Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

20 P2P Lending Terbaik Indonesia 2022, Terdaftar Berizin OJK

Daftar Isi

20 P2P Lending Terbaik Indonesia 2022, Terdaftar Berizin OJK

P2P Lending menawarkan cara mudah dan cepat untuk memberikan pinjaman dengan menghubungkan pemberi dan penerima pinjaman lewat teknologi fintech. Terbukti perkembangan P2P Lending sangat cepat di Indonesia dalam 5 tahun terakhir.

Apa P2P Lending terbaik yang aman dan terdaftar berizin OJK di 2022 ? Ditengah banyaknya kasus pinjol illegal dan investasi bodong, penting kita menggunakan P2P yang legal, izin OJK.

Berikut ini daftar 20 P2P Lending terbaik di Indonesia dari berbagai jenis usaha, produktif, dana tunai, pembiayaan konvensional dan syariah:

1. Investree

Investree adalah perusahaan pelopor P2P Lending  di Indonesia. Memberikan pinjaman produktif untuk pengusaha, khususnya UMKM.

Jenis pinjaman yang ditawarkan Investree adalah pembiayaan modal kerja atas tagihan berjalan dan tanpa jaminan. Debitur bisa menggunakan tagihan mereka sebagai jaminan ke Investree.

Fitur Investree sebagai berikut:

  • Pembiayaan maksimal 80% dari nilai invoice atau maksimal Rp 2 M untuk setiap invoice.
  • Jangka waktu disesuaikan dengan jatuh tempo invoice atau maksimum 6 bulan disertai dengan pertimbangan dan analisis dari Investree.
  • Jika nilai invoice melebihi 2 M, maka pembiayaan dipecah ke beberapa pinjaman.

Jenis invoice yang menjadi prioritas  dibiayai oleh Investree adalah invoice yang ditujukan kepada Payor berupa perusahaan besar, contohnya perusahaan multinasional, institusi yang terdaftar di bursa saham, atau instansi pemerintahan. 

Nantinya, setiap invoice yang diajukan akan dianalisis, diseleksi, dan disetujui berdasarkan sistem credit-scoring modern.

Proses pengajuan pembiayaan invoice di Investree adalah: 

  1. Daftar online di situs Investree;
  2. Isi rincian data pribadi — termasuk invoice dan dokumen legalitas perusahaan;
  3. Analis melakukan seleksi serta analisa dengan bantuan sistem credit-scoring;
  4. Setelah aplikasi disetujui, pembiayaan akan ditampilkan di marketplace Investree.

2. Modalku

Modalku adalah perusahaan P2P Lending resmi berizin OJK. P2P ini menyediakan platform pendanaan digital yang menghubungkan UMKM potensial dengan pendana yang tertarik untuk berinvestasi. 

Dana yang disalurkan Modalku kepada UMKM akan digunakan untuk mengembangkan usaha, sementara pendana akan memperoleh keuntungan pada saat pelunasan ditambah bunga.

Modalku menyediakan dua opsi pinjaman bagi UMKM, yaitu Modal Kawan Mikro dan Invoice Financing.

Modal Kawan Mikro

Modal Kawan Mikro merupakan produk Kredit tanpa Agunan (KTA) dari Modalku yang diperuntukkan bagi para pelaku usaha. Modal Kawan Mikro dapat digunakan untuk pengembangan usaha, seperti memperlancar arus kas dalam rangka diversifikasi produk usaha.

Modal Kawan Mikro menawarkan pengajuan pinjaman hingga Rp250 juta dengan tenor antara 3 - 12 bulan. Pengajuan Modal Kawan Mikro dapat dilakukan di sini. 

Invoice Financing

Invoice Financing dari Modalku merupakan produk KTA untuk tujuan penggunaan modal kerja, misalnya pembiayan proyek usaha dan sebagainya. Pinjaman ini dapat mencairkan hingga 80% dari nilai invoice.

Secara umum, Invoice Financing Modalku memfasilitasi pengajuan pinjaman hingga Rp2 miliar dengan tenor pinjaman antara 15 - 90 hari. Produk pinjaman Modalku ini dapat diajukan di sini.

3. Akseleran

Akseleran adalah P2P Lending resmi OJK yang menawarkan pinjaman untuk usaha secara online. Plafon kredit mulai dari Rp 75 juta sampai Rp 200 juta dengan masa tenor 1 bulan sampai 24 bulan.

Pinjaman modal usaha di Akseleran tanpa agunan.

Suku bunga adalah 6.48% - 17% per tahun (bunga flat). Besaran suku bunga final ditentukan oleh Akseleran berdasarkan grade dari pinjaman tersebut yang didapatkan dari hasil analisis kelayakan dan risiko usaha.

Meskipun tanpa agunan dengan bunga yang cukup menarik, tetapi persyaratan mengajukan pinjaman di Akseleran cukup ketat, yaitu: 

  1. Usaha sudah berjalan selama lebih dari 1 tahun, dan berlokasi di Jabodetabek, Banten, atau Bandung. Untuk usaha berlokasi di luar wilayah tersebut di Indonesia, dapat menggunakan layanan sepanjang jumlah pinjaman lebih dari Rp200 Juta.
  2. Berhasil mencetak laba bersih di 1 tahun terakhir.
  3. Memiliki Laporan Keuangan (minimal laporan laba rugi) yang akan di cross check dengan rekening koran 3 bulan terakhir.
  4. Membuat proposal pinjaman dan melengkapi dokumen pendukung yang diperlukan.

4. Kredit Pintar

Kredit Pintar adalah perusahaan P2P yang telah izin OJK dan menawarkan aplikasi pinjaman tunai online 24 jam langsung cair. Pengajuan dilakukan melalui aplikasi Kredit Pintar.

Calon nasabah harus mengunduh aplikasi Kredit Pintar di Play Store. Namun saat ini aplikasi hanya tersedia di smartphone berbasis Android. 

Syarat pinjaman di Kredit Pintar adalah punya e-KTP, tanpa jaminan, tanpa kartu kredit, tanpa BI checking dan cepat cair maksimum 24 jam sejak persetujuan. 

Fitur yang ditawarkan Kredit Pintar adalah:

  • Plafon kredit Rp 600 ribu sd Rp 1.8 juta
  • Tenor 28 hari sd 4 minggu.
  • Untuk tenor 4 minggu, Kredit Pintar membagi menjadi 2 kali cicilan dalam 4 minggu tersebut.

Peminjam wajib memiliki rekening bank atas nama peminjam (sesuai dengan nama lengkap di KTP). Apabila pengajuan disetujui, Kredit Pintar mencairkan dana ke rekening bank yang didaftarkan. Jika rekening tidak sesuai, Kredit Pintar tidak akan melakukan pencairan pinjaman.

Di samping itu, Kredit Pintar menjelaskan dalam situs resmi mereka bahwa hanya menerima rekening bank BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Permata, CIMB Niaga, Bank DKI, Bank Danamon, Maybank, Bukopin, KEB Hana, dan BTN untuk melakukan pencairan pinjaman.

Bunga Kredit Pintar adalah 0,4% per hari yang di split dalam biaya layanan serta biaya provisi. Ketentuan bunga ini sesuai dengan batasan bunga maksimum di P2P pinjaman online yang ditetapkan oleh asosiasi fintech (AFPI).

5. Kredivo

Kredivo memiliki izin P2P Lendibg dan menawarkan dana tunai di aplikasi pinjaman yang bisa diunduh di PlayStore dan Apps Store. 

Pinjaman Tunai tersedia untuk tenor 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan. Tenor 30 hari tersedia untuk pengguna Basic dan Premium, sementara tenor 3 bulan dan 6 bulan hanya tersedia untuk pengguna akun Premium saja.

Untuk dana tunai, pelanggan mengajukan langsung ke Kredivo, tanpa perlu lewat merchant, melalui aplikasi. 

Fitur pinjaman dana tunai yang tersedia adalah:

  • plafon Rp 500 ribu; Rp 1 juta dan Rp 1.5 juta untuk tenor 30 hari.
  • Batas minimum Pinjaman Tunai 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan adalah Rp500.000.
  • Batas maksimal Pinjaman Tunai adalah kelipatan terdekat Rp 100.000 dari sisa kredit limit Kredivo kamu. Contoh: Sisa kredit limit 6 bulan kamu adalah Rp5.450.000. Maka batas maksimum pinjaman 6 bulan kamu adalah Rp 5.400.000.

Apabila pinjaman disetujui, maka sisa kredit pengguna Kredivo akan berkurang sebanyak pinjaman dan akan kembali setelah semua Pinjaman Tunai berakhir tenornya dan lunas.

Terdapat 2 jenis biaya untuk menggunakan Pinjaman Tunai.

  • Bunga 2.6% per bulan atas besar pinjaman untuk pengguna dengan akun Premium atau 4% untuk pengguna dengan akun Basic
  • Biaya administrasi 6% di muka atas besar pinjaman yang dipotong langsung dari jumlah yang akan dikirim ke rekening kamu

Berapa bunga dan apakah ada biaya admin untuk kredit dana tunai ini ?

Contohnya pinjaman Rp 500 ribu adalah:

  • Pembayaran saat jatuh tempo Rp 525,050
  • Biaya Admin Rp 30,000
  • Dana yang diterima saat pencairan Rp 470,000

Dengan skema ini, bunga yang saya harus bayar dalam tempo 30 hari adalah 11.71%.

6. Finmas

Finmas adalah penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi (P2P - Peer To Per) yang remi berizin dan terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (KEP-85/D.05/2019). Perusahaan P2P Lending ini dimiliki oleh Sinarmas Group dan Oriente Hong Kong, dengan nama PT. Oriente Mas Sejahtera.

Finmas menawarkan dua jenis produk kredit, yaitu 

  • Cash Advance, dana tunai untuk talangan kebutuhan mendesak
  • Cicilan tanpa kartu kredit Pay Later untuk pembiayaan beli barang di merchant kerjasama Finmas.

Pinjaman cash advance dana tunai Finmas memiliki fitur berikut:

  • Plafon Rp 500 ribu sampai Rp 5 juta (naik/turun kelipatan 500 ribu).
  • Dua pilihan tenor: 30 hari dan  3 bulan

Yang perlu diperhatikan, sesuai simulasi di situs Finmas, bahwa tenor 30 hari berlaku untuk pinjaman sampai 2.5 juta, sementara pinjaman mulai 3 juta sd 5 juta menggunakan tenor 3 bulan.

Jadi, masa pinjaman di Finmas dipengaruhi oleh jumlah pinjaman yang diajukan. Semakin besar plafon, bisa semakin panjang tenor kredit.

7. UangMe

UangMe adalah P2P Lending pinjaman online izin OJK yang menawarkan cicilan dana cepat tunai dengan fitur:

  • plafon kredit Rp 400,000 sd Rp 2,000,000
  • tenor 3 bulan dan 4 bulan

Perbedaan di UangMe adalah soal tenor. Bisa dicicil dalam beberapa kali angsuran.

Plafon yang ditawarkan bisa berbeda beda buat setiap nasabah, tergantung pada kebijakan UangMe, sebagaimana yang akan terlihat di aplikasi.

Penggunaan aplikasi di ponsel membuat fintech bisa menawarkan pinjaman secara customized, berbeda - beda di setiap orang, tergantung hasil analisa dan profil peminjam.

UangMe melayani pinjaman dari seluruh daerah di Indonesia.

Langkah pengajuan di UangMe dengan pengisian data berikut:

  1. Informasi Diri
  2. Data Pekerjaan
  3. Kontak Darurat
  4. Data KTP dan Foto Selfie
  5. Data Rekening Bank

8. EasyCash

Easycash adalah P2P lending pinjaman online yang resmi terdaftar diawasi otoritas jasa keuangan (OJK). Milik PT Indonesia Fintopia Technology berdiri 13 Nov 2017.

Secara legalitas, jelas, Easycash bukan P2P atau pinjol illegal. Juga bukan pinjaman online bermasalah.

Easycash tidak meminta slip gaji dalam pengajuan pinjaman. Hanya diminta menyampaikan KTP dan foto selfie.

Yang menarik juga bahwa easycash tidak melakukan proses verifikasi ke calon peminjam baik lewat telepon atau bahkan melalui kunjungan. Tidak ada konfirmasi lagi setelah selesai mengajukan pinjaman di aplikasi.

Hanya 3 menit sejak pengajuan, pihak Easycash sudah memberikan persetujuan. Nasabah sudah memperoleh kabar apakah pengajuan disetujui atau tidak dalam waktu kurang dari 24 jam.

Easycash menyediakan pinjaman dana tunai dalam jumlah kecil dengan tenor pendek yang harus dilunasi (pokok + bunga) di akhir pinjaman atau dicicil selama beberapa bulan.

Fitur Easycash: 

  • Plafon: Rp 1 juta sd Rp 5 juta
  • Tenor: 15 hari sd 6 bulan

Area jangkauan Easycash saat ini sudah menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.  Pengguna dapat melakukan pengecekan pada aplikasi. Apabila daerah tempat tinggal sudah tertera, itu berarti sudah dapat melakukan pengajuan.

9. Modal Rakyat

Modal Rakyat merupakan P2P resmi izin OJK yang fokus pada pinjaman usaha, kecil dan menengah. P2P Modal Rakyat telah resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia (OJK RI) dengan nomor surat: KEP-27/D.05/2021.

Fitur kredit Modal Rakyat adalah:

  • Plafon pinjaman adalah mulai dari Rp 500 Ribu hingga Rp 2 Miliar
  • Bunga dimulai dari 12% - 30% per tahun. Selain bunga, Modal Rakyat juga membebankan biaya layanan sebesar 3% dari besar pinjaman.
  • Besarnya bunga pinjaman akan bergantung pada tingkat resiko yang ditentukan dari analisa data dan credit-scoring.

Syarat utama untuk mengajukan pinjaman:

  1. Warga Negara Indonesia dan memiliki kelengkapan identitas diri
  2. Memiliki NPWP
  3. Memiliki data legalitas perusahaan (bila bukan usaha perseorangan)
  4. Memiliki rekening bank

Proses survei, analisis, dan penentuan tingkat risiko / suku bunga cepat dan efisien, maksimal dalam 5 hari kerja. Proses pengajuan pinjaman di Modal Rakyat 100% online dan dapat 

10. Alami

Alamisharia adalah P2P Syariah resmi izin OJK, yang mempertemukan UKM dengan pemberi pembiayaan. Jenis pembiayaan adalah invoice financing mulai dari Rp 50 juta sampai dengan Rp 2 Miliar.

Pendanaan akan ditawarkan ke investor dengan akad yang sesuai Syariah. Akad Invoice Financing berlandaskan pada Fatwa DSN No. 67/DSN-MUI/III/2008 dan 117/DSN-MUI/II/2018. 

Pembiayaan di Alami adalah invoice financing atau anjak piutang. Calon penerima pendanaan (beneficiary) memiliki bukti tagihan (invoice) dapat mengajukan pendanaan. 

Kriteria peminjam adalah (1) Perusahaan berbentuk PT, CV, atau Yayasan yang menjalankan aktivitas operasional tidak bertentangan dengan syariat Islam; (2) Telah berdiri minimal 1 tahun dan berlokasi di Jabodetabek; (3) Perusahaan bersedia melampirkan rekening koran dan laporan keuangan minimal 6 bulan terakhir; (4) Memiliki giro mundur dan jaminan personal untuk dijaminkan.

Fitur Alami Invoice Financing adalah:

  • Minimal pembiayaan yang dapat disalurkan adalah Rp 50.000.000 dan maksimal adalah Rp 2.000.000.000.
  • ALAMI mendanai maksimal 80% dari nilai invoice yang dimiliki.
  • Tenor Invoice Financing adalah 1 bulan sampai maksimal 6 bulan.

Calon penerima pembiayaan memiliki bukti tagihan atas suatu pekerjaan yang telah selesai dilakukan. Memiliki dokumen-dokumen yang menunjukkan bahwa pekerjaan telah selesai seperti Berita Acara Serah Terima (BAST). Sehingga status dengan pemberi kerja (bouwheer) adalah piutang yang akan segera dilakukan pembayaran pada tempo waktu yang telah ditentukan.

Berdasarkan bukti tagihan invoice, ALAMI akan menawarkan kepada calon Pendana (funder) untuk memberikan pembiayaan dengan akad wakalah bil ujrah disertai dengan dana talangan dengan akad qardh. 

Penerima pendanaan akan melimpahkan kuasa kepada penerima pendanaan sebagai wakil untuk mengelola bukti tagihan. Pendana kemudian akan memberikan kuasa kepada ALAMI sebagai wakil untuk mengelola bukti tagihan dari penerima pembiayaan. 

Atas jasa pengelolaan bukti tagihan tersebut, penerima pembiayaan akan memberikan ujrah sebagai jasa pengelolaan kepada Pendana. Dan atas jasa penggunaan platform ALAMI, penerima pembiayaan akan memberikan ujrah kepada ALAMI.

11. Kredito

Kredito adalah Fintech P2P Lending berizin resmi OJK. Kredito milik PT FINTEK DIGITAL INDONESIA yang telah mendapatkan izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pengajuan pinjaman dilakukan lewat aplikasi Kredito yang bisa diunduh download secara gratis di Apps Store Google Play Store dan Apple IOS.

Kredito menyediakan pinjaman konsumtif dana tunai dengan rentang limit cukup lebar dan berbagai pilihan tenor cicilan.

  • Limit pinjaman mulai dari 400 ribu  sd 7 juta Rupiah untuk kredit konsumtif
  • Tenor tersedia dalam opsi cicilan mingguan hingga bulanan.

