Pinjaman Online, Investasi, Keuangan, Asuransi | Duwitmu

Kartu Kredit Citibank (Jenis, Bunga, Plus Minus)

Dipublish oleh R Quiserto Oktober 18, 2021

Daftar Isi

Review Citibank Kartu Kredit

Kartu kredit Citibank adalah kartu kredit pertama dan paling populer di Indonesia. Apa saja jenis kartu kredit bank asing ini dan bagaimana manfaatnya ?

Kartu kredit pertama saya adalah Citibank. Dan saya yakin banyak orang yang seperti saya, punya kartu pertama dari Citi.

Bank asing ini memang terkenal sejak dulu mengeluarkan kartu kredit yang tidak hanya punya banyak fitur, tetapi juga diterima di seluruh dunia. Citibank banyak mengeluarkan fitur baru di kartu yang inovatif.

Berikut ini adalah review kartu kredit yang dikeluarkan oleh Citibank:

Citi Prestige

Citi Prestige adalah kartu kredit Citibank segmen atas. Kartu ini banyak memberikan penawaran terkait travelling, seperti mileage, airport lounge.

Penawaran kartu kredit Citi Prestige adalah:

  • Menginap 4th night free 5 (lima) kali setiap tahunnya.
  • Luxury airport transfer 5 (lima) kali setiap tahunnya.
  • Priority Pass lounge access 5 (lima) kali setiap tahunnya.
  • Bonus 15% penukaran airline miles jika pemegang kartu juga nasabah CitiGold

Pemegang kartu mendapatkan total 150.000 Citi Prestige Point atau setara dengan 30.000 airline miles setelah melakukan transaksi pertama dan membayar iuran tahunan kartu kredit ini.

Rasio penukaran efektif poin kartu kredit ini menjadi airline miles adalah berikut:

  • 5 Citi Rewards = 1 Airline Miles kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin/miles yang sama untuk pengeluaran di dalam maupun luar negeri.
  • Pengeluaran di dalam maupun luar negeri: Rp 1.500 = 1 Citi Rewards

Citi Prestige memiliki 11 transfer partner yakni Singapore Airlines, Cathay Pacific, British Airways, Malaysia Airlines, Etihad, Eva Air, Flying Blue (Air France & KLM), Qantas, Qatar Airways, Garuda Indonesia, dan Thai Airways. Kartu ini memiliki transfer partner maskapai terbanyak di Indonesia.

Pemegang Kartu Kredit Citi Prestige mendapatkan fitur Asuransi Perjalanan untuk setiap transaksi pembelian tiket perjalanan dengan menggunakan Kartu Kredit Citi Prestige. Asuransi Kecelakaan Perjalanan berlaku untuk setiap pembelian tiket menggunakan Kartu Kredit Citi Prestige mulai 1 Januari 2017.

Iuran tahunan kartu adalah Rp 3.500.000 per tahun dan tidak bisa di waive (dihapuskan) dengan alasan apapun. Ini cukup berat karena iuran tahunan sebesar ini wajib pemegang kartu bayar setiap tahun.

Keunggulan kartu kredit Citi Prestige menawarkan manfaat yang besar, dengan welcome bonus serta mileage yang sangat menarik. Hanya saja, annual fee perlu jadi perhatian karena tidak bisa dihapuskan.

Citi PremierMile

Citi PremierMile adalah kartu kredit Citibank yang ditujukan buat mereka yang senang melakukan travelling.

Setiap transaksi menggunakan kartu kredit ini, pemegang kartu memperoleh Citi PremierMile yang bisa dikonversikan menjadi airline miles. 

Rasio penukaran efektif Citi Premier Miles menjadi airline miles adalah berikut:

  • 1 Citi Premier Miles  = 1 airline mile
  • Pengeluaran di dalam negeri: Rp 8.750 = 1 Citi Premier Miles
  • Pengeluaran di luar negeri: Rp 5.000 = 1 Citi Premier Miles (khusus untuk transaksi di hotel, restoran, penerbangan, department store, dan butik)

Kartu ini memiliki 11 transfer partner yakni  Singapore Airlines, Cathay Pacific, British Airways, Malaysia Airlines, Eva Air, Air France, KLM, Qantas, Qatar Airways, dan Thai Airways.

Saat ini, kartu kredit Citi PremierMiles memiliki welcome bonus sebesar 5.000 airline miles dan cashback hingga 1.000.000 Rupiah. Kedua bonus ini memiliki valuasi setara dengan 9.761 airline miles.

Kartu ini memiliki free akses 1 kali setahun ke airport lounge yang bekerja sama dengan Priority Pass. Pemegang kartu diperbolehkan membawa pendamping ketika mengakses airport lounge yang bekerja sama dengan Priority Pass tersebut.

Iuran tahunan sebesar Rp 1.000.000 yang kemungkinan besar bisa di-waive (dihapuskan) ketika Anda mencapai spending dalam jumlah tertentu.

Keunggulan kartu Citi PremierMile adalah memiliki earning rate yang menarik, bisa ditukarkan dengan pilihan airline yang sangat beragam, ada pula welcome bonus, serta layanan airport lounge, dan program penghapusan iuran tahunan.

Kartu kredit ini sangat cocok buat mereka yang ingin mengumpulkan airline miles yang tergolong susah diakumulasikan di Indonesia seperti Etihad Guest, Flying Blue (Air France & KLM), British Airways Avios, dan sebagainya.

Iuran tahunan yang relatif terjangkau juga jadi poin plus. 

Citi Garuda Indonesia

Kartu kredit Citi Garuda Indonesia adalah kartu co-branding Citi Indonesia dan Garuda Indonesia.

Karena kerjasama dengan Garuda, tentu saja, fasilitas kartu sebagian besar adalah terkait travelling dengan maskapai terbesar di Indonesia ini.

Kartu kredit memiliki earning rate 10.000 Rupiah = 1 GarudaMiles namun untuk transaksi pembelian tiket menggunakan EDC Citibank di kantor Garuda Indonesia, kartu memiliki earning rate 6.666 Rupiah = 1 GarudaMiles.

Welcome bonus adalah total 7.500 GarudaMiles yang bisa pemegang kartu dapatkan setelah melakukan transaksi sebesar Rp 2,5 juta dalam periode waktu 90 hari sejak kartu kredit disetujui.

Fitur unggulan kartu Citi Garuda adalah:

  • Ekstra bagasi 20 kilogram maskapai Garuda Indonesia
  • Diskon penukaran GarudaMiles sebesar 10%
  • Spesial check-in counter di Bandara Soekarno-Hatta Terminal 3 Ultimate dan check-in counter GarudaMiles Gold di bandara lainnya di Indonesia.
  • Pemanggilan boarding khusus pemegang Kartu Kredit Garuda Indonesia Citi di bandara tertentu.

Jadi, kartu ini cocok buat mereka yang kerap melakukan jalan jalan via udara dengan Garuda Indonesia.

Hanya saja, kartu hanya memiliki 1 transfer partner yaitu Garuda Indonesia dengan Frequent Flyer Program-nya yaitu GarudaMiles. Tidak bisa ditukar dengan penerbangan lain.

Iuran tahunan kartu adalah sebesar Rp 800.000 per tahun, namun kemungkinan bisa di-waive (dihapuskan) ketika pengguna mencapai penggunaan dalam jumlah tertentu.

Citi Simplicity+

Citi Simplicity+ adalah kartu kredit Citibank yang cukup unik karena memberikan potongan 10% Biaya Bunga setiap pemegang  membayar tepat waktu. 

Kartu ini juga bebas biaya keterlambatan pembayaran serta bebas biaya ketika bertransaksi melewati batas kredit.

Tidak ada yang suka ketika dikenakan Biaya Keterlambatan Pembayaran. Karena itu, kartu Citi Simplicity+ tidak mengenakan biaya ketika sewaktu-waktu pemegang kartu terlambat melakukan pembayaran.

Pemegang Kartu Kredit Citi Simplicity+ yang menggunakan kartunya melebihi batas kredit yang diberikan pada tagihan bulan berjalan, tidak akan dikenakan Biaya Pemakaian di Luar Batas.

Iuran tahunan adalah kartu utama: Rp350.000,- dan kartu tambahan: Rp150.000,-

Citi Rewards

Citi Rewards adalah kartu kredit Citibank yang memberikan rewards atau poins ketika pemegang kartu menggunakannya. Cocok buat mereka yang baru pertama punya kartu dan senang melakukan belanja atau travelling dengan kartu kredit.

Pemegang kartu bisa  mendapatkan hingga 3x Citi Rewards Points dengan transaksi Rp3.000,- di kategori dining, shopping dan transaksi international. Rewards tersebut bisa pula digunakan untuk membayar transaksi, sehingga bisa hemat hingga 100% dengan menukarkan Citi Rewards Points.

Citi Rewards Points yang kita peroleh tidak memiliki masa kadaluarsa. Bisa dipakai selamanya.

Berapa rewards yang diberikan ?

  • Shopping: 2x sd 3x rewards
  • Dining: 2x sd 3x rewards
  • International shopping: 3x rewards

Citi Rewards Points bisa dikonversikan menjadi airline miles. Rasio penukaran Citi Rewards Points menjadi airline miles adalah: 10 Citi Rewards  = 1 airline mile.

Airline mile bisa ditukarkan dengan airline partner yang bekerjasama dengan Citibank. Potongan harga tiket menjadi keuntungannya.

Yang penting diperhatikan bahwa ada transaksi yang tidak mendapatkan reward. 

Transaksi pembayaran tagihan listrik dan air, transaksi EazyPay, dana tunai Loan on Phone , penarikan tunai, iuran tahunan, bunga, biaya administrasi, denda, maupun premi asuransi Credit Shield Plus/Prestige, tidak mendapatkan Citi Rewards Points.

Iuran tahunan adalah Rp 400 ribu. Iuran ini masih bisa digratiskan dengan menukarkan rewards.

Kartu kredit ini memiliki welcome bonus berupa voucher Tokopedia senilai 1 juta Rupiah. Bonus ini bisa diperoleh ketika sudah bertransaksi sebesar 1 juta dalam periode 60 hari (2 bulan) dan memenuhi syarat yang ditentukan.

Keunggulan Citi Rewards adalah manfaat hingga 3x Citi Rewards Points setiap berbelanja, bersantap serta bertransaksi di luar negeri sepanjang tahun. Rewards yang tidak kadaluarsa dan bisa ditukarkan dengan banyak hal, termasuk airline mile.

Namun, Citi Rewards memberikan fasilitas yang cukup terbatas untuk mereka yang suka travelling. Tidak ada fasilitas airport lounge dan layanan travel lainnya.

Bunga dan Biaya

Seluruh kartu kredit di Citibank mengikuti ketentuan bunga dan biaya, sebagai berikut:

  • Suku Bunga Transaksi Pembelanjaan 2% per bulan/ 24% per tahun 1.75% per bulan/ 21% per tahun (mulai tanggal 1 Juli 2021)
  • Suku Bunga Tarik Tunai.2% per bulan/ 24% per tahun 1.75% per bulan/ 21% per tahun (mulai tanggal 1 Juli 2021)

Biaya yang diterapkan adalah:

  • Biaya Pemakaian di Luar Batas (Overlimit). Sejumlah transaksi pemakaian di luar batas (Overlimit) atau maksimum Rp250.000,-
  • Denda (Biaya Keterlambatan Pembayaran). 1% dari Total Tagihan, Maksimum Rp100.000,- (1 Mei 2020 – 31 Des 2021)
  • Biaya Pengambilan Tunai. 6% dari jumlah yang diambil atau minimum Rp100.000,- 

Cara Pengajuan Online

Citibank memberikan kesempatan kepada aplikan untuk mengajukan aplikasi kartu kredit secara online di situs Citibank.

Data yang harus diisi adalah:

  • Data Kontak
  • Data Pribadi
  • Pekerjaan
  • Pilihan Kartu
  • Ajukan dan Konfirmasi

Fitur di Semua Kartu Citi

Citibank menawarkan sejumlah fitur menarik di semua kartunya, yaitu:

Mengubah transaksi menjadi cicilan. Kita bisa merubah transaksi belanja di kartu kredit menjadi cicilan yang dibayar selama beberapa bulan.

Mengubah tagihan menjadi cicilan. Kita bisa merubah tagihan yang dibayar dengan kartu kredit menjadi cicilan yang dibayar selama beberapa bulan (max 60 bulan). Perubahan cukup dilakukan lewat aplikasi mobile Citi.

Dana tunai untuk segala kebutuhan. Tersedia akses untuk menarik uang tunai dari kartu kredit secara mudah. Ini cukup dilakukan lewat aplikasi Citi mobile.

Tingkat keamanan yang tinggi untuk belanja online. Kartu kredit Citi memberikan perlindungan online shopping lebih aman dengan 3D Secure berupa One Time Password-OTP. 

Pengalaman di Citi Online

Berikut ini adalah pengalaman membuka aplikasi Citibank Online, yang di dalamnya terdapat fasilitas untuk kartu kredit.

Time Needed : 01 hours 00 minutes

Citi online Kartu Kredit Citibank

  1. Aplikasi Citi Online

    Masuk ke aplikasi Citi Online. Visa diunduh di Playstore. Citi Online Kartu Kredit

  2. Form Aplikasi

    Mengajukan kartu kredit secara online di aplikasi Citi. Form Aplikasi Citi Online Kartu Kredit

  3. Info Rewards

    Mengecek status dan informasi rewards. Rewards bisa digunakan untuk berbagai manfaat. Reward Poins Info Citi CC

  4. Merubah PIN

    Citi Online menyediakan fasilitas untuk merubah PIN kartu kredit. PIN menjadi wajib saat ini untuk melakukan semua transaksi kartu kredit. Merubah PIN Kartu Kredit

  5. Info Transaksi

    Mengecek transaksi kartu kredit secara online di aplikasi. Mempermudah memantau penggunaaan kartu kredit. Daftar Transaksi Kartu Kredit

  6. Menarik Dana Tunai

    Kartu Kredit Citibank menyediakan fasilitas untuk menarik cicilan dana tunai. Produknya adalah Quick Cash. Quick Cash Citi Online

  7. Cara Pembayaran

    Tersedia panduan cara pembayaran tagihan kartu kredit. Cara Pembayaran Kartu Kredit

  8. Fasilitas PayLater

    Bisa mengubah transaksi kartu kredit menjadi cicilan secara online di aplikasi. Cicilan PayLater Citi Kartu Kredit

  9. Info Pemakaian dan Sisa Limit

    Bisa cek pemakaian dan sisa limit kartu kredit secara real-time di aplikasi. Tagihan Citi Online Kartu Kredit

  10. Kartu Kredit Citibank yang Dimiliki

    Menampilkan semua kartu kredit Citibank yang dimiliki, termasuk supplemen, dalam satu aplikasi, sehingga mempermudah kontrol. Data Kartu Aplikasi Citi Online

Tools
  • Ponsel, HP
Materials
  • Aplikasi Citi Online

Review Kartu Kredit Citibank

Dari melihat dan membandingkan, berikut ini adalah hasil review kartu kredit Citibank:

Kelebihan

  • Banyak pilihan. Citibank menyediakan berbagai pilihan jenis kartu kredit, sesuai dengan kebutuhan.
  • Fitur. Berbagai fitur menarik ditawarkan di setiap kartu, sesuai dengan kegunaan kartu tersebut.
  • Apply Online. Citibank menyediakan fasilitas untuk mengajukan kartu secara online di situs mereka.
  • Diterima worldwide. Citibank adalah salah satu bank terbesar di dunia dengan jaringan yang sangat luas, sehingga kartu kreditnya diterima di seluruh dunia.

Kelemahan

  • Tidak mudah mendapatkan limit yang besar di Citibank. Kartu kredit Citi cenderung pelit limit.
  • Tingginya annual fee untuk jenis kartu kredit tertentu. Bahkan iuran tahunan beberapa kartu tidak bisa dihapuskan.
  • Kantor cabang Citi terpusat di kota – kota besar. Bank asing ini hanya ada di beberapa kota di Indonesia.

Bagikan Melalui

Artikel Terkait

Kartu Kredit vs KTA Persamaan Perbedaan

Persamaan dan Perbedaan KTA vs Kartu Kredit

November 22, 2021 0 Komentar

Apa persamaan dan perbedaaan Kartu kredit dengan KTA ? Perbedaan ini penting diketahui sebelum ki... Baca Lagi

Merubah Tagihan Kartu Kredit Menjadi Cicilan

Bagaimana Merubah Tagihan Kartu Kredit Menjadi ...

November 1, 2021 0 Komentar

Mengubah tagihan kartu kredit menjadi cicilan menjadi fitur yang banyak ditawarkan oleh bank BCA,... Baca Lagi

Kartu Kredit vs Debit Persamaan Perbedaan

Apa Bedanya Kartu Kredit dan Debit Penting Dike...

Oktober 22, 2021 0 Komentar

Kartu Kredit dan Kartu Debit adalah dua jenis kartu yang diterbitkan oleh bank. Apa perbedaan kar... Baca Lagi

Kartu Kredit vs Pinjaman Online Persamaan Perbedaan

Apa Persamaan dan Perbedaan Kartu Kredit vs Pin...

Oktober 1, 2021 0 Komentar

Apa persamaan dan perbedaaan Kartu kredit dengan Pinjaman Online ? Perbedaan ini penting diketahu... Baca Lagi

Review Kartu Kredit BCA

Pengalaman Mengajukan Kartu Kredit BCA Secara O...

September 20, 2021 0 Komentar

BCA adalah salah satu bank penerbit kartu kredit terbesar di Indonesia. Mari kita lihat dan revie... Baca Lagi

Memilih Kartu Kredit Terbaik

Cara Memilih Kartu Kredit Terbaik Paling Banyak...

September 8, 2021 0 Komentar

Kartu kredit adalah alat pembayaran yang populer di masyarakat. Bagaimana cara dan tips memilih k... Baca Lagi

Belum Ada Komentar

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan di publish