Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

5+ Pinjaman Online Memakai Debt Collector Lapangan Datang ke Rumah

Daftar Isi

Pinjol Memakai Debt Collector Lapangan Datang ke Rumah

Apa saja pinjaman online yang mengirimkan Debt Collector DC lapangan ke rumah, kantor atau domisili peminjam untuk menagih nasabah gagal bayar ? Kita kupas beberapa pinjol yang menggunakan penagihan lapangan.

Secara ketentuan dari OJK dan AFPI, pinjaman online diperbolehkan menggunakan penagihan lapangan lewat pihak ketiga. Biasanya dilakukan oleh Debt Collector DC.

OJK mengatur lewat kode etik penagihan yang dikeluarkan oleh AFPI.

Apakah DC penagihan lapangan ini melakukan kunjungan ke tempat tinggal atau kantor ? Pada hari ke berapa DC akan melakukan kunjungan ?

Kita lihat bagaimana prakteknya di beberapa pinjaman online resmi.

1. Kredit Pintar

Kredit  Pintar adalah pinjaman online P2P Lending izin OJK yang memberikan dana tunai dengan berbagai pilihan tenor.

Kredit Pintar menggunakan Debt Collector DC dalam proses penagihan nasabah gagal bayar. DC akan mendatangi rumah, domisili nasabah atau kantor, sebagaimana hal ini dijelaskan oleh Kredit Pintar dalam situs resmi mereka.

Kapan DC akan datang ?

Tidak disebutkan secara spesifik oleh Kredit Pintar. Namun, dari pengalaman peminjam, biasanya pinjol akan mulai mengirimkan DC setelah nasabah terlambat bayar di bulan ke 2 atau 3 sejak tanggal jatuh tempo.

Sebelum mengirimkan DC, tim collection Kredit Pintar sudah melakukan upaya penagihan lewat telepon dan alat komunikasi lainnya. Jadi, tim collection sudah menghubungi via telepon, namun gagal, maka baru mengirimkan DC.

2. Akulaku

Akulaku adalah pinjaman online izin OJK yang memberikan paylater cicilan tanpa kartu kredit untuk belanja online di e-commerce. Perusahaan ini bekerjasama dengan banyak partner e-commerce, dimana Akulaku menjadi salah satu pilihan pembayaran.

Di situs Akulaku tidak dijelaskan soal penggunaan DC dalam proses penagihan nasabah yang menunggak cicilan.

Namun, dari pengalaman orang yang sudah pernah mengambil kredit Akulaku, Debt Collector akan melakukan penagihan ke rumah atau kantor.

Persisnya kapan DC akan datang, kita tidak tahu karena hal ini kebijakan internal Akulaku. Namun, umumnya DC baru digunakan setelah menginjak 2 bulan nasabah menunggak atau saat nasabah tidak bisa lagi dihubungi via Telepon.

Jadi, proses penagihan lewat desk collection pasti sudah diupayakan oleh tim Akulaku. Karena gagal atau nasabah sulit dikontak, Akulaku meminta bantuan penagihan lapangan untuk mencari nasabah di rumah atau domisilinya.

3. Tunaiku

Berbeda dengan pinjaman online yang berbasis P2P, Tunaiku merupakan aplikasi kredit yang dikeluarkan oleh bank. Tunaiku adalah produk PT Bank Amar Indonesia Tbk. yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Belajar dari pengalaman mereka yang pernah mengajukan, Tunaiku menggunakan Debt Collector. DC di Tunaiku akan melakukan penagihan dengan mendatangi rumah atau kantor peminjam di bulan ke 3 sampai ke 4 sejak keterlambatan pembayaran.

Yang menarik di situs Tunaiku disebutkan bahwa 

“Bila kamu merasa tidak nyaman dengan cara penagihan pihak collection Tunaiku, kamu bisa segera menghubungi call center kami supaya kami bisa menindaklanjuti ketidaknyamananmu.”

Nasabah bisa mengajukan komplain soal proses collection di Tunaiku.

Perlu diingat bahwa proses collection di Tunaiku diawali oleh desk collection dengan reminder serta penagihan via telepon. Setelah penagihan telepon gagal, baru tim Akulaku memberikan penugasan ke Debt Collector untuk kunjungan ke nasabah yang gagal bayar.

4. Kredivo

Kredivo adalah pinjaman online berbasis P2P izin OJK, yang menawarkan pay later cicilan tanpa kartu kredit dan dana tunai. 

Fasilitas cicilan digunakan untuk membeli barang secara online di merchant e-commerce rekanan Kredivo seperti Lazada, Bukalapak, Tiket.com, PegiPegi, Blibli, JD.id, dan memilih metode pembayaran melalui Kredivo. Tersedia fasilitas bayar dalam 30 hari atau cicilan tenor 3 bulan dengan bunga 0%, ataupun cicilan tenor 6 dan 12 bulan dengan bunga rendah yaitu 2,6%.

Pinjaman Tunai tersedia untuk tenor 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan. Tenor 30 hari tersedia untuk pengguna Basic dan Premium, sementara tenor 3 bulan dan 6 bulan hanya tersedia untuk pengguna akun Premium saja.

Kredivo menggunakan Debt Collector dalam proses penagihan. DC datang ke rumah atau kantor nasabah yang gagal bayar.

Biasanya data akun nasabah baru diserahkan ke DC setelah terlambat diatas 2 bulan dari tanggal jatuh tempo pembayaran. ‘

Sebelum mengirimkan DC, Kredivo akan melakukan proses penagihan lewat telepon. Jadi, nasabah harusnya sudah paham bahwa mereka punya kewajiban pembayaran.

5. Finmas

Finmas adalah penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi (P2P - Peer To Per) yang remi berizin dan terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan. Perusahaan P2P Lending ini dimiliki oleh Sinarmas Group dan Oriente Hong Kong, dengan nama PT. Oriente Mas Sejahtera.

Finmas menawarkan dua jenis produk kredit, yaitu cash advance, dana tunai untuk talangan kebutuhan mendesak, serta cicilan tanpa kartu kredit Pay Later untuk pembiayaan beli barang di merchant kerjasama Finmas.

Di situs resminya, Finmas menyebutkan urutan proses penagihan nasabah, yaitu:

  • FINMAS akan menghubungi melalui panggilan otomatis ke nomor Penerima Pinjaman yang terdaftar di FINMAS sebagai pengingat bahwa pinjaman akan segera jatuh tempo.
  • FINMAS akan menghubungi melalui panggilan otomatis ke nomor Penerima Pinjaman yang terdaftar di FINMAS sebagai pengingat bahwa pinjaman akan segera jatuh tempo.- Ketika pinjaman telah jatuh tempo dan belum terbayarkan, maka FINMAS akan menghubungi ke nomor Penerima Pinjaman yang terdaftar di FINMAS.
  • Ketika telah melewati tanggal jatuh tempo dan pinjaman masih belum terbayarkan serta Penerima Pinjaman tidak dapat dihubungi, maka FINMAS akan menghubungi nomor kontak darurat yang didaftarkan oleh Penerima Pinjaman di FINMAS. Mohon pastikan kontak darurat yang Anda daftarkan mengetahui bahwa yang bersangkutan telah didaftarkan sebagai kontak darurat Anda.
  • Apabila terjadi gagal bayar oleh Penerima Pinjaman, maka Penerima Pinjaman memahami bahwa Penerima Pinjaman dapat dimungkinkan untuk dilaporkan kepada pihak otoritas berwenang dan akan berdampak pada reputasi penerima pinjaman. 

Dari penjelasan diatas, kita tidak melihat adanya ketentuan soal kunjungan oleh Debt Collector. Namun, dari kesaksian mereka yang sudah mengambil kredit di Finmas, DC penagihan lapangan akan datang jika nasabah tidak bisa dihubungi atau sudah terlambat diatas 2 bulan.

Jadi, Finmas menggunakan Debt Collector dalam proses penagihan. Tapi, sebelum sampai ke kunjungan collection ke rumah atau kantor, Finmas sudah melakukan berbagai upaya penagihan via telepon ke nasabah.

6. Shopee Pinjam

Shopee Pinjam SPinjam adalah pinjaman dana tunai di aplikasi e-commerce Shopee. Pencairan dilakukan langsung ke rekening pengguna.

Fitur SPinjam adalah limit kredit Rp5.000.000 untuk merchant, plafon kredit Rp3.000.000 untuk pembeli, dengan pilihan tenor kredit 2 bulan dan 3 bulan.

Di situs resmi, Shopee menyampaikan soal cara penagihan keterlambatan pinjaman sebagai berikut:

  1. Dikenakan biaya keterlambatan sebesar 5% per bulan dari seluruh total tagihan Anda.
  2. Pembatasan akses fungsi di aplikasi dan penggunaan Voucher Shopee.
  3. Peringkat kredit Anda di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK yang dapat mencegah Anda untuk mendapat pembiayaan dari Bank atau perusahaan lain.
  4. Dilaksanakannya penagihan lapangan.

Jelas disebutkan soal penggunaan Debt Collector atau penagihan lapangan untuk mengejar nasabah yang mengalami keterlambatan pembayaran.

Soal kapan penagihan lapangan dimulai tidak disebutkan. Namun, dari pengalaman yang pernah mengambil kredit di Shopee, DC mulai terjun ke lapangan di bulan ke 3 atau 4 di Shopee.

Bandingkan Pinjaman Online Terbaik !

Perbandingan berbagai pinjaman online terbaik bnerdasarkan berbagai faktor pilihan

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait