Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Cara Menggunakan Shopee Paylater 2022

Daftar Isi

Cara Menggunakan Shopee Paylater 2022

Bagaimana cara menggunakan Shopee Pay Later untuk belanja dengan cicilan tanpa kartu kredit ? Kita kupas step by step berdasarkan pengalaman menggunakan aplikasi ini.

SPayLater adalah fasilitas kredit Pay Later yang terdapat di e-commerce Shopee. Dengan PayLater ini, pembeli di Shopee bisa membeli dengan cicilan tanpa kartu kredit.

Tanpa kartu kredit ini, fitur yang penting, karena selama ini jika mengambil cicilan ke bank, prasyaratnya harus sudah memiliki kartu kredit.

Lalu, apa bedanya SPayLater ini dengan PayLater lainnya ?

Karena PayLater ini milik Shopee, proses pengajuan dan penggunaan menjadi lebih mudah dana cepat.

1. Unduh Aplikasi Shopee

Unduh aplikasi belanja Shopee di PlayStore. Di dalam aplikasi tersebut terdapat fasilitas pembayaran secara cicilan dengan menggunakan aplikasi Shopee PayLater.

2. Pilih Shopee PayLater

Setelah belanja di di Shopee, pilih SPayLater sebagai metode pembayaran. 

  • Klik Konfirmasi.
  • Klik Buat Pesanan.
  • Masukkan PIN ShopeePay.

3. Aktifkan Shopee PayLater

Jika sudah mengaktifkan ShopeePay, maka PIN SPayLater akan sama dengan PIN ShopeePay Anda. Jika Anda belum mengaktifkan ShopeePay, Anda akan mendapatkan Kode Verifikasi (OTP). 

Mohon tidak memberikan Kode Verifikasi (OTP) kepada siapa pun, termasuk ke tim Shopee.

4. Ikuti Syarat dan Ketentuan

Cara kerja PayLater ini adalah setelah disetujui nasabah akan mendapatkan limit yang bisa digunakan untuk belanja. Besarnya limit bisa berbeda - beda tergantung keputusan dari pihak Shopee.

Setiap belanja dengan PayLater akan memotong limit dan jika dilakukan pembayaran limit akan kembali. Cara kerjanya persis seperti kartu kredit.

Selama limit masih tersedia dan tidak ada tunggakan pembayaran, fasilitas ini bisa digunakan. Sebaliknya, kalau limit sudah terpakai semua atau ada tunggakan pembayaran, fasilitas tidak bisa dipakai.

Besaran limit setiap pengguna Shopee berbeda-beda. Limit in bisa bertambah secara otomatis berdasarkan konsumsi dan perilaku pembayaran yang anda lakukan. 

Tidak ada minimum transaksi untuk metode pembayaran dalam 1 bulan dan cicilan.

5. Pilih Tenor Pinjaman 

Shopee PayLater memberikan plafon kredit yang bisa digunakan untuk belanja di Shopee, dengan fitur berikut:

  • Plafon limit pinjaman Rp 500 ribu sd Rp 15 juta
  • Tenor cicilan: 1, 2, 3, 6 dan 12 bulan
  • Bisa pilih tanggal jatuh tempo tagihan, tanggal 5, 11 daan 25 setiap bulannya.
  • Bisa mendapatkan peningkatan limit dengan catatan pembayaran yang baik
  • Suku Bunga Kredit cukup bersaing

Untuk plafon dalam aplikasi Shopee disebutkan maksimal Rp 6 juta, tetapi dalam penawaran yang kami terima bisa sampai Rp 15 juta. Kemungkinan perbedaan ini adalah tergantung pada hasil analisa Shopee.

Pengguna dapat menggunakan SPayLater untuk membeli beberapa Produk Digital, seperti: Pulsa, Listrik PLN, Paket Data, BPJS,  Tiket Kereta Api, Telkom, PDAM, Pasca Bayar, Tiket Pesawat, TV Kabel & Internet, Tiket Bus & Travel dan Roaming.

Namun, pengguna tidak dapat menggunakan SPayLater untuk membeli produk dari kategori Voucher, Emas, Uang Elektronik, dan Zakat. 

Limit di SPaylater tidak bisa dicairkan dalam bentuk dana tunai, hanya bisa digunakan untuk berbelanja di Shopee. 

6. Bayar Belanja dengan Shopee PayLater

Pembayaran akan secara otomatis terkonfirmasi. Penjual akan mendapatkan notifikasi untuk mengirimkan pesanan Anda.

Bayar tagihan SPayLater Anda paling lambat tanggal 5, 11, atau 25 di bulan berikutnya sesuai dengan tanggal jatuh tempo Anda.

Jika limit SPayLater Anda kurang dari total belanja, Anda tetap bisa menggunakan SPayLater yang digabung dengan metode pembayaran lain.

7. Pembayaran Tagihan

Anda dapat melihat tagihan dengan mengikuti langkah berikut ini:

  1. Masuk ke halaman Saya di aplikasi Shopee
  2. Klik SPayLater
  3. Klik Tagihan Saya. Daftar tagihan yang Belum dibayar dan Telah dibayar untuk setiap bulan akan ditampilkan.
  4. Klik pada tagihan Belum Dibayar untuk melihat batas pembayaran tagihan. Lakukan pembayaran dengan klik Bayar Sekarang. Klik pada tagihan Telah dibayar untuk melihat rincian tagihan yang telah dibayar.

Rincian tagihan akan muncul setiap tanggal:

  • Tanggal 25: Perlu dibayar paling lambat tanggal 5.
  • Tanggal 1: Perlu dibayar paling lambat tanggal 11.
  • Tanggal 15: Perlu dibayar paling lambat tanggal 25.

Rincian tagihan mencakup pesanan yang sudah dalam status Selesai (termasuk pengembalian dana) dari tanggal 25 bulan sebelumnya hingga tanggal 24 bulan ini. Contoh: Transaksi yang dibuat antara tanggal 25 Maret - 24 April akan muncul di tagihan pada tanggal 25 April dan perlu dibayar paling lambat tanggal 5 Mei.

Per tanggal 1 Agustus 2019, telah diberlakukan biaya penanganan untuk metode pembayaran SPayLater sebesar 1% per transaksi.

8. Penagihan Gagal Bayar, DC Datang ke Rumah

Shopee PayLater akan mengirimkan sms ke nomor HP Anda 1 hari sebelum tanggal jatuh tempo untuk mengingatkan Anda melakukan pelunasan. 

Proses collection mengikuti tahap sebagai berikut:

Peminjam dapat melakukan pelunasan melalui ATM, Mobile Banking dan Internet Banking. Shopee PayLater mendukung pelunasan lebih awal.

Ketika nasabah telat membayar melewati tanggal jatuh tempo, perusahaan Shopee PayLater melakukan proses collection, yang terdiri atas:

  • Desk Collection, yakni penagihan-penagihan yang menggunakan sarana- sarana komunikasi termasuk namun tidak terbatas pada telepon, SMS, Whatsapp, email, apps-reminder/robo reminder (pengingat pada aplikasi Penyelenggara sendiri) dan sarana-sarana komunikasi lain;
  • Field Collection Kunjungan, yakni penagihan yang dilakukan secara langsung, melalui kunjungan ke daerah/tempat domisili Penerima Pinjaman.

Umumnya, fintech menekankan pada proses penagihan melalui telepon di desk collection. Namun penagihan kunjungan akan dilakukan jika dibutuhkan.

Jika nasabah sudah hilang kontak, barulah proses kunjung field collection ke rumah dan kantor dilakukan.

Pihak ke-3, agency collection atau dikenal sebagai debt collector bisa digunakan, terutama di tahap field collection. Dilakukan sebagai bagian dari efisiensi operasional fintech, sehingga fintech dapat fokus pada operasional utama seperti proses underwriting.

Jadi, kalau debitur mengambil Shopee PayLater, harus siap - siap dikunjungi oleh debt collector ketika pembayaran kredit menunggak. Apalagi jika pembayaran sudah terlambat lebih dari 30 hari.

Shopee PayLater menerapkan denda keterlambatan pembayaran cukup tinggi. Besarnya denda keterlambatan bisa dilihat dalam perjanjian kredit saat pinjaman disetujui.

Bandingkan Pinjaman Online Terbaik !

Perbandingan berbagai pinjaman online terbaik bnerdasarkan berbagai faktor pilihan

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait