Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

MobilePanin Aplikasi Digital Bank Panin: Fitur, Plus Minus

Daftar Isi

MobilePanin Aplikasi Digital Bank Panin: Fitur, Plus Minus

Bank Panin menyediakan layanan mobile banking yang bernama MobilePanin, aplikasi ini dibuat untuk kemudahan transaksi para nasabah yang setia. Bahkan aplikasi ini telah menerima berbagai penghargaan bergengsi.

Review ini akan membahas MobilePanin Bank Panin soal Bunga, Syarat dan Ketentuan, Cara Pengajuan, Kelebihan dan Kelemahan

Penghargaan tersebut diantaranya; Excellence in Mobile Banking – Overall oleh Asia Trailblazer Awards 2017, Best Customer Experience for Mobile Banking oleh Customer Experience In Financial Services 2017, Best Mobile Banking Project in Indonesia oleh The Asia Banker Technology Innovation Awards Program 2017, Mobile Banking Initiative of The Year Indonesia oleh Asian Banking and Finance Retail.

Setelah mengetahui beberapa penghargaan tersebut, Anda pastinya tidak perlu ragu lagi untuk memilih Panin sebagai mobile banking andalan. Pengalaman transaksi cepat dan aman akan Anda dapatkan pada aplikasi ini.

Cara Daftar MobilePanin di Bank Panin

Cara Daftar MobilePanin di Bank Panin

MobilePanin adalah aplikasi yang dibuat dengan peningkatan teknologi demi keamanan, kenyamanan, dan kemudahan transaksi. Ada dua cara aktivasi Mobile banking Panin, simak selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran Melalui Internet Banking Panin.

Jika Anda pengguna internet banking Panin dan belum memiliki akun mobile banking, maka gunakan username dan password internet banking untuk daftar aplikasi MobilePanin. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Mobile Panin
  2. Pilih aktivasi menggunakan internet banking
  3. Masukkan user id dan password akun internet banking
  4. Masukkan nomor telepon aktif dan kode token
  5. Masukkan kode aktivasi yang telah dikirim melalui sms
  6. Setujui syarat dan ketentuan yang ditampilkan pada halaman
  7. Buat PIN baru untuk login dan lakukan konfirmasi
  8. Buat PIN untuk transaksi MobilePanin (bedakan dengan PIN untuk login)
  9. Konfirmasi PIN
  10. Pendaftaran selesai.

2. Pendaftaran Melalui ATM Panin

Jika Anda belum memiliki akun internet banking Panin, Anda bisa melakukan registrasi melalui mesin ATM Panin terlebih dahulu. Tujuannya yaitu untuk mendaftarkan nomor telepon dan verifikasi, berikut langkah-langkahnya:

  1. Masukkan kartu ke dalam mesin ATM
  2. Pilih  registrasi mobile banking “cara memperoleh layanan” lalu klik “pendaftaran melalui ATM”
  3. Ikuti langkah dan instruksi di layar ATM sampai akhir
  4. Lalu download aplikasi MobilePanin
  5. Pilih “aktivasi dengan ATM”
  6. Masukkan PIN aktivasi yang sebelumnya sudah dibuat di ATM
  7. Masukkan PIN dan nomor hp aktif lalu tekan “aktivasi”
  8. Masukkan kode OTP yang sudah dikirim melalui sms
  9. Setujui syarat dan ketentuan dengan menekan “Ya”
  10. Buat PIN login dan lakukan konfirmasi
  11. Buat PIN transaksi dan lakukan konfirmasi (bedakan dengan PIN login)
  12. Aktivasi selesai.

Cara Login MobilePanin

Jika sudah selesai melakukan aktivasi dan registrasi, nasabah bisa langsung mengakses aplikasi dan melakukan transaksi. Cara login MobilePanin tentunya sangat mudah, pengguna hanya perlu memasukan user id dan password yang sudah dibuat.

Pastikan Anda selalu mengingat user id dan password akun mobile banking Panin jangan memberitahunya kepada siapapun demi keamanan akun. Ingat juga PIN login dan PIN transaksi, jangan sampai tertukar.

PIN login digunakan saat Anda akan masuk ke aplikasi, sedangkan PIN transaksi digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran maupun transfer. Jika terjadi error saat login MobilePanin, cobalah untuk periksa jaringan internet karena biasanya hal tersebut disebabkan karena koneksi internet tidak stabil.

Keunggulan Fitur Aplikasi MobilePanin

Keunggulan Fitur Aplikasi MobilePanin

Nikmati berbagai keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi MobilePanin. Sebagai aplikasi mobile banking yang telah mendapat berbagai penghargaan bergengsi, Panin tentunya menyediakan fitur-fitur unggulan yang bisa dinikmati oleh para nasabah.

Berikut adalah beberapa fitur unggulannya:

1. Fitur Keamanan

Hal yang paling penting dalam sebuah transaksi mobile banking, yaitu keamanan yang harus terjamin. Panin memiliki berbagai sistem keamanan yang bisa melindungi transaksi dan akun mobile banking para nasabah.

Mulai dari PIN login dan PIN transaksi yang bedakan, meskipun sama sama terdiri dari 6 digit angka, tetap saja angkanya harus berbeda. Hal tersebut dilakukan untuk memperketat keamanan saat transaksi.

Adapun fitur One Time Password (OTP) yaitu PIN yang akan dikirimkan melalui SMS dan harus dimasukkan saat akan melakukan transaksi. OTP in berlaku untuk transaksi pembayaran kartu kredit dan transfer ke semua bank.

Terakhir yaitu notifikasi alert keamanan, pengguna aplikasi akan mendapat pemberitahuan ketika terjadinya perubahan PIN login dan transaksi, perubahan email dan nomor telepon, perubahan user id dan password, serta berhasil atau tidaknya transaksi yang dilakukan.

2. Kenyamanan Akses dan Transaksi

Kenyamanan Akses dan Transaksi Mobile Panin

MobilePanin dapat diakses di semua perangkat smartphone seperti android, ios, dan windows phone. Aksesnya pun menggunakan internet, sehingga tidak masalah jika simcard tidak ada.

Nasabah dapat melakukan transfer real time tanpa harus bingung mencari ATM, transaksi pun menjadi lebih hemat karena tidak memakan biaya pulsa. Setiap transaksi akan direkam dan resinya dikirim ke email nasabah.

Tidak hanya itu, tampilan aplikasi pun sangat simple sehingga siapa saja dapat mengakses dengan mudah. Terutama bagi para orang tua yang kurang bisa mengoperasikan smartphone.

Kenyamanan dan kemudahan yang diberikan oleh MobilePanin sangat menguntungkan nasabah. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri bagi Panin, Anda pun bisa langsung merasakannya saat mengakses aplikasi.

3. Kemudahan Akses

Nasabah bisa mendapat kemudahan akses dengan menggunakan aplikasi MobilePanin. Seperti kemudahan akses informasi saldo untuk semua jenis rekening; tabungan, giro, dan investasi.

Anda juga bisa mengakses informasi pinjaman KPR, KPM, KEP, dan kartu kredit, semuanya dapat diakses melalui MobilePanin. Laporan keuangan atau mutasi rekening pribadi 3 bulan terakhir juga dapat diakses di aplikasi ini.

Tidak hanya sampai disitu, nasabah juga bisa mendapat informasi mengenai lokasi ATM atau kantor cabang Panin terdekat, informasi valuta asing dan suku bunga, serta transfer internasional.

MobilePanin menyediakan fitur yang lengkap, nasabah dapat melakukan transaksi valuta asing dalam 12 mata uang dengan nilai tukar yang kompetitif. Hal inilah yang menjadi keunggulan aplikasi mobile banking ini.

Kelemahan Aplikasi MobilePanin

MobilePanin nyatanya masih memiliki beberapa kekurangan, hal tersebut dapat dilihat dari keluhan para nasabah di kolom komentar rating aplikasi. Para nasabah mengeluhkan beberapa hal yang beragam.

Mulai dari tidak bisa melakukan transfer, koneksi tidak stabil padahal sudah stabil, aplikasi MobilePanin terblokir, kendalah verifikasi, dan kondisi error lainnya. Keluhan ini kebanyakan disampaikan oleh para pengguna smartphone android.

Sedangkan beberapa pengguna IOS mengeluhkan aplikasi tidak bisa diakses untuk IOS versi 14. Banyak nasabah yang menyarankan untuk mengembangkan aplikasi agar pelayanannya lebih baik lagi.

Beberapa dari mereka juga mengeluhkan fitur verifikasi OTP, karena dirasa terlalu ribet dan kadang terjadi error. Hal tersebut membuat transaksi menjadi lebih lama bahkan gagal, sehingga membuat para nasabah kesal.

Keluhan ini tentunya tidak dialami oleh semua pengguna, hanya beberapa dari nasabah pengguna Mobile Panin saja. Nasabah dapat menyampaikan keluhannya ke call center atau langsung mendatangi customer service di kantor cabang.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait