Advertisements

5 Asuransi Perjalanan Terbaik (Beli Online, Premi Murah)

Advertisements

Asuransi perjalanan adalah proteksi penting dalam travelling jalan – jalan dan menjadi syarat pengurusan visa ke beberapa negara. Apa asuransi perjalanan terbaik di 2019 ? Bagaimana mendapatkan premi murah dan manfaat besar ? Saya review pengalaman mengajukan di 5 asuransi perjalanan terbaik 2019 2020.

Saya bersentuhan dengan asuransi perjalanan saat mengurus visa schengen untuk berlibur ke kota di Eropa 2016. Visa schengen mewajibkan asuransi perjalanan dalam aplikasi visa.

Karena ada banyak pilihan asuransi perjalanan, saya ‘terpaksa’ riset untuk menemukan asuransi dengan premi paling ekonomis dan memenuhi persyaratan proteksi yang diminta visa schengen.

Dalam riset itu, saya menemukan banyak hal menarik soal asuransi perjalanan yang selama ini saya tidak tahu. Hasilnya cukup menarik dan bermanfaat untuk saya tulis pengalaman cari asuransi perjalanan ini dalam satu artikel.

Asuransi Perjalanan

Ketika travelling jalan – jalan, kita menghadapi resiko situasi tidak terduga. Mulai dari yang ringan, pesawat terlambat, kecopetan, hilang paspor sampai yang kompleks seperti masuk rumah sakit atau kecelakaan.

Amit – amit, jangan sampai kejadian tidak enak tersebut menimpa saat Anda lagi bersenang – senang travelling.

Advertisements

Tapi, suka tidak suka, resiko perjalanan tersebut ada. Bisa menimpa siapa saja.

Nah, asuransi perjalanan memberikan proteksi terhadap resiko dalam perjalanan tersebut. Tujuannya, jelas, agar pikiran Anda bisa tenang selama travelling jalan jalan.

Seperti semua produk asuransi lainnya, asuransi perjalanan layaknya menjadi bagian penting dalam pengelolaan keuangan keluarga Anda.

Asuransi perjalanan memproteksi resiko dalam bepergian berikut:

Advertisements
  • Kecelakaan diri. Sejumlah uang santunan akan dibayar untuk kematian, kehilangan salah satu anggota badan, salah satu atau kedua mata, atau kelumpuhan total akibat kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan
  • Biaya pengobatan, gigi dan lainnya.
  • Biaya pengobatan . Penggantian biaya pengobatan yang didapatkan di rumah sakit di Indonesia sebagai lanjutan dari perawatan yang telah didapatkan di luar negeri (maksimum 3 bulan untuk masa perawatan)
  • Pemulangan jenazah ntuk penguburan/kremasi atau pengembalian jenazah kembali ke Indonesia.
  • Keterlambatan Perjalanan. Dalam hal keberangkatan dan kedatangan dari pesawat, kereta api, atau kapal laut yang telah Anda pesan mengalami keterlambatan selama paling kurang enam jam dari jadwal yang terdapat dalam petunjuk perjalanan yang diberikan kepada Anda.
  • Bagasi dan barang milik pribadi. Kehilangan dan kerusakan bagasi Tertanggung termasuk barang-barang di dalamnya dan barang yang dipakai atau dibawa selama Tertanggung melakukan perjalanan akan ditanggung sesuai dengan limit pertanggungan yang tertera di sertifikat polis.
  • Bagasi yang tertunda. Apabila bagasi Anda tertunda selama lebih dari 6 jam dikarenakan kelalaian penanganan pihak penerbangan atau dikarenakan terjadinya pembajakan, asuransi akan menggantikan pengeluaran yang timbul untuk pembelian kebutuhan utama seperti baju ataupun peralatan mandi.
  • Dokumen Perjalanan. Kehilangan uang.

Setelah membaca daftar risiko yang dicover asuransi perjalanan, saya jadi sadar bahwa saat travelling, terutama dalam perjalanan internasional ke luar negeri, banyak resiko yang kita hadapi. Meskipun selama ini perjalanan saya dan keluarga aman – aman saja, tetapi resiko tersebut diatas sebenarnya akan selalu ada.

Disamping soal risiko perjalanan, pengurusan visa di Jakarta ke negara tertentu mewajibkan kepemilikan asuransi perjalanan.

Salah satunya saat Anda mengurus visa Schengen untuk ke negara – negara: AUSTRIA, BELGIA, REPUBLIK CEKO, DENMARK, ESTONIA, FINLANDIA, PRANCIS, JERMAN, YUNANI, HUNGARIA, ISLANDIA, ITALIA, LATVIA, LIECHTENSTEIN, LITHUANIA, LUXEMBOURG, MALTA, BELANDA, NORWEGIA, POLAND, PORTUGAL, SLOVAKIA, SLOVENIA, SPANYOL, SWEDIA, SWISS.

Visa Schengen menetapkan syarat asuransi perjalanan sebagai berikut:

  1. Wajib memiliki asuransi kesehatan dalam perjalanan yang dibuktikan dengan nama pemegang polis
  2. Asuransi harus berlaku di semua negara Schengen dan mencakup keseluruhan waktu kunjungan.
  3. Asuransi mencakup sekurang-kurangnya 30.000 Euro atau IDR 480.000.000 dan mencakup biaya untuk pengobatan medis, rumah sakit dan repatriasi disebabkan karena cacat atau sebab-sebab medis.
  4. Hanya perusahaan-perusahaan asuransi tertentu yang diterima. Lihat daftarnya disini.

Saat proses pengajuan visa, bukti polis asuransi perjalanan dengan coverage yang ditetapkan di atas harus disertakan dalam dokumen formulir visa.

Baca juga – Asuransi Cash Plan, Premi Murah, Bermanfaat

5 Asuransi Terbaik

Ada beberapa asuransi perjalanan yang saya lihat dan perhatikan ‘isi’-nya. Berikut ini reviewnya:

#1 AXA Travel Insurance

AXA Asuransi Perjalanan

Produk asuransi perjalanan AXA adalah AXA Smart Traveller untuk perjalanan ke luar negeri dan AXA Travel Domestik untuk perlindungan asuransi perjalanan domestik dalam negeri.

Asuransi perjalanan AXA memberikan manfaat perlindungan berikut ini:

  • Penundaan Perjalanan. Santunan untuk setiap 6 jam pesawat delay, keterlambatan pada kereta api atau kapal laut (sampai batas maksimum yang tertera dalam sertifikat polis) akibat kejadian diluar kuasa anda. Apabila Tertanggung menginginkan perubahan jadwal, biaya pembatalan dan biaya tambahan lainnya yang timbul akan ditanggung.
  • Perlindungan Bagasi dan Barang Milik Pribadi. Kehilangan dan kerusakan bagasi Tertanggung termasuk barang-barang di dalamnya dan barang yang dipakai atau dibawa selama Tertanggung melakukan perjalanan akan ditanggung sesuai dengan limit pertanggungan yang tertera di sertifikat polis.
  • Pengurangan Perjalanan. Apabila Tertanggung terpaksa mengurangi periode perjalanan Tertanggung dikarenakan hal-hal diluar kekuasaan Tertanggung, AXA akan memberikan penggantian atas pengeluaran perjalanan yang telah dibayar di muka sesuai dengan limit pertanggungan.

Ketika beli asuransi ini, salah satu fitur menarik yang saya lihat adalah polis real-time khusus AXA SmartTraveller. Yang mana saat membeli produk secara online, Anda akan menerima polis real-time di email yang anda daftarkan.

Polis real time sangat membantu karena seringkali kebutuhan untuk mengurus asuransi perjalanan, khususnya untuk kebutuhan visa, datang mendadak sehingga butuh proses yang cepat dan online.

Proses pengajuan aplikasi asuransi perjalanan AXA dilakukan secara online dengan mengisi 4 langkah utama, yaitu (1) mengisi informasi perjalanan soal kemana, kapan dan siapa yang ikut dalam perjalanan; (2) pilihan Plan asuransi yang akan digunakan; (3) data diri dan peserta lain dalam asuransi perjalanan; (4) pembayaran premi.

Setelah proses pembayaran selesai, polis dikirimkan via email. Polis tersebut yang digunakan untuk pengajuan visa.

#2 Zurich

Zurich Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan dari Zurich adalah asuransi yang memberikan perlindungan dari risiko tidak terduga atas kerugian yang Anda hadapi saat perjalanan untuk internasional maupun domestik.

Zurich menawarkan beragam jenis asuransi perjalanan, yaitu:

  • Zurich Passport. Perlindungan Lengkap Perjalanan di Luar Negeri bagi Anda dan Keluarga.
  • Zurich Domestic Travel. Produk ini menjamin perjalanan liburan, wisata ataupun bisnis bagi perorangan, keluarga maupun secara kumpulan di dalam negeri dalam satu polis.
  • Zurich Umrah dan Haji. Memberikan Perlindungan bagi Anda Selama Menunaikan Ibadah Umrah dan Haji. Produk Ini Hanya Berlaku untuk Grup dengan Minimum Jumlah Peserta 10 orang. Batas Usia Peserta untuk Produk ini adalah 1-80 Tahun.
  • Zurich Holy Land. Memberikan Perlindungan Bagi Anda Selama Berada di Holy Land. Produk Ini Hanya Berlaku untuk Grup dengan Minimum Jumlah Peserta 10 Orang. Batas Usia Peserta untuk Produk Ini adalah 1-80 Tahun.

Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui Zurich Click.

Related Post

Proteksi Zurich Click atas resiko perjalanan Anda meliputi:

  • Pembatalan Perjalanan Anda. Membayar tiket dan akomodasi yang telah dibayar dimuka.
  • Penundaan Perjalanan Anda. Memberikan kompensasi jika terjadi penundaan perjalanan.
  • Keterlambatan Bagasi. Kompensasi jika terjadi penundaan bagasi.
  • Perlindungan Kecelakaan Diri. Membayar manfaat jika Anda menderita cedera selama perjalanan.
  • Santunan Tunai Harian Untuk Rawat Inap di Luar Negeri
  • Perpanjangan Periode Polis Secara Otomatis. Kami akan melakukan perpanjangan polis secara otomatis 30 hari kedepan setelah periode polis berakhir, jika wisatawan sakit yang cukup serius tanpa tambahan premi.
  • Biaya Tiket Untuk Kunjungan Anggota Keluarga. Kami akan membayar tiket pulang pergi kelas ekonomi untuk mendatangkan 1 orang pihak keluarga jika wisatawan harus dirawat inap di luar negeri selama perjalanan minimal 7 hari berturut-turut.
  • Biaya Akomodasi Untuk Kunjungan Anggota Keluarga.
  • Evakuasi Medis Darurat. Melakukan evakuasi medis darurat ke rumah sakit.
  • Perjalanan Kunjungan Kematian. Jika wisatawan meninggal dunia akibat cedera atau sakit di luar negeri selama perjalanan.

#3 Allianz

Allianz Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan Allianz, New TravelPro, adalah asuransi yang memiliki jangkauan Greater Asia, Pasifik & Schengen, dan Worldwide dengan durasi perjalanan Anda 1-31 hari dengan maksimal durasi perjalanan 183 hari dan berlaku premi khusus untuk tambahan durasi perjalanan.

Perusahaan asuransi Allianz menetapkan wilayah pertanggungan mencakup seluruh dunia, kecuali perhatikan beberapa negara tidak di cover, yaitu: Afghanistan, Kongo, Kuba, Iran, Irak, Liberia, Sudan, Suriah dan Ukraina.

Allianz menyediakan proteksi perjalanan berikut ini:

  • Penggantian kerugian bila harus batal melakukan perjalanan maupun bila harus mempersingkat perjalanan.
  • Penggantian untuk kehilangan dan kerusakan bagasi saat melakukan perjalanan.
  • Santunan untuk penundaan penerbangan dan bagasi, mulai dari 4 (empat) jam berturut-turut penundaan.
  • Penggantian pengeluaran untuk pengurusan untuk kehilangan dokumen perjalanan.
  • Perlindungan biaya medis akibat sakit atau kecelakaan dengan metode cashless untuk rawat inap rumah sakit dengan kondisi yang dijamin dalam polis.
  • Layanan evakuasi darurat dan repatriasi (pemulangan jenazah).
  • Advertisements

Anda dapat mengambil asuransi ini jika menetap dan bekerja di Indonesia dapat membeli produk Allianz TravelPro, dengan usia: Anak-anak usia 14 hari – 17 tahun (sebelum usia 18 tahun); Dewasa usia 18 tahun – 69 tahun (sebelum usia 70 tahun); Usia lanjut usia 70 tahun – 84 tahun (sebelum usia 85 tahun).

Lama maksimum perjalanan adalah 183 hari dan minimum uang pertanggungan: Rp250.000,- serta maksimum uang pertanggungan: Tidak Terbatas.

Persyaratan penting adalah:

  1. Tertanggung harus merupakan WNI atau yang bekerja di Indonesia, dibuktikan dengan identifikasi yang berlaku seperti: KTP, KITAS, KITAP, Visa Kunjungan jangka waktu lama, atau Kartu Mahasiswa.
  2. Memulai dan mengakhiri perjalanan di Indonesia (untuk perjalanan pulang-pergi).
  3. Telah membayar premi sepenuhnya.
  4. Telah membeli polis sebelum Tertanggung meninggalkan wilayah Indonesia.

Klaim bisa dengan 3 pilihan cara, yaitu:

  • Hubungi AllianzCare 1500 136
  • Untuk keadaan darurat di luar negeri hubungi Allianz Partner +65 6535 5833
  • Melalui www.allianz.co.id/klaimtravel

Adanya fasilitas klaim online membantu proses pengajuan klaim lebih mudah dan tidak ribet. Anda perlu mengisi form dan melampirkan dokumen pendukung secara online.

Baca juga – Asuransi Mobil Premi Murah Terjangkau

#4 Traveloka Protect

Asuransi Perjalanan Traveloka
Advertisements

Traveloka menawarkan asuransi perjalanan Anda, Traveloka Protect, yang memiliki sejumlah fitur asuransi yang menarik, yaitu:

  • Perlindungan Keterlambatan Penerbangan. Segala gangguan yang terjadi pada rencana penerbangan Anda ditanggung hingga Rp7,5 juta.
  • Cakupan Kecelakaan Diri. Kecelakaan yang terjadi saat perjalanan Anda ditanggung hingga Rp15 juta.
  • Pertanggungan Biaya Medis. Ada tanggungan biaya pengobatan hingga Rp 500 juta.
  • Perlindungan Bagasi Hilang. Segala barang yang hilang atau rusak dapat diklaim hingga Rp15 juta.

Anda bisa mengajukan Traveloka Protect lewat aplikasi mobile travel online ini yang diunduh di PlayStore.

Unduh Traveloka App sekarang atau perbarui Traveloka App Anda ke versi terbaru. fitur terbaru ini bisa Anda temukan di bagian menu “Panduan Travel & Add-on”.

Ketentuan asuransi perjalanan di Traveloka adalah:

  1. Asuransi Perjalanan hanya tersedia untuk dibeli bagi WNI atau pemegang Izin Tinggal berusia 18 – 80 tahun.
  2. Anda tidak akan mendapatkan Poin dari pembelian Asuransi Perjalanan.
  3. Refund tidak tersedia untuk Asuransi Perjalanan. Jika Anda ingin membatalkan perjalanan Anda dan asuransi Anda melindungi pembatalan perjalanan, maka Anda dapat mengajukan klaim.
  4. Sebagai bagian dari kontrak asuransi, ikhtisar polis mengidentifikasi tertanggung, detail perlindungan, jumlah perlindungan, serta Syarat & Ketentuan. Ikhtisar polis akan dikirimkan kepada Anda melalui email setelah Anda menyelesaikan pembayaran di Traveloka. Silakan cek kotak spam/junk jika Anda tidak menemukan email tersebut di kotak masuk Anda.

Klaim Asuransi Perjalanan Ditolak

Kenapa klaim asuransi perjalanan ditolak ?

Dalam asuransi, hal yang kita sebagai pemegang polis wajib perhatikan dan baca baik – baik soal ketentuan dalam polis. Apa klausul yang tidak boleh dilanggar dan harus patuh diikuti agar jika terjadi resiko maka proses klaim berjalan lancar.

Setelah membaca polis secara cermat, ada beberapa hal tidak ditanggung dalam perjalanan yang Anda lakukan oleh asuransi perjalanan.

Di bawah ini adalah gambaran umum mengenai hal-hal yang tidak ditanggung, daftar yang lebih lengkap dan menyeluruh dapat ditemukan dalam Ketentuan Polis, antara lain, yaitu:

  • Aksi terorisme yang menggunakan Nuklir, Bahan Kimia dan Biologi;
  • Perang atau tindak peperangan, baik yang dinyatakan atau tidak, invasi, musuh asing, perang sipil, kerusuhan sipil, pemberontakan, revolusi, kebangkitan, tindakan militer atau kekuatan lainnya;
  • Tertanggung yang bertindak sebagai anggota penegak hukum, petugas medis darurat atau pemadam kebakaran, anggota pertahanan sipil atau anggota militer untuk negara apapun atau lembaga internasional manapun, baik secara full time maupun sebagai relawan;
  • Tertanggung tengah terlibat dalam kegiatan olah raga professional, dimana penghasilan Tertanggung secara substansial tergantung kepada pendapatan yang diperoleh dari permainan olahraga yang Tertanggung lakukan;
  • Tertanggung terlibat dalam kegiatan olah raga bermotor sebagai penunggang motor, pengemudi dan/atau penumpang;
  • Suatu kondisi bagaimanapun yang merupakan atau yang diakibatkan oleh komplikasi infeksi Sindrom Kekurangan Kekebalan Tubuh (“HIV”), serta variasinya termasuk Acquired Immune Deficiency Syndrome (atau ‘AIDS’), serta berbagai komplikasi yang terkait dengan AIDS (‘ARC’), atau suatu infeksi oportunistik apapun dan/atau neoplasma ganas (tumor) yang terkait dengan HIV, AIDS atau ARC;
  • Suatu kondisi bagaimanapun yang merupakan, atau yang disebabkan oleh, komplikasi kehamilan, melahirkan, keguguran (kecuali keguguran yang bersifat kecelakaan) atau abortus, mabuk karena alkohol atau narkoba yang digunakan tanpa resep Dokter;
  • Dilakukannya tindakan melawan hukum (atau kelalaian) oleh Tertanggung atau siapapun termasuk para pelaksana, administratur, penerima hak waris atau kuasa pribadi dari Tertanggung tersebut, kerugian yang disebabkan langsung atau tidak langsung dari tindakan yang dilakukan oleh Instansi Pemerintah termasuk tindakan pengambilalihan, penyitaan, penghancuran atau pembatasan;
  • Tertanggung terlibat dalam kegiatan penerbangan/aviasi, kecuali jika sebagai penumpang komersial pada, naik ke atau turun dari pesawat bersayap tetap dan/atau helikopter yang disediakan dan dioperasikan oleh suatu perusahaan penerbangan reguler berjadwal atau perusahaan carter swasta yang tidak berjadwal yang memiliki izin sah untuk memberikan jasa transportasi reguler kepada para penumpang komersial;
  • Kondisi Medis Sebelumnya, berarti, (a) suatu kondisi yang sebelumnya pernah diperiksa oleh Dokter atau pernah mendapat perawatan atau mendapat pengobatan dari dokter selama 12 (dua belas) bulan sebelum Perjalanan; atau(b) suatu kondisi yang mana, dari tanda-tanda atau gejala-gejalanya, seseorang dalam keadaan tersebut diharapkan dapat mengetahui kondisi tersebut selama 12 (dua belas) bulan sebelum Perjalanan.
  • Advertisements
  • Adanya kelalaian atau pelanggaran atas suatu peraturan pemerintah atau kelalaian oleh Tertanggung untuk melakukan tindakan-tindakan pencegahan yang wajar untuk menghindari munculnya suatu klaim berdasarkan Polis ini padahal telah ada peringatan tentang akan adanya pemogokan, keributan atau kerusuhan sipil melalui atau oleh media massa;
  • Tertanggung tidak melaksanakan upaya-upaya yang wajar untuk melindungi harta kekayaannya atau untuk menghindari suatu kerugian atau meminimalisir klaim berdasarkan Polis ini;
  • Suatu kondisi yang merupakan, atau yang diakibatkan oleh atau yang terkait dengan Bunuh Diri atau percobaan bunuh diri atau upaya mencederai diri sendiri dengan sengaja;
  • Gangguan-gangguan mental atau syaraf, termasuk, namun tidak terbatas kepada, kondisi gila;
  • Tertanggung terlibat dalam tugas operasi angkatan laut, militer atau udara atau pengujian atas suatu jenis alat angkut atau saat dipekerjakan sebagai petugas manual atau pada saat terlibat dalam kegiatan-kegiatan di laut seperti menyelam, kegiatan anjungan minyak, pertambangan atau pemotretan udara atau menangani bahan peledak atau kerusakan atas peralatan yang disewa atau sewa beli;
  • Suatu kondisi bagaimanapun yang merupakan, atau yang disebabkan oleh atau yang terkait dengan penyakit kelamin;
  • Olahraga dan kegiatan olahraga yang ekstrim/berbahaya; Olahraga ski di area yang tidak ditandai atau tanpa patroli (backcountry);
  • Arung jeram pribadi dengan tingkat/level 4 dan ke atas ; Panjat tebing atau mendaki gunung (termasuk kegiatan menjelajahi gunung) dengan ketinggian dari 3000 meter diatas permukaan laut;
  • Kegiatan menyelam kecuali Anda memiliki sertifikasi PADI (atau kualifikasi yang diakui setara) atau ketika menyelam didampingi dengan instruktur yang bersertifikat. Dalam kondisi ini maksimal kedalaman yang diatur adalah sebagaimana tercantum dalam sertifikasi PADI Anda (atau kualifikasi yang diakui setara) tetapi tidak lebih dari tiga puluh (30) meter dan Anda tidak diperbolehkan untuk menyelam seorang diri; atau

Perbandingan Premi (Sebelum Beli)

Premi Online Asuransi Perjalanan

Satu hal yang saya lakukan sebelum memutuskan membeli salah satu asuransi perjalanan adalah membandingkan premi diantara asuransi.

Karena sebagian besar asuransi sudah membuka pendaftaran lewat online, tidak perlu lagi menghubungi langsung, saya bisa membuat perbandingan dengan cukup mudah.

Yang penting Anda siapkan saat akan membuat simulasi adalah tujuan pergi ke negara mana, lama bepergian dengan tanggal, sendiri atau keluarga dan jumlah anggota keluarga yang ikut.

Berbekal informasi tersebut, Anda akan bisa mendapatkan informasi premi dari masing – masing perusahaan asuransi.

Yang perlu diperhatikan adalah . perbandingan antara premi dan manfaat yang diterima karena perbedaan harga biasanya dipicu oleh perbedaan manfaat dan coverage proteksi.

Lihat juga apakah manfaat yang diberikan memang sesuai dengan tujuan Anda mengambil asuransi, misalnya untuk kebutuhan visa ada minimum persyaratan.

Kesimpulan

Asuransi perjalanan memberikan peace of mind saat Anda akan melakukan perjalanan. Melindungi resiko yang mungkin muncul dalam travelling.

Ada banyak pilihan perusahaan asuransi untuk Anda dalam perjalanan. Pilih terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Pastikan dengan melakukan perbandingan harga premi sebelum membeli untuk dapatkan fitur terbaik dan best value for money !

Advertisements