KTA BCA 2019: Bunga Pinjaman, Tabel Cicilan, Simulasi Angsuran, Syarat Dokumen

  • February 24, 2019

KTA BCA adalah produk kredit tanpa agunan personal loan yang populer meskipun marak pinjaman online Fintech. Saya review KTA BCA di 2019 dimana Anda bisa tahu berapa bunga, simulasi angsuran yang Anda harus baya, apa persyaratan dokumen yang wajib dipenuhi. Rujukan ini membantu Anda berniat mengajukan KTA dan pinjaman Bank BCA dengan lebih mulus.

Simulasi tabel cicilan KTA BCA menunjukkan angsuran setiap bulan personal loan BCA berdasarkan bunga dan tenor pinjaman.

Simulasi penting dilihat sebelum mengajukan kredit tanpa agunan karena menilai hanya dari tingkat suku bunga tidak menunjukkan kondisi riil, berapa besarnya angsuran setiap bulan dan berapa biaya admin yang harus dibayar.

Review KTA BCA dan pinjaman bank BCA ini saya lakukan, karena meskipun proses permohonan pinjaman lebih lama (14 sd 22 hari kerja) dibandingkan fintech pinjaman online yang langsung cair, KTA memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya tetap dibutuhkan masyarakat.

Ada beberapa alasan kenapa pinjaman tanpa agunan populer: (1) bunga KTA lebih rendah dibandingkan pinjaman online; (2) jumlah plafon KTA lebih besar dibandingkan fintech; (3) tenor masa pinjaman KTA lebih panjang.

Buat Anda yang mencari pinjaman dengan masa tenor diatas 1 tahun, jumlah pinjaman diatas 10 juta dengan bunga pinjaman yang terjangkau, KTA jelas menjadi pilihan dibandingkan pinjol.

Apalagi belakangan ini, banyak isu sensitif menerpa pinjaman online yang mengusik masyarakat untuk mengajukan kredit di Fintech.

Isu tersebut adalah: pertama, penggunaan data pribadi di ponsel secara masif oleh pinjaman online; kedua, cara penagihan pinjaman online yang cukup agresif, termasuk memanfaatkan daftar no telepon yang tersimpan di ponsel peminjam untuk menghubungi pihak lain (teman, saudara, keluarga dekat) dalam proses penagihan; ketiga, maraknya Fintech ilegal dengan cara penagihan yang sangat agresif dan bunga yang super tinggi, yang membuat masyarakat khawatir mengajukan ke Fintech, termasuk yang legal sekalipun.

Personal Loan BCA

Di BCA, KTA dikenal sebagai produk personal loan. BCA Personal Loan adalah pinjaman tanpa agunan yang dapat dipergunakan untuk berbagai kebutuhan nasabah, dimana pembayarannya dapat diangsur per bulan dengan tenor yang disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan bayar customer.

Dalam bahasa sederhananya, fasilitas ini adalah pinjam uang di bank BCA tanpa jaminan. Kredit yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, kredit multiguna.

Bagaimana cara pengajuan KTA BCA ?

Anda bisa mengajukan fasilitas pinjaman BCA Personal Loan untuk keperluan Pendidikan, Kesehatan, Pernikahan, Liburan, Renovasi, atau Kebutuhan Rumah Tangga.

Fitur Personal Loan pinjaman di BCA:

  • Plafon pinjaman mulai dari Rp 5 Juta sampai Rp 100 Juta
  • Tenor masa pinjaman 12, 24, 36 Bulan

Keuntungan personal loan BCA adalah (1) dana tunai bisa digunakan untuk segala kebutuhan tanpa ada pembatasan penggunaan; (2) menawarkan suku bunga bersaing dibandingkan KTA bank lain; (3) Plafon pinjaman KTA 100 juta.

Pengalaman Mengajukan KTA BCA

Pengajuan pengajuan kredit BCA dilakukan di kantor cabang BCA terdekat. Di cabang yang saya datangi terdapat sales KTA yang menangani yang rutin hadir di cabang tersebut dan melayani nasabah yang ingin daftar kredit BCA.

Anda perlu membuat janji dengan sales KTA karena mereka tidak setiap hari stand-by di kantor cabang. Saat bertemu, saya menanyakan persyaratan dan dokumen yang diperlukan untuk mengajukan personal loan, dan diberikan sebagai berikut tentang persyaratan KTA BCA:

  1. WNI berdomisili di Indonesia
  2. Pemegang kartu BCA
  3. Karyawan tetap, wiraswasta, atau profesional dengan masa kerja minimum 2 tahun
  4. Minimal penghasilan/bulan Rp 2.500.000,- (untuk Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Batam)
  5. Minimum penghasilan/bulan Rp. 2.000.000,- (untuk daerah lainnya)
  6. Berusia antara 21 – 55 tahun ( saat fasilitas BCA Personal Loan lunas)
  7. Tidak sedang menjalani sanksi Surat Peringatan I, II, III/Skorsing

Berikut ini adalah Formulir Aplikasi Pinjaman , yang perlu Anda isi jika mengajukan permohonan KTA BCA 2019:

Formulir Aplikasi Pinjaman KTA BCA 2019

Aplikasi Pinjaman KTA BCA 2019

Satu hal yang jelas sejak awal adalah calon konsumen harus nasabah BCA. Jika bukan pemegang rekening tabungan di BCA tidak bisa mengajukan personal loan BCA.

Kategori Pengajuan

Dari sales KTA, saya diberitahu bahwa pengajuan bisa dilakukan melalui dua kategori, yaitu: nasabah payroll BCA atau pemilik kartu kredit BCA.

Dua kategori diatas, nasabah payroll BCA dan pemilik kartu kredit BCA, tercantum dalam Perjanjian Kredit KTA BCA, yang Anda dapatkan saat melakukan pengisian aplikasi, berikut ini:

Perjanjian Pinjaman KTA BCA 2019
Perjanjian Pinjaman KTA BCA 2019

Nasabah Payroll BCA adalah karyawan yang pembayaran gaji dilakukan melalui Bank BCA dan pembayaran bisa dilakukan dengan autodebet rekening BCA. Nasabah Pemilik kartu kredit BCA adalah pemegang kartu yang minimal masa keanggotaan 1 tahun dan pembayaran selalu lancar.

BCA memperbolehkan pengajuan KTA tanpa kartu kredit jika pemohon merupakan nasabah payroll di BCA. Tetapi, jika gaji tidak payroll di BCA, pemohon harus memiliki kartu kredit BCA.

Persyaratan personal loan BCA ini lebih fleksibel dibandingkan KTA Mandiri atau Bank BUMN lain, yang hanya memperbolehkan pengajuan oleh nasabah payroll.

Lebih lengkapnya, persyaratan dan dokumen personal loan BCA untuk masing masing kategori adalah sebagai berikut:

Nasabah Payroll BCA:

  • Penghasilan Rp.2.500.000 THP (Take Home Pay) untuk daerah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Batam. Rp 2.000.000 THP untuk daerah lainnya.
  • Usia 21 tahun sampai dengan 55 tahun (pada saat fasilitas personal loan lunas)
  • Karyawan tetap minimal 2 tahun
  • KTP dan Slip gaji terakhir yang asli /Surat Keterangan Perusahaan
  • NPWP (untuk pengajuan mulai dari Rp. 50 juta),
  • Tidak sedang menjalani sanksi surat peringatan I,II,III/Skorsing
  • Status Kewarganegaraan WNI berdomisili di Indonesia
  • Memiliki rekening payroll BCA

Pemilik Kartu Kredit BCA

  • Penghasilan Minimum Rp.2.500.000 THP (Take Home Pay) untuk daerah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Batam. Rp 2.000.000 THP untuk daerah lainnya.
  • KTP dan Kartu Kredit BCA
  • Pemegang Kartu Kredit BCA minimal 1 tahun dan pembayaran selalu lancar
  • Usia 21 tahun sampai 55 tahun (pada saat fasilitas Personal Loan lunas)
  • Dokumen yang dibutuhkan NPWP (untuk pengajuan mulai dari Rp. 50 juta),(untuk Karyawan melampirkan Slip gaji terakhir yang asli/Surat Keterangan Perusahaan) (untuk wiraswasta/pengusaha wajib melampirkan SIUP/TDP)
  • Memiliki rekening BCA.
  • Status Kewarganegaraan WNI berdomisili di Indonesia

Proses KTA BCA Berapa Lama

Dalam pembicaraan dengan sales di cabang, saya diberitahu bahwa proses kta bca berapa lama adalah memakan waktu rata – rata 14 sd 21 hari kerja. Pengajuan tersebut dihitung dari dokumen lengkap.

Namun, dalam kenyataannya, proses kta bca berapa lama, tergantung pada banyka faktor sehingga bisa lebih cepat atau lebih lambat tergantung dari (1) kelengkapan dokumen dan (2) load kerja di tim analis BCA.

Pengajuan di akhir bulan biasanya akan butuh waktu lebih panjang karena load kerja di tim analis sedang tinggi-tingginya.

Bunga dan Biaya KTA

BCA menerapkan suku bunga berdasarkan tenor masa pinjaman berikut (lihat Perjanjian Kredit KTA BCA) :

  • 12 bulan: 1% flat/bln
  • 24 bulan: 1,03% flat/bln
  • 36 bulan: 1,07% flat/bln

Terkait bunga, perlu diperhatikan bahwa makin panjang tenor makin besar bunga per bulan. Meskipun jumlah cicilan terasa lebih kecil dalam tenor panjang, tetapi sebenarnya Anda membayar bunga lebih besar.

Kondisi ini yang perlu diingat oleh Anda sewaktu memutuskan mengambil pinjaman tenor panjang untuk personal loan.

Selain bunga, Anda perlu perhatikan Biaya Provisi, yaitu 1% dari pinjaman yang disetujui atau minimum Rp 100.000. Biaya ini dipotong dari pencairan pinjaman, sehingga dana yang masuk rekening lebih kecil dari plafon yang disetujui.

Dengan adanya pemotongan biaya provisi dimuka ini, Anda membayar bunga efektif lebih mahal dibandingkan suku bunga nominal yang dicantumkan oleh bank.

Kenapa ?

Perhitungan bunga dihitung dari pencairan dana yang diterima nasabah, bukan dari plafon yang disetujui. Dengan pencairan yang lebih kecil dan masa pengembalian yang sama, Anda membayar % bunga efektif lebih mahal.

Untuk denda keterlambatan berlaku 0.28 % per hari dari angsuran. Denda ini cukup besar dan itu sebaiknya konsumen membayar tepat waktu.

Untuk pelunasan dipercepat, KTA BCA mengijinkan tetapi dikenakan biaya, yaitu Rp 200,000 dan baru bisa dilakukan jika sudah membayar 6 kali angsuran.

Asuransi Personal Loan

BCA menawarkan fitur tambahan, yaitu perlindungan Asuransi.

Tujuan asuransii adalah memproteksi ahli waris. Jika angsuran belum selesai namun debitur mengalami kecelakaan parah hingga meninggal dunia pihak keluarga tidak akan dibebani dengan sisa angsuran yang mesti dibayar karena asuransi akan melunasi sisa pinjaman.

Asuransi ini opsional. Tidak wajib diambil.

BCA menetapkan premi asuransi (dari pokok pinjaman) sebagai berikut:

  • 12 bulan = 0,363%
  • 24 bulan = 0,693%
  • 36 bulan = 1,020%

Semakin panjang tenor, Anda harus membayar biaya asuransi semakin besar. Wajar karena semakin panjang tenor, maka semakin lama coverage yang harus ditanggung perusahaan asuransi.

Pembayaran premi asuransi dilakukan dengan pemotongan premi dari nilai pencairan.

Penetapan Plafon Pinjaman

Bagaimana BCA menetapkan besarnya maksimum pinjaman yang bisa diambil oleh calon nasabah ?

Memang tidak dijelaskan dalam formulir pengajuan, tetapi dari persyaratan yang ditetapkan saya bisa memperkirakan ketentuan soal limit pinjaman.

Dalam persyaratan BCA menyebutkan dua ketentuan, yaitu:

  • Rasio Angsuran 1/3 x Gaji
  • Rasio Plafond Maksimum 4x THP

Pagu pinjaman wajib mengikut dua ketentuan tersebut, yaitu: cicilan per bulan tidak boleh lebih dari 30% dari gaji dan jumlah pinjaman terbesar adalah 4 x Penghasilan per bulan.

Jika Anda, misalnya, punya penghasilan 3 juta per bulan, sesuai ketentuan tersebut, maksimum plafon KTA personal loan adalah 12 juta per bulan. Namun, Anda masih harus memenuhi syarat cicilan maksimum 30% dari gaji. Cicilan ditentukan oleh bunga dan masa pinjaman, angkanya yang bisa dilihat di simulasi angsuran KTA.

Jika ingin menurunkan cicilan per bulan, Anda bisa mengambil masa pinjaman yang lebih panjang, supaya masuk dalam syarat cicilan = 30% gaji. Tetapi, kembali lagi, dalam tenor panjang Anda membayar bunga lebih banyak, lebih mahal.

Begitu pula, seandainya gaji Anda besar, sehingga bisa membayar cicilan yang lebih besar setiap bulan, belum tentu bisa mengambil plafond besar karena masih ada pembatasan maksimum plafond adalah 4 x penghasilan.

Dengan dua ketentuan ini, rasio angsuran dan rasio plafon maksimum, Anda bisa membuat simulasi perhitungan plafond yang bisa diajukan.

Tabel Cicilan KTA BCA

Dari perbincangan dengan sales, saya mendapatkan Simulasi Tabel Cicilan KTA BCA 2019. Membaca dan memahami simulasi cicilan KTA sebelum pengajuan kredit penting sekali menurut saya karena:

  • Simulasi pinjaman bank menunjukkan berapa cicilan per bulan yang harus konsumen bayar. Menghitung sendiri menggunakan suku bunga yang tercantum di website, kadangkala tidak memberikan jumlah cicilan yang sama. Dengan simulasi, Anda tahu persis jumlah cicilan per bulan. Simulasi pinjaman menjadi kalkulator KTA.
  • Simulasi pinjaman KTA menunjukkan berapa dana tunai yang masuk ke dalam rekening setelah dikurangi potongan biaya. Perlu diketahui bahwa bunga bukan satu-satunya biaya yang dibebankan bank kepada peminjam, karena bank membebankan juga biaya admin, provisi dan biaya lainnya. Biaya admin ini perlu disadari sejak awal karena jumlahnya tidak sedikit dan dipotong dimuka sebelum dana masuk ke rekening peminjam.
  • Simulasi pinjaman kredit bca membuat Anda bisa langsung membandingkan cicilan penawaran KTA antar bank dengan mudah dan akurat. Bisa melihat jumlah cicilan per bulan yang harus dibayar dengan pagu dan tenor pinjaman yang sama.

Simulasi Angsuran KTA BCA

Tabel Cicilan KTA BCA 2019
Tabel Cicilan KTA BCA 2019

Berdasarkan tabel angsuran diatas yang saya terima, pengajuan sebesar di kredit bank BCA, ambil contoh, Rp 5,000,000 maka simulasi kredit tanpa agunan adalah:

  • Cicilan per bulan: Rp 466,667 (tenor 1 tahun); Rp 259,833 (tenor 2 tahun); Rp 192,389 (tenor 3 tahun)
  • Biaya Provisi 1% dari pinjaman atau Rp 100,000
  • Biaya Materai Rp 6,000
  • Jumlah pinjaman yang dicairkan ke rekening peminjam adalah Rp 4,894,000. Angka tersebut adalah Rp 5,000,000 – 100,000 (provisi) – 6,000 (materai)

Perhitungan ini adalah pengajuan tanpa asuransi, yang berarti keluarga menghadapi resiko harus melunasi pinjaman jika peminjam kena musibah (meninggal atau cacat tetap) dan tidak bisa melunasi KTA.

Jika pengajuan menggunakan asuransi untuk melindungi keluarga terhadap beban hutang KTA, jika peminjam mengalami musibah, maka tambahan biaya asuransi dibebankan dengan memotong nilai pencairan.

Perhitungan penerimaan pencairan di rekening peminjam setelah dipotong pembayaran premi asuransi bisa Simulasi Angsuran BCA. Yang jelas jumlah pencairan menjadi lebih rendah lagi dari plafon yang di setujui.

Tips Permohonan KTA

Ada sejumlah tips yang perlu diperhatikan calon peminjam agar permohonan kredit KTA BCA disetujui.

#1 Kelengkapan Dokumen

Kelengkapan dokumen sangat penting. Tanpa dokumen yang lengkap, jangan harap, pengajuan akan diproses pihak Bank BCA. KTA BCA disetujui atau tidak ditentukan diawal oleh kelengkapan dokumen.

Karena itu, pastikan dokumen dan persyaratan lengkap sesuai diminta bank. Jika ada dokumen yang kurang, diskusikan dengan sales karena biasanya mereka sudah pengalaman mengatasi kekurangan dokumen.

Saat ini, bank sangat memperhatikan e-KTP. Tanpa e-KTP, permohonan akan sulit disetujui.

Disamping itu, permohonan pinjaman Rp 50 juta harus disertai dengan NPWP. Pastikan Anda memiliki NPWP jika mengajukan nilai pinjaman sebesar ini.

Terkait payroll BCA, pastikan memang penggajian masih dilakukan lewat BCA. Karena jika penggajian sudah tidak lewat BCA dan Anda masih coba-coba mengajukan, percuma karena pihak analis akan dengan sangat mudah mengetahui.

Jika memang dokumen tidak bisa dipenuhi, lebih baik tidak buang waktu mengajukan. Cari alternatif kredit lain, misalnya pinjaman online Fintech.

#2 Riwayat Kredit BI Checking Bagus

Hasil BI checking yang bersih atau tidak ada riwayat kredit macet. Bank tidak mentolerir riwayat kredit macet dalam pengajuan KTA.

Karena itu, sebelum pengajuan pastikan bahwa kredit atau pinjaman di tempat lain tidak ada yang terlambat (jika terlambat dibayar dahulu).

Jika punya riwayat kredit macet, Anda perlu memastikan beberapa hal:

(1) kapan kredit macet terjadi dan bagaimana status kredit hari ini;

(2) upayakan status hari ini lancar karena bank sangat memperhatikan status terkini. Jika sudah lancar atau lunas, sementara riwayat histori kredit yang buruk biasanya tidak jadi permasalahan karena histori memang akan terus tercatat di BI checking meskipun status saat ini sudah lancar atau lunas;

(3) Jika terdapat pelaporan kredit yang tidak akurat, misalnya Anda sudah bayar lunas tetapi masih tercatat punya pinjaman, segera urus ke bank terkait agar laporan BI checking akurat.

Pengalaman saya, hampir pasti bank akan memperhatikan hasil BI checking. Mau setinggi apapun gaji di payroll, jika terdapat riwayat kredit macet, kecil sekali kemungkinan pengajuan KTA akan disetujui.

#3 Limit Pinjaman dan Cicilan 30% Gaji

Perhitungan limit pinjaman mengikuti ketentuan: max cicilan 30% gaji dan plafon 4 x penghasilan. Anda bisa menghitung apakah penghasilan bisa memenuhi pengajuan pagu pinjaman berdasarkan dua ketentuan ini.

Simulasi Pagu Pinjaman

  • Gaji THP (take-home pay) per bulan Rp 10,000,000
  • Plafon KTA maksimum Rp 40,000,000
  • Cicilan KTA maksimum Rp 3,000,000

Berdasarkan simulasi tabel cicilan KTA BCA 2019, Anda bisa mengambil pinjaman Rp 40 juta untuk tenor 2 tahun dengan cicilan per bulan Rp 2.078.667. Anda tidak bisa mengambil tenor 1 tahun karena cicilan per bulan menjadi Rp 3.733.333 (lebih tinggi dari ketentuan maksimum cicilan).

Bagaimana jika tidak bisa memenuhi ?

Dalam perhitungan limit pinjaman, penghasilan per bulan menjadi faktor utama yang menentukan. Jika penghasilan dirasa kurang dan tidak mencukupi pagu pinjaman yang Anda inginkan, Anda bisa mengajukan pinjaman joint-income dengan istri atau suami, agar penghasilan yang dimajukan ke BCA lebih besar.

Untuk bisa mengajukan joint-income, Anda perlu menyampaikan kartu keluarga, surat keterangan bekerja suami/istri dan persetujuan dari suami/istri untuk joint-income karena jika nanti terjadi sesuatu, misalnya kredit macet, suami/istri akan terkena imbas.

#4 Biaya Admin, Provisi dan Premi Asuransi

Perlu diperhatikan bahwa selain bunga pinjaman, komponen biaya yang penting di KTA adalah biaya administrasi, yang di KTA BCA, terdiri atas 1% pokok pinjaman dan premi asuransi dengan rate berbeda tergantung tenor pinjaman.

Biaya admin ini dipotong langsung dimuka saat pencairan. Anda pinjam, misalnya, plafon Rp 5,000,000 tidak terima sebesar itu secara full, tetapi setelah kena potongan biaya admin (perhatikan: tabel cicilan sebelumnya). Sementara, pengembalian KTA yang Anda harus bayar merujuk pada plafon Rp 5,000,000 tersebut.

Buat saya, provisi KTA BCA sebesar 1% pokok pinjaman atau minimum Rp 100 ribu masih masuk akal karena di KTA bank lain biaya ini lebih tinggi.

Bagaimana dengan asuransi yang menjadi opsional di BCA ? Ambil atau tidak.

Beberapa perencana keuangan yang saya pernah baca tidak menyarankan pengambilan asuransi di Kartu Kredit. Hal yang sama berlaku di KTA.

Kenapa ?

Pertama, premi asuransi kredit di KTA mahal dibandingkan asuransi jiwa murni. Maksudnya mahal dari perbandingan antara premi yang dibayar dengan manfaat yang diterima. Simak Tips Premi Asuransi Jiwa Murah.

Kedua, pastikan Anda sudah punya asuransi jiwa (disarankan asuransi jiwa term-life) untuk memproteksi keluarga jika Anda kena musibah. Jika belum punya, segera beli asuransi jiwa atau kalau memang tidak sempat ambil asuransi jiwa KTA.

# 5 Calon Peminjam Siap Dihubungi

Setelah aplikasi diajukan, Anda sebaiknya selalu cek panggilan masuk di handphone milik Anda. Jangan sampai lengah dan tidak mengangkat karena siapa tahu itu nomor dari tim analis KTA Bank BCA.

Jadi pastikan bahwa ponsel Anda dalam keadaan aktif dan tidak jauh-jauh dari Anda karena kapan saja tim analis bisa menghubungi Anda setelah Anda mengajukan KTA BCA

Telepon rumah dan kantor juga harus dalam keadaan aktif karena analis bisa saja menghubungi Anda pada nomor telepon sesuai di data yang Anda berikan ke tim marketing.

Setelah proses verifikasi selesai, proses pencairan KTA dilakukan ke rekening BCA Anda. Karena dalam satu bank, proses pencairan cepat dan mudah.

Keunggulan KTA BCA

Saya mencatat beberapa keunggulan dan kelemahan KTA BCA yang bisa menjadi pertimbangan Anda jika memutuskan untuk mengajukan pinjaman KTA disini.

#1 Bunga KTA Termasuk Paling Murah

Bunga BCA termasuk yang paling murah dibandingkan KTA bank lain dengan persyaratan yang reasonable. Memang jika Anda lihat disini, KTA Mandiri menawarkan bunga lebih rendah, tetapi di KTA Mandiri Anda harus nasabah payroll di Bank Mandiri.

Di BCA, Anda masih bisa mengajukan KTA jika bukan nasabah payroll, selama memiliki kartu kredit BCA dengan masa keanggotaan minimum 1 tahun dan pembayaran lancar.

#2 Biaya Admin Kecil

Selain bunga, biaya admin adalah komponen yang wajib peminjam perhatikan karena biaya ini dipotong di depan dan mengurangi nilai pencairan. BCA menerapkan biaya admin yang relatif murah, yaitu 1% pokok pinjaman atau minimum Rp 100 ribu, dibandingkan bank lain.

Di samping itu, BCA tidak mewajibkan pengambilan asuransi kredit. Peminjam bisa memilih membayar premi asuransi atau tidak.

Di beberapa KTA bank lain, yang saya pelajari, pengambilan asuransi adalah wajib dan dimasukkan dalam komponen biaya administrasi. Sementara, pengambilan asuransi kredit bukan sesuatu yang menguntungkan karena premi yang mahal (dibandingkan manfaat diterima), apalagi jika peminjam sudah punya asuransi jiwa.

#3 Tidak Harus Payroll

BCA memberikan alternatif bagi nasabah bukan payroll untuk bisa mengajukan dengan kartu kredit BCA. Selama kepemilikan kartu kredit BCA minimal 1 tahun dan pembayaran lancar, nasabah bisa mengajukan KTA BCA.

Adanya solusi buat nasabah non payroll ini membantu karena trend saat ini di beberapa bank besar, khususnya bank BUMN, pengajuan untuk karyawan hanya bisa dilakukan oleh nasabah payroll yang penggajian melalui bank tersebut.

KTA BCA dengan bunga yang cukup bersaing (dibandingkan bank – bank BUMN) masih memberikan ruang buat nasabah non payroll untuk mengajukan pinjaman.

Kelemahan KTA BCA

#1 Tidak Bisa Bukan Nasabah BCA

Satu hal adalah nasabah bukan BCA tidak bisa mengajukan permohonan KTA BCA. Wajib nasabah BCA dengan menyertakan bukti rekening tabungan.

Menurut saya, salah satu alasannya adalah agar BCA bisa melakukan auto-debit jika nasabah menunggak. Di samping itu, jika punya tabungan, pihak analis BCA bisa menganalisa dengan lebih akurat mutasi rekening untuk menentukan kelayakan kredit.

#2 Tenor Pinjaman Hanya 3 Tahun

Dibandingkan KTA lain, tenor di personal loan BCA cukup standar. Di beberapa KTA lain bisa memberikan sampai 4 tahun atau bahkan ada bank yang berani sampai 10 tahun.

Kredit BCA bukan KTA tenor 10 tahun. Ingin masa pinjaman diatas 3 tahun harus cari pinjaman KTA bank lain.

Tentu saja, pengambilan kredit tanpa agunan dengan tenor cicilan panjang bukan sesuatu yang saya sarankan. Tetapi, jika terdapat banyak pilihan tenor, hal tersebut akan membantu nasabah dalam memilih yang terbaik sesuai kebutuhan.

#3 Limit Pinjaman Max 100 juta

Pagu pinjaman KTA BCA cukup rendah, yaitu maksimum Rp 100 juta, sementara KTA lain menawarkan diatas Rp 100 juta.

BCA memang terkenal cukup konservatif dalam memberikan pinjaman dan kredit. Apalagi KTA adalah personal loan yang tanpa jaminan.

#4 Belum Bisa KTA Online

Sampai saat ini, saya cek bahwa KTA BCA belum bisa diajukan secara online. Pengajuan harus datang ke kantor cabang dan menyerahkan dokumen serta persyaratan yang diminta.

Calon nasabah harus mengisi formulir aplikasi pinjaman KTA dan menandatangani lalu menyampaikan ke pihak BCA.

Mungkin BCA bisa belajar dari KTA Permata yang sudah bisa pengajuan via online lewat aplikasi mobile banking Permata X.

# 5 Pelunasan Dipercepat Sulit dan Mahal

Fitur pelunasan dipercepat penting buat peminjam karena beberapa alasan:

Pertama, kadangkala nasabah dapat rejeki, misalnya bonus atau warisan, sehingga ingin melunasi pinjaman KTA lebih cepat. Tingginya bunga KTA membuat cicilan pinjaman menggerus secara signifikan penghasilan tiap bulan, sehingga jika ada rejeki, banyak peminjam yang memutuskan untuk melunasi KTA.

Kedua, kadang plafon yang disetujui tidak sesuai dengan pengajuan nasabah dan sesuai Perjanjian Kredit Pinjaman KTA, bank memiliki hak untuk melakukan pencairan meskipun dalam jumlah yang lebih rendah dari pengajuan. Dalam situasi ini, pelunasan dipercepat menjadi solusi buat nasabah yang tidak puas dengan plafon yang disetujui bank.

Sementara itu, BCA memiliki persyaratan pelunasan dipercepat yang memberatkan menurut saya, yaitu: (1) harus sudah lunas 6 cicilan baru dapat melakukan pelunasan dipercepat; (2) membayar biaya sebesar Rp 200,000.

Membayar biaya pelunasan adalah hal yang umum di KTA bank lain. Tetapi kewajiban haus membayar 6 bulan cicilan baru bisa melakukan pelunasan dipercepat, bukan hal yang umum di KTA lain dan syarat ini cukup memberatkan.

KTA BCA vs Pinjaman Online

Dengan hadirnya pinjaman online, muncul pertanyaan apakah KTA BCA masih relevan ? Apa masih perlu mengajukan ke KTA BCA ditengah kondisi cepat dan mudahnya pengajuan kredit tanpa jaminan di pinjaman online Fintech P2P Lending.

Masing – masing produk, KTA BCA vs Pinjaman Online, memiliki kekuatan sendiri – sendiri, dengan segmen pasar tersendiri. Karena itu, kembali lagi ke kebutuhan konsumen.

Pertama, kecepatan dan kemudahan, KTA BCA jelas kalah dibandingkan pinjaman online yang bisa cair dalam 24 jam dan tanpa tatap muka. KTA BCA butuh proses satu minggu lebih.

Kedua, KTA BCA menuntut pengajuan oleh mereka yang sudah berstatus nasabah BCA, baik yang punya tabungan atau kartu kredit di BCA. Sementara, pinjaman online bisa diajukan oleh siapa saja, tidak ada ketentuan harus sudah jadi nasabah lembaga tertentu.

Ketiga, pinjaman online saat ini tidak melakukan pengecekan ke BI chceking sehingga tingkat persetujuan relatif tinggi. Anda yang punya catatan kredit kurang baik di BI Checking bisa lolos mendapatkan pinjaman di pinjaman online. Sementara, KTA BCA sangat melihat hasil BI Checking. Sebagus apapun Anda, jika BI Checking jelek, pengajuan di KTA BCA akan ditolak.

Keempat, namun KTA BCA unggul di plafon dan tenor pinjaman yang jauh lebih tinggi dan lebih panjang. Pinjaman online rata – rata memberikan jumlah pinjaman dibawah Rp 3 juta dengan masa tenor 30 hari. Sementara, KTA BCA bisa sampai 5 tahun masa pinjaman dan plafon Rp 100 juta.

Kelima, pengendalian yang cukup ketat dalam perilaku pelayanan nasabah di perbankan lewat regulasi Bank Indonesia yang ketat dan tegas membuat KTA BCA pasti tidak akan berlaku semena-mena terhadap nasabah, khususnya soal penagihan nasabah. Sementara, berita di media massa menunjukkan banyak komplain soal perilaku pinjaman online dalam proses penagihan ke masyarakat.

Keenam, last but not least, bunga KTA BCA lebih murah (sekali) dibandingkan pinjaman online. Ini hal yang sulit dibantahkan karena KTA BCA membebankan bunga 2% sd 3% flat sebulan sementara pinjaman online membebankan bunga di 20%+ per bulan kepada peminjam.

Kembali lagi, mana yang terbaik, KTA BCA atau Pinjaman Online, tidak ada karena sangat tergantung situasi dan kondisi konsumen yang akan mengajukan pinjaman.

Bunga KTA BCA vs KTA Mandiri

Sebagai dua KTA yang paling populer saat ini di masyarakat, pertanyaan muncul, lebih murah mana bunga di KTA BCA atau Mandiri ?

Singkatnya, KTA Mandiri memberikan bunga lebih murah dan cicilan lebih kecil dengan plafon dan sama tenor sama dibandingkan KTA BCA. Tapi, Anda perlu perhatikan hal berikut.

Pertama, KTA Mandiri hanya bisa diajukan lewat mekanisme payroll, yaitu gaji Anda dibayar lewat Bank Mandiri, baru bisa mengajukan pinjaman KTA Mandiri. Sementara, BCA memperbolehkan mekanisme non payroll, yaitu lewat kepemilikan kartu kredit BCA sebagai persyaratan pengajuan KTA BCA.

Kedua, KTA Mandiri tidak menerima pengajuan pengusaha atau non – karyawan. KTA Mandiri hanya menerima status karyawan. Sedangkan, KTA BCA menerima pengusaha dalam pengajuan kredit tanpa jaminan.

Dari dua poin ini, konsumen bisa melihat bahwa bunga yang rendah belum selalu menguntungkan karena ada persyaratan lain yang juga harus diperhitungkan saat mengajukan pinjaman KTA. KTA Mandiri unggul dalam soal bunga yang lebih rendah, tetapi KTA BCA unggul dalam hal non-payroll dan penerimaan pengajuan oleh profesi pengusaha.

Tanya Jawab KTA BCA 2019

Untuk mempermudah, saya membuat hal – hal yang ditanyakan dalam pengajuan KTA BCA dalam bentuk FAQ 2019. Semoga bisa membantu.

Apa itu KTA BCA ?

KTA BCA adalah personal loan, pinjaman tanpa jaminan, secara cicilan dengan bunga bersaing yang ditawarkan Bank BCA untuk karyawan dan pengusaha guna kepentingan konsumsi.

Apakah KTA BCA bisa digunakan untuk apa saja ?

Bisa. KTA BCA adalah pinjaman tanpa agunan yang dapat dipergunakan untuk berbagai kebutuhan. Anda bisa mengajukan fasilitas pinjaman BCA Personal Loan untuk keperluan Pendidikan, Kesehatan, Pernikahan, Liburan, Renovasi, atau Kebutuhan Rumah Tangga

Berapa Maksimum Plafon Pinjaman KTA BCA ? Berapa lama jangka waktu angsuran (tenor) pinjaman ?

Pinjaman tanpa agunan mulai Rp 5 juta hingga Rp 100 Juta. Maksimum plafond ditentukan dari 3xTHP (Take Home Pay) dengan maksimum cicilan per bulan adalah 1/3 x Gaji. Jangka waktu angsuran 1, 2, dan 3 tahun

Apakah terdapat biaya Provisi dan biaya asuransi ?

Biaya provisi ada, yaitu 1% dari pinjaman yang disetujui atau minimum Rp 100.000. Biaya asuransi dikenakan dimuka (memotong pencairan), yaitu tenor 12 bulan = 0,363% dari plafon pinjaman; 24 bulan = 0,693%; 36 bulan = 1,020%.

Apakah harus nasabah BCA dan berdomisili tertentu ?

Ya harus WNI nasabah BCA serta berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogya-Solo, Surabaya, Medan, Batam, Palembang, Bali dan Makassar.

Apakah dokumen yang dibutuhkan dalam pengajuan KTA BCA ?

Formulir aplikasi BCA Personal Loan; Fotokopi KTP; Slip gaji terakhir (asli) untuk karyawan; Fotokopi rekening bank 3 bulan terakhir untuk wiraswasta dan profesional; Fotokopi kartu kredit bolak balik.

Apakah NPWP wajib ?

NPWP wajib untuk pengajuan Rp 50 juta keatas.

Apakah BCA menyediakan KTA BCA Payroll 2019 ?

Ya. Pengajuan KTA Payroll adalah metode pengajuan utama di KTA BCA. Payroll adalah karyawan yang penggajian lewat Bank BCA. Pembayaran KTA dilakukan dengan cara potong gaji via payroll.

Apakah Bisa Mengajukan KTA BCA Non Payroll ?

Bisa. Anda bisa mengajukan KTA BCA dengan Kartu Kredit BCA dengan ketentuan minimum keanggotaan 6 bulan dan catatan pembayaran baik.

Berapa Lama Proses KTA BCA ?

Tidak dijelaskan secara spesifik soal berapa lama proses persetujuan atau keputusan KTA BCA. Umumnya adalah 2 minggu sejak dokumen lengkap. Namun, pastinya akan sangat tergantung kelengkapan dokumen pengajuan KTA.

Berapa Bunga KTA BCA ?

Bunga KTA BCA termasuk paling bersaing di pasar. Bunga ditentukan sesuai tenor pinjaman, yaitu 12 bulan: 1% flat/bln; 24 bulan: 1,03% flat/bln; 36 bulan: 1,07% flat/bln.

BCA Instant Cash (Bunga 0.75%)

Instant Cash BCA Kartu Kredit. Bunga 0,75%

BCA menawarkan produk baru, yaitu Instant Cash.

Instant Cash adalah program penawaran khusus yang diberikan kepada pemegang Kartu Kredit BCA untuk memperoleh pinjaman dana tunai dari sisa total limit kredit gabungan Kartu Kredit BCA dengan cara ditransfer ke rekening BCA yang dimilikinya. Pembayaran akan dilakukan secara cicilan dengan skema tertentu, dengan penawaran bunga 0,75% untuk pilihan tenor 3, 6 dan 12 bulan.

Jadi, sebelum mengambil KTA BCA, Anda bisa mengecek dahulu apakah punya kartu kredit BCA, yang jika Anda punya bisa mengambil pinjaman tanpa jaminan, seperti KTA, dengan bunga jauh lebih murah.

Instant Cash BCA bunga hanya 0,75% per bulan.

Apa persyaratan mengambil Instant Cash BCA ?

  • Diberikan kepada pemegang kartu Utama Kartu Kredit BCA
  • Sisa kredit limit minimum 40% dari total limit
  • Minimal sudah menjadi Cardholder BCA selama 1 Tahun.
  • Minimal fasilitas Instant Cash Rp. 500.000,-
  • Maksimun dana tunai yang dapat diberikan maksimal 50% dari sisa kredit limit limit gabungan Kartu Kredit BCA yang dimiliki dan pembulatan diatas sampai batas Rp. 1.000.000.
  • 50% sisa kredit limit yang dapat diajukan untuk Instant Cash adalah berdasarkan kredit limit tetap (tidak berlaku untuk kredit limit sementara)
  • Memiliki rekening di BCA (Tahapan, Tapres, Giro) atas nama yang sama dengan nama pemegang Kartu kredit BCA
  • Memiliki Rekening Tahapan/Tapres/Giro/Tabunganku ( dalam mata uang rupiah ) atas nama yang sama dengan nama pemegang Kartu kredit BCA, untuk Rekening BCA Syariah belum bisa instant cash.
  • Status kartu saat pengajuan harus dalam kondisi normal
  • CH yang pernah mengambil fasilitas Instant Cash dan belum selesai periode cicilannya, dapat mengajukan kembali Instant Cash selama memenuhi kriteria kriteria di atas dan minimal telah melakukan 1x pembayaran angsuran cicilan BCA Instant Cash
  • Cardholder yang melakukan pembatalan atas transaksi “Cicilan BCA Instant Cash” akan dikenakan biaya pinalti sebesar Rp 100.000,-.

Kesimpulan

Personal Loan BCA, menurut saya, tetap menawarkan fitur pinjaman yang tidak bisa digantikan oleh pinjaman online Fintech yang ramai saat ini.

Paling utama, keunggulan KTA BCA adalah soal bunga pinjaman yang relatif paling murah diantara KTA bank lain atau bahkan dibandingkan pinjaman online.

Namun, KTA BCA meminta persyaratan yang cukup lengkap. Selama persyaratan ini bisa dipenuhi, Anda penuhi seharusnya Anda bisa mengajukan permohonan dan mendapatkan persetujuan.

Sekali lagi, saya ingin ingatkan bahwa ambil KTA jika Anda memang butuh dana talangan untuk kebutuhan mendesak. Jangan ambil untuk konsumsi semata.

Sumber Informasi KTA BCA 2019:

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.