Pinjaman Online, Investasi, Keuangan, Asuransi | Duwitmu

Pengalaman Mengajukan Pinjaman Online Langsung Cair Dalam Hitungan Menit

Dipublish oleh R Quiserto November 15, 2021

Daftar Isi

pinjaman online cepat cair dalam hitungan menit

Pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit adalah jenis kredit ditawarkan oleh beberapa fintech. Kami mencoba dan mereview beberapa fintech pinjol tersebut. Ada yang bisa pinjam uang sampai 20 juta.

Awalnya, saya tidak percaya saat muncul berita bahwa pinjaman bisa dicairkan dalam beberapa menit. Karena selama ini kredit ke bank butuh waktu beberapa minggu.

Bagaimana mungkin sekarang pinjaman bisa disetujui secepat itu. Belum lagi ini merupakan pinjaman tanpa jaminan.

Tapi ternyata sekarang jaman sudah berubah. Hal ini sejak kehadiran fintech online.

Fintech menawarkan pinjaman dana online yang bisa memberikan kredit cukup dengan syarat KTP, tanpa jaminan dan tanpa proses tatap muka. Proses pengajuan pinjaman yang dulu lambat, kompleks, sekarang menjadi mudah, cepat dan online.

Salah satu penyebab fintech p2p bisa melakukan proses persetujuan kredit seperti ini, yang terlihat berani dan beresiko (di mata perbankan) karena fintech menggunakan skema pendanaan P2P. Dalam P2P, uang yang dipinjamkan ke debitur bersumber langsung dari investor atau lender yang sudah paham resiko dan memperoleh return tinggi sebagai kompensasi.

Saat ini, OJK sudah mengeluarkan izin pendaftaran P2P sebanyak 100 lebih perusahaan. Jumlah yang fantastis karena dua tahun lalu jumlah perusahaan P2P hanya kurang dari 20.

Saya melakukan review beberapa perusahaan P2P, khususnya yang menawarkan dana tunai dengan syarat dokumen KTP saja dan bisa cair sangat cepat.

Berikut ini daftar pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit:

EasyCash Pinjol Langsung Cair

Saya mengajukan pinjaman di EasyCash. Hasilnya pengajuan saya disetujui dan uang cair ke rekening dalam waktu beberapa menit.

Hitungan saya, uang pencairan masuk rekening tidak kurang dari 3 menit sejak selesai mengisi data di aplikasi. Super cepat dan instan.4

Kaget, kok bisa secepat itu pengajuan disetujui. Tetapi, itu kenyataan yang saya alami.

Easycash adalah perusahaan Fintech P2P Lending berizin resmi OJK. Milik PT Indonesia Fintopia Technology yang berdiri pada 13 November 2017.

Secara legalitas, jelas, Easycash bukan P2P atau pinjol illegal. Juga bukan pinjaman online bermasalah.

Pengajuan pinjaman dilakukan lewat aplikasi Easycash yang bisa diunduh pdownload secara gratis di Google Play Store dan Apple Store.

Buka aplikasi Easycash, lakukan registrasi dan isi data diri sesuai petunjuk yang diberikan. Siapkan juga KTP dan nomor rekening bank atas nama peminjam.

Easycash menyediakan pinjaman dana tunai dalam jumlah kecil dengan tenor pendek yang harus dilunasi sekaligus (pokok + bunga) di akhir pinjaman atau dicicil selama beberapa bulan.

Fitur Easycash: 

  • Plafon: Rp 1 juta sd Rp 5 juta
  • Tenor: 15 hari sd 6 bulan

Dari plafon dan tenor, Easycash menawarkan fleksibilitas buat konsumen. Mau pinjam kecil sampai besar disediakan, demikian pula masa kredit bisa singkat sampai lama juga diberikan pilihan.

Namun, plafon dan tenor yang nanti final ditawarkan ke peminjam, bisa berubah – ubah tergantung pada hasil credit score Easycash. 

Setelah nanti data diisi, lalu diolah oleh credit scoring, aplikasi akan menampilkan jumlah plafon dan tenor yang bisa diambil. Bisa saja penawarannya berbeda dengan yang ditampilkan di awal aplikasi.

Area jangkauan Easycash saat ini sudah menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. 

A. Bunga dan Biaya Pinjaman

Easycash menerapkan dua jenis biaya, yaitu: bunga dan biaya admin.

1. Bunga per Hari

Bunga di Easycash adalah 0.8% per hari. Hal ini sesuai ketentuan dan regulasi dari Asosiasi Fintech bahwa maksimum bunga kredit yang bisa dibebankan ke nasabah P2P sebesar 0.8% per hari.

Catatan: sesuai ketentuan OJK dan asosiasi Fintech yang terbaru, bunga pinjaman maksimum di P2P diturunkan menjadi 0.4% sehari.

2. Biaya Admin Potong Dimuka

Selain bunga, Easycash memotong biaya admin yang dipotong di muka saat pencairan, yaitu 10% dari pinjaman. Konsumen akan menerima pencairan lebih kecil dari yang disetujui.

Misalnya pinjaman disetujui 1 juta maka dicairkan ke rekening Rp 900 ribu. Perhitungan bunga menggunakan Rp 1 juta.

Pengembalian pinjaman merujuk pada jumlah yang disetujui dan bukan pada jumlah yang dicairkan ke rekening. Itu sebabnya biaya admin ini pada dasarnya menambah beban bunga konsumen.

B. Persyaratan dan Dokumen

Persyaratan pengajuan pinjaman adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • memiliki KTP, 
  • rekening bank, 
  • nomor HP tetap, 
  • punya penghasilan.

Kecocokan data antara pengajuan di aplikasi dan data di rekening bank menjadi syarat penting agar pinjaman bisa dicairkan. Meskipun skor kredit sudah lolos, tetapi jika data di rekening bank tidak sesuai dengan di aplikasi, fintech tidak akan mencairkan pinjaman.

Dokumen yang diminta disiapkan hanya KTP. Itupun cukup diambil dengan foto.

Tidak ada permintaan untuk menyerahkan dokumen slip gaji. Tidak dimintanya slip gaji tentu saja mempermudah proses pengajuan buat peminjam.

C. Tanpa Verifikasi

Yang menarik, easycash tidak melakukan proses verifikasi ke calon peminjam baik lewat telepon atau bahkan melalui kunjungan. Tidak ada konfirmasi lagi setelah calon peminjam selesai mengajukan di aplikasi.

Tanpa verifikasi mempermudah dan meningkatkan kemungkinan permohonan kredit disetujui. Mungkin credit scoring di easycash sudah sedemikian bagusnya sehingga tidak perlu verifikasi telepon lagi.

D. Persetujuan Instant 3 Menit

Proses persetujuan dilakukan secara cepat. Boleh dikatakan instant.

Hanya 3 menit sejak pengajuan, pihak Easycash sudah memberikan persetujuan. Nasabah sudah memperoleh kabar apakah pengajuan disetujui atau tidak dalam waktu kurang dari 24 jam.

Proses yang instant ini, jelas, berbeda sekali dengan proses di Bank atau Leasing. Bank paling cepat membutuhkan waktu 1 minggu untuk pengajuan kredit disetujui.

Setelah persetujuan yang instant, dana masuk ke rekening juga cepat. Uang dari persetujuan kredit sudah ada di rekening dalam hitungan menit.

Pinjaman cepat cair semacam ini cocok untuk mereka yang membutuhkan pinjaman uang dana darurat. Tidak menunggu lama untuk konsumen bisa menerima pencairan di rekening bank mereka.

Kredit Pintar Dana Tunai 10 Menit Cair

Kredit Pintar merupakan fintech pinjaman yang saya coba berikutnya. 

Pengalaman saya mengajukan dana tunai di Kredit Pintar bahwa persetujuan dan pencairan dana dilakukan secara instan dalam hitungan menit.

Selesai mengisi aplikasi Kredit Pintar, tidak lama saya sudah terima pemberitahuan soal persetujuan pengajuan kredit. Tidak sampai 24 jam sejak pengajuan, saya sudah terima uang di rekening. 

Tidak ada persyaratan slip gaji dan dokumen lain. Saya hanya cukup mengirimkan KTP dan Foto selfie melalui aplikasi Kredit Pintar.

Kredit Pintar adalah pinjaman online resmi terdaftar dan diawasi OJK. Beroperasi untuk seluruh wilayah di Indonesia. 

Aplikasi Kredit Pintar Pinjaman Online

Izin Kredit Pintar berupa P2P Lending. Menawarkan dana tunai dengan proses cepat langsung cair dalam waktu maksimum 24 jam.

Nasabah mengunduh aplikasi Kredit Pintar di Play Store yang saat ini hanya tersedia di Android. Pengajuan dilakukan melalui aplikasi tersebut.

Kredit Pintar menawarkan persyaratan pinjaman yang cukup mudah, yaitu hanya perlu syarat KTP, tanpa jaminan, tanpa kartu kredit, dan tanpa BI checking. 

A. Plafon Tenor Kredit Pintar

Fitur Kredit Pintar sebagai berikut:

  • Plafon mulai Rp 600 ribu sd Rp 1.8 juta untuk pinjaman pertama. Pinjaman berikutnya bisa naik ke 5 juta, 10 juta dan paling tinggi 20 juta
  • Tenor tersedia 28 hari atau berbentuk cicilan 2 bulan dan 3 bulan. Pilihan tenor tergantung jumlah plafon yang disetujui.

Proses di Kredit Pintar dimulai dengan calon nasabah mengisi data di aplikasi, melengkapi dengan KTP dan foto selfie. Setelah itu, credit scoring Kredit Pintar akan bekerja dan mengeluarkan rekomendasi beberapa pilihan plafon kredit dan tenor untuk nasabah tersebut.

Aplikasi Kredit Pintar Pinjaman Online

Jadi, sistem di Kredit Pintar bukan nasabah yang mengajukan jumlah pinjaman, tetapi sistem credit scoring yang menentukan jumlah kredit dan tenor yang layak ditawarkan ke nasabah. Setiap nasabah akan bisa mendapatkan penawaran plafon dan tenor yang berbeda – beda tergantung dari hasil kalkulasi credit scoring.

B. Persyaratan dan Dokumen

Persyaratan umum di Kredit Pintar:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia 18 – 55 tahun atau minimum Usia 22, maksimum 60 tahun
  3. Memiliki KTP masih berlaku
  4. Memiliki akun Bank sesuai dengan data KTP
  5. Berdomisili di Indonesia
  6. Memenuhi dokumen dan Data lain yang diperlukan

Peminjam wajib memiliki rekening bank atas nama mereka sendiri – sesuai nama lengkap di KTP – karena apabila pengajuan disetujui, maka Kredit Pintar akan mentransfer uang pencairan ke rekening bank yang didaftarkan tersebut.

Kredit Pintar hanya menerima nasabah BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Permata, CIMB Niaga, Bank DKI, Bank Danamon, Maybank, Bukopin, KEB Hana, dan BTN.

Tidak bisa mengajukan pinjaman jika masih memiliki pinjaman berjalan. Sedangkan pengajuan ditolak, nasabah bisa mengajukan lagi setelah beberapa waktu.

C. Bunga Kredit Pintar 

Bunga Kredit Pintar adalah 0,8% per hari yang di split dalam biaya layanan serta biaya provisi di depan. 

Catatan: aturan terbaru AFPI bahwa bunga pinjaman online P2P turun ke 0,4% sehari.

D. Persetujuan Instant Tanpa Verifikasi

Proses persetujuan dilakukan secara cepat di Kredit Pintar. Boleh dikatakan instant.

Hanya beberapa menit setelah selesai mengisi dan mengajukan di aplikasi, pihak Kredit Pintar memberikan persetujuan. Saya sudah memperoleh kabar pengajuan disetujui dalam waktu kurang dari 24 jam.

Setelah persetujuan yang instant, dana masuk ke rekening juga cepat. 

Yang juga menarik, Kredit Pintar  tidak melakukan proses verifikasi ke saya baik lewat telepon atau bahkan melalui kunjungan. Tidak ada konfirmasi lagi setelah selesai mengajukan pinjaman di aplikasi.

Jelas, tanpa proses verifikasi mempermudah dan meningkatkan kemungkinan kredit disetujui. Kemungkinan credit scoring di Kredit Pintar sudah sedemikian bagusnya sehingga tidak perlu verifikasi telepon lagi.

E. Akses Ponsel

Kredit Pintar meminta izin akses perangkat ke ponsel. Mungkin ini cara mereka mengganti verifikasi telepon dengan melakukan verifikasi digital.

Aplikasi Kredit Pintar Pinjaman Online

Akses izin perangkat ke ponsel yang diminta meliputi:

  • Lokasi
  • Informasi Paket

Akses ini wajib diberikan untuk bisa melanjutkan proses pengajuan pinjaman di Kredit Pintar. Tidak diberikan akses maka pinjaman akan ditolak.

Tunaiku Cicilan Tanpa Jaminan

Pengalaman mengajukan di Tunaiku cukup menarik. Karena ini adalah aplikasi dari bank, awalnya kami kira prosesnya akan lama dan lambat.

Kenyataannya tidak. Segera setelah selesai mengisi data di aplikasi dan menunggu beberapa saat untuk pengajuan di proses, hasil persetujuan diberikan oleh Tunaiku.

Proses pengajuan pinjaman di Tunaiku memakan waktu hanya beberapa menit. Pencairan dilakukan dalam beberapa menit kemudian setelah nasabah memberikan persetujuan atas plafon dan tenor pinjaman yang disetujui Tunaiku.

Berbeda dengan pinjaman online P2P, Tunaiku merupakan aplikasi kredit cepat yang dikeluarkan oleh bank. Tunaiku adalah produk PT Bank Amar Indonesia Tbk. yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Aplikasi Tunaiku Pinjaman Online

Karena produk bank, Tunaiku punya keunggulan dalam hal plafon kredit besar dan tenor cicilan masa pinjaman yang lebih panjang. Plafon besar dan tenor panjang tidak ditawarkan di pinjaman online lain yang berbasis fintech P2P.

A. Plafon Tenor

Tunaiku menawarkan pinjaman dana tunai tanpa jaminan. Fiturnya sebagai berikut:

  • Plafon Rp 2 juta sd Rp 20 juta
  • Tenor 6 bulan sd 20 bulan.

B. Syarat dan Dokumen Tunaiku

Persyaratan pengajuan pinjaman adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia 21 sampai 55 tahun
  • Memiliki rekening bank
  • Mempunyai pekerjaan atau penghasilan
  • Alamat KTP atau berdomisili dalam area layanan Tunaiku

Kecocokan data antara pengajuan di aplikasi dan data di rekening bank menjadi syarat penting agar pinjaman bisa dicairkan. Meskipun skor kredit sudah lolos, tetapi jika data di rekening bank tidak sesuai dengan di aplikasi, fintech tidak akan mencairkan pinjaman.

Dokumen yang diminta disiapkan hanya KTP. Itupun cukup diambil dengan foto.

Coverage area Tunaiku belum meliputi seluruh wilayah di Indonesia. Wilayah yang bisa diterima oleh Tunaiku berdasarkan kota – kota tertentu.

Saat ini wilayah operasional Tunaiku adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung Raya, Semarang, Yogyakarta, Sleman, Bantul, Gresik, Sidoarjo, Surabaya, dan Malang, Medan, Binjai, Deli Serdang, Palembang, Pekanbaru, Jambi, dan Bengkulu, Denpasar, Badung, Gianyar, Makassar, Gowa, Maros, dan Samarinda.

C. Tidak Diminta Slip Gaji dan Tanpa Verifikasi

Tunaiku tidak meminta slip gaji dalam proses pengajuan pinjaman. Ini berbeda dengan umumnya pinjaman lain di fintech, apalagi bank, yang mewajibkan konsumen mengirimkan dokumen slip gaji.

Tidak dimintanya slip gaji, tentu saja, mempermudah proses pengajuan buat konsumen. 

Dokumen yang diwajibkan Tunaiku hanya KTP dan kewajiban mengambil foto selfie. Prosesnya harus dilakukan lewat aplikasi Tunaiku di ponsel.

Hal lain yang kami juga kaget. Tidak ada proses verifikasi lewat telepon di Tunaiku.

Kami tidak menerima verifikasi atau konfirmasi lagi setelah selesai mengajukan pinjaman di aplikasi. Padahal, pinjaman yang diajukan di Tunaiku cukup besar, diatas 10 juta.

Jelas, tanpa proses verifikasi mempermudah, mempercepat dan meningkatkan kemungkinan kredit disetujui. Kemungkinan credit scoring di Tunaiku sudah sedemikian bagusnya sehingga tidak perlu verifikasi telepon lagi.

D. Akses Ponsel

Tunaiku meminta izin sejumlah akses ke ponsel. Mungkin ini cara mereka mengganti verifikasi telepon dengan melakukan verifikasi digital.

Aplikasi Tunaiku Pinjaman Online

Akses izin perangkat ke ponsel yang diminta meliputi:

  • Laporan Panggilan
  • Jaringan Telepon
  • Kalender
  • Akses Kontak
  • Email GMAIL
  • Penggunaan ponsel sehari – hari

Jumlahnya cukup banyak dan data – datanya cukup sensitif, terutama akses kontak.

Tunaiku menjelaskan dalam aplikasi mereka bahwa pemberian akses atas data – data tersebut memperbesar kemungkinan pinjaman disetujui.

E. Bunga dan Biaya Tunaiku

Bunga dan biaya pinjaman di Tunaiku sebagai berikut:

  • Biaya Administrasi Rp 540.000 
  • Suku Bunga 2 – 5% per bulan
  • Biaya Pelunasan Lebih Awal GRATIS
  • Denda Keterlambatan Rp 150.000/bulan
Aplikasi Tunaiku Pinjaman Online

Yang penting diperhatikan peminjam bahwa Tunaiku memotong biaya admin cukup besar di muka. Jumlah biaya admin fixed berapapun jumlah pinjaman.

Review Pinjaman Cepat Cair dalam Hitungan Menit

Awalnya, saya tidak percaya bahwa pengajuan pinjaman bisa cair dalam hitungan menit. Karena pengalaman selama ini pinjam ke bank, butuh waktu berhari – hari untuk permohonan kredit disetujui.

Namun, setelah mencoba mengajukan pinjaman ke fintech online, saya jadi percaya bahwa kredit yang langsung cair itu memang benar adanya. Perusahaan fintech pinjaman online memang bisa dan sudah memberikan persetujuan kredit langsung cair ke rekening peminjam secara instan.

Paling tidak, tiga fintech yang saya bahas diatas adalah pengalaman langsung menerima pinjaman instan. Syaratnya juga mudah dan 100% online tanpa perlu tatap muka.

Jenis pinjaman ini sangat cocok buat mereka yang sedang butuh dana darurat untuk kebutuhan mendadak yang urgent. Dana bisa diterima saat itu juga dan tidak pakai lama.

Namun, sejumlah hal wajib dicermati calon nasabah yang ingin melakukan pinjaman dana tunai cepat cair semacam ini, yaitu:

  • Pilih perusahaan terpercaya terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan OJK.
  • Harus memiliki alamat kantor yang jelas sehingga bisa dihubungi jika terjadi apa-apa. 
  • Peminjam wajib menghitung dengan hati – hati kewajiban bunga dan biaya pinjaman online. Di mayoritas pinjaman online, bunganya cukup tinggi, diatas bunga kredit di bank.
  • Akses verifikasi digital ke ponsel menjadi hal yang diminta oleh pinjaman online. Perhatian sebelum memberikan persetujuan akses ponsel.

Bagikan Melalui

Artikel Terkait

Maucash Aplikasi Pinjol OJK

Mau Cash Aplikasi Pinjaman Online Dana Tunai Te...

November 29, 2021 0 Komentar

Maucash adalah pinjaman online berizin OJK yang menawarkan dana tunai dan cicilan paylater. Prose... Baca Lagi

Kredinesia Pinjaman Fintech P2P Lending

Kredinesia Pinjaman Dana Tunai OJK

November 19, 2021 0 Komentar

Kredinesia adalah pinjaman online izin terdaftar diawasi OJK yang menawarkan dana tunai cepat cai... Baca Lagi

Easycash Pinjaman Fintech P2P Lending

Easy Cash Pinjaman Online Fintech P2P Lending I...

November 12, 2021 0 Komentar

Easycash adalah pinjaman online izin terdaftar diawasi OJK yang menawarkan dana tunai cepat cair ... Baca Lagi

Pinjaman Uang Jaminan KTP

Daftar Pinjaman Dana Jaminan KTP Online

November 8, 2021 0 Komentar

Pinjaman dana jaminan KTP adalah jenis kredit cepat cair, syarat mudah yang ditawarkan oleh finte... Baca Lagi

Memilih Aplikasi Kredit HP Online Terbaik

Tips Cara Memilih Aplikasi Kredit HP Online Ter...

Oktober 29, 2021 0 Komentar

Kredit HP jadi kebutuhan banyak orang. Apalagi sekarang bisa beli online.  Bagaimana cara me... Baca Lagi

Review Kredit BFI Finance

BFI Finance Leasing (Kredit Jaminan BPKB Mobil ...

Oktober 4, 2021 0 Komentar

BFI Finance adalah salah satu perusahaan multifinance leasing di Indonesia. BFI terkenal menyedia... Baca Lagi

Belum Ada Komentar

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan di publish