Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Aplikasi P2P Lending Terbaik Produktif dan Multiguna Izin OJK

Daftar Isi

Aplikasi P2P Lending Terbaik Produktif dan Multiguna Izin OJK

P2P Lending terbaik menawarkan pinjaman dengan proses mudah cukup syarat KTP, online tanpa tatap muka, cepat cair, bunga terjangkau, dan bisa untuk kredit usaha produktif atau multiguna. Apa contoh aplikasi Peer to Peer  terbaik yang sudah resmi berizin OJK?

Aplikasi P2P Lending terbaik di 2022 adalah 1. Investree 2. Modalku 3. Koinworks 4. Modal Rakyat 5. EasyCash 6. Kredit Pintar 7. Amartha 8. AdaKami

Daftar aplikasi P2P lending terbaik di Indonesia yang aman adalah:

1. Investree

Investree adalah perusahaan fintech P2P Lending di Indonesia yang sudah berizin OJK.  Setelah berkembang sukses lewat pinjaman konvensional, Investree sekarang menawarkan juga platform peer to peer berbasis Syariah.

Fokus Investree adalah pinjaman produktif untuk pengusaha, khususnya UMKM. Jenis pinjaman yang ditawarkan Investree adalah pembiayaan modal kerja atas tagihan berjalan, dengan fitur berikut:

  • Pembiayaan maksimal 80% dari nilai invoice atau maksimal Rp 2.000.000.000 untuk setiap invoice.
  • Jangka waktu disesuaikan dengan jatuh tempo invoice atau maksimum 6 bulan disertai dengan pertimbangan dan analisis dari Investree.

Jenis invoice yang menjadi prioritas  dibiayai oleh Investree adalah invoice yang ditujukan kepada Payor berupa perusahaan besar, contohnya perusahaan multinasional, institusi yang terdaftar di bursa saham, atau instansi pemerintahan. 

Nantinya, setiap invoice yang diajukan akan dianalisis, diseleksi, dan disetujui berdasarkan sistem credit-scoring modern.

Syarat pengajuan pembiayaan di Investree adalah: (1) Daftar online di situs Investree; (2) Isi rincian data pribadi — termasuk invoice dan dokumen legalitas perusahaan; (3) Analis melakukan seleksi serta analisa dengan bantuan sistem credit-scoring; (4) Setelah aplikasi disetujui, pembiayaan akan ditampilkan di marketplace Investree.

Terkait jaminan, selain menggunakan invoice sebagai jaminan, Investree akan meminta peminjam untuk memberikan giro mundur dan jaminan pribadi (personal guarantee) sebagai jaminan tambahan.
 

2. Modalku

Modalku adalah platform P2P online yang fokus pada pinjaman untuk usaha produktif. 

Modalku menawarkan pembiayaan invoice, dengan plafon pinjaman sampai Rp 2 miliar dengan tenor 15 sd 90 hari; tanpa jaminan.

Wilayah cakupan operasional Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya. 

Persyaratan utama pinjaman di Modalku adalah: 

  • usaha berjalan minimal 1 tahun; 
  • berdomisili di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang & Bekasi), Bandung dan Surabaya; 
  • berusia 21 s/d 60 tahun;
  • bisa berbentuk PT, CV atau perorangan;
  • memiliki omzet bisnis tercatat di rekening Bank.
     

3. Kredit Pintar

Kredit Pintar merupakan pinjaman online resmi terdaftar dan diawasi OJK. Izin Kredit Pintar sebagai peer 2 peer lending diperoleh dari OJK. 

Nasabah harus mengunduh aplikasi Kredit Pintar di Play Store yang saat ini hanya tersedia di app store Android. Pengajuan dilakukan melalui aplikasi tersebut.

Fitur pinjaman Kredit Pintar ditujukan untuk multiguna sebagai berikut:

  • Plafon mulai Rp 600 ribu sd Rp 1.8 juta untuk pinjaman pertama. Pinjaman berikutnya naik ke 5 juta, 10 juta dan paling tinggi 20 juta
  • Tenor tersedia 28 hari atau berbentuk cicilan 2 bulan dan 3 bulan. Pilihan tenor tergantung jumlah plafon yang disetujui.

Tidak ada persyaratan slip gaji dan dokumen lain. Nasabah cukup mengirimkan KTP dan Foto selfie melalui aplikasi Kredit Pintar.

Proses di Kredit Pintar dimulai dengan calon nasabah mengisi data di aplikasi, melengkapi dengan KTP dan foto selfie. Setelah itu, credit scoring Kredit Pintar akan bekerja dan mengeluarkan rekomendasi beberapa pilihan plafon kredit dan tenor untuk nasabah tersebut.

Proses persetujuan dilakukan secara cepat di Kredit Pintar. Boleh dikatakan instant.

Ini bisa terjadi karena Kredit Pintar tidak melakukan verifikasi telepon. Semuanya dilakukan secara online lewat aplikasi.

Hanya beberapa menit setelah selesai mengisi dan mengajukan di aplikasi, pihak Kredit Pintar memberikan persetujuan. Saya sudah memperoleh kabar pengajuan disetujui dalam waktu kurang dari 24 jam.

Namun, tanpa verifikasi telepon, bukan berarti fintech Kredit Pintar tidak meminta data apapun. Ini catch-nya.

Kredit Pintar meminta izin akses perangkat ke ponsel. Akses izin perangkat ke ponsel yang diminta meliputi:

  • Lokasi
  • Informasi Paket

Akses ini wajib diberikan untuk konsumen bisa melanjutkan proses pengajuan di Kredit Pintar. Tidak diberikan akses maka pinjaman akan ditolak.

Bunga Kredit Pintar adalah 0,8% per hari yang di split dalam biaya layanan serta biaya provisi di depan. Meskipun nanti bunga terlihat lebih rendah, tetapi konsumen harus menghitung total biaya pinjaman, yang terdiri dari bunga dan biaya admin.

Catatan: aturan terbaru AFPI bahwa bunga pinjaman online P2P turun ke 0,4% sehari.
 

4. EasyCash

Easycash adalah perusahaan Fintech P2P Lending berizin resmi OJK. Milik PT Indonesia Fintopia Technology yang berdiri pada 13 November 2017.

Secara legalitas, jelas, Easycash bukan P2P atau pinjol illegal. Juga bukan pinjaman online bermasalah.

Pengajuan pinjaman dilakukan lewat aplikasi EasyCash yang bisa di download secara gratis di apps store Google Play Store dan IOS Apple.

EasyCash menyediakan pinjaman tunai multiguna dalam jumlah kecil dengan tenor pendek. 

  • Plafon: Rp 1 juta sd Rp 5 juta
  • Tenor: 15 hari sd 6 bulan

Coverage area wilayah operasional EasyCash menjangkau seluruh Indonesia. Untuk pastinya, konsumen saat mengajukan pinjaman bisa melihat di aplikasi, apabila suatu wilayah masuk atau diluar jangkauan kerja EasyCash.

Dokumen yang diminta disiapkan hanya KTP. Itupun cukup diambil dengan foto.

Tidak ada permintaan untuk menyerahkan dokumen slip gaji. EasyCash juga tidak meminta kartu kredit.

Yang paling menarik, easycash tidak melakukan proses verifikasi ke calon peminjam baik lewat telepon atau bahkan melalui kunjungan. Tidak ada konfirmasi lagi setelah calon peminjam selesai mengajukan di aplikasi.

Proses persetujuan dilakukan secara cepat. Hanya 3 menit sejak pengajuan, pihak Easycash sudah memberikan persetujuan. Nasabah sudah memperoleh kabar apakah pengajuan disetujui atau tidak dalam waktu kurang dari 24 jam.

Setelah persetujuan yang instant, dana masuk ke rekening juga cepat. Uang dari persetujuan kredit sudah ada di rekening dalam hitungan menit.
 

5. AdaKami

AdaKami adalah Fintech Peer to Peer Lending yang berizin OJK dengan nomor registrasi KEP-128/D0.05/2019. Jenis pinjaman adalah multiguna.

Pengajuan dilakukan lewat aplikasi AdaKami yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple Store.

Fitur kredit AdaKami sebagai berikut: 

  • Plafon: Rp 400 ribu sd Rp 2.1 juta
  • Tenor: 14, 21 dan 28 hari

Penting diperhatikan bahwa tenor yang ditawarkan sangat spesifik, 3 pilihan masa kredit. Ini berbeda dengan tenor di KTA atau pinjaman cicilan, yang punya masa kredit lebih lama.

Pinjaman di AdaKami bukan cicilan sehingga harus dikembalikkan seluruhnya di akhir jatuh tempo.

Dalam proses pengajuan, AdaKami hanya meminta dokumen KTP dan foto selfie buat nasabah yang mengajukan. Tidak ada dokumen lain yang diminta.

AdaKami melakukan sejumlah verifikasi telepon dalam memproses pengajuan kredit. Pihak yang mereka telepon adalah calon peminjam dan kontak darurat.

Bunga di AdaKami adalah 0.798% per hari. Tingkat bunga ini dicantumkan dalam Perjanjian Pinjam Meminjam yang diberikan setelah kredit disetujui.
 

6. Finmas

Finmas adalah perusahaan P2P Lending besutan Sinarmas Group dan Oriente Hong Kong, dengan nama PT. Oriente Mas Sejahtera. Masuk dalam kategori perusahaan P2P Peer To Peer atau Layanan Pinjam Meminjam uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI) sesuai dengan POJK 77 Tahun 2016.

Secara legalitas, jelas, Finmas resmi terdaftar dan diawasi OJK, bukan P2P atau pinjol illegal. Juga bukan pinjaman online bermasalah.

Cash advance dana tunai Finmas menawarkan kredit dengan fitur berikut:

  • Plafon Rp 500 ribu sampai Rp 5 juta (naik/turun kelipatan 500 ribu).
  • Tenor: 30 hari dan 3 bulan

Yang perlu diperhatikan, sesuai simulasi di situs Finmas, tenor 30 hari berlaku untuk pinjaman sampai 2.5 juta, sementara pinjaman mulai 3 juta sd 5 juta menggunakan tenor 3 bulan.

Jadi, masa pinjaman di Finmas dipengaruhi oleh jumlah pinjaman yang diajukan. 

Persyaratan wajib yang diminta adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), namun jika diperlukan tergantung pada jenis produk yang dipilih, FINMAS dapat meminta dokumen pendukung lainnya.

Berapa lama waktu prosesnya? Keseluruhan proses pengajuan pinjaman hingga persetujuan dan dana diterima di rekening bank Penerima Pinjaman paling cepat sekitar 3 (tiga) hari kerja. 

Bunga per hari paling tinggi adalah untuk pinjaman Rp 500 ribu di 0.7% per hari, yang sesuai dengan ketentuan OJK bahwa bunga fintech paling tinggi adalah 0.8% per hari.

Semakin lama masa pinjaman, bunga per hari menurun, tetapi total bunga yang nasabah harus bayar semakin besar karena panjangnya waktu pengambilan.

Finmas melakukan verifikasi melalui telepon kepada pihak berikut:

  • Calon Peminjam
  • Emergency Contact

Verifikasi ke calon peminjam ditujukan untuk memastikan bahwa peminjam memang mengajukan kredit. Pengecekan ini untuk menghindari fraud atau penyalahgunaan data.
 

7. Alami Syariah

Alami Sharia adalah perusahaan P2P Syariah yang terdaftar di OJK. P2P Syariah ini menawarkan pembiayaan usaha dengan akad Invoice Financing berlandaskan Fatwa DSN No. 67/DSN-MUI/III/2008 dan 117/DSN-MUI/II/2018.  

Kriteria peminjam adalah (1) Perusahaan berbentuk PT, CV, atau Yayasan yang menjalankan aktivitas operasional tidak bertentangan dengan syariat Islam; (2) Telah berdiri minimal 1 tahun dan berlokasi di Jabodetabek; (3) Perusahaan bersedia melampirkan rekening koran dan laporan keuangan minimal 6 bulan terakhir; (4) Memiliki giro mundur dan jaminan personal untuk dijaminkan.

Fitur Invoice Financing di Alami adalah:

  • Minimal pembiayaan Rp 50.000.000 dan maksimal Rp 2.000.000.000.
  • Nilai pembiayaan didasarkan pada nilai invoice yang dimiliki calon penerima pembiayaan. ALAMI akan mendanai maksimal 80% dari nilai invoice yang dimiliki.
  • Tenor pembiayaan Invoice Financing adalah 1 bulan sampai maksimal 6 bulan.

Calon penerima pembiayaan memiliki bukti tagihan atas suatu pekerjaan yang telah selesai dilakukan. Memiliki pula dokumen yang menunjukkan bahwa pekerjaan telah selesai seperti Berita Acara Serah Terima (BAST). 

Status dengan pemberi kerja (bouwheer) adalah piutang yang akan segera dilakukan pembayaran pada tempo waktu yang telah ditentukan.

ALAMI akan menerima pengajuan pendanaan anjak piutang dari UKM pada platform. Kemudian ALAMI akan melakukan credit scoring terhadap UKM yang mengajukan. 

Credit Scoring didasarkan pada analisa kualitatif dan kuantitatif. Analisa kuantitatif didasarkan pada laporan keuangan dan rekening koran. Analisa kualitatif didasarkan pada riwayat historis dan juga analisa kunjungan ke tempat usaha. 

Setelah mendapatkan hasil skoring, ALAMI akan memberikan penawaran perjanjian pembiayaan. Setelah peminjam setuju, maka permohonan pembiayaan akan segera masuk ke dalam listing dalam jangka waktu paling lambat 14 hari kerja. 

Setelah dana terkumpul maka akan segera disalurkan kepada UKM bersangkutan dan pelunasan akan dilaksanakan sesuai dengan jatuh tempo yang dijanjikan.
 

8. Modal Rakyat

Modal Rakyat termasuk salah satu P2P terdaftar OJK yang fokus pada pinjaman usaha, kecil dan menengah.

Fitur kredit pinjaman yang diberikan Modal Rakyat adalah:

  • Plafon pinjaman adalah mulai dari Rp 500 Ribu hingga Rp 2 Miliar
  • Bunga dimulai dari 12% - 30% per tahun. Selain bunga, Modal Rakyat juga membebankan biaya layanan sebesar 3% dari besar pinjaman.
  • Besarnya bunga pinjaman akan bergantung pada tingkat resiko yang ditentukan dari analisa data dan credit-scoring.

Syarat utama untuk mengajukan pinjaman:

  1. Warga Negara Indonesia dan memiliki kelengkapan identitas diri
  2. Memiliki NPWP Pribadi / Perusahaan
  3. Memiliki data legalitas perusahaan (bila bukan usaha perseorangan)
  4. Memiliki rekening bank

Proses survei, analisis, dan penentuan tingkat risiko / suku bunga cepat dan efisien, maksimal dalam 5 hari kerja. Proses pengajuan pinjaman di Modal Rakyat 100% online dan dapat diselesaikan dalam 15 menit.
 

9. Koinworks

Koinworks adalah P2P Lending izin OJK yang menawarkan pinjaman untuk usaha kecil dan menengah. Kredit yang ditawarkan adalah: 

  • plafon pinjaman modal usaha mulai Rp 10 juta sampai Rp 2 miliar
  • lama pinjaman 6 bulan sampai 24 bulan.

Penting diperhatikan bahwa biaya pinjaman di Koinworks tidak hanya bunga tetapi terdapat biaya lain - lainnya yang harus dibayar oleh peminjam.

Bunga pinjaman modal usaha online di Koinworks adalah 0,75% – 1,67% flat per bulan dan biaya persetujuan kredit dikenakan 2% – 4%, biaya asuransi jiwa: 0.24%, dan biaya administrasi: Rp100,000.

Persyaratan pengajuan pinjaman modal usaha adalah: 

  • Warga Negara Indonesia tinggal di Indonesia;
  • usia minimal 21 tahun;
  • bisnis minimal satu tahun berdiri;
  • SIUP+TDP+NPWP perusahaan jika PT atau CV;
  • mutasi Rekening 3 bulan terakhir.

Jika pelunasan lebih cepat, nasabah pinjaman modal usaha tidak akan dikenakan biaya penalti untuk pelunasan pinjaman lebih awal.
 

10. Akseleran

Akseleran merupakan fintech P2P lending izin OJK dan memberikan pinjaman kepada pelaku usaha berbentuk usaha perseorangan, firma, CV atau PT.

Plafon pinjaman ditawarkan Akseleran mulai dari Rp 75 juta sampai Rp 200 juta dengan masa tenor 1 bulan sampai 24 bulan. 

Suku bunga adalah 6.48% - 17% per tahun (bunga flat). Besaran suku bunga final ditentukan oleh Akseleran berdasarkan grade dari pinjaman tersebut yang didapatkan dari hasil analisis kelayakan dan risiko usaha.

Berbasis Fintech P2P, pengajuan pinjaman modal usaha dilakukan secara online sepenuhnya di Akseleran.

Meskipun bunga yang ditawarkan bersaing dan cukup menarik, tetapi persyaratan mengajukan pinjaman di Akseleran cukup ketat, yaitu: 

  1. Usaha sudah berjalan selama lebih dari 1 tahun, dan berlokasi di Jabodetabek, Banten, atau Bandung. Untuk usaha yang berlokasi di luar wilayah tersebut di Indonesia, dapat menggunakan layanan sepanjang jumlah pinjaman lebih dari Rp200 Juta.
  2. Berhasil mencetak laba bersih di 1 tahun terakhir.
  3. Memiliki Laporan Keuangan (minimal laporan laba rugi) yang akan di cross check dengan rekening koran 3 bulan terakhir.
  4. Membuat proposal pinjaman dan melengkapi dokumen pendukung yang diperlukan.
     

11. Amartha

Amartha menarik karena memberikan pinjaman ke pengusaha mikro di pedesaan dan kota di Jawa. Amartha terdaftar dan berizin di OJK sejak 2017.

Amartha melayani pengusaha mikro yang belum punya akses kredit ke perbankan. Lebih spesifiknya lagi, Amartha melayani kelompok ibu - ibu arisan, yang ingin mengajukan kredit mikro dalam jumlah kecil.

Proses pemberian kredit di Amartha adalah:

  1. Bentuk Kelompok. 15-20 orang dengan domisili berdekatan dibentuk sebagai sebuah kelompok yang masing-masing wajib mengikuti pelatihan untuk membangun komitmen tanggung renteng jika salah satu anggota mengalami kesulitan pembayaran.
  2. Skor Kredit. Pengajuan pendanaan didasari rencana usaha serta profil calon penerima pinjaman dan dievaluasi berdasarkan sistem skor kredit. Pengajuan pendanaan akan ditampilkan dalam marketplace setelah disetujui dan akad difasilitasi Amartha setelah terdanai.
  3. Pertemuan Mingguan. Selama masa peminjaman, penerima pinjaman diwajibkan mengikuti pertemuan kelompok mingguan yang difasilitasi Amartha dengan materi seputar antara lain pengelolaan keuangan, kedisiplinan, serta cara-cara memajukan usaha.

Bandingkan Pinjaman Online Terbaik !

Perbandingan berbagai pinjaman online terbaik bnerdasarkan berbagai faktor pilihan

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Artikel Terkait