pusing memikirkan soal komposisi portfolio reksadana terbaik yang perlu Anda beli karena aplikasi reksadana online robo advisor sudah menyediakan.

Berikut ini contoh rekomendasi portfolio yang diberikan Robo Advisor Bibit.id:

Rekomendasi Portfolio Reksadana Robo Advisor

Namun, kelemahan robo advisor vs supermarket reksadana adalah pilihan jenis Reksadana di Robo Advisor tidak sebanyak dan tidak selengkap di portal supermarket Reksadana.

Tanya Jawab Reksadana

Untuk menjawab pertanyaan dan menyediakan referensi, saya menyusun tanya jawab investasi Reksadana.

  1. Apa itu Reksadana ?

    Reksadana (Reksa Dana) adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi, untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti : saham, obligasi, dan instrumen pasar uang.

  2. Bagaimana Cara Beli Investasi Reksadana ?

    Pembelian Reksa Dana dapat dilakukan secara langsung melalui perusahaan Manajer Investasi yang menerbitkan dan mengelola Reksa Dana atau bisa melalui Bank yang bertindak sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD).

  3. Apa persyaratan investasi Reksadana ?

    Dalam membeli Reksa Dana, persyaratan awal calon investor adalah harus memiliki kartu identitas (KTP/SIM) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), agar dapat membuka rekening sebelum membeli Reksa Dana. Investor juga wajib melakukan proses KYC (Know your customer) dan diwajibkan melakukan pertemuan dengan Manajer Investasi atau APERD (Agen Penjual Efek Reksa Dana) minimal 1 kali.

    Advertisements
  4. Apa itu Manajer Investasi dan kenapa perannya sangat sentral dalam Reksadana ?

    Manajer investasi adalah elemen penting dalam transaksi reksa dana. sebab ketika masyarakat membeli unit penyertaan reksa dana, maka masyarakat mempercayakan pengelolaan dana tersebut kepada mereka. Yang dimaksud dengan pengelolaan dana adalah manajer investasi akan melakukan transaksi jual beli saham di bursa, di mana hasil dari pengelolaan mereka akan tercermin dalam harga unit penyertaan yang biasa dikenal dengan NAV/NAB (Net Asset Value/nilai aktiva Bersih).

  5. Apa itu Reksadana Saham ?

    Reksadana Saham memiliki arahan investasi: min 80% di instrumen bersifat saham. Reksadana jenis ini paling sesuai untuk para investor yang mengejar mengejar pertumbuhan nilai dana investasinya dalam jangka panjang. Tingkat pengembalian hasil investasinya dari tahun ke tahun sangat bervariasi dan cenderung berfluktuasi seiring dengan kondisi pasar dan perkembangan ekonomi yang terjadi.

  6. Apa itu Reksadana Pasar Uang ?

    Reksadana Pasar Uang memiliki arahan investasi: 100% di instrumen pasar uang, seperti : Deposito, SBI, dan surat hutang jangka pendek lainnya. Memiliki resiko investasi yang paling rendah dibandingkan reksadana lainnya. Cocok untuk investasi jangka pendek dan bagi investor yang memiliki kecenderungan menghindari resiko.

  7. Apa itu Reksadana Pendapatan Tetap ?

    Reksadana Pendapatan Tetap memiliki arahan investasi: min 80% di instrumen pendapatan tetap. Cocok untuk investor yang menginginkan tingkat pengembalian yang lebih baik dibandingkan Deposito. Komposisi investasi reksadana ini difokuskan pada sarana investasi yang menawarkan imbal-hasil yang pasti, seperti: surat hutang (obligasi) dan instrumen pasar uang. Secara historis reksadana jenis ini pertumbuhannya relatif lebih stabil dan fluktuasi yang lebih rendah dibandingkan dengan reksadana saham

  8. Apa itu Reksadana Campuran ?

    Reksadana Campuran memiliki investasi : antara 20% – 80% di instrumen pendapatan tetap, saham atau pasar uang. Reksadana yang diperuntukkan bagi investor yang ingin mendapatkan imbal-hasil dari instrumen-instrumen saham dan pendapatan tetap. Tingkat pengembalian hasil investasinya dari tahun ke tahun berfluktuasi tetapi pertumbuhan dananya relatif lebih stabil dibandingkan reksadana Saham.

  9. Apa keuntungan investasi Reksadana ?

    Diversifikasi: Reksadana memberikan difersifikasi secara instan dengan biaya yang terjangkau, dimana risiko investasi akan terdistribusi ke dalam berbagai instrument investasi yang pada saat yang bersamaan akan mengurangi kadar paparan yang timbul dari volatilitas pasar.
    Pengelolaan oleh Para Professional di bidangnya: Dana yang terhimpun akan dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional dari Perusahaan Aset Manager Investasi yang telah berpengalaman.
    Likuiditas: Anda dapat melakukan pencairan reksadana Anda setiap waktu, di mana harga harian reksadana sudah akan tersedia.

  10. Apa resiko investasi Reksadana ?

    Reksadana adalah produk investasi yang memiliki Risiko sesuai dengan strategi dan underlying investasi produk, contoh: Reksadana yang berinvestasi di instrumen saham, obligasi dan pasar uang akan terekspos oleh risiko pasar terkait. Untuk mengetahui risiko spesifik dari masing-masing produk mohon merujuk pada dokumen Fund Fact Sheet & Prospektus Produk.

Kesimpulan

Setelah dalam artikel sebelum ini dibahas kriteria memilih Reksadana Online terbaik, sekarang berdasarkan kriteria tersebut, saya mencari dan menelisik platform apa yang bisa memenuhi. Salah satunya adalah IPOTFUND.

Mungkin Anda juga punya pilihan platform online yang lain. Yang paling penting adalah bagaimana platform ini bisa membantu dan memicu kita untuk bisa mulai berinvestasi di Reksadana sedini mungkin, supaya tujuan keuangan bisa terwujud.

Simak pula Kriteria Memilih Investasi Reksadana.

GRATIS Daftar 5 Reksadana Saham Terbaik