Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Cara Membeli dan Investasi SBN SR017 di Bareksa 2022

Daftar Isi

Cara Membeli dan Investasi SBN SR017 di Bareksa 2022

SBN menawarkan banyak manfaat untuk investasi seperti bebas resiko, dijamin negara, return di atas inflasi dan memberikan penghasilan rutin. Sekarang, kita bisa beli dan investasi SBN di Bareksa - Super App Investasi.

Pilihan melakukan investasi SBN di Bareksa membuat proses transaksi menjadi lebih mudah, nilai minimum investasi terjangkau, dan menyediakan berbagai instrumen lain, seperti reksadana, emas, hingga tabungan umroh. Maka dari itu, kita bisa punya portofolio investasi hanya di satu platform saja yang mudah dikelola dan dimonitor.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai mitra distribusi SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Selain itu, nasabah peminat SBN di Bareksa telah tumbuh 300% selama 2 tahun terakhir dan nasabah dari 34 Provinsi (seluruh provinsi di Indonesia) telah percaya membeli SBN melalui Bareksa.

Pemerintah lewat Kementerian Keuangan meluncurkan SBN terbaru, yaitu SR017. Cukup dengan investasi awal Rp1 juta, kamu bisa mendapatkan imbal hasil yang mencapai 5,9% dan akan ditransfer langsung ke rekening investor setiap bulan.

Berikut selengkapnya ulasan mengenai cara investasi dan membeli SBN SR017 di Bareksa:

Pengertian SBN

SBN (Surat Berharga Negara) adalah surat pengakuan utang dalam mata uang rupiah atau valuta asing yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh Negara Republik Indonesia, sesuai dengan masa berlakunya. Kita tahu bahwa Pemerintah Indonesia sudah lama menggunakan hutang untuk membiayai APBN dan utang tersebut dilakukan ke beberapa pihak.

Yang paling banyak utang ke IMF atau lembaga donor internasional, dalam mata uang asing. Tapi, pemerintah juga bisa berhutang pada rakyatnya, pada masyarakat, dengan mengeluarkan SBN - Surat Berharga Negara.

Masyarakat bisa ikut membeli dan melakukan investasi di SBN. Jadi, pemerintah mengeluarkan obligasi dalam mata uang rupiah untuk masyarakat bisa berpartisipasi dalam pembiayaan pembangunan sekaligus menikmati keuntungan bunga atau kupon dari obligasi.

Imbal Hasil dan Manfaat SBN

Investasi di SBN memberikan berbagai keuntungan, yaitu:

1. Imbal Hasil di Atas Inflasi dan Tabungan

Pemerintah Indonesia akan membayar bunga atau kupon SBN kepada pemegang SBN. Keuntungannya adalah kupon SBN lebih tinggi diatas inflasi dan bunga tabungan. Saat ini, kupon SBN di +/- 5% setahun.

Husus untuk SBR 017, return yang Siberian adalah 5,90% per tahun.

2. Bebas Risiko, Aman Dijamin Pemerintah Republik Indonesia

Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan dan menjamin pembayaran bunga SBN. Jadi, SBN memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Boleh dikatakan investasi di SBN adalah bebas resiko karena dijamin pemerintah RI.

3. Minimum Investasi Terjangkau, Mulai Rp1 juta

Minimum investasi SBN ditetapkan pemerintah sebesar mulai dari Rp1 juta dan selanjutnya kelipatan dari Rp1 juta s/d Rp 5 juta. Diharapkan dengan uang antara Rp1 juta s/d Rp5 juta tersebut, publik bisa membeli SBN tanpa membebani keuangan dan setara dengan rata - rata minimum penempatan deposito yang dipersyaratkan perbankan.

4. Imbal Hasil Diterima Tiap Bulan

Nah, salah satu keunggulan SBN adalah imbal hasil diterima setiap bulan yang langsung ditransfer ke rekening investor. Kita tidak perlu menunggu sampai akhir tenor untuk bisa menerima pembayaran imbal hasil.

Setiap bulan, Pemerintah Republik Indonesia akan membayar imbal hasil SBN. Jadi, SBN bisa menjadi sumber passive income selama paling tidak 3 tahun atau lebih tergantung tenor obligasi pemerintah.

5. Pajak Imbal Hasil SBN Lebih Rendah dari Pajak Bunga Deposito

Pajak penghasilan atas imbal hasil SBN ditetapkan lebih rendah dari pajak bunga deposito. Hal ini membuat return riil di SBN menjadi lebih menarik.

6. Masuk Rekening Setiap Bulan

Keuntungan investasi di SBN ditransfer rutin ke rekening investor setiap bulan. Jadi bisa menjadi passive income untuk investor.

Cara Investasi SBN SR017 di Bareksa

Panduan cara daftar dan buka akun SBN Ritel di Bareksa adalah sebagai berikut:

1. Login

Login aplikasi Bareksa menggunakan email dan password terdaftar. Pastikan sudah buat akun di Bareksa sebelumnya. Proses pembukaan akun di Bareksa cukup mudah dan 100% online.

2. Pilih SBN

Dari halaman utama (home), lihat bagian (card) SBN. 

3. Mulai Investasi SBN

Akan tampil deskripsi mengenai SBN. Investor bisa pilih Pelajari Dulu, atau bila sudah yakin bisa langsung klik Mulai Investasi SBN. 

4. Verifikasi/Tambah Rekening

Akan tampil data rekening investor. Investor bisa memilih rekening yang ada atau menambah rekening baru.

5. Konfirmasi

Bila menambah rekening baru, pastikan nama pemilik rekening sama dengan nama pada e-KTP. ?Setelah itu centang kesepakatan dan klik Konfirmasi

6. Tunggu verifikasi

Pembukaan akun SBN sedang diproses dan butuh waktu sekitar 2x24 jam. Investor akan mendapatkan notifikasi setelah proses selesai.

Keunggulan Investasi SBN SR017 di Bareksa

Kelebihan Bareksa ini dibandingkan aplikasi investasi online lain, yaitu:

1. Return Mencapai 5,90%

Kupon bunga SBR017 mencapai 5,90% setahun. Ini jelas tingkat return yang sangat menarik.

2. Banyak Pilihan Instrumen Investasi

Bareksa adalah multi-asset platform. 150+ pilihan produk investasi reksadana. Pilihan produk investasi beragam, mulai dari Reksadana, Robo Advisor, Tabungan Umroh, SBN, hingga Emas. 

Bebas pilih produk investasi reksadana syariah dan konvensional terbaik di Indonesia. Jadi, kita bisa lebih optimal membentuk portfolio. Tidak terpaku hanya pada satu jenis aset.

Bingung memilih? Simulasikan produk pilihanmu atau pilih dari halaman Top Product yang dievaluasi secara rutin oleh Bareksa.

3. Minimum Investasi Terjangkau

Minimum investasi SBN mulai dari Rp1 juta. Namun, instrumen lain di Bareksa bisa investasi mulai dari Rp10 ribu. 

Selain itu, metode pembayarannya pun bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari e-wallet seperti OVO. Bisa juga menggunakan akun mobile banking dari berbagai perusahan perbankan di Indonesia.

4. Buka Rekening Online dan Mudah

Pendaftaran cukup 5 menit dan hanya butuh KTP dan nomor rekening. Proses 100% online, jadi bisa dilakukan kapan dan dari mana saja. Registrasi tanpa dokumen fisik dalam hitungan menit sudah bisa investasi reksadana dan SBN.

5. Aplikasi Nyaman Digunakan

Bareksa juga memiliki performa yang sangat baik. Login bisa dilakukan dengan biometric face ID. Sehingga, memudahkan proses login tanpa perlu mengetik atau memasukan pin lainnya dan bisa terlogout sendiri ketika tidak digunakan dalam waktu yang lama. 

6. Bareksa Sudah Dipercaya untuk Investasi SBN

Nasabah peminat SBN di Bareksa telah tumbuh 300% selama 2 tahun terakhir. Hal ini menunjukkan kepercayaan masyarakat.

Untuk mempermudah proses jual beli SBN, Bareksa telah bekerjasama dengan Binartha untuk melayani transaksi sekunder SBN.

7. Mudah Sekali Investasi SBN

Aplikasi Bareksa memberi kemudahan pada pengguna untuk melakukan investasi SBN secara online. Platformnya mudah digunakan, investasi terjangkau, dan gampang proses buka akun. 

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait