Cashwagon Pinjaman Online Dana Tunai Jaminan KTP 2019 (Bunga Murah 0%, Bukan Penipu)

  • May 24, 2019

Cashwagon adalah pinjaman dana tunai jaminan KTP online cepat cair 24 jam berbasis P2P Lending OJK. Saya tertarik review Cashwagon Indonesia di 2019 karena promo bunga 0%, pinjam rp 1 juta kembali rp 1 juta, ditawarkan dalam aplikasi pinjam uang Cashwagon. Apa betul ada pinjaman dana tunai jaminan KTP yang menawarkan kredit tanpa bunga, pinjaman online bunga 0 ? Apakah ini penipu atau bukan ?

Meskipun tumbuh pesat dalam setahun ini karena menawarkan pinjam uang jaminan KTP, proses tanpa tatap muka dan cepat cair 24 jam, tapi pinjaman online dana tunai dikeluhkan bunga yang tinggi. Bunga harian pinjaman online mencapai 0.8% sampai 1% per hari.

Karena itu, ketika Cashwagon meluncurkan promo dana tunai bunga 0% saya tertarik. Apa betul promo ini, penipu atau tidak, atau hanya gimmick marketing semata.

Saya pernah mendengar bahwa pengajuan kredit dana tunai di Cashwagon cukup dengan jaminan KTP. Pinjam uang 5 juta atau 10 juta semuanya tanpa jaminan.

Untuk membuktikan, saya mengajukan pinjaman dana tunai jaminan KTP di Cashwagon. Ikuti review saya soal pinjaman online Cashwagon 2019.

Cashwagon Indonesia Review

Cashwagon di Indonesia adalah PT. Kas Wagon Indonesia terdaftar di OJK sejak 2017 sebagai platform P2P Lending dengan surat tanda terdaftar S-5475/NB.111/2017

Apa itu Cashwagon ?

Cashwagon Indonesia adalah Fintech P2P dan bagian dari group Cashwagon berkantor pusat di Singapore. Mereka sudah beroperasi di 5 negara, Sri Lanka, Filipina, Indonesia, Vietnam dan Kamboja.

Cashwagon mengandalkan teknologi fintech terkini. Proses cepat, mudah, langsung cair dalam 24 jam, hanya perlu jaminan KTP menjadi fitur utama pinjaman dana tunai ini.

Boleh dikatakan Cashwagon menawarkan tempat pinjam uang tanpa jaminan apapun. Karena KTP atau persyaratan dokumen lain sebenarnya bukan jaminan sama sekali.

Menurut catatan Mintos.com, platform P2P investasi internasional dimana Cashwagon Indonesia tercatat, total pencairan pinjaman Cashwagon di Indonesia mencapai 80 juta Euro atau sekitar Rp 1.2 T.

Ini bukan jumlah pencairan yang kecil mengingat Cashwagon baru meluncurkan pinjaman dana tunai tunai secara online di 2017. Itupun mulai dari jangkauan wilayah yang terbatas.

Saat ini, Cashwagon melayani pelanggan yang bekerja dan memiliki alamat rumah berdomisili di Jabodetabek dan 23 kota lainnya yaitu Bandung, Gresik, Malang, Sidoarjo, Surabaya, Klaten, Kudus, Magelang, Semarang, Solo, Yogyakarta, Bantul, Sleman, Medan, Palembang, Badung, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Pekanbaru, Pontianak, Padang, Manado.

Call Center Cashwagon Indonesia

No Telp Cashwagon Indonesia:(021) – 40337979 / (021) – 50858788; https://cashwagon.id/ E-mail: [email protected]; Facebook:www.facebook.com/cashwagonidn; Twitter: www.twitter.com/cashwagonid; PT. KAS WAGON INDONESIA. Oleos 2 Building, Jl. Kebagusan, Jakarta Selatan. 12520

Catatan: Cashwagon bukan “cash wagon” atau “kaswagon”.

Pinjaman Online Dana Tunai Cashwagon

Cashwagon menawarkan dana tunai dengan proses cepat dan mudah dalam platform P2P Cashwagon.

Kesan yang saya dapat setelah mengajukan di Cashwagon adalah proses aplikasi pinjaman online cukup mudah terutama pengisian aplikasi yang singkat dan hanya membutuhkan KTP serta satu tambahan dokumen (NPWP, SIM atau Paspor).

Tapi, ada sejumlah hal wajib diperhatikan peminjam berdasarkan Cashwagon review yang kami lakukan. Khususnya soal akses data pribadi dan persyaratan denda.

#1 Download Aplikasi APK di Playstore

Cashwagon menerima pinjaman online lewat aplikasi dan tidak lewat situs. Anda harus download aplikasi pinjaman dana tunai apk Cashwagon di Google Play Store.

Setelah aplikasi diunduh, Anda bisa membuka dan mendapatkan penawaran bunga 0%. Bisa dilihat pula penawaran plafon pinjaman dan tenor pinjaman.

#2 Jumlah dan Tenor Pinjaman

Cashwagon Pinjaman Dana Tunai Jaminan KTP
Cashwagon Pinjaman Dana Tunai Jaminan KTP

Setelah masuk ke aplikasi, Anda menentukan jumlah dana tunai dan tenor pinjaman. Cashwagon menyediakan:

  • Plafon Pinjaman: Rp 500,000 sampai dengan Rp 2,000,000. Saat ini Anda belum bisa pinjaman 5 juta atau 10 juta di Cashwagon, tetapi tampaknya perusahaan mempersiapkan untuk bisa menawarkan plafon setinggi ini.
  • Tenor Pinjaman: sampai dengan 30 hari (tidak ada info minimum tenor pinjaman)

Dijelaskan secara transparan di aplikasi pinjaman bahwa bunga pinjaman 0%. Jumlah pengembalian sama dengan jumlah pencairan.

Karena ini 0%, saya ajukan jumlah plafon pinjaman tertinggi yang diperbolehkan peminjam baru, yaitu: Rp 2,000,000 dengan tenor 30 hari.

Setelah memilih pinjaman dan tenor, lalu klik ‘Ajukan Sekarang’, saya pindah ke langkah berikutnya yaitu pengisian data dan penyampaian dokumen.

#3 Akses Data Pribadi

Tetapi, sebelum pengisian lebih lanjut data aplikasi pinjam uang, Cashwagon meminta izin akses data pribadi, yaitu akses lokasi perangkat, serta merekam video dan gambar lewat ponsel Anda.

Akses lokasi perangkat, sesuai penjelasan di Playstore, adalah  (a) Location approximate location (network-based) dan (b) precise location (GPS and network-based).

Tujuan akses ini menentukan pada saat pengajuan, lokasi perangkat yang digunakan untuk pengajuan sedang berada di mana. Data ini ditarik dan disimpan oleh aplikasi pinjaman online.

Pengambilan akses lokasi diperbolehkan oleh OJK.

#4 Pengisian Data dan Dokumen

Pengisian Data Pribadi Cashwagon Pinjaman Dana Tunai Jaminan KTP
Pengisian Data Pribadi Cashwagon

Setelah akses diberikan, saya masuk ke pengisian data dan penyampaian dokumen. Data diminta adalah:

  • Info Pribadi: nama sesuai KTP, no KTP, status pernikahan, jenis kelamin, dan email
  • Rincian Pekerjaan. Nama perusahaan, alamat, bidang usaha, berapa lama bekerja dan penghasilan
  • Kerabat dekat: nama, hubungan dan no telepon. Ada dua kerabat dekat yang wajib diisi.
Upload KTP, Foto Selfie di Cashwagon
Upload KTP, Foto Selfie di Cashwagon

Selain isi data, saya harus menyampaikan sejumlah dokumen:

  • Foto KTP yang harus diambil dengan kamera ponsel dengan posisi sesuai panduan. Tidak bisa mengirimkan scan KTP
  • Foto selfie. Mengambil foto selfie dengan kamera ponsel.
  • Dokumen tambahan wajib (pilih salah satu): NPWP, SIM dan Paspor, yang wajib diambil gambar oleh kamera ponsel Anda.
Permintaan akses Internet Banking & e-commerce
Permintaan Akses Internet Banking & e-commerce

Satu hal yang perlu diperhatikan, Cashwagon akan meminta akses ke internet banking, jika ingin proses pinjaman online lebih mungkin disetujui dan lebih cepat diproses. Internet banking yang bisa diterima oleh Cashwagon adalah BCA, Mandiri, BRI dan BNI.

Pemberian akses digital banking ini tidak wajib dalam proses pengajuan pinjaman. Saya tidak tahu apa tujuan Cashwagon meminta akses internet banking. Saya memilih tidak memberikan dan lanjut ke proses berikutnya.

Diproses selanjutnya, Cashwagon meminta akses ke akun e-commerce (Lazada atau Shopee) jika peminjam memiliki akun di kedua e-commerce tersebut. Cashwagon menjanjikan proses pinjaman yang lebih cepat jika Anda menyampaikan data akun e-commerce.

Lagi – lagi akses e-commerce ini tidak wajib. Karena tidak jelas tujuan memberikan akun e-commerce, saya putuskan melewati dan mengikuti proses pengajuan pinjaman normal.

Menurut saya, pemberian akses digital banking, internet banking atau e-commerce dalam proses aplikasi pinjaman online, kembali ke kenyamanan kita masing – masing. Seberapa besar trust terhadap perusahaan Fintech P2P yang akan mengambil dan menggunakan data tersebut dan seberapa urgent kebutuhan Anda akan dana tunai (biasanya pemberian akses dikompensasi dengan proses yang lebih cepat).

#5 Tawaran Proses Lebih Mudah Disetujui, Tapi …

Pengajuan Pinjaman Cashwagon
Pengajuan Pinjaman Cashwagon

Setelah data dan dokumen selesai diisi dan disampaikan, Cashwagon menanyakan apakah saya ingin diproses dengan kemungkinan lebih besar untuk disetujui dan lebih cepat atau mengikuti proses pengajuan pinjaman yang normal.

Tapi, jika memilih proses lebih cepat, saya harus membayar biaya Rp 250,000. Saya memilih proses normal. Tidak ikut proses yang lebih cepat dengan membayar biaya tambahan.

Karena tambahan biaya Rp 250,000 ini menurut saya cukup besar mengingat plafon pinjaman yang kecil di Rp 2 juta paling tinggi dan lagi saya memang ingin mencoba bunga 0%.

Setelah itu, proses pinjaman saya sampai di akhir dengan pengajuan Rp 2,000,000. Tinggal menunggu keputusan pihak Cashwagon yang disebutkan tidak lebih dari 24 jam sejak pengajuan pinjaman dilakukan.

#6 Persetujuan Pinjaman

Persetujuan Pinjaman Dana Tunai Jaminan KTP Cashwagon
Persetujuan Pinjaman Dana Tunai Cashwagon

Menunggu kurang dari 24 jam, saya sudah menerima keputusan bahwa  pinjaman dana tunai disetujui Cashwagon. Wow, proses persetujuan cukup cepat atau bahkan sangat cepat dibandingkan pengajuan KTA di Bank.

Tapi, nah ada tapinya, ada dua hal yang penting diketahui setelah persetujuan pinjaman online diberikan:

Pertama, pemberitahuan bahwa pinjaman online disetujui tidak serta merta diikuti oleh pencairan dana tunai ke rekening saya. Ternyata, masih ada proses lain sebelum pencairan dana tunai masuk rekening.

Apa itu proses selanjutnya ?

Saya ditelepon dan diverifikasi Cashwagon. Tampaknya, percakapan verifikasi di telepon di rekam karena saya diminta untuk mengeja nama.

Kedua, dalam verifikasi, saya diberitahu bahwa jumlah plafon pinjaman yang disetujui tidak Rp 2 juta tetapi Rp 500 ribu. Ada penurunan jumlah pinjaman cukup signifikan.

Saya ditanya apakah bersedia menerima plafon yang lebih rendah dari yang saya ajukan. Saya nyatakan, “bersedia”. Anyway, plafon bukan prioritas buat saya.

Setelah proses verifikasi selesai, tidak berapa lama, saya terima sms yang menyampaikan bahwa pinjaman dicairkan dan perjanjian pinjaman bisa di di download di link yang diberikan dalam sms tersebut.

Perjanjian Pinjaman Cashwagon

Bunga 0% Cashwagon Pinjaman Online
Bunga 0% Cashwagon Pinjaman Online

Perjanjian pinjaman penting untuk dibaca terkait klausul penting, khususnya bunga 0%. Apa betul bunga 0%, pinjam 1 juta kembalikkan 1 juta ?

Bisa Anda lihat dalam isi perjanjian pinjaman diatas bahwa Cashwagon menetapkan bunga 0%.

#7 Hati – Hati Bunga 0% Karena …

Denda Terlambat Cashwagon
Denda Terlambat Cashwagon

Saya download terlebih dahulu dan kemudian baca perjanjian pinjaman dengan hati – hati. Betul bahwa pinjaman ini berbunga 0% karena tidak ada bunga yang harus dibayar peminjam.

Tetapi, setelah membaca klausul lain di perjanjian, saya menemukan bahwa bunga 0% tidak berlaku jika pembayaran terlambat.

Dan paling krusial, denda keterlambatan sangat tinggi, sebagai berikut:

  • Biaya ke-1 sebesar IDR 150,000: untuk keterlambatan lebih dari 3 (tiga) hari kalender dari tanggal pengembalian;
  • Biaya ke-2 sebesar IDR 150,000: untuk keterlambatan lebih dari 10(sepuluh) hari kalender dari tanggal pengembalian;
  • Biaya ke-3 sebesar IDR 150,000: untuk keterlambatan lebih dari 20 (dua puluh) hari kalender dari tanggal pengembalian;
  • Biaya ke-4 sebesar IDR 150,000: untuk keterlambatan lebih dari 30 (tiga puluh) hari kalender dari tanggal pengembalian;

Pastikan Anda melakukan pembayaran tidak lebih dari 2 hari setelah tanggal jatuh tempo, karena Anda akan dikenakan biaya keterlambatan ketika membayar terhitung 3 hari setelah lewat tanggal jatuh tempo.

#8 Ada Opsi Perpanjangan Tetapi …

Perpanjangan Pinjaman Cashwagon
Perpanjangan Pinjaman Cashwagon

Saat jatuh tempo, opsi saya sebagai peminjam ada dua: (1) melunasi pinjaman tepat waktu dan menikmati bunga 0% atau (2) meminta perpanjangan jatuh tempo membayar, misalnya, ditunda 1 bulan lagi.

Opsi perpanjangan ini menarik karena memberikan kesempatan Anda menarik nafas.

Tetapi, perpanjangan memiliki biaya, yang harus dibayar terlebih dahulu agar jatuh tempo pinjaman bisa ditunda 1 bulan lagi.

Berapa biaya perpanjangan ?

Sesuai dengan penawaran yang saya dapatkan, biaya perpanjangan adalah Rp 120,000 untuk pinjaman Rp 500,000. Lebih dari 20% adalah biaya perpanjangan.

Yang perlu dipahami soal perpanjangan pinjaman adalah:

  • Anda mendapatkan penundaaan pembayaran selama 30 hari. Status Anda tidak menunggak, tidak dikejar penagihan, meskipun pembayaran ditunda 1 bulan lagi
  • Anda harus membayar biaya perpanjangan sebelum bisa efektif mendapatkan penundaaan pembayaran.

#9 Cara Pembayaran Pinjaman

Cara Bayar Pinjaman
Cara Bayar Pinjaman

Setelah pinjaman dicairkan, saya mendapatkan dashboard di aplikasi Cashwagon. Dashboard menyebutkan informasi soal pinjaman yang saat ini sedang saya miliki, yaitu:

  • Jumlah tagihan pinjaman. Saya mengambil Rp 500,000
  • Jatuh tempo pembayaran. saya punya waktu 28 hari lagi untuk melunasi pinjaman.
  • Minimum pembayaran untuk bisa melakukan penundaan atau perpanjangan pinjaman. Jumlah untuk saya adalah Rp 120,000.
  • No kontrak saya. Nomer ini yang digunakan sebagai virtual account saat melakukan pembayaran lunas pinjaman lewat transfer bank.

Karena khawatir lupa membayar, sehingga kena denda keterlambatan yang besar, dan saya juga tidak ingin memperpanjang pinjaman karena biaya yang tinggi, saya putuskan mempercepat pelunasan pinjaman.

Sayangnya, tidak ada pengurangan bunga untuk pembayaran dipercepat.
Jumlah bunga pinjaman yang wajib dibayar sama meskipun melunasi lebih cepat dari masa tenor pinjaman.

Pembayaran Cashwagon

Cara pembayaran pinjaman Cashwagon dilakukan lewat beberapa channel pembayaran, yaitu:

  • Setoran tunai bank Cimb Niaga / transfer dari teller bank lain
  • Transfer melalui ATM / Internet Banking Bank anda Ke Nomor Virtual Account atas nama anda.

Setelah pelunasan pembayaran Cashwagon saya lakukan, dashboard menunjukkan bahwa pinjaman Rp 500,000 ‘ditutup’. Itu artinya pinjaman saya sudah lunas.

Pinjaman Kedua

Bayar Lunas Tapi Tidak Bisa Pinjam Lagi

Pinjaman Kedua di Cashwagon
Pinjaman Kedua di Cashwagon

Setelah pinjaman pertama saya lunasi tanpa kena denda, pertanyaan berikutnya bagaimana cara mengambil pinjaman kedua dan apakah pinjaman kedua bisa bebas bunga ?

Yang perlu diperhatikan bahwa pengajuan pinjaman kedua tidak bisa dilakukan lewat aplikasi Cashwagon. Saya harus mengajukan pinjaman kedua lewat situs Cashwagon.id

Saat masuk situs Cashwagon.id, saya melihat di sisi kanan atas terdapat “Pinjaman Ulang”. Klik bagian tersebut maka saya pindah ke bagian pengajuan pinjaman kedua.

Ditanya no ponsel saat mengajukan pinjaman. Setelah saya isi, Cashwagon memberitahu bahwa saat ini saya belum bisa mengajukan pinjaman kedua.

Cukup aneh response-nya karena saya membayar tepat waktu, membayar penuh dan tidak menunggak. Tetapi, saat ingin mengajukan pinjaman lagi, saya tidak bisa alias ditolak.

Update 2019 Pinjaman Kedua, Bisa Pinjam Lagi dengan Bunga Tinggi

Seminggu kemudian, setelah pinjaman lunas, saya menerima telpon dari Cashwagon yang memberitahukan bahwa saya bisa mengajukan Pinjaman Kedua di Cashwagon.

Saya kemudian masuk ke website Cashwagon, kemudian klik di kanan atas ‘Pinjaman Ulang’, lalu saya masukkan no HP yang digunakan untuk mengajukan pinjaman.

Pinjaman Kedua di Cashwagon

Muncul penawaran pinjaman kedua dengan plafon Rp 750,000 untuk tenor 20 hari. Tapi, ada yang bikin saya kaget.

Saya harus membayar ‘Membership Fee’ di depan dan Bunga Pinjaman. Total kewajiban bunga dan Membership Fee sangat besar, yaitu 33% masa pinjaman 20 hari.

Fee Pinjaman Kedua di Cashwagon
Fee Pinjaman Kedua di Cashwagon

Itu artinya saya harus membayar Bunga dan Membership Fee sebesar 1.69% per hari. Manfaat Membershih Fee tidak jelas karena manfaat Membership yang disampaikan di aplikasi adalah hal – hal yang normal dan rutin yang umumnya diterima nasabah ketika mengambil pinjaman.

Update Juli 2019 – Bunga Lebih Murah

Karena membayar pinjaman tepat waktu, saya kembali mendapatkan penawaran untuk mengajukan pinjaman kembali, repeat loan. Beberapa kali, saya terima penawaran tersebut di pop-up aplikasi Cashwagon di ponsel saya.

Penawaran ini tinggal saya klik, tanpa proses lain, akan langsung cair. Demikian janji cashwagon dalam aplikasi pinjaman online.

Yang menarik adalah di pertengahan Juli, tepatnya 11 Juli 2019, saya terima penawaran pinjaman sebagai berikut:

  • Pinjaman Rp 750,000
  • Pengembalian Rp 810,000
  • Jatuh Tempo 31 Juli 2019

Dengan asumsi tenor adalah 20 hari (pinjam 11 Juli 2019, pengembalian 31 Juli 2019), total bunga yang saya harus bayar adalah Rp 60,000 atau 8% dari pinjaman yang diterima (Rp 750,000). Selama 20 hari itu artinya bunga 0,4% per hari.

Bunga Pinjaman Kedua Cashwagon Turun Juli 2019
Bunga Pinjaman Kedua Cashwagon Turun Juli 2019

Tapi, yang perlu dicatat bahwa dalam aplikasi tersebut tidak disebutkan pinjaman ini untuk tenor berapa lama. Hanya disebutkan jatuh tempo 31 Juli 2019. Saya sudah tanyakan ke fasilitas ‘Online Chat’ Cashwagon, yang tersedia di aplikasi pinjaman online, tetapi belum dijawab.

Apakah Cashwagon Penipu ?

Cashwagon penipu ?

Buat saya, Cashwagon jauh dari penipu dalam menawarkan pinjaman online dana tunai. Bunga mahal betul, tetapi penipu tidak karena:

  • Sudah terdaftar Cashwagon OJK sejak 2017. Meskipun saat ini belum izin, tetapi dengan terdaftar di OJK, Cashwagon menunjukkan bahwa mereka dibawah regulasi dan pengawasan badan berwenang.
  • Saya mencoba sendiri mengajukan pinjaman online di Cashwagon. Saya buktikan sendiri Cashwagon menyetujui, mentransfer uang ke rekening saya (meskipun disetujui lebih rendah dari yang saya ajukan) dan bunga 0% jika dibayar tepat waktu
  • Cashwagon Indonesia bagian dari group Cashwagon yang sudah beroperasi di banyak negara Asia.

Tanya Jawab Cashwagon

Untuk mempermudah dan menjawab pertanyaan, saya buat FAQ yang membahas pertanyaan yang umum ditanyakan:

Apakah Syarat Pengajuan Pinjaman ? Cashwagon saat ini menawarkan layanan pinjaman kepada pelanggan: Usia 20 – 60 tahun dan Karyawan atau Profesional tertentu dengan berpenghasilan tetap.

Apakah dokumen yang diperlukan ? Anda hanya mengisi Informasi pribadi dan Informasi rekening bank anda untuk pentransferan dana pencairan.

Apakah ada pembatasan daerah pinjaman ? Ada. Cashwagon saat ini memberikan layanan pinjaman kepada pelanggan yang bekerja dan memiliki alamat rumah berdomisili di Jabodetabek dan 23 kota lainnya yaitu Bandung, Gresik, Malang, Sidoarjo, Surabaya, Klaten, Kudus, Magelang, Semarang, Solo, Yogyakarta, Bantul, Sleman, Medan, Palembang, Badung, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Pekanbaru, Pontianak, Padang, Manado.

Berapa Bunga Pinjaman Cashwagon ? Cara paling mudah adalah melihat di kalkulator di aplikasi pinjaman online Cashwagon.

Jika pinjaman saya disetujui, Apakah saya akan mendapat pemberitahuan ? Setelah pinjaman Anda disetujui, Anda akan menerima SMS dan email, yang berisikan informasi untuk langkah selanjutnya agar uang segera ditransfer ke rekening Anda.

Bagaimana cara bayar Cashwagon ? Lakukan pembayaran Cashwagon melalui bank manapun dengan (1) Setoran tunai dari teller bank Cimb Niaga / transfer dari teller bank lain; (2) Transfer melalui ATM / Internet Banking Bank anda Ke Nomor Virtual Account atas nama anda; (3) Bayar secara online menggunakan saldo GO-PAY; (4) Bayar melalui Alfamart.

Apa ketentuan soal pembayaran di Cashwagon ? (a) lakukan pembayaran sebelum jam 7 malam pada HARI JATUH TEMPO; (b) Gunakan Nomor Perjanjian Pinjaman yang kami kirimkan melalui email dan SMS untuk detil pembayaran; (c) Setelah transaksi pembayaran selesai, Anda akan menerima pemberitahuan melalui SMS. Jika tidak menerima SMS silakan hubungi kami.

Apakah bisa melakukan pembayaran dipercepat ? Pelunasan dipercepat bisa dilakukan tanpa penalty atau biaya apapun dengan total tagihan yg tertera di Perjanjian pinjaman.

Bagaimana jika pembayaran terlambat ? Untuk keterlambatan pembayaran pinjaman, Anda akan dikenakan denda keterlambatan dan biaya lainnya seperti yang telah di informasikan di dalam perjanjian pinjaman.

Apakah bisa mengambil pinjaman kedua atau berikutnya di Cashwagon ?
Jika melakukan pembayaran dengan tepat waktu, Cashwagon dapat memberi pinjaman baru dengan proses yang lebih cepat. Ajukan pinjaman menggunakan website.

Call Center

Customer services (Pelayanan Pelanggan)

PT Kas Wagon Indonesia, Oleos 2 Building, Jl. Kebagusan 1 Kav.6, Jakarta 12520, Indonesia

Telepon: (021) 40337979 / (021) 50858788; Email: [email protected] 

Jam kerja: Senin sampai dengan Jumat, 09:00 sampai 18.00 WIB

Kesimpulan

Berdasarkan Cashwagon review yang kami lakukan, pinjaman online dana tunai jaminan KTP Cashwagon menawarkan sesuatu yang berbeda dengan Fintech P2P Lending lain, yaitu bunga 0%. Pinjam Rp 1 juta kembalikkan Rp 1 juta tanpa tambahan biaya atau fee lainnya.

Saya buktikan sendiri bahwa bunga 0% tersebut memang benar adanya, masuk ke rekening saya dan saya bayar lunas hanya pokok pinjaman saja.

Tetapi, perlu diperhatikan bahwa denda keterlambatan sangat tinggi. Jadi, perlu kedisiplinan yang kuat untuk bisa mengelola pinjaman pribadi di Cashwagon Indonesia agar selalu dibayar tepat waktu.

Disamping itu, dalam pinjaman kedua, Cashwagon menerapkan bunga yang sangat tinggi (diatas 1% per hari). Perlu jadi perhatian saat ingin mengajukan pinjaman berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.