Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Berbagai Cara Mudah Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP

Daftar Isi

Berbagai Cara Mudah Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP

Cara cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP penting diketahui saat kita lupa nomor peserta sekaligus tidak membawa kartu BPJS. Metode cek dengan KTP tersebut dapat dilakukan melalui tahapan yang mudah dan praktis.

Dalam aktivitas kita sehari-hari, nomor BPJS tidak selayaknya nomor ponsel yang dapat dihafal dengan mudah karena frekuensi penggunaannya yang relatif sering. Selain itu, kebutuhan penggunaan kartu BPJS yang tidak setiap waktu juga membuat kita seringkali lupa untuk membawanya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika dihadapkan pada situasi mendesak dan tidak terduga yang mengharuskan adanya informasi nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dengan berbekal KTP atau bahkan tanpa KTP sekalipun, kita tetap dapat mendapatkan akses dan informasi yang sedang diperlukan tersebut.

Kita bahas tutorial cara cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP. Terdapat 4 metode pengecekan nomor BPJS yang dapat kita lakukan, baik secara online maupun secara langsung.

1. Pahami Dulu BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan merupakan bagian dari sistem jaminan sosial bagi tenaga kerja yang berfungsi untuk menyelenggarakan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kematian (JK).

Tak hanya itu, baru-baru ini, BPJS Ketenagakerjaan juga menghadirkan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) yang mulai diberlakukan mulai tahun 2022.

Sebelumnya, program ini dikenal dengan Jaminan Sosial Tenaga Kerja atau Jamsostek. Oleh karena itu, BPJS Ketenagakerjaan juga lazim memperkenalkan dirinya dengan sebutan BPJamsostek.

BPJS Ketenagakerjaan adalah program jaminan sosial yang diwajibkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, seluruh tenaga kerja di Indonesia, baik pada bidang pekerjaan formal maupun informal, sudah selayaknya terdaftar pada program-program BPJS Ketenagakerjaan.

Keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan dapat dibuktikan dengan kepemilikan kartu peserta. Kartu peserta BPJS tersebut dapat berbentuk kartu fisik maupun kartu elektronik/digital yang memuat beberapa informasi pokok peserta, termasuk nomor peserta atau Nomor BPJS Ketenagakerjaan, yang dikenal juga dengan sebutan Nomor KPJ (Kartu Peserta Jamsostek).

2. Pentingnya Tahu Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Sebagaimana Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP yang memiliki berbagai fungsi administratif, nomor BPJS Ketenagakerjaan juga dibutuhkan oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk mengakses informasi dan manfaat kepesertaan.

Beberapa aktivitas terkait BPJS Ketenagakerjaan yang membutuhkan nomor BPJS adalah pada saat:

  1. Mengakses informasi kepesertaan, seperti mengecek status aktif atau tidaknya kartu, melihat informasi saldo JHT, melacak status klaim, dan lain sebagainya;
  2. Membayar iuran program BPJS Ketenagakerjaan;
  3. Mengajukan klaim pencairan manfaat BPJS Ketenagakerjaan.

3. Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi JMO

Metode pengecekan nomor BPJS yang paling praktis dan efisien adalah melalui aplikasi seluler resmi dari BPJS, yaitu aplikasi BPJSTKU atau yang kini telah berubah nama menjadi JMO (Jamsostek Mobile).

Perlu Anda pastikan sebelum melakukan pengecekan nomor BPJS via aplikasi adalah koneksi internet yang stabil.

Langkah-langkah cek nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah sebagai berikut:

  1. Unduh kemudian pasang aplikasi JMO yang dapat Anda temukan melalui Play Store maupun App Store;
  2. Ketuk opsi “Login”;
  3. Masukkan alamat email dan password yang Anda gunakan sewaktu mendaftar BPJS Ketenagakerjaan;
  4. Tekan tombol “Login”;
  5. Pilih opsi “Kartu Digital” pada tampilan utama aplikasi;
  6. Klik gambar kartu BPJS digital Anda;
  7. Nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda dapat dilihat pada tampilan kartu digital yang muncul.

Aplikasi JMO juga memfasilitasi pilihan informasi dan layanan lainnya, seperti informasi jumlah saldo, pengajuan klaim, pembayaran iuran, informasi kantor cabang, pengaduan, dan lain sebagainya.

4. Cek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui situs BPJS

BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki situs resmi di mana Anda dapat log in kemudian melihat nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda. Pertama-tama, pastikan jaringan internet di tempat Anda berada stabil dan mendukung.

Setelah memastikan jaringan dalam kondisi yang baik, di bawah ini adalah tahapan yang harus Anda lakukan untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan via situs resminya:

  1. Buka browser melalui ponsel, komputer, atau laptop Anda kemudian kunjungi https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ atau cukup klik link tersebut;
  2. Saat tampilan login sudah tersedia, masukkan email dan kata sandi akun BPJS Ketenagakerjaan Anda;
  3. Centang kolom pernyataan “Saya bukan robot”;
  4. Tekan tombol “Login”;
  5. Pilih fitur “Kartu Digital” pada tampilan utama website;
  6. Nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan akan muncul pada kartu digital Anda.

Seperti halnya aplikasi JMO, login melalui website BPJS Ketenagakerjaan juga memudahkan Anda untuk mengakses sejumlah fitur dan layanan yang beragam.

5. Cek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui customer service BPJS 

Melihat nomor BPJS Ketenagakerjaan juga dapat ditempuh melalui bantuan customer service atau layanan masyarakat yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Pilihan kontak yang tersedia pun dapat ditentukan sendiri sesuai dengan kenyamanan Anda, baik itu berbasis sambungan telepon, media sosial, hingga melalui surel atau e-mail.

a. Telepon Kantor

Permintaan informasi nomor BPJS Ketenagakerjaan dapat disampaikan melalui sambungan telepon kepada nomor kantor pusat di (+6221) 50911333, sebagaimana yang tertera di situs resmi BPJS Ketenagakerjaan.

b. Call Center

Layanan masyarakat berbasis call center BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan melakukan panggilan ke nomor layanan 175. Setelah panggilan tersambung, Anda dapat menyampaikan permintaan informasi nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan memberikan informasi dan data diri jika diperlukan.

c. Twitter

Apabila media sosial dinilai lebih mudah dan familier bagi Anda, upaya permintaan informasi nomor BPJS Ketenagakerjaan juga dapat Anda tempuh dengan menghubungi pusat layanan via Twitter di akun @BPJSTKinfo yang telah terverifikasi. Sampaikan maksud Anda lewat fitur kirim pesan atau inbox, sertakan informasi dan data diri Anda apabila diperlukan.

d. Surel

Anda dapat meminta informasi nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda dengan menyampaikan maksud Anda melalui e-mail yang ditujukan kepada [email protected]

E. Telepon Kantor BPJS Ketenagakerjaan (Nonpusat)

Selain dengan menghubungi layanan masyarakat pusat BPJS Ketenagakerjaan, permohonan untuk mendapatkan informasi nomor BPJS Ketenagakerjaan juga dapat Anda sampaikan melalui telepon kepada Kantor Wilayah (Kanwil) maupuan Kantor Cabang setempat. Informasi kontak Kanwil maupun Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan dapat Anda peroleh melalui https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/kontak.html.

Adapun alternatif kontak layanan masyarakat dari BPJS Ketenagakerjaan di atas dapat melayani Anda mulai pukul 06:00 WIB sampai dengan pukul 22:00 WIB.

Oleh karena itu, layanan berbasis sambungan telepon hanya dapat Anda lakukan pada jam operasional tersebut. Sedangkan apabila permintaan informasi nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda lakukan melalui surel dan media sosial, permintaan layanan juga hanya akan diproses dan direspons pada jam operasional tersebut.

6. Cek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui kantor cabang terdekat

Meskipun terbilang kurang efisien, alternatif pengecekan nomor BPJS melalui kantor cabang dapat Anda pertimbangkan apabila ketiga cara berbasis online sebelumnya gagal atau tidak memungkinkan untuk dilakukan.

Dokumen yang harus anda siapkan sebelum mendatangi kantor cabang adalah Kartu Keluarga, KTP, dan surat paklaring.

Alamat kantor cabang BPJS terdekat bisa Anda ketahui melalui aplikasi JMO, link berikut ini https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/kontak.html, atau dengan bertanya pada orang-orang setempat.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait