Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Pinjaman Tanpa Agunan KTA Bank Terbaik Terpercaya 2022

Daftar Isi

Daftar Pinjaman Tanpa Agunan KTA Bank Terbaik Terpercaya

Pinjaman tanpa jaminan KTA menawarkan solusi melalui dana tunai yang cepat dan mudah. Cocok buat dana talangan untuk kebutuhan Anda yang mendadak yang butuh cepat. Ada 18 bank memberikan pinjaman KTA, pinjaman tanpa agunan terbaik di 2019. Masing - masing bank menjual keunggulan dan keunikan produk pinjaman mereka. Saya review satu persatu di Jakarta dan sajikan keunggulan setiap bank, khususnya soal bunga dan persyaratan pengajuan pinjaman, serta tips soal pinjaman KTA.

Di 2022, kami update daftar ini, dengan menambahkan beberapa KTA Syariah. KTA Syariah memberi warna tersendiri dari pinjaman KTA Konvensional pada umumnya, terutam soal bunga atau margin.

Kebutuhan mendadak pasti akan dihadapi semua orang. Dalam situasi tersebut, Anda akan butuh pinjaman secara cepat dan tanpa jaminan.

KTA atau pinjaman tanpa agunan bank telah menjadi salah satu solusinya.

Ada itu pinjaman tanpa jaminan? Mana yang akan bisa memberikan pinjaman uang 20 juta untuk segala kebutuhan.

Ada 18 bank yang telah memberikan pinjaman tanpa agunan pada masyarakat di Indonesia.

Bagaimana syarat dan ketentuan. Bagaimana cara pinjam uang di bank untuk keperluan pribadi? Apa itu pinjaman KTA? 

Berikut ini daftar lebih dari 20 KTA (update 2022).
 

#1 Pinjaman Tanpa Agunan BCA

Pinjaman tanpa agunan BCA adalah Personal Loan dari BCA.

Apa itu Personal Loan BCA?

Personal Loan adalah kredit tanpa agunan BCA.

Anda bisa mengajukan pinjaman untuk berbagai kebutuhan Anda tanpa perlu jaminan di Personal Loan dari BCA. Bisa dilakukan lewat internet banking BCA.

Pinjaman tanpa agunan dari BCA punya keunggulan, yaitu Anda akan bisa mendapatkan bunga KTA yang sangat kompetitif. Salah satu pinjaman tanpa agunan dengan bunga terendah di pasar saat ini adalah dari Bank BCA.

Hanya saja, pengajuan Anda di pinjaman tanpa agunan di BCA hanya akan bisa dengan rekening tabungan payroll atau kartu kredit BCA. Jika tidak memiliki rekening tabungan gaji payroll di BCA atau tidak punya kartu kredit BCA, Anda sebagai calon peminjam tidak akan bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan di BCA.

Anda punya kartu kredit dari BCA pasti bisa mengajukan? Belum tentu karena untuk itu minimum keanggotaan kartu kredit BCA Anda untuk pengajuan pinjaman tanpa agunan adalah 6 bulan dengan track record pembayaran yang bagus.

Selain bunga, untuk pengajuan KTA, Bank BCA menetapkan syarat dan ketentuan berupa biaya provisi, biaya pelunasan dipercepat dan biaya atau denda keterlambatan, yang wajib menjadi perhatian dari Anda sebagai peminjam karena akan mempengaruhi pembayaran Anda.

Bunga dan Angsuran untuk Bank BCA

Bunga Pinjaman Tanpa Agunan BCA Personal Loan. Jakarta
Bunga untuk Pinjaman Tanpa Agunan BCA Personal Loan Jakarta


#2 Pinjaman Bank Mandiri

Bank Mandiri, sebagai bank terbesar di Indonesia, menawarkan pinjaman tanpa agunan. Dikenal sebagai KTA Mandiri, kredit tanpa agunan mandiri.

Apa itu KTA Mandiri?

Sejak akhir 2018, KTA Mandiri berubah nama dari KTA (kredit tanpa agunan mandiri) menjadi KSM Mandiri. Masih merupakan pinjaman tanpa agunan, namun sesuai dengan namanya akan terdapat satu perubahan penting, yaitu Anda harus menjadi nasabah dari rekening payroll untuk bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan di Mandiri.

Keunggulan dari KSM Mandiri adalah bunga rendah, tenor panjang dan jumlah plafon pinjaman besar. Sesuai dengan info fitur KSM, bunga akan bisa sampai 0.55% per bulan, tenor sampai 15 tahun dan plafon mencapai Rp 1 M.

Sesuai dengan sifat KSM yang merupakan pinjaman untuk karyawan payroll adalah wajar untuk bunga menjadi lebih kompetitif karena resiko akan default bisa ditekan dengan potong gaji langsung dari Bank Mandiri ke gaji karyawan.

KSM dari Bank Mandiri menetapkan pula sejumlah biaya untuk pinjaman, selain untuk bunga, antara lain merupakan biaya keterlambatan, biaya denda dan biaya provisi.

Bunga dari Bank Mandiri (Jakarta)

Simulasi Bunga Pinjaman Tanpa Agunan dari Bank Mandiri Jakarta
Simulasi Bunga Pinjaman Tanpa Agunan dari Bank Mandiri Jakarta


#3 Pinjaman Tanpa Agunan BRI (KTA BRI)

BRI menawarkan pinjaman tanpa agunan BRI, yaitu Briguna atau disebut sebagai KTA BRI.

Apa itu pinjaman tanpa agunan dari Bank BRI Briguna atau KTA BRI?

Pinjaman tanpa agunan BRI dari Briguna adalah kredit keuangan yang diberikan kepada calon debitur/ debitur dengan jumlah sumber pembayaran (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap atau fixed income (gaji) dengan jangka waktu sejak pegawai aktif sampai dengan masa pensiun.

Anda akan dapat menggunakan pinjaman KTA BRI untuk pembiayaan keuangan keperluan produktif dan non produktif misalnya: pembelian barang bergerak/ tidak bergerak, perbaikan rumah, keperluan kuliah/ sekolah anak, pengobatan, pernikahan anak, dan lain-lain.

Jenis KTA BRI yang Anda akan bisa ajukan adalah:

  • Briguna Karya adalah fasilitas Kredit Tanpa Agunan atau KTA dari Bank BRI yang pencairan diberikan kepada Anda calon debitur/ debitur dengan sumber pembayaran (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap atau fixed income (gaji). Briguna Karya merupakan pinjaman yang dapat digunakan untuk pembiayaan berbagai keperluan nasabah, mulai dari untuk keperluan produktif hingga non produktif misalnya: pembelian barang bergerak/ tidak bergerak, perbaikan rumah, keperluan kuliah/ sekolah, pengobatan, atau pernikahan, dan lain-lain.
  • Briguna Purna adalah Briguna yang merupakan kredit untuk Anda calon debitur / debitur dengan sumber pembayaran (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap atau fixed income (uang pensiun). Pencairan dapat digunakan untuk pembiayaan keperluan produktif dan non produktif misalnya: pembelian barang bergerak/ tidak bergerak, atau perbaikan rumah, keperluan kuliah/ sekolah anak, pengobatan, pernikahan anak, dan lain-lain.
  • Briguna Umum adalah Briguna yang merupakan kredit untuk Anda calon debitur/ debitur dengan sumber pembayaran (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap atau fixed income (gaji) dengan jangka waktu sejak pegawai aktif sampai dengan masa pensiun. Pencairan KTA dapat digunakan untuk pembiayaan keperluan produktif dan non produktif misalnya: pembelian barang bergerak/ tidak bergerak, atau perbaikan rumah, atau keperluan kuliah/ sekolah anak, pengobatan, pernikahan anak, dan lain-lain.
  • Briguna Pendidikan adalah Briguna yang merupakan pencairan kredit khusus untuk mahasiswa S2 dan S3 yang sudah memiliki upah atau penghasilan tetap.

Apa syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan?

Yang jelas adalah isi formulir pengajuan, KTP, sumber penghasilan (slip gaji) dan dokumen pendukung lainnya, yang tergantung pada jenis pinjaman di BRI.

Terkait KTA BRI online 2018, 2019, 2020 belum ada proses di website. tampaknya, proses kta bri online belum dilakukan. 
 

Simulasi KTA BRI

Simulasi KTA BRI bisa dilakukan dalam website yang menunjukkan jumlah cicilan per bulan berdasarkan plafon yang diambil dan tenor pinjaman.

Tetapi, perlu diperhatikan bahwa simulasi KTA BRI ini hanyalah indikasi karena riilnya adalah saat Anda mengajukan pinjaman KTA BRI. 
 

KTA BRI Syariah

KTA BRi Syariah disediakan oleh anak perusahaan Bank BRI, yaitu BRI Syariah.

Karena ini adalah Syariah, jenis pinjaman KTA yang tanpa agunan dalam bentuk dana tunai tidak ada.

Jenis produk pinjaman non KTA, yang ditawarkan di BRI Syariah adalah:

  • KMF PURNA iB adalah Kepemilikan Multifaedah fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada para pensiunan untuk memenuhi sebagian atau keseluruhan kebutuhan paket barang atau jasa dengan menggunakan prinsip jual beli (murabahah) atau sewa menyewa.
  • KPR BRISyariah iB hadir membantu untuk memiliki rumah idaman
  • KPR Sejahtera adalah Produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah untuk pembiayaan rumah dengan dukungan bantuan dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP)
  • Pembiayaan Kepemilikan Mobil dari BRISyariah kepada nasabah perorangan untuk memenuhi kebutuhan akan kendaraan dengan mengunakan prinsip jual beli (Murabahah)
  • Pembiayaan Umrah BRISyariah iB hadir membantu anda untuk menyempurnakan niat anda beribadah dan berziarah ke Baitullah. 
     

#4 Kredit Tanpa Agunan BNI

BNI menawarkan pinjaman tanpa agunan, yaitu BNI Fleksi.

Apa itu kredit tanpa agunan BNI Fleksi?

BNI Fleksi merupakan Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang akan diberikan untuk Anda yang berstatus Pegawai Aktif dengan penghasilan tetap (fixed income) dari pembayaran gaji (payroll) yang disalurkan melalui BNI, untuk keperluan konsumtif yang tidak bertentangan dengan peraturan maupun Undang-Undang yang berlaku.

Pinjaman tanpa agunan dari BNI hanya diberikan untuk pegawai yang payroll di BNI. Plafond pinjaman keuangan yang ditawarkan dari BNI cukup besar, yaitu jumlah pagu mencapai Rp 500 juta dengan tenor pinjaman paling lama 15 tahun.

Syarat pengajuan yang diminta BNI Fleksi adalah Anda harus WNI; telah menyalurkan fasilitas pembayaran payroll di BNI; harus merupakan pegawai aktif dengan level minimal staf (pegawai tetap); harus usia minimum 21 tahun dan maksimum 65 tahun yang dibuktikan Surat Keterangan/Surat Keputusan dari Instansi/Perusahaan yang berwenang.

Bisa diajukan lewat internet banking Bank BNI. Proses di internet banking lebih mudah, cepat.

Bunga BNI Fleksi KTA (Jakarta)

Bunga BNI KTA Fleksi
Bunga BNI KTA Fleksi

Baca juga - Dimana Pinjaman KTA Bunga Murah (Survei ke 12 Bank) 
 

#5 DBS Pinjaman KTA Online

DBS menawarkan pinjaman tanpa agunan untuk Anda melalui dua channel, yaitu KTA Sahabat dan Digibank KTA Instan. KTA Instan merupakan produk keuangan andalan DBS.

Apa itu Digibank KTA Instan?

KTA instan adalah KTA Online yang Anda harus ajukan lewat aplikasi Digibank DBS diunduh di Playstore.

Sebagai KTA Online, Anda bisa mendapatkan persetujuan awal KTA instan dalam 60 detik. Setelah itu, Anda harus membuat janji temu dengan agen Digibank yang merupakan verifikasi biometrik untuk pembukaan rekening.

Pencairan untuk dana pinjaman Anda langsung ke rekening Anda. Dalam hitungan menit, rekening Anda telah terisi dengan dana pinjaman hingga Rp 30 juta.

Persyaratan KTA Instan Digibank DBS adalah Anda harus menggunakan e-KTP, tanpa dokumen lainnya. Warga Negara Indonesia (WNI) harus berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun pada saat pelunasan. Harus domisili/bekerja pada alamat di Jabodetabek, Bandung, Semarang atau Surabaya. Memiliki jumlah penghasilan kotor minimal Rp 3.000.000 per bulan. Harus berprofesi sebagai karyawan (minimal 1 tahun), profesional (minimal 2 tahun) atau wiraswasta (minimal 2 tahun).

Bunga DBS KTA Instan Digibank DBS

Bunga KTA Instan DBS
Bunga KTA Instan DBS

#6 Commbank

Commbank memiliki pinjaman tanpa agunan, yaitu KTA TymeDigital.

Apa itu KTA TymeDigital?

KTA TymeDigital Commbank merupakan produk keuangan dengan fasilitas pinjaman tanpa agunan yang diberikan untuk Anda perorangan guna keperluan pribadi, misalnya kebutuhan DP KPR rumah atau beli rumah.

Keunggulan pinjaman tanpa agunan Commbank adalah Anda cukup mengajukan KTA Online dengan mengisi e-form yang tersedia di website Commbank dan dokumen yang perlu Anda sampaikan cukup e-KTP.

Sesuai dengan info di website, Anda akan dapat melakukan pengajuan KTA TymeDigital jika berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Badung, Denpasar, Medan dan Palembang.

Jika pengajuan online disetujui, Anda diharapkan untuk segera mendatangi e-Kiosk CommBank dengan berikut membawa dokumen e-KTP untuk melakukan verifikasi pinjaman tahap akhir. Jika proses verifikasi pinjaman tersebut berhasil, maka Anda akan melanjutkan dengan pembukaan rekening Bank Commonwealth (untuk nasabah baru) di CommBank e-Kiosk.

Bunga KTA Commbank

Bunga Commbank Pinjaman Tanpa Agunan
Bunga dan Angsuran Commbank Pinjaman Tanpa Agunan


#7 Permata

Bank Permata menawarkan pinjaman tanpa agunan, yaitu Permata KTA.

Apa itu Permata KTA Online?

Anda akan bisa memilih 3 jenis Permata KTA, yaitu: (1) KTA Online dengan pengajuan lewat aplikasi Permata Mobile X dengan bunga angsuran rendah mulai dari 0.88%; (2) KTA Payroll untuk nasabah yang rekening gaji melalui PermataBank; (3) KTA Non Payroll untuk nasabah umum.

Anda perlu mencermati persyaratan KTA Permata adalah merupakan Warga Negara Indonesia (WNI); telah berdomisili di JABODETABEK, Medan, Bandung, Surabaya, Makassar, Bali; telah punya minimum penghasilan Rp 3.500.000 dan berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun.

Disamping biaya untuk bunga pinjaman, Anda akan perlu memperhatikan biaya - biaya lain yang merupakan bagian tidak terpisahkan dalam KTA Permata, misalnya biaya admin, biaya keterlambatan dan biaya pelunasan dipercepat.

Bunga dan Angsuran KTA Permata

Simulasi Bunga KTA Permata
Simulasi Bunga KTA Permata
Bunga KTA Permata
Bunga untuk KTA Permata


#8 Mega

Mega memiliki pinjaman tanpa agunan, yaitu Mega Cash Line.

Apa itu Mega Cash Line?

Mega Cash Line Bank Mega adalah pinjaman dana tunai dalam bentuk kartu yang dapat dicairkan kapan saja dimana saja, tanpa menggunakan jaminan, dalam bentuk stand by loan yang diberikan untuk Nasabah, dengan sistem pembayaran revolving maupun installment dan tidak dapat digunakan untuk transaksi ritel di merchant.

Berbeda dengan pinjaman tanpa agunan bank lain, dana di Mega Cash Line dapat dicairkan kapan saja dan dimana saja, dapat digunakan sebagian atau seluruhnya, yang merupakan cicilan tetap dengan pilihan tenor 12, 18, 24, dan 36 bulan

Syarat: umur calon nasabah 21-55 tahun atau sudah pernah menikah; jumlah minimum penghasilan Anda per bulan minimum Rp 3 juta,

Bunga revolving/harian 0,1 % per hari serta bunga cicilan tetap 1,68% flat per bulan untuk angsuran KTA Mega.

Selain bunga, Anda wajib memperhatian biaya - biaya lain yang akan merupakan bagian dari kredit KTA Bank Mega ini. Biaya - biaya ini akan perlu Anda hitung untuk tidak kaget ketika muncul tagihan dari biaya - biaya ini.

Bunga dan Angsuran KTA Bank Mega

Bunga KTA Mega Pinjaman Tanpa Agunan
Bunga KTA Mega Pinjaman

#9 Bank Danamon

Bank Danamon memiliki produk pinjaman tanpa agunan, yaitu Kredit Tanpa Agunan Dana Instant.

Apa itu produk Danamon KTA Dana Instant?

Dana Instant Bank Danamon ini merupakan produk fasilitas pinjaman tanpa agunan bagi Anda perorangan yang dapat Anda gunakan untuk segala kebutuhan, misalnya tentang kebutuhan DP Rumah.

Persyaratan untuk mengajukan Dana Instant: Warga Negara Indonesia; Min. 21 tahun dan maks. 60 tahun pada saat akhir pinjaman. (khusus karyawan maks. 55 tahun pada saat pengajuan); Karyawan / Profesional / Pengusaha; Minimum penghasilan kotor Rp. 2 Juta per bulan; Masa kerja minimum 1 tahun (karyawan) dan 2 tahun (pengusaha/professional).

Plafon pinjaman untuk Dana Instant akan mencapai jumlah paling tinggi Rp 200 juta dengan dicicil paling lama 36 bulan. Tenor paling pendek adalah 12 bulan.

Tentang biaya - biaya lain perlu menjadi perhatian Anda ketika memutuskan untuk mengajukan kredit KTA. Sesuai dengan ketentuan, cek apa saja biaya yang akan dibebankan KTA Bank Danamon ke peminjam.

Pinjaman Tanpa Agunan oleh Bunga Danamon
Pinjaman Tanpa Agunan Bunga Danamon


#10 Maybank

Maybank menawarkan produk pinjaman tanpa agunan, yaitu Maybank KTA.

Apa itu Maybank KTA?

Maybank KTA merupakan produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) perorangan untuk berbagai kebutuhan keuangan. Pinjaman oleh Maybank menawarkan plafon hingga jumlah Rp 250 Juta dan jangka waktu pinjaman untuk 12 bulan sd 5 tahun.

Tapi, ketentuan KTA oleh Maybank bahwa untuk nasabah yang bukan karyawan tetap dan tidak menyalurkan gaji melalui Maybank (non payroll) hanya dapat mengajukan produk pinjaman hingga jumlah Rp 150 Juta dengan jangka waktu pinjaman maksimal 3 tahun (36 bulan).

Persyaratan produk KTA oleh Maybank adalah Warga Negara Indonesia; tentang usia minimal 21 tahun pada saat pengajuan dan maksimal 55 tahun saat pengajuan tenor KTA berakhir; tentang penghasilan gross tetap per bulan minimal Rp 4 Juta; tentang masa kerja minimal 1 (satu) tahun untuk karyawan serta masa kerja minimal 2 (dua) tahun terakhir untuk profesional dan wiraswasta.

Selain bunga pinjaman, biaya lain yang dibebankan kepada nasabah atas fasilitas produk KTA adalah biaya provisi sebesar 1.5% - 3.5% dari limit pinjaman KTA. Biaya tersebut sudah dipotong langsung dari limit pinjaman KTA yang disetujui.

Atas setiap angsuran yang terlambat dibayarkan oleh nasabah nasabah akan dikenakan Denda keterlambatan Rp100.000,- dan bunga keterlambatan sebesar 5% flat per bulan dari cicilan yang telah jatuh tempo namun belum dibayarkan oleh nasabah.

Bunga Maybank Produk Pinjaman Tanpa Agunan

Bunga KTA Maybank
Bunga KTA Maybank

#11 Panin

Bank Panin memiliki produk pinjaman tanpa agunan, yaitu Kredit Express.

Apa itu Kredit Express?

Kredit Express Panin adalah produk keuangan fasilitas kredit tanpa jaminan yang dapat diperoleh dengan cepat dan mudah. Dana pinjaman dapat digunakan untuk tujuan multiguna seperti pendidikan, pernikahan, renovasi rumah, pembelian perabot/furniture, pembelian kendaraan, liburan, dan tujuan lainnya.

Masa angsuran pembayaran fleksibel mulai dari 12 bulan, 24 bulan dan 36 bulan sedangkan plafon pinjaman mulai dari Rp. 3 Juta hingga Rp. 500 Juta.

Persyaratan produk KTA: tentang Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia; berikut KTP dan NPWP; tentang usia minimal 21 tahun dan maksimum 55 tahun untuk karyawan, tentang maksimum 60 tahun untuk pengusaha (usia maksimal termasuk jangka waktu pinjaman); tentang penghasilan bersih minimal Rp. 3 juta/bulan; tentang memiliki Tabungan Panin.

Bunga Produk KTA Panin Express

Bunga Panin Pinjaman Tanpa Agunan
Bunga Panin Pinjaman Tanpa Agunan

#12 HSBC

HSBC menawarkan produk pinjaman tanpa agunan, yaitu Personal Installment Loan.

Apa itu HSBC Personal Installment Loan?

Produk pinjaman Personal Installment Loan diperbolehkan untuk merenovasi rumah, mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi; merencanakan pesta pernikahan; memulai bisnis sendiri, dengan plafon pinjaman minimum Rp 5 juta, maksimum Rp 250 juta, serta jangka waktu 12 - 60 bulan.

Biaya provisi 1% dari jumlah pinjaman (hanya berlaku untuk program tertentu); biaya keterlambatan atau kekurangan pembayaran Rp150.000 (seratus lima puluh ribu Rupiah) per bulan; biaya pelunasan awal/pembatalan 7% dari sisa pinjaman pokok ditambah dengan bunga berjalan pada bulan pelunasan. 
 

#13 CTBC Bank

CTBC memiliki produk pinjaman tanpa agunan, yaitu Dana Cinta.

Apa itu Dana Cinta?

Dana Cinta adalah produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang memberikan dana tunai yang akan dapat Anda gunakan untuk keperluan apa saja mulai dari berbisnis, merenovasi rumah impian, memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak Anda mewujudkan liburan yang selalu diimpikan hingga merealisasikan pernikahan Anda. Apapun impian Anda, wujudkan melalui Pinjaman Tanpa Agunan dari CTBC Indonesia

Bunga Angsuran Produk KTA CTBC Bank

Bunga Pinjaman Tanpa Agunan melalui CTBC Bank
Bunga Pinjaman Tanpa Agunan melaluiCTBC Bank

#14 SCB

Standard Chartered memiliki produk pinjaman tanpa agunan, yaitu Kredit Tanpa Agunan Standard Chartered.

Apa itu Kredit Tanpa Agunan Standard Chartered?

Kredit Tanpa Agunan oleh SCB merupakan kredit yang dengan jumlah pinjaman hingga Rp300 juta dan secara cicilan 12 bulan (1 tahun) - 60 bulan (5 tahun) dengan bunga angsuran dari 0,69% per flat/bulan atau setara 14,95% efektif/tahun.

Cocok akan untuk kebutuhan dana tunai dalam jumlah besar, misalnya kebutuhan renovasi rumah, karena melalui plafon KTA SCB ini yang cukup besar.

Persyaratan: Warga Negara Indonesia (WNI); berumur 21 - 60 tahun; berikut KTP dan NPWP; pendapatan bersih minimal Rp13,5 juta/bulan; memiliki Kartu Kredit Utama (bukan Kartu Tambahan / Suplemen) dengan limit minimal 20 juta serta keanggotaan lebih dari 1 tahun; tinggal dan bekerja di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Surabaya; nomor telepon yang dicantumkan pada aplikasi dalam keadaan aktif.

Bunga Produk KTA Pinjaman SCB

Bunga SCB Pinjaman Tanpa Agunan
Bunga SCB Pinjaman Tanpa Agunan

#15 Citibank

Citibank menawarkan pinjaman tanpa agunan melalui produk Ready Credit.

Apa itu Ready Credit?

Ready Credit oleh Citibank adalah produk pinjaman tanpa agunan dalam bentuk kartu yang akan memberikan Anda dana tunai cepat.

Saat kebutuhan datang, mellaui ready Credit, Anda akan dapat menarik dana tunai dan transfer melalui ATM Citibank dan ATM Bersama di Indonesia dan melakukan pembayaran bulanan minimum 6% dari total tagihan Anda atau Rp50.000,- (tergantung mana lebih besar) atau angsuran secara cicilan tetap hingga 48 bulan.

Syarat: WNI; usia 21 - 65 tahun; penghasilan minimum/tahun Rp 60 juta dan dokumen:  KTP/ Paspor, Kartu kredit dengan minimal limit Rp 10 juta, Slip Gaji Carbonize Tipe A atau B / Slip Gaji Elektronik / Rekening bank 3 (tiga) bulan terakhir / SPT, NPWP.

Perhatikan biaya - biaya timbul dari pengajuan pinjaman ini.

Bunga Angsuran Citibank - Produk Ready Credit

Citi KTA Pinjaman Tanpa Agunan
Citi KTA Pinjaman Tanpa Agunan

#16 CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga memiliki pinjaman tanpa agunan, yaitu melalui produk KTA X-Tra Dana, untuk berbagai kebutuhan.

Apa itu Niaga X-Tra Dana?

Ada dua produk pinjaman tanpa agunan X-Tra CIMB Niaga, yaitu (1) X-Tra Dana dan (2) X-Tra Dana iB Syariah yang sesuai Syariah.

  • Niaga X-Tra Dana adalah pinjaman tunai tanpa jaminan untuk semua kebutuhan Anda. Jangka waktu pinjaman KTA ini hingga 4 tahun dan plafon hingga Rp 200 juta dengan cicilan bulanan tetap.
  • Niaga X-Tra Dana iB Syariah adalah fasilitas pembiayaan yang dilakukan berdasarkan prinsip syariah dalam bentuk akad ijarah multijasa (penyediaan jasa) atau murabahah (pembelian barang).

Syarat KTA CIMB Niaga Xtra Dana: Warga Negara Indonesia (WNI) berdomisili Indonesia; tentang usia 21 - 55 tahun; Nasabah CIMB Niaga atau Nasabah Pemegang Kartu Kredit Bank lain; berikut KTP dan NPWP.

Salah satu syarat kta cimb niaga xtra dana yang penting adalah dalam pengajuan Niaga KTA ini paling tidak Anda harus sudah memiliki kartu kredit, baik dari Niaga atau bank lain. Jika tidak memiliki kartu kredit, pengajuan KTA di Niaga tidak dimungkinkan.

Bunga dan Angsuran CIMB Niaga per Bulan

Bunga Pinjaman Tanpa Agunan melalui CIMB Niaga
Bunga Pinjaman Tanpa Agunan melalui CIMB Niaga 

Pengalaman Apply KTA Cimb Niaga Online

KTA XTra Dana Cimb Niaga Online
KTA XTra Dana Cimb Niaga Online

KTA X-Tra Dana Cimb Niaga menawarkan fasilitas pengajuan online. Saya mencobanya, dengan pengalaman proses pengajuan sebagai berikut:

  1. Masuk Situs Cimb Niaga KTA dan Tanda Tangan Elektronik. Jika selama ini pengajuan kredit dengan tanda tangan basah, mengisi formulir, maka karena ini pengajuan online, nasabah harus melakukan tanda tangan elektronik. Tanda tangan elektronik dilakukan lewat platform 'PrivyID', yang merupakan perusahaan penyedia tanda tangan elektronik, yang sudah disertifikasi oleh Kominfo.
  2. Pengisian Data Data Pribadi. Sejumlah data harus Anda isi secara lengkap sesuai kolom - kolom yang terdapat dalam aplikasi pinjaman.
  3. Jumlah Pinjaman dan Tenor Pinjaman. Ditentukan berdasarkan sejumlah data yang diminta oleh Cimb Niaga.
  4. Upload dokumen. Daftar dokumen yang harus diupload atau di foto dengan kamera ponsel cukup banyak.
  5. Submit pengajuan. Setelah ini, pihak Cimb Niaga melakukan analisa dan menghubungi untuk proses lebih lanjut. 
     

#17 Jenius BTPN Flexi Cash

Jenius Flexi Cash
Jenius Flexi Cash Bank BTPN

Apa itu Jenius Flexi Cash?

Flexi Cash adalah fasilitas pinjam uang untuk kebutuhan dana tunai tanpa jaminan melalui aplikasi Jenius.

Pengajuan kredit Jenius dilakukan melalui online lewat aplikasi dan langsung cair ke rekening dalam 24 jam jika disetujui.

Sistem kerja dana tunai Jenius seperti pinjaman melalui kartu kredit, yaitu:

Pertama, Anda nasabah Jenius mendapatkan penawaran Flexi Cash di aplikasi untuk itu Anda perlu mengisi data data pinjaman yang diminta.

Kedua, setelah pengajuan di proses dan disetujui oleh Jenius BTPN, nasabah mendapatkan kredit limit atau plafon kredit tanpa agunan yang bisa ditarik kapan saja dalam bentuk uang tunai.

Ketiga, nasabah untuk membayar cicilan sesuai tenor pinjaman yang dipilih. Nasabah bisa pula melunasi lebih cepat yang jika dilakukan akan mengembalikan plafon limit kredit ke posisi semula yang bisa ditarik lagi di kemudian waktu.

Berapa bunga pinjaman di Jenius?

Angsuran ditentukan oleh bunga Jenius 1.75% hingga 2.25% per bulan. 

Namun, selain bunga dan angsuran, biaya lainnya, seperti biaya admin, biaya pelunasan dipercepat, biaya terlambat perlu diperhatikan juga. 
 

#18 Tunaiku KTA Bank Amar

Apa itu Tunaiku?

Tunaiku adalah pinjaman KTA dari Bank Amar.

Tunaiku adalah pinjaman online tanpa jaminan secara cicilan menawarkan plafon tinggi 5 juta, 10 juta sampai 20 juta.

Berbeda dengan pinjol, Tunaiku dikelola melalui perbankan sehingga resiko pinjaman online yang selama ini dihadapi nasabah ketika berhadapan pada Fintech P2P relatif lebih kecil.

Fitur pinjaman online melalui Tunaiku adalah:

  • Plafond Pinjaman mulai Rp 2,000,000 sampai pada Rp 20,000,000
  • Cicilan tenor 6 bulan sampai dengan 20 bulan.

Berapa Bunga Tunaiku?

Kebetulan, melalui kontrak pinjaman, Tunaiku telah menyampaikan skedul pembayaran secara cicilan pada pinjaman setiap bulan selama masa tenor pinjaman.

Total pinjaman adalah Rp10,000,000 selama 12 bulan dengan angsuran cicilan per bulan Rp1,276,210. Total pembayaran adalah pada jumlah Rp 15,231,553.04.

Bunga angsuran telah menjadi lebih dari 50% untuk pinjaman selama setahun atau kurang lebih 4%+ per bulan.

Adanya biaya admin yang ditambahkan ke dalam pinjaman membuat kenapa  bunga per bulan menjadi lebih besar dari 4% (bunga yang dicantumkan dalam simulasi).

Biaya - biaya adalah komponen penting dalam KTA ini yang wajib Anda perhatikan, selain soal bunga pinjaman. 
 

#19 KTA Syariah BSI Mitraguna Online

BSI Mitraguna Online adalah produk pembiayaan yang diperuntukkan bagi pegawai payroll di BSI serta dapat diajukan secara online melalui BSI Mobile. Fasilitas pembiayaan ini diperuntukkan khusus bagi pegawai ASN/PNS Kementerian/Lembaga BSI.

BSI Mitraguna Online tidak memerlukan jaminan, tetapi mensyaratkan aset nasabah yang akan dibiayai kembali (refinancing)sebagai objek pembiayaan. Jenis aset dapat dipilih oleh nasabah pada layanan Mitraguna Online, yang meliputi mobil, handphone, barang elektronik, furnitur, motor, kamera, laptop, tanah, serta rumah/tanah dan bangunan.

Informasi pokok terkait BSI Mitraguna Online meliputi:

  1. Bank penyelenggara: Bank Syariah Indonesia (BSI).
  2. Plafon pengajuan minimal Rp10 juta hingga maksimal Rp50 juta.
  3. Tenor minimal 1 tahun dan maksimal 3 tahun, dengan pilihan jangka waktu 1 tahun, 2 tahun, dan 3 tahun.
  4. Menggunakan Akad Al-Ba’i dalam rangka Musyarakah Mutanaqishah (MMq), yaitu akad pembiayaan kembali atas aset nasabah.

Syarat dan ketentuan pengajuan BSI Mitraguna Online adalah:

  1. Berusia 21 - 52 tahun;
  2. Nasabah pengguna BSI Mobile yang sudah maupun belum memiliki pembiayaan di BSI;
  3. Total seluruh angsuran maksimal 50% dari pendapatan;
  4. Biaya-biaya yang harus dibayar saat pengajuan (didebet dari saldo rekening):
    1. Biaya materai Rp10 ribu;
    2. Biaya administrasi minimal Rp100 ribu;
    3. Biaya asuransi sesuai dengan tenor pembiayaan.
  5. Foto barang/objek yang di-refinancing;
  6. KTP pemohon dan KTP suami/istri jika sudah menikah;
  7. NPWP;
  8. Pengajuan hingga pencairan Mitraguna Online dilakukan melalui BSI Mobile cabang;
  9. Dana akan dicairkan otomatis ke rekening nasabah;
  10. Status pengajuan pembiayaan dapat dilihat pada menu portofolio pembiayaan pada aplikasi BSI Mobile.

Kelebihan BSI Mitraguna Online:

  1. Proses pencairan cepat yang dilakukan oleh sistem dalam 1×24 jam.
  2. Disertai dengan tiga pilihan asuransi (Takaful, Al Amin, dan Askrida Syariah).
  3. Kemudahan pengajuan secara online tanpa perlu datang ke kantor.
  4. Memfasilitasi hingga 3 jenis objek refinancing sekaligus.
  5. Persyaratan mudah dan praktis tanpa perlu mengunggah slip gaji dan bukti kepemilikan objek refinancing.

Keterbatasan BSI Mitraguna Online:

  1. Plafon pembiayaan tidak dapat kurang dari Rp10 juta dan maksimal pembiayaan relatif kecil.
  2. Terbatas hanya untuk pegawai payroll BSI yang merupakan ASN/PNS Kementerian/Lembaga BSI.
  3. Maksimal tenor singkat.
  4. Pilihan tenor hanya tersedia dalam tahunan penuh.

#20 PermataKTA iB Multiguna

PermataKTA iB Multiguna adalah produk pembiayaan KTA dari Bank Permata yang berbasis syariah dengan plafon pembiayaan hingga Rp300 juta.

Informasi pokok terkait PermataKTA iB Multiguna meliputi:

  1. Bank penyelenggara: Bank Permata.
  2. Plafon pembiayaan maksimal Rp300 juta.
  3. Tenor pembiayaan maksimal 60 bulan (5 tahun).
  4. Menggunakan Akad Murabahah atau Akad Ijarah Multijasa.

Syarat dan ketentuan pengajuan PermataKTA iB Multiguna adalah:

  1. Syarat pemohon:
    1. WNI;
    2. Berusia 21 - 60 tahun (di luar tenor);
    3. Merupakan karyawan, wiraswasta, atau profesional;
    4. Memiliki pendapatan tetap minimal Rp2 juta per bulan.
  2. Risiko produk:
    1. Denda keterlambatan:
      1. Sebesar Rp50 ribu jika saldo kurang dari Rp24 juta;
      2. Sebesar Rp100 ribu jika saldo > Rp24 juta hingga Rp48 juta;
      3. Sebesar Rp200 ribu jika saldo > Rp48 juta.
    2. Jika nasabah meninggal dunia dalam masa pembiayaan, maka sisa pelunasan akan dilimpahkan kepada ahli waris nasabah;
    3. Pelunasan maju atau pelunasan lebih awal sebelum jatuh tempo dikenakan fee ujrah sebesar 5% dari sisa pokok ditambah dengan ujrah bulan berjalan.
  3. Kelengkapan dokumen:
    1. Fotokopi KTP;
    2. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
    3. Mengisi dan menandatangani aplikasi pembiayaan PermataKTA iB Multiguna;
    4. Melampirkan dokumen bukti pemesanan barang/jasa (invoice) yang dikeluarkan oleh penyedia barang/jasa;
    5. Memiliki kartu kredit minimal selama 1 tahun atau nasabah existing Bank Permata.
    6. Pengajuan dapat dilakukan melalui:
    7. Call center Bank Permata dengan nomor panggilan 1500-111; atau
    8. Melalui e-mail pada alamat [email protected]

Kelebihan PermataKTA iB Multiguna:

  1. Tidak dikenai biaya administrasi, biaya administrasi pembiayaan, dan biaya pihak ketiga.
  2. Plafon besar.
  3. Jangka waktu maksimal pembiayaan cukup panjang.

Keterbatasan PermataKTA iB Multiguna:

  1. Dikenai biaya keterlambatan.
  2. Dikenai denda atas pelunasan maju cukup besar.
  3. Memberlakukan ketentuan penghasilan tetap minimal.

#21 Xtra Dana iB

Xtra Dana iB merupakan produk personal financing CIMB Niaga Syariah, yang merupakan jenis pembiayaan tanpa jaminan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, seperti keperluan pendidikan, wisata halal, perjalanan ibadah, maupun pembelian barang/jasa dari mitra CIMB Niaga.

Informasi pokok terkait Xtra Dana iB meliputi:

  1. Bank penyelenggara: CIMB Niaga Syariah.
  2. Plafon/nilai pembiayaan menyesuaikan dengan paket jasa/barang yang diberikan oleh penyedia barang/jasa.
  3. Tenor pembiayaan 1 tahun hingga 4 tahun, dengan pilihan tenor 12 bulan, 24 bulan, 36 bulan, dan 48 bulan.
  4. Menggunakan Akad Murabahah atau Akad Ijarah Multijasa

Syarat dan ketentuan pengajuan Xtra Dana iB adalah:

  1. WNI yang berdomisili di Indonesia;
  2. Berusia 21 - 55 tahun (usia termasuk jangka waktu pembiayaan)
  3. Persentase ujrah/margin sebesar 1.35% untuk semua jenis tenor;
  4. Kriteria nasabah yang dapat mengajukan Xtra Dana iB adalah:
    1. Karyawan;
    2. Nasabah pemegang kartu kredit Bank lain; atau
    3. Nasabah CIMB Niaga.
  5. Persyaratan dokumen:
    1. Aplikasi permohonan pembiayaan;
    2. Fotokopi KTP;
    3. Slip gaji terbaru asli (khusus nasabah karyawan);
    4. Fotokopi kartu kredit (khusus nasabah kartu kredit Bank lain);
    5. Fotokopi NPWP (untuk pengajuan di atas Rp50 juta);
    6. Surat pemesanan barang/jasa dari mitra.
  6. Pengajuan dapat dilakukan melalui alternatif berikut:
    1. Secara langsung di Kantor Cabang CIMB Niaga terdekat;
    2. Melalui call center CIMB Niaga dengan nomor panggilan 14041.
    3. Secara daring melalui pengisian formulir pada situs resmi CIMB Niaga berikut ini: https://cards-loan.cimbniaga.co.id/?contactme=2&specialcode=web.

Kelebihan Xtra Dana iB:

  1. Besaran plafon pembiayaan fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Difasilitasi dengan kemudahan pengajuan via online.
  3. Tidak dikenai biaya administrasi.
  4. Bebas biaya asuransi.

Kelemahan Xtra Dana iB:

  1. Rentang usia maksimal hingga pelunasan relatif pendek.
  2. Tenor hanya dapat dipilih dalam tahunan penuh.
  3. Penyedia barang/jasa hanya terbatas pada mitra kerja Bank CIMB Niaga saja.

Tips Pinjaman KTA

Sesuai pengalaman dan pengamatan, saya menyampaikan beberapa tips soal pinjaman KTA:

  1. Pikirkan sebelum mengajukan - hanya untuk kebutuhan mendesak. Bunga pinjaman tanpa agunan KTA ini cukup tinggi, jadi ambil hanya untuk kebutuhan urgent dan tidak bisa ditunda lagi.
  2. Ambil tenor paling pendek. Cara ini akan menghemat beban bunga per bulan KTA yang Anda bayar. Semakin panjang tenor, semakin besar bunga.
  3. Maksimum cicilan 35% dari penghasilan per bulan. Pastikan Anda tidak punya kewajiban cicilan hutang berlebihan supaya keuangan tetap sehat.
  4. Survey untuk mencari bunga paling murah. Setiap bank menawarkan bunga per bulan berbeda - beda, karena itu, sebaiknya lakukan melalui cek survey sebelum mengambil KTA.
  5. Bunga paling murah melalui Anda mengambil KTA di bank yang melakukan payroll penggajian Anda. Sejumlah bank memiliki program KTA payroll dengan bunga menarik.
  6. Ada alternatif lain selain KTA untuk pinjaman, yaitu melalui KPR Multiguna atau KKB, yang bunganya lebih murah. Pertimbangkan cari kredit yang lain, sebelum mengambil pinjaman KTA. 
     

Tanya Jawab Pinjaman

  1. Apa itu Peer To Peer Lending (P2P)

    Pertemuan antara orang yang membutuhkan pinjaman dengan orang lain yang bersedia memberikan pinjaman, secara langsung.

  2. Apakah P2P Lending diatur secara legal di Indonesia

    Ya. P2P diatur oleh OJK dalam POJK 77/2016, yang menyebut P2P sebagai Lembaga Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI).

  3. Bagaimana legalitas P2P Lending

    P2P Lending harus terdaftar di OJK untuk melakukan proses pinjam meminjam sesuai dengan POJK.

  4. Berapa modal minimum untuk P2P Terdaftar di OJK

    Modal minimum adalah Rp 1 M untuk membuat P2P.

  5. Bagaimana proses pengurusan pendaftaran P2P di OJK

    Harus mengajukan permohonan pendaftaran dan memenuhi persyaratan OJK.

  6. Apa itu P2P Lending Ilegal

    Ada banyak P2P Lending yang menjalankan bisnis pinjaman di Indonesia tetapi tidak memiliki legalitas (Surat Terdaftar) dari OJK.

  7. Apakah pinjam di P2P Ilegal beresiko

    Sangat beresiko karena P2P Ilegal tidak patuh pada ketentuan OJK yang melindungi konsumen.

Kesimpulan

Pinjaman tanpa agunan adalah produk kredit yang ditawarkan oleh banyak bank. Produk ini melayani kebutuhan masyarakat akan dana tunai dalam waktu cepat dan dengan proses yang mudah.

Yang perlu diperhatikan dalam pinjaman tanpa agunan, selain soal persyaratan, adalah suku bunga. Suku bunga KTA berada diatas tingkat bunga rata - rata pinjaman lainnya karena kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan oleh KTA.

Cari dan Bandingkan KTA Terbaik !

Cari dan Bandingkan KTA Terbaik !

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (6 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait