Advertisements

7 Alasan Klaim Asuransi Perjalanan ke Luar Negeri Kamu Ditolak

Advertisements

Waktu liburan baru saja telah berakhir, menikmati masa liburan yang panjang tentu akan memberimu kebebasan untuk liburan ke tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi. Ketika bepergian jauh tentu kamu membutuhkan asuransi perjalanan untuk memberi perlindungan dimanapun kamu berada.

Namun apa jadinya jika kamu sudah membuat asuransi perjalanan sebelum kamu liburan tapi ternyata klaim asuransi perjalanan kamu ditolak? Mengapa demikian? Yuk kita cek alasannya disini.

7 Alasan Klaim Ditolak

Travelling Asuransi Perjalanan

Ada sejumlah alasan kenapa klaim asuransi perjalanan ke luar negeri bisa ditolak.

Berikut ini daftarnya:

1. Dokumen Tidak Lengkap

Untuk melakukan klaim asuransi perjalanan, tentu ada dokumen-dokumen yang harus dilengkapi. Dokumen-dokumen tersebut dapat menentukan penolakan klaim asuransi perjalanan ke luar negeri kamu.

Dokumen tersebut dapat berupa paspor, tiket, identitas lainnya. Tapi jika salah satu dari dokumen tersebut hilang, yang kamu harus lakukan adalah menghubungi otoritas lokal setempat, petugas bandara, atau kepolisian. Dengan begitu, maka dokumen kamu yang hilang itu pun bisa digantikan.

2. Informasi Data Perjalanan Tidak Sesuai

Yang dimaksud dengan informasi dan data perjalanan tidak sesuai yaitu ketika identitas pribadi tidak sama dengan yang tertera pada tiket atau boarding pass yang kamu miliki.

Hal ini ternyata kerap terjadi ketika kamu melakukan pendaftaran asuransi perjalanan ke luar negeri dengan bantuan pihak lain dan dengan nama orang tersebut. Hal itu tentu akan membuat klaim asuransi perjalanan kamu ditolak. Jadi pastikan semua informasi dan data perjalanan sesuai dengan data yang dimiliki asuransi perjalanan yang kamu miliki.

3. Destinasi Perjalanan Tidak Sesuai

Apa jadinya jika kamu tiba-tiba mengubah destinasi liburan yang telah ditentukan sebelumnya. Misalnya sebelumnya kamu telah beli polis asuransi ke Eropa, tapi kamu malah mengganti destinasi liburan ke Amerika.

Advertisements

Tentu saja itu akan membuat klaim asuransi perjalanan kamu ditolak karena daerah atau lokasi risiko yang kamu alami tidak sesuai dengan tujuan perjalanan yang ada dalam pendaftaran polis. Untuk menghindarinya, kamu wajib menyampaikan pemberitahuan tentang perubahan tersebut dan membayar premi tambahan.

Advertisements

4. Pergi ke Destinasi Dilarang

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, ada beberapa daerah atau destinasi yang dilarang dan tidak terdaftar ke dalam negara dalam polis asuransi perjalanan ke luar negeri.

Biasanya adalah daerah-daerah atau negara yang diembargo, memiliki kondisi tertentu. Untuk mengetahui daerah apa saja yang dilarang, kamu dapat bertanya kepada penyedia asuransi.

5. Kondisi Medis Sebelumnya

Yang dimaksud disini adalah dimana klaim asuransi perjalanan kamu dapat ditolak jika terbukti kamu pernah diperiksa oleh dokter atau mendapat perawatan atau pengobatan dari dokter selama 1 tahun sebelum perjalanan dengan kondisi medis yang sama. Misalnya, kamu melakukan klaim asuransi perjalanan untuk serangan jantung.

Namun, diketahui bahwa kondisi medis tersebut terjadi karena kondisi medis sebelumnya, maka klaim kamu kemungkinan besar akan ditolak.

Advertisements

6. Terjadi Bencana Alam

Alasan yang terakhir adalah ketika di destinasi yang kamu kunjungi terjadi bencana alam. misalnya , kamu berlibur ke Jepang yang tiba-tiba mengalami gempa bumi sehingga membuat kamu cedera.

Yang perlu kamu tahu, bencana alam termasuk dalam pengecualian yang tidak dapat diklaim oleh perusahaan asuransi perjalanan ke luar negeri. Jadi pastikan untuk memilih destinasi liburan yang aman kondisi geografisnya sehingga dapat menghindari klaim asuransi perjalanan kamu ditolak.

7. Terjadi Serangan Terorisme

Selain bencana alam, serangan terorisme yang terjadi di destinasi liburan kamu dapat menyebabkan klaim asuransi perjalanan ditolak. Misalnya, kamu sedang berlibur ke Paris dan tiba-tiba ada serangan terorisme yang membuat kamu mengalami cedera sehingga harus dirawat di rumah sakit.

Biaya perawatan tersebut tidak dapat diklaim ke dalam asuransi perjalanan ke luar negeri kamu. Oleh karena itu, kamu harus pastikan destinasi yang kamu pilih aman dan stabil ketika hendak dikunjungi.

Traveloka Protect

Traveloka Protect Asuransi Perjalanan

Bagaimana sudah tahu kan sekarang apa saja alasan mengapa klaim asuransi perjalanan ke luar negeri kamu ditolak. Tujuh hal di atas akan membuat kamu mengantisipasi agar tidak mengalami kerugian.

Untuk itu, pastikan memilih asuransi perjalanan ke luar negeri yang terpercaya dan transparan sehingga kamu memiliki semua informasi terkait asuransi perjalanan dengan lengkap.

Untuk mencari asuransi perjalanan ke luar negeri yang praktis dan terpercaya, Traveloka Protect dapat menjamin hal tersebut, dengan fitur sebagai berikut:

  • Ditambah segala jenis transaksi, misalnya untuk asuransi perjalanan ke luar negeri, yang dilakukan pengguna dijamin keamanannya.
  • Selain itu, pengguna juga bisa membuat pengaduan kapanpun selama 24 jam dalam 7 hari selama seminggu saat menggunakan asuransi perjalanan ke luar negeri Traveloka. 
  • Traveloka menanggung biaya kecelakaan pengguna hingga Rp 15 juta.
  • Adapun jika sampai membutuhkan perawatan darurat dan biaya medis, pengguna dapat ditanggung hingga Rp 500 juta.

Baca informasi lebih lengkap di sini.

Advertisements
Advertisements