Dari sisi plafon dan tenor, Kredito menawarkan fleksibilitas buat konsumen. Mau pinjam kecil sampai besar disediakan, demikian pula masa kredit bisa singkat sampai lama juga diberikan pilihan.

12. PinjamanGo

PinjamanGo adalah fintech pinjaman online P2P yang sudah berizin OJK dan menawarkan pinjam uang tanpa jaminan dengan cukup syarat KTP secara online lewat aplikasi untuk wilayah di seluruh Indonesia.

Fitur kredit Pinjaman Go adalah:

  • Tenor 14 hari dan 21 hari
  • Plafon Rp 1.2 juta sd Rp 6 juta.

Namun, untuk pinjaman pertama, peminjam akan hanya bisa mengajukan  Rp 1.2 juta dan seiring kinerja pembayaran yang baik maka plafon kredit bisa meningkat.

Pemberian plafon pinjaman yang kecil di awal kerap dilakukan oleh fintech pinjaman dalam rangka mengelola resiko. Ingin memastikan kualitas kredit peminjam sebelum diberikan plafon yang lebih besar.

Yang penting diperhatikan di PinjamanGo adalah tenornya yang cukup singkat, tidak sampai 1 bulan, dan hanya tersedia 2 pilihan masa kredit.

PinjamanGo hanya meminta syarat KTP dengan proses pengajuan yang cukup simpel. Hanya butuh waktu 15 sd 20 menit untuk menyelesaikan form online dan melengkapi sejumlah pertanyaan singkat.

Tetapi, pengajuan tidak langsung cair dalam 24 jam.

Nasabah harus menunggu 1 x 24 jam sd 2 x 24 jam atau sekitar 2 hari sampai menerima keputusan dari Pinjaman Go, apakah pengajuan kredit diterima atau tidak.

Di Pinjaman Go, plafon yang disetujui langsung dipotong dengan bunga atau biaya layanan di muka dan peminjam mengembalikkan sebesar plafon disetujui tersebut.

13. KTA Kilat

KTA Kilat adalah platform P2P Lending pinjaman online tunai yang terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Produk Dana Online KTA Kilat adalah:

  1. Tenor kredit: 91 hari s/d 180 hari
  2. Limit maksimum: Rp 8 juta
  3. Bunga maksimum: 0.40% per hari

Jika sedang mencari pinjaman online, duit online atau modal online, persyaratan hanya: 

  • Umur 18 - 50 tahun
  • memiliki pekerjaan tetap
  • nomor telepon aktif digunakan

Hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk mengisi informasi yang diperlukan. 

Setelah anda mengirimkan pengajuan, akan membutuhkan waktu 2 - 48 jam untuk sistem dalam verifikasi aplikasi anda. Jika sistem kami menyetujui pengajuan pinjaman anda, dana akan ditransfer ke rekening bank anda kurang dari 2 hari. 

Catatan : Pada akhir pekan anda akan membutuhkan waktu lebih panjang

14. Cicil co id

CICIL adalah pinjaman online untuk pembiayaan pendidikan tinggi serta pembelian barang bagi mahasiswa Indonesia, yang P2P Lending terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Produk yang ditawarkan aplikasi ini adalah:

(1). CICIL Uang Kuliah

Cicil Uang Kuliah adalah pinjaman untuk pembiayaan uang pangkal maupun UKT (Uang Kuliah Tunggal). Plafon pinjaman hingga Rp 30 juta untuk pembiayaan uang pangkal maupun uang semester dengan tenor cicilan hingga 36 bulan.

Fitur Cicil Uang Kuliah adalah:

  • Nominal pembiayaan mulai dari Rp1,000,000 hingga Rp30,000,000
  • Jangka waktu pembiayaan fleksibel dari 2 hingga 36 bulan
  • Mahasiswa yang mengajukan cicilan harus mahasiswa aktif.
  • Mahasiswa memiliki KTP dan KTM.
  • Untuk cicilan uang kuliah, pastikan mengisi data personal penjamin dan keuangan penjamin di profil.
  • Proses pelunasan biaya uang kuliah dilakukan setelah pembayaran DP diterima dan bukti tanda tangan sudah dikirim.
  • CICIL akan mentransfer atau membayarkan tagihan uang kuliah ke pihak rekening Lembaga Pendidikan Tinggi yang kamu ajukan dan kemudian CICIL akan mengirimkan bukti bayar sebagai bukti penyaluran dana tersebut.
  • Terproteksi oleh asuransi AXA bila penjamin atau orang tua mengalami kematian, kecelakaan dan rawat inap

(2). CICIL Barang

Cicil Barang adalah pinjaman untuk mahasiswa membeli perlengkapan kuliah. Beli sekarang, bayar nanti secara bulanan.

Fitur Cicil Barang adalah:

  • Nominal pembiayaan Rp250,000 hingga Rp4,000,000
  • Jangka waktu pembiayaan dari 2 bulan hingga 24 bulan
  • Tinggal copy-paste link produk yang ingin dibeli dari eCommerce terpercaya di Indonesia
  • Pastikan memilih eCommerce dan Marketplace yang terpercaya dan memiliki banyak review positif (min. 20 review positif)
  • Proses pemesanan kepada merchant, dilakukan setelah pembayaran DP diterima dan Mahasiswa telah menandatangani Surat Perjanjian/Agreement dengan Student Ambassador.
  • Mahasiswa mengajukan cicilan harus mahasiswa aktif.
  • Mahasiswa wajib memiliki KTP dan KTM.
  • Peran CICIL adalah sebagai pemberi akses pembiayaan bagi Mahasiswa, bukan sebagai penjual barang(merchant).
  • Proses pemesanan kepada merchant, dilakukan setelah pembayaran DP diterima.

Persyaratan

Seluruh mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di salah satu universitas yang telah terdaftar pada platform kami dapat menggunakan CICIL.

Perlu mempersiapkan bukti identitas berikut: 

  1. Memiliki eKTP atau Surat Keterangan eKTP sementara yang dikeluarkan oleh DISDUKCAPIL
  2. Melampirkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

15. Kredinesia

Kredinesia adalah Fintech P2P Lending berizin resmi terdaftar dan diawasi OJK. Milik PT. KREDITKU TEKNOLOGI INDONESIA.

Secara legalitas, jelas, Kredinesia bukan P2P atau pinjol illegal. Juga bukan pinjaman online bermasalah.

Pengajuan pinjaman dilakukan lewat aplikasi yang bisa diunduh download secara gratis di Google Play Store dan Apple Store.

Kredinesia menyediakan dana tunai dalam jumlah kecil dengan tenor pendek. Fitur kreditnya sebagai berikut: 

  • Plafon: Rp 600 ribu sd Rp 2 juta
  • Tenor: 14, 21, 30 hari

Tenor yang ditawarkan cukup menarik. Bisa pinjam untuk waktu singkat, hanya 2 minggu.

Jenis pinjaman ini cocok untuk mereka yang butuh dana tunai dalam waktu pendek. Misalnya, butuh uang darurat, sementara menunggu sampai tanggal gajian.

Dalam proses pengajuan, dokumen yang diminta hanya eKTP dan mengambil foto selfie dengan e-KTP.

Tidak ada verifikasi ke kantor. Kredinesia hanya melakukan verifikasi telepon kepada:

  • Calon Peminjam
  • Emergency Contact (Kontak Darurat)

Karena melakukan verifikasi telepon terlebih dahulu sebelum pengajuan disetujui, proses di Kredinesia membutuhkan waktu 1 hari. 

Meskipun butuh 1 hari, proses persetujuan di Kredinesia boleh dibilang cepat. Bandingkan dengan proses persetujuan di KTA bank, yang membutuhkan waktu beberapa hari.

16. AdaModal

AdaModal adalah perusahaan Fintech P2P Lending izin OJK. Dibawah naungan PT. Solid Fintek Indonesia 

Pengajuan pinjaman dilakukan lewat aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di Play Store.

Buka aplikasi AdaModal, lakukan registrasi dan isi data diri sesuai petunjuk yang diberikan. Siapkan juga KTP dan nomor rekening bank atas nama peminjam.

Produk (Limit dan Tenor)

  1. Dana tunai dalam jumlah kecil dan tenor pendek, dengan fitur
  2. Jumlah Limit : Rp 1.000.000 sd Rp 5.000.000
  3. Tenor Pinjaman : 91 - 365 Hari

AdaModal adalah pinjaman tanpa jaminan.

Area AdaModal saat ini menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. 

17. Pintek

Pintek adalah P2P Lending resmi izin OJK yang menawarkan pinjaman pendidikan secara online untuk  membiayai pendidikan, bisa sekolah, kuliah atau kursus. 

Pengajuan di Pintek bisa dilakukan lewat situs resmi mereka.

Bedanya dengan pinjaman online, pinjaman pendidikan mencairkan dana langsung ke lembaga pendidikan dan bukan ke peminjam.

Jadi, Pintek bekerjasama dengan sejumlah lembaga pendidikan, yang siswa atau calon siswa lembaga tersebut membutuhkan pendanaan, bisa datang ke Pintek untuk mengajukan kredit.

Proses pengajuan di Pintek adalah:

  • Daftar di Website. Daftar di sini. Buat akun di pintek.id dan lengkapi dokumen untuk analisis keuangan.
  • Dapatkan Plafon Pendanaan. Dari hasil analisis, Anda mendapatkan nilai Plafon Pendanaan yang dapat dicairkan berkali-kali.
  • Pencairan Dana. Ajukan pencairan dana sesuai kebutuhan Anda. Setelah akad, Pintek segera mencairkan dana ke rekening tujuan.
  • Bayar Cicilan. Anda dapat melihat jadwal cicilan Anda di dalam akun, dan melakukan pembayaran sesuai ketentuan

Siapa yang mengajukan kredit ? Bukankah siswa belum punya penghasilan ?

Yang bisa mengajukan adalah orang tua atau penjamin, pada dasarnya pihak yang memang memiliki sumber pembayaran untuk melunasi kewajiban hutang.

Bunga di Pintek cukup murah di 1.5% flat per bulan, dengan simulasi berikut:

  • Pinjaman Rp 2.4 juta
  • Tenor selama 3 bulan
  • Cicilan per bulan Rp 836,000

Namun, bunga yang murah ternyata ada kewajiban tertentu, yaitu pembayaran pertama sebesar 20% di bulan pertama sebelum dilakukan pencairan dana atau pembayaran ke sekolah, dan angsuran pertama dibayarkan di bulan kedua dan seterusnya.

18. 360Kredi

360Kredi adalah P2P Lending yang menawarkan pinjaman Tunai, Cicilan Mudah dan Cepat Hanya Dengan KTP.

Aplikasi 360Kredi ini menawarkan dua jenis pinjaman, yaitu personal dan usaha. 

Pinjaman Personal

  • Tenor Kredit: 30 - 90 hari
  • Plafon Pinjaman: Rp 800.000 - Rp 1.600.000

Pinjaman Usaha

  • Tenor Kredit: 1  bulan -  12 bulan
  • Plafon Pinjaman: Rp 2.000.000 - Rp 20.000.000

Kemudahan pengajuan pinjaman, bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia, karena pinjaman uang online dari 360Kredi telah mencakup coverage area seluruh wilayah Indonesia.

Suku Bunga dan Simulasi Kredit

  • Pinjaman Personal: bunga pinjaman adalah 0.3 - 0.4% / hari.
  • Pinjaman Usaha: bunga pinjaman adalah 0.2 - 0.4% / hari.

Hal ini sesuai ketentuan bunga maksimum dari AFPI.

Batasan biaya pinjaman sebesar 0,4% per hari dari Jumlah Pinjaman Pokok sudah termasuk semua biaya layanan dan biaya lainnya, kecuali biaya keterlambatan. 

Jumlah maksimum semua biaya layanan dan biaya (termasuk biaya keterlambatan) adalah 100% dari jumlah pokok pinjaman

Setelah periode pinjaman, jika nasabah belum melunasi tagihan, maka keterlambatan hari pertama akan dikenakan total biaya sebesar 0.4% per hari.

Syarat Mengajukan Pinjaman

  • Perorangan yang berusia minimal 21 tahun dan maksimal 50 tahun yang memiliki kecakapan hukum, hak dan kuasa dan kewenangan yang diperlukan untuk menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi;
  • Warga Negara Indonesia;
  • Dalam hal badan hukum, Pengguna dibuat dan didirikan sebagaimana mestinya di bawah badan hukum yang sah, ada secara sah dan terdaftar pada otoritas yang sesuai berdasarkan hukum Republik Indonesia;
  • Perorangan yang memiliki Kartu Tanda Penduduk atau Nomor Pokok Wajib Pajak; dan
  • Pengguna memiliki nomor telepon tetap dan kontak darurat.

19. Amartha

Amartha adalah perusahaan P2P lending resmi OJK, yang memberikan pinjaman ke pengusaha bisnis mikro di pedesaan dan kota di Jawa. Amartha terdaftar dan berizin di OJK sejak 2017.

Amartha melayani pengusaha mikro yang belum punya akses kredit ke perbankan. Lebih spesifiknya lagi, Amartha melayani kelompok ibu - ibu arisan, yang ingin mengajukan kredit mikro dalam jumlah kecil.

Proses pemberian kredit di Amartha adalah:

  1. Bentuk Kelompok. 15-20 orang dengan domisili berdekatan dibentuk sebagai sebuah kelompok yang masing-masing wajib mengikuti pelatihan untuk membangun komitmen tanggung renteng jika salah satu anggota mengalami kesulitan pembayaran.
  2. Skor Kredit. Pengajuan pendanaan didasari rencana usaha serta profil calon penerima pinjaman dan dievaluasi berdasarkan sistem skor kredit. Pengajuan pendanaan akan ditampilkan dalam marketplace setelah disetujui dan akad difasilitasi Amartha setelah terdanai.
  3. Pertemuan Mingguan. Selama masa peminjaman, penerima pinjaman diwajibkan mengikuti pertemuan kelompok mingguan yang difasilitasi Amartha dengan materi seputar antara lain pengelolaan keuangan, kedisiplinan, serta cara-cara memajukan

Karena merupakan P2P Peer To Peer, Amartha menyalurkan dana secara langsung dari pemberi pinjaman ke kelompok peminjam mikro. Investor pemberi pinjaman bisa memilih secara langsung di platform teknologi Amarta, pinjaman mikro yang akan diberikan, berdasarkan informasi debitur dan skor kredit yang disediakan Amartha.

20. Dana Cita

Dana Cita adalah fintech  P2P yang sudah berizin resmi OJK dan fokus pada pembiayaan untuk pendidikan. Dana Cita memiliki misi untuk memperluas akses bagi semua pelajar dengan menjembatani kesenjangan dalam kesanggupan pembiayaan. 

Melalui platform Dana Cita, pelajar dan mahasiswa dapat memperoleh pinjaman terjangkau untuk menuntut ilmu di lembaga pendidikan tinggi dan program vokasi terpilih.

Plafond pinjaman di Dana Cita adalah maksimal seluruh biaya pendidikan tapi hasil persetujuan adalah tergantung kemampuan pembayaran. Periode pengembalian (tenor) sampai dua kali dari periode studi yang tersisa.

Proses pengajuan sebagai berikut:

  1. Daftar lewat website dengan email aktif dan Anda akan menerima formulir permohonan melalui email
  2. Lengkapi formulir dan kirimkan melalui email
  3. Jika lolos, dalam 24 jam, Anda akan menerima penawaran
  4. Lalu berdasarkan email penawaran tersebut, segera kirimkan dokumen yang diminta
  5. Jika lolos verifikasi, perjanjian pinjaman wajib ditandatangani oleh peminjam dan penjamin
  6. Pencairan dilakukan langsung ke sekolah atau lembaga pendidikan terkait.

Penting diketahui dalam pengajuan pinjaman di Dana Cita adalah:

  • Pinjaman adalah tanpa jaminan
  • Diberikan untuk pelajar yang sudah diterima atau sedang berstudi di lembaga pendidikan tinggi atau vokasi yang terakreditasi. Tidak bisa untuk Anda yang belum diterima, atau baru cari-cari sekolah, untuk mengajukan pinjaman.
  • Karena setelah disetujui, pinjaman biaya pendidikan akan dicairkan langsung ke lembaga pendidikan terkait sesuai jadwal pembayaran.
  • Wajib orang tua atau saudara sebagai penjamin. Syarat penjamin adalah harus memiliki hubungan kekeluargaan dengan peminjam, Warga Negara Indonesia, dan memiliki penghasilan yang dapat dibuktikan.

Ringkasan P2P Lending OJK 2022

NoP2P LendingJenis PinjamanAkad
1.InvestreeProduktifKonvensional, Syariah
2.ModalkuProduktifKonvensional
3.AkseleranProduktifKonvensional
4.Kredit PintarDana TunaiKonvensional
5KredivoDana TunaiKonvensional
6.FinmasDana TunaiKonvensional
7.UangMeDana TunaiKonvensional
8.EasycashDana TunaiKonvensional
9.Modal RakyatProduktifKonvensional
10.AlamiProduktifSyariah
11.KreditoDana TunaiKonvensional
12.PinjamanGoDana TunaiKonvensional
13.KTA KilatDana TunaiKonvensional
14.Cicil Co IdDana TunaiKonvensional
15.KredinesiaDana TunaiKonvensional
16.AdaModalDana TunaiKonvensional
17.PintekDana TunaiKonvensional
18.360KrediDana TunaiKonvensional
19.AmarthaProduktifKonvensional, Syariah
20.Dana CitaProduktifKonvensional

Bandingkan Pinjaman Online Terbaik !

Perbandingan berbagai pinjaman online terbaik bnerdasarkan berbagai faktor pilihan

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait