KreditQ Pinjaman Koperasi Online Tanpa Jaminan (Pengalaman 2019)

  • June 12, 2019

KreditQ adalah pinjaman koperasi online, yang merupakan upaya koperasi menawarkan pinjaman koperasi dana tunai tanpa jaminan langsung cair lewat aplikasi online. Saya mengajukan di salah satu koperasi terpercaya yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan, yaitu KreditQ. Ikuti pengalaman dan review saya di pinjaman koperasi KreditQ 2019. Apakah wajib menjadi anggota koperasi ? Berapa plafon dan bunga pinjaman yang diberikan ? Apa bedanya pinjaman online koperasi vs P2P Lending ? Bagaimana pinjam uang di koperasi ?

Awalnya, saya tidak yakin bahwa pinjaman koperasi sudah masuk ke pinjaman online. Karena selama ini, platform yang saya tahu, masuk ke aplikasi online adalah P2P Lending.

Tetapi, kemudian seorang teman memberitahu bahwa pinjaman koperasi sudah menawarkan dana tunai tanpa jaminan langsung cair dengan aplikasi online. Untuk membuktikan, saya harus mencoba sendiri pinjaman online di koperasi, yaitu koperasi simpan pinjam.

Saya dapat info dari teman yang sudah mencoba bahwa KreditQ adalah salah satu pinjaman pribadi dengan koperasi online yang advanced dan layak dicoba. Berbeda dengan umumnya koperasi selama ini. KreditQ memberikan pinjaman uang tunai tanpa jaminan di koperasi.

Namun, basis KreditQ adalah koperasi simpan pinjam di jakarta. Jadi cukup menarik untuk disimak.

Pengertian Koperasi

Apa itu Koperasi
Apa itu Koperasi

Apa itu Koperasi ?

Koperasi adalah badan hukum yang didirikan oleh orang perseorangan atau badan hukum Koperasi, dengan pemisahan kekayaan para anggotanya sebagai modal untuk menjalankan usaha, yang memenuhi aspirasi dan kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya sesuai dengan nilai dan prinsip Koperasi.

Definis koperasi ini sesuai dengan UU Koperasi No 17 Tahun 2012

Koperasi dijalankan berdasar atas asas kekeluargaan, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan Anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Syarat pendirian Koperasi adalah didirikan oleh paling sedikit 20 (dua puluh) orang perseorangan dengan memisahkan sebagian kekayaan pendiri atau Anggota sebagai modal awal Koperasi.

Anggota Koperasi merupakan pemilik dan sekaligus pengguna jasa Koperasi.

Apa itu KreditQ ?

KreditQ adalah pinjaman koperasi tanpa jaminan dari Koperasi Simpan Pinjam – Sahabat Mitra Sejati yang dapat diajukan melalui smartphone.
Koperasi pinjaman tanpa jaminan yang dilakukan secara online.

Apakah koperasi online resmi ?

Dalam dokumen ‘Syarat dan Ketentuan’ KreditQ disebutkan bahwa Platform dimiliki dan dioperasikan oleh Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati, suatu koperasi simpan pinjam yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia, sebagai penyedia layanan dan platform, yang berkedudukan di Gedung Sampoerna Strategic Square Lantai 17, North Tower, Jalan Jendral Sudirman Kav 45-46, Jakarta 12930.

Proses pengajuan pinjaman di KreditQ via aplikasi dan verifikasi membutuhkan waktu 24 jam kerja.

KreditQ adalah aplikasi pinjaman online milik Koperasi Simpan-Pinjam Sahabat Mitra Sejati (KSP – SMS) yang mulai beroperasi 2009 dan didukung Bank Sampoerna dan Sampoerna Strategic Group.

Dikenal juga sebagai “KSP sahabat mitra sejati online”. KSP ini adalah koperasi pinjaman dan merupakan koperasi simpan pinjam di Jakarta.

Secara legalitas, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati (d/h Koperasi Mitra Sejati), berkedudukan di Jakarta, merupakan Koperasi pinjaman dengan ijin nasional yang didirikan berdasarkan akta pendirian yang telah dibuat dan disahkan oleh Menteri Negara Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No.307/BH/MENEG.I/IX/2003 pada tanggal 30 September 2003.

Melihat latar belakang dan dukungan back-up, saya memperkirakan bahwa KreditQ adalah pinjaman koperasi yang terpercaya dari lembaga koperasi simpan pinjam terpercaya pula.

Berbeda dengan umumnya pinjaman online yang menggunakan izin P2P sebagai dasar legalitas, KreditQ menggunakan Koperasi sebagai badan hukum melalui KSP sahabat mitra sejati online.

Saat mendengar koperasi, pertanyaan yang langsung muncul di benak saya adalah apa implikasi buat peminjam jika mengajukan pinjaman online di koperasi ?

Sepengetahuan saya, pinjaman di Koperasi diberikan ke anggota Koperasi. Karena itu, untuk bisa meminjam di Koperasi, calon peminjam harus menjadi anggota Koperasi.

Kewajiban anggota adalah membayar iuran simpanan wajib kepada koperasi. Anggota koperasi mendapatkan hak: (1) hak suara karena dalam koperasi berlaku prinsip dari anggota untuk anggota; (2) hak pembagian SHU keuntungan koperasi di akhir tahun.

Bagaimana kewajiban dan hak anggota koperasi diakomodir dalam aplikasi KreditQ terkait pinjaman dana koperasi tanpa jaminan ?

Itu yang nanti saya akan lihat dalam perjanjian keanggotaan KSP-SMS yang disetujui konsumen saat meminjam di KreditQ.

Produk KreditQ

Produk Pinjaman Koperasi Online KreditQ. Koperasi Tanpa Jaminan dan Koperasi Simpan Pinjam.
Pinjaman Koperasi Online KreditQ

Dalam aplikasi, KreditQ menawarkan dua jenis pinjaman pribadi dengan koperasi, pinjaman uang tunai tanpa jaminan di koperasi, yaitu:

  • Dana Talangan. Plafon Rp 1,000,000 tenor 15 hari dan 30 hari.
  • Cicilan. Plafon Rp 100,000,000 tenor 3 bulan sd 6 bulan.

Kedua pinjaman ini adalah dana tunai tanpa jaminan Boleh dikatakan ini adalah pinjaman koperasi tanpa jaminan. Pinjaman dana talangan pribadi yang dilakukan lewat badan hukum Koperasi.

Namun, saat mengajukan pertama kali, saya hanya bisa mengajukan pinjaman dana talangan pribadi maksimum di Rp 1 juta.

Saya belum bisa mengajukan pinjaman cicilan. Pinjaman cicilan akan diberikan kepada nasabah yang sudah pernah mengambil dana talangan.

Boleh dikatakan pinjaman cicilan KreditQ diberikan ke nasabah repeat atau eksisting. Untuk nasabah baru hanya bisa mengambil dana talangan dengan pagu pinjaman lebih kecil.

Syarat Pinjaman Koperasi

Apa syarat mengajukan pinjaman uang tunai tanpa jaminan di koperasi ? Bagaimana cara meminjam uang di koperasi simpan pinjam ?

Pinjaman dana talangan pribadi di KreditQ dilakukan lewat aplikasi yang diunduh di Google Playstore. Tidak bisa mengajukan pinjaman lewat situs atau website.

KreditQ menetapkan sejumlah persyaratan dalam pengajuan pinjaman, yang calon peminjam sebaiknya memastikan bisa memenuhi untuk menghindari penolakan pengajuan pinjaman.

Syarat pinjam uang di koperasi simpan pinjam. Persyaratan pinjaman dana koperasi tanpa jaminan adalah:

  • Warga negara Indonesia
  • Usia minimum: Usia 21 tahun atau 18 tahun sudah menikah dan Usia maksimum: Usia 55 tahun saat pinjaman jatuh tempo
  • Memiliki e-KTP dan NPWP
  • Usia kerja adalah minimal 6 bulan (catatan: jika status karyawan masih kontrak maka wajib terdapat informasi kontrak kerjanya berakhir)
  • Slip Gaji karyawan, atau Surat Keterangan Usaha (SKU) wirausahawan
  • Penghasilan minimum per bulan: Rp 2,500,000 (net/take home pay)
  • Menggunakan HP smartphone android
  • Status tempat tinggal milik sendiri, orang tua, keluarga. Jika tempat tinggal pemohon berbeda dengan alamat KTP, diperbolehkan. Untuk status rumah sewa bulanan diperbolehkan jika lama tinggal sudah lebih dari 1 tahun.
  • Jenis usaha yang dilarang adalah usaha yang ilegal, dimana tidak sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku di Indonesia.

Setelah menilai bahwa bisa memenuhi semua persyaratan diatas, saya unduh aplikasi KreditQ di playstore dan mengajukan pinjaman.

Cara Daftar

Dalam pengajuan di koperasi simpan pinjam untuk pinjaman uang, langkah langkah yang saya harus ikuti dalam proses pinjaman koperasi secara online di KreditQ adalah:

#1 Akses Data Ponsel

Aplikasi Koperasi Online KreditQ. Pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam.
Aplikasi Koperasi Online KreditQ

Setelah selesai mengunduh, aplikasi meminta saya mengisi no ponsel yang dipakai untuk mengajukan pinjaman uang.

Setelah itu, KreditQ meminta izin mengakses dan mengambil data pribadi dari ponsel, yaitu lokasi ponsel saat pengajuan dan gambar di kamera.

Jika akses data lokasi serta kamera tidak diberikan, KreditQ akan menolak pinjaman. Secara ketentuan OJK, kedua data pribadi ini diperbolehkan diakses dan diolah oleh perusahaan P2P pinjaman online.

Tapi, karena KreditQ adalah koperasi, ketentuan soal penarikkan data pribadi belum diatur oleh Departemen Koperasi.

#2 Verifikasi KTP

Verifikasi KTP di KSP Sahabat Mitra Sejati Online
Verifikasi KTP Aplikasi KreditQ

Dalam pinjaman di koperasi, saya harus melakukan verifikasi KTP. Caranya adalah saya mengambil foto KTP dengan kamera ponsel yang digunakan untuk pengajuan pinjaman.

Setelah foto KTP diperoleh, selanjutnya saya menulis data KTP di formulir yang sudah disediakan. Data meliputi NIK, nama, tanggal lahir dan alamat di KTP.

Kemudian, saya harus mengambil foto selfie sambil menggenggam KTP. Pastikan bahwa saat pengambilan gambar tersedia sinar yang cukup agar hasil foto jelas.

#3 Pengisian Data Pribadi

Isi Data Pribadi Aplikasi KreditQ

Langkah selanjutnya, pengisian data pribadi yaitu email, nama gadis Ibu Kandung, pendidikan, status pernikahan, alamat lengkap, no telepon, status tempat tinggal dan jangka waktu tempat tinggal.

Setelah data pribadi lengkap, saya pindah ke mengisi data pekerjaan. Informasi pekerjaan yang wajib diisi adalah nama perusahaan, alamat perusahaan, no telepon kantor, bidang industri, lama bekerja dan penghasilan.

#4 Slip Gaji & NPWP

Upload KTP dan Slip Gaji

Dokumen terkait pekerjaan dan penghasilan harus di upload, yaitu bukti penghasilan dan NPWP. JIka pengusaha, wajib menyampaikan SKU sebagai pengganti bukti penghasilan.

Dokumen slip gaji atau SKU dan  NPWP harus diambil foto dengan kamera ponsel yang digunakan untuk mengajukan pinjaman online di KreditQ. Tidak diperkenankan upload gambar, dokumen harus di foto dengan kamera ponsel.

#5 Kontak Darurat

Selanjutnya pengisian kontak darurat (emergency contact). Wajib memberikan dua kontak dengan masing – masing menyebutkan informasi telepon dan hubungan dengan kontak.

Emergency contact atau sering disebut Econ adalah data yang digunakan perusahaan pinjaman online untuk menghubungi nasabah jika nasabah tidak bisa dihubungi.

Perlu diketahui bahwa KreditQ menyebutkan akan menghubungi kontak darurat jika nasabah tidak bisa dihubungi, khususnya terkait proses penagihan pinjaman.

#6 Simulasi Bunga Pinjaman Koperasi

Simulasi Cicilan Pinjaman KreditQ

Setelah semua data selesai diisi, sebelum menekan tombol pengajuan, saya diminta mengecek lagi pinjaman yang akan diajukan.

Aplikasi menampilkan  adalah jumlah pinjaman, tanggal jatuh tempo dan kewajiban pengembalian yang harus saya bayar. Dari info ini, saya bisa menghitung suku bunga pinjaman koperasi KreditQ.

Hal penting yang wajib diisi adalah rekening bank yang nama rekening harus sama dengan nama peminjam. KreditQ tidak memperbolehkan pencairan ke nama rekening yang berbeda.

Setelah cek dan yakin bahwa data pinjaman sudah sesuai, saya klik ‘pastikan pinjaman’. Kemudian, muncul pesan bahwa “Pengajuan Anda telah berhasil diterima” dan pengajuan akan diproses dalam waktu 24 jam.

JIka punya pertanyaan, calon peminjam bisa menghubungi call center KreditQ. Demikian yang disampaikan dalam aplikasi setelah proses pengajuan selesai.

Berapa Bunga Pinjaman Koperasi KreditQ ?

Simulasi Tabel Bunga KreditQ Koperasi Online
Simulasi Tabel Bunga KreditQ Koperasi Online

Bayangan saya bahwa jika pinjam di Koperasi akan mendapatkan bunga yang murah. Kenapa ? Karena dalam koperasi berlaku prinsip dari anggota untuk anggota.

Berapa bunga pinjaman koperasi KreditQ ?

Simulasi aplikasi KreditQ menunjukkan rincian pinjaman Rp 1 juta adalah:

  • Tenor 15 hari Plafon Rp 1,000,000 Pencairan Rp 894,000 Pengembalian Rp 1,060,000
  • Tenor 30 hari Plafon Rp 1,000,000 Pencairan Rp 894,000 Pengembalian Rp 1,100,000

Penting diperhatikan oleh peminjam bahwa meskipun disetujui plafon Rp 1,000,000 namun dana yang masuk rekening peminjam lebih kecil, Rp 894 ribu, karena KreditQ memotong biaya admin di muka.

Dengan perhitungan plafon pinjaman Rp 1 juta diatas, bunga adalah 23.04% untuk tenor 30 hari dan 18.57% untuk tenor 15 hari. Bunga per hari menjadi 0.77% dan 1.24% untuk masing – masing tenor.

Bukan bunga yang murah.

Apalagi ini koperasi, yang selayaknya memberikan manfaat untuk anggota koperasi. Prinsip Koperasi adalah dari anggota untuk anggota.

Pertanyaannya, bagaimana status peminjam di KreditQ, apakah menjadi anggota koperasi ? Jika menjadi anggota koperasi, apa kewajiban dan hak sebagai anggota ?

Cara Bayar Koperasi KreditQ

Pinjaman koperasi di KreditQ disediakan metode pembayaran dengan mudah melalui Bank Sahabat Sampoerna, BCA, Mandiri, BNI, BRI, Permata. Peminjam dapat mengembalikan pinjaman dengan transfer melalui ATM, online banking dan mobile banking.

Peminjam Jadi Anggota Koperasi, Tetapi …

Anggota Koperasi
Anggota Koperasi

Pada saat mengajukan pinjaman, salah satu yang wajib saya berikan adalah persetujuan menjadi anggota Koperasi Simpan Pinjam – Sahabat Mitra Sejati (KSP-SMS) atau KSP sahabat mitra sejati online.

Di halaman “Pastikan Pengajuan Pinjaman”, yang merupakan bagian akhir sebelum saya menyampaikan final klik, terdapat kolom persetujuan di bagian bawah yang berbunyi “Saya sudah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Anggota KSPSMS”.

Setelah memberikan persetujuan menjadi anggota koperasi KSP-SMS, saya baca dan cermati isi perjanjian keanggotaan KSP – SMS. Isinya cukup singkat, hanya ada 7 poin, yang bisa dibaca dalam gambar diatas.

Namun, dalam perjanjian tersebut, saya tidak menemukan secara gamblang hak dan kewajiban anggota, khususnya hak sebagai anggota koperasi. Misalnya, tidak dijelaskan apakah sebagai anggota koperasi memiliki hak suara, lalu apakah anggota mendapatkan pembagian SHU keuntungan koperasi.

Mungkin, ketetapan soal Hak anggota koperasi ada di bagian lain. Tetapi, dalam aplikasi online KreditQ, yang saya jalani, penjelasan soal hak anggota Koperasi tersebut tidak saya temukan.

Tentu saja, ketidakjelasan soal hak anggota koperasi menjadi hal yang mengganjal. Karena landasan koperasi, yang membedakan dengan perusahaan atau P2P, adalah keberadaan anggota.

Call Center Koperasi KreditQ

Nomor Telepon Call Center Koperasi KSP Sahabat Mitra Sejati online: 021-50821945; Email : [email protected] Alamat Koperasi: Kantor Pusat Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati: Gedung Sampoerna Strategic Square, North Tower, lantai 17, Jl Jenderal Sudirman Kav. 45 Jakarta.

Tanya Jawab FAQ

Untuk mempermudah, saya kumpulkan pertanyaan penting dan menyajikan dalam bentuk Tanya Jawab FAQ.

Apa itu pinjaman KreditQ ?

KreditQ adalah pinjaman tanpa agunan dari Koperasi Simpan-Pinjam Sahabat Mitra Sejati yang dapat diajukan melalui smartphone.

Berapa lama proses pengajuan koperasi online KreditQ ?

Proses pengajuan pinjaman di KreditQ dilakukan secara mudah dan praktis. Proses verifikasi hanya membutuhkan waktu 24 jam kerja.

Persyaratan pengajuan kreditQ ?

Warga negara Indonesia; Usia minimum: Usia 21 tahun atau 18 tahun sudah menikah; Usia maksimum: Usia 55 tahun pada saat pinjaman jatuh tempo; Memiliki e-KTP dan Memiliki NPWP

Apa syarat pekerjaan dan penghasilan pengajuan KreditQ ?

Usia kerja adalah minimal 6 bulan (catatan: jika status karyawan masih kontrak maka wajib terdapat informasi kontrak kerjanya berakhir); Slip Gaji untuk karyawan, atau Surat Keterangan Usaha (SKU) untuk wirausahawan; Penghasilan minimum per bulan: Rp 2,500,000 (net/take home pay)

Apa syarat status tempat tinggal ?

Status tempat tinggal: milik sendiri, orang tua, atau keluarga, atau ruman sewa dengan periode sewa lebih dari 1 tahun atau rumah sewa dengan periode sewa bulanan dan telah ditinggali selama lebih dari 1 tahun

Apa call center, kantor pinjaman koperasi KreditQ ?

Nomor Telepon Layanan Pelanggan: 021-50821945; Email: [email protected]; Kantor Pusat Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati: Gedung Sampoerna Strategic Square, North Tower, lantai 17, Jl Jenderal Sudirman Kav. 45 Jakarta.

Kesimpulan

Apa yang menarik ? Bagaimana pinjam uang di koperasi ? Ini adalah pinjaman koperasi tanpa jaminan dari koperasi online resmi. Cara meminjam uang di koperasi simpan pinjam, yang berbeda dari biasanya.

KreditQ menawarkan pinjaman koperasi online tanpa jaminan yang langsung cair dalam 24 jam. Koperasi melayani pinjam uang tanpa jaminan. Proses pengajuan lewat aplikasi pinjaman online dengan kemudahan dan kecepatan tentu saja sebuah kemajuan untuk koperasi.

Berbeda dengan umumnya koperasi, KreditQ membantu memberikan pinjaman dana talangan pribadi. Biasanya, koperasi hanya memberikan pinjaman untuk usaha dan bukan pinjaman dana tunai melalui koperasi.

Model bisnis ini menjadi contoh but koperasi simpan pinjam di indonesia. Karena masih jarang koperasi simpan pinjam di indonesia memanfaatkan kanal online untuk menjangkau masyarakat.

Namun, bayangan bahwa KreditQ adalah pinjaman koperasi yang dijalankan sesuai prinsip koperasi menjadi kurang kuat karena (1) bunga dibebankan cukup tinggi mencapai 0.70% sd 1% per hari; (2) hak anggota, seperti hak suara dan hak mendapatkan SHU, tidak dipaparkan dengan transparan dan jelas dalam syarat dan ketentuan anggota koperasi yang wajib disetujui peminjam agar bisa mengajukan pinjaman di KreditQ.

3 Responses

  1. SAFRUDIN

    saya sudah ngajukan pinjaman hanya foto penghasilan tidak bisa karena kamera depan nya jelek hingga hasilnya buram bagaimana , adasoulusi lain

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.