Duwitmu

Review Aplikasi Ajaib untuk Trading Saham

Dipublish oleh R Quiserto June 24, 2020

Daftar Isi

Aplikasi Ajaib Trading Saham

Baru-baru ini, Ajaib Group mengakuisisi Primasia Sekuritas. Aplikasi Ajaib yang sebelumnya sudah terkenal dengan platform investasi reksa dana online-nya, kini dapat memfasilitasi peminat investasi saham berkat akuisisi tersebut.

Aplikasi cocok untuk investor yang membutuhkan platform trading saham ramah pengguna tanpa syarat modal minimal tertentu.

Berikut ini ulasan selengkapnya.

Fitur Utama Aplikasi Ajaib

Aplikasi Ajaib memang berstatus sebagai pendatang baru dalam bidang aplikasi trading saham. Namun, manajemen sudah cukup kaya pengalaman dalam memfasilitasi investasi online.

Hal ini dibuktikan dengan beragam fitur yang pasti sangat disukai oleh calon investor pemula, antara lain:

1) Modal Minimum Rp 0

Modal minimum Rp0, sehingga calon investor dapat menyetorkan modal berapa pun sesuai dengan nilai saham yang ingin dibeli. Ini kabar baik untuk pelajar atau mahasiswa yang baru ingin berlatih nabung saham.

2) Biaya Transaksi Murah

Biaya transaksi saham berkisar antara 0,10%-0,08% tergantung volume perdagangan. Ini belum termasuk biaya levy (BEI, KPEI, KSEI) 0,043%, PPN biaya broker 10%, dan PPh final untuk transaksi jual 0,1%. Sebagai gambaran, transaksi beli saham BJTM pada harga Rp515 sebesar 1 lot yang bernilai Rp51.500 akan terkena biaya transaksi Rp79.

3) Apps Based

Platform trading saham dan reksa dana dalam bentuk aplikasi seluler (mobile app), sehingga investor dapat memantau portofolio dimana saja dan kapan saja.

4) Integrasi Forum & Training

Platform terintegrasi dengan forum diskusi dan materi belajar yang sangat bermanfaat untuk pemula. Forum diskusi belum terlalu ramai, tetapi koleksi materi belajar sangat banyak dan informatif.

5) Top Up Instan

Fitur top up instan ke RDN Bank Permata via bank mana saja (ATM, m-Banking, Internet Banking). Nomor RDN langsung diinformasikan kepada calon investor via email, segera setelah pendaftaran akun saham disetujui oleh pihak manajemen Aplikasi Ajaib.

6) Tarik Dana Gratis

Fitur penarikan dana gratis ke rekening Bank Permata (ada charge LLG sebesar Rp2500 untuk penarikan ke rekening bank lain). Minimum penarikan dana hanya Rp10.000. Penarikan dana dalam hari kerja sebelum jam 3 sore akan diproses pada hari yang sama. Berdasarkan pengalaman, withdrawal dari RDN ke rekening bank BCA selesai dalam tempo sekitar 1 jam.

6) CS Online Chat

Layanan Customer Service (CS) via email dan chat pada aplikasi. Chat responsif dan komunikatif, dapat membantu menyelesaikan masalah teknis dengan cepat pada jam-jam kerja.

Keunggulan Aplikasi Ajaib Trading Saham

Bagaimana performa aplikasi Ajaib untuk trading saham dibanding platform trading saham lain? Setiap aplikasi tentu memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Setelah menggunakannya selama beberapa hari, berikut ini beberapa kelebihan yang dapat dimanfaatkan oleh investor:

a) Diversifikasi Portofolio

Aplikasi Ajaib bukan hanya memungkinkan kita untuk berinvestasi saham, tapi juga investasi tematik dan reksa dana. Hal ini menjadikan aplikasi Ajaib cocok untuk diversifikasi portofolio dalam satu platform.

Tidak perlu mengunduh dan mendaftar ke banyak sekuritas untuk menyusun sebuah portofolio dengan risk/reward berimbang. Kita bisa merancang sendiri portofolio dengan profil risiko yang cenderung konservatif maupun agresif.

b) Daftar Akun Online

Pendaftaran akun saham dapat dilakukan secara online sepenuhnya dan tidak membutuhkan waktu lama. Calon investor tidak perlu mengirim dokumen via pos maupun negosiasi dengan agen di kantor sekuritas.

Cukup mengunduh aplikasi dari PlayStore, kemudian mengikuti alur prosedur pendaftaran. Setelah semua tahapan selesai, calon investor hanya perlu menunggu selama sekitar 1×24 jam hingga pembukaan rekening disetujui.

c) Platform Informatif

Platform trading saham informatif. Investor dapat memilih saham secara mandiri ataupun berdasarkan data per sektor saham dan daftar populer (Top Value, Top Gainer, Top Volume, dll).

Profil setiap emiten sudah dilengkapi dengan data-data seperti statistik fundamental (EPS, PER, PBV, Dividend Yield, RoA, RoE, DER, NPM, dll), grafik finansial (Balance Sheet, Cash Flow, Income Statement), jadwal aksi korporasi, dan berita terkini. Semuanya dapat diakses dalam satu klik.

d) Platform Trading User’s Friendly

Platform trading saham intuitif dan ramah pengguna. Ada alur yang mudah diikuti mulai dari pemilihan saham favorit hingga order. Saat akan order, kita juga tidak perlu mengetik harga jual/beli dan jumlah lot secara manual.

Proses order cukup dengan mengeklik angka pada order book atau klik (+) dan (-) pada formulir order. Harga langsung disesuaikan dengan fraksi yang ditentukan bursa.

e) Bebas Hang

Operasional platform trading saham lancar dan bebas hang, bahkan pada jam-jam pembukaan dan penutupan bursa yang biasanya padat trafik. Hal ini sangat menguntungkan untuk investor yang suka bertransaksi pada detik-detik terakhir.

f) Referral Berhadiah Menarik

Aplikasi Ajaib memiliki program referral dengan hadiah berupa saham gratis, reksa dana gratis, dan transaksi saham bebas biaya broker bagi siapa saja yang berhasil mengajak teman-teman dan keluarga untuk ikut bergabung.

Teknisnya, kita perlu membagikan kode referral. Apabila ada yang mendaftar dan berinvestasi dengan kode tersebut, kita akan memperoleh satu Koin Ajaib. Koin tersebut selanjutnya dapat dipergunakan pada permainan Karpet Ajaib guna memperoleh bonus secara acak.

Kelemahan Ajaib Trading Saham

Nah, itu beberapa sisi positif aplikasi Ajaib untuk trading saham. Tapi, bagaimana dengan kelemahannya?

Mengingat aplikasi ini masih terhitung pendatang baru di bidang per-saham-an Indonesia, sudah tentu ada beberapa hal yang dapat ditingkatkan lagi.

Khususnya untuk beberapa aspek berikut ini:

1) Keterbatasan Platform

Keterbatasan tampilan platform dalam bentuk seluler mungkin kurang memuaskan bagi investor yang ingin melakukan analisis pada grafik full-screen ala desktop.

Platform juga belum memuat info yang banyak dicari pengamat bandarmologi seperti foreign buy/sell, data buy/sell per broker, dan sejenisnya.

Di sisi lain, aplikasi Ajaib menyajikan info fundamental komplit untuk setiap emiten. Hal ini menjadikan aplikasi lebih cocok untuk investor yang berfokus pada fundamental daripada teknikal atau bandarmologi.

2) Fitur Order

Fitur order saham tergolong basic, hanya mencakup fitur jual dan beli yang aktif pada jam buka bursa. Aplikasi belum menyajikan fitur early booking, auto order, maupun automatic stop loss. Juga belum ada fitur yang memungkinkan kita untuk mengeksekusi HMETD atau memesan saham yang akan IPO.

Fitur yang sudah ada sebenarnya cukup memadai untuk mayoritas investor, tetapi mungkin akan dinilai kurang oleh trader yang membutuhkan spek-spek khusus tersebut.

3) Masih Pengembangan

Aplikasi trading saham masih dalam proses pengembangan, sehingga ada beberapa fitur yang belum dapat dipergunakan.

Positifnya, kita dapat memberikan feedback kepada pihak aplikasi Ajaib untuk menambahkan fitur apa yang sekiranya dibutuhkan oleh investor.

Kesimpulan

Aplikasi Ajaib akan cocok untuk pemula, peminat nabung saham, dan investor berbasis fundamental. Operasional aplikasi lebih ringan, mulus, dan ramah pengguna daripada sejumlah aplikasi trading saham lain.

Masih ada sejumlah kekurangan, tetapi aplikasi sudah memenuhi segala kebutuhan investasi bagi siapa saja yang memprioritaskan simplicity dan interactivity.

Bagikan Melalui

Artikel Terkait

Sekuritas Tutup

Sekuritas Broker Saham Tutup Bangkrut Suspend (...

October 9, 2020 0 Komentar

Bagaimana jika sekuritas broker saham tutup, bangkrut, kena suspend atau bubar? Apakah uang dan s... Baca Lagi

saham fundamental bank

Cara Analisa Fundamental Saham Bank BBCA BBRI B...

September 18, 2020 0 Komentar

Saham perbankan adalah sektor saham favorit saya dan selama ini sudah memberikan kinerja harga ya... Baca Lagi

KSEI Saham

Apa itu Akses KSEI | Perlindungan Saat Sekurita...

August 31, 2020 0 Komentar

Bagaimana kalau broker sekuritas saham tutup, bubar atau suspend dibekukan izinnya oleh OJK ? Apa... Baca Lagi

Trading Saham

10 Aplikasi Trading Saham Online Terbaik untuk ...

August 21, 2020 1 Komentar

Investasi saham membutuhkan aplikasi trading yang bisa diandalkan dan mudah digunakan. Saya menca... Baca Lagi

Wall Street Bursa Saham

Pengalaman Investor Indonesia Sukses Investasi ...

August 18, 2020 1 Komentar

Apakah bisa main saham di pasar USA dengan sukses, mudah dan murah ? Bisa ! Ada beberapa investor... Baca Lagi

ETF USA eToro

ETF Reksadana Indeks | Cara Investasi Saham Mur...

July 28, 2020 1 Komentar

Orang awam pemula yang masih takut – takut, sekarang bisa masuk investasi di pasar saham, c... Baca Lagi

Belum Ada Komentar

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan di publish