Advertisements

Cara Menghitung Untung Rugi Reksadana (NAB NAV)

Advertisements

Saya menerima pertanyaan mengenai bagaimana cara menghitung untung rugi berinvestasi di Reksadana. Ini cara perhitungannya.

Tulisan ini bagian dari Panduan Investasi Reksadana.

Ini adalah salah satu pertanyaan yang diajukan pengunjung blog:

Setelah sy beli RD di salah satu MI yg ada di IPOTFund, kemudian saya diamkan/pasif (tidak saya jual ketika NAB tinggi) apakah masih ada keuntungan setelah jangka waktu tertentu; misal 5 tahun (kan provitnya naik turun)?

Perhitungan untung rugi investasi Reksadana mudah dan tidak rumit. Yang penting paham informasi apa yang perlu dicari.

NAB NAV Reksadana Adalah

Dalam investasi Reksadana, Anda akan membeli yang namanya: Unit Penyertaan. Unit penyertaan adalah satuan yang menunjukkan kepemilikan di Reksadana tersebut.

Advertisements

Jumlah unit penyertaan ini akan berubah seiring dengan pembelian atau penjualan Reksadana.

Unit penyertaan ada harganya, yaitu Nilai Aktiva Bersih (NAB) atau Net Asset Value (NAV).

Jumlah unit penyertaan yang Anda peroleh tergantung dari harga NAB/NAV per unit pada hari dimana Anda membeli Reksadana tersebut.

Naik turunnya nilai investasi di Reksadana ditentukan oleh perkembangan harga NAB per unit.

Advertisements

Untuk memahami transaksi dalam Reksadana, silahkan perhatikan ilustrasi di bawah ini :

  • Pada tanggal 30 Mei 2012, Anda membeli Reksadana Schroders Istimewa sebesar Rp. 5.000.000. NAB/unit Reksadana Schroder pada hari itu adalah Rp. 2.000 Maka unit penyertaan yang Anda miliki adalah 5.000.000/2.000 = 2.500 unit penyertaan.
  • Pada tanggal 10 April 2013, Anda menjual seluruh Reksadana Schroder. NAB/unit Reksadana Schroder pada hari itu adalah Rp 3.000. Maka total investasi yang Anda dapatkan adalah 3.000 x 2.500 = Rp.7.500.000

Berapa keuntungan investasi di Reksadana ? Nilai investasi naik dari awal 5 juta menjadi 7.5 juta sehingga return adalah 50%.

Ilustrasi lain dibawah ini:

  • Pada tanggal 30 Mei 2012, Anda membeli Reksadana Schroders Istimewa sebesar Rp. 5.000.000. NAB/unit Reksadana Schroder pada hari itu adalah Rp. 2.000 Maka unit penyertaan yang Anda miliki adalah 5.000.000/2.000 = 2.500 unit penyertaan.
  • Pada tanggal 10 April 2013, Anda menjual seluruh Reksadana Schroder. NAB/unit Reksadana Schroder pada hari itu adalah Rp 1.500. Maka total investasi yang Anda dapatkan adalah 1.500 x 2.500 = Rp.3.750.000.

Berapa keuntungan investasi di Reksadana ? Nilai investasi turun dari awal 5 juta menjadi 3.

Advertisements
75 juta sehingga return adalah minus 25%.

Related Post

Dari penjelasan ini, Anda dapat melakukan perhitungan Reksadana dengan melihat informasi NAB per unit dan Unit Penyertaan.

#1 NAB Reksadana per unit

NAB per unit adalah ‘harga’ dari Reksadana yang Anda miliki. NAB ini berubah setiap  hari sesuai dengan kinerja Reksadana.

Jadi jika NAB ini turun artinya per hari ini nilai investasi Reksadana turun.

Advertisements
Misalnya karena harga – harga saham dimana Reksadana tersebut menempatkan dananya mengalami penurunan. Begitu pula sebaliknya.

Ini adalah contoh perhitungan NAB/NAV yang disediakan oleh salah satu platform Reksadana Online. Nilai NAV adalah Rp 1.142 per unit untuk Reksadana BNP Paribas Omega.

Kinerja Reksadana

NAB ini tersedia setiap hari di Reksadana Online atau di koran tertentu. Untuk Reksadana Online informasi lebih mudah karena tersedia secara online sehingga tidak perlu mencari-cari lagi.

#2 Unit Penyertaan

Setiap kali membeli Reksadana, Anda akan mendapatkan info berapa unit penyertaan yang diperoleh. Setiap bulan, pihak Manajer Investasi akan mengirimkan surat pemberitahun kepada Anda yang menyebutkan jumlah unit penyertaan Reksadana yang Anda miliki saat ini.

Jika terjadi penambahan atau pencairan nilai investasi di Reksadana, hasilnya akan tercermin di perubahan jumlah unit penyertaan.

Di Reksadana Online, info unit penyertaan ini bisa dengan mudah Anda lihat.

Advertisements

Ini adalah contoh perhitungan nilai investasi Reksadana yang ditampilkan dalam platform online.

Unit Holding adalah jumlah unit penyertaan yang dimiliki. NAV/unit adalah NAB unit per hari ini. Estimation adalah jumlah nilai investasi Reksadana.

Dengan laporan yang online, pemilik bisa dengan mudah dan cepat mengetahui posisi nilai investasinya.

Pastikan untuk selalu mengecek jumlah unit penyertaan karena itu pada dasarnya menunjukkan nilai investasi. Terutama saat setelah membeli atau menjual Reksadana.

Kesimpulan

Cara perhitungan untung rugi Reksadana cukup sederhana. Pengalaman saya menggunakan fasilitas platform Reksadana Online adalah cara paling mudah untuk mendapatkan informasi mengenai hasil investasi. Karena semuanya tersedia secara cepat dan online (bisa diakses dari mana saja).

Ingin tahu bagaimana cara investasi yang mudah dan murah, silahkan baca Panduan Investasi Reksadana.

GRATIS Daftar 5 Reksadana Saham Terbaik

Advertisements