Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Gopay Aplikasi Review 2022 | Cara Daftar, Top Up, Kelebihan Kelemahan, Apakah Aman

  • Ditulis Oleh
  • R Mauli
  • 15 Februari 2022

Daftar Isi

Gopay Aplikasi Review Jujur | Cara Daftar, Top Up, Bisa untuk Apa

Review Gopay 2022 soal cara daftar, top up, manfaat, kelebihan dan kelemahan aplikasi ini. Tertarik untuk menggunakannya? Inilah ulasan lengkap tentang Gopay

Kelebihan Gopay sebagai dompet digital adalah menjawab keinginan untuk bertransaksi non tunai secara praktis dan aman, terlebih promo, fitur, paylater serta interaksi dengan ekosistem (Jago, Tokopedia, HaloDoc) yang memanjakan pengguna. Namun, kekurangan GoPay adalah kurang promo dan fasilitas buat pengguna jika dibandingkan dengan aplikasi dompet digital milik pesaing yang jauh lebih agresif.

Gopay adalah salah satu platform pembayaran digital yang cukup populer digunakan oleh masyarakat masa kini dan jika saldo Gopay tidak mencukupi, pengguna juga bisa melakukan top up Gopay dengan berbagai cara yang mudah.

Teknologi ini cukup memudahkan orang-orang yang menyukai pembayaran digital praktis agar nggak perlu khawatir untuk bawa-bawa dompet kemanapun pergi.

Tertarik untuk pakai Gopay? Inilah ulasan lengkap tentang Gopay, termasuk rekomendasi cara top up Gopay nggak pake ribet.

Apakah GoPay Aman, Terdaftar Resmi di OJK

Gopay aman dan terdaftar resmi di Bank Indonesia dan OJK sebagai penyedia layanan dompet eletronik di Indonesia. Berada dibawah Gojek, GoPay dipastikan punya izin resmi.

Apa Itu Gopay

Gojek adalah aplikasi yang menyediakan layanan transportasi online, sementara Gopay adalah dompet digital yang bisa digunakan untuk pembayaran layanan Gojek.

Gojek dan Go Pay bisa diakses pengguna dalam aplikasi Gojek. Sehingga, bisa dikatakan jika pengguna menginstall aplikasi Gojek, otomatis mereka bisa mengakses Gopay di dalamnya.

Meskipun berfungsi sebagai dompet digital namun Gopay memberi batasan saldo maksimal bagi penggunanya. Untuk pengguna yang belum terverifikasi memiliki batas maksimal saldo sebesar Rp 1.000.000,- , sementara itu pengguna yang telah terverifikasi memiliki limit saldo maksimal Rp 5.000.000,-.

Apa Itu Gopay

Gopay Bisa Untuk Apa Saja

Awalnya, Gopay dibuat agar pengguna bisa menyelesaikan transaksi dari layanan Gojek dengan lebih praktis. Namun, dengan adanya berbagai inovasi, pengembang aplikasi merancang agar Gopay bisa untuk apa saja.

Ya bisa dikatakan, dengan adanya Gopay, pengguna nggak perlu khawatir cari uang pas untuk melakukan suatu transaksi.

Berikut ini berbagai transaksi pembayaran yang bisa dibayar melalui Gopay.

1. Pembayaran Gojek/Gosend/Gofood

Pengguna bisa mengaktifkan fitur pembayaran menggunakan Gopay untuk menikmati kemudahan ini. 

Selain menjadi metode pembayaran yang praktis, aplikasi Gojek juga sering memberikan promo berupa voucher bagi pengguna yang membayar layanan Gojek/Gosend/Gofood menggunakan Gopay. 

Pembayaran Gojek/Gosend/Gofood

2. Tarik Tunai untuk Pengguna Upgrade ke Gopay Plus

Saat kepepet butuh uang tunai tapi nggak punya saldo di ATM, pengguna nggak perlu ragu untuk memanfaatkan fitur cash out dari Gopay. Pilih nominal uang tunai yang akan diambil dan lakukan tarik tunai dari ATM BCA terdekat. 

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna wajib untuk upgrade ke akun Gopay Plus dan bersedia dikenai biaya admin sebesar Rp 5.000,-.

Tarik Tunai untuk Pengguna Upgrade ke Gopay Plus

3. Membayar Tagihan dan Biaya Langganan Platform Digital

Dengan Gopay, pengguna bisa bayar segala macam tagihan tanpa perlu keluar rumah. Gunakan fitur Go Tagihan yang ada di dalam Gopay untuk lakukan pembayaran praktis dan aman. Adapun berbagai macam tagihan yang bisa dibayar dengan Gopay antara lain, adalah; BPJS Kesehatan, Indihome, listrik, pascabayar, Pegadaian, dan lain-lain.

4. Pembayaran Non Tunai di Merchant Memiliki QRIS

QRIS adalah inovasi pembayaran non tunai masa kini yang bisa diakses di seluruh Indonesia. Pengguna bisa melakukan pembayaran transaksi secara praktis hanya dengan scan kode QR yang terpasang di meja kasir, lalu masukkan nominal pembayaran pada halaman yang terbuka.

Dengan adanya fitur “pay” yang tersedia di Gopay, pengguna bisa melakukan pembayaran QRIS dengan mudah. 

5. PayLater 

GoPay Later adalah fasilitas pinjaman jangka pendek yang diberikan oleh Gojek. Fasilitas ini tersedia di saat kita akan melakukan pembayaran dengan GoPay.

GoPay Later akan memberikan limit yang nanti bisa digunakan untuk menunda pembayaran selama maksimum 1 bulan.

Limit GoPayLater adalah batas maksimum penggunaan GoPayLater yang dapat dihabiskan untuk transaksi setiap bulannya. Setiap melakukan transaksi menggunakan GoPayLater, nominal saldo limit GoPayLater akan berkurang dan masuk ke total tagihan yang harus dilunasi paling lambat di akhir bulan

Proses pengajuan sangat mudah. Tinggal ajukan GoPay Later di aplikasi Gojek dan jika disetujui pengguna akan mendapatkan limit kredit.

Daftarnya gak pake ribet, sesuai peraturan OJK, kita hanya perlu siapin e-KTP & selfie.

Limit kredit PayLater tersebut bisa digunakan untuk membayar semua transaksi dengan GoPay. Jadi daripada harus membayar sekarang, dengan GoPay Later, kita bisa bayar 1 bulan kemudian.

Tidak ada proses verifikasi kantor dan pekerjaan, tidak diminta slip gaji dan tidak ada ketentuan harus karyawan tetap.

Untuk bunga dan biaya, berlaku ketentuan sebagai berikut:

Pertama, sewaktu kita memilih GoPay Later untuk membayar maka langsung kena biaya admin sebesar Rp 25 ribu flat berapapun jumlah pinjaman yang kita ambil.

Kedua, kalau di saat jatuh tempo, kita tidak membayar lunas pinjaman maka akan kena bunga yang dihitung per hari sebesar Rp 2 ribu per hari, yang dihitung pada hari ke-6 sejak jatuh tempo (ada grace period 5 hari) dan denda tidak lebih besar dari nilai transaksi.

GoPay Later Cicilan Tanpa Kartu Kredit

6. Integrasi dengan Bank Jago

Gojek melakukan kolaborasi dengan Bank Jago karena pemegang saham kedua entitas ini sama. Apa yang bisa dilakukan ?

Pemegang GoPay bisa membuka rekening tabungan Bank Jago dengan cukup lewat HP. Fitur yang ditawarkan bank digital ini adalah:

  • Bunga 7% dan hadiah 100 ribu. Bunga tabunganya termasuk tinggi di pasar.
  • Tidak minimum deposit. Sangat membantu buat segmen pasar pemegang GoPay
  • Tidak ada biaya admin. Ini melegakan karena saldo tidak akan tergerus untuk bayar biaya
GoPay dan Bank Jago Tabungan

Cara Daftar Gopay

Daftar Gopay bisa dilakukan dengan mudah, lho. Cara mudah buat akun Gopay berikut ini.

  1. Download aplikasi Gojek yang ada di Google Play/App Store, lalu buka aplikasinya
  2. Klik tombol “daftar” untuk membuat akun baru
  3. Masukkan data-data yang diminta, termasuk nomor HP aktif pada kolom yang tersedia
  4. Pengguna akan menerima kode OTP ke nomor HP yang tertulis
  5. Masukkan kode OTP ke aplikasi Gojek, sesuai instruksi yang diberikan
  6. Akun GoPay sudah siap digunakan

Cara Top up Gopay

Lakukan top up/isi ulang saldo Gopay agar transaksi Gopay bisa berjalan lancar dan bayar-bayar jadi makin praktis.

Inilah 8 cara mudah untuk isi saldo Gopay, kapanpun dibutuhkan.

Cara Top up Gopay

1. Top Up via Driver Gojek

Kamu bisa lakukan pengisian saldo Gopay, langsung dari driver Gojek. Cara isi ulang ini bisa dilakukan jika driver memiliki saldo Gopay sesuai permintaan pengguna dan pengguna memiliki uang tunai untuk mengisi saldo Gopay. Simak cara selengkapnya berikut ini.

  1. Lakukan pemesanan layanan Gojek (Go ride, Gocar, GoMart)
  2. Minta driver untuk mengisikan saldo Gopay. Nominal pengisian tersedia sesuai permintaan pengguna.
  3. Pengguna akan memberikan uang tunai kepada driver sesuai dengan nominal Gopay yang diminta.
  4. Selesai, pengguna akan segera menerima saldo Gopay dari driver. Pengisian saldo melalui driver Gojek, tidak dikenai biaya admin, lho!

2. Minimarket 

Pengisian saldo Gopay juga bisa dilakukan dengan mudah di berbagai minimarket yang telah menjadi partner Gopay, seperti Lawson, Alfamart, Alfamidi, dan Dan+Dan. Inilah cara mudah top up Gopay dari minimarket.

  1. Pergi ke kasir minimarket dan minta ke kasir untuk mengisikan saldo Gopay
  2. Berikan nomor HP yang terdaftar di aplikasi Gojek agar kasir bisa memproses isi saldo
  3. Pilih nominal yang tersedia.
  4. Pengisian saldo melalui minimarket akan dikenai biaya admin Rp 2.000,-
  5. Berikan sejumlah uang ke kasir sesuai dengan nominal isi ulang beserta biaya admin
  6. Pengisian sukses dan pengguna akan menerima saldo Gopay

3. BCA One Klik

Pengguna BCA nggak perlu ragu untuk menggunakan cara pembayaran yang praktis dan aman dengan BCA One Klik dalam rangkaian langkah mudah berikut ini.

  1. Buka aplikasi Gojek dan klik menu “Top up” yang ada di halaman utama
  2. Pilih halaman “instan” dan nominal isi saldo yang tersedia
  3. Pilih Kartu BCA yang akan digunakan
  4. Klik “lanjut” kemudian “konfirmasi & bayar”
  5. Masukkan pin Gopay
  6. Transaksi selesai
BCA One Klik

4. Top up Dimanapun, Kapanpun M-banking

Cara isi saldo Gopay melalui M-banking tersedia di beragam jaringan perbankan yang ada di Indonesia. Umumnya pengguna bisa melakukan pengisian saldo melalui M-banking dengan cara transfer ke virtual account.

Masukkan kode virtual account Gopay yang tersedia dari masing-masing bank yang dimiliki, diikuti dengan nomor handphone yang terdaftar di aplikasi Gojek.

5. Mesin ATM

Tidak ada salahnya jika pengguna lebih menyukai cara konvensional untuk isi saldo Gopay dari ATM. Saat ini, Gopay telah bekerja sama dengan lebih dari 10 jaringan perbankan di Indonesia untuk mendukung isi saldo melalui ATM.

Untuk mengisi saldo melalui ATM, pengguna bisa pilih menu transfer virtual account dengan format Kode Virtual Account Gojek+Nomor handphone yang terdaftar pada aplikasi Gojek. Dengan memilih cara ini, pengguna akan dikenai biaya admin Rp 1.000,-.

6. Internet Banking

Bagi pengguna yang lebih menyukai pembayaran praktis dengan internet banking, cara pengisian saldo Gopay yang satu ini sangat saya rekomendasikan. 

Gunakan aplikasi/web internet banking dari bank yang digunakan, kemudian pilih menu transfer ke virtual account atau sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh bank milik pengguna. 

Masukkan kode virtual account Gojek, diikuti dengan nomor HP yang terdaftar di aplikasi Gojek.

7. SMS Banking

SMS banking jadi pilihan pembayaran aman bagi pengguna yang masih ragu untuk beralih ke internet banking. Sayangnya, saat ini pengisian saldo Gopay melalui SMS banking hanya bisa dilakukan oleh pemilik rekening BRI, BNI, Maybank Indonesia, CIMB Niaga, BRI Syariah, dan BJB.

8. Top Up Gopay Metode Lain

Banyak metode lainnya yang terhubung dengan fitur pengisian saldo Gopay, yaitu:

  1. Pengisian dari aplikasi Bank Digital
  2. Menghubungkan aplikasi Gojek dengan Bank Jago, dan lain-lain

Kelebihan Gopay

Dari pengalaman menggunakan aplikasi ini, beberapa kelebihan yang kami rasakan adalah:

1. Punya Fitur History untuk Evaluasi Pengeluaran

Dengan menggunakan dompet elektronik, terkadang saya merasa lebih impulsif ketika harus membayar sesuatu. Pasalnya, dengan transaksi tunai, saya bisa melihat secara nyata berapa sisa uang yang saya miliki.

Tapi dengan dompet elektronik, saya sering merasa mudah untuk berbelanja tapi kaget juga kalau tiba-tiba saldonya berkurang banyak. Nah, pengguna yang merasakan hal yang sama dengan saya, wajib banget memanfaatkan fitur History.

Fitur ini merekam segala transaksi yang saya lakukan dengan Gopay. Buat saya, fitur ini sangat membantu untuk mengevaluasi pengeluaran agar tidak terjebak untuk menggunakan Gopay secara impulsif.

2. Banyak Promo

Karena Gopay tersambung dengan aplikasi Gojek, maka wajar saja jika pengguna Gopay bisa merasakan berbagai promo yang diberikan oleh pengguna aplikasi Gojek. Banyak promo yang ditawarkan dengan menggunakan Gopay, seperti; cashback, voucher, dan penambahan poin keanggotaan pengguna.

Banyak Promo

3. Fitur Paylater Agar Pengguna Bisa Transaksi Meskipun Lagi Tidak Punya Saldo

Paylater adalah salah satu teknologi pembayaran yang sedang marak digunakan di Indonesia. Dengan adanya paylater, orang nggak perlu bingung bertransaksi saat nggak punya uang karena dengan paylater, pengguna bisa beli sekarang dan melakukan pembayaran saat tagihan jatuh tempo. 

Untuk meraih lebih banyak pengguna, Gopay menghadirkan fitur paylater untuk segala pembayaran yang bisa dilakukan melalui Gopay. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus upgrade akun Gopay ke Gopay Plus.

4. Integrasi Mulus dengan Tokopedia, Jago, Ekosistem Gojek Lainnya

Satu hal yang harus kita angkat jempol bahwa GoPay melakukan integrasi yang cepat dan mulus dengan ekosistem Gojek lainnya, seperti Tokopedia, Bank Jago, HaloDoc dan lainnya.

Jadi, kalau sekarang belanja online di Tokopedia atau beli obat di HaloDoc, sudah dengan mudah membayar dengan GoPay.

Kekurangan Gopay

Ada sejumlah kekurangan yang kami rasakan dari menggunaakan aplikasi e money e wallet ini:

1. Aplikasi tidak berdiri sendiri

Karena aplikasi Gopay sudah jadi satu dengan aplikasi Gojek, maka hal ini memicu pengguna untuk memakai berbagai layanan yang terdapat di aplikasi Gojek. Hal ini terbilang cukup merepotkan bagi pengguna yang hanya mengandalkan fitur Gopay karena dari segi penyimpanan, saya rasa fitur-fitur selain Gopay membuat space yang dibutuhkan aplikasi ini menjadi cukup besar. 

2. Jika ada error, transaksi tidak bisa dilakukan

Teknologi mobile tentu saja membutuhkan maintenance rutin. Sayangnya, selama maintenance tentu saja fitur-fitur yang terdapat didalamnya akan dibekukan sementara hingga proses maintenance berakhir.

Tentu saja, proses maintenance juga terjadi pada Gopay untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam bertransaksi. 

Kalau maintenance terjadi di jam-jam kerja, pastinya layanan Gopay tidak akan tersedia hingga proses maintenance berakhir dan transaksi bisa terhambat. 

3. Limit PayLater Rendah

Dibandingkan pesaingnya, Gojek sangat berhati - hati dalam memberikan limit pay later. Umumnya limit dari GoPay Later hanya sekitar Rp 500 ribu.

Sementara, pesaing GoPay bisa memberikan limit diatas 1 juta pada kesempatan pertama, tergantung pada seberapa aktif transaksi yang kita lakukan.

4. Kalah Promo dari Pesaing

Dulu memang GoPay dan Gojek rajin memberikan promo, tetapi sekarang intensitas promos sudah jauh berkurang. Kalah jauh dibandingkan pesaingnya yang sedang agresif sekali memberikan promo ke pelanggan.

5. Bunga dan Biaya PayLater Mahal

Meskipun di bulan pertama gratis biaya, tetapi di bulan - bulan berikutnya GoPay Later membebankan 25 ribu flat untuk berapapun nilai transaksi menggunakan fasilitas ini. Kita bisa hitung bahwa penggunaan Rp 500 ribu dikenakan bunga Rp 25 ribu itu artinya 5% bunga per bulan atau 60% setahun.

Kalau terlambat membayar Rp 2 ribu per hari, yang nominalnya tampak kecil, tetapi jika dibandingkan nilai penggunaan, katakan Rp 500 ribu, artinya denda sebesar 0.04% per hari.

6. Cicilan Terbatas

Berbeda dengan pesaingnya yang memberikan fasilitas cicilan untuk belanja di beragam toko online di platform e-commerce, GoPay cicil hanya menawarkan cicilan untuk transaksi di mitra Gojek.

Jumlah mitra untuk yang tersedia tidak banyak. Dan kebanyakkan toko - tokonya adalah brand ternama.

7. Data Pribadi

Di dalam setiap aplikasi digital, selalu ada resiko bahwa data pribadi yang diambil bisa bocor. Sejauh ini, Gojek dan GoPay aman dari kebocoran data pribadi dan semoga kedepannya akan terus aman.

Kenapa data pribadi jadi concern ? Karena banyak sekali data pribadi kita yang diambil dan diolah oleh aplikasi.

Berikut ini adalah kutipan dari Kebijakan Privasi di aplikasi Gojek yang menjelaskan soal jenis data pribadi yang diambil, sebagi berikut;

Data Pribadi

Tanya Jawab

  1. Apa itu GoPay

    Gopay adalah dompet digital yang bisa digunakan untuk pembayaran layanan Gojek.

  2. GoPay Apakah Aman

    Aman. Karena dipunyai perusahaan yang jelas dan legit, GoJek, serta punya izin dari otoritas keuangan yang berwenang. Layanan GoPay juga aman karena sudah dilengkapi dengan panduan, inovasi teknologi terkini, program Jaminan Saldo Kembali, dan sertifikasi berstandar internasional.

  3. Apakah GoPay Bis Diuangkan

    Bisa, dengan transfer saldo GoPay ke rekening bank atau tarik tunai saldo GoPay hingga kirim uang tunai ke keluarga tersayang tanpa kartu di ATM. Yang penting, pastikan kamu hanya memberikan kode transaksi Tarik Tunai ke orang tepercayamu agar mereka bisa mengambil saldo GoPay milikmu dalam bentuk uang tunai di ATM BCA terdekat .

  4. Apakah GoPay Harus Pakai KTP

    Harus. itu ketentuan dalam pembukaan akun.

  5. Berapa minimal Top up GoPay

    Syarat minimum Top Up GoPay adalah Rp 20 ribu.

  6. Apa itu GoPay Paylater

    GoPay Paylater adalah layanan pinjaman di Gojek yang memungkinkan konsumen membayar jeda 1 bulan.

  7. Berapa Lama Upgrade GoPay

    Cukup cepat, dengan mengikuti langkah up-grade GoPay berikut ini: Ambil foto e-KTP kamu dengan mengikuti tutorial yang ada, Ambil foto wajah kamu (selfie) bersama kartu identitas e-KTP kamu dengan jelas, Pastikan data diri sudah sesuai dan Kirim untuk melanjutkan upgrade ke GoPay Plus.

  8. Bagaimana Cara Top Up Saldo

    Bisa top up saldo di driver Gojek, Alfamart, Indomart, Mobile Banking, Internet Banking, ATM, BCA OneKlik

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait