Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Muamalat DIN Syariah Mobile Banking Review

Daftar Isi

Muamalat DIN Syariah Mobile Banking Review

Muamalat DIN (Digital Islamic Network) Syariah adalah aplikasi mobile banking yang diluncurkan oleh bank Muamalat pada tahun 2019. Aplikasi ini menjadi pembaharu dari aplikasi sebelumnya yang bernama Muamalat Mobile Banking.

Review kami soal aplikasi digital banking berbasis Syariah ini soal cara daftar, fitur, kelebihan dan kelemahan aplikasi ini.

Bank Muamalat menjadi bank syariah pertama di Indonesia, sehingga sudah menjadi bank kepercayaan umat Islam. Ada banyak fitur islami yang bisa langsung diakses seperti sedekah, zakat, kalkulator zakat. Dan masih banyak lagi.

Tidak hanya unggul dalam fitur islami, Muamalat DIN juga sangat update dalam menyediakan fitur kekinian. Seperti top up e-wallet, pembayaran e-commerce, pembayaran telepon, dan pembayaran VA (Virtual Account).

Sejak diluncurkan pada tahun 2019, Muamalat DIN terus memberikan inovasi baru dan pelayanan terbaiknya kepada para nasabah. Hal ini bisa langsung dirasakan saat nasabah mengakses aplikasi mobile bankingnya.

Jika Anda masih belum memiliki akun Muamalat DIN dan hendak membuat akun baru, simak beberapa informasi seputar pendaftarannya berikut ini.

Cara Daftar Muamalat DIN

Cara Daftar Muamalat DIN

Ada dua cara daftar Muamalat DIN, yaitu bagi pengguna baru yang belum memiliki rekening Muamalat dan bagi yang sudah punya akun rekening. Nasabah yang belum mempunyai akun rekening, dapat langsung membuatnya dengan mudah melalui aplikasi.

Berikut adalah dua cara daftar aplikasi mobile banking Muamalat DIN:

  1. Nasabah baru yang belum punya akun rekening
    1. Install aplikasi Muamalat DIN dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store
    2. Pilih menu “Buka Rekening” yang ada di halaman depan
    3. Isi data rekening dan data pendukung (e-KTP, foto selfie, NPWP, dan foto TTD)
    4. Nasabah akan diarahkan untuk melakukan video call atau e-KYC bersama tim SalaMuamalat untuk verifikasi data
    5. Pembuatan rekening berhasil.
    6. Kunjungi kantor cabang terdekat untuk melakukan aktivasi rekening.
  2. Nasabah yang sudah punya akun rekening Muamalat
    1. Buka aplikasi lalu klik “daftar”
    2. Lengkapi data nomor rekening, pin atm, nomor ponsel aktif, captcha, klik TnC, dan klik “lanjut”
    3. Buat user id dan password lalu konfirmasi ulang password
    4. Masukkan alamat email aktif
    5. Masukkan kode referral (optional)
    6. Masukkan kode OTP yang dikirim melalui sms
    7. Buat TIN yang terdiri dari 6 digit angka
    8. Pendaftaran selesai.

Cara Login Aplikasi Muamalat DIN

Cara Login Aplikasi Muamalat DIN

Jika sudah melakukan pendaftaran mobile banking dan aktivasi rekening, nasabah bisa langsung mengakses fitur-fitur Muamalat DIN. Setiap transaksi harus dilakukan dengan login atau memasukkan user id dan password, pastikan nasabah selalu mengingat password.

Muamalat DIN juga menyediakan fitur login via finger print atau pemindai sidik jari, sehingga nasabah tidak perlu repot mengingat username dan password. Hanya perlu menempelkan sidik jari pada kolom layar atau navigasi, akun Anda sudah ter-login.

Nasabah bisa mengatur fitur login ini dengan masuk ke pengaturan aplikasi dan cari pilihan “keamanan”. Smartphone yang digunakan juga harus mendukung fitur fingerprint, karena tidak semua smartphone memiliki fitur ini.

Keunggulan Fitur Muamalat DIN

Muamalat DIN tidak hanya menyediakan fitur finansial, aplikasi ini juga menyediakan fitur non finansial. Banyak fitur islami yang dapat diakses dan memudahkan para penggunanya dalam mendapat informasi.

Berikut adalah beberapa fitur unggulan yang ada di aplikasi Muamalat DIN:

1. Fitur Islami

Sesuai dengan namanya Muamalat Digital Islamic Network, aplikasi mobile banking ini tentu menyediakan fitur-fitur islami. Seperti amal, zakat, dan haji yang dapat memudahkan nasabah dalam bersedekah.

2. Konten Islami

Tidak hanya fitur finansia, Muamalat DIN juga menyediakan fitur non finansial berupa konten-konten islami. Konten tersebut berupa kompas kiblat, waktu shalat, kalkulator zakat, dan masih banyak lagi.

3. Promo

Salah satu keunggulan menggunakan mobile banking yaitu selalu mendapat info update, termasuk informasi tentang promo. Nasabah bisa mengecek promo apa saja yang sedang diadakan oleh Muamalat melalui mobile banking dengan mudah.

4. Bayar dan Isi Ulang Lengkap

Top up e-wallet, bayar tagihan listrik, beli pulsa, beli token listrik semuanya sudah tersedia lengkap di aplikasi mobile banking Muamalat. Bank ini sudah banyak bekerja sama dengan biller besar dan kekinian, sehingga nasabah tidak bingung lagi untuk transaksi.

Semuanya sudah tersedia lengkap di aplikasi mobile banking Muamalat

5. Bayar Pakai QR

Muamalat DIN juga sudah memiliki fitur scan QR untuk pembayaran, fitur ini merupakan inovasi baru dalam keuangan. Anda hanya perlu melakukan scan kode QR untuk membayar sesuatu, tidak perlu lagi repot membawa uang cash kemana-mana.

Kelemahan Aplikasi Muamalat DIN

Muamalat DIN memiliki rating bagus yang diberikan oleh para pengguna Android dan iOS. Namun, beberapa pengguna menyampaikan komentarnya mengenai keluhan saat menggunakan aplikasi.

Hal ini dapat termasuk ke dalam kelemahan aplikasi yang dirasakan langsung oleh para pengguna. Beberapa nasabah mengeluhkan transaksi error, dimana status transaksi berhasil namun penerima belum menerimanya, sedangkan saldo sudah terpotong.

Masalah lain yang dialami oleh nasabah, yaitu kendala saat melakukan login dan pendaftaran. Mereka mengeluhkan tidak bisa verifikasi e-KTP maupun KK, sehingga proses pendaftaran tidak bisa dilanjutkan.

Tidak hanya itu, beberapa pengguna juga mengeluhkan tidak bisa login saat hendak melakukan transaksi. Kendala ini paling banyak dikeluhkan oleh para pengguna, karena mereka akhirnya tidak bisa mengakses apapun.

Jika mengalami kendala error, Anda bisa langsung menghubungi Customer Service bank Muamalat. Terutama untuk kasus transfer error dimana saldo sudah terpotong namun penerima belum menerimanya.

Sedangkan untuk error login, hal ini biasanya terjadi karena koneksi internet yang kurang stabil. Lebih baik hindari penggunaan wifi dan gunakan data pribadi untuk mengakses Muamalat DIN.

Penggunaan wifi saat mengakses mobile banking juga cukup berbahaya, karena data dalam smartphone Anda rawan diretas. Terutama wifi yang digunakan merupakan fasilitas umum, sebaiknya hindari penggunaan tersebut demi keamanan data.

Bagaimana Aplikasi Muamalat DIN Saat Ganti HP

Mungkin banyak nasabah yang bertanya-tanya, bagaimana jika ganti hp apakah aplikasi Muamalat DIN bisa langsung login? Jawabannya tidak, nasabah harus melakukan verifikasi ulang seperti saat pertama kali menginstall aplikasi.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menelepon call center atau SalaMuamalat untuk melakukan konfirmasi. Hal ini sangat diperlukan, karena kendala login di hp baru rawan terjadi.

Nasabah harus menelepon call center untuk melakukan laporan dan verifikasi nama, tanggal lahir, nomor rekening, dan data lainnya. Call center Muamalat tersedia 24 jam bahkan ketika hari libur, sehingga nasabah bisa menghubunginya kapan saja.

Langkah ini juga dilakukan demi menjaga keamanan data rekening pada mobile banking. Jika sudah selesai melakukan konfirmasi dan verifikasi, Anda bisa langsung melakukan prosedur login mobile banking seperti semula.

Pelayanan Muamalat DIN siap sedia menjawab keluhan nasabah setiap waktu, Anda bisa menghubunginya kapan saja. Aplikasi ini dapat menjadi sahabat finansial syariah yang handal.

Alamat Kantor, CS Call Center

Bagi Anda yang melakukan pergantian perangkat seluler, silakan datang ke Kantor Cabang atau hubungi SalaMuamalat.

Untuk bantuan lebih lanjut silakan hubungi SalaMuamalat di 1500016 atau kunjungi www.bankmuamalat.co.id

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait