Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Tabel Angsuran Amartha P2P Pinjaman Usaha (2023) Syarat, Bunga

Daftar Isi

Tabel Angsuran Amartha P2P Pinjaman Usaha (2023) Syarat, Bunga

Kita akan lihat tabel angsuran Amartha di 2023 untuk mengetahui besarnya pembayaran cicilan per bulan buat kredit usaha kecil UMKM berbasis P2P Lending.

Amartha adalah aplikasi pinjaman online untuk usaha produktif yang menawarkan proses cepat 100% online, syarat mudah buat pengusaha kecil dan UMKM, yang kesulitan mengajukan ke bank.

Pinjaman ini aman dan legal karena milik PT Amartha Mikro Fintek yang punya izin resmi P2P Lending dari OJK dengan No KEP -46/D.05/2019 pada 13 Mei 2019.

Kelebihan Amartha adalah pinjaman online untuk usaha UMKM yang prosesnya cepat, syaratnya mudah, cukup diajukan secara online lewat aplikasi, serta aman terdaftar dan diawasi OJK.

Sedangkan, kekurangan Amartha adalah bunga cukup mahal, tenor pendek dan plafon kecil sehingga kurang cocok untuk pengusaha yang butuh dana besar, serta dalam kondisi tertentu bisa akan diminta akses data pribadi di ponsel pada saat pengajuan pinjaman menggunakan aplikasi.

Tabel Angsuran Amartha 2023

Besarnya cicilan kredit per bulan bisa terlihat dalam simulasi dibawah ini, dengan berbagai plafon pinjaman, yaitu:

Plafon Pinjaman30 hari2 Bulan3 Bulan
1,000,0001,120,000620,000453,333
2,000,0002,240,0001,240,000906,667
3,000,0003,360,0001,860,0001,360,000
5,000,0005,600,0003,100,0002,266,667

Selengkapnya bisa lihat di tabel angsuran Amartha 2023 di bawah ini:

Tabel Cicilan Amartha Pinjaman Online P2P Usaha UMKM (2023)
Tabel Cicilan Amartha Pinjaman Online P2P Usaha Kecil UMKM (2023)

Sebagai catatan, bunga yang digunakan untuk menghitung tabel angsuran diatas adalah 0,4% per hari yang merupakan bunga maksimal yang ditetapkan AFPI dan OJK.

Dalam prakteknya, bunga yang digunakan Amartha untuk kredit usaha bisa lebih rendah dari acuan diatas. Tapi bunga kredit di P2P tidak bisa lebih tinggi dari ketentuan bunga maksimal tersebut.

Tingkat bunga akan bergantung pada profil setiap pinjaman; ditetapkan berdasarkan proses analisis kredit oleh pinjaman P2P.

Bunga Pinjaman Amartha

Sesuai ketentuan AFPI yang disetujui OJK, bunga maksimum di P2P adalah 0,4% per hari.

Dalam keterangan di situs resmi https://amartha.com disebutkan bahwa bunga pinjaman Amartha adalah mulai dari 1% per bulan.

Namun, perlu dicatat bunga ini masih diluar biaya admin yang kerap kali harus dibayar nasabah ketika mendapat pencairan pinjaman.

Jadi, total biaya pinjaman kemungkinan bisa menyentuh batas maksimum 0,4% per hari meskipun bunga tercatat lebih rendah karena adanya biaya - biaya lainnya.

Biaya yang umum digunakan selain biaya bunga adalah biaya administrasi, dan biaya pengikatan jaminan. Semua biaya akan diinformasikan kepada peminjam sehingga tidak ada yang disembunyikan.

Syarat Pengajuan Kredit Usaha di Amartha

Amartha adalah platform Peer-to-peer lending (P2PL) yang mempertemukan orang yang ingin mendanai dan orang yang ingin mengajukan pinjaman melalui online marketplace. Platform P2PL, seperti Amartha, memfasilitasi proses tersebut.

Amartha menawarkan beberapa jenis pinjaman untuk modal usaha, yaitu: produk pembiayaan mikro bagi penerima pinjaman berkelompok (group lending), melingkup wilayah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur..

Secara umum dan singkat, proses pengajuan pinjaman modal usaha di P2P adalah sebagai berikut:

  • Mengajukan Pinjaman. Peminjam melengkapi informasi yang dibutuhkan pada aplikasi pinjaman.
  • Analisis dan persetujuan. Tim Amartha menganalisis dan menyetujui aplikasi pinjaman sebelum ditawarkan kepada Pendana. P2P akan melakukan pemeriksaan/konfirmasi terhadap data yang diberikan.
  • Setelah pinjaman terdanai, P2P akan mengirimkan notifikasi supaya Anda melakukan tanda tangan surat perjanjian secara digital. Setelah itu, dana pinjaman akan dicairkan
  • Membayar pinjaman. Borrower membayar pinjaman melalui Investree sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Fitur kredit Amartha sebagai berikut:

  • Plafon: Rp 3 juta - Max Rp 2 M
  • Tenor: 3, 6, 12 bulan

Plafon dan tenor yang nanti final ditawarkan ke peminjam, bisa berubah - ubah tergantung pada hasil credit score Amartha.

Persyaratan pengajuan pinjaman untuk usaha adalah:

  • Pembentukan Kelompok. Mitra penerima pinjaman modal usaha UMKM diwajibkan membentuk kelompok 15-20 orang dengan domisili berdekatan.
  • Penerimaan Pendanaan. Pengajuan pinjaman modal usaha didasari rencana usaha serta profil calon penerima pinjaman dan dievaluasi berdasarkan sistem skor kredit.
  • Pertemuan Mingguan. Selama masa peminjaman modal usaha, penerima pinjaman diwajibkan mengikuti pertemuan kelompok mingguan yang difasilitasi Amartha dengan materi seputar pengelolaan keuangan, tips menjalankan bisnis, meningkatkan kedisiplinan, serta cara-cara memajukan usaha.

Bandingkan Pinjaman Online Terbaik !

Perbandingan berbagai pinjaman online terbaik bnerdasarkan berbagai faktor pilihan

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait