10 Simulasi KPR Bank Pinjaman Rumah (Mana Paling Kecil Cicilannya)

  • March 16, 2020

Simulasi KPR adalah cara untuk mengetahui besarnya cicilan kredit rumah sebelum mengajukan pinjaman. Ada 10 bank yang menyediakannya dalam kalkulator KPR. Saya kupas satu persatu bank tersebut dan menjelaskan cara membaca simulasi dengan hati – hati. Apa yang perlu dicermati supaya tidak salah baca ?

Semua orang pasti butuh papan, butuh tempat tinggal.

Masalahnya, harga rumah tidak murah, bisa berjuta – juta, apalagi di kota besar, seperti Jabodetabek.

Pinjaman rumah atau KPR ke perbankan menjadi solusi pembiayaan untuk membantu orang memiliki rumah atau apartemen sendiri.

Karena nilai pinjaman yang besar, cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) per bulan cukup besar, yang menyedot penghasilan cukup signifikan.

Banyak yang jadi khawatir tidak bisa membayar cicilan KPR.

Untuk mengantisipasi itu, bank menyediakan layanan simulasi KPR.

Simulasi KPR adalah perhitungan cicilan per bulan yang harus dibayar nasabah ke bank berdasarkan jumlah plafon pinjaman yang diambil, suku bunga yang berlaku dan tenor pinjaman yang diambil.

Singkatnya, berdasarkan simulasi ini, dalam bentuk kalkulator KPR, Anda bisa tahu berapa angsuran kredit rumah yang harus Anda bayar setiap bulan.

Apa tujuan melakukan ini ?

Kredit rumah kemungkinan besar adalah hutang yang paling besar jumlahnya yang Anda akan ambil sepanjang hidup.

Karena jumlahnya besar, cicilan pasti akan besar pula dan punya pengaruh signifikan terhadap keuangan keluarga Anda setiap bulan.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan mengambil kredit pemilikan rumah, penting sekali Anda berhitung dengan cermat berapa cicilan per bulan dan apakah penghasilan Anda cukup untuk membayarnya.

Di samping itu, perlu ingat bahwa selain cicilan setiap bulan Anda perlu mempersiapkan uang muka yang sudah harus dilunasi sebelum mengajukan KPR.

Semua biaya – biaya ini sebaiknya Anda hitung secara detil, idealnya, sebelum memutuskan mengajukan pinjaman.

Bank paham soal ini. Makanya, bank menyiapkan KPR kalkulator.

Daftar simulasi KPR yang akan dibahas adalah:

  1. Simulasi KPR BCA
  2. Simulasi KPR Mandiri
  3. Simulasi KPR BTN
  4. Simulasi KPR BNI
  5. Simulasi KPR BRI
  6. Simulasi KPR Maybank
  7. Simulasi KPR Permata
  8. Simulasi KPR CIMB Niaga
  9. Simulasi KPR Bank Danamon
  10. Simulasi KPR UOB

Cara Menghitung Simulasi KPR

Untuk melakukan simulasi, dalam kalkulator KPR, Anda memerlukan sejumlah asumsi, yaitu:

1) Harga Pembelian Rumah

Harga adalah faktor utama dalam pengajuan pinjaman. Harga menentukan berapa jumlah plafon pinjaman yang Anda akan ajukan.

Saran saya gunakan range harga atas properti rumah yang menjadi incaran kita. Tujuannya supaya kita jadi bisa tahu variasi harga dan ada ruang untuk naik atau turun dari rumah yang dituju.

Kalau hanya berpatokan pada satu harga properti, bisa saja cicilan KPR terlalu mahal, sehingga Anda jadi tidak punya alternatif.

Saran saya lakukan kunjungan ke pameran properti untuk mendapatkan gambaran pasaran harga di daerah yang diinginkan.

2) Uang Muka (DP – Down Payment)

Bank tidak melakukan pembiayaan 100% atau seluruh harga rumah, tetapi pemilik harus membayar uang muka dalam jumlah tertentu di depan sehingga pembiayaan bank paling tinggi di kisaran 80% sd 90% harga rumah.

DP akan sangat mempengaruhi nilai plafon pinjaman dan cicilan per bulan, semakin besar DP makin kecil jumlah pinjaman yang perlu diambil.

Tetapi, jumlah DP juga sangat ditentukan oleh kesiapan finansial. Karena jumlahnya tidak kecil.

Bank biasanya punya ketentuan DP minimum. Tidak boleh lebih kecil dari DP minimum, sekitar 10% dari harga rumah.

Saran saya, untuk simulasi, gunakan range DP, mulai dari DP minimum sd jumlah DP yang kita sanggup setorkan.

3) Plafon Pengajuan Pinjaman

Harga rumah dikurangi jumlah uang muka adalah plafon pinjaman KPR yang Anda akan ajukan ke bank.

Plafon ini merupakan hutang Anda ke bank.

Dalam kalkulator KPR, nilai plafon pinjaman adalah faktor utama yang harus Anda input. Tanpa data ini , Anda tidak bisa melakukan perhitungan menggunakan kalkulator kredit rumah.

4) Tenor Kredit

Berapa lama Anda akan mencicil ? Berapa jangka waktu membayar angsuran ?

Bank berbeda – beda dalam menetapkan tenor paling lama. Paling lama, yang saya pernah baca, adalah pinjaman KPR selama 30 tahun.

Terasa sangat berat meminjam selama 30 tahun. Harus mencicil sampai uzur, mungkin begitu pikiran Anda.

Tapi, Anda harus ingat bahwa nilai harga properti cendrung mengalami appresiasi. Karena jumlah tanah terbatas, daerah berkembang, infrastruktur tumbuh dan jumlah penduduk makin banyak, permintaan akan properti meningkat.

Mengambil pinjaman dengan nilai asset properti yang meningkat dan meningkatnya diatas bunga bank, akan menguntungkan.

Singkatnya, jika pun Anda tidak sanggup bayar dan rumah disita bank, hasil penjualan rumah tersebut masih sisa setelah dikurangi kewajiban hutang ke bank.

Kembali lagi ke berapa lama tenor yang sebaiknya di ambil ?

Balik lagi ke kemampuan keuangan Anda untuk membayar angsuran setiap bulan, semakin panjang tenor semakin kecil angsuran per bulan dan sebaliknya,

5) Bunga Pinjaman

Suku bunga adalah komponen dalam simulasi kredit rumah.

Berapa bunga yang harus digunakan ?

Bank biasanya sudah menyediakan bunga untuk melakukan perhitungan. Tetapi, sejumlah hal Anda harus perhatikan soal bunga ini, yaitu:

  • Bunga yang digunakan sesuai dengan kondisi pasar. Jangan sampai sudah tidak update, sehingga tidak relevan dengan kondisi sekarang
  • Perlu diingat bahwa biasanya bunga yang digunakan adalah bunga Fix, yang memang lebih rendah, tetapi hanya berlaku untuk beberapa tahun saja diawal masa kredit.
  • Jika mungkin, minta bunga floating ke bank untuk mendapatkan gambaran bunga yang lebih realistis. Bunga floating adalah tingkat bunga yang akan digunakan bank setelah masa bunga Fix selesai.

Contoh Asumsi Simulasi

Berikut ini adalah contoh input yang saya gunakan dalam perhitungan simulasi KPR untuk membandingkan cicilan dari satu bank dengan bank lainnya.

  • Harga pembelian Rumah Rp 500 juta dengan DP 30% sehingga jumlah pinjaman Rp 350 juta
  • Tenor KPR adalah 10 tahun
  • Pilihan Bunga Fix selama 3 tahun. Semakin lama semakin bagus tetapi bank biasanya menyediakan hanya sampai 3 tahun

Baca juga – Bunga KPR Murah (Survei 12 bank)

Daftar Bank Punya Simulasi KPR

Saya mengunjungi dan mengecek ke bank yang menyediakan produk pinjaman KPR. Saya menemukan ada 10 bank yang menyediakan simulasi.

1. Simulasi KPR BCA

Simulasi KPR BCA
Simulasi KPR BCA

BCA adalah bank dengan produk pinjaman rumah yang dikenal dengan perhitungan bunga yang inovatif.

BCA mengeluarkan skema suku bunga yang inovatif, misalnya “Fix and Cap”, lalu “Fix Bunga 3 Tahun”. BCA tampaknya paham benar bahwa konsumen di Indonesia sensitif terhadap suku bunga.

  • FIX 1-2 tahun, Pelunasan Tanpa Penalti. Dengan produk ini, Anda dapat kepastian bunga selama 1-2 tahun Pertama dan bebas penalti saat ingin melunasinya
  • Fix 3 atau 5 Tahun: Kepastian Nilai Suku Bunga. Bunga tetap selama 5 tahun untuk memberikan kepastian angsuran per bulan. Ketika masa bunga FIX selesai, KPR BCA memastikan bunga tetap stabil.
  • FIX & CAP Kombinasi yang memberikan dan kepastian Suku Bunga Selama 5 tahun, Anda diberikan kombinasi bunga yang tetap dan bunga maksimal

Dengan skema bunga semacam ini, suku bunga di BCA bisa termasuk yang paling murah diantara yang lain.

Saya beberapa kali melakukan survei suku bunga dan menemukan bahwa bunga di BCA masih paling murah.

2. Simulasi KPR Bank Mandiri

Simulasi KPR Mandiri
Simulasi KPR Mandiri

Sebagai bank terbesar di Indonesia, Bank Mandiri menawarkan KPR dengan dukungan jaringan yang luas di seluruh pelosok Nusantara.

Salah satu yang menarik di Mandiri adalah tenor pinjaman bisa sampai 20 tahun. Saya masih percaya bahwa untuk pinjaman pembelian properti maka tenor panjang sesuatu hal yang bagus . 

Terkait skema bunga, Mandiri menawarkan fitur berikut:

  • Mandiri Flexible: Sistem pembayaran angsuran yang fleksibel memungkinkan Anda untuk membeli rumah tinggal/ruko/rukan/apartemen dengan menentukan sendiri jangka waktu dan pembagian jumlah kreditnya (tersedia rekening revolving).
  • Mandiri Angsuran Berjenjang: Memudahkan karyawan dengan keringanan berupa penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok sampai tahun ketiga. Pada tahun keempat, jumlah angsuran akan kembali normal.

3. Simulasi KPR BTN

Simulasi KPR BTN
Simulasi KPR BTN

BTN adalah bank yang sudah lama sekali bermain di pinjaman rumah dan memang dibuat oleh pemerintah untuk membantu masyarakat memiliki rumah.

Jika masuk kriteria untuk mengambil kredit subsidi, Anda bisa mengajukan ke BTN. Anda bisa juga datang ke pameran properti developer kredit subisidi yang diadakan oleeh BTN secara rutin setiap tahun.

BTN menyalurkan program untuk pemilikan rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia yang ditujukan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan uang muka ringan mulai dari 1%; Suku bunga rendah 5% tetap; jangka waktu hingga 20 tahun; subsidi bantuan uang muka sebesar Rp4juta rupiah (khusus rumah tapak) dan Bebas premi asuransi dan PPN.

4. Simulasi KPR BNI

Simulasi KPR BNI
Simulasi KPR BNI

BNI memiliki produk pinjaman rumah, yaitu BNI Griya.

BNI GRIYA merupakan fasilitas pembiayaan konsumtif yang dapat digunakan untuk tujuan : Pembelian, Pembangunan/Renovasi, Top Up, Refinancing, atau Take Over properti berupa rumah tinggal, villa, apartemen, kondominium, ruko, rukan, atau tanah kaveling.

Yang menarik, masa pinjaman – tenor – bisa mencapai 25 tahun. Salah satu jangka waktu kredit yang paling lama di market, yang saya pernah temui.

5. Simulasi KPR BRI

Simulasi KPR BRI
Simulasi KPR BRI

BRI sebagai yang terbesar di Indonesia saat ini, tentu saja, punya produk kredit pemilikan rumah. Ada dua produk pinjaman ini di BRI, yaitu regular dan subsidi.

  • Reguler Kredit BRI ini memberikan pinjaman untuk memiliki hunian Rumah tinggal, apartemen, condotel, ruko atau rukan. Berlaku untuk pembelian baru, bekas, refinancing, top up, pembangunan, renovasi, dan take over/take over top up dari lembaga keuangan lain.
  • KPR Subsidi Kredit untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan gaji pokok/penghasilan rata-rata ≤ Rp 4 juta. Persyaratannya adalah untuk Rumah pertama/belum memiliki rumah, Belum pernah menerima subsidi perumahan. Rumah untuk dihuni, Tidak boleh disewakan/dikontrakan/dijual selama 5 tahun pertama.

6. Simulasi KPR Maybank

Simulai KPR Maybank
Simulai KPR Maybank

Maybank menawarkan pinjaman KPR, dengan pilihan skema , yaitu:

  • Maybank Floating Rate. Bunga floating sejak awal, berbeda dengan umumnya pinjaman properti yang menggunakan bunga fix diawal tenor lalu setelah itu berubah menjadi bunga floating setelah beberapa tahun. Maybank Floating Rate menggunakan floating rate, yaitu berdasarkan SBN 12 bulan, dengan formula 3%+ SBI 12 bulan.
  • Maybank Bebas Bunga. Pinjaman properti dikombinasi (bundling) dengan rekening tabungan, yaitu saldo rekening tabungan Anda dan keluarga Anda diperhitungan (senilai 75% dari saldo) untuk meringankan cicilan serta memperpendek jangka waktu pinjaman.
  • Maybank Plus. Kredit rumah dikombinasi dengan Pinjaman Rekening Koran dengan fleksibilitas dalam sistem pembayaran, penarikan dana, dan pembayaran cicilan.

7. Simulasi KPR Permata

Simulasi KPR Permata
Simulasi KPR Permata

Permata menawarkan hutang konvensional dan Syariah kepada masyarakat.

Permata memiliki KPR Bijak yang mana Anda bisa menikmati bunga hingga 0% dengan menambah saldo tabungan, dimana 75% saldo tabungan diperhitungkan sebagai pengurang pokok pinjaman dalam perhitungan bunga.

Dalam Bijak, saldo tabungan Anda bisa digunakan untuk mengurangi pokok pinjaman sehingga dengan angsuran yang sama masa tenor bisa lebih cepat.

8. Simulasi KPR CIMB Niaga

Simulasi KPR CIMB Niaga
Simulasi KPR CIMB Niaga

CIMB Niaga audah lama dikenal menawarkan produk pembiayaan properti, bahkan sejak masih bernama Bank Niaga.

Kredit X-Tra Manfaat Niaga menghubungkan pinjaman rumah dengan rekening tabungan.

Bagian dari pokok pinjaman pada X-Tra Manfaat bebas bunga, yaitu sebesar 80% dari saldo tabungan Anda yang terhubung dengan KPR Xtra Manfaat untuk diperhitungkan sebagai pengurang dalam perhitungan porsi bunga KPR.

Anda bisa menikmati Bunga Rp. 0dengan cara menjaga saldo tabungan sebesar 125% dari Sisa Pokok Pinjaman KPR X-Tra Manfaat.

Kalau kamu memiliki dana lebih & ingin mengurangi beban bunga KPR, cukup masukkan dana tersebut ke dalam rekening tabungan yang terhubung dengan KPR X-Tra Manfaat kamu.

9. Simulasi KPR Danamon

Simulasi KPR Bank Danamon
Simulasi KPR Bank Danamon

Salah satu produk yang menarik di Danamon adalah Anda bisa mengajukan pembiayaan untuk pembelian tanah dan renovasi.

Selengkapnya, pinjaman untuk pembiayaan properti di Danamon adalah berikut:

  • KPR Rumah. Pembiayaan untuk pembelian rumah / ruko / rukan / usaha / asrama baik baru maupun bekas, serta bangunan dalam kondisi ready stock maupun indent. Maksimal plafon Rp15 milyar dan jangka waktu angsuran 1 – 20 tahun.
  • Apartemen (KPA). Pembiayaan untuk pembelian apartemen/ SOHO (Small Office Home Office) / Condotel / Kios / Town House Strata Title / Ruko Strata Title / Condominiumbaik baru maupun bekas, serta bangunan ready stock maupun indent. Maksimal pinjaman Rp8 milyar dan jangka waktu angsuran 1 – 15 tahun.
  • Perbaikan dan Pembangunan Rumah. Pinjaman diberikan untuk tujuan membangun atau merenovasi rumah tinggal, ruko/ rukan / apartemen difokus area. Maksimal plafon Rp15 milyar dan jangka waktu 1 – 10 tahun.
  • Kavling Siap Bangun (KSB). Pembiayaan yang diberikan untuk tujuan pembelian kavling dimana diatas kavling tersebut akan dibangun rumah tinggal. KSB hanya diberikan untuk lokasi developer kategori Top Tier dan Mid Tier. Maksimal pinjaman 15 Milyar dan jangka waktu angsuran 1 – 7 tahun.

10. Simulasi KPR UOB

Bank UOB menyediakan pembiayaan kepemilikan peoperti dengan berbagai fitur, yaitu:

  • Pembelian properti baru maupun second
  • Kredit Multi Guna (KMG). Pembiayaan kredit untuk tujuan konsumtif
  • Take Over KPR/KMG. Take over fasilitas kredit KPR atau KMG dari Bank lain ke Bank UOB
  • Top Up. Tambahan kredit yang dapat diberikan kepada debitur yang sudah memiliki fasilitas kredit di UOB

Pengisian formulir pengajuan kredit rumah bisa dilakukan secara online di UOB.com dengan mengisi form pengajuan yang tersedia di website UOB.

Contoh Perhitungan Angsuran KPR yang disediakan UOB

  • Nilai plafon kredit  :  Rp 1 milyar
  • Interest Rate : 6.99%
  • Jangka waktu : 30 tahun
  • Cicilan per bulan : Rp 6.646.310

Metode perhitungan yang digunakan dalam perhitungan ini adalah bunga efektif.

Tips Baca Simulasi KPR

Dari pengalaman membaca simulasi, ada sejumlah caveats, kehati-hatian informasi, yang perlu Anda cermati.

#1 Simulasi Bisa Beda dengan Aktual

Simulasi adalah simulasi, bukan kondisi riil sebenarnya. Karena itu, perbedaan kemungkinan besar akan ada dengan kondisi riil saat pengajuan pinjaman.

Sebab itu, saat menggunakan hasil kalkulator atau simulasi KPR, Anda perlu camkan benar bahwa ini adalah simulasi.

Perbedaan antara simulasi dengan kondisi nyata terjadi karena beberapa faktor, yaitu:

  • Suku Bunga sudah berubah yang tidak tercermin dalam kalkulator. Perubahan bunga bank memang cukup dinamis seiring kondisi pasar.
  • Ada biaya – biaya lain yang tidak masuk dalam perhitungan simulasi. Sementara sejumlah biaya ini memiliki porsi cukup besar.
  • DP atau Uang Muka mempengaruhi jumlah plafon pinjaman yang Anda ajukan yang ujungnya mempengaruhi cicilan angsuran pinjaman rumah setiap bulan.

#2 Penting Tahu Cara Bunga KPR Dihitung

Simulasi memberikan hasil yang berbeda dengan kenyataan saat Anda sudah mengambil pinjaman.

Hal tersebut terjadi karena adanya cara perhitungan cicilan KPR , yaitu tahap pertama cicilan dihitung dengan menggunakan bunga Fixed, yang relatif rendah, sementara setelah masa bunga Fix selesai, cicilan dihitung menggunakan bunga floating, yang lebih tinggi

Sewaktu perhitungan simulasi KPR biasanya Anda menggunakan asumsi bunga Fix.

Dalam kondisi rill, bunga fixed hanya untuk beberapa tahun saja diawal kredit (paling lama 3 tahun). Sedangkan, the rest of KPR cicilan dihitung dengan bunga floating, yang unfortunately kerap tidak tercermin dalam simulasi KPR.

Jadi, jika cicilan di simulasi terasa ringan, jangan cepat lega dulu. Pastikan Anda mempertimbangkan berapa cicilan saat masuk ke bunga floating yang sesuai bunga pasar.

Untuk mengatasi kebingungan akan bunga fix vs floating ini, sekarang bank sudah memiliki produk KPR yang sejak awal, sejak bulan pertama kredit, perhitungan sudah menggunakan bunga floating.

Dengan cara ini, Anda bisa lebih tidak kaget soal lonjakan angsuran karena sejak awal bank sudah menggunakan floating sesuai pasar.

#3 Ada Biaya Tidak Masuk di Simulasi

Seperti sudah saya sampaikan, simulasi hanya menghitung estimasi beban angsuran setiap bulan. Sementara, saat mengambil pinjaman, Anda harus membayar sejumlah biaya yang jumlahnya tidak kecil.

Jadi, saat menghitung ancer – ancer angsuran KPR dengan kalkulator, jangan lupa untuk mengingat bahwa ada biaya lain yang nanti harus Anda lunasi sebelum pencairan pinjaman.

Pengalaman saya, sejumlah biaya yang Anda harus bayarkan saat pengajuan kredit properti adalah:

  • Biaya Asuransi. Premi untuk membayar proteksi asuransi jiwa dan asuransi kebakaran. Asuransi ini wajib diambil sebagai syarat pengajuan kredit
  • Biaya Notaris. Untuk membayar jasa notaris dalam melakukan proses pengikatan jaminan dalam kredit.
  • Biaya Administrasi atau Provisi. Biaya ini dibebankan oleh bank untuk pengurusan pengajuan pinjaman.

Agar pinjaman bisa dicairkan, persyaratannya adalah Anda harus melunasi biaya ini.

#4 Gunakan Simulasi untuk Hitung Kemampuan Anda

Manfaatkan hasil simulasi untuk memberikan gambaran soal kewajiban yang Anda harus bayar setiap bulan dan apakah Anda mampu membayar kewajiban tersebut.

Meskipun punya rumah itu impian banyak orang, tetapi punya kewajiban angsuran pinjaman KPR setiap bulan bukan perkara remeh. Dan perlu Anda tahu masa tenor kredit properti bukannya singkat, bisa 10 tahun sampai dengan 20 tahun.

Jika menunggak angsuran, resikonya hunian tempat tinggal Anda bisa disita bank.

Jadi, punya angsuran KPR itu adalah high-committment.

Karena itu, adanya simulasi kalkulator KPR selayaknya dimanfaatkan sebaik – baiknya untuk menghitung kemampuan pembayaran Anda.

#5 Hati – Hati Bandingkan Simulasi Antar Bank

Kecenderungan kita adalah langsung membandingkan hasil simulasi di satu bank dengan bank lainnya.

Bukankah itu, salah satu, tujuan melakukan perhitungan simulasi. Betul !

Tetapi, perbandingan ini harus Anda lakukan dengan berhati – hati. Hasil simulasi bisa saja tidak bisa diperbandingkan jika komponennya berbeda – beda.

Jadi, sebelum membandingkan, pastikan komponen yang digunakan sama dan hanya 1 variabel yang saja yang berbeda, misalnya, suku bunga, agar bisa dilakukan perbandingkan dengan efektif antar cicilan di satu bank dengan bank lainnya.

Baca Juga – Cara Restrukturisasi KPR

Simulasi KPR

  1. Kenapa Penting Simulasi KPR

    Sebagai pinjaman dengan jumlah besar, Anda perlu tahu berapa cicilan per bulan KPR.

  2. Apakah Bank menyediakan simulasi KPR

    Ya bank menyediakannya. Ada 10 bank yang punya kalkulator KPR.

  3. Apakah ada hal yang perlu disiapkan untuk melakukan simulasi

    Ada. Plafon pinjaman, uang muka, bunga dan tenor adalah komponen dalam menghitung simulasi.

  4. Apakah simulasi kredit rumah akurat.

    Tidak. Tetapi, hasil simulai bisa menjadi estimasi kewajiban angsuran setiap bulan.

  5. Apa yang tidak ada dalam Simulasi

    Simulasi hanya menghitung cicilan per bulan, sementar biaya KPR tidak masuk dalam simulasi.

  6. Kenapa perlu tahu cara bank menghitung bunga pinjaman rumah

    Karena ada beberapa skema bunga, yaitu Fixed dan Floating, yang mempengaruhi cicilan per bulan.

Cara Simulasi KPR

Estimate Cost : 00 IDR

Time Needed : 15 minutes

Simulasi KPR untuk menghitung cicilan angsuran per bulan dan biaya admin pinjaman.

  1. Masukkan Harga Rumah, DP Uang Muka

    Masukkan harga rumah dibeli dan jumlah uang muka DP rumah.

  2. Masukkan Lama Tenor KPR

    Masukkan berapa lama pinjaman KPR akan diambil.

  3. Biaya Admin Bank

    Muncul rincian biaya admin untuk pinjaman KPR.

  4. Biaya Notaris KPR

    Muncul rincian biaya Notaris untuk pinjaman KPR.

  5. Cicilan Angsuran KPR

    Jumlah angsuran cicilan KPR per bulan

Tools
  • Simulasi KPR di Web
Materials
  • Desktop, Laptop, Ponsel

Kesimpulan

Ingin KPR rumah ?

Anda silakan menghitung estimasi cicilan kredit dengan menggunakan simulasi KPR.

Dengan kalkukator ini, Anda bisa tahu, ancer-ancer nya, berapa sih angsuran per bulan yang Anda harus bayar setiap. bulan. Tujuannya supaya bisa merencanakan keuangan dengan baik dan bisa tahu berapa pengeluaran jika ingin punya hunian.

Semoga review soal simulasi KPR ini bisa membantu Anda.

2 Responses

  1. jasa bangun rumah borongan

    ada nggak ya KPR yang pakai bunga fix rate terus selama periode pembayaran?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.