5 Pinjaman Online Tanpa Slip Gaji Cepat Terpercaya (Update 2019)

  • October 10, 2018

Slip gaji selalu jadi momok bagi sebagian orang ketika hendak mengajukan pinjaman. Tanpa dokumen slip gaji, bank sudah pasti akan menolak pengajuan kredit. Sementara itu, Anda tahu bahwa menyiapkan slip gaji bukan perkara gampang dan cepat. Namun, saat ini 5 Fintech menawarkan pinjaman online tanpa slip gaji 2019 cepat terpercaya. Jika cari pinjaman online yang gak ribet, mungkin ini pilihannya.

Anda yang pernah mengajukan pinjaman pasti paham bahwa salah satu dokumen yang perlu disiapkan adalah slip gaji. Karena slip gaji adalah dokumen wajib yang diminta bank.

Namun, Anda juga paham bahwa menyiapkan slip gaji kadangkala bukan perkara yang mudah karena beberapa alasan.

Pertama, kantor tempat Anda bekerja tidak menyediakan slip gaji. Jika butuh slip gaji, Anda harus meminta ke bagian payroll di HRD atau bagian keuangan. Dan proses meminta itu tidak cepat, belum lagi diminta penjelasan oleh HRD atau keuangan, alasan meminta slip gaji.

Kedua, tidak semua orang bersedia slip gaji diserahkan ke orang lain yang notabene belum dikenal karena alasan menjaga privasi dan kerahasian. Mungkin ada alasan – alasan tertentu yang membuat sebagian orang enggan menyerahkan slip gaji mereka meskipun itu merupakan prasyarat pengajuan kredit.

Dalam situasi ini, perusahaan Fintech P2P yang menawarkan pinjaman uang cepat tanpa syarat melihat peluang. Fintech ini menawarkan pinjaman online tanpa agunan dan tanpa slip gaji.

Membangun persepsi bahwa pinjaman online tidak ribet. Kredit tanpa ribet yang berbeda dengan pengajuan kredit di perbankan.

Mungkin Anda bertanya, apa itu tidak nekad. Memberikan pinjaman kepada orang tanpa tahu berapa gaji orang tersebut.

Ini bukan tindakan nekad karena ada mitigasi dan alasan kenapa Fintech berani menerima pengajuan pinjaman online tanpa slip gaji. Tapi, tahan dulu, saya akan menjelaskan mitigasi resiko di bagian berikutnya. Saya akan sampaikan dulu siapa saja Fintech yang menawarkan pinjaman online tanpa slip gaji.

5 Fintech Pinjaman Online Tanpa Slip Gaji 2018 2019

Saya menemukan 5 perusahaan fintech yang menawarkan pinjaman online tanpa slip gaji.

Saya melakukan pengecekan ke 5 pinjaman tanpa agunan online soal pinjaman online langsung cair tanpa ribet dan menuliskan rangkuman produk kredit cepat mereka dibawah ini.

#1 Kredit Pintar

Pinjaman Online Tanpa Slip Gaji. Kredit Pintar - pinjaman tanpa agunan online
Kredit Pintar – pinjaman tanpa agunan online

Kredit Pintar adalah aplikasi pinjaman online tanpa slip gaji untuk Anda yang butuh dana cepat. Dengan pinjaman tanpa jaminan ini, Anda bisa mendapatkan dana dengan hanya bermodalkan KTP dan ponsel.

Kredit Pintar membangun pinjaman pribadi tanpa syarat. Menunjukkan bahwa kredit online tidak ribet dan bisa pinjaman online 500rb tanpa syarat.

Saat ini kredit pintar tanpa aplikasi belum bisa dilakukan. Pengajuan harus dilakukan via aplikasi pinjol Kredit Pintar yang diunduh dalam Google Playstore.

Isi data pribadi dan tunggu proses verifikasi kurang dari 24 jam, dana akan langsung dicairkan ke rekening Anda. Melalui Kredit Pintar, pengajuan pinjaman Anda tidak akan dipungut biaya apapun. Pilih jenis pinjaman dengan tenor 14 hari, 30 hari, hingga 3 bulan sesuai dengan kebutuhan.

Dokumen yang diperlukan untuk pengajuan Kredit Pintar adalah: KTP dan Rekening Bank atas nama Anda. Syarat pengajuan adalah WNI; berusia 18-21 (jika sudah menikah); berusia 22-60 (jika sudah menikah) dan berdomisili di Indonesia.

Cara melakukan pengajuan pinjaman online lewat aplikasi Kredit Pintar: (1) Unduh aplikasi Kredit Pintar; (2) Isi data pribadi dan informasi yang dibutuhkan ke dalam aplikasi; (3) Tunggu proses verifikasi; dan (4) Dana tunai akan di transfer ke rekening Anda.

Update 2019:

Kredit Pintar Pinjaman Online
Kredit Pintar Pinjaman Online

Berbeda dengan umumnya pinjaman di bank dimana nasabah bisa menentukan plafon dan tenor, Kredit Pintar sudah menetapkan opsi jumlah pinjaman dana tunai dengan tenor masing – masing.

Ada 4 opsi pinjaman online cepat cair dana tunai yang ditawarkan Kredit Pintar, yaitu:

  1. Rp 600,000 dan 14 hari
  2. Rp 1,200,000 dan 14 hari
  3. Rp 1,200,000 dan 28 hari
  4. Rp 2,300,000 dan 3 bulan

Anda harus memilih salah satu opsi pinjaman uang online diatas untuk mengajukan pinjaman. Tidak bisa memilih di luar opsi diatas.

Kredit Pintar memberikan bunga yang berbeda beda tergantung jumlah plafon pinjaman. Ada beberapa pilihan jumlah pinjaman yang ditawarkan Kredit Pintar.

Bunga KreditPintar Pinjaman Online
Bunga KreditPintar Pinjaman Online

Bunga pinjaman online langsung cair Kredit Pintar.

  • Pinjaman Rp 600,000 dan tenor 14 hari. Dana cair rekening Rp 540,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 666,000. Total bunga adalah 18.92% dan 1.4% per hari
  • Pinjaman Rp 1,200,000 dan tenor 14 hari. Dana cair rekening Rp 1,080,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 1,332,000. Total bunga adalah 18.92% dan 1.4% per hari
  • Pinjaman Rp 1,200,000 dan tenor 28 hari. Dana cair rekening Rp 1,056,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 1,392,000. Total bunga adalah 24.14% dan 0.9% per hari
  • Pinjaman Rp 2,300,000 dan tenor 3 bulan (90 hari). Dana cair rekening Rp 1,955,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 2,645,100. Total bunga adalah 26.09% dan 0.3% per hari.

#2 CashWagon

pinjaman online tanpa slip gaji cashwagon dan pinjaman tanpa agunan online

Cashwagon Pinjaman Online Tanpa Slip Gaji

CashWagon salah satu penyedia pinjaman tanpa agunan dan tanpa slip gaji. Mereka mengklaim pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit (30 menit) dengan jumlah plafon kecil, yaitu pinjaman online 500rb.

Fintech ini berupaya menunjukkan diri sebagai pinjaman cepat tanpa ribet, pinjam uang tanpa syarat apapun. Ditunjukkan oleh kecepatan pencairan dan kemudahan persyaratan.

Persyaratan dan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan pinjaman online pribadi tanpa jaminan di CASHWAGON adalah: (1) Usia 22 – 60 tahun dan (2) Karyawan atau Profesional tertentu dengan berpenghasilan tetap; (3) Tidak memerlukan dokumen untuk diserahkan. Anda hanya mengisi informasi sebagai berikut: (a) Informasi pribadi dan (b) Informasi rekening bank anda untuk pentransferan; (4) hanya untuk mereka berdomisili di Jabodetabek.

Cara melakukan pengajuan pinjaman online lewat aplikasi CASHWAGON: (1) lengkapi formulir aplikasi online dalam 3 menit; (2) dapatkan konfirmasi online melalui SMS dan email; (3) terima uang di rekening bank Anda dalam waktu beberapa menit setelah persetujuan.

Tenor Pinjaman adalah 10, 20, atau 30 hari. Jumlah Pinjaman adalah Rp 500,000 sd 2,000,000 untuk pinjaman pertama, dan sampai 5,000,000 untuk pinjaman kedua atau pinjaman selanjutnya.

Update 2019:

Pinjaman Bunga 0% Cashwagon 2019
Pinjaman Bunga 0% Cashwagon 2019

Cashwagon memunculkan penawaran menarik di 2019, yaitu pemberian bunga 0% di aplikasi pinjaman online. Pinjaman yang dana tunai dikembalikkan saat jatuh tempo tanpa bunga dan hanya membayar kembali pokok.

Pinjaman online 24 jam Cashwagon bunga 0% ini ditawarkan untuk pinjaman pertama. Pengajuan harus dilakukan lewat aplikasi pinjaman uang dana tunai Cashwagon.

Tetapi, perlu diperhatikan bahwa saat pinjaman kedua, Cashwagon sudah tidak memberikan bunga 0% untuk pinjaman uang online. Pinjaman online dana tunai kedua dan selanjutnya diterapkan bunga yang cukup tinggi.

Beberapa waktu lalu, saya mengajukan pinjaman online di Cashwagon dan memang betul bahwa pinjaman pertama diberikan bunga 0% asalkan membayar tepat waktu. Tidak ada slip gaji, boleh dikatakan pinjaman online gak ribet.

Setelah pinjaman pertama saya lunasi, Cashwagon senantiasa menawarkan saya untuk mengambil pinjaman kedua dengan proses yang sangat mudah, ibaratnya pinjaman dana langsung transfer tanpa syarat, dengan 5 menit langsung cair ke rekening saya.

Tapi, ternyata pinjaman kedua punya bunga yang cukup tinggi. Berikut ini penawaran pinjaman kedua Cashwagon yang saya terima di aplikasi pinjaman online tanpa jaminan Cashwagon:

Penawaran Pinjaman Cashwagon
Penawaran Pinjaman Cashwagon

#3 Pinjam Gampang

pinjaman tanpa agunan online
Pinjam Gampang Pinjol

Pinjam Gampang adalah aplikasi pinjaman online 24 jam yang bisa diunduh di playstore. Buka aplikasi, tidak perlu menyerahkan dokumen berbentuk kertas, ikuti petunjuk pada halaman aplikasi dan menyiapkan KTP dan kartu bank sebelum mengajukan permohonan.

Jumlah pinjaman adalah Rp600.000 ~ Rp5.000.000 dengan jangka waktu pinjaman, yaitu 7 hari dan 14 hari lamanya.

Persyaratan Warga Negara Indonesia, usia di atas 21 tahun, mempunyai sumber pendapatan yang stabil, domisili di Jakarta, Bandung, Surabaya, Bekasi, Tangerang, Bogor, dan Tangerang Selatan.

Proses pengajuan pinjaman online adalah:

Tahap 1 : Daftar dan pilih jumlah serta jangka waktu pinjaman. Gunakan nomor HP untuk masuk kemudian pilih jumlah dan jangka waktu pinjaman yang anda inginkan;

Tahap 2 : Selesaikan 3 langkah proses verifikasi. Anda hanya perlu melakukan Identifikasi wajah, foto KTP, foto ID Karyawan atau foto memakai baju kerja serta mengisi data diri pribadi;

Tahap 3 : Kirim permohonan pinjaman. Setelah melalui proses evaluasi informasi, kami akan memberitahukan anda jumlah pinjaman, kemudian anda dapat melakukan konfirmasi dan mengirimkan permohonan pinjaman.

Tahap 4 : Audit cepat dan dana masuk rekening. Kami akan mengkaji permohonan pinjaman anda, dalam proses ini mungkin anda akan di telepon untuk verifikasi data, setelah kajian selesai dana akan cair paling cepat di hari tersebut.

#4 TunaiKita

TunaiKita aplikasi pinjaman tanpa ribet
TunaiKita Pinjaman Online Cicilan


TunaiKita adalah platform pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat. Salah satu Fintech yang memberikan pinjaman pribadi perorangan.

Fintech ini menawarkan pinjaman online gak ribet. Tanpa slip gaji dan tanpa NPWP, membangun pinjam uang tanpa syarat apapun.

Syarat pengajuan pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat di TunaiKita adalah: WNI, Usia 21-60 tahun, memiliki KTP dan NPWP, memiliki rekening bank lokal dan berdomisili di area Jabodetabek. Dokumen yang diperlukan adalah: KTP, detail kontak pribadi, verifikasi video, informasi pekerjaan dan informasi akun Facebook.

Yang jelas tidak ada permintaan slip gaji di TunaiKita.

Cara melakukan pengajuan pinjaman pribadi online lewat aplikasi TunaiKita adalah: (1) unduh aplikasi TunaiKita; (2) isi data pribadi dan informasi yang dibutuhkan ke dalam aplikasi; (3) tunggu proses verifikasi dan (4) dana tunai akan di transfer ke rekening Anda.

Jumlah pinjaman: Rp 1.000.000,- Rp 1.500.000,- untuk minimum tenor pinjaman: 10 hari dan maksimum 30 hari. Suku bunga: 0,95%* / hari.

#5 DanaBijak

DanaBijak adalah salah satu aplikasi pinjaman secara online tanpa slip gaji. Mereka memberikan pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair.

Persyaratan dan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan pinjaman online cepat cair di DanaBijak adalah WNI (Warga Negara Indonesia); berdomisili di Jabodetabek; minimum penghasilan Rp 2.500.000,-; memiliki KTP, rekening bank dan foto terbaru; serta email dan no telpon yang aktif.

DanaBijak membangun branding sebagai aplikasi pinjaman tanpa ribet. Fintech yang bisa memberikan pinjaman dana tanpa jaminan proses 1 hari.

#6 Akulaku

Akulaku adalah pinjaman online cepat cair tanpa slip gaji yang berbasis multifinance. Akulaku memiliki produk dana tunai tanpa jaminan dan tanpa slip gaji, yaitu KTA Kilat yang menawarkan pinjaman maksimum 2 juta untuk tenor 40 hari.

Akulaku sebagai pinjaman tanpa agunan online sangat menonjolkan proses yang tanpa tatap muka, tidak perlu datang ke cabang, cukup ajukan lewat aplikasi pinjol dan dana sudah bisa masuk rekening tanpa ribet.

Meskipun jumlah pinjaman yang kecil, KTA Kilat Akulaku cocok buat Anda yang membutuhkan dana emergensi dalam waktu cepat dan syarat mudah. Akulaku mengklaim bahwa pencairan KTA Kilat hanya butuh waktu 5 menit dan langsung masuk ke rekening peminjam.

Persyaratan pinjaman di Akulaku, ditentukan oleh profesi peminjam, sebagai berikut:

  • Karyawan: Informasi data pekerjaan
  • Wiraswasta: Foto NPWP, foto toko/kantor/situs usaha dan foto SIUP/TDP/Rekening koran/ Kwitansi penjualan
  • Transportasi Online: Screenshot Profil Lengkap & Trip History yang ada di aplikasi Transportasi Online tempat bekerja

Akulaku berani menerima pengajuan kredit dari driver Gojek dan Grab, yang sasuk kategori transportasi online. Sebuah kemjuan, karena di pinjaman online lain, driver Gojek dan Grab biasanya sulit diterima pengajuan pinjaman.

Cara kerja Akulaku agak berbeda dengan umumnya pinjaman online lain. Akulaku memberikan persetujuan limit kredit, yang mana nasabah bisa menggunakan limit kredit untuk tiga jenis produk di Akulaku, yaitu:

  • KTA Kilat: pinjaman online dana tunai langsung cair dalam 5 menit
  • Akulaku Pay: cicilan tanpa kartu kredit untuk belanja di Shopee, JD.id, Bukalapak, Blibli. Ini adalah salah satu kredit hp tanpa slip gaji.
  • Akulaku Kredit: alat pembayaran secara kredit dengan cukup scan barcode di merchant yang kerjasama.
Pinjaman Tanpa Slip Gaji Akulaku
Pinjaman Tanpa Slip Gaji Akulaku

Jika diperhatikan, fitur Akulaku adalah fitur Kartu Kredit. Anda mendapatkan limit plafon yang bisa digunakan untuk belanja dan jika membayar maka limit akan kembali ke limit semula. Bedanya, Akulaku adalah kartu kredit tanpa npwp dan slip gaji.

Akulaku menawarkan kartu kredit tanpa slip gaji.

Karena proses yang cepat dan mudah, tanpa slip gaji dan tanpa NPWP, Akulaku memberikan bunga pinjaman cukup tinggi. Contohnya, saya ambil KTA Kilat di aplikasi pinjaman online Akulaku.

  • Pinjaman Rp 1,000,000 juta, terima di rekening Rp 1,000,000 dengan kewajiban pengembalian Rp 1,117,000 untuk tenor 30 hari. Bunga 11.7% atau 0.39% per hari
  • Pinjaman Rp 500,000 juta, terima di rekening Rp 500,000 dengan kewajiban pengembalian Rp 577,000 untuk tenor 30 hari. Bunga 15.4% atau 0.51% per hari 

Akulaku Call Center di 1500920 atau email [email protected] setiap hari (Senin – Minggu 08:00 – 21:00 WIB).

Kenapa Fintech Berani Kasih Pinjaman Online Tanpa Slip Gaji

Menjawab pertanyaan kenapa perusahaan Fintech berani memberikan kredit tanpa adanya dokumen slip gaji, sementara slip gaji adalah dokumen wajib yang diminta oleh bank untuk membuktikan bahwa peminjam memiliki sumber penghasilan yang cukup untuk membayar pinjaman.

Atau dengan kata lain, kenapa pinjaman online gak ribet ?

Ada beberapa faktor yang membuat Fintech berani ‘melawan’ pinjaman pakai slip gaji yang selama ini menjadi patokan di perbankan.

Apakah faktornya karena Fintech ini nekad dan coba-coba ? Ternyata tidak.

Fintech memiliki sejumlah pertimbangan dan hitungan-hitungan sebagai berikut:

#1 Jumlah Pinjaman Relatif Kecil

Perhatikan bahwa Fintech yang memberikan pinjaman online tanpa jaminan dan kartu kredit memberikan plafond pinjaman relatif kecil. Maksimum 3 juta dan minimum 500 ribu sd 1 juta.

Kecilnya plafon pinjaman adalah bagian dari mitigasi risiko. Karena jika jumlah peminjam banyak dengan nilai pinjaman yang kecil, resiko kerugian portfolio terbatas seandainya ada nasabah yang menunggak pinjaman.

Dengan bantuan teknologi, pinjaman kecil dengan frekuensi tinggi dan banyak peminjam, bisa diimplementasikan dengan proses otomatisasi lewat algoritma credit scoring.

#2 Penggunaan Data Ponsel HP

Pinjaman uang tanpa survey dan jaminan mensyaratkan calon nasabah untuk mengunduh aplikasi pinjaman online. Selain untuk tujuan kemudahan pengajuan, pengunduhan aplikasi bertujuan untuk “membaca” data-data di ponsel yang digunakan untuk mengunduh.

Tujuannya mendapatkan informasi – informasi yang bisa digunakan untuk memetakan apakah calon nasabah ini layak diberikan pinjaman dana tunai tanpa jaminan pribadi atau tidak.

Kenapa menggunakan data dari ponsel HP ? Karena data – data tersebut ‘jujur’, berbicara apa adanya, tidak bisa dibuat – buat oleh calon peminjam. Berbeda dengan data di form aplikasi yang bisa dengan mudah direkayasa calon peminjam supaya mendapatkan persetujuan kredit.

Dengan memanfaatkan data – data di ponsel, fintech berani memberikan pinjaman tanpa slip gaji dan jaminan. Hal ini sudah dibuktikan di negara – negara lain yang sudah lebih dahulu menjalankan metodologi semacam ini.

Apakah cara ini benar – benar bisa akurat memprediksi perilaku orang dalam membayar pinjaman online ?

Hanya waktu yang akan membuktikan. Time will tell !

#3 Algoritma Credit Scoring

Dalam memproses pinjam uang tanpa syarat langsung cair, Fintech menggunakan sejumlah algoritma yang membantu pengambilan keputusan kredit yang lebih objektif dan cepat. Algoritma dalam credit scoring membuat perusahaan Fintech dapat memutuskan pinjaman bulanan online langsung cair.

Salah satunya algoritma bisa menggantikan slip gaji dalam mengevaluasi pengajuan kredit seseorang. Apakah orang tersebut layak mendapatkan pinjam uang tanpa syarat apapun atau tidak.

Algoritma ini dibangun berdasarkan Big Data, yaitu sumber segala macam data yang bisa ditarik oleh penyedia pinjaman uang online terpercaya. Berbeda dengan perbankan yang lebih banyak mengandalkan proses manual dan konvensional, Fintech melakukan credit score berdasarkan machine learning algoritma dan big data secara lebih dalam untuk memproses pinjaman pribadi non bank.

Lag- lagi, apakah cara ini akan berhasil ? Hanya waktu yang akan membuktikan. Time will tell !

#4 Manfaatkan Data KTP

Jika diperhatikan, tidak ada pinjaman online tanpa foto ktp. Semua meminta foto dan data KTP.

Data KTP, khususnya e-KTP di Indonesia sudah jauh lebih maju dibandingkan beberapa tahun lalu. Data ini yang dijadikan salah satu alat analisa di pinjaman online langsung cair.

Disamping itu tidak ada pinjaman online tanpa verifikasi wajah. Semuanya melakukan verifikasi wajah. Ini juga bagian dari proses mitigasi resiko.

Meskipun Fintech membangun branding sebagai pinjaman online yang tidak ribet, namun itu bukannya tanpa mitigasi. Tidak ada pinjaman online tanpa foto ktp dan pinjaman online tanpa verifikasi wajah

Melaporkan Fintech Ilegal

Isu paling hangat di dunia fintech dan pinjaman online adalah maraknya Fintech ilegal, yang bergerak tanpa izin dan merugikan masyarakat.

Bagaimana jika Anda berurusan dengan Fintech ilegal ? Apa yang harus dilakukan dan melaporkan pinjaman online ilegal, kemana ?

Ada beberapa saluran yang bisa Anda gunakan jika menemukan pinjol atau fintech ilegal dan ingin melaporkan.

Pertama, sampaikan langsung ke pinjaman online atau aplikasi fintech ilegal tersebut bahwa aktivitas mereka ilegal dan melanggar ketentuan OJK di Indonesia.

Meskipun kemungkinan peringatan Anda akan tidak dihiraukan, tetapi menurut saya ini cara pertama yang harus Anda lakukan untuk mengirim pesan ke pinjol ilegal bahwa aktivitas mereka dilarang.

Kedua, melaporkan fintech ilegal atau pinjaman online ilegal ke OJK.

Kirimkan laporan ke pengaduan konsumen di OJK yang menyediakan berbagai cara saluran pengaduan, yaitu: email, surat atau call center telepon OJK.

OJK memiliki bagian khusus Perlindungan Konsumen, yang menangani pengaduan konsumen termasuk soal pinjaman online, yang mana konsumen dan masyarakat dapat menyampaikan permintaan informasi atau pengaduan kepada OJK melalui sarana yang meliputi :

  1. Surat Tertulis ditujukan kepada : Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Menara Radius Prawiro, Lantai 2 , Komplek Perkantoran Bank Indonesia, Jl. MH. Thamrin No. 2 Jakarta Pusat 10350
  2. Telepon : 157 Jam operasional : Senin – Jumat, Jam 08.00 – 17.00 WIB
  3. Email: Permintaan informasi dan pengaduan disampaikan email: [email protected]
  4. Form Pengaduan Online: Masyarakat dapat mengirimkan pengaduan melalui form elektronik yang tersedia di http://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan

Ketiga, di dalam OJK juga terdapat Satgas Investasi, yang melakukan penutupan atas aktivitas pinjaman atau investasi yang ilegal. Penutupan Fintech ilegal dilakukan oleh Satgas Investasi, termasuk menutup aplikasi fintech.

Kontak Satgas Investasi adalah call center: (021) 1500 655 email:  [email protected]; Satgas Waspada Investasi, Gedung Soemitro Djojohadikusumo, Jalan Lapangan Banteng Timur No. 2-4 10710 DKI Jakarta Indonesia

Keempat, laporkan ke Asosiasi Fintech (AFPI) yang memang menyediakan posko pengaduan layanan pinjaman online melalui situs afpi.or.id dan call center serta e-mail: [email protected]

Sebenarnya, AFPI lebih kepada menangani anggota mereka, fintech P2P, yang melakukan pelanggaran kode etik. Namun, AFPI juga membantu masyarakat menangani pinjol ilegal.

Kelima , sampaikan ke ‘Lapor’ yang merupakan tempat pengaduan yang dibuat oleh Unit Kerja Presiden. 

LAPOR! Adalah (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) adalah sebuah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang mudah diakses dan terpadu dengan 81 Kementerian/Lembaga, 5 Pemerintah Daerah, serta 44 BUMN di Indonesia.

Masyarakat mengirimkan laporan pada LAPOR! melalui situs  https://www.lapor.go.id/, SMS 1708 dan juga aplikasi mobile. Laporan kemudian diverifikasi terlebih dahulu oleh administrator LAPOR! untuk kejelasan dan kelengkapan, dan selanjutnya diteruskan ke instansi K/L/D terkait paling lambat 3 hari kerja setelah pelaporan dilakukan.

Keenam, melaporkan fintech ilegal atau pinjol ilegal ke YLKI.

YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen) organisasi swadaya masyarakat yang memberi bimbingan dan perlindungan kepada masyarakat konsumen. 

Saat ini YLKI telah dilengkapi dengan sistem pelayanan/ pengaduan secara online. Silahkan mengunjungi situs pelayanan.ylki.or.id untuk mendapatkan informasi atau layanan pengaduan.

Kantor YLKI: Jalan Pancoran Barat VII/1, Durentiga – Jakarta Selatan 12760 DKI Jakarta – Indonesia; Call Center Telepon (021) 7981858 atau 7971378; Email: [email protected]

Pelayanan Pengaduan Konsumen: http://pelayanan.ylki.or.id; Waktu Pelayanan: Senin – Jumat pukul 09.00 – 15.00 WIB.

Ketujuh, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta adalah lembaga yang memberikan bantuan hukum bagi orang-orang yang tidak mampu dalam memperjuangkan hak-haknya.

Salah satu concern LBH adalah soal pinjaman online karena maraknya pelanggaran hukum atas beroperasinya perusahaan pinjol. 

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta pernah membuka pos pengaduan pinjaman online di lewat situs www.bantuanhukum.or.id, yang dibuka sejak 4 November hingga 25 November 2018. LBH Jakarta mencatat, sudah ada 283 laporan terkait pinjaman online sejak 2016.

Pengaduan dapat dilakukan secara online dengan mengisi formulir di situs LBH Jakarta (https://www.bantuanhukum.or.id/web/formulir-pengaduan-pos-korban-pinjaman-online-pinjol/) dengan menyertakan bukti-bukti terkait. 

Atas pengaduan yang telah dibuat, para pengadu selanjutnya akan dihubungi oleh LBH Jakarta untuk menentukan langkah selanjutnya atas permasalahan-permasalahan yang ada.

Kedelapan, laporkan ke Polisi dengan cara kumpulkan semua bukti teror, ancaman, intimidasi, atau pelecehan, lalu kunjungi ke kantor polisi terdekat dan buat laporan di kantor polisi.

Tanya Jawab

  1. Apa itu Pinjaman Online

    Pinjaman yang diajukan secara online, tanpa tatap muka, proses mudah dan cepat cair dalam 24 jam.

  2. Apa Pinjaman Online meminta Slip Gaji

    Beberapa pinjaman online tidak meminta slip gaji.

  3. Apakah ada syarat lain yang diminta Pinjaman Online

    Ada. KTP dan Foto Selfie adalah wajib disampaikan dalam pengajuan.

  4. Bagaimana Fintech Pinjaman Online bisa memberikan kredit tanpa slip gaji

    Fintech menggunakan banyak indikator lain, selain slip gaji, dalam memutuskan kredit.

  5. Apa itu Fintech Ilegal

    Fintech yang tidak memiliki izin dari OJK

  6. Kenapa perlu hati – hati dengan Fintech Ilegal

    Karena persyaratan pengajuan di Fintech Ilegal sangat mudah, tetapi nanti Fintech Ilegal menerapkan praktek yang tidak meelindungi kepentingan konsumen.

  7. Bagaimana jika memiliki komplain soal Fintech Pinjaman Online

    Bisa melakukan peengaduan ke OJK via email, surat, call center.

Kesimpulan

Pinjaman uang dengan jaminan slip gaji menjadi momok bagi mereka yang ingin mengajukan kta tanpa slip gaji dan kartu kredit karena tidak mudahnya mendapatkan slip gaji. Melihat peluang ini, Fintech menawarkan inovasi dengan pinjaman online tanpa slip gaji.

Fintech berupaya membangun image sebagai pinjaman pribadi tanpa syarat, bahwa fintech adalah kredit online tanpa ribet.

Mungkin pinjaman online tanpa slip gaji dianggap sangat beresiko dan tidak mengikuti kaidah bank konvensional. Itu pendapat yang wajar karena pinjaman 1 hari cair tanpa jaminan tentu menimbulkan persepsi akan tingginya resiko.

Tetapi, pinjaman online tanpa slip gaji sudah dimulai di Indonesia oleh beberapa Fintech. Di negara lain cara pinjaman uang tunai pribadi seperti ini sudah lebih dulu dilakukan dan hasilnya bisa berjalan baik.

Apakah di Indonesia pinjaman online tanpa slip gaji akan berhasil ? Kita sama – sama lihat dan tunggu.

3 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.