Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Cara Beli dan Investasi SBN SBR011 di Investree 2022

Daftar Isi

Cara Beli dan Investasi SBN SBR011 di Investree 2022

SBN menawarkan banyak manfaat untuk investasi seperti bebas resiko, dijamin negara, return di atas inflasi dan memberikan penghasilan rutin. Sekarang, kita bisa beli dan investasi SBN di Investree.

Pilihan melakukan investasi SBN di Investree karena ini platform online yang membuat proses jadi mudah, minimum investasi terjangkau dan menyediakan berbagai instrumen lain, seperti P2P Lending sehingga kita bisa punya portofolio investasi di satu platform, yang mudah dikelola dan dimonitor.

Baru - baru ini, pemerintah lewat Kementerian Keuangan meluncurkan SBN terbaru, yaitu SBR 011. Cukup dengan investasi awal Rp 1 juta.

Kupon SBR011 saat ini 5.50% dan tidak akan turun dibawah 5.50% sebagai floor-nya. Namun, ini manfaatnya, jika suku bunga acuan naik, kupon SBR011 akan ikut disesuaikan setiap 3 bulan.

Keunggulan SBR011 ini membuatnya cocok untuk investor pemula, terutama yang masih menghindari risiko dalam berinvestasi karena SBR011 punya fitur floating with floor, sehingga investasi yang akan terlindungi dari gerusan inflasi.

Selengkapnya ulasan soal cara investasi dan beli SBN SBR011 di Investree:

Pengertian SBN

SBN (Surat Berharga Negara) adalah surat pengakuan utang dalam mata uang rupiah atau valuta asing yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh Negara Republik Indonesia, sesuai dengan masa berlakunya.

Kita tahu bahwa Pemerintah Indonesia sudah lama menggunakan hutang untuk membiayai APBN dan utang tersebut dilakukan ke beberapa pihak.

Yang paling banyak utang ke IMF atau lembaga donor internasional, dalam mata uang asing.

Tapi, pemerintah juga bisa berhutang pada rakyatnya, pada masyarakat, dengan mengeluarkan SBN - Surat Berharga Negara.

Masyarakat bisa ikut membeli dan melakukan investasi di SBN.

Jadi, pemerintah mengeluarkan obligasi dalam mata uang rupiah untuk masyarakat bisa berpartisipasi dalam pembiayaan pembangunan sekaligus menikmati keuntungan bunga atau kupon dari obligasi.

Return Bunga dan Manfaat SBN

Investasi di SBN memberikan berbagai keuntungan, yaitu:

1. Kupon Bunga Diatas Inflasi dan Tabungan

Pemerintah Indonesia akan membayar bunga atau kupon SBN kepada pemegang SBN. Keuntungannya adalah kupon SBN lebih tinggi diatas inflasi dan bunga tabungan.

Saat ini, kupon SBN di +5% setahun.

2. Aman Dijamin Pemerintah Republik Indonesia

Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan dan menjamin pembayaran bunga SBN. Jadi, SBN memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Boleh dikatakan investasi di SBN adalah bebas resiko karena dijamin pemerintah RI.

3. Minimum Investasi Terjangkau, Mulai Rp 1 juta

Minimum investasi SBN ditetapkan pemerintah sebesar Rp 1,000,000 sd Rp 5,000,000 dan selanjutnya kelipatan dari Rp 1 juta sd Rp 5 juta.

Diharapkan dengan uang antara 1 juta sd 5 juta, publik bisa membeli SBN tanpa membebani keuangan. Angka 1 juta sd 5 juta juga setara dengan rata - rata minimum penempatan deposito yang dipersyaratkan perbankan.

4. Kupon Bunga Diterima Tiap Bulan

Nah, salah satu keunggulan SBN adalah bunga diterima setiap bulan masuk ke rekening pembeli.

Kita tidak perlu menunggu sampai akhir tenor untuk bisa menerima pembayaran bunga.

Setiap bulan, Pemerintah Republik Indonesia akan membayar bunga SBN.

Jadi, SBN bisa menjadi sumber passive income selama paling tidak 3 tahun atau lebih tergantung tenor obligasi pemerintah.

5. Pajak Kupon SBN Lebih Rendah dari Pajak Bunga Deposito

Pajak penghasilan atas bunga SBN ditetapkan lebih rendah dari pajak bunga deposito. Hal ini membuat return riil di SBN menjadi lebih menarik.

Keunggulan SBR011

Savings Bond Ritel atau SBR adalah surat utang negara atau obligasi negara dengan jangka waktu 2 tahun yang sifatnya mirip tabungan karena harus disimpan hingga jatuh tempo. 

Tingkat Kupon Mengambang (Disesuaikan Setiap Tiga Bulan) dengan Kupon Minimal 5,50% Per Tahun Jatuh Tempo 10 Juni 2024

Jenis Kupon adalah mengambang dengan tingkat Kupon minimal (floating with floor). Artinya, nilai kupon bisa naik mengikuti tingkat suku bunga, tapi ada minimumnya, yaitu 5.50%.

Jadi, setiap 3 bulan, Pemerintah akan mengevaluasi  tingkat kupon SBR011 berdasarkan suku bunga acuan. Jika suku bunga acuan naik, mungkin didorong inflasi, maka kupon SbR011 akan ikut naik.

Namun, jika suku bunga acuan turun, kupon SBR011 tidak akan turun dibawah 5.50% sebagai tingkat kupon minimal.

Keuntungan SBR berupa kupon (bunga) yang bersifat floating with floor, yaitu bisa naik tetapi tidak bisa turun dari batas minimal (floor). Keuntungan berupa kupon ini dibayarkan secara bulanan langsung ke rekening investor. 

Fitur di SBR011 sangat menarik bagi investor pemula, terutama yang masih menghindari risiko dalam berinvestasi. Dengan fitur floating with floor, investasi yang mereka tanamkan akan terlindungi dari gerusan inflasi.

Meski tidak bisa diperdagangkan, SBR punya fasilitas pencairan awal (early redemption) setelah 12 bulan. 

Minimal investasi SBR011 adalah Rp 1 juta.

SBR011 akan ditawarkan kepada investor mulai tanggal 25 Mei 2022 sampai 16 Juni 2022.

Resiko SBN

Ada 3 (tiga) jenis risiko investasi di Obligasi, seperti SBN. Ketiga risiko tersebut adalah:

  1. Risiko gagal bayar (default risk), yaitu risiko dimana Investor tidak dapat memperoleh pembayaran dana yang dijanjikan oleh penerbit pada saat produk investasi jatuh tempo kupon dan pokok.
  2. Risiko pasar (market risk), yaitu potensi kerugian (capital loss) bagi Investor akibat faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja keseluruhan dari pasar keuangan, antara lain perubahan suku bunga, perubahan fundamental ekonomi, dan kondisi politik yang tidak stabil.
  3. Risiko likuiditas (liquidity risk), yaitu risiko dimana Investor tidak dapat menjual/ mencairkan produk investasi dalam waktu yang cepat pada harga yang wajar. Risiko likuiditas (liquidity risk) dapat terjadi apabila Investor membutuhkan dana dalam waktu cepat akan tetapi Obligasi  tidak dapat dijual pada harga yang wajar.

Namun, ketiga resiko diatas relatif kecil di SBN dan SBR011 karena adanya jaminan pemerintah Indonesia serta kemudahan menjual SBN di pasar.

Cara Investasi SBN SBR011 di Investree

Panduan cara daftar dan buka akun SBN Ritel di Investree sebagai berikut:

1. Pahami Memorandum Informasi

Sebelum membeli produk SBN Ritel, investor SBN Ritel harus terlebih dahulu memahami informasi lengkap terkait produk SBN Ritel yang ditawarkan melalui Memorandum Informasi yang telah tersedia.

2. Login ke Dasbor

Login dengan akun SBN Ritel Anda. Sebelum dapat membeli SBN Ritel, Anda harus terdaftar sebagai Lender di Investree. Belum terdaftar? Lakukan pendaftaran di sini.

3. Lakukan Pemesanan

Setelah masuk ke dasbor investor SBN RItel, pilih produk SBN Ritel yang tersedia dan masukkan nominal pemesanan Anda.

4. Lakukan Pembayaran

Setelah pemesanan berhasil, Anda akan mendapatkan kode billing. Segera lakukan pembayaran melalui bank persepsi atau lembaga persepsi lainnya maksimal sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

5. Pembelian Berhasil

Setelah pembayaran berhasil, Anda akan menerima kode NTPN melalui e-mail yang terdaftar di Investree. Selain itu, status pemesanan pada dasbor akan berubah menjadi completed order.

Keunggulan Investasi SBN SBR011 di Investree

Kelebihan Investree ini dibandingkan aplikasi investasi online lain, yaitu:

1. Mudah Sekali Investasi SBN

Aplikasi Investree memberi kemudahan pada pengguna untuk melakukan investasi SBN secara online. Platformnya mudah digunakan, investasi terjangkau dan gampang proses buka akun. 

2. Banyak Pilihan Instrumen Investasi

Selain SBN, Investree adalah platform P2P Lending yang banyak menyediakan pilihan investasi lain dengan bunga menarik.

3. Minimum Investasi Terjangkau

Minimum investasi SBN mulai dari Rp 1 juta. Namun, instrumen lain di Investree bisa investasi mulai dari Rp10 ribu. 

Selain itu, metode pembayarannya pun bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari e-wallet seperti LinkAja dan OVO. Bisa juga menggunakan akun mobile banking dari berbagai perusahan perbankan di Indonesia.

4. Buka Rekening Online dan Mudah

Pendaftaran cukup 5 menit dan hanya butuh KTP dan nomor rekening. 

Proses 100% online, jadi bisa dilakukan kapan dan dari mana saja. Registrasi tanpa dokumen fisik dalam hitungan menit sudah bisa investasi reksadana dan SBN.

5. Aplikasi Nyaman Digunakan

Investree juga memiliki performa yang sangat baik. Login bisa dilakukan dengan biometric face ID. Sehingga, memudahkan proses login tanpa perlu mengetik atau memasukan pin lainnya dan bisa terlogout sendiri ketika tidak digunakan dalam waktu yang lama. 

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait